Edy Hendras W

Pohon Kapuk Raksasa

Senin, 10-11-2008 07:40:59 oleh: Edy Hendras W
Kanal: Iptek

Pohon Kapuk Raksasa

Suatu kali, aku berkesempatan melancong ke sebuah negeri di hulu Sungai Amazon sana, yang terletak di negeri yang beribukota di Lima. Perjalanan yang sangat melelahkan untuk mencapai Tambopata Nature Reserve dari ibukota Peru itu. Harus naik pesawat yang melayang di atas bukit-bukit terjal. Apa lagi saat akan transit di Manchu Pichu, pesawat harus keliling mencari celah bukit, untuk mendarat di sela-sela tebing yang menjulang.

Kemudian pernerbangan dilanjutkan ke Cusco, sebuah kota kecil yang berada di bagian timur Peru. Berbeda dengan daerah pesisir barat yang berbukit daru utara membujur ke selatan, daerah Cusco sudah mulai datar, dan di sana sini terhampar hutan hujan tropis. Setalah naik bis menuju sebuah desa, maka perjalanan dilanjutkan dengan naik sebuah perahu. Mulailah berpetualang di rimba raya, dengan menelusuri sungai yang keruh seperti halnya sungai-sungai di Kalimantan yang menampung air yang membawa lumpur. Kanan kiri sungai terkikis habis karena erosi. Namun sepanjang tepian sungai banyak ditemui kura-kura khas Amerika Latin yang berjemur pada batang kering yang tersangkut pada tepian sungai.

Singkat cerita, sampailah rombongan ke sebuah penginapan yang berada di tengah-tengah hutan.penginapan yang diberi nama Pasoda Amazonas ini, semua pekerja merupakan masyarakat Indian, hanya para pengembang dan "peneliti" merupakan "orang kota" atau malah dari negeri Paman Obama sana.

Paket-paket "menjelajah hutan" ditawarkan kepada pengunjung. Kebetulan aku mengikuti semua, baik yang melakukan perjalanan malam hari, melihat burung-burung di alam (bird watching), naik menara pengamatan dan menjelajah hutan melihat keunikan alam hulu Amazone.

Dari sekian paket yang aku ikuti, hanya ada satu yang sangat menakjubkan sepanjang hidupku. Kerjaanku yang menjelajah negeri, keluar masuk rimba dari ujung barat ke timur, baru kali ini melihat dan menemui pohon raksasa yang besar sekali. Pohon tersebut adalah Kapuk Randu (Ceibapetandra), yang di negeri kita juga banyak bertebaran di seluruh negeri, namun pohon yang ada di hutan Peru ini, sungguh luar biasa besarnya. Kemungkinan umurnya sudah ratusan tahun. Karena aku membayangkan, pohon kapuk yang ada di dekat Rumah Sakit PMI Bogor, waktu aku kecil sudah sebesar itu, 40 tahun kemudian ketika aku di Bogor, masih seperti itu pula.

Aku mencoba dengan 8 orang yang masuk dalam rombonganku, untuk menggapai pohon tersebut, namun delapan orang yang bergandengan hanya sepertiganya saja, mungkin memelukan 20an orang untuk bergandengan tangan, hingga dapat tercapai. Akar baner yang ada seakan dinding tembok yang tebal. Dan kami berdelapan hanya berada pada satu sisi baner yang kokoh.

Menurut ceritera pemandu yang membawa kami, namanya Aldo, seorang Master Kehutanan yang bekerja sebagai pemandu, menjelaskan panjang lebar tentang pohon tersebut. Pohon ini tidak begitu tinggi bila dibandingkan dengan besarnya garis tengahnya. Kemungkinan besar kapuk-kapuk yang ada di Amerika Latin ini merupakan nenek moyang kapuk yang ada dan tumbuh di Asia, ketika dibawa oleh para penjajah.

Mudah-mudahan pohon ini tak hilang atau musnah atau ditebang oleh pemburu dolar atau penambang emas hijau alias HPH. Kemungkinan besar di negeri kita sudah jarang pohon2 raksasa, karena telah habis dilalap gergaji mesin untuk pemenuhan kebutuhan manusia, tanpa pandang bulu. Bahkan sekarang ini semakin gencar pembabatan hutan untuk perkebunan, yang mengorbankan habitat satwa. Tak peduli hutan lindung, suaka margasatwa ataupun taman nasional.

Aku bersyukur dan benar-benar menikmati kehidupan di alam liar dan masih dapat menyaksikan sisa-sisa tumbuhan yang dapat dibilang raksasa.

Bookmark and Share

Tag/Label kapuk randu, amazone
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY