bustaman007_alrauf

Perlukan Dibentuk Provinsi ALA dan Provinsi ABAS ?

Kamis, 31-01-2008 08:55:49 oleh: bustaman007_alrauf
Kanal: Peristiwa

Persoalan tuntutan pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) dan Provinsi ABAS (Aceh Barat Selatan) kembali memanaskan situasi politik di Nanggroe Aceh Darussalam dewasa ini, setelah dalam rapat paripurna DPR-RI tanggal 22 Januari 2008 yang mengagendakan penyampaian pendapat fraksi terhadap 21 RUU Usul Inisiatif DPR-RI terhadap pemekaran 21 daerah Kabupaten atau Provinsi di Indonesia menghasilkan keputusan yang cukup spektakuler yaitu dari 10 fraksi sebanyak 7 fraksi menyetujui pembentukan Provinsi ALA dan Provinsi ABAS serta sebanyak 3 (tiga) fraksi yaitu Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar dan Fraksi PKB dapat menyetujui dengan catatan usulan ini untuk dibahas dalam rapat selanjutnya.

Kontan saja, keputusan politik ini menimbulkan pro dan kontra seperti Zainal Abidin Hasan (anggota DPR-RI dari Fraksi PBR asal Aceh yang juga teman akrab Muzakir Manaf/mantan Panglima GAM) menolak dengan tegas pembentukan ALA dan ABAS dengan menyatakan "pembentukan ALA dan ABAS sudah kadaluarsa. Usulan itu masuk sebelum lahirnya UUPA, setelah disahkannya UU PA tidak perlu ada lagi pemekaran Provinsi di Aceh. UU Aceh telah mengakomodasi semua, karena itu jangan sampai UU PA dibenturkan dengan undang-undang yang lain," tambah lelaki brewok ini.

Senada dengan Zainal Abidin Hasan, maka Irwandi Yusuf, Adnan NS (anggota DPD-RI), Adriman Kimat (anggota DPR Aceh) juga menolak pemekaran ALA dan ABAS dengan berbagai alasan.

Sementara itu, berbeda dengan sikap birokrat dan politisi diatas, maka sikap lebih akomodatif dikemukakan Ahmad Farhan Hamid (anggota DPR-RI dari PAN) yang menyatakan RUU ALA dan RUU ABAS merupakan residu usulan pemekaran sebelum munculnya UUPA.

"Kita minta agar dilakukan kajian komprehensif untuk dua wilayah tersebut dikaitkan dengan keberadaan UUPA dan ketentuan dalam PP No 78 tahun 2007 terutama aspek sosiologis, ekonomis dan politis. Saya hanya mengingatkan agar elemen masyarakat jangan reaktif terhadap kemunculan lagi gagasan pemekaran ini. Hendaknya DPR Aceh mengambil inisiatif menjaring lagi aspirasi masyarakat terhadap isu tersebut dengan mengedepankan besar kecilnya kemaslahatan untuk Aceh," ujar Farhan.

Memang, kalau dimintakan pendapat soal pemekaran ALA dan ABAS kepada tokoh-tokoh Aceh khususnya yang berasal dari kawasan Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa, Aceh Timur sampai Aceh Tamiang jelas mayoritas mereka akan menolak pemekaran ALA maupun ABAS karena memang mereka "orang asli" NAD.

Namun, hasilnya akan berbeda jika masalah ini ditanyakan kepada elemen masyarakat yang tinggal di ALA seperti Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Subulussalam dan Aceh Singkil ataupun elemen masyarakat yang hidup di ABAS seperti Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Simeulue dan Aceh Selatan, maka jawabannya akan mendukung pemekaran ALA maupun ABAS.

Yang menjadi esensi tuntutan pemekaran ini adalah memang selama ini pembangunan yang berlangsung di Aceh tidak seimbang, banyak sentra-sentra ekonomi produktif maupun sentra-sentra pendidikan dibangun di Aceh bagian pantai timur dan utara saja dari Sabang sampai Aceh Tamiang. Hal ini dengan indikasi di Aceh bagian Timur sampai utara sudah terdapat 3 (tiga) perguruan tinggi negeri yaitu Unsyiah Banda Aceh, IAIN Ar Raniry Banda Aceh serta Unimal Lhokseumawe, sedangkan di ALA hanya ada satu Universitas swasta serta di ABAS hanya ada satu universitas swasta yang sebenarnya dituntut untuk dinegerikan, namun sampai saat ini belum juga dinegerikan.

Secara sosiologis, struktur sosial budaya yang berlaku di kawasan ALA dan ABAS berbeda dengan kawasan NAD. Di kawasan ALA dihuni suku Gayo Lut, Gayo Blang serta Gayo Alas yang sangat berbeda dengan NAD, bahkan di Kutacane Kabupaten Aceh Tenggara budayanya sudah multikultur bercampur dengan budaya Karo dari Sumatera Utara. Sementara itu, di ABAS juga terdapat beragam suku seperti suku Jamee yang banyak di Aceh Selatan maupun suku asli di Simeulue yang memiliki budaya sangat berbeda dengan budaya NAD. Inipun menjadi pemicu pemekaran ALA dan ABAS.

Namun, pemekaran ALA dan ABAS akan semakin seru jika dibahas dari segi politis dan hankam.  Secara politis, tuntutan pemekaran ALA dan ABAS memang akan memperpendek span of control/rentang kendali pemerintahan. Tapi, karena di beberapa Kabupaten di kawasan ABAS saat ini dikomandani oleh figur publik atau kepala daerah dari eks kombatan GAM seperti Aceh Jaya, Aceh Barat bahkan Aceh Selatan, maka jelas mereka akan bersikeras menolak pemekaran ABAS, karena jelas KPA atau eks GAM menolak pemekaran ALA dan ABAS seperti disuarakan oleh Ibrahim KBS (Jubir KPA) bersama "think thank"nya.

Didorongnya kembali pemekaran ALA dan ABAS sejujurnya jika harus dijawab mungkin disebabkan karena masih kentalnya semangat separatisme dan militansi kelompok anti NKRI di Aceh, hal ini terbukti dengan "nakalnya" sejumlah kalangan yang akan mempermasalahkan pelanggaran HAM masa lalu di Aceh seperti kasus Tgk Bantaqiah, kasus Menggamat, kasus Simpang KKA dll yang nota bene berdasarkan MoU Helsinki dan UUPA sendiri tidak bisa dibuka lagi.

Hanya saja di Aceh sekarang ini banyak pihak yang bermain baik dari elemen asing, beberapa NGO radikal dan anti NKRI diluar Aceh yang bekerjasama dengan NGO dan kelompok lain di Aceh untuk membuat berbagai manuver mulai dari tataran wacana, opini publik sampai kepada aksi kekerasan dan turun ke jalan. Kalau muncul isu baru yang "tidak menguntungkan" bagi MoU Helsinki dan UUPA maka dengan alasan demi perdamaian dll, maka isu tersebut langsung mentah-mentah ditolak. Disisi yang lain, jika isu atau tema yang muncul ke permukaan sangat menguntungkan pihak-pihak tertentu ini, maka mereka langsung kompak menerima.

Membaca politik di Aceh sekarang ini cukup sulit karena banyaknya pihak yang "bermain" termasuk gagasan-gagasan aneh lainnya seperti adanya tim asistensi yang membuat posisi Bupati malah sebagai "boneka" disalah satu Kabupaten, konflik laten antara Bupati dengan Wakil Bupati juga mulai muncul di berbagai Kabupaten/Kota sampai kepada kapabilitas kepala daerah yang mulai dipertanyakan dan berbagai hal lainnya.

Singkatnya, sebenarnya tidak ada salahnya dibentuk Provinsi ALA maupun ABAS karena eskalasi politik ke depan di Aceh ujar salah seorang anggota legislatif di Aceh Barat kepada penulis mengatakan semakin tidak menentu bahkan lebih menguntungkan kelompok anti NKRI.

 

*) Penulis: Tony Priyono  adalah pemerhati masalah Aceh. Tinggal di Jl Kasturi 16/13 Kampung Keuramat, Kodya Banda Aceh. Email : tonypriyono@yahoo.com

Bookmark and Share

Tag/Label politik, nad, aceh, ala, abas, leuser antara, aceh barat selatan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
13 komentar pada warta ini
Selasa, 05-02-2008 11:53:33 oleh: Bayu Pratama

Saya dukung pembentukan ALA, maju terus gayo!



Jumat, 08-02-2008 16:24:20 oleh: ariga

Tolong kepada rakyat gayo jangan terprovokasi dulu dengan hal-hal buruk tentang pembentukan ALA ini!, semangat wen!, kati berkembang kota teni, gere ara maksut buruk wen, tedoakn wen yoh!



Sabtu, 09-02-2008 22:39:54 oleh: BURHAN ARI GAYO

gre terpokasi ama tpi aku kwatir ken jema jadi supir te memperjungn ALA si kite nantin.kami ari mahasiswa Ala si jakarta ni enge membentuk organisasi ken meperjungan kan ala ni kati ter tercapai.aq minta do`a ari si pembaca ini kati organisasi kami sesuai dengan rael kami tujuan.lepas berolo taring berai,salah bertegah benar berpapah kah ama.



Senin, 11-02-2008 10:01:08 oleh: Bayu Soemarto W.K

Ass rakyat gayo, mari berdiskusi!, Provinsi ALA itu hanya untuk atau upaya lebih mampercepat pembangunan di wilayah NAD, demi mengatasi keterisoliran seperti sekarang ini, kita tidak perlu khawatir dengan pertikaian etnis yang mungkin timbul atau isu-isu lainnya, provinsi ALA pemimpinnya terbuka untuk siapa saja sukur-sukur putra daerah, kalaupun tidak siapa yang tetap menjunjung tinggi dengan NKRI bisa memimpin ALA. Dengan terbentuknya ALA insyllh akan banyak menciptakan lapangan pekerjaan baik itu diinstansi pemerintah maupun sektor swasta, jadi marilah dukung ALA bersama-sama.



Kamis, 14-02-2008 21:30:37 oleh: Bujang gayo

Ass,saya sangat tidak sepakat pembentukan ALA maupun ABAS...!! alasan sementara yang dilontarkan banyak pendukung ALA dan ABAS hanya mempercepat pembagunan,dan memperluas lapangan kerja,tanpa bisa memikirkan apa dibalik aksi pembentukan ALA.pertama,ini akan merusak perdamaian aceh,karna perdamaian hanya untuk NAD bukan ALA/ABAS itu sendiri.kedua,bagi seluruh umat islam bersedihlah jika ALA/ABAS terbentuk kemungkinan besar Syariat islam akan di hapuskan,karna syariat islam adalah perda NAD bukan PERDA ALA/ABAS.ketiga,Pemekaran memang salah satu agenda dari Otonomi daerah tetapi hanya bagi daerah yang PAD nya tinggi dengan kesejahteraan rakyat yang mapan,bagaimana dengan daerah kita dengan MASIH TINGGINYA ANGKA KEMISKINAN DAN RENDAHNYA PAD DAERAH,PENDIDIKAN DAN KESEHATAN YANG SANGAT BURUK/RENDAH.

ama/ine/saudaraku,jangan dengarkan seruan mereka yang HAUS JABATAN...!!!

Wass,

bujang gayo




Selasa, 19-02-2008 10:20:56 oleh: Bayu Soemarto

Ass, kita sendiri tahu bagaimana keadaan ALA maupun ABAS sekarang, jikalaupun lontaran itu tidak terkredibel, pemimpin ALA kan bebas dan mempunyai masa periode, dan mungkin anda juga bisa menjadi pemimpinnya pada periode brikutnya, dan insyaallh separatis/pembangkang negara seperti di NAD tidak ada di ALA dan ABAS, dan ALA dan ABAS juga bisa bersyariat islam nantinya, dan percayalah tidak ada induk ayam yang sudi mengurus anak itik!, lebih nikmat kita sendiri yang membangun daerah kita!



Sabtu, 23-02-2008 11:29:09 oleh: win rikit

Ass,para pembaca ama ine abg adk rata beweenne ni ara si male ku sahwan tikik ken kite si menggingn kan Prov ALA TERbentuk.ike te engon NKRI 2009 enge pemilu kurasa DPR pusat sibuk untk mempersiapkan pemilu 2009 kahe.silo kurasa ama ine siberjuang i tunda ule ken siceroh sebeb e ari Pemda NAD peh gre ilen setuju ken ALA I bentuk,kati emat pro dana te sra my waktu peh kurang pas ken mmemprjungkan ALA Ny,kase ara waktu kite urum2 berjung matian ken ALA,SILO si penting kite siap pen PENDIDIKAN masyarakatte menerima ALA DGN lpng dada GRE KE AMA.sibijak ken perawa siteger ken penemah.www.



Senin, 25-02-2008 23:35:08 oleh: JUN NAMPAAN

ASS..ama urum ineku si ara itanoh gayoku,ni ara tik simale kusawahan buge kenresapan dan perlu dipikirkan. kite betih bahwa rakyat/masyarakate mehne ari tengahnami bejuang demi daerah gayo. tapi le ngeperubahan termasuk dalam pembangunan daerah itu sendiri. Dilihat dari cita-cita rakyat itu yaitu tentang terbentuknya PROV ALA maka saya sendiri dari mahasiswa di Jakarta setuju dengan terbentuknya ALA tersebut.....semoga Allah memberikan pentujuk kepda kita semua amin..... selamat berjuang ALLAH....ALLAH..ALLAH .......U...AKBAR,,,,,,OK




Kamis, 29-05-2008 11:00:08 oleh: oslie permatasari

Ala Abas salah satu solusi percepatan pembangunan di wilayah Ala dan Abas karena selama pemerintahan gubernur Irwandi Yusuf tidak menunjukkan kinerja yang maksimal dalam membangun wilyah tersebut bahkan boleh dikatakan semakin memperuncing kesenjangan pembangunan di tiga wilayah tersebut. Maju terus tokoh pemekaran Ala Abas demi kesejahteraan rakyat. Selamat berjuang



Senin, 09-06-2008 14:44:45 oleh: nold

Saya hanya akan mengucapkan selamat kepada ALA yang akan menjadiprovinsi baru dan akan menjadi daerah otonom, sehingga prioritas baik dari segi pendidikan dan kesejahteraan disana akan tercapai.....good luck



Kamis, 26-06-2008 10:50:53 oleh: Bayu Wardhana

Kepada Pak Joko,

Maaf komentar-komentar Anda, kami hapus. Secara materi komentar sebenarnya tidak masalah. Namun mohon tidak menggunakan nama Joko xxxxxx , yang menurut kami tidak pada tempatnya dan bisa menimbulkan salah persepsi.

Silakan berkomentar kembali, dengan menggunakan identitas yang baik dan jelas. Semoga dapat dipahami.

salam,

Bayu W
admin wikimu.com




Sabtu, 10-07-2010 17:25:59 oleh: H.Mukhtar

PEMEKARAN HARUS DIPIKIR KEMBALI
Kalau ditinjau dari sudut pemikiran politik barangkali pemekaran di Aceh tidak boleh ada, karena hal keadaan demikian akan akan memecah belahkan wilayah Aceh, namun kalau kita bicara menyangkut dengan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, ALA dan ABAS harus segera terwujud, kasian masyarakat Aceh di sebahagian daerah di Aceh,mereka masih sangat miskin dan tertinggal, kapan lagi rakyat menikmati medernisasi sebagaimana daerah lain.

Selama ini rakyat tertekan oleh situasi yang tidak menentu, sekarang saatnya berjuang MAJU, membangun infrastruktur, membangun semangat, moral, mental spritual dan materi, menuju kesejahteraan jasmani dan rohani.

Jalan yang terbuka untuk itu hanya satu yaitu melalui pemekaran provinsi ALA, ABAS dari NAD. Yakinlah pemisahan administrasi tersebut, tidak akan berpengaruh pada karakter rakyat Aceh, mereka tetap Orang Aceh Asli dengan jiwa dan semangat keacehan yang murni.

Untuk mengikat / menjalin tali emosional perlu di bentuk adanya SATU WALI NANGGROU yakni pemimpin adat yang berpengaruh dan bijaksana.

Marilah kita berfikir positif, dengan melihat kebawah, betapa banyak rakyat Aceh yang masih....... ya bodoh, ya susah, ya miskin......dsb.... sayangilah mereka,

berilah kesempatan kepada daerah-daerah itu untuk memajukan daerahnya, kemudian mari kita bersaing sehat, semoga Allah akan menuntun kita. amiiin Ya Rabbal 'alamiin





Minggu, 02-12-2012 14:43:06 oleh: el azwar

Ala-Abas adalah wilayah aceh tak terpisahkan... Tidak ada yang boleh mengobok obok persatuan bangsa Aceh...
Tidak ingatkah kalian berapa banyak darah yang tumpah untuk persatuan bangsa ini, mulai dari masa kesultanan sampai tahun 2005,, sudah berapa banyak nyawa yang syahid untuk bangsa ini,, mulai dari teuku umar, tgk chik di tiro,cut nyak Dhien dll.. mereka semua mati untuk persatuan bangsa ini.. akankah kita mengkhianati perjuangan mereka????




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY