Muhammad Nizar

Mohon Matikan Keran Air Setelah Dipakai!

Kamis, 22-11-2007 18:12:41 oleh: Muhammad Nizar
Kanal: Opini

Mohon Matikan Keran Air Setelah Dipakai!

Jika kita pergi ke tempat-tempat sarana umum banyak tulisan  himbauan dan larangan kepada pemakai fasilitas atau masyarakat. Himbauan yang paling top mungkin "Dilarang buang sampah sembarangan" ataupun "No smoking". Banyak lagi yang lain. Tapi sudah ada tidak yang meneliti keefektifan himbauan atau larangan ini.

Di banyak tempat, himbauan ini bahkan cuma jadi bahan lucu-lucuan. Seperti dalam bus kota yang ber-AC jelas terlihat dari jarak 10 meter tertera tulisan "dilarang merokok dalam bus" tapi orang-orang yang duduk di bawah tulisan itu santai aja merokok. Paling-paling mereka bilang "Ah tenang aja, khan kondekturnya ga larang". Bagaimana mau melarang, kondekturnya juga lagi sibuk merokok di belakang.

Ada lagi himbauan di masjid atau tempat umum yang menyediakan keran air. Sering ada tulisan "Matikan keran air setelah dipakai". Tulisan ini nyata, senyata air yang tetap menetes dari pipa karena lupa dimatikan. Mau contoh lagi? sayangnya saya tidak punya fotonya sebagai bukti. Ada dekat rumah saya, disebuah ujung lorong tertancap sebuah kayu dengan tulisan "dilarang buang sampah disini". Pagi-pagi saya jalan sambil tertawa saya lihat pas di bawah larangan itu menumpuk sampah dalam kantong plastik ! Orang yang membuat peringatan itu kalau tidak kuat mental pasti stres melihat kenyataan yang berat ini.

Kebiasaan di negara ini memang aneh. Sekali-kali kita kritik masyarakat lah, jangan pemerintah terus. Banyak sekali orang-orang tidak peduli dengan himbauan atau larangan yang sudah ditempelkan sama sekali. Kita lebih takut pada ancaman hukuman. Seandainya ancaman hukuman itu tidak ada maka pelanggaran tetap berlangsung.

Bicara soal kesadaran merupakan soal pelik. Tingkat kesadaran orang pun berbeda-beda sesuai dengan "keyakinan" masing-masing. Maksudnya kalau yakin tidak ada yang menegur maka tindakan yang salah tetap mereka lakukan. Kesadaran paling tepat diterapkan melalui kebiasaan yang dilatih sejak dini. Kalau sudah urusan pendidikan dini para ahli pendidikan anak kayaknya lebih tahu.

Mungkin suatu hari nanti di Indonesia pada setiap lorong petugas tramtib akan menjaga dengan muka sangar. Jika ada yang tertangkap basah melanggar langsung dipentungin atau kena hukuman badan 10 hari tidur di sel. Gmana kalau kita buat hukuman percobaan sekali-kali di Wikimu, misalnya bebaskan moderator dari tugas-tugasnya untuk memantau website. Apakah nanti ada yang melanggar aturan mainkah?

www.mnizar.multiply.com

 

Bookmark and Share

Tag/Label opini
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
6 komentar pada warta ini
Kamis, 22-11-2007 21:15:46 oleh: Alain Bunjamin

tulisan anda menarik sekali..saya juga ingin mengangkat topik ini..seperti itula orang indonesia, membuat saya heran..mereka selalu mengkritik pemerintah untuk perubahan..tapi bagaimana mau berubah, yang nuntut saja tidak mau berubah..jelas aja negri ini tidak maju"..rakyatnya aja tidak mau bergerak..



Jumat, 23-11-2007 11:02:42 oleh: Muhammad Nizar

saya sangat bingung malah dg kondisi sekarang. ada orang yang ditangkap polisi karena nerobos lampu merah malah ngamuk2. Polisi dianggap sengaja menilangnya. Lho? memangnya siapa yang salah siapa yang benar?



Jumat, 23-11-2007 11:24:35 oleh: Panjikristo

makanya, di mal-mal saat ini kran dibuat otomatis. cukup di tekan maka air akan keluar secukupnya. jika masih kurang tekan aja lagi. gitu terus. Lebih hemat.

Saya punya pengalaman, coba matikan kran di suatu tempat tapi ternyata rusak. Akhirnya saya ikat pakai karet.




Jumat, 23-11-2007 11:31:35 oleh: Silvi Anhar

Makanya kan pak muncul pameo " peraturan dibuat untuk dilanggar"...



Jumat, 23-11-2007 17:26:47 oleh: rahmah

mental begitu bukan cuma ttg hal2 duniawi, Mas. Makanya ahmad dhani pernah bikin lagu "jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau bersujud kepadaNya?". Banyak orang beribadah karena takut neraka atau karena pengen dilihat orang. Bukan karena pengen mendapat Ridlo Tuhan. Lha Tuhan aja dikibulin apalagi sama2 makan nasinya????



Jumat, 23-11-2007 18:52:37 oleh: Panjikristo

Liriknya Ahmad Dhani memang apik. Disitulah letaknya kualitas manusia. Apakah kita beriman dan beribadah hanya karena takut masuk neraka atau hanya karena menginginkan pahala.
banyak orang yang berbuat baik agar mendapat pahala, ia seperti menabung pahala. Padahal pahala seseorang terletak pada motivasinya. Apakah ia tulus dalam menolong sesama atau hanya karena ingin dilihat orang. untuk yang belakangan, sebenarnya dia membohongi dirinya sendiri dan bersikap munafik terhadap TuhanNya.




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY