Silvi Anhar

Mengapa Setelah Gerhana Muncul Bencana?

Selasa, 20-11-2007 10:02:55 oleh: Silvi Anhar
Kanal: Iptek

Mengapa Setelah Gerhana Muncul Bencana?

Gerhana merupakan suatu peristiwa alam yang dahulu merupakan suatu hal yang ditakuti sehingga diadakan upacara-upacara ritual. Di dalam agama Islam dianjurkan untuk mengadakan sholat sunat gerhana dengan tujuan untuk sebagai rasa takjub pada kekuasaan Illahi dengan adanya peristiwa alam ini.

Kemarin saat ngobrol-ngobrol tentang meteor shower, tiba-tiba temanku bertanya padaku, "Eh pernah perhatikan nggak kalau setiap habis gerhana, pasti ada bencana yang terjadi di Indonesia." Saat ditanya demikian, aku mencoba untuk mengkilas balik peristiwa-peristiwa yang ada... hmmm. Emang sih sepertinya bencana terjadi setelah beberapa setelah peristiwa gerhana. Tapi untuk jelasnya ya kita cari tahu apa benar demikian?

Lalu hari ini, aku penasaran untuk mencari tahu mengapa setelah gerhana muncul, yang timbul bencana?

Menurut Komisariat Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar Ade Edward (alumni ITB) bahwa terjadinya gerhana bulan total (total moon elips) berpotensi menimbulkan gejala alam lain seperti gempa bumi, gelombang pasang, dan badai. Gerhana bulan ini akan berpengaruh terhadap gaya gravitasi bumi.

Selama proses gerhana berlangsung terjadi proses perubahan global gaya gravitasi bumi dan parameter fisika bumi yang berlangsung dalam waktu singkat. Hal ini akan mempengaruhi gerak dinamis bumi, diantaranya sifat magnetik bumi (geomagnet), sifat listrik (geolistrik), dan gaya berat bumi. Perubahan ini juga akan diikuti dengan perubahan kondisi cuaca mikro, mulai dari temperatur, kecepatan/ arah angin, tinggi/ arah gelombang samudra serta curah hujan.

Seiring dengan proses gerhana bulan total ini, juga akan muncul perubahan-perubahan parameter fisik dan cuaca di bumi. Jika berlangsung terus maka dapat memicu terjadinya peristiwa gejala fisik di muka bumi yang dapat menjadi bencana. Seperti hujan, badai, puting beliung, banjir pasang, gelombang samudera, gelombang pasang, longsor/gerakan tanah, gempa tektonik, gempa runtuhan/ brurial serta aktivitas vulkanik. Jika kejadian gempa tersebut terjadi di laut, maka bisa berpotensi tsunami.

Wah... rupanya informasi dari IAGI benar. Ternyata gerhana bisa menimbulkan adanya bencana di tempat kita Indonesia ini, yang secara geografis merupakan negara yang terletak dari pertemuan lempeng aktif yaitu lempeng eurasia dan lempeng hindia australia. Jadi, mari kita sama-sama waspada...



Sumber: padangekspress.co.id
Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
8 komentar pada warta ini
Selasa, 20-11-2007 17:22:19 oleh: Mimbar Bambang Saputro

Bukannya. Kalau sudah gerhana biasanya ada siaran iklan tuh. Pusiing pusiiing



Selasa, 20-11-2007 19:41:20 oleh: Bagus Y Prayitno

Teori ini menunjang metode peramalan perhitungan perbintangan kuno, spt Ba zi, Fengshui, Pranata Mangsa, mahakala cakra,termasuk primbon,dsb ..
Bahwa setiap perubahan alam, salah satunya adalah perubahan letak bintang2, planet2 dan benda angkasa lainnya akan menimbulkan perubahan dibumi pula.. hal ini diamati oleh bangsa2 kuno selama ribuan tahun,ribuan responden dan disusunlah konsep atau formula perubahan..
Misal: Jika ada tanda bintang dititik "ini", tiap periode tertentu.. maka ada perubahan "tertentu".

jadi metode prediksi berdasar perhitungan waktu tsb, bukan klenik, mistik, tapi ilmiah...





Rabu, 21-11-2007 07:32:47 oleh: Silvi Anhar

@ pakdhe... walah pakdhe... gerhana yang mana tuh kok malah munculnya puzinggg hehehe... bisa ajah dah pakdhe..

@ mas bagus, emang ia mas, klo kita mau belajar ama nenek moyang kita dulu, mungkin setiap ada perubahan alam, kita sudah berwaspada ria, sehingga korban yg muncul bisa diminimalisir...




Rabu, 21-11-2007 12:43:21 oleh: oni

hati-hati pake istilah ilmiah. suatu hal baru bisa disebut ilmiah setelah diteliti, diverifikasi, difalsifikasi, didokumentasi, dicek dan ricek. sekarang kita terlalu gampang mengatakan suatu hal ilmiah, padahal hanya utak-atik gatuk saja.

kita jangan mundur ke abad pra ilmiah seperti dulu, yang kalau melihat gejala alam dihubung-hubungkan dengan manusia. dicek dulu!




Jumat, 23-11-2007 14:20:57 oleh: Bagus Y Prayitno

Iya (pak/bu) Oni..
memang Ilmiah harus dideskripsikan.. (ini masih rancu) pake cara barat atau cara timur. Banyak yang tidak bisa diraba pakai logika barat, tapi ada dan masuk akal..
Contohnya akupuntur.. Ilmu akupuntur mengenal Chi (di medis barat tdk ada)dan dipraktekkan utk pengobatan bisa. Bahkan di China sudah diakui sbg pengobatan resmi pemerintah sana, bahkan universitasnya setara medis barat.
Mengenai ilmu prediksi (kebetulan sy ikut kursusnya), yakni Ilmu Bazi, bisa mengetahui karakter manusia (akurasinya 30%-50% an)
Ilmu ini full logika dan perhitungan,tdk pake mistik2an. Hanya logika filsafat harus kuat..
perhutngan matematika juga, karena metode menggunakan waktu : Thn,Bulan, Hari, tanggal..
Saya sudah praktek 100an org.. yaitu hasilnya akurasinya (30 -50%), hanya dengantahu Thn,bln, hr, jam kelahiran. Sisa deviasinya karena faktor lingkungan, pendidikan, dll.

Saran saya
Demikian kita juga jangan buru2 bilang sesuatu ilmu dulu /kuno itu klenik, mistik.. buktikan dulu..




Jumat, 23-11-2007 14:24:34 oleh: Bagus Y Prayitno

Tambahan lagi, sy pernah baca di bebrp situs agro, bahwa IPB pernah mengadakan penelitian hubungan Pranata mangsa denagan siklus bercocok tanam. Dan sudah dibuktikan bahwa bisa digunakan utk pertanian, hanya mungkin kendala prosesnya lambat, target panen tdk bisa dipercepat dsb.



Jumat, 23-11-2007 15:17:15 oleh: is silarta

Mas/mbak Oni dan mas Bagus yang ganteng, saya menanyakan apakah kata 'Ilmiah' itu hanya miliknya/monopoli orang barat/sekarang ?

Sehingga penemuan/pendapat orang dulu tidak boleh meng-klaim memakai kata ilmiah...
Semoga ada undang undang yang pasti untuk kepada siapa yang berhak menggunakan kata ilmiah tersebut.
Salam n Bravo Wikimu,




Jumat, 27-03-2009 07:45:17 oleh: Wasif

Semua, Saya Rsa mungkin ader kot gerhana tapi saya berakhir ke tak? tapi kita mana tau cuma allah yang tau GERHANA itu kebesaran allah jadi gerhana itu dia macam nii MATAHRI KANAN BULAN TENGAH BUMI KIRI itu GERHANA BULAN yang ini pula MATAHARI KANAN BULAN KIRI BUMI TENGAH yang tu pula ialah GERHANA MATAHARI ok kita teropong ye jom teropong kot2 aderr gerhana.. JOM!! oh lupa pergi ke blog saya www.londonbiscuits.blogspot.com



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY