Meidy Abadi

Harta Karun Indonesia Ada Dimana?

Senin, 17-09-2007 13:48:24 oleh: Meidy
Kanal: Opini

Harta Karun Indonesia Ada Dimana? Pada suatu siang saya berbincang-bincang dengan seorang sahabat yang kebetulan mempunyai hobi yang agak unik yaitu melakukan pengangkatan kapal tenggelam dari dasar laut. Kapal tersebut berisi barang berharga (keramik, perunggu, perhiasan, dll).

Saya menanyakan, apakah benar di dasar laut perairan kita itu banyak diketemukan kapal yang berisi harta karun? Sahabat saya membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa Indonesia memiliki lokasi yang strategis yaitu di antara 2 benua dan 2 samudera besar. Dengan tanah yang sangat subur dan kekayaan alam yang melimpah, menjadikan banyaknya kerajaan-kerajaan yang berdiri di setiap daerah.

Pedagang-pedagang dari Arab (Gujarat), Cina (jalur sutera melalui laut), Eropa (Portugis, Belanda, Inggris, Spanyol, dll) yang berkunjung ke Nusantara serta perdagangan antar pulau sudah sangat marak sejak jaman dahulu kala (diperkirakan sejak abad ke 8).

Sahabat saya mengatakan menurut pakar dari Tiongkok, diperkirakan kurang lebih 10,000 kapal dagang Cina sejak abad 8 sampai dengan abad ke 19 tidak kembali ke Cina dari Asia. Hal tersebut lumrah karena Cina sudah melakukan ekspor keramiknya ke luar negeri sejak jaman Dinasty Tang. Baik melalui darat yang terkenal dengan jalur sutera darat maupun melalui laut yang terkenal dengan jalur sutera laut.

Dengan navigasi yang belum memadai serta banyaknya karang-karang maupun gosong-gosong (gundukan pasir) di perairan laut kita, dapat mengakibatkan kapal tersebut tenggelam karena menabrak karang maupun gosong. Surga kapal tenggelam di Indonesia adalah di Natuna, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Seribu, Karimun Jawa dan masih banyak lagi.

Itulah sebab banyak sekali pencari harta karun ternama dari luar negeri yang beroperasi di Indonesia baik secara legal maupun illegal.

Yang paling menarik dari diskusi dengan sahabat saya adalah kapal harta karun yang paling bernilai di seluruh dunia diduga tenggelam di Indonesia. Nama kapalnya adalah Flor De La Mar (Flower of the seas). Kapal Portugis yang diperkirakan tenggelam di perairan Aceh Tamiang dan Pasai pada bulan Desember 1511. Flor De La Mar adalah kapal dari armada Admiral Alfonso De Albuquerque yang berisi barang jarahan dari India, Thailand dan yang terbanyak adalah dari Malacca. Kapal tersebut penuh dengan emas permata, kursi emas, mahkota raja, dan sebaginya. Nilai barang yang ada di dalamnya diperkirakan US$ 30 milliar sampai dengan US$ 80 milliar.

Adapun kapal tenggelam yang pernah ditemukan di lautan Atlantik di mana muatannya berisi koin perak dan emas (beberapa bulan lalu yang dimuat beritanya di koran dalam dan luar negeri) diperkirakan mempunyai total nilai USD 500 juta, tidak ada apa-apanya dibandingkan kapal Flor De La Mar ini.

Saya jadi termangu-mangu membayangkan bahwa ternyata Indonesia itu adalah Negara yang sangat luar biasa KAYA. TUHAN sangat mengasihi kita dengan memberikan limpahan kekayaan hutan, perikanan, minyak bumi, batu bara, tambang emas (gunung emas di Free port), tambang nikel, dan sebagainya. Sampai-sampai bangkai kapal di dasar lautan kitapun sangatlah berharga dan bernilai.

Kalau semua itu dikelola dengan baik maka akan sangat besar manfaatnya bagi Bangsa dan Negara. Saya jadi berharap agar suatu saat kelak, semoga TUHAN mengetuk pintu hati dan memberikan kesadaran, cinta kasih, akhlak dan budi pekerti bagi para pemimpin di Negeri ini.

Apabila benar-benar suatu hari kapal harta karun seperti Flor De La Mar berhasil diketemukan dan diangkat, akan memberikan hasil yang maksimal bagi kepentingan bangsa Indonesia. Bukan merupakan suatu kebalikan yaitu badai yang besar yang mana pada akhirnya akan lebih menyusahkan dan merusak sendi persaudaraan bangsa ini seperti banyaknya masalah yang sudah kita dapatkan saat ini. Negeri kaya tapi bangsa miskin dan susah.

Semoga harapan Indonesia menjadi negara yang kaya, baik material dan spiritual akan menjadi kenyataan dikemudian hari. Amin.

 

Sumber gambar: www.geocities.com/TheTropics/Resort/9750

Bookmark and Share

Tag/Label kapal, karam, harta karun, indonesia
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
15 komentar pada warta ini
Senin, 17-09-2007 16:10:28 oleh: Adi Agung Tirtamarta

Tulisan diatas itu benar isinya. Laut kita sangat kaya isinya sehingga tidak mengherankan banyaknya pencari harta karun bangsa asing seperti Michael Hatcher (australia), dari jepang, dari Jerman, dll yang beroperasi dilaut kita. Semoga aturan mainnya bisa lebih jelas sehingga harta karun kita tidak raib.



Senin, 17-09-2007 17:44:46 oleh: Bagus Y Prayitno

Harta karun Indonesia adalah : Pulau-pulau besar kecil yang terbentang dari Sabang Merauke, Kekayaan alam yang beragam jenis tambang: emas, tembaga, besi, nikel, batubara, minyak bumi,
Hasil bumi, iklim tropis, tanah yang subur, kekayanan flora, fauna,dsb,dsb...

Satu lagi, penduduknya yang jumlahnya ratusan juta dengan beragam etnis, golongan, agama, ras dsb...

Mana ada negara di dunia yang sekaya kita , hayoo....

Seperti Koes Plus bilang, Bukan Lautan tapi kolam susu, Tongkat dan batu jadi tanaman

Tapi apalah arti Harta karun kita jika tidak dijaga, dilestarikan, dipertahankan..
Akan banyak Pairot2 / bajak laut (jaman dulu kapitan tack.. VOC)
yang akan merebutnya...hik...






Senin, 17-09-2007 19:08:00 oleh: Micky Jo

wah..bisa buat ngelunasin hutang negara donk



Selasa, 18-09-2007 11:34:49 oleh: elonk

yg ada bukannya ngelunasin utang tp masuk kantong2 pribadi en negara akan tetap bertambah dgn utang2nya....:-(



Selasa, 18-09-2007 12:54:29 oleh: Retty N. Hakim

Flor de la Mar itu sama dengan yang dimaksud di website ini http://nautarch.tamu.edu/shiplab/salvaged%20shipwrecks/FroldelaMar.htm?



Selasa, 18-09-2007 14:59:48 oleh: Meidy

Flor De La Mar = Frol De La Mar



Rabu, 26-09-2007 15:22:46 oleh: rina

hmmm...selama ini kan klo nemu harta karun selalu di claim oleh negara, dan kadang2 suka gak jelas tuh kelanjutannya. gimana klo yang nemu harta itu pergunakan untuk dirinya sendiri daripada susah2 nyari utangan kanan kiri... , jadi yang miskin jadi kaya, dan yang kaya tetap jadi kaya... jadi indonesia qu jadi negara yang kaya deh...



Minggu, 23-11-2008 22:06:42 oleh: dewi

harta karun peninggalan jepang masih tersembunyi di gunung iboih sabang,apakah ada yg mempunyai info lokasinya???



Jumat, 17-04-2009 09:16:10 oleh: karelfatullah

Harta karun negara Indonesia bukan hanya ada di dasar laut perairan indonesia, tetapi juga di hutan dan di gunung. yang berbentuk mata uang suluruh dunia 168 negara dan batangan emas dan platinum, yang disebut gudang aset. Begitu juga yang berada di UBS ( bank swiss ) yang sampai saat ini terhitung mulai 9 september 2008 bunganya mencapai 1000 Billion, dan belum diambil. aset yang berada si UBS dijadikan kollateral oleh sebagian besar negara di Dunia, salah satunya AMERIKA. ( perjanjian Sukarno, Jhon F Keneedy, HB IX, dan pejabat Bang swiss di kapal perang AS), Aset ini adalah milik kerajaan di Indonesia sebelum terbentuknya Republik Indonesia, dan yang dapat mengambil aset ini adalah beliau yang masih keturunan mataram Dinasti. Mari kita berdoa, mudah-mudahan 2009 ini aset tersebut bisa di ambil untuk kesejahteraan rakyat indonesia tanpa di ganggu oleh pemerintahan yang korup. AMIN




Jumat, 26-06-2009 16:27:30 oleh: sandy rosadi

saya sangat tertarik pembicaraa dari karelfatullah.
darimana anda tau bahwa harta tersebut ada di UBS?
darimana juga anda tau bahwa yang bisa mengambil aset (dana kesejahteraan) ini adalah beliau yang masih ada keturunan mataram (DNA) ??




Sabtu, 27-06-2009 08:48:00 oleh: sandy rosadi

setau saya yang di UBS itu cuman angkanya doank.(meskipun nol nya itu ada 24 digit)
fisiknya cuman ada sekitar 2% dari total keseluruhan aset.
yang 98% fisiknya itu ada di indonesia.
cuman selama ini g ada orang yang tau. cuman orang2 tertentu aja. alias ada aktor dibelakang panggung.
syapa orangnya?pasti masyarakat umum juga akan mengetahuinya cepat atau lambat....segera..




Selasa, 11-05-2010 21:12:18 oleh: amranhpranoto

Pemerintah "tolong selamykan harta karun indonesia"terutama cirebon,cirebon adalah pusernya bumi".



Minggu, 17-04-2011 15:09:31 oleh: alpi

aneh



Selasa, 04-06-2013 20:35:36 oleh: wiko arya gemilang

wow kaya ya negara indonesia ni,,,tak ku duga,,
untuk negriku ini semoga semakin maju teru dan terus,,,




Jumat, 15-11-2013 12:17:08 oleh: s.zulkarnain

Kalau menurut saya kejadian pd Bln muharam,dengan penemuan koin2 emas dan pedang di DAERAH aceh berarti sdh terbuka KUNCI wilayah harta karun di mulai dari aceh & seluruh WILAYAH Indonesia kita tunggu aja, mudah2an utk kesejahteraan rakyat INDONESIA amin ya rabbaalamin....muda2an selalu Istiqomah...dan bermohon kpd ALLAH....wasalam...



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY