Nury Nusdwinuringtyas

Tembang Jawa, Bukan Tembang Biasa

Kamis, 07-04-2011 10:05:31 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Opini

Tembang Jawa, Bukan Tembang Biasa

Beredar pada milis dan jaringan komunikasi BlackBerry, dua tembang Jawa yang konon diciptakan tahun 1400-an oleh Sunan Kalijaga. Wikipedia bahasa Indonesia menyebutkan Tembang berarti adalah lirik/sajak yang mempunyai iramanada sehingga dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai lagu. Kata tembang berasal dari bahasa Jawa. Wikipedia bahasa Jawa memberikan batasan yang lebih lengkap.  Tembang iku kasil budaya saking gubahan neng bidang seni nada utawa swara sing nduwe aturan-aturan tinentu antarane: urutan, kombinasi lan hubungan temporal (uga isa nganggo iringan piranti musik) sing ngasilake gubahan musik sing manunggal lan nduwe irama. Tembang itu merupakan hasil budaya Jawa, gubahan seni nada atau suara yang mempunyai aturan-aturan (tertentu) antara lain : urutan, kombinasi dan hubungan temporal (juga bisa menggunakan iringan musik), sehingga menghasikan gubahan musik yang menyatu dan berirama.

 

Saya Kutipkan dari dua jejaring komunikasi saya Gundul-gundul pacul dan Lir-Ilir :

Gundul gundul pacul berlirik sebagai berikut:

Gundul gundul pacul-cul, gembelengan.Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan.Wakul ngglimpang segane dadi sak latar...:

Pengertian / arti tembang secara filosofi:

Gundul: adalah kepala plonthos tanpa rambut. Kepala adalah lambang kehormatan, kemuliaan seseorang. Rambut adalah mahkota lambang keindahan kepala. Maka gundul artinya kehormatan yang tanpa mahkota.

Sedangkan pacul: adalah cangkul yaitu alat petani yang terbuat dari lempeng besi segi empat. Pacul: adalah lambang kawula rendah yang kebanyakan adalah petani. Gundul pacul artinya: bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul untuk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Orang Jawa mengatakan pacul adalah papat kang ucul (empat yang lepas).Artinya bahwa: kemuliaan seseorang akan sangat tergantung 4 hal, yaitu: bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya.

1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat.

2.Telinga digunakan untuk mendengar nasehat.

3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.

4. Mulut digunakan untuk berkata-kata yang adil.

 

Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya. Gembelengan artinya: besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya. GUNDUL-GUNDUL PACUL CUL artinya orang yang dikepalanya sudah kehilangan  ke 4 indera tersebut yang mengakibatkan sikap berubah jadi GEMBELENGAN (= congkak).

 

NYUNGGI2 WAKUL KUL (menjunjung amanah rakyat) selalu sambil GEMBELENGAN (= sombong hati), berakibat  WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan) , sehingga SEGANE DADI SAK LATAR (berantakan sia-sia, tak bisa bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat).....Hanya dua baris, namun sarat makna.

Berikut saya kutipkan Lir Ilir, yang saya kenal ditembangkan pengasuh saya, dikenal sebagai tembang dolanan anak-anak, ditembangkan saat bermain konon di bawah terang bulan.

*Lir ilir….lir ilir.., tandure wus semilir…

Bangunlah bangunlah, tanamannya telah bersemi.  Baris pertama tembang ini mengingatkan agar para penganut agama Islam agar segera bangun dan bergerak, karena saatnya telah tiba, seolah tanaman yang siap dipanen.

*Tak ijo royo-royo, tak sengguh penganten anyar.

Warnanya hijau menyejukkan, kukira (sepasang) pengantin baru. Hijau merupakan warna kejayaan yang menarik hati siapapun yang memandang dan membawa kebahagiaan.

*Cah angon, cah angon, penekna blimbing kuwi.  Secara harafiah berarti: anak gembala, panjatkan pohon belimbing itu. Yang dimaksud dengan anak gembala adalah para pemimpin, sedangkan belimbing, buah bersegi lima merupakan simbol. Baris ini mengingatkan para pemimpin untuk memberi contoh kepada rakyat.

*Lunyu-lunyu penekna kanggo mbasuh dodot iro. Meski licin panjatlah, untuk mencuci dodotmu. Dodot adalah sejenis kain kebesaran orang Jawa yang digunakan pada peristiwa penting, dan buah belimbing, pada masa dahulu digunakan sebagai pencuci kain, terurama batik, agar awet. Penggalan tembang mengingatkan agar menjaga kehidupan beragama. Agama, menurut orang Jawa, seperti pakaian untuk jiwa.

*Dodot iro, dodot iro, kumitir bedah ing pinggir. Kain dodotmu, kain dodotmu, rusak dan robek tepinya. Saat itu kemerosotan moral telah menyebabkan orang meninggalkan pelajaran agama, dilambangkan denganpakaian yang robek.

*Dondomana, jlumatana, kanggo sebo mengko sore. Jahitlah, tisiklah untuk menghadap (Gusti- Allah mu) nanti sore. Diingatkan untuk memperbaiki kehidupan beragama dengan cara menjalankan ajaran agama dengan benar untuk bekal menghadap Allah SWT padasaatnya.

*Mumpung gede rembulane, mumpung jembar kalangane. Selagi  saat bulan purnama, selagi tempatnya masih lapang. Selagi masih banyak waktu, selagi masih lapang kesempatan, perbaikilah kehidupan beragamamu.

*Ya suraka, surak hiiiiya…..Bersoraklah, berteriaklah  IYA. Di saat waktunya datang panggilan yang maha Kuasa (nanti), sepatutnya orang yang menjaga kehidupan beragama dengan baik, menyambut dengan gembira. He, seingat saya kok sorak HORE….

(Terima kasih dr  Yuslam dan dr Dalyono, kiriman pesan yang menyentuh kalbu. Ijin saya bagikan ya)

Bookmark and Share

Tag/Label opini, lagu, tembang, jawa
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY