wawan

The Underground Reporter: Kisah Remaja-remaja Perkasa Dari Budejovice

Rabu, 22-04-2009 08:50:43 oleh: wawan
Kanal: Gaya Hidup

NAZI, siapa yang tidak kenal dengan kekejamannya? Bagi warga Eropa pada jaman Perang Dunia Pertama, nama NAZI seakan menjadi jaminan kesengsaraan, terutama kaum Yahudi.

Namun tentu saja perlawanan terhadap NAZI tetap dilakukan. Dipastikan ada banyak perlawanan, termasuk dari sekelompok remaja di Budejovice, sebuah kota berjarak 150 km di selatan Praha.

Adalah sekelompok anak remaja bernama John Freud (12 th), Karel (15 th), Beda, Frances, Ruda (15), Irena dan lain-lainnya tinggal di Budejovice. Suasana kota itu terasa menyenangkan, sampai akhirnya pecah Perang Dunia II, September 1939. NAZI mengancam negara-negara Eropa, terutama orang-orang Yahudi. Setelah NAZI menguasai negara mereka, aturan-aturan baru segera di terapkan. Orang-orang Yahudi dibatasi dalam mengakses fasilitas umum.

Pelan tapi pasti remaja-remaja Budejovice ini kehilangan tempat bermainnya. Sekolah mulai di larang. Berbelanja di pasar atau toko mulai di larang. Bermain di taman kota juga demikian. Lantas apa yang harus mereka lakukan?

Ruda memiliki ide, yaitu menerbitkan tulisan-tulisan untuk membangkitkan semangat hidup mereka. Tulisan-tulisan itu diketik dan diterbitkan dengan nama “Klepy.” Edisi pertama terbit 30 April 1940. Edisi-edisi berikutnya terbit kemudian dengan jumlah tulisan yang makin banyak. “Klepy” makin disukai. Sumbangan-sumbangan tulisan pun mulai berdatangan sampai edisi 20. Setelah itu, “Klepy” tak bisa terbit karena orang-orang Yahudi di Budejovice ditangkap dan dimasukkan ke kamp konsentrasi. Kumpulan majalah “Klepy” ia titipkan pada Irena Stadler, warga asli negara setempat.

Kisah ini seakan menjadi dongeng dari negeri entah berantah. Bagaimana mungkin remaja-remaja seusia belasan tahun, usia SMP di tempat kita, telah memiliki pandangan yang luas mengenai kehidupan bersama. Mereka telah memiliki pemikiran bahwa kehidupan harus tetap berjalan. Mereka telah memiliki kepedulian yang luar biasa besar terhadap sesama mereka yang tengah putus asa menatap masa depannya.

Sayangnya, kekejaman NAZI membuat sebagian besar dari penulis “Klepy” meninggal baik secara langsung (meninggal di kamp konsentrasi) atau tidak langsung (meninggal karena penyakit yang dideritanya tak dapat disembuhkan setelah kekalahan NAZI). John, yang menjadi tokoh utama kisah ini, selamat. Seandainya remaja-remaja ini terlahir di negara-negara demokratis, mungkin mereka akan menjadi jurnalis-jurnalis hebat.

Atau mungkin ini adalah rencana Tuhan. Tuhan ingin menunjukkan kepada kita contoh perjuangan remaja-remaja yang penuh dengan akal, menyiasati himpitan kehidupan. Jika mereka, yang berada dibawah ancaman nyata tembakan senjata api mampu melakukan karya luar biasa ini, mengapa kita, yang hidup di negara demokratis yang penuh dengan pilihan, tidak mampu melakukannya?

Judul      :The Underground Reporter

Penulis   : Kathy Kacer

Penerbit : Kanisius 2006

Wawa

Bookmark and Share

Tag/Label buku
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Rabu, 22-04-2009 11:17:47 oleh: M.zuriat Fadil

Jika mereka, yang berada dibawah ancaman nyata tembakan senjata api mampu melakukan karya luar biasa ini, mengapa kita, yang hidup di negara demokratis yang penuh dengan pilihan, tidak mampu melakukannya?.............

Jawabannya Jelas, seperti kata Nietzche: "spesies yang unggul selalu muncul dari kondisi yang tidak menguntungkan dirinya"

Salut!untuk penulis artikel ini

Salut! untuk para pemuda dari Budejovice

Salut! untuk mereka yg tetap bertahan dalam kondisi sulit dan perlahan tumbuh menjadi manusia unggul




Rabu, 10-06-2009 15:31:36 oleh: iwan RS

CERITA YANG MENARIK DAN DRAMATIK,COBA KALAU FILM FILM INDONESIA MENYUGUHKAN CERITA DENGAN NILAI SERUPA MESKI BEDA CERITA, PASTI FILM INDONESIA BISA MENDEWASAKAN MASYARAKATNYA.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY