Leonardo Paskah S

Campak dan Campak Jerman, Apa Bedanya?

Selasa, 07-04-2009 17:05:14 oleh: Leonardo Paskah S
Kanal: Kesehatan

Campak dan Campak Jerman, Apa Bedanya?

Ibu Ani bingung setelah mendapati bercak-bercak merah pada sekujur tubuh anak semata wayangnya yang belum genap berusia 8 tahun. Padahal anaknya beberapa hari ini hanya batuk pilek biasa saja dan tidak ada masalah lainnya. Ketika dokter menjelaskan bahwa anaknya kemungkinan menderita campak jerman, semakin bingung pulalah ia. Bukan apa-apa, baru sekitar 2 tahun lalu si anak sudah menderita campak, sementara setahunya, campak hanya menyerang sekali saja. Namun setelah dijelaskan oleh dokter bahwa kali ini yang diidap si anak adalah campak jerman, bukan campak doank, dan memang kedua jenis penyakit tersebut berbeda maka ia pun baru memahami.

Mungkin juga seperti halnya Ibu Ani, masih banyak orangtua yang tidak tahu bahwa terdapat 2 jenis penyakit yang mengusung nama campak yaitu campak (measles, morbilli, rubeola) dan campak jerman (german measles, rubella). Keduanya merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, walaupun oleh masing-masing jenis virus yang berbeda. Oleh karena itu jangan heran jika anak yang sebelumnya sudah pernah menderita campak dapat pula terkena campak jerman di kemudian hari, dan juga sebaliknya, karena memang virus penyebabnya berbeda. Umumnya virus campak (measles) membutuhkan waktu antara 10-14 hari untuk berkembang biak dan mulai muncul sebagai gejala klinis, sedangkan virus campak jerman (rubella) membutuhkan waktu inkubasi tersebut yang lebih lama yaitu sekitar 3 minggu. Keduanya adalah penyakit menular, bahkan campak (measles) sangatlah menular. Cara penularannya menyerupai flu yaitu melalui udara pernapasan seperti percikan dari batuk dan bersin.

Walaupun sama-sama mengosong nama ‘campak’, namun ada banyak perbedaan di antara keduanya yang penting untuk diketahui. Perbedaan gejala di antara keduanya secara umum adalah biasanya anak yang menderita campak (measles) kondisi sakitnya lebih berat ketimbang pada yang menderita campak jerman (rubella). Anak yang menderita campak (measles) umumnya memiliki batuk dan pilek yang berat, mata merah dan berair, demamnya tinggi bahkan bisa memicu kejang demam pada anak usia lebih kecil, diare dan akhirnya sekumpulan gejala tersebut akan membuat si anak tergolek lemah di atas ranjang. Beda halnya pada campak jerman (rubella) dimana terkadang satu-satunya hal yang menjadi alasan si ibu membawa anaknya ke dokter adalah kecemasan akan adanya bercak-bercak merah pada badan di anak yang terus meluas. Si anak sendiri kondisinya masih relatif aktif beraktivitas, batuk-pileknya ringan dan sedikit demam saja. Namun perlu dicatat juga bahwa campak jerman (rubella) bila menyerang orang dewasa dapat menimbulkan gejala yang cukup berat, yaitu batuk-pilek yang lebih nyata, diare, demam, badan meriang serta menggigil, tulang linu-linu semua, sakit kepala berat, serta poliartritis (sendi-sendi kecil bengkak dan meradang) yang pada akhirnya akan membuat si penderita terkapar juga di atas ranjang untuk beberapa hari.

Perjalanan klinis kedua penyakit ini demikian dramatisnya sehingga menarik untuk diketahui. Pada campak (measles), awalnya anak memiliki gejala flu biasa yaitu batuk-batuk kering disertai pilek, bersin-bersin, hidung mampet serta badan agak panas. Bedanya dengan flu biasa adalah disini mata si anak merah dan berair sehingga ia lebih memilih memejamkan mata atau berada di ruang yang tidak silau (fotofobia). Gejala demikian diakibatkan oleh karena peradangan selaput bola mata atau dikenal sebagai konjungtivitis. Jadi waspada jika menjumpai anak yang sedang batuk-pilek namun disertai juga mata merah, bisa jadi itu adalah campak pada tahap awal dan justru merupakan masa penularan sangat intens. Pada beberapa anak, diare yang berkepanjangan juga sering menyertai dikarenakan virus dapat merusak selaput lendir usus. Gejala tahap awal yang disebut sebagai fase prodromal ini umumnya berlangsung antara 3-5 hari dan selanjutnya barulah bercak-bercak merah khas campak bermunculan dan seringkali akan kembali memaksa si ibu memboyong anaknya ke dokter, tentunya dengan perasaan lebih cemas lagi. Seringkali bersamaan dengan waktu munculnya bercak-bercak ini, demam, batuk-pilek dan diare si anak semakin menjadi-jadi. Selain itu dapat dijumpai banyak kelenjar getah bening di leher yang bengkak. Bercak-bercak merah pada campak munculnya dimulai dari belakang kepala di sekitar batas rambut dan leher, lalu perlahan tapi pasti mulai menyebar ke muka, leher, dada, punggung hingga akhirnya mencapai telapak tangan dan kaki. Umumnya rasa gatal dirasakan namun tidak terlalu nyata. Proses dari munculnya bercak hingga hilang umumnya berlangsung antara 4-7 hari. Pada fase pemulihan bercak-bercak tersebut akan mulai mengering, mengelupas dan meninggalkan warna kelam pada kulit untuk sementara.

Berbeda dengan campak, pada campak jerman (rubella) si anak nyaris tidak memiliki gejala awal. Kalaupun ada biasanya berupa batuk-pilek ringan tanpa disertai mata merah maupun demam yang mencolok. Sebenarnya jika teliti, pada masa-masa awal ini dapat dijumpai pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan di belakang telinga si anak yang terasa nyeri jika ditekan. Hari selanjutnya barulah bercak-bercak merah khas campak keluar dimulai dari wajah lalu turun ke leher, dada, punggung hingga ke tangan dan kaki. Bedanya dengan campak, bercak-bercak pada campak jerman (rubella) menyebar dengan jauh lebih cepat dan proses dari pertama muncul hingga hilangnya bercak tersebut adalah 3 hari sehingga dikenal pula penamaan three-day measles sebagai sebutan lain untuk campak jerman. Yang khas juga, saat bercak-bercak telah mencapai kaki umumnya bercak-bercak di sekitar wajah dan leher mulai hilang. Pada fase penyembuhan, bekas bercak-bercak ini hanya mengelupas ringan dan jarang menimbulkan bekas kelam pada kulit.

 

Waspada bagi ibu hamil

Komplikasi campak (measles) umumnya lebih serius jika dibandingkan dengan campak jerman (rubella) bagi si penderita. Komplikasi yang sering adalah peradangan telinga tengah, selain itu dapat juga terjadi infeksi paru-paru (pneumonia) dan infeksi otak (ensefalitis). Campak juga dapat menyebabkan diare yang berkepanjangan sehingga dapat menimbulkan gangguan gizi yang serius pada si anak. Demikian juga sebaliknya, campak yang menimpa anak dengan gizi buruk seringkali berkomplikasi berupa diare berat yang akan semakin memperberat gangguan gizi si anak. Dengan demikian selalu ada keterkaitan antara campak, diare dan masalah gizi anak, sehingga penanganannya harus meliputi ketiga aspek tersebut.

Campak jerman (rubella) jarang menimbulkan komplikasi bagi penderitanya. Namun catatan penting yang perlu diingat bahwa jika campak jerman (rubella) ini diderita oleh ibu yang sedang hamil muda maka resikonya besar bagi anak yang dikandungnya. Campak jerman pada masa kehamilan dapat menimbulkan rubella kongenital pada si anak kelak saat dilahirkan, berupa cacat bawaan yang berat meliputi antara lain cacat mental, kebutaan serta tuli. Menilik resikonya yang berat bagi si janin kelak, kasus campak jerman pada ibu hamil di beberapa negara malah diperbolehkan diakhiri dengan tindakan pengguguran kandungan. Jadi yang terpenting bagi ibu hamil muda yang belum pernah terkena campak jerman adalah menghindari sebisa mungkin pemaparan dan kontak dengan penderita. Jika sudah terlanjur terkena kontak atau gejala, segeralah ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Perlukah Antibiotik dan Vaksinasi ?

Campak maupun campak jerman adalah penyakit yang swasirna. Karena penyebabnya adalah virus, antibiotik tidaklah rutin diperlukan untuk meredakan batuk-pilek, diare bahkan demamnya. Belum ada antivirus spesifik yang dapat digunakan dalam pengobatan sehingga terapinya secara umum adalah istirahat total, banyak minum dan makanan bergizi, di samping berbagai obat untuk meredakan gejala yang ada serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh..

Vaksinasi sangatlah penting bagi anak. Vaksinasi campak adalah salah satu dari 5 vaksinasi yabg diwajibkan oleh pemerintah bagi balita. Vaksin campak dapat diberikan saat anak berusia 9 bulan atau lebih. Sedangkan vaksinasi campak jerman (rubella) diberikan saat si anak berusia diatas 15 bulan, yaitu dalam bentuk vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella). Walaupun vaksinasi Campak dan MMR tidak menghindarkan 100% si anak dari campak maupun campak jerman di kemudian hari, namun anak yang telah divaksinasi umumnya memiliki gejala dan komplikasi yang ringan jika terkena kedua penyakit tersebut kelak. Jadi vaksinasi masih merupakan pendekatan penting bagi penanganan primer dari penyakit campak dan campak jerman, khususnya bagi anak.

 

Sesuai dengan yang diterbitkan di majalah Health Today edisi Februari 2009

Bookmark and Share

Tag/Label campak, campak jerman
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
27 komentar pada warta ini
Selasa, 07-07-2009 15:39:22 oleh: Era Soedarsono

Sekarang anakku lagi kena campak jerman jadi artikel ini lumayan berguna untuk tidak panik Alangkal bagusnya bila artikel imi ditambahkan cara perawatan si penderita,nutrisi apa yang dibutuhkan dll Semalam ternyata jumlah trobosit anaku ada di ambang batas bawah, jadi apa yang saya usulkan akan cukup membantu pemulihan kondisi selain obat



Selasa, 07-07-2009 19:17:16 oleh: leonardo paskah

Trombosit umumnya agak oleng sedikit pada campak n campak german, tapi umumnya tak akan merosot hingga semacam DBD. Seiring waktu maka trombosit akan naik sendiri, yg diperlukan adalah makan yg cukup dan segar-segar seperti sayuran, minum air putih yg cukup dan istirahat cukup



Rabu, 24-03-2010 20:35:53 oleh: meita hestiningtyas

artikel ini sangat membantu saya karena saat ini anak pertama saya juga terkena campak jerman,yang ingin saya tanyakan apabila anak ke2 sya saat ini usianya 2,5thn tp msh belum vaksin campak,apakah langsung di imunisasikan MMR atau campak biasa dulu?



Kamis, 25-03-2010 07:51:38 oleh: leonardo paskah s

saya turut senang jk artikel ini berguna untuk ibu.
Si kecil yg belum di vaksin campak pada usianya yg sekrg silahkan lsg di MMR saja karena di vaksin inipun terdapat vaksin campak.




Selasa, 06-04-2010 12:35:51 oleh: maria agnes ratna w

Terimakasih atas informasinya yang lumayan lengkap krn sangat membantu saya & anak saya yg sdg sakit campak jerman. Putri saya usia 1 thn 3 bln sdh imunisasi MMR, skrg usia 10 thn 8 bln tertular campak jerman dr saya. Saat ke dokter diberi jawaban tidak ada obat, silakan menjaga stamina tetap baik. Saya sebaiknya tetap berangkat kerja atau bertahan di rumah saja dulu, mengingat ini penyakit menular ? Juga untuk anak saya yang kelas 5 SD, sebaiknya tetap berangkat ke sekolah atau di rumah dulu sampai sembuh, karena kasihan teman-teman sekelasnyA kalau tertular. Sekali lagi terimakasih untuk jawabannya.



Selasa, 06-04-2010 22:12:28 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Maria,
tentunya lebih baik jika Anda berdua stay di rumah dulu paling tidak selama 3 hari setelah bercak-bercak merah keluar karena penyakit tersebut sangat menular, apalagi jika close contact. Banyak istirahat akan sangat membantu pemulihannya. Selain itu, untuk mencegah penularan lebih jau, sering-seringlah cuci tangan dan jikalau ada pilek/batuk sebaiknya emmakai masker di tempat-tempat umum
Imunisasi MMR perlu diberikan 2 kali, yaitu saat 15 bulan dan usia 5 tahun, dengan demikian perlindungan terhadap ketiga jenis penyakit tersebut dapat lebih optimal.
salam




Rabu, 07-04-2010 10:54:35 oleh: betty prasetyaning d

anak saya sekarang lagi kena campak umur 4 tahun, sudah ke dokter tapi diagnosis katanya radang tenggorokan, tapi sekarang bercak merahnya makin banyak, mudah-mudahan cepat sehat



Sabtu, 10-07-2010 17:46:59 oleh: suryadi anwar

ada teman yang badannya timbul bercak merah tanpa disertai panas tinggi, namum mengalami sakit kepala dan tulangnya serta tenggorokan sakit . Ada yg mengatakan ini merupakan gejala rubella.tapi bercak merahnya tidak sebanyak yg ada di foto.
Apa betul itu gejalanya ? apa ini gejala apa ada obat untuk meredakan gejala rubella untuk orang dewasa?




Rabu, 14-07-2010 09:02:30 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.suryadi, memang ada beberapa penyakit virus yang bergejala demikian plus bercak merah di kulit, jadi bukan monopoli campak atau campak jerman saja. Bercak campak atau campak jerman umumnya lebih khas bentuknya disertai riwayat perjalanan lokasinya (perambatannya) yg khas.

tidak ada obat khusus untuk campak jerman, upaya meredakan gejala-gejala yang tidak enak diperlukan dengan memberikan obat sakit kepala, demam, batuk, nyeri tenggorokan. Selain itu upaya meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat dicoba dengan pemberian vitamin dll




Jumat, 23-07-2010 08:40:25 oleh: indah

artikel ini sangat berguna bagi kita yang belum mengetahui apa itu penyakit campak. terlebih saat ini saya lagi terkena penyakit campak jerman. gejala awal hanya diare berat, selanjutnya demam barulah muncul bintik2x merah di tangan dan kaki. ngeri juga melihat bintik merah disekujur tubuh plus muka. saat ini saya coba konsumsi susu steril dan vitamin...
pertanyaan saya apakah virus rubella akan tetap ada pada mantan penderita campak jerman? terima kasih




Jumat, 23-07-2010 10:01:19 oleh: Lia Sirait

hahaha.. Jadi inget bulan lalu terkapar istirahat 8 hari gara2 kena campak. Tuh kan, campak bisa menyerang orang dewasa tapi waktu sakit malah diketawasi karena telat kena campak. Tapi, tetep aja pada takut jengukin karena takut ketularan. Sebenarnya kalo sekedar jenguk dengan kondisi fit sih gak usah takut tertular (kalo takut pake masker aja!), seperti virus influenza gak bakal dengan cepatnya menular pada orang di sekitarnya walopun sebaiknya bagi orang sehat tidak disarankan tidur sekamar dgn penderita campak.



Sabtu, 24-07-2010 11:59:37 oleh: Leonardo Paskah S

sdr.Indah, umumnya virus pyk.rubella hanya menimbulkan penyakit sekali saja seumur hidup, sehingga penyakit campak jerman nyaris tidak pernah berulang kali muncul pada seseorang.



Kamis, 30-09-2010 19:48:34 oleh: Fenny

Terima kasih atas informasinya yang menurut saya sangat jelas karena saat ini anak saya sedang terserang campak jerman, padahal umur anak saya sekarang baru 5,5 bln.Mudah-mudahhan dalam waktu 3 hari seluruh bercak merah itu sudah hilang dari badan anak saya.



Selasa, 16-11-2010 18:43:25 oleh: Yulistia

awalnya saya merasa badan saya kurang fit ketika bangun pagi, hari sebelumnya saya memang harus menghadiri pernikahan kk teman saya. saya merasa tulang saya nyeri, saya pikir ini kecapean biasa, namun sorenya badan saya panas tinggi dan sulit berjalan karena sendi2 sakit... dokter mengatakan saya terserang cikungunya, lalu diberi obat utk pengurang rasa sakit dan antibiotik, 3 hari kemudian badan saya terasa lebih baik tapi saya perhatikan ada bercak2 merah, menurut info yang saya dapat gejala tersebut karena saya mau sembuh.. ternyata bercak merah tersebut makin banayak, saya pergi kedokter yg berbeda, tetapi dy mengatakan saya alergi... ternyata adik saya mengatakan ini campak jerman, gejala yang saya alami mirip dengan yang temannya alami... dilihat dari gejala yang saya alami apakah benar ini campak jerman? karena saya agak bingung diagnosa dokter berbeda2.. terima kasih



Jumat, 20-05-2011 20:03:56 oleh: suprayitno

he he he terlambat neeh dapet ilmunya,baru dua hari yang lalu isteri tercinta pulang dari rumah sakit( dirawat 5 hari ) karena demam sampai 38,9.diagnosis rmh skt pertama gejala thypoid. karena dua hari kemudian isteri tidak bisa menelan makanan akhirnya dirujuk ke spesialis tht.ternyata setelah dua hari di rmh muncul deh bintik" merah di tangan dan telapak kaki.ternyata ini to yang namanya rubella.rubella oh rubella.thank infonya.



Rabu, 24-08-2011 10:38:35 oleh: izzul

kalau pada saat kecil saya kena campak, kemudian saat kuliah kena lagi dan skrg saya kena lagi. Kira2 yg ketiga ini campak apa ya?



Rabu, 29-02-2012 20:35:16 oleh: devie indiarti

saat ini anak saya sedang terkena campak jerman. saya juga sedang hamil 3 bulan. sy sudah konsultasi ke dokter dan mendapatkan bbrp vitamin untuk sebulan. cuma saya masih sangat takut mengingat masa inkubasinya yg lama sampai 3 minggu. jika memang saya nanti tertular (ambil paling terburuknya) apakah ada perawatan intensif di rumah sakit untuk ibu hamil? bukan hanya obat2 vitamin atau obat2 biasa saja.



Senin, 26-03-2012 20:14:56 oleh: nining

kira2 2 minggu lalu , anak saya usia 4 thn terkena campak . alhamd sdh sembuh. Hari jumat kmrn (4 hari yg lalu ) timbul bintik merah di tangan dan lengan saya. awalnya sy pikir alergi.sy beli insidal ternyata hari sabtu siang bintik merah muncul dimana2: lengan, tangan, paha, punggung, wajah. Mata merah. Badan saya tidak panas sama sekali, Sabtu datang ke dokter specialis kulit.langung divonis Campak.dan dikasih surat istirahat 5 hari .ini hari ke 4 dari pertama kali muncul gejala campak. Sendi2 saya terutama lutut , pergelangan tangan sakit semua. utk sholat pun jika harus duduk dengan kaki ditekuk gak kuat.terlebih utk jongkok sudah minta ampun sakitnya .gak kuat. Mata masih merah . yang saya lakukan hanya istirahat ,makan sayur, jus jambu, strawbery, madu , minum air putih. berapa lama ya bisa sampai sembuh benar ? apa benar campak bisa sampai menyebakan sendi saya sakit sekali dan mata merah ... terima kasih



Jumat, 20-04-2012 06:28:16 oleh: Lily Thamzil

Info ini benar-benar bermanfaat. Putri saya 6 tahun sekarang terkena mungkin salah satunya, campak atau rubella. Demamnya sejak hari selasa (17/4/12) sore sepulang sekolah dan naik turun. Yang unik, bercak merah justru mulai muncul dari betis dan paha lalu menjalar ke lengan dan badan. Sekarang mulai terlihat di telapak tangan dan kaki, pipi, hidung, dan bibir.
Masalahnya, anak saya tidak suka sayur dan buah. Tapi syukurnya dia kuat minum. Dia awalnya aktif, tapi 3 hari ini mulai lemas. Apa sebaiknya saya bawa saja ke puskesmas atau dokter?




Sabtu, 19-05-2012 13:59:40 oleh: yohana

setelah membaca artikel dan beberapa koment yang ada saya jadi bertanya2 apa benar yg sekarang saya alami ini adalah campak jerman.
Karena saya tidak mengalami komplikasi apa - apa memang 1 hari sebelum muncul bercak - bercak merah dibadan saya, saya mengalami demam dan tenggorokkan yang tidak nyaman, tenggorokan terasa sakit saat untuk menelan. Setelah saya beristirahat seharian keesokkan harinya tiba2 terlihat bercak2 merah di badan dan lengan tangan. Tapi anehnya saya tidak mengalami sakit yang lain, hanya rasa gatal. Menurut dokter yg saya alamai adalah campak jerman, dan disarankan tidak mandi karena menurutnya seharusnya bercak2 merah yang saya alami tidak gatal tapi karena terkena air maka jadi gatal. Menurut dokter saya campak jerman lebih bahaya dibanding campak biasanya. Tapi kalau saya baca artikel ini koq sepertinya berlawanan dgn info dari dokter saya ya.. saya jadi tidak yakin apa benar saya kena campak jerman atau hanya karena alergi sesuatu. mohon infonya




Selasa, 22-05-2012 17:03:22 oleh: Leonardo paskah s

Sdr.yohana, campak jerman tidak semata muncul bercak2 merah, melainkan timing dan mulai muncul dan arah penyebarannya spesifik, sesuai seperti yg saya tuliskan diatas. Jadi klo tiba2muncul bercak2 di kedua lengan sementara muka tidak, itu bukan campak jerman. Penyakit ini bercaknya sangat dramatis, namun tidak berbahaya, tidak pernah menjadi fatal, kecuali pada ibu hamil dampaknya sangat serius bagi janin yg dikandungnya. Membedakannya dgn alergi, selain dari tampilan bercaknya yg dramatis tadi, pada campak jerman rasa gatalnya sangat minimal dan tidak terlalu menganggu aktivitas, dan tidak berbentuk bentol yang menonjol



Selasa, 29-05-2012 19:42:42 oleh: indah dian

trimksh infox pak.....sy cri2 artikel sesuai tanda2 yg sy alami yg sy kra awalx alergi...tp kyx emang campak jerman, padahal hampir setahun lalu sy kna campak biasa, yg gejalax lumayan parah demamx sampai muncul bntk2 merh dan pembengkakan kelenjar geth bening......jd gadaobat yg spesifik ya pak........sy jd agak lega membaca artikel ini,mudah2an merah2x cpt hilang



Rabu, 30-05-2012 11:39:53 oleh: cindy ayunani

siang pak, kebetulan saya sedang mengandung,usia kandungan saya saat ini 24 minggu,
minggu kmarin jadwal saya kontrol cek up, disaat saya konsultasi dgn doktr saya,saya ada keluhan karna badan dan muka saya memerah namun tidak demam,, lalu dokter bilang saya tktnya trkena campak jerman,dan doktr bilang pun bs menyebabkan ke cacatan pd janin,, :'(
stelah saya bedrest slama 5 hari merah2nya sudah menghilang, namun hari ini saya harus kontrol kmbali u/cek lab,,
sayaa benar2 shock dngar efek campak ini pd ibu hamil pak,,, :(
smoga hasil leb nya tidak positif,, amiienn ..




Kamis, 26-07-2012 14:00:08 oleh: wahyu junaidi

kak kira kira kapan ya penyakit rubella ini sembuh total?



Jumat, 05-10-2012 15:11:37 oleh: gloria

saat ini saya sedang mengandung 15minggu, sekitar seminggu yang lalu suami saya terkena campak, tapi saya kurang bisa membedakan campak dan campak jerman,..tapi karena antisipasi agar tidak tertular, sekarang suami sedang tidak tidur di rumah kami, tapi ngungsi di rumah orangtuanya sendiri (mertua saya)..yg ingin saya tanyakan, sampe berapa lama ya suami saya harus menjauh hingga virusnya benar2 hilang.. info dari teman kantor saya, inkubasi atau masa berdiamnya virus tersebut dalam tubuh bisa sampai 3minggu? apakah benar begitu? dan bagaimana mengetahui bahwa suami saya benar2 sudah tidak mengidap virus itu lagi? :( thanks for info..



Kamis, 10-10-2013 17:39:07 oleh: Rika Fani

Saya berumur 20 tahun, dan saya terkena campak,mungkin campak jerman. Apakah jika pada masa penyembuhan kulit mengelupas dan berasa seperti panas iritasi pada kulit wajah dan leher?



Selasa, 15-04-2014 08:20:58 oleh: Agustina

Terima kasih atas informasinya,tapi saya jg mengalami bercak merah dan gatal si seluruh tubuh yg dimulai dr wajah, hanya saja saya tidak demam , tidak pilek atau batuk, bahkan persendian tdk terasa sakit hanya tenggorokan yg terasa kering.Apakah bisa dibilang virus rubella ? Terima ksh dok



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY