Dr Widodo Judarwanto Spa

Manakah Susu Formula Terbaik?

Selasa, 22-07-2008 13:57:11 oleh: Widodo Judarwanto
Kanal: Kesehatan

ASI adalah susu yang terbaik bagi anak. Susu formula terbaik adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak menimbulkan gangguan. Bukan karena yang disukai, termahal, terkenal atau yang mengandung berbagai macam kandungan kecerdasan

 

ASI adalah merupakan makanan terbaik untuk bayi dan anak. Tetapi menjadi masalah bila anak tidak dapat mengkonsumsi ASI dengan cukup karena berbagai kondisi dan keadaan. Penggunaan PASI (Pengganti ASI) menjadi alternatif yang tidak dapat dihindarkan. Orang tua sering dihadapkan pada masalah pemilihan jenis susu formula yang tepat dan baik untuk bayi. Masalah ini diperumit dengan semakin banyaknya susu formula yang beredar di pasaran. Informasi tentang pemahaman pemilihan jenis susu semakin banyak didapatkan, baik dari dokter, sales promotion di supermarket, iklan di media cetak dan elektronik, brosur atau dari pengalaman ibu lainnya.

Informasi yang beragam inilah yang kadang membingungkan orang tua, karena sering sangat berbeda dan berlawanan. Seorang ibu mendapat advis dari dokter bahwa anaknya harus memakai susu A. Saat mencari susu tersebut di supermarket mendapat informasi dari seorang SPG (Sales Promotion Girl) bahwa susu A mungkin tidak cocok karena tidak bisa menggemukkan jadi harus dengan susu B. Sesampai di rumah si ibu mencoba "curhat" pertelepon dengan temannya. Si teman mengatakan bahwa anaknya bisa gemuk dengan susu C karena lebih terkenal dan lebih mahal. Dengan perasaan bingung si Ibu mencoba konsultasi ke dokter lainnya ternyata advisnya berbeda lagi, anak harus minum susu D.

Contoh tersebut menunjukkan bahwa kesulitan pemilihan jenis susu banyak dialami oleh para orang tua terutama yang mempunyai anak alergi atau gangguan pencernaan. Pemilihan susu formula yang tidak tepat akan mengakibatkan gangguan beberapa fungsi dan organ tubuh seperti diare, sering batuk, sesak dan sebagainya. Gangguan sistem tubuh tersebut ternyata dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan serta mempengaruhi dan memperberat gangguan perilaku anak.

Pemilihan susu terbaik bagi anak harus dilakukan secara cermat dan teliti. Susu merupakan makanan bayi dan anak yang dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak dan jangka panjang. Bila susu tersebut tidak cocok bisa menimbulkan gangguan tumbuh kembang yang terjadi terjadi terus menerus dalam jangka panjang.

 

PEMILIHAN SUSU FORMULA TERBAIK

Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak-anak. Mereka berfungsi sebagai pengganti ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam makanan bayi karena seringkali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi. Karenanya, komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati dan FDA (Food and Drugs Association/Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) mensyaratkan produk ini harus memenuhi standar ketat tertentu.

Secara umum prinsip pemilihan susu yang tepat dan baik untuk anak adalah susu yang sesuai dan bisa diterima sistem tubuh anak. Susu terbaik harus tidak menimbulkan gangguan saluran cerna seperti diare, muntah atau kesulitan buang air besar. Susu yang terbaik juga harus tidak menimbulkan gangguan lainnya seperti batuk, sesak, gangguan kulit dan sebagainya. Penerimaan terhadap susu pada setiap anak sangat berbeda. Anak tertentu bisa menerima susu A, tetapi anak lainnya bila minum susu A terjadi diare atau muntah.

Susu yang paling enak dan disukai bukan merupakan pertimbangan utama pemilihan susu. Meskipun susu tersebut disukai anak, tetapi bila menimbulkan banyak gangguan fungsi dan sistem tubuh maka akan menimbulkan banyak masalah kesehatan bagi anak. Tetapi sebaliknya bila gangguan saluran cerna anak baik dan tidak terganggu maka nafsu makan atau minum susu pada anak tidak akan terganggu.

Harga susu yang mahal dan merek yang terkenal juga bukan merupakan jaminan bahwa susu tersebut yang terbaik. Keterkenalan merek susu formula tertentu di suatu negara atau daerah sebenarnya lebih karena pertimbangan keberhasilan strategi pemasaran dan penyediaan barang. Hal ini dapat dillihat bahwa susu dengan penjualan tertinggi di negara satu dengan negara lainnya di dunia sangat berbeda dan bervariasi.

Penambahan AA, DHA, Spingomielin pada susu formula sebenarnya tidak merupakan pertimbangan utama pemilihan susu yang terbaik. Penambahan zat yang diharap berpengaruh terhadap kecerdasan anak memang masih sangat kontroversial. Banyak penelitian masih bertolak belakang untuk menyikapi pendapat tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan pemberian AA dan DHD pada penderita prematur tampak lebih bermanfaat. Sedangkan pemberian pada bayi cukup bulan (bukan prematur) tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna mempengaruhi kecerdasan. Sehingga ESPGAN, British Nutrition Foundation, dan WHO/FAO hanya merekomendasikan pemberian AA dan DHA hanya pada bayi prematur saja.

Penjualan susu formula adalah merupakan bisnis perdagangan yang sangat besar dan sangat menggiurkan. Setiap hari kita disuguhi promosi susu formula yang demikian gencar. Semua produsen susu berlomba-loba mengangkat isu kecerdasan dengan mengandalkan AA, DHA, Spingomielin dan sebagainya. Karena sangat gencarnya promosi "susu kecerdasan" ini, banyak orangtua menolak bila susu anaknya tidak mengandung AA dan DHA. Fenomena ini merubah perilaku produsen untuk selalu menambah zat kecerdasan pada semua produk susu dan makanan anak. Sehingga akhirnya penambahan kandungan AA dan DHA kesannya hanya untuk kepentingan bisnis belaka.

Penambahan prebiotik atau sinbiotik untuk memperbaiki saluran cerna bukanlah yang utama. Selama bahan dasar susu formula tersebut bisa diterima saluran cerna, maka penambahan kandungan tersebut tidak terlalu bermanfaat. Sebaliknya meskipun terdapat zat tersebut, tetapi bila beberapa kandungan dalam susu sapi tidak bisa diterima saluran cerna juga tidak akan memperbaiki keadaan. Bila terdapat masalah gangguan saluran cerna berkepanjangan yang penting adalah mencari jenis susu atau makanan lainnya yang dapat mengganggu saluran cerna tersebut.

 

MENGAPA SUSU FORMULA TIDAK COCOK

Pengaruh ketidakcocokan terhadap susu formula bisa disebabkan karena reaksi simpang makanan bisa karena reaksi alergi atau reaksi nonalergi. Alergi susu sapi adalah suatu kumpulan gejala yang mengenai banyak organ dan sIstem tubuh yang ditimbulkan oleh alergi terhadap susu sapi. Reaksi hipersensitif terhadap protein susu sapi dengan keterlibatan mekanisme sistem imun. Alergi terhadap susu formula yang mengandung protein susu sapi merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki sistem reaksi kekebalan tubuh yang abnormal terhadap protein yang terdapat dalam susu sapi. Sistem kekebalan tubuh bayi akan melawan protein yang terdapat dalam susu sapi sehingga gejala-gejala reaksi alergi pun akan muncul. Reaksi non alergi atau reaksi simpang makanan yang tidak melibatkan mekanisme sistem imun dikenal sebagai intoleransi. Intoleransi ini bisa terjadi ketidakcocokan terhadap laktosa, gluten atau jenis lemak tertentu.

Reaksi simpang makanan tersebut terjadi karena ketidakcocokan beberapa kandungan didalam susu formula. Bisa terjadi karena ketidakcocokan terhadap kandungan protein susu sapi (kasein), laktosa, gluten, zat warna, aroma rasa (vanila, coklat, strawberi, madu dll), komposisi lemak, kandungan DHA, minyak jagung, minyak kelapa sawit dan sebagainya.

GEJALA REAKSI ALERGI SUSU SAPI ATAU REAKSI SIMPANG SUSU FORMULA

Gangguan akibat ketidakcocokan susu formula bisa timbul karena reaksi cepat atau timbulnya gejala kurang dari 8 jam. Pada reaksi lambat atau gejala baru timbul setelah lebih dari 8 jam, atau kadang setelah minum susu 5 atau 7 hari baru timbul keluhan. Tanda dan gejala ketidakcocokan susu formula atau alergi susu hampir sama dengan alergi makanan. Gangguan tersebut dapat mengganggu semua organ tubuh terutama pencernaan, kulit, saluran napas dan organ lainnya.

 

Tabel 1. Manifestasi klinis yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula

 

•o Saluran cerna : Pada bayi : sering muntah/gumoh, kembung,"cegukan", sering buang angin, sering "ngeden atau mulet", sering rewel,gelisah atau kolik terutama malam hari) dan sering minta minum. Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari. Kotoran berbau tajam, warna hijau atau berak darah. Lidah/mulut sering timbul putih, Karena sering ngeden beresiko terjadi Hernia Umbilikalis (pusar), Scrotalis dan inguinalis.

Pada anak lebih besar : mulut berbau, sulit buang air besar, BAB tidak tiap hari, kotoran bulat-bulat seperti kotoran kambing, berbau tajam, warna hijau tua atau hitam, nyeri perut.

•o Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Kotoran telinga berlebihan. Kulit Kepala Berkerak. Pembesaran kelenjar di belakang kepala atau leher. Sering berkeringat (berlebihan), kepala, telapak tangan atau telapak kaki sering teraba sumer/hangat.

•o Saluran napas : Pada bayi : Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan, terutama malam dan pagi hari. Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu sebelah. Minum ASI sering tersedak atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara. Mata sering berair atau sering timbul kotoran mata (belekan) salah satu sisi/kedua sisi.

Pada anak besar : sering batuk, batuk lama (>2 minggu), pilek, (terutama malam dan pagi hari siang hari hilang) sinusitis, bersin, sesak, astma dan suara serak.

 

Reaksi simpang makanan seperti ketidakcocokan susu formula terutama mengganggu sistem saluran cerna. Gangguan saluran cerna tersebut kadang mengakibatkan gangguan permeabilitas pada saluran cerna atau leaky gut. Banyak penelitian terakhir mengungkapkan bahwa gangguan saluran cerna kronis dengan berbagai mekanisme imunopatofisiologis dan imunopatobiologis ternyata dapat mengakibatkan gangguan neurofungsional otak. Gangguan fungsi otak tersebut mempengaruhi gangguan perilaku seperti gangguan konsentrasi, gangguan emosi, gangguan tidur, keterlambatan bicara, gangguan konsentrasi hingga memperberat gejala ADHD dan Autis.

 

Tabel 2. Gangguan perilaku dan motorik (gangguan neuroanatomis dan neurofisiologis) yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula

•o Gangguan neuroanatomis : mudah kaget bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar, sakit kepala, migrain

•o Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik :

usia < 6 bulan: mata/kepala bayi sering melihat ke atas. Tangan dan kaki bergerak berlebihan, usia > 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur ("smackdown"}, sering memanjat. Perilaku "tomboy" pada anak perempuan

•o Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi "nungging", berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur. Pada anak lebih besar, malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, "beradu gigi"

•o Agresif dan emosi meningkat : sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt "gemes"). Mudah marah, keras kepala sering berteriak.

•o Gangguan konsentrasi dan gangguan belajar : Cepat bosan terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi, baca komik atau main game), tidak bisa belajar lama, terburu-buru, tidak mau antri, tidak teliti, sering kehilangan barang atau sering lupa, nilai pelajaran naik turun drastis. Nilai pelajaran tertentu baik, tapi pelajaran lain buruk. Sulit menyelesaikan pelajaran sekolah dengan baik.Sering mengobrol dan mengganggu teman saat pelajaran, biasanya tampak cerdas dan pintar.

•o Gangguan koordinasi dan keseimbangan motorik kasar :

Bolak-balik, duduk, merangkak terlambat atau tidak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang. Gangguan mengunyah atau menelan, tidak mau makan berserat seperti sayur atau daging atau terlambat kemampuan makan nasi tim (normal usia 9 bulan) atau nasi (normal usia 1 tahun)

•o Keterlambatan bicara: Perbendaharaan kata kurang dari 5 kata pada umur 15 bulan, kemampuan bicara atau ngoceh-ngoceh hilang dari yang sebelumnya bisa. Bila tidak ada gangguan kontak mata, gangguan pendengaran, dan gangguan intelektual biasanya usia lebih 2 tahun membaik.

•o Memperberat gejala dan perilaku ADHD (hiperaktif) dan AUTIS (hiperaktif, keterlambatan bicara, gangguan sosialisasi

 

BERBAGAI JENIS SUSU FORMULA

Susu sebagai minuman utama pada bayi terdiri dari ASI, PASI atau susu formula (comercial formula) dan Non Formula. ASI merupakan makanan bayi yang paling sempurna, kandungan gizi sesuai kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak. ASI juga mengandung zat untuk perkembangan kecerdasan, zat kekebalan (mencegah dari berbagai penyakit) dan dapat menjalin hubungan cinta kasih antara bayi dengan ibu. Manfaat bagi ibu dapat mengurangi perdarahan setelah melahirkan, mempercepat pemulihan kesehatan ibu, menunda kehamilan, mengurangi risiko terkena kanker payudara, dan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi ibu.

PASI (Pengganti Air Susu Ibu) adalah merupakan alternatif terakhir bila memang ASI tidak keluar, kurang atau mungkin karena sebab lainnya. PASI adalah makanan bayi yang secara tunggal dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi sampai berumur enam bulan. PASI dapat dikelompokkan menjadi susu formula awal (starting formula), susu lanjutan (Followup Formula) dan susu formula khusus (specific formula). Starting Formula biasanya diberikan sejak lahir sebelum usia 6 bulan dan Followup Formula diberikan di atas usia 6 bulan.

Spesific formula merupakan formula khusus yang diberikan pada bayi yang mengalami gangguan malabsorbsi, alergi, intoleransi ataupun penyakit metabolik. Susu formula khusus ini sangat banyak dan bervariasi yang berisi formula tertentu bagi keadaan yang tertentu pula. Di antaranya adalah susu hidrolisa protein ektensif seperti Pepti junior, pregestimil. Golongan susu ini termasuk yang paling aman karena komposisinya tanpa laktosa, mengandung banyak lemak MCT (monochain trigliserida) dan protein susu yang lebih mudah dicerna. Susu formula khusus ini digunakan untuk penderita alergi susu sapi, alergi susu kedelai, malabsorspsi dan sebaginya.

Susu formula khusus lainnya adalah susu hidrolisat protein parsial, seperti NAN HA atau Enfa HA. Golongan susu ini biasanya digunakan untuk bayi yang beresiko alergi atau untuk mencegah gejala alergi agar tidak semakin memberat di kemudian hari. Untuk pencegahan alergi biasanya hanya digunakan sejak lahir hingga usia 6 bulan. Sebenarnya susu ini bukan digunakan untuk penderita alergi susu sapi. Tetapi dalam keadaan gejala alergi yang ringan tampaknya penggunaan susu ini sangat bermanfaat.

Susu formula khusus kedelai atau susu formula soya adalah susu formula khusus yang mengandung bahan dasar kedelai sebagai pengganti susu sapi. Susu formula soya yang saat ini beredar di Indonesia adalah isomil, nutrisoya, prosobee dan sebagainya. Susu formula khusus lainnya adalah susu bebas atau rendah laktosa. Susu formula khusus ini digunakan untuk penderita intoleransi laktosa, misalnya Bebelac FL, Similac LF dan sebagainya,

Non formula, merupakan susu yang sebenarnya tidak memenuhi syarat sebagai PASI. Contoh susu non formula adalah susu sapi segar, susu skim atau susu kental manis. Susu ini komposisinya tidak sesuai dengan komposisi yang direkomendasikan oleh FDA atau komposisinya tidak sesuai dengan kebutuhan bayi. Susu formula sangat berbeda dengan susu sapi murni, meski bahan baku susu formula dari susu sapi. Dalam susu formula, ada tambahan nutrisi yang sudah terukur dan disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan bayi. Karena itu, pemberian susu formula kepada bayi harus sesuai dengan kebutuhan bayi dan kandungan yang telah dianjurkan.

 

STRATEGI PEMILIHAN SUSU FORMULA

Bagaimana strategi atau langkah yang tepat dalam melakukan pemilihan susu formula yang terbaik bagi anak. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan apakah anak mempunyai resiko alergi atau intoleransi susu sapi. Resiko ini terjadi bila ada salah satu atau kedua orangtua pernah mengalami alergi, asma atau ketidak cocokan terhadap susu sapi. Langkah ke dua, harus cermat dalam mengamati kondisi dan gangguan yang terjadi pada anak sejak lahir. Gejala yang harus diamati adalah gejala gangguan saluran cerna, gangguan perilaku dan gangguan organ tubuh lainnya sejak bayi lahir

Bila terdapat resiko alergi dan gejala lain seperti di atas, harus lebih cermat dalam melakukan pemilihan susu. Kalau perlu lakukan konsultasi lebih jauh kepada dokter spesialis alergi anak, gastroenterologi anak atau metabolik dan endokrinologi anak cermati gangguan organ tubuh yang terjadi terus menerus dan terjadi jangka panjang seperti sering batuk, sesak, diare (buang air besar > 2 kali perhari), sulit buang air besar. Bila terjadi sebaiknya harus lebih dicermati apakah gangguan ini berkaitan karena ketidakcocokan susu formula.

Sering terjadi overdiagnosis dalam menentukan anak menderita alergi susu sapi. Sebaiknya jangan terlalu cepat memvonis alergi susu sapi pada bayi. Reaksi alergi yang timbul bukan saja terjadi karena susu formula. Dalam pemberian ASI, diet yang dikonsumsi ibu juga dapat mengakibatkan gangguan alergi. Dalam keadaan bayi mengalami infeksi batuk, panas dan pilek sering mengalami gangguan seperti reaksi alergi khususnya pada kulit, saluran cerna dan hipersekresi bronkus (lendir yang berlebihan). Hal lain sering terjadi anak divonis alergi susu sapi padahal sebelumnya penggunaan susu sapi tidak menimbulkan masalah kesehatan. Alergi susu sapi biasanya semakin pertambahan usia akan semakin membaik, bukan sebaliknya. Alergi susu sapi biasanya terjadi sejak lahir. Bila gejala alergi baru timbul di atas usia 6 bulan, penyebabnya sangat mungkin bukan susu sapi. Kita harus mencermati alergi terhadap makanan lainnya yang biasanya mulai dikenalkan pada usia tersebut. Penderita alergi makanan, selain alergi terhadap susu sapi juga mengalami alergi terhadap makanan tertentu.

Bila mencurigai ketidakcocokan susu formula, jangan terlalu cepat memvonis susu sapi adalah penyebabnya. Ketidakcocokan susu formula belum tentu hanya karena kandungan susu sapinya. Gangguan bisa timbul karena kandungan yang terdapat dalam susu formula seperti gluten, zat warna, aroma rasa (vanila, coklat, strawberi, madu dll), komposisi lemak, kandungan DHA, minyak jagung, minyak kelapa sawit dan sebagainya. Proses pengolahan bahan dasar susu sapi ternyata juga bisa berpengaruh. Beberapa cara proses pengolahan susu sapi tertentu dapat menghilangkan protein tertentu yang dapat menyebabkan gangguan alergi. Perbedaan ini dapat diamati dengan perbedaan bau susu formula tersebut. Susu sapi formula satu dengan yang lainnya kadang bau ketajaman susu sapinya berbeda.

Penggantian ketidakcocokan susu formula tidak harus selalu dengan susu soya atau susu hipoalergenik. Jadi, bila mencurigai ketidakcocokan susu jangan terlalu cepat mengganti dengan susu soya atau susu hipoalergi lainnya. Bila gangguannya ringan dengan penggantian susu sapi formula yang sejenis gangguan tersebut dapat berkurang. Misalnya, penggantian susu yang tidak mengandung DHA gangguan kulit bisa menghilang. Buang air besar yang sulit dengan pengantian susu sapi tertentu yang tidak mengandung kelapa sawit gangguannya membaik. Demikian pula gangguan penderita yang sering batuk, dengan mengganti susu sapi formula tertentu dapat mengurangi gangguan itu.

Selain ketidakcocokan susu, pertimbangan berikutnya dalam pemilihan susu adalah masalah harga. Sesuaikan pemilihan jenis susu dengan kondisi ekonomi keluarga. Harga susu tidak secara langsung berkaitan dengan kualitas kandungan gizinya. Meskipun susu tersebut murah belum tentu kalori, vitamin dan mineralnya kurang baik. Selama jumlah, jenisnya sesuai untuk usia anak dan tidak ada gangguan maka itu adalah susu yang terbaik untuk tumbuh kembang anak tersebut.

Secara umum semua susu formula yang beredar di Indonesia dan di dunia kandungan gizinya sama. Karena harus mengikuti standard RDA (Recomendation Dietery Allowence) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal. Dengan kata lain penggunaan apapun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut.

Perbedaan harga tersebut mungkin dipengaruhi oleh penambahan kandungan AA, DHA dan sebagainya di dalam susu formula. Pertimbangan lainnya yang penting adalah mudah didapat, baik dalam hal tempat pembelian dan penyediaan produk. Berganti-ganti jenis susu untuk seorang anak tidak harus dikhawatirkan selama tidak ada gangguan penerimaan susu tersebut. Bila tidak terdapat resiko dan gejala alergi langkah berikutnya coba susu formula yang sesuai usia anak apapun merek dan jenisnya. Amati tanda dan gejala yang ditimbulkan, bila tidak ada keluhan teruskan pemberian susu tersebut dengan jumlah sesuai yang dibutuhkan anak..

KESIMPULAN

Pertimbangan utama dalam pemilihan susu yang terbaik bagi anak adalah susu yang sesuai dengan kondisi anak dan tidak mengakibatkan reaksi yang mengganggu fungsi organ tubuhnya.

Pertimbangan lain adalah masalah harga harus disesuaikan dengan ekonomi keluarga serta kesediaan yang mudah dicari dan distribusi yang berkelanjutan di pasaran. Kandungan zat tambahan (AA, DHA, sinbiotik dll), harga mahal, disukai bayi dan merek terkenal bukanlah pertimbangan pemilihan susu yang terbaik bagi anak.

Secara umum semua susu formula yang beredar secara resmi di suatu negara kandungan gizinya sama. Karena mengikuti standard RDA (Recomendation Dietery Allowence) dalam jumlah kalori, vitamin dan mineral harus sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencapai tumbuh kembang yang optimal. Penggunaan apapun merek susu sapi formula yang sesuai kondisi dan usia anak selama tidak menimbulkan gangguan fungsi tubuh adalah susu yang terbaik untuk anak tersebut.

 

 

Dr Widodo Judarwanto SpA

KORESPONDENSI DAN KOMUNIKASI

telp : (021) 70081995 - 5703646

email : wido25@hotmail.com , htpp://www.alergianak.blogspot.com

 

Bookmark and Share

Tag/Label pemilihan susu formula, susu
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
156 komentar pada warta ini
Selasa, 22-07-2008 16:40:44 oleh: Sandhy.ED

Dok, saya vote artikel ini BERGUNA.

Moga-moga banyak yang membaca artikel ini dan konsumen bisa bijak menentukan susu formula terbaik untuk bayinya tanpa terpengaruh oleh iklan2 dari produsen susu.

Satu pertanyaan yang selalu menggelitik saya...., apakah benar anak balita bahkan usia sekolah harus mendapatkan susu yang sesuai dengan umurnya? Kita lihat iklan susu A untuk anak usia 1, 2, 3 tahun, 4, 5, 6 tahun atau susu anak usia pra sekolah dan susu untuk anak yang sudah bersekolah...
Menurut saya kebutuhan gizi anak usia tersebut sudah bisa didapat dari makanan lain selain susu, jadi untuk susunya boleh susu apa saja kan Dok?




Senin, 05-01-2009 10:33:47 oleh: yoana lukita sari

Assalamualaikum wr,wb

Dok saya yoana mahasiswa ITS semester akhir, saya sedang mengerjakan tugas
akhir tentang Aplikasi Fuzzy Query Untuk Pemilihan Susu Formula Berbasis
Web. saya membutuhkan data mengenai komposisi kandungan gizi susu formula
untuk bayi, balita dan Anak-anak. mohon informasinya mengenai komposisi
kandungan gizi susu formula untuk bayi, balita dan Anak-anak.Mohon
bantuannya Dok, Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Wassalamuaiku wr,wb




Sabtu, 24-01-2009 11:37:57 oleh: ulfatunnisa

assalamualaikum...

Dok Saya mau tanya kalo selama ini kita ga sadar bahwa anak kita sebenarnya dapet reaksi yang ga cocok dari susu formula,

ternyata setelah saya baca artkel ini kok ada salahsatu gejala yang sama persis ama anak saya yaitu dibagian saluran nafas...kaget banget abis baca ini trus sekarang gimana yah?apa pengaruhnya karena anak saya minum susu ini sudah lebih dari sebulan..apakah sia2 dan dia menderita kekurangan gizi?lalu bagaimana dengan perkembangannya nanti?dan apa solusinya?

makasih ya Dokter.....




Jumat, 30-01-2009 09:15:18 oleh: risma

dok anak saya usia 9 bulan, sejak lahir anak saya sudah saya perkenalkan dengan susu formula (lactogen 1) karna produk asi saya kurang / sedikit. sampai saat ini anak saya masih minum susu lactogen yang lanjutan lactogen 2. tapi udah tidak asi lagi sebab usia 6 bulan asi saya sudah tidak kluar. saya mau ganti susunya dok kira2 untuk anak saya susu formula apa yang cocok agar berat badannya bertambah. karna berat badan anak saya 7 kg. anak saya habis sakit radang tenggorokkan dok. mohon jawabannya di risma1983@yahoo.com.. trima kasih dok..



Senin, 23-02-2009 15:13:22 oleh: novianti purnamasari

ass.dok..saya ibu dari m.Fabyan al-fattah..maaf dok yang akan saya tanyakan..anak saya asma n alergi..di nyatakan oleh dokter Sp.gastro fabyan intoleransi laktosa n malabsorbsi lemak pada usia 6 bln..sejak saat itu fabyan saya berikan susu Isomil..pada umur 1 tahun saya coba ganti dgn susu bendera 1,2,3.keluhan hanya kering n gatal dkedua pipi.karna ad keluhan saya lsg ganti...dgn isomil.karena kel tidak ad,saya mencoba susu yg lain (bebelac)..keluhan timbul kembali..d karenakan susu Isomil harganya cukup lumayan d bandingkan dgn susu yg saya sebutkan d atas..jd saya cobateruskan dgnbebelac..hehhee....yg saya mau tanyakan..apakahh harus kembali ke susu isomil dok?dan sampai kapan fabyan hrs minum isomil..terima kasih dok bt jawabannya..wass.



Senin, 23-02-2009 16:26:42 oleh: Liemeina

Dok, ponakan saya juga ampir sama kasusnya..
tapi knapa setelah 2 taun lewat baru dh dokternya blg klo ponakan saya itu alergi sm susu sapi??
skr disuru beralih k susu protein yang biasa buat org body builder.. ga sala??! ponakan saya masi blum pegi ke fitnessfirst loh... ahhahaha...
emank bole??

skr dy uda 2 taun lewat, ciri2nya persis sm yg dokter blg... dy blm mau ngmng... dulu ngoce dkit skr uda ilang smua.. trs klo diajak tatap mata ga mau... haaaaaaaaaaaa... ksiannn..





Rabu, 25-02-2009 16:00:33 oleh: susi wijiati

Terimakasih Dok, artikel ini sangat brguna bgt buat saya dan para ibu dlm memilih produk susu formula. hanya saja yg mo saya tanyakan, jika dari bayi sudah minum susu formula apakah harus terus diteruskan minum susu lanjutan dan susu pertumbuhan? apakah ada efek sampingnya pada kesehatan anak jika minum susu bubuk (maksud saya apakah ada pengaruhnya pada ginjal atau organ dalam lainnya)?



Jumat, 13-03-2009 18:43:10 oleh: noer

Ass.wwb.
Terima kasih u artikel ini dok, setelah membaca artikel ini, ternyata hampir sama dgn yang dialami bayi saya..(kulit kepala berkerak, bibir kering dan pecah,lidah putih, bab setiap 2hari sekali dan berwarna hijau jg berbau tajam)dan sekarang sering bgt matanya melihat ke belakang/atas dg kaki dan tangan bergerak2.
Bayi saya berumur 4bln, saya beri campuran asi+sufor, sekrg diberi lactogen1 setelah sebelumnya diberi nan1.
Apakah semua tanda2 tersebut karena alergi susu dok? jadi susu formula apa yg kira2 cocok u bayi saya? SUFOR yg ada beredar banyak disini adalah: nan, lactogen, bebelac, humana, milupa..sedangkan similac, antamil,dsbnya harus dibeli di apotek..
Saya belum konsultasi ke dsa saya tentang hal ini, karena ketidak tahuan saya, sebelum membaca artilel dokter..
Wassalam, terimakasih..




Kamis, 16-04-2009 13:21:08 oleh: Mira Novita

Terima kasih artikelnya, dok. Saya punya bayi, umur 3 bulan, kenapa ya dok, bayi saya tidak mau minum susu botol. Saya sudah ganti - ganti merk susu, terakhir saya berikan Nutrilon. Saya terpaksa memberikan susu botol karena saya bekerja. Jadi bagaimana cara sebaiknya agar bayi saya mau minum susu botol?
terima kasih




Jumat, 24-04-2009 18:58:22 oleh: EVY

ass.
dok, saya baru tahu ternata bila feses bayi berwarna hijau dikarenakan alergi susu.sekarang bayi saya berumur 4 bulan.dari 2 bulan sampai sekarang fesesnya sering berwarna hijau dan sedikit sulit BAB.awalnya saya beri Anmum infacare kemudian saya ganti dengan BMT platinum, tetapi sampai saat ini anak saya masih sering susah BAB dan tidak ada perubahan.kira2 susu apa yang cocok untuk nya ya dok?trims




Kamis, 28-05-2009 20:24:21 oleh: Fajeris Subbah

Makasih banget dok, artikel ini sangat berguna buat saya. karena saya pnya anak umur 3bln dan mempunyai masalah dengan pencernaan. bila BB tidak teratur dan mengejan dengan keras, hingga si ibu kawatir dengan keadaan tersebut, dan susu yang saya gunakan asalah vitalac 1.
dan bila konsultasi ke dokter selalu di suruh ganti susu formula yang lebih mahal, padahal kondisi ekonomi saya sangat minim.
pertanyaan saya adakah susu formula yang baik dengan harga terjangkau???




Senin, 08-06-2009 14:11:39 oleh: pupuy puspa rahayu

ass.wr.wb
dok, saya mempunyai bayi berumur 4 bulan. BB lahir 2454gram panjang 46cm. lahir normal saat kandungan menginjak 38 minggu. yang mau saya tanyakan BB anak sy sekarang 4,2kg dgn pjg 58cm. apakah normal untuk bayi usia 4 bln? sy konsultasi dgn dr anak ternyata anak saya dinyatakan alergi terhadap susu sapi dan disarankan pake susu kedelai.memang wkt pemakaian susu sapi anak sy selalu muntah dan nafasnya terdengar seperti sesak, sejak pindah memakai susu kedelai gejala tersebut hilang, tetapi BAB anak berbau sangat tajam dan berwarna hijau.kalau sy membaca dr artikel dokter BAB yg berbau sangat tajam dan berwarna hijau merupakan tanda2 alergi juga. jadi susu apa yg sebaiknya sy berikan untuk anak saya? terima kasih
wasallam




Rabu, 24-06-2009 11:05:57 oleh: imanul qolbin regune

assl. wr.wb
Dok saya mempunyai bayi berumur 3 bln, berat badan lahir 2900 gr dan panjang 49cm, lahir normal. selama 1 bulan dari kelahiran mengkomsumsi Anmum infacare membuat byi saya sedikit sulit BAB danberwarna hijau, kemudian saya ganti denga susu Enfamil, belum 1 kaleng 800 gr habis anak saya bisulan dileher+ kepala dan BABnya lancar tetapi warna hijau, kemudian saya bawa berobat kedokter kulit diberi salep Fusilex+Obat Kompres Nacl dan bisul sembuh dan serentak saya ganti susu bayi saya dengan Susu kedelai merek Nutrilon,tetap saja bayi saya bisulan dikepala+punggung,

Dok, yang menjadi pertanyaan saya Apa penyebab bisul pada anak saya, apakah pada Susu, apakah yang hrus saya lakukan bila bayi saya masih bisulan?/

terimakasih




Rabu, 24-06-2009 11:07:15 oleh: imanul qolbin regune

assl. wr.wb
Dok saya mempunyai bayi berumur 3 bln, berat badan lahir 2900 gr dan panjang 49cm, lahir normal. selama 1 bulan dari kelahiran mengkomsumsi Anmum infacare membuat byi saya sedikit sulit BAB danberwarna hijau, kemudian saya ganti denga susu Enfamil, belum 1 kaleng 800 gr habis anak saya bisulan dileher+ kepala dan BABnya lancar tetapi warna hijau, kemudian saya bawa berobat kedokter kulit diberi salep Fusilex+Obat Kompres Nacl dan bisul sembuh dan serentak saya ganti susu bayi saya dengan Susu kedelai merek Nutrilon,tetap saja bayi saya bisulan dikepala+punggung,

Dok, yang menjadi pertanyaan saya Apa penyebab bisul pada anak saya, apakah pada Susu, apakah yang hrus saya lakukan bila bayi saya masih bisulan?/

terimakasih




Kamis, 25-06-2009 17:32:12 oleh: siti murni

assalamualaikum
dok,anak saya wkt lahir dg brt lhr 2.6kg panjang 4.7cm.dan anak saya skr berumur 6 bulan,tp berat badannya 5.5kg.udah 2 minggu ini sakit radang tenggorokan.dulu minum susu bebelac,skr saya ganti dg promil karena berat bdnnya yg kurang.dari artikel dokter,salah satu cirinya kakinya sering bergerak&klo mo tidur bergulung-gulung,kadang gumoh jg.apakah anak say ini termasuk alergi? tolong di jawab. makasih banyak




Jumat, 26-06-2009 10:24:55 oleh: tara

terima kasih artikelnya semoga dokter dapat amal dengan memberikan ilmu buat kita,oya dok mohon ditampilkan dong kandungan susu bagi bayi atau batita yang standar seperti apa.terima kasih.



Senin, 06-07-2009 15:16:40 oleh: Febrina Adelia Purba

Assalamu alaikum wr.wb.
Dok anak saya sekarang umur 11 bulan (semenjak lahir tidak ASI), dulu anak saya beri minum susu formula yg harganya mahal dari sekarang, dan semenjak saya ganti dengan harga yang murah (karena kondisi ekonomi)dari umur 6 bulan berat badannya susah naik. (11 bulan BB 7.1 kg)apakah itu termasuk alergi susu dok?

terima kasih.




Rabu, 15-07-2009 13:52:16 oleh: yesi sugiarti

ass dok, saya mau tanya. anak saya alergi susu sapi dan oleh dokternya disuruh minum susu soya. pertanyaan saya, sampai kapan anak saya minum susu soya? apakah selamanya atau saya hrs periksakan dulu ke dktr apabila ingin ganti susu?.

terimakasih




Rabu, 22-07-2009 18:04:27 oleh: elfrida dumasasi

dokter, anak saya skrg berusia 2thn. setelah saya membaca artikel dokter saya sangat terkejut karena anak saya mengalami tanda2 alergi thdp susu formula tsb khususnya di gerkan motorik berlebihan, gangguan tidur dan emosi yg meningkat. saya pikir selama ini, alergi itu hanya seputar pencernaan dan dikulit.lalu bagaimana cara saya untuk memilih susu formula yg tepat krn saya jg lumayan sering mengganti susu anak saya tetapi yg paling cocok dr semua adl nutrilon royal 3 dan plg lama dikonsumsi anak saya tp tetap anak saya sering melakukan spt cth di gerakan motorik berlebihan, gangguan tidur dan emosi yg meningkat.apa saya hrs mengganti susu anak saya terus dok sampai dpt yg terbaik? lalu bagaimana cara cepatnya melihat kecocokan susu itu? krn susu apapun yg diminum anak saya selalu ada jg salah satu dr tanda alergi tsbt dok. tolong kasih saya solusinya ya dokter.. trimakasih dok..



Jumat, 31-07-2009 19:16:00 oleh: Achirul Anwar

Dokter, anak saya sekarang berusia 5 bulan,saya sangat terkejut ketika membaca artikel dokter, anak saya mengalami gangguan persis apa yg dokter jelaskan dalam artikel, anak saya minum susu formula merk Similac Advance sejak usia 2 bulan, selama minum susu tsb BABnya warna hijau dan berbau tajam, selain itu sering pilek, kotoran hidung berlebih, kotoran telinga berlebihan, mata berair, nafas grok-grok,tidur selalu miring ke kanan dan sering memasukkan kedua tangan dan kedua kaki ke dala mulut. Dokter susu apakah yang sebaiknya saya berikan untk anak saya?

Terimakasih.




Senin, 24-08-2009 13:19:56 oleh: hefnita sarkamin

saya kaget dan juga takut membaca artikel dokter, kerena semua yang dokter ktkan hampir ada pada anak saya,anak saya udah 6 bulan minum susu formula karena gak asi,bab nya warna hijau dan bau menyengat dl pernah saya pertanyakan ke DSA, tapi jawab DSA tak apa2,gerakan kaki dan tangannya aktif sekali,kl tidur jg bergulung,napas grok2,belum bisa berguling dr tengkurap,jadi saya harus bagaimana dokter,apa susu formula yang baik untuk anak saya,apa saya terlambat tahu dokter dan apa anak saya bisa dsembuhkan dokter... terimakasih dokter



Senin, 31-08-2009 12:35:13 oleh: wahyu

anak saya umur 3 bulan. Pd saat usia s/d 2 bln didiagnosis spa saya bahwa bb alergi susu sapi shg disarankan pindah ke soya.
Cuma sy tlah mencoba baik isomil advance maupun nutrilon soya mengakibatkan bab keras bgt...sampai kalo mo bab..duh kasihan ngliat nya.
pls dong sarannya yg punya masalah hampir sama, thx





Selasa, 08-09-2009 17:37:32 oleh: rosalina fiantini

dok..duh,saya takut bgt jadinya stlh baca artikel dokter, kerena hampir semua yang tertera d atas ada pada anak saya,anak saya skg usia 2 bulan,sejaklahir campur asi+formula krn asi dikit..masalah berlanjut ketika saya ga tega kasih formula dengan sendok krn dia selalu menangis tidak sabar..jadi saya kasih dot..skg dia bingung puting..meski sudah diperah,asi saya berkurang produksinya..kalo masalah PUP warna dan bau tidak menyengat,tpi sehari rutin sekali pup..hanya gerakan kaki dan tangannya aktif sekali,sering menggeliat,napas grok2,cegukan..suka bersin (tapi kalo abis mandi aja sih),kadang suka muntahin susunya jg (tpi ga tiap hari) jadi saya harus bagaimana dokter,skg saya kasih vitalac..tpi hendak beralih ke S26 Gold..apa yg harus saya lakukan supaya tidak ada efek buruk baik jangka pendek maupun panjang untuk bayi saya?krn saya sudah konsuljg ke klinik laktasi tpi sulit sekali memaksakan dia menyusu langsung ASI saya..sedangkan untuk dipompa,PD saya sering sakit dan linu..



Selasa, 08-09-2009 22:01:43 oleh: Khairuddin

Thank bngt.ini sangat berguna buat qta.qta blm menjadi member.mdhn qta bsa dikirim artikel2 yg bgs lainnya.saya punya baby umur 2minggu.tpi dia nolak asi,trus qta msh bngung musti pke susu formula yg mana.kmrin lahir beratnya 3,7kg.dr dokter dikasi susu S26 gold.tp kemahalan kalo keterusan.skrng qta pake yg agak murah.tp sering rewel kalo malam&BAB kadang sampe 3x kalo malam.siang jg dia Bab.ada solusi nga Dok?



Kamis, 10-09-2009 18:42:43 oleh: pery

dok aku mau tanya ni.

tolong dong dok salah satu formula yang cocok untuk anak saya dok yang baru berumur 1.5 bulan dok, waktu lahir kami kasih dia BMT morinaga karena
bedahak kami sepakat untuk menggatikan susu anak saya menjadi BEBELAC TAHAP 1 yang mau saya tanyakan dok,

apakah bebelac termasuk susu yang baik untuk bayi saya? karena sebelum mengkonsumsi susu tersebut dia mengalami gejala gangguan pencernaan seperti yang dokter bilang di atas jadi saya sebagai seorang bapak merasa khawatir dengan keadaan anak saya semua gejala persis dengan dokter tulis di artikel dokter.

tolong bantuan nya dok

terima kasih




Senin, 28-09-2009 14:19:56 oleh: nining novita asih susilo

Alhamd dokter mpy artikel ini tapi malah membuat saya khawatir krn gjl tsb sebagian ada pd putra sy. P. Dok yg baik,anak saya alergi susu sapi, kmd sy beri enfamil HA smp umur 10 bln stlh itu sy ganti dgn nutrilon soya. Tetapi putra saya sering batuk pilek dan BAB susah dan tdk tiap hari. Yg sy tnykan apkh ada hub antara BAB dan flu dengan susu soya yang dikonsumsi putra saya. Thanks, ya dok. Mohon di beri tanggapan.



Minggu, 04-10-2009 13:19:28 oleh: suprapti

Ass.wwb.
Terima kasih u artikel ini dok, setelah membaca artikel ini, ternyata hampir sama dgn yang dialami bayi saya..(lidah putih, bab setiap 2hari sekali dan berwarna hijau jg berbau tajam dan sering kentut berbau tajam)dan sekarang sering bgt matanya melihat ke samping/atas dg kaki,tangan dan badan sering bergerak2(tidur mulet).
Bayi saya berumur 1,5bln, saya beri campuran asi+sufor, sekrg diberi BMT Platinum setelah sebelumnya diberi bebelac1.
Apakah semua tanda2 tersebut karena alergi susu dok? jadi susu formula apa yg kira2 cocok u bayi saya? SUFOR yg ada beredar banyak disini adalah: nan, lactogen, bebelac, humana, milupa..sedangkan similac, antamil,dsbnya harus dibeli di apotek..
Saya belum konsultasi ke dsa saya tentang hal ini, karena ketidak tahuan saya, sebelum membaca artilel dokter..
Wassalam, terimakasih..




Minggu, 25-10-2009 11:38:10 oleh: RINNIE AKBAR

trimakasih atas informasinya, ini sangat2 berguna sekali untuk saya. Dok, ada yg saya mau tanyakan, bayi saya skr berumur 9 bulan, tp berat badannya cuma 7kg. Saya sangat khawatir sekali. Saya juga belum pernah konsul ke DSA. Tp, apakah berat badan yg gak sesuai umur..itu dikarenakan susu nya yg gak cocok? Saya seorang wanita bekerja, jd klo dirumah saya kasih ASI, klo saya tinggal kerja dia minum susu formula. Saat ini dia saya beri PROMIL. Apakah saya harus mengganti susu formula tsb dok..? Susu apa yg bisa menambah berat badan bayi saya? Mohon saran & masukannya ya dok..trimakasih.



Sabtu, 07-11-2009 16:47:37 oleh: darmayanti

Dok, anakku umur 6 bulan, sejak umur 3 > saya kasih susu formula vitalac yang sesuai dengan umurnya, pupnya berwarna hijau dan bisa lebih dari 2 x, berarti alergi susu? Sebelumnya saya sudah coba kasih susu dengan merek lain, anaknya kurang suka, apalagi sekarang tambah gak suka minum susu, paling dalam satu hari dia hanya minum susu 180 ml, selebihnya aku kasih makan dan air putih yang aku campur dengan madu. Baiknya bagaimana ya Dok, karena dulu sewaktu ASI atau masih campur ASI dan Formula, anakku gemuk dan sehat. Sekarang jadi kurus dan gampang batuk pilek. Mohon sarannya ya Dok.




Senin, 16-11-2009 16:42:19 oleh: ali muhamad

terimma kasih dok untuk infonya.soale saya baru punya anak pertama dg gejala seperti yg dokter ulas diatas.saya coba konsultasi dg bidan anak tapi koq agak janggal.dgn penanganan dikasih antibiotik syrup dg waktu pemberian kurang lebih 7hari dg dosis 1/4 sendok teh 3kali sehari.tapi dapat 3hari saya hentikan karena tidak ada hasilnya,malahan bintik bintik dikulitnya tambah besar sama matanya kotor/beleken,usia anak saya +-24 hari.jadi tolong dong apa ya merk susu yg pas buat anak saya.soale saya udah ganti 2 susu lactona & LACTOGEN



Kamis, 19-11-2009 12:26:15 oleh: marsya

trimakasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini.bila bayi mengalami reaksi alergi pada saluran cerna seperti cegukan, sering minta minum dan lain sebagainya, berarti susunya harus diganti.saat ini bayi kami susunya similac. sebagaiknya diganti yang bagaimana? terus terang kami bingung karena banyaknya merk yang beredar di pasaran.



Sabtu, 28-11-2009 19:31:24 oleh: reni

saya jadi ada masukan untuk lebih ati2 pada anak saya, sekarang usianya 3,5 bln,selain asi saya jg kasih dia susu formula SGM 1,karena saya harus bekerja jadi saya berikan susu formula juga. dia BAB nya 1 hari sekali,kadang jg bisa 2 hari sekali,kadang jg sehari 3 kali,warnanya hijau,sering batuk ringan,dulu sering muntah banyak..tapi sekarang sudah tidak lagi,hanya gumoh,,kalau tdr sering gelisa,apa yang harus saya lakukan dok??apakah perlu saya ganti susu formula?mohon untuk sarannya.terima kasih banyak,



Kamis, 10-12-2009 10:56:10 oleh: Yusherawati

DOk, setelah membaca artikel ini, saya kaget sekali banyak hal pada anak saya (baru berusia 2 bulan) yg menunjukan bahwa dia tidak cocok dgn susu formula yg saya berikan dan selama ini saya tidak mengetahui hal tsb..
karena saya pikir akibat saya mengkonsumsi banyak sayur katuk (meskipun sekarang sudah jarang PUP si kecil masih berwarna hijau dan berbau menyengat)..
anak saya sudah hampir 1.5 bulan meminum susu ini, adakah efek samping terhadap tumbuh kembangnya dok akibat penggunaan susu yg tidak cocok dgn pertimbangan rentang waktu 1.5 bulan ia mengkonsumsinya??(apakah akan berpengaruh pada perkembangan otaknya)
saya masih sangat ingin menyusui ASI pada anak saya..namun terbentur pada keadaan air susu yg sedikit dan semakin sedikit beberapa hari ini..padahal saya telah mengkonsumsi susu ibu menyusui dan Vit ASI..bayi saya juga tidak mau lagi menyusu pada saya karena hal tsb dan ditambah dia lebih menyukai dot dari pada puting susu..saya telah coba memberikan susu dgn media Medela cup agar dia lupa akan dotnya dan kembali menyusu pada saya..tapi saya takut dia tersedak karena anak saya sering tak sabaran kalau menyusu..adakah saran dokter mengenai masalah ini?

susu formula apa ya dok yg cocok utk mengatasi masalah anak saya (tinja warna hijau, berbau menyengat,berkeringat banyak, sering ngulet, suka buan angin (kembung), suka gumoh dan menegangkan badan (utk hal yg terakhir kira2 penyebabnya apa ya dok??))

ditunggu feedbacknya pada email yg telah saya lampirkan..terima kasih sebelumnya




Kamis, 10-12-2009 15:36:18 oleh: feri viguna

bagaimana mengatasi susu yang mengandung bakteri enterobacteri sakazaki begitu rame di perbincangkan di kalangan para ibu rumah tangga !!!!!!!!!



Rabu, 23-12-2009 14:41:00 oleh: Gusmanto

Dok, anak saya sekarang sudah berumur 3 tahun 1 bulan, mempunyai ciri2 alergi yang disebut dokter diatas, seperti berjalan kadang2 berjingkat, terlambat berbicara / belum bisa berkomunikasi (belum bisa panggil papa-mama), dan belum bisa menyedot minuman dari sedotan. Di klinik tumbuh kembang anak, anak saya divonis sebagai ADHD/Autis tipe ringan, hiperaktif. Yang ingin ditanyakan susu apakah yang cocok untuk anak saya yang divonis ADHD/Autis, hiperaktif? apakah saya harus mencari susu yang yang bebas glukosa? apakah saya harus mencari susu dari soya bean? mohon petunjuknya dok. Atas bantuannya, Terima Kasih.



Rabu, 23-12-2009 18:11:57 oleh: Rahmah Hasjim

Terimakasih banyak utk artikel ini, dok. Saya sdh vote berguna. Saya pernah jg mendapat info spt ini dari Dokter Elizabeth Yohmi di RS Carolus yg sama sekali tak setuju pemberian susu formula sapi utk anak manusia. Sejak berbincang dg beliau, saya stop memberi susu kpd putri saya, Shabrina, karena gejala keras kepala, suka berteriak, makin sering muncul. Thanks GOD setelah susu nya di stop, putri saya makin baik perilakunya.
Saya usul dokter makin banyak menulis ttg hal spt ini terutama di media yg lebih banyak menjangkau pembaca.




Rabu, 30-12-2009 08:18:12 oleh: Wiwit Prayitno

Thanks infonya dokter.
Kalau kita mau berkaca pada hewan mamalia (maaf bukan membandingkan), hewan tersebut hanya butuh susu saat kecil (baru lahir saja), setelah disapih dia tidak lagi minum susu.
Sepertinya itu yg harus diberikan kepada anak anak kita, bahwa ASI saja sudah cukup sd usia anak 2 tahun.
Jadi menurut saya Brosur/Info yg ada dilapangan hanya untuk keperluan industri saja...bagaimana dengan Anda.?




Selasa, 05-01-2010 22:03:26 oleh: ampi riyanti

seeeep...seepp..seeepp...aq suka artikel ni.untung aq baca jadi aq tau kl anakku ternyata ga cocok ma susu bebelac.yg aq pikir bagus buat babyku karena kandungan gizinya yg bagus.ternyata susu mahal belum tentu bagus buat perkembangan babyku.mulai sekarang aq kan pinter lagi special buat my baby AMIRA AQILA GHANIYYA RAHMAN.karena babyku lahir prematur,aq harus pilih susu yg mengandung AA dan DHA karena itu sangat di perlukan oleh bayi dengan lahir prematur.ocre dech kl gtu aq mo kembali ke susu semula



Sabtu, 09-01-2010 12:34:33 oleh: suci

anak saya umur 3bln lbh pd saat s/d 2bln sakit perut sehingga BAB'y mencet.saya periksa ke dokter kta dokter'y susu'y harus diganti dengan VITALAC 1. tapi sekarang feses'y berwarna hijau dan berbau menyengat tp BAB'y kadang 1*shri,2*sehari.pls dong saran'y tnhk.



Senin, 11-01-2010 07:33:37 oleh: novria flaherti

anak saya,1thn 8 bulan, susu formola baru mau umur setahun, sebelumnya asi.. pertamanya saya kasih procal gold..karna dia doyan susu, 900 gr hanya seminggu, jadi kemahalan, saya ganti denggan yang lebih murah..bebelac,nutrilon dan chilkid..eh dianya mencret..sukurnya setelah ganti sgm, lebih cocok babnya bagus..anak saya juga masih asi..



Jumat, 15-01-2010 12:32:53 oleh: Fitriani

dok saya mau tanya,anak saya sekarang berumur 1thn 3bulan..nah saya mau berikan susu botol,sebagai selingan asi,karena anak saya susah makan.tapi anak saya susah sekali minum susu formula,sudah saya coba dari harga murah hingga yang mahal.tetap tidak mau,lalu apa yang harus saya lakukan.



Sabtu, 16-01-2010 11:02:16 oleh: erda dewi

dok,anak saya usia 3 bln....krn saya harus segera kembali bekerja saya ingin memberikan susu formula sebagai selingan asi..selama ini anak saya masi minum asi,tapi setelah saya baca artikel dokter tnyata anak saya memiliki ciri2 alergi seperti yang ada di artikel dokter,kalau memang anak saya alergi jadi alergi karena apa dok?..susu formula apa yang cocok dengan anak saya dok?



Jumat, 29-01-2010 12:18:49 oleh: melissa indah sari

terima kasih atas artikel yg sangat bermanfaat ini dok..selama ini saya tidak menyadari bahwa bayi perempuan saya yg saat ini berusia 10 bulan kemungkinan mengalami alergi susu..BABnya sering keras,kulit punggung,pantat dan kepalanya sering ada bintik2 merah,perilakunya tomboy,hiperaktif,suka menengadahkan kepala,suka memukul kepala,suka rewel,susah tidur dan ada pembengkakan kelenjar 3 bh di belakang kepalanya..perkembangannya jg termasuk lambat karena dia baru bs merangkak stlh 9 bln..Benarkah ini suatu gejala alergi susu dok??saya sdh pernah memberi susu hipoalergenic pada anak,tp anak saya tidak suka..jd susu apakah yg dapat saya berikan dok?kandungan apa pada susu yg bs mbuat anak hiperaktif??terma kasih banyak dok,mohon jawabannya..



Sabtu, 30-01-2010 10:40:07 oleh: dewinta puspa anggaira

tolong Dokter, anak saya alergi susu sapi sejak lahir,saya pake nutrilon ha. sejak kecil dia sering batuk pilek, bisa 1-2 bulan sekali. buang air tidak tiap hari, dan ngeden. usia 6 bulan saya ganti sufor nutrilon royal, Terakhir dia kena diare hampir 2 minggu. sekarang usianya 9 bulan berat 10kg. sufor apa ya dok yang cocok untuk anak yang sering batuk pilek, sulit buang air besar, dan juga susah tidur? terima kasih Dok.



Rabu, 03-02-2010 15:24:34 oleh: Tham Helen

Terima kasih untuk artikelnya dok. Artikelnya sangat berguna untuk menambah pengetahuan saya tentang susu formula.
Kebetulan saya memang sedang mencari susu formula yang cocok untuk anak saya. usianya baru 1 minggu.
Kemarin saya sudah memberikan susu formula nutrilon royal 1 namun sepertinya tidak cocok karena setelah saya beri susu tersebut anak saya langsung pub 3x berwarna coklat kehitaman dan muntah berwarna coklat.
Saya sudah minta saran ke DSA saya namun beliau menyarankan agar anak saya diberi susu formula yang ada HA-nya atau susu formula soya. Apakah dengan melihat efek seperti itu anak saya sudah difonis menderita alergi dan harus minum susu formula HA atau susu formula soya ???
Terima kasih dokter.




Rabu, 03-02-2010 21:37:48 oleh: satria

dok, kok komentar saya dihapus yah? anda tidak suka kebenaran dinyatakan? anda sudah memberi banyak pengetahuan lwt tulisan anda ini tapi ketika banyak orangtua malah menjadi panik setelah membaca artikel anda anda tidak menjawabnya sama sekali??? what a pathetic. sudah ada lebih dari 44 komentar dan pertanyaan lho dok, jawab lah barang sedikit, oke.
tq.




Rabu, 10-02-2010 08:36:00 oleh: Agus Didik S

A W W

Wah bagus sekali......

Mau tanya Dok, anak sy br berusia 40 hari, minumnya ASI yang "diperas" dimasukin Dot karena minum langsung ke mamanya tidak mau.ASI mamanya cukup banyak sampai2 disimpan ke dalam kulkas (-+ 8 botol aqua yg 600 ml) sesuai saran Dokter kita.
Pernah sedikit minum susu formula waktu di RS setelah proses lahiran untuk membantu sebelum ASI mamanya keluar banyak.
Setelah membaca artikel ini, ada : Tabel 1. Manifestasi klinis yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula, yaitu :
•o Saluran cerna : Pada bayi : sering muntah/gumoh, kembung,"cegukan", sering buang angin, sering "ngeden atau mulet", sering rewel,gelisah atau kolik terutama malam hari) dan sering minta minum. Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari. Kotoran berbau tajam, warna hijau atau berak darah. Lidah/mulut sering timbul putih, Karena sering ngeden beresiko terjadi Hernia Umbilikalis (pusar), Scrotalis dan inguinalis.
Pada anak sy, menurut pengamatan sy : sering "cegukan", "ngeden atau mulet", apalagi klu sedang dikasih minum, walaupun itu ASI yg dimassukin DOT.
Bagaimana pendapat Dokter dan Saran nya, apa kira-kira perlu dikasih susu formula, klu perlu apakah yang cocok?
Bagaimana caranya agar anak mau minum langsung ke ASI mamanya?

Atas bantuan dan saran dokter, diucapkan terima kasih




Jumat, 12-02-2010 23:05:12 oleh: rahmi hairullia

dok saya minta tolong dok susu apa yg tidak mengakibatkan susah bab soal nya saya sudah capek ganti susu formula



Jumat, 12-02-2010 23:08:13 oleh: rahmi

dok saya minta tolong dok susu apa yg tidak mengakibatkan susah bab soal nya saya sudah capek ganti susu formula



Minggu, 21-02-2010 08:48:04 oleh: lucyanapuspitasari

dok saya mau tanya susu utk anak 10bln yg bagus ap ya?soalny anakku agk susah minum susu,
atas bantuanny saya ucapkan terima kasih...




Minggu, 21-02-2010 10:01:12 oleh: Murty

Dok, anak saya berumur 3 bulan dari lahir smpai saat ini memakai susu formula S-26 gold.belakangan ini BAB-nya berdarah dokter mengatakan alergi susu formula dan menyarankan menggantinya dengan insomil . pertanyaan saya insomil dengan S-26 kan sama2 dari kedelai apakah harus mengikuti saran dokter atau saya coba susu dari sapi seperti nutrilon or bebelac..?Mohon balasannya dok..



Minggu, 21-02-2010 15:38:38 oleh: Retty N. Hakim

Mbak Murty, maaf kalau saya yang menjawab...
Kebetulan saya pernah memakai S-26 sebagai susu formula penambah ASI. Setahu saya S-26 itu susu sapi. Tidak setiap anak cocok dengan jenis formula yang tersedia. S 26 buat anak pertama saya tidak terlalu bermasalah, hanya dia lebih senang ASI sehingga akhirnya susu formula dihentikan total. Tetapi pada si kembar memang sulit BAB, mungkin juga sempat berdarah (agak lupa). Mereka juga tidak suka susu soya sehingga akhirnya saya memakai susu yang mendapat label tambahan HA alias Hypoallergenic.

Kebetulan anak saya tiga-tiganya alergi, dengan kadar yang berbeda...kadar alergi si kembar jauh lebih kuat dari kakaknya.

http://buahcintaretty.blogspot.com/2010/02/bayi-dan-alergi.html




Kamis, 04-03-2010 22:58:18 oleh: hendra nata

tnya:apa penganti susu bla byi alergi susu permula



Selasa, 09-03-2010 22:02:33 oleh: lenny widjaja

Dok,artikelnya bagus. Saya jd meragukan,apakah anak saya alergi susu sapi. Anak sy sekarang umur 11 bln. ASI eksklusif 6 bln. Pernah dicoba diberi S26 umur 2 bln, tapi mukanya bintik2 merah. Jd sy stop.Umur 6 bln, sy berikan sedikit2 NAN HA.Tdk ada masalah.Anehnya umur 10 bln, setelah sy tambah dosis susunya,dia mencret air,kdg ada ampasnya.Sehari max 3 kali. Sudah hampir 3 minggu mencret.Susunya sy ganti,Isomil.Malah sekarang mukanya bentol2 kayak digigit nyamuk. Lalu saya tidak sengaja, salah beli susu Low lactose nutrilon. Tengah malam dia BAB. Pertanyaannya: Kalau anakku tidak cocok susu NAN, kenapa umur 10 bln,baru mencret2? Apakah karena dosis minum susunya saya tambah?Sekarang sy bingung dok mau beli susu apa. Karena Isomil kan susu soya,kok anakku malah gak cocok juga.Jd sekarang harus minum susu apa ya dok?



Selasa, 09-03-2010 23:53:34 oleh: Sandra

Dear Team Dokter,

saya memiliki seorang putri yang berusia 1th6mth, dia di diagnosis alergi susu sapi gejala yang sering dialami adalah perut kembung,muntah dan sedikit hiperaktiv,sariawan dan terkadang susah BAB, saya sudah mencoba konsultasi dengan beragam dokter anak untuk mendapatkan solusi terbaik,semua susu juga hampir pernah saya coba, namun tetap saja sering timbul gejala2 diatas, selain itu napsu makan kadang baik dan ada kalanya hanya mau minum susu saja dan tidak nanpsu makan, sehinga bobot tubuh sulit bertambah sehinga terlihat kurus, mungkin saya bisa mendapatkan saran atau solusi untuk mengatasi hal2 yang dialami putri saya tersebut dokter.

Saya ucapkan banayak terima kasih atas perhatian dan informasi yang diberikan sebelumnya.

Hormat saya,

Sandra Chen




Senin, 15-03-2010 14:13:27 oleh: Mirna Rusmini

Saya mau tanya susu formula apa yang cocok untuk anak saya yang lahir dengan berat badan rendah karena sampai sekarang perkembangan badannya sangat lambat usia anak saya 6.5 bulan dengan berat 5.4 kg saya memberikan susu chilmil tapi sepertinya dia kurang suka.



Selasa, 30-03-2010 22:24:00 oleh: anna christy

Infonya sangat bermanfaat.
Anak saya usia 11 bln, asi ekslusif 6 bln, belum diberi minum sufor, tapi ke buburnya selalu saya campur 3-4 sendok takar sufor.
Sampai sekarang anak saya belum mau makan makanan keras, cuma mau bubur, jadi nasi, sayur dan ikannya saya blender, kalo ada yang agak kasar pasti dimuntahkan.
Apakah anak saya juga alergi susu, saya memberinya bebelac 2.
BB/TB nya: 11 kg/ 81 cm, apakah ideal untuk usianya?
Trima kasih dok. Semoga ditanggapi.




Kamis, 01-04-2010 05:34:56 oleh: eva

dok,bagus sekali informasinya,dok saya mau nanya,anak saya punya penyakit dermatitis atopik tapi tidak sembuh-sembuh saya sdh coba berbagai jenis terapi .dari hasil tes alergi,anak saya tidak alergi protein susu tp alergi gula,tepung terigu,debu.sedangkan asi saya sudah tidak keluar lagi.jadi sebaiknya susu apa yang harus saya berikan.anak saya usia 8 bulan dok..



Jumat, 09-04-2010 20:57:47 oleh: DECKY LUKMAN

mohon jawaban tsb diatas ditampilkan




Selasa, 20-04-2010 14:09:38 oleh: siti maisyaroh

saya senang sekali ada info lengkap dari dokter mengenai susu formula. anak saya usia 23bln, pd usia 22 bln saya mulai menyapih dia. sebelumnya saya suka beri susu formula childkid platinum dari morinaga, biasanya saya berikan saat bepergian, supaya lebih praktis. dan sekarang krn dia hrs rutin minum susu saya berpikir memberikan susu yg lumayan lengkap kandungan gizinya namun yg tdk terlalu mahal, krn kondisi keuangan. saya pilih dancow 1+. setelah habis 3 dus ukuran 800gr, dalam 3 minggu ini saya perhatikan anak saya pada awalnya suka muntah beberapa kali, buang air mencret lebih dr 3x sehari, dan sekaraang sdh hampir 1 minggu pada sekitar kemaluan dan anusnya banyak bintik2 merah dan berasa gatal. saya mohon masukan dari dokter, kira2 susu apa yg terbaik untuk anak saya? apakah harus kembali ke childkid platinum? kalo ada alternatif lain kira2 merk apa yg cocok untuk anak saya? karena anak saya juga menderita alergi pada kulitnya (kulit terbakaar di punggung/selalu ganti kulit). terima kasih dok.



Kamis, 22-04-2010 15:32:45 oleh: Wahjoex Sulist

assalamualaikum
dok,anak saya wkt lahir dg brt lhr 3,4kg panjang 56cm dan anak saya skr berumur 7 bulan,sekarang berat badan 8kg. 2 minggu yang lalu pernah sakit radang tenggorokan.anak saya minum SGM 2,tapi kata dokter teman saya,SGM nutrisinya kurang. Apa benar? Apakah saya harus ganti susu yang lebih mahal? dari artikel dokter,salah satu cirinya kakinya sering bergerak&klo mo tidur bergulung-gulung,suka teriak2 juga,tomboi.apakah anak saya ini termasuk alergi? tolong di jawab. Terima kasih.




Jumat, 23-04-2010 15:34:10 oleh: Ari Yustikawati

saya senang sekali ada info lengkap dari dokter mengenai susu formula. Dok, anak saya usianya 3 bulan, saya kasih asi+susu formula lactogen 1. BAB anak saya berwarna hijau (seperti jus alpukat) dan berbau tajam, sering berkeringat, dan aroma kentutnya sama seperti pup nya, sering gumoh, tetapi tdk rewel, hanya klo mnta makan aja rada rewel. Yang saya tanyakan Apakah anak saya tergolong alergi dan apakah susunya harus diganti? susu apa yang cocok untuk anak saya dok?. Saya tunggu jwbannya dok. Terimakasih.



Senin, 26-04-2010 09:51:02 oleh: Rumasta Simanjuntak

Dok,,anak saya usianya 10 bulan.namun BB nya masih sekitar 7.8 Kg.apakah BB nya normal sesuai dengan umurnya?krn anak saya juga tidak mau minum susu dari Botol, kalo anak saya mimun susu harus pakai sendok,dan kalo minum susu jadi susah krn lebih banyk yang terbuang dari pada yg diminum.dan anak saya juga alergi susu sapi..alerginya sekitar wajah merah semua tapi beberapa saat kemudian hilang.sudah beberapa kali saya mencoba mengganti susu mulai dari bebelac,isomil,nutrilon,enfamilk,nan ha , dan terakhir promild gold.apa yang harus saya lakukan Dok, agar anak saya berat badanya bertambah?susu apa ya dok yang cocok buat anak saya?
Terimaksh buat infonya.




Senin, 26-04-2010 14:22:46 oleh: Endri budiastuti

Dok,
saya mempunyai balita yang berumur 3 tahun . namun sudah beberapa bulan ini BABnya keras sekali/konstipasi. saya sudah atur pola makan dengan menambahkan serat. satu yang belum saya lakukan adalah mengganti susunya. susu apa yang paling tepat unuk menghindari konstipasi yang lebih parah lagi.
terimakasi Dok atas infonya.




Kamis, 29-04-2010 07:53:23 oleh: Abdullah

Assalammu'alaikum Wr Wb

Selamat Pagi Dok.
Saya mau tanya dok anak saya 11 bulan berat badannya cuma 7 kg,susu Vitamin apa yang baik untuk pertumbuhan anak saya.
Saya mohon bantuan dan masukannya dok.

Terima kasih.




Kamis, 29-04-2010 14:03:04 oleh: Marianto

Assalammu'alaikum Wr Wb

Dok...kita berniat mau pake susu formula untuk membantu asupan gizi bayi kami, tolong rekomendasi susu formula apa yg kandungan gizinya bagus...

Trima Kasih...




Senin, 03-05-2010 13:01:57 oleh: emy

artikel sangat menarik tp sekaligus membuat binggung ne.jadi gimana dunk dok, cara memilih susu yang benar?



Jumat, 07-05-2010 12:21:55 oleh: eli

Dok, infonya sgt berguna sekali,krn memang susu yg mahal blm tentu bagus n cocok buat bayi.bayi sy 2 bln bb 4.8 dan minum sufor yg tdk terlalu mahal.dan alhamdulilah sehat2 sj.bayi memang sering mulet dan cegukan dan memang kadang2 gumoh asal tidak berlebihan itu biasa.dan agar kencing dan bab tidak ngeden jangan menggendong bayi dgn posisi berdiri sebelum waktunya....



Minggu, 09-05-2010 22:23:10 oleh: siti khoiriyah

Makasih infonya, dok ini sangat berguna bagi kami yang punya balita.



Jumat, 14-05-2010 10:12:44 oleh: lusiana marpaung

dokter, swaktu anak saya nerusia 6 bulan saya beri dia susu formula merk cildmild,kemudian setelah satu tahun saya lanjutkan ke susu cildkid & selama minum susu tersebut anak saya susah BAB. Saya pikir bila susah BAB disebabkan karena SUSU terlampau kental & kurang serat pada makanannya,kemudian saya konsul ke dokter & dianjurkan untuk mengganti susu formulanya, sekarang susu formula anak saya merk Lactogen 2, memang masalah BAB anak saya sudah berkurang, tapi setelah saya baca artikel dokter, saya melihat ada tanda - tanda Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi "nungging",Mudah marah, keras kepala sering berteriak, Keterlambatan bicara ( tapi anak saya sering ngoceh - ngoceh & bila meminta sesuatu dia menunjuk kebenda yang dimintanya ), belum bisa berdiri & berjalan, memang dok, sewaktu bayi anak saya sering demam & sampai sekarang kepalanya sering Panas ( suhu badan normal ).Dok, sebenarnya susu apa yang terbaik untuk anak saya, & kepal sering panas itu kenapa ya dok?
terima kasih.........




Rabu, 19-05-2010 14:17:42 oleh: Andayani Utami

Dok anak saya laki2 usia 16 bulan,lidahnya juga sering ada putih2nya, entah sariawan / jamur,klu sudah gitu makannya susah Dok.Apakah ini juga termasuk alergi susu ya Dok.Tolong balasannya ke email saya ya dok.Soalnya sering lidah anak saya putih,dan saya sudah kasih kandistatin.Tapi tidak berpengaruh dok,saya sangat bingung.Mohon penjelasnnya ya dok.Thnx,s

yani_uta2006@yahoo.com




Rabu, 26-05-2010 11:05:47 oleh: Ema Efal

Dok,anak sy umurx 1thn 4bln,wkt umurx 0-1thn2bln, sy ksh asi.Setelah sy dinyatakan hamil lg.Sy langsung menghentikan asi dan akhirx sy ksh susu formula.Tp sy bingung susu formula apa yg cocok utk anak saya.Krn beberapa kali sy mengganti susu formula anak sy slalu mencret.Kadang sampai 7x sehari.Susu formula apa yg cocok utk anak sy dok.Makasih



Kamis, 27-05-2010 13:01:13 oleh: obet ezra yesua

dok, anak saya berumur kurang dr 1bln(lahir 30 april 2010). yg mau saya tanyakan adalah:
susu formula ap yg cocok buat anak saya karena gejala-gejala diatas sama seperti yang dialami anak saya? saat ini anak saya mengkonsumsi susu Anmum Infacare 0-6bln.
terima kasih




Selasa, 01-06-2010 16:50:38 oleh: regina

dok saya mau tanya,ank saya baru 3bln lebih 1minggu,berat lahir 3,5kg pnjng 48cm.skrng beratnya sdh 5,5kg,sy kasih dia susu enfamil karna rekomendasi dr doktr pd saat dia lhr,Anak sy slu berkeringt wlaupun sdng msm dingn,kaki dn tangn nya aktif skli,bab nya lancar 1x shari,yg mau sy tnykan
Apakh anak sy termasuk sehat?
sy ingin skl ganti sufor,sy pernh ganti dengn nutrilon tp mlh bab nya jd encer,bgmn biar ank sy biar gak keringtan trs?
Lalu sufor apa yg hrs sy berikn biar berat bdn ank sya bertmbh?
Saya tngu dok jwbnya di email sy yg sdh tercantum,sy btuh bgt informasinya




Jumat, 11-06-2010 10:25:56 oleh: Jariah Syafe'i

Dokter saya mau tanya..?
Anak saya dr 1 thn sampai sekarang 3 thn 7 bulan mengkonsumsi susu formula yg sama. Hampir tiap bulan
kena batuk dan filek, disertai panas tinggi sampai 40 yg biasanya berlangsung sampai 3 hari. Setelah minum obat dr dokter anak, gejalanya berkurang. Karena sering spt itu, kelamaan saya tkt anak saya kelebihan antibiotik. Akhirnya setiap dia mulai ada gejala flu atau batuk, saya minumkan air hangat. Apakah itu salah satu efek alergi thdp susu formula ? Terimakasih sebelumnya dokter atas jawabannya...




Jumat, 11-06-2010 13:04:13 oleh: Yayuk Suryani

saya Suka dengan informasi yang dokter berikan melalui web ini,yang ingin saya tanyakan,anak saya umurnya 5.5 bulan,susu formula ap yg cocok buat anak saya karena gejala-gejala diatas sama seperti yang dialami anak saya,sulit BAB kadang saya sampai tdk tega meliat anak saya susah babnya. selain itu anak saya filek tapi tidak keluar lendir,malamnya harinya sulit tidur karna hidung tersumbat padahal sudah minum berbagai obat dan sudah kedokter tht saya menggunakan susu S26 Gold.susu apa yang cocok buat anak saya ya dok.



Rabu, 23-06-2010 20:25:31 oleh: Vera

Ck..Ck... Buat para orangtua, jangan terlalu panik dengan membaca isi artikel ini. Saya rasa hampir semua anak di dunia ini pasti mengalami semua tanda-tanda yang dijelaskan di atas. Saya rasa isinya perlu ditelaah lagi agar tidak membuat para orangtua khususnya ibu-ibu jadi panik dan semakin bingung begini. Harus dijelaskan sebab akibat dan lebih detail lagi dari isi "Manifestasi klinis yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula". Isinya terlihat dangkal dan asal menyebutkan, contohnya "pada feses bayi yang bewarna hijau" Sebaiknya buat orang yang awam harus dijelaskan kenapa feses itu menjadi hijau dan apa zat atau kandungan dari susu formula yang menyebabnya hal itu terjadi. Sebaiknya Buat para orangtua, konsultasikan lagi ke dokter anak masing-masing. Sekian dan terimakasih.



Jumat, 25-06-2010 20:25:33 oleh: wahyu ratna

Dok,saya mau tanya.....anak saya sekarang usia 7 bln,berat badan lahir 3 kg skr baru 6.5 kg,alergi susu sapi dg manifes urtikaria diseluruh tubuh dan bercak merah disekitar mulut,sjk itu saya beri minum sufor nutrilon soya wkt usia 5 bln,knp BB nya susah naik dok??? sufor apa yang cocok untuk anak dg alergi susu sapi tp BB nya dapat naik.Terimakasih dok...



Senin, 28-06-2010 11:46:40 oleh: Anna

Dokter, anak saya umur 2 bln selain minum ASI juga saya beri susu formula S 26 (reguler) & tdk ada masalah. Namun 6 hari yang lalu tdk BAB selama 3 hari kemudian saya beri Microlax & akhirnya bisa BAB kembali, akan tetapi keesokan harinya & seterusnya s/d 3 hari tidak BAB lagi. Saya sdh berkonsultasi dg dokter anak & disarankan utk mengkonsumsi Similac yg kadar lemaknya tdk membuat sembelit. Selain keluhan BAB di atas, anak saya jg punya gejala nafas grok2, sering ngeden, ngulet, kulit berbintik2 spt biang keringat di bag muka, belakang telinga & belakang leher, kaki & tangan berkeringat. Apakah bayi saya termasuk bayi alergi? Kalau demikian, apakah susu formula yg disarankan sebaiknya Nan HA? Mohon advisnya.. Terima kasih..





Jumat, 23-07-2010 19:26:39 oleh: dina

saya setuju dengan komen mb vera, sepertinya dokter harus memberi penjelasan yg lbh jelas untuk orang2 awam spt kami2 ini. karena tanda2 yg dokter sebutkan hampir semua ada pada anak saya, juga keponakan2 saya, juga anak2 tetangga saya. jadi, apakah itu berarti semua anak alergi thd susu formula?
mohon lebih diperjelas dok, supaya kami2 ini tidak kaget dan panik. terima kasih.




Selasa, 27-07-2010 09:02:20 oleh: saras eshanty

bayi saya 6 bulan, selama ini minum susu bmt morinaga platinum karena ASI saya gak keluar. setelah berusia 6 bln saya lanjutkan dengan chilmil morinaga platinum dan makanan pendamping biskuit dan bubur tapi setiap BAB jadi susah dan harus pakai obat microlax. bagaimana ini dokter susu anak saya harus diganti apa????



Selasa, 27-07-2010 15:14:06 oleh: Bagus Nenda

Dok, terima kasih. saya seorag ayah yang baru memiliki anak pertama umurnya saat ini baru sekitar 2 Minggu. bayi kami ini makan campuran Sufor+Asi karena waktu lahir ASI belum keluar dan saat keluar istri masih lemas karena baru operasi caesar. gejala2 yang dokter sebutkan diatas hampir semuanya terjadi pada bayi saya (sering gumoh, ngeden/ngulet, buang angin, kotorannya berbau tajam, lidah berwana putih, tidur sering miring sebelah,nafas grok/grok dan terkadang seperti sesak nafas, sering bersin), apakah gejala tersebut akibat alergi susu formula Dok?susu formula yang saya berikan saat ini adalah Nutrilon 1 DOk?so apa yang mesti kami lakukan, karena kami belum berpengalaman ini anak pertama kami jadi kami khawatir dok. mohon jawaban dokter secepatnya?agar kami bisa segera mengambil tindakan. terima kasih



Selasa, 03-08-2010 17:25:10 oleh: Satrio Pujianto

Dok. usia anak saya baru 21 hari, dr lahir ank saya sudah mengkonsumsi susu formula, pada awalnya tidak terjadi masalah, tp saat ini malah tdk bisa bab, kalo lg mules ngedennya terlihat sakit, sampe nangis. gmn ya dok jalan keluarnya, dan gmn saya bisa tau susu yg cocok buat ank saya tersebut. terima kasih



Selasa, 31-08-2010 11:05:33 oleh: sri wuryanti

dok anak saya umur 1 tahun 8 bulan, dari lahir sampai sekarang minum susu formula. dulu pas baru lahir pake nutrilon, usia 7 bln sampai sekarang pake laktogen, bab dari lahir sampai sekarang hijau dan ada darahnya trus bulat2, makannya susah. susu apa yang cocok buat anak saya? berat 15 kg



Kamis, 02-09-2010 16:08:28 oleh: tuti mugiarti

dok, anak saya juga susah bab nya sampai 5 hari bab nya baru keluar, dan makanya juga susah. apakah itu bisa jadi faktor keturunan dok, soalnya saya juga seperti itu tapi yang saya khawatirkan anak saya malah tambah menurun berat badanya.
trimakasih dok, di tunggu jawabanya




Kamis, 23-09-2010 13:56:35 oleh: nurcholif diah sri lestari

Dok, anak saya usia hampir 4 bulan, dia lahir prematur 35 minggu dengan BB 1608 g. dia sempat di inkubator selama 32 hari dan dalam masa itu dia pernah mengalami pendarahan lambung. sejak lahir anak sya minum susu formula Enfamil A+ PF sampai berat mencapai 3 kg (tapi sebelumnya anak saya sempat opname karena BAB darah). ketika BB mencapai 3.8 kg usia 2.5 bulan anak saya opname karena panas tinggi (39)trus kata dokter susunya harus ganti enfamil HA krn alergi susu sapi, tapi setelah ganti BABnya malah berlendir (awalnya sedikit lama-lama sampai 50%) trus pas usia 3 bulan dia BAB warna hijau dan bau tajam, kemudian BAB lendir+darah. setelah ganti SGM LLM dia mulai membaik tapi sayangnya BABnya jadi tambah terkesan kering. dan jarang BAB. kemudian malamnya saya ganti nutrilon soya tapi paginya dia BAB hijau n bau banget, sekarang dah 2 hari lebih belum BAB. anak saya dari lahir nafasnya grok-grok, banyak kotoran hidung dan belek, kaki dan tangannya sering getar cepet banget. sekarang malah disertai batuk... gimana ya dok... menurut dokter susu apa yang kira-kira cocok untuk anak saya? sya tunggu infonya dan trimakasih.



Jumat, 08-10-2010 22:50:34 oleh: Prabu helaudinata

dok, tolong kasih penjelasan, susu formula apa yg harus sy berikan pd anak sy, agar anak sy bs mnjdi lbh pintar dan aktif, serta postur tubuhnya bs tinggi dan tentunya sehat. anak sy lahir pd tanggal 10 mei 2010,dan sampai saat ini msh mengkonsumsi ASI dan pd umur 6 bulan sy berniat untu memberikan susu formula sebagai tambahan,Namun sy bingung harus memberikan susu formula apa,trims ats pnjelasannya




Kamis, 04-11-2010 15:26:27 oleh: Lian Listiana

Dok, sy mempunyai bayi berusia 3 bln. Sejak lahir saya sudah memberikan ASI+SUFOR dikarenakan ASI sy sedikit bahkan bayi sy berhenti ASI ketika usianya 2 bln. waktu sy mulai mengkonsumsi SUFOR sy menggunakan ENFAMIL A+ lalu saya ganti ke S26 dikarenakan bayi saya sulit BAB tetapi memasuki usia 2 bln bayi sy divonis sm dokter SPA nya terkena alergi susu sapi karena timbul ruam2 merah di pipi, leher, tangan, kaki dan kepala. Lalu dokter SPA anak sy menyarankan sy agar susunya diganti. Lalu Beliau memberi pilihan merk susu yg cocok utk bayi yg terkena alergi susu sapi, seperti : Enfamil HA, NAN HA, atau NUTRILON HA. Lalu sy coba NAN HA. Alhamdullillah selama seminggu ruam2 merah diseluruh tubuhnya hilang dan BAB nya pun lancar (sehari 1x) dan fesesnya berwarna hijau seperti adonan kue. Walaupun demikian dokter SPA anak sy berpesan agar pd usia 6 bln anak sy melakukan test kembali utk memastikan apakah alergi pd bayi sy sudah hilang atau belum..Jika terbukti alergi itu msh ada maka terpaksa susunya diganti dengan susu soya dan jika sudah benar2 tdk ada Dokter SPA anak sy berpesan agar susunya dilanjutkan ke NAN HA2 sampe usia 1 thn..Lalu kemudian anak sy bisa mengkonsumsi susu lanjutan biasa.



Jumat, 12-11-2010 23:08:22 oleh: Linda Dwiyanti

Terima Kasih atas infonya dok. anak sy juga mempunyai masalah dengan susu formula.setiap saya berikan susu formula dia pasti akan menangis karena tidak mau minum susu.awalnya sy pikir karena rasanya.tp sy sudah coba beberapa kali ganti merek susu tp tetep sama dia akan berontak jk tiap kali diberikan susu formula.stlah sy baca artikel ini sy baru sadar mungkin ada sesuatu yg dia rasa karena reaksi dari susu formula tsb.susu yg dia konsumsi saat ini dia hanya mau asi aja dok. makannya pun susah bgt.
Pertanyaan sy :untuk usia anak sy 19bln masih bagus ga ya dok kalau hanya diberikan ASI saja tanpa pake susu tambahan?




Senin, 29-11-2010 12:01:41 oleh: meylia maharani

setelah mmbaca artikel diatas saya semakin yakin kalo anak saya alergi susu...sejak bayi mngkonsusi asi+sufor (sy bekerja)bAB nya tdk teratur kadang tiap hari kadang smpe 4 hr br BAB.
anak saya berusia 6,5 bln. Sejak usia 6 bln sy perkenalkan MPASI,seminggu yg lalu ada masalah baru,anak sy sembelit. Saya pikir penyebabnya makanan yg sy berikan. namun stlah sy atur menunya (pagi:kentang,sore:pepaya) kok tetap sembelit.
apakah mngkin ada pengaruh dr pergantian susu tahap 1 ke tahap 2? (anak sy mengkonsumsi nutrilon royal) ataukan alergi susu? kalo iya su-for apa yg kira2 cocok utk anak sy? thx




Rabu, 08-12-2010 13:24:30 oleh: lina

terima kasih atas infonya dok, setelah sy baca artikel di atas, sy jadi bingung yang awalnya aq mau ganti susu formula untuk sikecil tapi takutnya nanti nggak cocok Alias alergi. si kecil dah umur 5-6 bln tapi selama ini dia minum susu anmum, seminggu yg lalu aq kedokter anak berat badannya baru 6,4. dan selama ini dari umur 2 bulan si kecil lebih banyak konsumsi formula dari pada asi tapi klo dengan formula si kecil tdk mau minum klo dah dingin jadi minumnya itu harus hangat dok apa efeknya buat si kecil dengan minum susu sama air putih yg hangat trs??makasih dok sebelumnya!!!!!



Kamis, 30-12-2010 10:13:00 oleh: dhahiri

terimaksih dok atas artikelnya. saya kaget juga pas baca. anak saya skrg sdh 4 bln, sejak lahir dibulan pertama diberi sufor karna asi saya tidak byk keluar awalnya nutrilon trus saya ganti BMT platinum karna BAB nya susah, sampai skrg saya pikir gk da masalah tp baru sadar kl ada tanda2 alergi ant lain Napas grok-grok, kadang disertai batuk ringan,Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi karena hidung buntu sebelah. berdahak, sesak,sering muntah/gumoh, kembung,"cegukan", sering buang angin, sering , tidak BAB tiap hari. Kotoran berbau tajam, warna hijau atau berak darah. Lidah/mulut sering timbul putih,
bingung jadinya dok mo ganti sufor apa yg baik buat anak saya???mohon infonya.terimaksih




Rabu, 05-01-2011 13:54:38 oleh: emaliyah

Assalamu'alaikum Wr.Wb. dok

Saya baru saja mengikuti dan mengakses artikel ini, pelajaran penting buat sy yang punya anak usia 6 bln. Tapi sy benar benar khawatir dok setelah sy baca artikel ini. Karna gejalah gejalah yg dijelaskan diartikel tersebut ada yg terjadi pd anak sy. Dia jg kadang gumoh meski jarang sekali, kadang cegukan(jarang), kadang buang angin (jarang), sering mulet, sering rewel gelisah terutama malam hari. Tidak BAB tiap hari(itupun jarang,kbanyakan rutin,cm kdang2 sj hr ini berak bsok tidak). Lidah sering timbul putih, kadang batuk ringan, bersin, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi. Mata sering berair.mudah kaget bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki sering gemetar.Sering berkeringat (berlebihan di kepala, telapak kaki, telapak tangan), kepala,leher,pundak sering teraba hangat.

itulah dok sebagian besar yang bisa sy gambarkan dari kondisi anak sy. yang sy tanyakan apakah alergi dengan susu formula terjadi pada anak sy dan apa yg harus sy lakukan,menggantinya dengan susu formula apa atau hrs bagaiman? apakah kondisi anak sy masih tergolong normal atau ada yg perlu sy perhatikan? Apakah untuk usianya berat badannya masih normal atau dibawah standart?karena keponakan sy yg umur 5bln brt bdannya sdh 8kg, sdngkan anak sy diusia 5bln kmrn bratnya cuma 6,3kg.
terima kasih sebelumnya dok, smg ini bs menjadi jwbn atas kekhawatiran seorang ibu, sehingga bisa memberikan yang terbaik buat anak. saya tunggu jwbnnya dok.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Rabu, 02-02-2011 14:10:14 oleh: tiyas

Salam Dokter,…
Setelah saya membaca artikel yg dokter tulis tanggal 22 Juli 2008 tentang ”Manakah Susu Formula Terbaik?”
Anak saya saat ini berusia 3 Bulan dam masih ASI Eksklusif , Dia kadang gumoh, beberapa kali muntah, kadang cegukan(jarang), kadang buang angin (jarang), sering mulet,. Lidah sering timbul putih, kadang batuk ringan, bersin, Bila tidur kepala sering miring ke salah satu sisi, mudah kaget bila ada suara yang mengganggu..Sering berkeringat (berlebihan di kepala), telapak kaki, telapak tangan sering dingin, kepala,leher,pundak sering teraba hangat. Mata/Kepala sering melihat keatas.
Atakah gejala tersebut termasuk alergi dan berlaku bagi anak yang hanya minim ASI saja???
Mohon Jawaban Dokter dan terima kasih....




Sabtu, 26-02-2011 15:53:57 oleh: sa'amah

dok saya mau tanya anak saya sekarang umur 2 bln knp ya udah berapa hari ini anak saya kl sehabis minum susu suka gumoh apa karena susu formulanya ga cocok untuk anak saya sekarang anak saya minum susu frisian flag tahap 1. susu formula apa ya dok yang bagus untuk anak saya. terima kasih ya dok atas penjelasannya



Minggu, 27-02-2011 15:18:01 oleh: utari nurmata

ass..

trimakasih sebelumnya,artikel dokter sangat berguna..
anak sy skrg umur 4 th dok,selama ini dia konsumsi susu nut soya karna sewaktu umur 1 th divonis dokter alergi susu sapi (batuk terus-menerus).pd wkt umur 3 thn sy sdh sempet mengganti susunya dg dancow,tp setelah konsumsi sekitar 4 hr dia mulai batuk2 kecil.akhirnya sy kembali minumkan soya.
saat ini sy ingin mencoba kembali mengganti susu nya dg sufor sapi biasa,mengingat dia sdh 4 th dan lbh menghemat tentunya..
yang ingin sy tanyakan,kira2 susu apa yg cocok dg anak sy dg kondisi dia skrg??sbg tambahan utk berat badan dan pola makan bisa dibilang tdk ada kendala dok..
sekian,trimakasih
wass..




Selasa, 22-03-2011 12:36:05 oleh: wanodya rahayu

Assalamualikum wr. wb.
Putri saya skrg usianya 5bln, waktu lahir dia sy kasih susu BMT platinum karena ASI saya blm keluar, anaknya suka tetapi dia sering diare. lalu sy ganti dengan S26 Gold, awalnya dia suka dan minumnya banyak, BABnya jg lancar (1 hari 1x) dan tidak diare. tetapi 1 bulan terakhir ini dia minumnya sedikit sekali dan sering muntah, tetapi BABnya juga tetap lancar. kalau dikasih minum dia sering menangis..kadang malah sy minumkan pakai sendok..berat badannya juga susah naik, 5bln BBnya masih 5,5kg..yang mau sy tanyakan apakah susunya harus diganti? kalau perlu diganti, diganti dengan susu apa dokter? terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.




Kamis, 24-03-2011 10:05:11 oleh: dwi susanti

Assalamualikum wr. wb.
Putra saya skrg usia 13bln, dr bayi saya kasih Lactogen 1 dilanjutkan Lactogen 2 smp skr. Pernah sy ganti SGM tp kembali lg ke Lactogen. Dan stl bc artikel dokter, tnyata ada tanda2 alergi susu sapi (mis: Gangguan neuroanatomis, Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik, Gangguan tidur, sering jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang), trus gmn ya dok pilih susu yg cocok??? Terimakasih.
Wassalamualaikum wr. wb.




Kamis, 24-03-2011 12:39:57 oleh: Mega Insan Putri

Ass,Dok anak sy umur 2,5th memiliki alergi saluran pernafasan (sesak nafas berbunyi grok-grok), sejak usia 9 bln disarankan oleh dsa nya untuk menggunakan susu soya saya kasih anak saya nutrilon soya,tp krn hrganya lumayan mahal setelah usia 1,5 th susunya sy ganti dengan bebelac ternyata BAB anak saya sering keras dan g lancar, anak sy jg jalannya sering terburu2 dan sering nabrak juga sering terjatuh,anak sy mulai bs berjalan umur 1th4bln (telat ya) coz anak sy sering sakit2an,duduknya pun leter W. Apakan semua itu berpengaruh dr susu yg sy pakai,saya coba kembali ke nutrilon soya tp anak sy dah g mau coz rasanya g enak,sy jg dah coba susu2 yg lain(susu sapi) tp g cocok jg,trus susu apa dunk yg cocok buat anak sy coz anak sy BB nya sulit sekali naik dan cenderung turun akhir2 ini.. Mohon sarannya ya dok..



Selasa, 05-04-2011 15:39:12 oleh: diah wiji lestari

dok, anak sy umur 6 bulan.. sejak umur 3 bulan sudah terkena alergi susu sapi.. dokternya menyarankan penggunaan susu hipoalergic sampai usia 1 tahun.. awalnya sy pake susu pregestimil.. berhubung carinya susah n harganya yg mahal sy ganti dg nan ha tp bintik2 merah di pipinya timbul lagi.. itu berarti anak sy td cocok dg nan ha n sy ganti susu yg semula.. yg ingin sy tanyakan mpasi apa yg tepat utk anak sy mengingat sudah 6 bulan, sudah waktunya pemberian mpasi? mohon sarannya..
perlu diingat alergi anak sy krn faktor keturunan sy alergi debu (gatal2), suami sy alergi debu (bersin2).. tq..




Senin, 18-04-2011 14:04:48 oleh: noviany

asslm...trima kasih dok ats artikelnya,Saya baru saja mengikuti dan mengakses artikel ini, pelajaran penting buat sy yang punya anak usia 1,5 bln..anak sya BABnya susah,mlah yg terakhir bru BAB setelah 6 hri,sbelum2nya BAB 4 hr skali..ank sya jg sering bersin2,pernapasannya kya tersumbat gt dok,shingga kdang2 smpe bunyi grok2 d saat dia tdur...skrng ank sya menggunakan ASI d tambah dengan susu formula bebelac 1...apa itu krn susu formula yg tidak cocok dengan anak sya ato d sebabkan faktor lain? d mhon jawabannya ya dok ...trima kasih..



Jumat, 13-05-2011 10:19:58 oleh: nia widiastuti

Salam Dokter,…
Setelah saya membaca artikel yg dokter tulis tanggal 22 Juli 2008 tentang ”Manakah Susu Formula Terbaik?”
Anak saya saat ini berusia 6,5 Bulan. Sejak lahir hingga usia 6 bulan dia minum asi & sufor nutrilon royal 1. Setelah 6 bulan sudah tidak mau asi & saya kasih Sufor lanjutan yaitu nutrilon royal 2. Setiap kali mau tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi "nungging", berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur. Sering berkeringat (berlebihan di kepala). Setelah ganti sufor lanjutan telapak tangan & kaki sering hangat. Waktu usia 5 bulan pernah konsul sama Dokter Spa apakah anak saya alergi terhadap susu & apa perlu saya mengganti dng susu yg lain. Dokter bilang tidak masalah & tdk perlu mengganti susunya. Menurut dokter apakah gejala2 diatas termasuk alergi ? Apa yg sebaiknya saya lakukan ? Mohon sarannya Dok. Trimakasih...




Rabu, 08-06-2011 09:38:48 oleh: yanita

salam dokter,
Terimakasih sebelumx...artikelx sangat bermanfaat memberikan banyak informasi utk sy sekeluarga...
Sy mohon saranx dok...anak sy skrg usiax sudah 21 bulan...berat badanx 13kg lebih...tp seperti dlm artikel di atas anak sy termasuk yang lambat bicarax,suka gelisah ketika tidur(puter2 dari ujung kke ujung),duduk W,g fokus tatapan matax jika di ajak org lain ngobrol... dari usia 6bln sy kasih sufor morinaga sampai skrg,menurut dokter apa emang ini dampak dr suforx itu...lalu sebaiknya sy kasih sufor apa yg baik utk anak sy ya dok? sebagai tambahan anak sy tdk mau makan...hanya minum sufor itu saja...
Terimakasih sebelumnya.




Kamis, 09-06-2011 14:22:25 oleh: nila kesuma

salam dokter..
anak sy umur 2 bln,wkt lahir beratx 2.6 kg,sy kasi asi+sufor(SGM),tp stelah baca artikel d atas,ciri2nya ada pd anak sy.oleh spa sy dianjurkan ganti enfamil ha,tp anak sy ga suka rasanya,krn agak pahit,apakah semua susu HA itu rasanya pahit? tlg solusinya..tq




Jumat, 10-06-2011 12:59:06 oleh: tiska aprillia lestari

trima ksih dok sebelumnya....artikel ini sangat bermanfaat bagi sya.sya memiliki bayi yg pd tgl 18 nanti berusia 2 bulan.sejak lahir sya memberinya asi+sufor.tetapi lebih seringnya sufor,krn asi sya kluarnya sedikit.susu yg dgunakan adl ANMUM INFACARE.sya kaget stelah membaca artikel diatas,gejala2 tsb ada pada anak sya.anak sya sring kaget bila mndngar sesuatu,gerakan tangan dan kakinya aktif berlebihan,mata/kepala sering melihat keatas,sring mulet,buang angin,cegukan,gumoh/muntah,BAB shari sekali dan berbau tajam,kdg berwarna hijau kdg kuning,sering memukul kepalanya sendiri,tangan dan kaki serta bibir suka gemetar,dan akhir2 ini dia suka bersin2 dan batuk terlebih pada malam hari,nafasnya grok2 shingga susah utk brnfas jadinya dia suka gelisah tidurnya dok.apakah anak sya ini alergi thdp susu anmum infacare dok?apa yg hrs sya lakukan agar gejala tsb tdk berlanjut dan tidak mempengaruhi tumbuh kembangnya dok?jujur sya merasa cemas krn sya baru mnjadi ibu dan byak yg tdk sya ketahui ttg hal ini...susu apa yg sebaiknya digunakan untuk anak sya dok?mohon jawabannya ya dok...sya tungguu...trima ksih y dok



Jumat, 24-06-2011 14:57:34 oleh: lenny

Salam dokter,

Anak saya tanggal 29 Juni ini berumur 5 bulan, saat umur 3 bulan dia terkena infeksi paru, dan di rawat di RS 8 hari, sebelumnya saat lahir disarankan dokter untuk memberikan susu hipoalergenik, karena pernah muntah / gumoh keluar coklat-coklat dan hasil test darah ada infeksi. setelah 2 bulan saya coba susu sapi biasa, tapi tiga bulan terkena infeksi paru itu, dan saat keluar dari RS di sarankan untuk minum susu hipoalergenik itu, namun selain mahal anak saya kurang suka, jadi minumnya 60 - 90 ml saja dan itupun sering tidak habis, mengingat usia sudah 4 bulan, saya jadi kuatir, lalu saya kasih susu soya, minum susu itu dia minumnya lumayan banyak 120 dan lebih sering, namun kadang saya dengar suara grok-grok tapi gak sering, apakah anak saya tidak cocok? dan apa saya harus kembali ke susu hipoalergenik, atau susu sapi biasa. saya bingung dok, apalagi selain harga susu hipoalergenik mahal, anak saya sptnya tidak suka, susu apa yang baik untuk anak saya (dia belum saya beri makan, tunggu usia 6 bulan). Terimakasih atas bantuan dokter.




Selasa, 05-07-2011 17:02:05 oleh: Boy

dok saya rasa gejala yg dokter katakan bukan karena susu formula saja dan hampir semua bayi pasti dan pernah mengalami gejala seperti itu. bayi yg asi pun akan mengalami hal seperti itu juga. karena saya sudah lakukan test secara paparatif dan hasil yg saya temukan memang bayi mengalami salah satu gejala seperti itu dan dikategorikan umum. mungkin gejala yg berlebihan itu susah buang air besar atau mencret, karena ada juga kasus bayi yg asi tetapi susah buang air besar



Senin, 18-07-2011 09:48:21 oleh: ivana ferry

salam dokter,

saya mau tanya anak saya sudah 13 bln, sejak 2 bulan dia sudah minum susu enfamil ha, nah kemarin saya mencoba untuk beralih ke susu sapi biasa (merk klim) mnrt bbrp org susu ini cukup cocok untuk anak2 yg cenderung arlegi tp ternyata anak saya menunjukan reaksi arlegi stlh 1 mgg.
Nah dok, saya bingung krn enfamil ha (1-12 bln)tidak ada lanjutannya, apakah saya tetep boleh mengunakannya secara susu adalah pelengkap bukan lg kebutuhan utama u/ anak diatas 1 thn...atau saya hrs beralih ke produk susu lanjutan ha merk lain.
mohon dibantu yah dok. thanks a lot.




Selasa, 02-08-2011 16:37:47 oleh: johansyah

DOk, setelah membaca artikel ini, saya kaget sekali banyak hal pada anak saya (baru berusia 2 bulan) yg menunjukan bahwa dia tidak cocok dgn susu formula yg saya berikan dan selama ini saya tidak mengetahui hal tsb....

kalau saya perhatikan anak saya selama ini, terdapat bintik-bintik merah dibagian belakang, minum susu gumoh, sedikit batuk, kembung, BAB 3x sehari.... selama ini anak saya menggunakan ASI ( namun ga bgitu banyak ) dan menggunakan PASI,... antara lain pakai Neo Sure ( karena saat lahir berat 2,3 kg ).... saat ini berat sudah 4,5 kg,.... susu PASI yang digunakan saat ini adalah Nutrilon..... namun gejala alergi yang saya sebutkan mulai timbul. kira menurut dokter susu formula apa yang cocok untuk anak saya.

Terima kasih Dokter advis dan saran saya tunggu,...

Mohon di email advus dan saran...




Jumat, 05-08-2011 15:07:47 oleh: sonnia

dok saya jga baru tahu ciri2 tidak cocok susu formula...dan ternyata anak saya juga BAB,y berwarna hijau sehari 2x..ngorok..kembung ,sering buang angin...saya pake susu morinaga BMT..dari umur bayi saya 1bln..sekarang bayi saya sudah 4bln...
kira2 susu yg cocok buat anak saya apa y dok??
saya bingung mau ganti pake apa...soalnya takut salah lagi...mksh ya dok sblm'y...




Senin, 12-09-2011 15:04:45 oleh: anita

Saya baru saja mengikuti dan mengakses artikel ini, ternyata saya tidak tahu selama ini kl anak saya ada alergi susu formula, hampir semua ciri2 yg dijelaskan dr pd artikel terjadi pada anak saya,skrg dia sudah 2,6 tahun,batuk pileknya g sembuh2, hidung mampet tiap malam hingga tidur g nyenyak,napas grok2,suka mimpi sambil teriak kayak ketakutan,tidur nungging,gelisah bolak balik,emosional sekali dr,mohon penjelasannya dr,saya harus ganti susu dg yg gimana dok? dan mohon juga jawaban atas pertanyaan sebelumnya diatas dapat ditampilkan sbg tambahan pengetahuan bagi saya,trmks dr atas jawabannya



Minggu, 18-09-2011 22:31:12 oleh: ambar buddianti

asslmkm...
dok, dari artikel yang saya baca diatas gejala tidak cocok dengan susu formula hampir semua tanda ada pada anak saya. skrg usia anak saya baru 1,5 bln dan sejak lahir diberikan BMT platinum. Apakah memang anak saya alergi trhdap sufor merk tersebut? dan kalau memang harus ganti sebaiknya susu yang tepat menurut dokter apa?
trimakasi
wassalam..




Selasa, 27-09-2011 14:09:33 oleh: sofy

dok, saya mau tanya, skg anak saya berusia 2,5 bulan. pada waktu lahir ASI saya tdk langsung keluar.terus di RS dikasih susu bebelac, tapi tidak cocok karena muncul bintik2 mera di pipinya. terus disarankan untuk membeli NAN HA atau Nutrilon HA,saya memilih NAN tapi bukan HA waktu itu.sekarang anak saya sering mulet2 dan ngeden, kadang bersin di pagi hari, dan sering buang angin. apakah anak saya alergi terhadap susu tersebut? apakah saya harus membeli susu yang HA atau soya? terima kasih atas bantuannya.



Sabtu, 01-10-2011 20:43:38 oleh: rifa

ass..dok mau nanya anak sy umurnya 19 bulan,susu yg di minum gain plus dan dancow nutrigold,, sebelumya sudah mencoba yg lain pediasure,enfa,chilkid,nutrilon..tapi ga di sukai, dari dulu sampai sekarng mulutnya biasanya berbau,menjatuhkan badan ke kasur,keras kepala,mudah marah,cepat bosan,tidak bisa belajar lama,perbendaharaan kata2 kurang, akhir ini bab nya juga ga teratur biasanya sehari sekali biasa juga 2 hari sekali..,,apa itu semua karena ketidakcocokan dengan susu yg di komsumsi lagi dok..???tq dok



Kamis, 27-10-2011 15:57:52 oleh: ERNA

ass,, dok...
anak saya sekarang berusia 3bln,, kebingungan jg sya buat memilih susu bayi. pertma minum susu SGM yg d bawa dr t4 bersalin. slama 2bln minum susu itu tp berat badan'na sangat pelan naik'na.. klo tidur... nafas'na tersengal2... bintik2 merah jg d pi2... apa itu krn tidak co2k sama susu'na. menurut dokter susu apa yg tepat buat anak saya...
trimakasih...
wassalam...




Jumat, 18-11-2011 15:17:31 oleh: sri rahmawati

Assalamu'alaikum wr.wb
Anak saya sekarang umur 3bln dok,saya sangat bingung dengan pemilihan susu formula usia 1 s/d 2 bln anak saya dikasih susu bebelac tp dikemudian hari anakku muncul bisul dikepala(dibelakang telinga) dan udh saya ganti dengan S-26 tp malah dikepalaku ky berkerak/ganti kulit,anakku udh aku bawa ke dokter spesialis anak dan aku tanya ke dokter "apakah anakku terkena alergi susu"tp kata dokter tidak
Aku jd bingung sementara gejala itu ada diartikel dokter diatas,dan susu apa yg cocok U/ anakku...
Mohon bilas yah Dok.
Terimakasih yah dok sebelumnya...




Selasa, 22-11-2011 01:50:36 oleh: diaspuspitaningrum

wah sangat bermanfaat sekali artikel ini dok,kebetulan saya sedang bingung utk memberikan susu formula pd anak saya yg masih berusia 1,5 bulan,awalnya saya beri susu vitalac,tp bab padat sekali,kemudian saya ganti susu lagtogen, 2 hari sekali dia baru bab sdh agak lembek tapi babnya banyak sekali,setelah 3 minggu makai lagtogen kok skrg tiap hbs minum susu lagtogen langsung bab,kemudian saya periksakan kedokter katanya anak saya alergi susu sapi dan menganjurkan ganti susu nutrilon soya,setelah saya ganti kok tetap aja sering bab lebih dari 3 x,kira2 susu apa yg cocok utk anak saya ini dok,kebetulan kakaknya dulu jg hampir sama kasusnya ,awalnya pakai vitalac gak cocok saya ganti isomil dan gak cocok lalu saya coba NAN,ternyata cocok,apa sebaiknya saya coba susu NAN ya dok,mohon bantuannya ,trimakasih



Senin, 05-12-2011 12:49:43 oleh: Ratna Sri dewi

Assalamu Alaikum Wr.Wb..
Artkel ini sangat berguna dokter...
Dari artikel yang saya baca diatas gejala tidak cocok dengan susu formula hampir semua tanda ada pada anak saya...anak sy skrg susux Frisian Flag 1,2,3..
apa sy hrz mengganti susux dok??kira2 susu apa yg cocok bwt anak sy,umur anak sy 1taun3bln..
Trima kasih atas bantuanx dok..
Tolong diblz...




Jumat, 09-12-2011 10:31:04 oleh: melyawati

dokter anak saya usia 29 hari cewek.anak saya sering mulet,ngeden,mata suka liat ke atas,trus kalau noleh suka ke satu arah sisi saja,kalau malam rewell,gerakan tangan dan kaki yg berlebihan.apa itu gejala dari reaksi simpang dr susu nutrilon royal 1(Manifestasi klinis yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula)?trus sekarang apa yg harus saya perbuat?dan susu apa yg cocok buat anak saya?trus terang saya sangat kwatir dg kondisi anak saya.apa bisa sembuh?



Rabu, 21-12-2011 17:06:48 oleh: nunung nurjanah

ass wr wb
setelah membaca artikel yang Dr.tulis saya jg sama dengan ibu2 yang mempunyai masalah dgn anak dengan kesulitan BAB,sy sdh mengganti susu sapi dgn susu soya tapi tidak ada pengaruhnya dok.sebelumnya sy jg sdh bw anak sy ke Dr,sdh di foto 2 dimensi,utk smtra ini Dr Rs menyarankan utk klisma setiap 2 hari se X?saya khawatir sekali kl melihat anak saya mau BAB tapi nggak klr,mohon saran dari DR.ws wb




Selasa, 27-12-2011 21:53:48 oleh: Ririk Niangkasawati

Setelah saya membaca artikel ini saya sangat terkejut dok ternyata informasi yang saya dapat tentang alergi susu sangatlah sedikit..
Anak saya sekarang berumur 6 bulan dengan BB 8,6 Kg (Cowok)dari artikel yang saya baca ini ada beberapa ciri2 yang terdapat pada anak saya yaitu sering buang angin,lidah putih,kotoran berbau tajam,sering BAB >3x sehari,ngeden,gampang gemes,suka mukul baik orang maupun benda dan gerakan tangan juga kakinya sangat berlebihan.Anak saya mengkonsumsi SuFor karena ASI saya hanya keluar 2 bulan saja itupun sedikit.SuFor yang pernah saya kasihkan S26,Nutrilon royal dan yang terakhir hingga sampai saat ini yaitu susu Enfamil. sekarang apa yang harus saya lakukan dok?Tolong sarannya...saya benar2 khawatir..




Sabtu, 21-01-2012 14:24:54 oleh: ardiana rahmawati

dokter saya mau nanya',saya mempunyai anak usia 14bln,anknya mempunyai alergi pada susu sapi.
stelah saya bawa kdokter,kata dokternya dsuruh pake' susu sapi yang tanpa DHA,
sudah saya ganti susunya yang tanpa DHA,S26 procal tapi kulitnya kok masih merah dan gatal2 ya dok?
trus susu apa yang cocok untuk anak saya?
mohon jawaban nya
trimakasih




Sabtu, 21-01-2012 22:26:07 oleh: mardiah

dok,anak saya mengkonsumsiBebelac d smpng ASi,terkadang susah buang air besar dan d sertai darah,pernah sprt kotoran kambing bulat2, tp terkadang normal.anak saya hobi nonton tv,prbndahara kata kurang skr 2,4 bln,tp berat badab n tinggi badan slu mningkat,anak saya kurang suka sayur, tp sdh bisa mkn cabe.apakah itu mempengaruhi sistem pncernaannya,sistm pencernaan sy jg kurang lancar apakah sifat itu menurun k anak saya dok?



Selasa, 24-01-2012 17:12:31 oleh: wiwik susilawati

Terimakasih artikelnya Dok…
Saya sedang mencari informasi tentang perilaku anak. Ada beberapa informasi bahwa makanan bisa berpengaruh perilaku anak .
Membaca artikel ini Saya tertarik dengan hal sbb :
“Tabel 2. Gangguan perilaku dan motorik (gangguan neuroanatomis dan neurofisiologis) yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula
•o Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik :usia > 6 … Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur ("smackdown"}, sering memanjat.
•o Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi "nungging", berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur. Pada anak lebih besar, malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, "beradu gigi"
•o Agresif dan emosi meningkat : sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt "gemes"). Mudah marah, keras kepala sering berteriak.”
Keponakan Saya 3 Th 4 Bln, perilakunya cenderung seperti kutipan artiket dokter diatas. Apa perilakunya ada hubungan dengan susu yang dikonsumsi? Mohon saran pilihan susu untuk keponakan Saya. Atas bantuannya dihaturkan terimakasih.




Jumat, 24-02-2012 18:18:52 oleh: victoria.gazali

Dokter saya mau tanya anak saya umur 3 bln susu yang dikonsumsi enfamil A+HA,BABnya sekarang berwarna hijau dan mata kanannya berair ( bertaik mata )saya bingung apa perlu susunya diganti dengan merk lain mohon balasan dan petunjuknya dokter,thanks.



Senin, 27-02-2012 14:25:51 oleh: indah

asslm,dokter anak saya arin usia 14 bulan berat badan kurang 7kg !!kmrn menurut dokter anak saya sensitif trhdp makanan dan dokter sudah menyarankan susu yg bisa d'berikan u/arin yaitu sufor sgm dn untuk mengejar brt bdn'y dlm 3 bln lbh ideal'y 9,5. yg saya mw tanyakan, bagamana cara'y supaya bb arin bs normal sesuai usia'y skrng ini, sdngkn arin tdk suka sufor sgm dan nafsu makan'y berkurang krn smkn lincah_ saya mohon berikan jawaban untuk saya dokter, krn sy sgt bingung melihat kondisi anak sy skrng ini? terimakasih sblm'y dn sy tunggu bls'y



Minggu, 04-03-2012 20:15:29 oleh: Nur indah

Dok,
anak saya berusia 2 bulan sejak lahir saya beri susu formula skrg anak sy mnm susu bebelac tetapi sepertinya alergi karena ciri - cirinya sama sprti artikel diatas .. mohon informasi dok susu formula apa yang terbaik ..?
apakah nutrilon lebih baik dari bebelac ?




Rabu, 14-03-2012 16:19:05 oleh: Ria Anggraeni

Sore dokter,

Terimakasih atas pencerahannya mengenai alergi susu, namun ada hal yg saya tanyakan yakni anak saya usia 5 bulan dimana menjelang usia 5 bulan ini sering sekali mulutnya seperti mual, namun beberapa kali saja muntah...lalu tangan kanan-kirinya suka memukul-mukul pahanya sendiri...lalu klo tidur malam terkadang tiba2 menangis tapi matanya masih merem lalu pup nya hijau-kuning...saat ini susu nya S26 gold, apakah ciri tsb dapat dikatakan alergi susu...saya mau ganti susu antara chillmill/NAN/Enfa apa baiknya ya doc...makasih ya




Rabu, 21-03-2012 09:03:02 oleh: Liya Nitha

Dok,
anak saya berusia 19 bln,waktu lahir saya kasih asi disambi dengan sufor (karena saya bekerja)bebelac smp dgn usia 1 thn.krn bab kadang sehari bisa 4 x.saya ganti dengan chil kid ternyata bab malah 3 hari sekali dan aga keras,bahkan kadang smp berdarah. sekarang saya ganti dengan Sustagen Junior.cuma rasax manis sekali.klo tidur malam kadang suka menangis dan mengigau, suka memukul, kadang suka menggigit si kaka.usia 19 bln bicara belum lancar. saya jadi kwatir. mohon pencerahannya. Terimakasih ya dokter




Senin, 26-03-2012 14:22:10 oleh: Emilda Rosyana

Dok..
Anak saya sekarang usianya 11 bulan menginjak 1 tahun... Dr bayi sampai saat ini mengkonsumsi Sufor.. Dr Usia 2 bulan sampai 7 bulan anakku tidak pernah mengalami alergi sufor, baik dr segi kulit atau pencernaan, tp setelah menginjak usia 11 bulan anak saya mengalami hal spt diata salah satunya kulitnya timbul bisul di daerah pipi dan paha.. apa kah hal tersebut bisa dikategorikan alergi sufor ? thanks Dok atas Infonya




Sabtu, 31-03-2012 11:23:19 oleh: endah pusparini

makasih dg artikel ini dok... saya jd terhibur krn susu anak saya bukan susu mahal... dan ternyata tidak ada pengaruh susu mahal dg kecerdasan... sy pernah dihina krn susu anak saya bukan susu mahal :-(. saya share fia FB ya dok...



Senin, 07-05-2012 13:35:26 oleh: Arintia Dewi

Terimaksih Dok..
Artikel ini sangant bermanfaat dan menambah pengetahuan buat saya.
saya mempunyai anak umur 7 bulan alhamdulillah dia sehat, dari garak badannya dari pertumbuhannya baik.




Selasa, 08-05-2012 10:34:36 oleh: faida

saya mohon,pertanyaan ini di jawab secepatnya.saya bingung,tanya sama siapa lg?anak saya usiany 7bulan sudah 3hari ini tidak mau minum susu sama sekali,,sama sekali.melihat dot susu saja menangis apalagi sampe nempel atau masuk mulut,langsung tidak mau buka mulut dan menangis rintih-rintih.Bingung banget aq,,awal wkt lahir saya kasih morinaga BMT tp di usia 2 bln saya ganti bebelac 1,tp diare terus.terus saya balik lg ke morinaga BMT,nyusu ny bagus.tp setelah memasuki 7bln mw pindah ke chil mil sudah saya campur sama BMT nya sampe 1 bulan,dan akhirnya sampei chil mil saja,awal minum dirasain setelah berapa tenguk dia langsung nangis dan gak mau minum sama sekali sampe sekarang.Sudah saya bawa ke dokter tp dokternya menyarankan dicmpur aja dl,sudah saya lakukan tp tetap aja anak saya gak mau minum.tolongg,,please apa yang harus saya lakukan.apa perlu diganti susunya?kalau diganti,diganti dengan susu apa?usia 7bulan berat badan 5,6kg,sudah ketinggalan 1kg dari yang seharusnya.Tolong,bagaimana,dan apa yg harus saya lakukan?mohon dijawab hari ini,karena saya tidak tau harus konsultasi kemana lagi.



Rabu, 09-05-2012 09:55:12 oleh: yenni kurniawati

ass...dok...
saya mau share..anak saya usia 15 bulan dan sekarang memgkonsumsi susu formula bebelac3..dulu waktu usia 0-8 bulan menggunakan susu formula nutrilon royal sebagai pendanping ASI karena asi yg keluar tidak banyak...yg saya mau tanyakan sampai sekarang di telapak tangan dan kaki anak saya masih sering terasa hangat/sumer.dan diusianya yang sudah masuk usia 15 bulan dia tidak mau makan nasi hanya ingin maem tim yg dicampur sayur...apakah itu juga termasuk dalam katagori tidak cocok pada susu formula yg dikonsumsinya setiap hari?trimakasih.




Kamis, 10-05-2012 10:49:54 oleh: Putri Wahyu

bermanfaat bangeet dook infonya...
baby saya skrg usia 9bulan.. saya baru mulai pakesufor 3mingguan ini... 2minggu pertama saya coba pake s26... setelah baca artikel ini dan bbrp kmentar org2.. sepertinya memang sewaktu pakai s26 sekresi lendirnya lebih banyak dr biasanya.. kdg disaat akan menyusu, terdengar nafas grok2 grok.. dan sempet 3hari berturut2 terbangun tengah malam dan susah idur lagi hingga satu-2jam..

ada yg mau saya tanyakan dok.. sewaktu 8bln kmrn minum asi, sy perhatikan anak sy cenderung berkeringat kepalanya hingga rambutnya basah smua.. pernah juga 2-3x disaat di meminum ASI lgsg ke sy.. sempet kepalanya bergetar spt org kejang slm 5 detikan.. kemudian sy pegangi kepalanya bbrp detik berhenti...

kira2 itu kenapa ya dok?dan apakah keringat kepalanya itu tidak berlebihan?
oia slama ini sy perhatikan jg anak sy kdg sering menjambak2 rambutnya sendiri...kira2 krn ap ya dok trima kasih infonya




Kamis, 24-05-2012 13:57:36 oleh: Yuni

Terima kasih dok untuk infonya...

Anak saya berusia 16 bulan, meminum sufor lactogen 3 dan sudah hampir 1 bulan mengalami sembelit dan tidak mau makan, saat di bawa ke dokter hanya diberi obat microlax gel saja serta vitamin untuk doyan makan.

Apakah solusi terbai yang sebaiknya saya lakukan?




Kamis, 09-08-2012 16:34:10 oleh: putu sri wiratni

Harga mahal dan terkenalnya suatu produk tidak menjamin anak kita sehat,yang terpenting kecocokan dan kenyamanannya.Jangan terlalu terpengaruh dengan produk lain yang belum tentu cocok untuk si anak.



Selasa, 14-08-2012 14:41:28 oleh: Tri Prasetyo

Solusi yang jitu kalau si Ibu tidak bisa melanjutkan menyusui atu tidak bisa menyusui..... coba di susui sama orang lain? tetangga yang anak nya sama jenis kelaminnya dengan anak Ibu Tsb, dengan catatan si ibu yang baru itu ya keperluannya di cukupi, uang, makanan, gizi dll. Beli susu formula saja harga mahal belum tentu cocok, mencret , alergi dll.... buat anak kok coba - coba. Kalo disusu kan ke orang lain yang kita percaya kan lebih bagus ?.....
any way sekedar saran sih.... ibarat nya ada bank asi yang berjalan gitu.... fresh from oven.. sehat bersih bergizi..

Wassalam,
Tr1




Rabu, 12-09-2012 11:00:43 oleh: Anita Suryaningsih

klo untuk usia 8 bulan susu yg cocok ap y dok..??
soalnya slama ini cuma dikasi ASI dan bubur,,udah 2bulan ini BB nya turun terus,,,,kira2 kenapa ya dok??apa dia termasuk kekurangan gizi..??




Minggu, 16-12-2012 20:46:27 oleh: noni astini

Dok...kebetulan anak saya ga doyan sama sufor,slama ini udah hampir 2 tahun umurnya masih asi,makan juga ngga begitu mau,paling cuma 3 suapan,malah rencana saya mo coba kasi susu merk SGM dok sebagai tambahan asupan gizinya,mohon advise-nya.terima kasih

salam
noni




Rabu, 16-01-2013 11:01:36 oleh: ratnasari dwi h

siang Dok...artikelnya sudah lama tap saya baru membacanya..bgus sekali. apakah gejala alergi tsb berlaku juga utk bayi yang minum Susu Soya? karena gejala nya mirip seperti anak saya 1bln trkhir ini. sedangkan anak saya mlh gak mau minum susu Sapi sm sekali sll dimuntahin tiap diksh minum susu sapi/ susu soya yg bukan merk yg dia minum spt biasanya..terimakasih.



Kamis, 31-01-2013 08:58:38 oleh: mersinda

Selamat siang Dok..bayi saya skrng genap umur 6 bln dr mulai lahir hingga skrng sdh minum sufor s26, sy sdng mencba untuk memberi makan bubur saring yg sy tanyakan apakah sy bs melanjutkan susu s26 tahap 2 susu yg dimnum sudah cocok tp mengapa BAB keras bentuknya sepeti ee kambing bulat2 warnanya hijau tp kadang2 campur warna kuning, apakah untuk s26 tahap 2 bs sy lanjutkan/hrs diganti susu yg lain spya BAB tdk keras lg dan minum susunya jg lbh bynk mohon penjelasan mengenai susu apa yg cocok,apakah air putih bagus untuk mencegah BAB yg keras. Mohon penjelasan Dok.Terimakasih




Kamis, 28-02-2013 08:35:27 oleh: Defi Kartika

selamat pagi dokter, putri saya berumur 10 bulan dari usia 1 bulan sudah menggunakan NAN HA karena didiagnosa alergi susu, usia 10 bulan dia mulai kena asma dan dokter mengajurkan untuk menggunakan prosobee saja, tetapi putri saya memiliki kecenderungan banyak tingkah, tomboi, senangnya memang menaiki tangga dan tidak mau diam apakah yang seperti ini yang dokter maksud dengan gangguan hiperkinetik, tetapi daya tangkapnya cepat diajarkan 1-3kali dia sudah bisa menirukan, daya bicaranya dia sudah mampu mengucapkan embah, maem, dan dada..mohon informasinya dokter, terimakasih.



Senin, 06-05-2013 16:36:51 oleh: yulia

Dok setelah saya baca artikel dokter ternayata anak saya sudah alergi susu dari umur 7bln sekarang anak saya sudah berumur 10bln saya baru sadar baru pas baca artikel dokter. Dari SDA tidak ada omongan apa2 dan anak saya sudah umur 10bln tp berat badan nya masih 5kg tolong bntuan nya dok saya harus bggmn terhadap anak saya dan sampai sekarang anak saya belum bisa apa2 hanya baru miring kanan dan kiri leher netek pun itu saya rajin dudukin dia. makasih donk saya mohon solusi nya.



Selasa, 14-05-2013 12:29:20 oleh: Veronica

Selamat siang Dok, saya mau tanya sekarang ini putri saya telah berumur 3bln 10hr sudah saya kasih tambahan sufor(BMT dari Morinaga) karena masa cuti telah habis saya harus bekerja. Dan selama cuti full ASI. Setelah saya tambah sufor putri saya BAB nya jadi tidak tidak teratur. Kadang 2 sampai 4 hari sekali, Apakah ketidaklancaran BAB ini disebabkan karna alergi sufor ya Dok? Mohon penjelasannya ya Dok. Dan sufor apakah yang cocok untuk putri saya. Terima kasih.



Senin, 20-05-2013 16:03:12 oleh: risdiana

selamat sore Dok. Anak saya usia 2 bulan minum susu Pregestimil. tapi BABnya cair. setiap hari pup 2-3x. yg mau saya tanyakan, apakah minum susu tsb BABnya memang cair? msh normalkah pup 2-3x sehari? (-maaf- kdg2 kecipirit) dan bila mau pup dia seringkali menangis. knp ya Dok? apa perutnya sakit? mohon jawabannya ya Dok. trimakasih sblmnya.



Jumat, 14-06-2013 15:48:41 oleh: Endang Fransiska

Ass...

Sya ingin bertanya, Amora berumur 2 minggu lahir melalui operasi sesar.Ketika lahir saua memberi susu BMT Platinum selama seminggu.Gejala BAB terlalu sering membuat saya risau.Sampai akhirnya saya mengganti dengan Lactogen 1.Gejala yang timbul makin banyak dan sama seperti artikel diatas.Saluran nafas,hirnea pada pusar juga,BAB terlalu sering,batuk pilek dll.

Mohon bantiannya, susu apa uang cocok buat Amora.
Kasihan Amora.

Trimakasih




Jumat, 14-06-2013 15:49:55 oleh: Endang Fransiska

Ass...

Sya ingin bertanya, Amora berumur 2 minggu lahir melalui operasi sesar.Ketika lahir saua memberi susu BMT Platinum selama seminggu.Gejala BAB terlalu sering membuat saya risau.Sampai akhirnya saya mengganti dengan Lactogen 1.Gejala yang timbul makin banyak dan sama seperti artikel diatas.Saluran nafas,hirnea pada pusar juga,BAB terlalu sering,batuk pilek dll.

Mohon bantiannya, susu apa uang cocok buat Amora.
Kasihan Amora.

Trimakasih




Minggu, 25-08-2013 00:11:27 oleh: Ira Anis

Assalamualaikum..

Anak saya berumur 4bln. berat 6,2kg. sejak lahir saya tdk memberikan asi krn tdk bs klr lancar hny 2 sendok sehari itupun butuh pengorbanan memerasnya. akhirnya full sufor. saya pake S26 Gold tp BAB nya keras akhirnya DSA saranin S26 yg biasa dan BAB nya kmbali normal. slm minum S26 yg biasa ank saya BAB 2hari sekali dan tdk prnh alergi bruntus/merah2 tetapi pilek terus ga berhenti2 sesekali nafasnya grok2 tp tdk parah krn tidur nya nyenyak klo mlm dan tdk prng rewel.

kmrn hbs imunisasi DPT dan DSA suruh ganti susu nya mnjadi Enfamil HA tp ank saya ga mau minum sehingga BB nya turun. kmdian saya coba BMT Platinum minumnya tdk sebanyak sprti S26 .

yg saya tanyakan , apakah normal anak saya BAB 2hr sekali . dan apa penyebab nafsu minum nya turun apa krn dia sariawan krn DSA kasih resep obat sariawan kmrn. dan knp anak saya pilek nya lama sekali sudah 2bln lbh pilek ga sembuh2 dan nafas agak grok2.

susu apa yg cocok buat anak saya dok?? mohon di balas ya dok

terimakasih , Ira Anis ( surabaya )




Jumat, 11-10-2013 12:13:35 oleh: Andiny F

Slmt siang dok,saya punya anak umurnya baru 1thn,saya kasih dia susu Sgm dr semenjak umur 3bln,nah dulu anak saya pernah mengalami alergi semacam gatal2,muncul bintik2 merah,trs skrg malahjd nafsu makannya kkurang,bab nya juga kadang 1hari sekali kadang juga 2hari sekali,berat badannya juga ga naik2,standar2 aja...apakah saya harus ganti susunya?trs susu apa yg baik buat dan bagus untuk anak saya?thanks dok...



Senin, 18-11-2013 17:22:30 oleh: kiki

Dokter, anak saya menderita ADHD sudah lama tidak minum susu formula semenjak dia dirawat umur 6 bulan karena diare berdarah samar. Sampai 2 tahun saya beri asi dan susu soya. Sekarng dokter menganjurkan lg minum susu sapi formula. Tapi saya takut dulu anak saya mencret karena susu sapi. Yg ingin sy tanyakan bagaimana dokter diberikan atau tidak saya jg takut memperparah ADHD nya? Terimaksih dokter





Rabu, 05-02-2014 06:30:20 oleh: IRANI YUNIARTI

Dokter, Anak Saya Konsumsi Susu Formula BABnya 1 hari 1 Kali tapi harus mengejan berjam-jam, apakah kondisi seperti itu Bayi Saya Normal? atau Saya harus ganti produk Susu Formulanya, kalaupun harus diganti Rekomendasi Dokter Susu Formula yang bagaimana? Terima Kasih.



Selasa, 04-03-2014 14:50:28 oleh: puput wulan

Dok, setelah membaca ada beberapa ciri yang seperti anak saya, sejak umur 2 bulan combine formula & asi, tetapi lebih dominan asi nya, formula yang dipakai bebelove 1 dan kemudian ganti dengan S26 Gold tahap 1 di usia 4,5 bulan, sekarang sudah ke susu lanjutan S26 Gold tahap 2, pertanyaan saya...anak saya bab lancar, tidak ada gatal2 ato timbul bintik2 merah alergi hanya saya sampai saat ini usia mau 7 bulan anak saya masuh suka gumoh, cegukan,sering ngeden, Sering menggosok mata-hidung-telinga, sering menarik atau memegang alat kelamin karena gatal,sering mengeleng-gelengkan kepala, Sering buang air besar (3 - 4xperhari), Sering berkeringat berlebihan di kepala...saat ini sedang senang berteriak2
mohon di bantu apakah itu termasuk dikatakan alergi susu sapi??? haruskan berpindha ke susu formula utk alergy?? karena sebelumnya saya berfikir kalau tidak cocok dengan susu formula si anak akan diare, muntah dan timbul bintik2 di tubuh...mohon di bantu penjelasannya thx dok




Senin, 07-04-2014 10:12:03 oleh: wiwik ariany

DOk setelah membaca berbagai koment diatas, anak sy itu dari lahir d kasix sufor NAN HA smpe umur 4 bln karena produksi ASI saya kurang bahkan cuman 1 minggu selama pake NAN HA1 minum susux wajar2 aja tp kadang2 buang angin n BABx kadang hijau trus cenderung encer n BBx gak trlalu jauh naikx malah waktu terakhir d imunisasi DPT3 BBx cuman naikx cuman 300gram,makax skrg sy ganti S26 gold tp anak sy sering buang angin walaupun gak intens gtu tru BABx agak padat trus kuning n sering keringatan walaupun udah pake AC d kamar...apa itu wajar gak yah??? tlg dijawab yah dokter



Kamis, 10-04-2014 10:41:53 oleh: yuniar

terimakasih sebelumnya dok, artikel ini sangat bermanfaat.
saya mempunyai bayi usia 7 bulan, sejak bulan pertama saya beri sufor S26. sekarang sudah mengunakan S26 tahap 2.
pertanyaan saya setelah saya baca, anak saya ciri-cirinya sama dengan dampak reaksi sufor yaitu,Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik :
usia < 6 bulan: mata/kepala bayi sering melihat ke atas. Tangan dan kaki bergerak berlebihan, usia > 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak,Sering bergulung-gulung di kasur, sering memanjat.
•o Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi "nungging", berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur.
•o Agresif dan emosi meningkat : sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt "gemes"). Mudah marah, keras kepala sering berteriak.
mohon bantuannya, apakah Saya harus ganti produk Susu Formulanya, kalaupun harus diganti Rekomendasi Dokter Susu Formula yang bagaimana? dan bagaimana menangani anak yang mempunyai gerakan motorik berlebihan. Terima Kasih.




Selasa, 15-04-2014 15:47:00 oleh: YULI

selamat sore,anak sy berusia 7 bulan ,br satu bulan memakai susu formula chilmil,tapi hidung nya suka tersumbat n nafas nya grok2 gitu,suka batuk jg kl mlm dan pagi,apakah ini gejala dr alergi susu formula..bisa minta informasi susu apa yang tdk alergi u anak sy..
trims infonya




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY