Retty N. Hakim

Asuransi, Kawan di Kala Malang!

Rabu, 28-05-2008 13:02:59 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Suara Konsumen

 

Saya tertarik sekali melihat perdebatan panjang lebar di ruang komentar artikel Aloysius Weha (Pengalaman Ikut Asuransi Prudential) dan juga di artikel Lie Tjie Pouw (Pengalaman Menjadi Nasabah PT Prudential Life Insurance).

 

Komentar memang merupakan magnit wikimu yang membuat portal satu ini lain dari yang lain. Mungkin sama menariknya dengan acara radio atau televisi yang memberikan kesempatan untuk berbagi pendapat, tetapi lebih berguna karena bisa tetap dipantau setelah jam tayang berlalu. Kisah-kisah seperti ini akan memperkaya kita dalam membuat pilihan-pilihan dan dalam mempertimbangkan berbagai tawaran.

Sebenarnya ada satu artikel Aloysius Weha yang lebih menarik dan sangat lengkap untuk dibaca, yaitu "Pentingnya Perlindungan Ketika Hidup di Tanah Risiko" (lihat http://www.wikimu.com/news/displaynews.aspx?id=4327). Tulisan yang dibuat ketika memperingati hari Asuransi Indonesia itu memang menggambarkan betapa kehidupan tidak bisa diprediksikan terlebih dahulu.

Karena itu asuransi bisa jadi menjadi salah satu upaya sedia payung sebelum hujan! Saya beruntung karena memiliki beberapa pengalaman yang baik dengan asuransi. Sebagai konsumen asuransi tentu saja saya memasuki asuransi sebagai persiapan memiliki teman di kala bernasib malang. Ketika itu belum tentu sanak saudara dan teman-teman juga sanggup membantu secara finansial, karenanya berkawan dengan asuransi bisa sedikit membantu beban yang dipikul. Tentunya sebelum itu kita juga ikut memikul beban yaitu premi yang setiap bulan disetorkan kepada agen atau perusahaan asuransi.

Untuk bisa memperoleh kawan yang baik, tidak selalu harus dari bawah satu payung, cermat memilih produk dan pandai dalam memilih agen dan perusahaan asuransi akan banyak membantu dalam memiliki berbagai kawan yang siap menolong dalam setiap kemalangan.

Saat ini banyak agen yang berhasil maju dalam karirnya sebagai agen asuransi karena berangkat dari pemikiran menjadi bagian dari pelayanannya terhadap masyarakat. Agen seperti ini yang selalu siap sedia membantu konsumen dari sejak awal sebelum masuk ke dalam proteksi asuransi hingga saat konsumen membutuhkan bantuan dalam mengajukan klaim asuransi. Buah dari perhatian dan bantuan mereka membuat promosi dari mulut ke mulut yang canggih. "Word of mouth", kata ajaib dalam dunia marketing akhir-akhir ini, memang hebat dalam mengangkat kemajuan penghasilan seorang agen asuransi.

Perkenalan pertama saya dengan asuransi adalah dengan asuransi Jiwasraya. Saat itu calon ibu mertua meninggal dunia, dan ternyata beliau meninggalkan sehelai asuransi Jiwasraya yang cukup membantu dalam menutupi biaya-biaya yang perlu dikeluarkan saat itu. Karena itu calon suami saya (yang sekarang sudah berubah status menjadi suami) kemudian juga ikut asuransi Jiwasraya.

Agen dan Perusahaan

Yang paling penting tentunya adalah memilih agen dan perusahaan asuransi yang baik. Terkadang agen juga kurang bisa diandalkan, maka perusahaan asuransi yang baik dengan jalur komunikasi yang tepat biasanya tetap akan bisa membantu.

Saya ingin berbagi sedikit kisah sebagai nasabah asuransi dalam hubungannya dengan agen dan perusahaan asuransi. Ketika itu kami mengambil asuransi dalam bentuk dollar, dan tatkala nilai tukar rupiah terhadap dollar jatuh kami merasa tidak mampu meneruskan pembayaran premi.

Ketika itu kami sempat kebingungan, dan juga mendapat informasi yang kurang benar dari petugas yang melayani di salah satu cabang perusahaan asuransi ini. Petugas tersebut mengatakan bahwa kami harus memutuskan asuransi kami dengan nilai tunai berdasarkan kurs patok yang cukup rendah dibanding kurs dollar di luar. Sambil memberikan informasi itu petugas tersebut berkata akan membantu kami sambil memberikan kartu namanya yang ternyata juga bertuliskan nomor rekening tabungan bank beliau.

Tidak puas dengan informasi itu kami kembali bertanya ke kantor pusat, ternyata kami mendapat pelayanan yang jauh lebih baik dengan informasi yang lebih mendukung kami. Ketika itu diberi tahu bahwa kami masih berhak menunda pembayaran premi, dan bila kami tetap tidak mampu meneruskan pembayaran premi maka akan digunakan kurs yang dipatok perusahaan pada saat kami memutuskan kontrak. Tapi saat itu petugas ini memberikan nilai patok yang berbeda dari petugas di kantor cabang, jauh lebih tinggi dari yang diberikan oleh bapak yang memberikan nomor rekening tabungannya itu.

Ternyata memang kami tidak bisa meneruskan pembayaran premi dalam kurs dollar yang baru itu, sehingga akhirnya kami memutuskan untuk menutup asuransi dollar tersebut. Ketika banyak orang lain menderita kerugian karena kurs rupiah yang jatuh ini, kami malahan merasa sedikit beruntung (lebih beruntung lagi kalau bisa tetap meneruskan asuransi dollar itu tentunya) karena dengan uang hasil pencairan nilai tunai tadi kami bisa membuka asuransi rupiah baru, sekaligus juga melunasi cicilan KPR rumah tinggal kami sehingga tidak perlu membayar bunga cicilan kredit lagi.

Kemudian hari dalam keadaan terdesak, karena pekerjaan suami membutuhkan tambahan dukungan keuangan, asuransi rupiah ini juga kami cairkan untuk menambah modal kerja.

Perusahaan asuransi lain yang menjadi kawan lama saya adalah Allianz. Hubungan ini terjadi karena ayah saya yang lebih dahulu bergabung sebagai nasabah merekomendasikannya kepada kami anak-anaknya. Urusan rumah, dan mobil menjadi bagian asuransi Allianz. Bahkan ketika komputer saya dan serangkaian alat elektronik lainnya baru-baru ini terkena sambaran petir, dengan bantuan agen yang selalu siap membantu, saya mendapatkan bantuan untuk biaya memperbaikinya. Sebenarnya bantuan agen sangat penting disini, karena seringkali kita tidak tahu persis apa saja hal yang boleh kita ajukan untuk klaim, dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi untuk pengajuan proses klaim itu.

Selain Allianz, saya juga pernah bergabung dengan Garda Oto. Bantuan dari Garda Oto yang paling terasa adalah ketika suami saya kecelakaan mobil dalam perjalanan pulang dari luar kota ke Jakarta. Keberadaan mobil derek dan bantuan mereka dalam mengganti kerusakan mobil kami serta mobil pihak ketiga yang juga terkena musibah sangat membantu kami. Untuk urusan kesehatan, asuransi Manulife sangat membantu keluarga kami. Dengan premi yang relatif tidak terlalu tinggi untuk satu keluarga dengan tiga orang anak, asuransi ini banyak membantu menunjang pengeluaran tak terduga kami karena masalah kesehatan.

Dari pengalaman memasukkan klaim untuk membantu biaya rumah sakit kami, saya belajar juga bahwa belum tentu setiap agen benar-benar mengetahui semua poin yang akan dibayarkan oleh perusahaan. Ketika saya harus menjalani operasi usus buntu, om saya yang dokter spesialis membantu dengan meniadakan biaya dokter spesialis (honor beliau pribadi), karena mendengar bahwa saya hanya akan mendapat ganti dari asuransi sebesar 50%. Ternyata setelah mengajukan klaim prosentasi yang dibayarkan itu secara keseluruhan lebih dari 50% seluruh biaya rumah sakit. Penggantian 50% hanya berlaku untuk biaya operasi saja, biaya lain memiliki prosentasi sendiri.

Demikian juga ketika salah satu anak kembar saya terjatuh dan harus dijahit, atau ketika kakaknya patah tulang tangan dan harus digips di rumah sakit, kepanikan saya mengenai masalah biaya sedikit berkurang karena saya tahu akan ada yang membantu meringankan biaya itu. Dari setiap klaim saya juga belajar bagaimana prosedur dan cara pengajuan klaim. Ketika mengajukan klaim untuk penanganan patah tulang saya tidak memasukkan semua kwitansi rumah sakit karena pada klaim terdahulu (jahit) hanya dibayarkan biaya UGD, ternyata seharusnya saya bisa mendapatkan penggantian yang lebih besar kalau saja semua kwitansi saya masukkan. Jadi prosedur dan persyaratan klaim asuransi juga perlu dipelajari!

Ketika saya akan melahirkan si kembar saya cepat-cepat mencari proposal asuransi yang hampir saya ambil sebelumnya yaitu asuransi yang memberikan bantuan biaya persalinan. Sedikit penasaran ingin tahu apakah biaya kelahiran kembar akan ikut tertanggung. Sebenarnya asuransi itu tidak jadi saya ambil karena merasa kurang mampu membayar premi. Ternyata dalam proposal itu tercetak bahwa tidak bisa mengajukan klaim biaya persalinan bila belum genap dua tahun membayar premi. Kalau saya jadi mengambil produk ini, bisa jadi saya sudah marah dan kecewa karena tidak teliti membaca proposal asuransi sebelumnya. Kelahiran bayi kembar saya hanya beda beberapa bulan sebelum batas dua tahun itu.

Begitulah pentingnya teliti sebelum membeli! Baru-baru ini karena kegiatan saya di portal jurnalisme warga membuat saya lebih banyak lagi memperhatikan rekan-rekan yang memiliki penglihatan berbeda (lihat artikel di Ohmynews International). Ternyata buat mereka terkadang untuk menjadi nasabah bank dan nasabah asuransi sedikit sulit. Seorang teman yang bergiat sebagai agen asuransi Bumiputera, akhirnya menolong sepasang suami istri yang memiliki kekurangan pada penglihatannya untuk menjadi nasabah asuransi.

Perlu perencanaan keuangan jangka panjang

Memilih asuransi yang sesuai dengan kantong keuangan pribadi. Teman saya ada juga yang memilih asuransi Prudential dan kemudian bergabung menjadi agen. Kalau saya lihat dia terus berkembang, baik sebagai nasabah maupun sebagai agen, dan juga membuat iri dengan perjalanan-perjalanannya (sebagai agen) ke luar negeri. Kalau saya tidak bergabung dengan dia sebagai nasabah terutama karena saya perlu memilah-milah pengeluaran asuransi saya sehingga bisa memiliki beberapa perlindungan krusial sekaligus.

Sekarang ada juga tabungan atau tabungan berjangka yang bekerja sama dengan pihak asuransi sehingga pilihan dalam mencari kawan ketika dalam keadaan malang mendera semakin terbuka lebar.

Menyesuaikan dengan kemampuan kantong membayar premi untuk jangka panjang sangat perlu diperhatikan, karena asuransi jiwa maupun pendidikan biasanya tidak memiliki nilai tunai yang "balik modal" bila hanya berlangsung di bawah lima tahun. Banyak konsumen yang kecewa karena merasa rugi ketika harus menutup asuransi sebelum waktunya, padahal sebenarnya hal ini seharusnya sudah disadari pada waktu menanda-tangani kontrak.

Memilih asuransi memang susah-susah gampang. Kita juga perlu memilih sesuai dengan kemampuan kantong membayarkan premi, selain itu juga selektif memilih produk serta senantiasa memantau kredibilitas dari perusahaan yang mengelola keuangan asuransi tersebut. Kehadiran agen yang baik dan mengenal baik produk yang ditawarkannya memang sangat membantu dalam membuat pilihan dan mengajukan klaim di saat yang diperlukan.

Bookmark and Share

Tag/Label asuransi, cermat
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
17 komentar pada warta ini
Rabu, 28-05-2008 15:29:38 oleh: Meidy

Sekarang ada juga tabungan atau tabungan berjangka yang bekerja sama dengan pihak asuransi sehingga pilihan dalam mencari kawan ketika dalam keadaan malang mendera semakin terbuka lebar.

Kalimat di atas udah pernah terbukti gak ? Kalo saya sih belum... soalnya saya belum mati ;-)





Rabu, 28-05-2008 15:42:53 oleh: Retty N. Hakim

He..he...he...terkadang memaksakan diri untuk menabung itu susah (yang tidak berlaku untuk mbak Meidy he..he..he...), memang tabungan berjangka ini lebih mengarah ke tabungan pendidikan.

Ada juga tabungan yang bisa untuk membantu biaya rumah sakit tapi sayang sekali belum pernah saya buktikan karena ketika operasi usus buntu saldo minimum 3 bulan terakhirku kurang dari ketentuan yang diperlukan. He..he..he...jadi belum tahu prosedur klaimnya gampang atau tidak...




Rabu, 28-05-2008 22:40:03 oleh: Christo

Biar perusahaan asuransinya cuma nomor urut kesekian seperti yang tertulis di kolom lain..yang penting KAWAN DI KALA MALANG yaa Retty?



Kamis, 29-05-2008 06:23:02 oleh: kasyanto

asuransi itu kan sebenarnya gambling saja, tapi dengan bahasa marketing diubah menjadi perlindungan.



Jumat, 30-05-2008 07:56:29 oleh: Retty N. Hakim

Mas Christo, saya tidak milih-milih level dalam berteman...yang penting sama-sama cocok, dan tentunya berharap punya teman yang tetap setia di kala kemalangan menimpa...



Rabu, 04-06-2008 23:00:23 oleh: madeallianz

Terimakasih ibu retty dkk

Atas kesetiaannya berbagi tentang pentingnya asuransi dan juga berbagi pengalaman yang positip maupun negatif. Sebagai seorang agen asuransi yang full time di bisnis ini, cukup prihatin dengan berbgai cerita negatif ttg asuransi. Kami juga tidak menutup mata dan telinga terhadap berbagai prilaku yang dilakuakn para agensahabat dalam melakukn penjualan guna mencapai target suksesnya.

Karena itu, media ini sangat penting untuk para agen untuk selalu introspeksi diri dalam menjual dan para customer untuk selalu cermat dalam membeli asuransi.

Maju asuransi - Jaya bangsa ku.

salam sukses dari : www.madeallianz.com

madeallianz




Sabtu, 28-06-2008 17:31:08 oleh: Kurniawan

Salam,

Saya sangat setuju dengan pendapat mbak retty bahwa asuransi merupakan kawan kita dikala malang, memang bila kita bicara asuransi maka kita bicara mengenai sesuatu yang terjadi yang bersifat tidak terduga, misalnya kematian, celaka atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Cobalah rekan-rekan membuka wacana baru untuk mengunjungi situs/website yang membicarakan mengenai perencanaan keuangan yang membahas akan pentingnya "asuransi".

Sebenarnya kesehatan kami sekeluarga sudah dijamin oleh ASKES pegawai negeri namun kami sadar bahwa biaya kehidupan kedepan untuk kesehatan, pendidikan anak dan kebutuhan lainnya semakin lama semakin tinggi, oleh karena itu kami sekeluarga masuk menjadi nasabah salah satu asuransi yang cukup bonafid (menurut beberapa koran/majalah/informasi yang saya baca dan lihat lho...),selain untuk jaminan kesehatan dan pendidikan anak juga untuk investasi masa depan keluarga kami.

Bukankah merencanakan masa depan harus dimulai dari sekarang,saya berharap semoga peribahasa sedia payung sebelum hujan masih digunakan oleh kebanyakan orang.
Semoga pendapat saya dapat menambah wacana baru untuk rekan-rekan semua.

Salam.




Selasa, 12-08-2008 11:15:25 oleh: jumadiwi

Pengalaman saya ikut asuransi Prudential adalah sebuah kesadaran besar sebagai wujut tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang peduli dengan kesejahteraan Keluarga dan Anak Anak untuk mendapatkan pendidikan dan kesejahteraan yang Layak dimasa depan, Karena ikut perlindungan/Asuransi itu sama dengan mengumpulkan Kekayaan ketika masih umur muda Badan masih kuat, cepat cepat Akumulasi Tabungan yang sebesar besarnya, Biasaya resiko sakit umur makin tua Kinerja semakin menurun, Penghasilan tidak naik naik. dan itu pertanda persiapkan diri sebentar lagi seperti BOOm waktu saja
Gunakan Masa Mudamu untuk Berkarya dan gunakan masa Tuamu untuk keluargamu.
Wassalam
Salam Berbagi
jumadiwi@yahoo.co.id




Rabu, 27-08-2008 08:56:59 oleh: Pungky

Thx all , menambah wawasan baru. Sebagai pesan cek polis-polis anda apakah memungkinkan payung anda berlubang. Senang bisa mampir,tetap semangat semua. Wass. Pungky www.myprusyariah.blogspot.com



Selasa, 03-03-2009 14:01:14 oleh: tanti sitorus

setelah membaca ttg pengaduan2 yang dimuat ttg prudential sebenarnya dan sejujurnya saya ragu juga takut akan terjadi hal yang mengecewakan tapi krn saya sudah terlanjur py 2 polis untuk kedua buah hati saya dan asuransi yang saya ambil itu investasi (prulink)dan anak saya hanya dicover jika rawat ini inap saja krn besar harapan saya nantinya jika suatu saat nanti investasi atau tabungan saya bisa saya gunakan untuk sekolah anak saya, dulu agent menjelaskan pada saya nanti seumpama duitnya gak saya ambil2 dalam hitungan umur anak saya 18 bisa2 investasi saya _+500jutaan mungkin gak ya polis perbulan anak saya itu 500ribu perbulan dan anak saya yang pertama sudah berjalan di tahun ke dua, ada gak nasabah prudential yang sudah mencairkan dananya diatas 100jt?????????????????itu yang menjadi pertanyaan besar bagi saya jangan kita sudah nabung tau2nya uang kita raib, mohon reply ke email saya pribadi ya jawabanya krn saya sangat membutuhkan jawabanya,tx



Senin, 16-11-2009 14:10:31 oleh: agus sujaya

@tanti sitorus
saya sbgai nasabah prudent khawatir juga seperti ibu tapi setelah saya di beri penjelansan dikantor prudent bahwa utk klaim tahun 2008 itu sudah ada 37299 dgn Rp 324,1M itu tdk tidak termasuk surrenders,withdrawal dan maturities .rasio RBC pertggl 31 des 2008 206% melampaui ketentuan dept keuangan 120%..(RBC jika semua nasabah mengajukan klaim)....

jadi kita sbgai nasabah juga harus aktive cari informasi dan salah satu yg sdh klaim
no polis 28659408
nama tertanggung utama Ida Wijayanti
jenis Asuransi PRUlink Syariah asurance account
hal pengajuan klaim manfaat meninggal dan prupadd syariah
sejumlah Rp 179.969.289.68,-




Jumat, 18-12-2009 12:24:01 oleh: juan sary

saya jadi bingung sendiri kalo ada klaim ke prudential ngalami kesulitan...kok bisa??? yg saya alami sebaliknya tuh,nolong banget ikut prudential,sy baru jd nasabah pru 1 th lbh dikit ,di bulan ke 13 diharuskan operasi empedu abis 12 jutaan, untung ada kartu RS,jd gsk ribet terbayar oleh pru tanpa sy harus kluarin uang dulu,...anak2 jg terlinduni oleh Pru,baru 3 kali byar premi si kecil muntah2 kena virus,opname 3 hari abis 1,7 juta,sy cm byar 4 RIBU rupiah!!!kluar RS 1 hari ganti kena panas tinggi,opname lg,untungnya jg ada kartu PRU...thanks PRUDENTIAL,...jd unt yg lain jgn takut unt jd nasabah PRUDENTIAL...



Senin, 21-12-2009 16:01:15 oleh: Rifki Z Muttakin

Bu Juan sari , saya ingin tanya yang di maksud kartu RS itu apa ya ? , dan kira kira berapa premi bulananya untuk kartu RS itu ? saya ingin investasi tapi takut juga kalau kabar dari tean teman urusannya ribet , berbelit belit wah apa memang ada plus dan minusnya kali ya ? Tks / Rifki



Senin, 01-03-2010 10:25:49 oleh: Zaidan

Bapak rifki Z muttakin,

Saya bisa membantu menjelaskan detail yang bapak maksud.
Bapak bisa menggunakan jalur pribadi ke email saya : ex_zai@yahoo.com

terima kasih




Jumat, 09-04-2010 08:23:34 oleh: arni

penyakit apa aja dibiayai asuransi ini ya???? karna saya masih ragu masuk jadi nasabah... tks



Sabtu, 24-04-2010 23:11:26 oleh: muftidin

assm kawan mulai sekarang kita harus beralih ke asuransi syariah murni.karena di syariah tak ada yg ditutupi,semua transparan claim mudah dan HALAL lagi,makanya aku sarankan ke asuransiTAKAFUL.lihat di www.asuransitakaful.net



Jumat, 15-06-2012 22:32:06 oleh: munawir

ass.wr.wb..
dalam bisnis kita tdk bisa said yang ini baik,,,yg itu tdk.
tapi masyarakat tahu yang lebih baik utk perlindungan finansial mereka yang membutuhkan,,,memang syariah saya setuju sekali sangat baik tapi di prudential juga ada syariah,,,
pak muftidin coba bedah tafakul dan prudential syariah dari segala aspek,,,baru namanya gengleman,,,wassalam




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY