J. Budi Kristianto

Terapi Kraniosakral (Craniosacral Therapy)

Senin, 14-01-2008 15:31:32 oleh: J. Budi Kristianto
Kanal: Kesehatan

Terapi Kraniosakral  (Craniosacral Therapy)

Terapi Kraniosakral adalah suatu metode yang lembut, untuk mengevaluasi dan meningkatkan fungsi dari sistem fisiologi tubuh yang disebut sistem kaniosakral.

Kraniosakral merupakan sistem tubuh yang terdiri dari membran (selaput tipis jaringan yang menutupi permukaan otak) dan cairan yang mengelilingi dan melindungi otak (cerebrospinal) serta susunan belakang otak (bagian memanjang dari sistem saraf pusat yang dikelilingi oleh tulang belakang/spinal cord).

Dengan menggunakan sentuhan-sentuhan ringan, praktisi Terapi Kraniosakral membebaskan beberapa hambatan yang ada pada sistem kraniosakral, untuk memperbaiki fungsi saraf pusat.

Dengan mengkomplementasikan kemampuan penyembuhan alami tubuh, Terapi Kraniosakral makin banyak digunakan sebagi cara kesehatan preventif, karena kemampuannya memperkuat daya tahan terhadap penyakit. Terapi Kraniosakral dianggap efektif untuk menangani berbagai masalah medis yang bersangkutan dengan nyeri dan disfungsi.

Manfaat

Karena pengaruhnya terhadap fungsi dari sistem saraf pusat, Terapi Kraniosakaral bisa membawa manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kesehatan secara umum dan daya tahan terhadap penyakit, hingga menyingkirkan berbagai keluhan medis yang spesifik.

Pengguna Terapi Kraniosakral yang terbanyak adalah mereka yang menderita gejala-gejala kronis, yang tidak bisa ditangani dengan pendekatan terapi lain. Khususnya mereka yang mengalami cedera di kepala, leher atau punggung karena kecelakaan, baik kecelakaan mobil, olahraga atau kerja. Sentuhan-sentuhan ringan yang digunakan dalam terapi ini menjadikannya sebagai pendekatan yang aman untuk menangani anak-anak dan bayi yang mengalami trauma proses kelahiran.

Indentifikasi masalah yang tepat waktu dan pelepasan hambatan pada sistem kraniosakral bisa mencegah problema masa depan seperti kesuilitan belajar dan hiperaktivitas (ADD/ADHD).

Efektivitas Terapi Kraniosakral yang lain adalah pada wilayah disfungsi yang berhubungan dengan stres, seperti insomnia, kelelahan kronis, masalah pencernaan, kecemasan dan temporomandibular joint (TMJ). Terapi ini juga efektif untuk menangani berbagai masalah hilangnya penciuman dan pengecapan, tinnitus (telinga berdengung), vertigo dan masalah neuralgia seperti sciatica (nyeri sepanjang saraf pangkal paha) dan tic douloureux (sekalor).

(bersambung : Cara Kerja dan Sejarah Terapi Kraniosakral)

Bookmark and Share

Tag/Label terapi, kraniosakral, budi kristianto
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
39 komentar pada warta ini
Selasa, 15-01-2008 10:54:02 oleh: elonk276

Pak Budi, kalo utk vertigo harus brp kali diterapi? dan kalo boleh tau berapa biayanya sekali datang?
umumnya/rata2 utk penyakit yg lain minimal brp kali terapi?




Selasa, 15-01-2008 22:37:33 oleh: J. Budi Kristianto

Elonk 276,

Terima kasih atas komentar anda.

Vertigo tidak harus di hitung oleh jumlah sesi terapi. Adakalanya sekali terapi pun bisa sembuh. Hal ini tergantung dari penyebab vertigo itu sendiri.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terapi Karniosakral sendiri digunakan untuk mengevaluasi (mencari) suatu keadaan di dalam tubuh yang tidak seimbang, dikembalikan fungsinya agar semua peredaran darah / ritme di dalam tubuh menjadi lancar kembali. Apabila ritme tersebut lancar, maka dengan sendirinya virtigo-nya kan hilang. Umumnya, untuk vertigo bisa hilang selama 3-4 kali terapi.

Untuk biaya-nya bisa menghubungi langsung ke saya di 0818749395 atau email : onta279@yahoo.com

Untuk penyakit lainnya, semua tergantung pada jenis penyakit tersebut.

Terima kasih.




Kamis, 24-01-2008 08:01:03 oleh: Rosalina

Hallo....saya mamanya Jane. Jane itu punya masalah global delay & beberapa tanda-tanda autis.

Terus terang, baru kali ini visit Wikimu, karena kata Meidy, Pak Budi nulis di Wikimu tuhhh...

Saya sebagai ortu dari kliennya Pak Budi (my dearest Jane, the angel of Meidy) mau comment... Thank you... Setelah hampir setahun ditreatment Pak Budi, akhirnya Jane mulai bisa tidur siang lagi. Asalll...no light ... adem AC nya. Dan dia bisa dapatkan itu di kamarnya Meidy. Soalnya, di kamar sendiri, AC nya gak dingin bo'...Maklum, duit mamanya seret untuk ganti AC aja.

Maaf ya Pak, kemarin Jane ngompol di tempat tidur terapi. Tapi, pulang, Jane bobo siang 30 menit, cuma 30 menit karena dibangunin berhubung guru les sudah datang. Ajaibnya, biasanya dia ngamuk kalo dibangunin, apalagi kalo yang datang guru les. Tapi, kemarin, dia senyum tuh pas bangun. Mungkin karena habis ngompolll.... yang bikin ga enak badan dia sebelumnya. Lega deh.
Setelah balik treatment akupuntur dari KL, ada dampak positif & negatifnya. Negatifnya, salah satunya sulit tidur (mungkin karena herbal).Moga-moga efek negatif disettle ma Pak Budi, sehingga yang positif-positif aja ya ada pada Jane.

PS: Meidy udah praktekin kartu Tarotnya yang dipinjam dari Pak Budi. Udah saya tes 3 pertanyaan isinya yang keluar similar semua. Boleh juga tuh kartu.

Rgrds.




Kamis, 24-01-2008 09:26:16 oleh: Meidy

@@ Rosa : Pantesan tadi pagi ada yang minjam laptop...gak taunya ngintip wikimu toh...





Kamis, 24-01-2008 21:33:21 oleh: J. Budi Kristianto

Hallo juga utk mamanya Jane,terima kasih komentarnya,soal jane ngompol ga apa,meja terapi saya memang sering diompolin anak2,dan persediaan sprei buat meja terapi cukup banyak,jd tdk perlu khawatir.Saya yakin Jane akan menjadi lebih baik,semua itu perlu proses dan juga bagi Rosa yg diperlukan hanya kesabaran hati dan ketekunan dlm membimbing Jane.......

PS: Ya mungkin disamping kerja dikantor,skrg Meidy
sdh bisa buka meja utk praktek tarotnya,
Selamet deh skrg bisa jadi suhu Meidy




Jumat, 25-01-2008 21:57:01 oleh: Annice

Halo Pak Budi, tolong tanya. Bapak ada praktek di mana saja ya? Anak saya usia 17 tahun, penderita autis hiperaktif. Saya ingin anak saya bisa ikut terapi ini.
Terima kasih




Sabtu, 26-01-2008 22:02:53 oleh: J. Budi Kristianto

Halo juga Annice,

Sy praktek di Ks tubun (sesuai perjanjian )bisa hub saya di hp.0818749395 atau di klinik Anakku ( check MY Child ) di ruko Taman meruya plaza 2 blok A - 16,Komplek taman meruya ilir,tlp 5860028,
Terima kasih




Minggu, 27-01-2008 02:46:07 oleh: elonk276

***Pak Budi: terima ksh atas informasinya. Saya sdh informasikan nmr tlpn bpk ke teman2 saya yg vertigo.

***Rosa: berarti Jane itu pinter, buktinya bisa milih kamar yg nyamannnn....buat.... zzzz...zzzz...zzzz...hehehe...

***Meidy: tanteee...koq gak bilang2 segh kl dah ahli dibidang per-TAROTAN...;-p




Senin, 26-05-2008 13:48:04 oleh: Yeti

Pak Budi, di mana saya bisa belajar terapi craniosacral?



Selasa, 17-06-2008 12:33:30 oleh: Feriyanto

Pak BUDI kristanto,
Saya mengalami kliengan (Dizzeness)selama 2 tahun setelah operasi telinga mastoidectomy thympanoplasty, biasanya timbul lebih berat jika sakit flu atau radang tenggorokan. Apakah terapi craniosacral dapat mengatasi keluhan saya ? berapa kali terapi yang harus saya lakukan ? Di mana alamat praktek terapi bapak ?




Rabu, 18-06-2008 23:06:15 oleh: J. Budi Kristianto

Bu Yeti,klo mau belajar craniosacral terapi bisa di berbagai negara,yg paling dekat mungkin bisa belajar di Singapore.
Nanti bulan agustus juga ada sekitar tgl 2 sampe 5 agustus,klo mau ikut nanti bisa kontak saya atau klo bole tahu alamat emailnya agar sy bisa forward jadwal dan biayanya,terima kasih




Rabu, 18-06-2008 23:17:31 oleh: J. Budi Kristianto

Bapak Feriyanto,kasus bpk bisa ditangani dgn terapi Craniosacral,krn terapi ini memang digunakan utk mengembalikan lagi sistem tubuh yg tdk seimbang agar kembali normal.
Mengenai berapa kali terapi tergantung respon dr tubuh,melihat kasus bpk mungkin bisa sekali sampe 4x terapi sdh ada hasil.
Tempat terapi saya di ks tubun 2C/1,hub no hp sy 0818749395,utk terapi sesuai perjanjian.
Terima kasih




Kamis, 19-06-2008 07:20:45 oleh: Meidy

Pak Budi, nanti yang bulan Agustus itu 'course' nya tingkat awal atau lanjutan ? Apa di Indonesia khususnya di Jakarta belum pernah diadakan ?

Untuk menjadi terapis Cranio Sacral apa cukup dengan mengikuti 'course' atau harus mempunyai 'special talent' ?

Uppss.. hari ini 19/06/08 ... wah Selamat Ulang Tahun, ya pak. Semoga makin banyak orang yang bisa Bapak tolong sesuai dengan cita-cita Bapak (pernah baca di majalah). Panjang umur ya, pak.






Senin, 14-07-2008 21:06:01 oleh: Judianto

Saya menderita sakit nyeri di tulang ekor pantat (maaf!) kiri, sehingga tidur harus miring kekanan, karena kalau terlentang nyeri. Apakah bisa disembuhkan?



Senin, 14-07-2008 23:17:54 oleh: budi kristianto

pak Judianto,mengenai sakit nyeri yg bpk alami,bisa dibantu dgn terapi craniosacral ini,klo bpk mau dibantu terapi ini,hub saya langsung juga bisa



Senin, 06-10-2008 18:12:49 oleh: Andreas Lalenoh

Pak Budi yang baik,

ibu saya mengalami cervical trauma di ruas 4, 5, dan 6. Saat ini ibu saya dalam keadaan lumpuh dada ke bawah.
Kekuatan tangan saat ini hanya sampai lengan. Jari jemari sama sekali belum bergerak.
Kaki sama sekali tidak bisa bergerak.
Kekuatan untuk batuk masih minim.

Bagaimana menurut Pak Budi? Apakah saya bisa membawa Ibu saya ke tempat Pak Budi?

Salam,
Andreas




Senin, 20-10-2008 16:01:29 oleh: Annisa

Pak Budi, saya menderita kurang pendengaran dan telinga saya selalu berdengung. Saya sudah berobat ke beberapa dokter THT dan hasil pemeriksaan dokter katanya syaraf telinga saya yang bermasalah dan ini tidak bisa disembuhkan. Kira- kira dengan terapi ini bisa membantu untuk sembuh atau tidak kalau bisa harus berapa kali terapi. Terima kasih




Senin, 20-10-2008 22:10:04 oleh: J. Budi Kristianto

pak Andreas,

ya memang klo kena c4,c5,c6,bisa membuat tangan dan fungsi tubuh tdk normal,bila diterapi bisa membantu membuka aliran darah dan oksigen ke otak,tp perlu diketahui kerusakannya seberapa parah,tp umumnya sangat membantu,bila mau terapi bisa buat janji utk jadwalnya,trm kasih





Senin, 20-10-2008 22:15:07 oleh: J. Budi Kristianto

Anissa,

seberapa parahnya ? kecuali kerusakan pada syarafnya memang susah,tetapi bila tdk rusak msh bisa disembuhkan.Terapi tdk bisa dikatakan berapa kali bisa sembuh,tergantung kondisinya,bila masalahnya kecil ya mungkin hanya bbrp kali sdh cukup,tp klo masalahnya besar mungkin perlu waktu utk disembuhkan,trm kasih




Sabtu, 13-06-2009 18:50:15 oleh: siska

apakah terapi ini dapat dipelajari orang awam?dimana?berpa lama?berapa biayanya?
bila ada pasien yang alami kecelakaan pada otak bagian kiri pada usia 12 Th,sekarang sudah berumur 30 Th (sdh 18 th) lumpuh,tidak bisa bicara,semua bagian kanan tidaj aktif,apakah masih mungkin untuk di sembuhkan ?Apakah ada terapi ini di kota solo




Minggu, 05-07-2009 18:35:28 oleh: JACOB

tolong tanya apa bisa untuk penderita celebral palsy, usianya 8 tahun, putri
dari : jacob, di surabaya




Minggu, 05-07-2009 18:44:15 oleh: budi kristianto

Bisa saja pak,tp tiap org berbeda efeknya,tergantung tubug anak yg diterapi,apakah bisa menyerap dgn baik,tapi hrs rutin terapinya




Sabtu, 29-08-2009 10:59:40 oleh: asep rodiana

Salam kenal Pak Budi, Nama saya asep, saya orang bandung, saya punya problem adik saya terkena penyakit RETARDASI MENTAL RINGAN, saya mohon informasinya apakah dengan terapi kraniosakral penyakit adik say tersebut bisa diatasi, kalau diperbolehkan apakah saya bisa diizinkan belajar terapi kraniosakral sama bapak, sebelumnya trimakasih dan ditunggu secepatnya jawabannya........



Sabtu, 29-08-2009 13:55:25 oleh: budi kristianto

Bisa dijelaskan lbh spesifik megenai retardarsi mental ringan



Sabtu, 29-08-2009 19:53:10 oleh: Meidy

Pak Budi, selamat mengikuti JSJ ya...



Minggu, 30-08-2009 01:20:41 oleh: budi kristianto

Trm kasih suhu Meidy




Sabtu, 05-09-2009 11:30:49 oleh: asep rodiana

diantara gejala akibat retardasi mental ringan adik saya tersebut : sulit konsentrasi dalam belajar, walaupun dia skrang seusia anak SMU kls 1 dia belum bisa baca tulis dengan benar, pas di periksa IQ-nya 72, dan dia jarang berkomunikasi dengan limgkungannya baik keluarga maupun teman seusiannya, jadi sekali lagi saya minta solusi dari pak budi apakah bisa diatasi dengan kraniosakral terapi...........Oya pak, mengenai belajar kraniosakral terapi gmn??????????mohon maaf sebelumnya klo pertanyaan saya berlebihan....



Sabtu, 03-10-2009 22:01:34 oleh: julia

Pak Budi, terapi ini apakah bisa menyembuhkan anak ADHD ? saya sangat mengharapkan anak saya bisa sembuh dari ADHDnya. terimakasih



Sabtu, 03-10-2009 22:57:11 oleh: budi kristianto

@ Asep rodiana...lihat dr umurnya mungkin tdk bisa maksimal,tp bisa diusahakan semaksimal mungkin,mengenai belajar cranio,mungkin bisa saya ajarkan teknik dasarnya saja,trm kasih.
@ Julia ... Utk ADHD bisa aja bu,hrs dilihat dulu krn tiap anak tingkat penyembuhan berbeda,ada yg cepat dan ada yg perlahan2




Senin, 09-11-2009 11:53:38 oleh: purnawan

Pak Budi, sy purnawan, usai 25 thn.
Pada rahang sendi saya, miring dan sering sekali bunyi, juga sulit untuk membuka mulut dengan lebar, Mungkin disebut jg dengan temporomandibular joint, apa benar2 bisa disembuhkan dengan terapi Kraniosakral??

Kira2 proses penyembuhan nya brapa lama pak? dan apa perlu ditambah dengan obat2 an??




Sabtu, 27-02-2010 21:21:36 oleh: melly

selamat malam pak.. saya mau tanya..anak sya .. wanita usia 21 tahun.. 5 bulan yang lalu sempat mengalami depresi. dan sudah menjalani perawatan dan sudah sempat sembuh. Tapi setelah 5 bulan ini. pada saat mau ujian sakitnya kambuh lagi dan setela dibawa ke dokter,ternyata dokter menganjurkan untuk menjalan terapi craniosakral ini. Yang dialami adalah bila saat sedang belajar, dia merasa blank dan pelajaranya tidak masuk di otak. dan dirasakan hanya ketakutan, dan dadanya deg-degan. Yang saya mau tanyakan adalah kira - kira bagaimana solusi yang terbaik menurut bapak? dan yang saya mau tanya lagi adalah mengenai biayanya dan berapa lama harus menjalani terapi ini.. saya tunggu balasanya. sekian dan terimakasih.



Rabu, 17-03-2010 23:04:32 oleh: J. Budi Kristianto

selamet malem bu Melly,bisa hub sy aja di hp 0818749395



Selasa, 27-04-2010 13:54:18 oleh: bambang w

kenalkan saya bambang, mau tanya Pak . . .
apakah terapi ini termasuk dalam kategori/berbasis akupuntur ? atau energi atau ....?
lalu bagaimana metode penyembuhan penyakit ? apakah dipijat , di sentuh atau ....

jika ingin mempelajari terapi ini, dimana ada pelatihannya?

terima kasih pak




Kamis, 29-04-2010 20:37:18 oleh: J. Budi Kristianto

pak Bambang.....craniosacral suatu terapi yg berbeda dgn akupuntur,krn terapi ini merasakan ritme cairan yg ada pd membran2 di otak dan sepanjang tlg belakang dgn sentuhan tangan yg sangat lembut.
bila bpk ingin belajar bisa hub saya langsung




Jumat, 08-10-2010 09:03:00 oleh: Revy

Saya sudah 2 tahun mengidap vertigo dan kadang2 telinga berdengung, berbagai terapi sudah saya coba tetapi belum ada hasil. Belum juga vertigo sembuh, pinggang saya sakit kalau terlentang, sdh di scan dan hasilnya ada masalah dibantalan tulang punggung yang miring. Apakah bapak buka praktek juga di Yogyakarta? terima kasih



Jumat, 08-10-2010 13:21:37 oleh: J. Budi Kristianto

Pak Revy...sy tdk praktek di jogya,tp sebulan sekali sy praktek di semarang,vertigo bisa hilang klo tlg punggungnya diterapi agar peredaran seimbang shg tdk menggangu aliran darah di leher dan pundak,klo mau ke semarang bisa hub BEC semarang tlp +62243511543,trm kasih




Senin, 22-11-2010 11:25:26 oleh: miranti

pak budi anak saya 6,5 bulan pasca radang otak terkena celebral palsy, kondisinya respon motoriknya kurang dan belum bisa berinteraksi dengan baik. apakah terapi ini bisa menyembuhkan anak saya, berapa biaya terapinya. thx



Jumat, 11-05-2012 20:57:54 oleh: Hans

Leonid Soboleff is a criminal craniosacral therapist, who abducted 2 children from their family in Belgium.

Please report to Interpol or police in Ghent (Belgium) if you see him. He has escaped Bali after police arrest and bribing the main officer.

www.craniosacralasia.org
www.merusco.com




Kamis, 05-09-2013 15:12:45 oleh: Tanti Novita

Pak Budi,
Apakah Kranio Sakral bisa untuk mengobati anak autis?
Bagaimana peluangnya? dan berapa biayanya?




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY