Melani Laksmono

Es Teler 77 - Almarhum Bapak Sukyatno Nugroho

Kamis, 13-12-2007 08:37:07 oleh: Melani Laksmono
Kanal: Opini

Es Teler 77 - Almarhum Bapak Sukyatno Nugroho Kubuka koran Kompas, 11 Desember 2007. Kutemukan berita bahwa Bapak Sukyatno Nugroho pendiri waralaba Es Teler 77 telah menghadap Tuhan YME pada tanggal 9 Desember 2007.

Kubaca keinginan Pak Sukyatno di berita tersebut membuat aku langsung membayangkan pertama kali aku berkenalan dengan yang namanya Es Teler 77. "Apabila pada saat nanti saya meninggalkan dunia, saya ingin memberikan warisan bagi bangsa dan Negara ini... agar ilmu yang langka dan satu-satunya di Indonesia ini tidak hilang begitu saja." - Sukyatno di 18 Jurus Sakti Dewa Mabuk Membangun Bisnis.

Siapa yang sekarang tidak tahu es teler? Bagi orang Jakarta, siapa yang tidak tahu es teler 77? Aku masih ingat sewaktu es teler mulai beken. Rasanya es teler yang harus kuminum adalah Es Teler 77. Kenapa aku sangat suka Es Teler 77? Nangkanya selalu enak. Aku memang menggemar nangka.

Membaca berita tersebut, membuat aku penasaran bagaimana perjalanan Es Teler 77 dan bagaimana Pak Sukyatno berhasil dalam usaha ini. Maka aku langsung menggooling dan membeli bukunya.

Jika aku menggooling maka hal-hal ini yang aku dapat:

Bermula dari keberhasilan Murniati Widjaja yang memenangkan perlombaan membuat minuman tradisional Indonesia pada 1982, merek Es Teller 77 pun mulai dikenal masyarakat. Merek yang sekaligus mencerminkan produk unggulan (es teler) dari perusahaan yang memulai kegiatan operasionalnya di pelataran gedung pertokoan Duta Merlin, Jakarta, ini makin berkembang setelah dikelola lewat sistem waralaba.

Gerai pertama yang dikembangkan dengan sistem waralaba dibuka di Solo, Jawa Tengah, pada 1987. Sejak itu permintaan untuk mewaralabakan Es Teller 77 kian bertambah. Kini, di tangan Sukyatno Nugroho, mantu tertua Murniati, pengelolaan Es Teller 77 makin tertata. Perkembangan bisnisnya pun kiat pesat, ditandai dengan tersebarnya gerai-gerai Es Teller 77 di pusat-pusat pertokoan di kota-kota besar di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Australia, dan Singapura.

Dengan dorongan keyakinan yang besar serta kerja keras, Pemilik Es Teller 77, Sukyatno Nugroho menambah menu dan menstandarkannya. Kemudian, guna kepentingan pengembangan bisnis, dia berani mem-franchise-kannya. Hasilnya sekarang bisa dilihat. Puluhan outlet dan cabang telah berdiri megah di berbagai kota. Tak hanya di dalam negeri, Es Teller 77 bahkan juga telah merambah negara tetangga di Asia Tenggara dan Australia. Bisa jadi, jika pria bernama asli Hoo Tjoe Kiat itu malas bekerja, hanya berjualan dengan menu itu-itu saja, tak akan sebesar sekarang. Atau mungkin bila Sukyatno hanya puas dengan memiliki satu outlet, Es Teller 77 tak bakal sesukses sekarang.

Setelah aku membaca bukunya maka hal ini yang terbayang olehku. Aku mencoba tidak membaca ‘ringkasan' di belakang buku, agar tidak bias pikirku. Setelah aku membacanya hal-hal yang paling berkesan adalah jiwa pantang menyerahnya, inovasi terhadap sesuatu hal yang baru, kesederhanaannya tetap mau ‘susah' jika diperlukan.

Memulai usaha pada saat sedang bangkrut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dapat bangun dan semakin bersemangat. Berbagai rintangan harus dilalui bagi seseorang yang hanya punya modal pas-pasan.

Setelah stabil keluarlah inovasi-inovasinya. Salah satunya inovasi ‘ingin membantu' teman-teman yang mempunyai bakat tertentu, dengan mengadakan lomba membuat gado-gado, yang di kemudian hari 70% dari peserta sukses dalam usaha penjualan gado-gadonya. Aku merasa lomba tersebut sangat memotivasi orang. Tentu inovasi dan keberanian yang paling sukses adalah membuat Es Teller 77 mengenal sistem franchise/waralaba. Dalam bukunya banyak contoh-contoh lainnya.

Kesederhanaannya yang mau bersusah-susah dahulu untuk mencapai sesuatu yang lebih besar, tercermin dari setiap hal-hal yang ingin dicapainya. Cerita yang berkesan untukku sewaktu beliau ‘mengoceh' berjam-jam untuk mempromosikan es teler 77 di kota yang baru dibuka gerainya. Baik itu di radio ataupun sambil mengadakan acara-acara yang inovatif.

Banyak pengusaha yang punya keunikan masing-masing, aku menganggap Pak Sukyatno salah satu pengusaha yang dapat menjadi teladan dan motivator untuk kita semua. Kedekatannya pada orang kecil, membuat inovasi-inovasinya mengarah kesana. Caranyapun unik, terkadang hal yang sederhana/kelihatannya kecil bisa menjadi besar ditangannya.

Masih banyak lagi kesan-kesan yang kudapat dari buku tersebut. Akhirnya setelah puas dengan bayanganku maka aku membaca ringkasan di belakang buku tersebut. Inilah kalimat-kalimat yang mempunyai makna besar:

Saya senang menciptakan sesuatu yang baru, aneh, edan dan yang lain daripada yang lain. Contohnya lomba lukis tunanetra

Saya berani tampil beda

Saya tidak takut melakukan sesuatu dengan cara yang lain dari orang lain. Contohnya buku ini...

Saya pantang menyerah!

Saya selalu membuat apa yang saya impikan menjadi kenyataan. Dan saya siap melakukan apapun juga untuk melaksanakannya

Saya membuat kesulitan menjadi peluang!

Saya berani mengambil resiko untuk sesuatu yang bertujuan baik!

Kita telah kehilangan seorang pengusaha dan seorang yang telah membaktikan dirinya kepada bangsa Indonesia. Biarlah ajaran dan teladannya tetap ada di hati kita.

Kupersembahkan tulisan ini untuk Bapak Trisno Budijanto dan Ibu Muniati Widjaja, Ibu Yenny Setia Widjaja beserta anak-anak Felicia Nugroho & keluarga, Andrew Nugroho & istri, Fredella Nugroho & keluarga.

 

Sumber gambar: http://www.execblogger.com/, http://arisat.blogspot.com/2007/04/sukyatno-as-bussiness-drunken-master.html

Sumber: berbagai sumber

Bookmark and Share

Tag/Label es teler 77, sukyatno nugroho, 18 jurus sakti dewa mabuk membangun bisnis
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Kamis, 13-12-2007 09:26:15 oleh: Sri

Aku turut berduka cita atas berpulangnya Pak Sukyatno, semoga Tuhan yang Maha Pengasih melihat karsa dan karya beliau baik bagi keluarga maupun sesamanya dan memberi tempat yang layak di sisiNya.
Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. Amin.




Jumat, 25-04-2008 07:48:09 oleh: asrori

diusahakan nilai waralabanya di turunkan sehingga bagi pemodal kecil bisa ikut andil berbisnis esteller




Jumat, 12-06-2009 13:57:25 oleh: ANDRI LUSIDA

SEMANGAT Beliau sangat berati buat saya....
selama saya mengenal beliau di lingkup vihara Nimmla BELIAU SANGAT MEMOTIVASI KAMI DAN IDE-IDE NYA YANG KONYOL TAPI KREATIF MEMBUAT DECAK KAGUM SEMUA OARANG YANG MELIHATTT.....IDE YANG KELUAR DARI BELIAU......
SEMOGA BELIAU DAPAT TERLAHIR DI ALAM YANG LEBIH BERBAHAGIA.....
SABBE SATTA BHAVANTU SUKKHI TATTA.....
SADDHU...SADHU...SADHU...




Jumat, 11-09-2009 22:28:45 oleh: rahmat subakti

semangat beliau sangat memotivasi saya untuk juga berkarya di dunia ini, beliau adalah tauladan untuk semua anak bangsa yang ingin SUKSES.........saya membuka usaha makanan bersama rekan saya yang kami beri nama BAKMI BENGKOK dan saya yakin suatu saat BAKMIBENGKOK pun akan sebesar ES TELER 77 amiiiiiiiiiiiiinnn.salam sukses



Jumat, 04-12-2009 14:44:04 oleh: sartono

kami es teler pak kutir di wisma asri Bekasi dapat ide & motivasi dari es teler 77 untuk mengembangkan ceruk pasar Indonesia dan kuliner nusantara



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY