Erwin Arianto

Cara Menahan Amarah

Senin, 01-10-2007 09:10:09 oleh: Erwin Arianto
Kanal: Opini

Cara Menahan Amarah

Dengan tulisan ini saya kembali menulis tentang amarah, karena saya sering melihat orang-orang saat ini sering kali gampang terpancing oleh emosi karena hal-hal yang kecil.

Tetapi saat ini saya coba membahas bagaimana cara menahan amarah menurut ajaran Islam. Saya sempat membaca beberapa hadist menahan amarah, rasulullah berwasiat "jangan menjadi pemarah" .

Dalam hal tersebut mengandung kemungkinan arti melakukan menahan dengan sekuat tenaga menyebabkan terjadi kemarahan, sehingga kita terhindar dari efek-efek negatif dari marah dan sifat mudah marah.

Dalam hal lain, Rasulullah  memberikan nasihat tentang cara-cara menghilangkan dan cara menghindarkan efek yang tidak diinginkan dari marah dengan beberapa cara sebagai berikut.

Pertama ketika kita marah kita dianjurkan membcaa ta'awuz. Al imam AL Bukhari dan Al imam Muslim rahimakumullah meriwayatkan hadist dari sulaiman bin surod Radliyallahu'anhu : " Ada dua orang tercela di sisi nabi dan kamu sedang duduk di samping beliau. Salah satu dari keduanya mencela lawannya dengan penuh kemarahan sampai memerah wajahnya. Maka nabi bersabda " Sesungguhnya aku akan ajarkan suatu kalimat yang kalau diucapkan akan menghilang apa yang ada padanya, yaitu dia mengucapkan `Audzubillahi minasy Sayithani rajim` maka mereka berkata kepada yang marah tadi.

Cara kedua yang diajarkan oleh nabi, apabila dengan Ta'awudz kemarahan belum hilang maka kita disyariatkan dengan duduk, tidak boleh berdiri.

Al Imam, Ahmad dan Abu Dawud meriwayatkan hadist dari Abu Dzar bahwa nabi bersabda "Apabila salah seorang diantara kalian marah dalam keadaan berdiri duduklah, jika belum hilang maka berbaringlah" hal ini mungkin menurut pandangan saya, jika kita dalam posisi berdiri kemungkinan melakukan hal negative lebih besar, dan penguasaan diri jika kita berdiri. Maka akan lebih baik jika mengikuti nasihat nabi untuk duduk ataupun berbaring jika kita dalam keadaan marah. Insya Allah akan dapat menghilangkan amarah kita.

Ketiga, ketika kita marah kita diminta untuk diam tidak berbiara ketika marah merupakan obat yang mujarab untuk mengjilangkan penyakit kemarahan, karena banyak bicara dalam keaadn marah tidak bisa terkontrol sehingga terjatuh pada pembicaran yang kurang baik atau pun tercela, dalam hadist disebutkan "Apabila diantara kalian marah ma adiamlah" Nabi mengucapan tiga kali (HR Ahmad)

Cara keempat adalah dengan cara berwudhu ataupun mandi, sesungguhnya marah itu adalah dari setan, dan setan itu tercipta dari api mka api bisa diredam dengan air, demikian juga sifat marah bisa diredam dengan berwudhu. Rasulullah bersabda " sesungguhnya marah itu dari syaithan itu diciptakan dari api, dan api itu diredam dengan air maka diantara kalian marah berwudlu-lah (HR Ahmad)

Jadi sekali lagi saya hanya mencoba mengingatkan sahabat-sahabatku sekalian bahwa amarah tidak lah mempunyai bermanfaat, apalagi bila kita sampai tidak bisa mengontrol diri, yang kemungkinan hal terburuklah yang akan terjadi dan akan berujung dengan penyesalan. Dengan ini saya mengajak sahabat-sahabat untuk dapaat lebih sabar dan tidak mudah marah.

Dalam segi medis juga marah kurang bermanfaat, dan akan banyak menyebabkan penyakit, mungkin serangan jantung, hipertensi, stroke, dan penyakit lainya. Mari kita ciptakan lingkungan yang bersahabat, damai, penuh cinta dan kasih. Dengan demikian kehidupan kita akan menjadi lebih baik. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk sahabat-sahabat semua dan untuk diri saya sendiri yang terkadang masih tidak bisa menahan rasa amarah yang ada.

Saya ucapkan terimakasih untuk sahabat telah mau membaca tulisan ini. Jika terdapat kritik, saran yang membangun dapat ditujukan ke erwinarianto@gmail.com.

 

 

"‘Mari kita kendalikan amarah, jangan sampai rasa amarah yang mengendalikan kita"

 

" Lebih baik memafkan dan menyelesaikan setiap permasalah, dari pada harus marah. Karena dengan amarah tidak akan menyelesaikan masalah hanya akan menimbulkan permasalahan baru"

 

 

Dalam perenunganku, teringat nasihat kakeku tercinta agar tidak mudah marah

Cimanggis, kelapa dua Depok 22.30 13 August 2007

Erwin Arianto,Se

Lets visited another article on http://blogerwinarianto.blogspot.com/
Bookmark and Share

Tag/Label tips, marah, amarah
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
31 komentar pada warta ini
Sabtu, 10-05-2008 14:32:22 oleh: muhammad syafii

amarah adalah suatu perasaan yang keluar ketika seseorang berbuat kesalahan.jadi bagaiman cara kita untuk menahan amarah? pertama kita harus istigfar dan mohon ampun kepada allah SWT. kedua kita harus mencoba menyelesaikan masalah dengan musyawarah.dan kita juga harus mencintai teman kita itu.



Rabu, 25-06-2008 14:28:47 oleh: Irfan Maulana

Amarah adalah suatu tindakan seseorang yang apabila ia sedang di timpa musibah atau di hina bahkan di kecewakan,tp menurut aku wajarlah kalu seseorang marah karena itu sifat manusia yang di anugrahkan oleh Alloh tergantung bagaimana cara kita menahan ataupun menghadapinya, sebagai mana cara untuk menghadapinya yaitu sudah di jelaskan di atas oleh mas Erwin arianto.



Rabu, 30-07-2008 21:13:55 oleh: hilda atina

selamat malam,
saya ingin bertanya,bagaimana cara menahan marah terhadap orang tua sendiri yang kadang kemarahan itu terjadi kerena tingkah laku kita sendiri?
tapi untuk anak remaja seperti saya terkadang tidak peduli untuk berpikir akan marah atau tidak,meskipun itu terjadi karena kesalahan saya sendiri?
terimakasih.
Selamat malam




Kamis, 31-07-2008 10:33:44 oleh: Erwin Arianto

1. berfikir bahwa orang tua telah berkorban banyak kepada kita, kenapa harus marah
2. Mencoba berdiskusi dengan orang tua, dan berbicara baik-baik untuk mencoba memberitahu apa yang anda suka atau tidak suka.
3. Sebagai anak anda harus berbakti kepada orang tua bukan.




Jumat, 19-09-2008 11:32:08 oleh: bonar

bagaimana cara mengatsi marah dalam berpacaran, misalnya begini : mngenai telat balas sms, padahal dia udah tau sms kita tp dia gk bles-bles dengan membuat seribu alasan, dan membuat kita marah karena itu.



Rabu, 05-11-2008 10:22:10 oleh: febri yasfika

marah adalah sifat naluri manusia, tinggal bagaimana manusia itu sensiri dpt menahan san mengendalikan saat marah. jangan sampai marah mjd boomerang kita sendiri sam menjauhkan kita dari syurga-Nya. menurut jumadi subur dalam bukunya 99 ideas for happy life, bahwapenarah tidak dapat syurga. selalu beristighfar ketika marah melanda. keep smile



Sabtu, 08-11-2008 10:52:39 oleh: syed arif

salam, marah umpama bunga2 api yang lahir dari neraka. nytakan setiap penawar amarah dari ayat Quran dan hadis bersama kisah2 para sahabat.



Rabu, 19-11-2008 17:23:16 oleh: MAILANI KHAIRAT

bagus sekali, agar setiap orang bisa belajar menahan amarahnya masing-masing...
kalau saja semua orang bisa menahan amarah mereka sendiri, subhanallah...mungkin tidak akan ada yang namanya peperangan di dunia ini...
mudah-mudahan setiap yang membaca itu terbuka pikirannya...




Kamis, 20-11-2008 14:13:20 oleh: Panhar

kayaknya amarah itu perlu juga sich ada, karena kan setiap manusia itu mempunyai sifat untuk marah, sedih, sifat untuk minta di kasihi dan dimanja. yang pasti....
AMARAH IS THE BEST !!!!

HIDUP AMARAH...........




Jumat, 12-12-2008 13:44:03 oleh: muslimah

Aslm,masalah manusia satu sama lain pasti berbeda,maka apabila Qt memiliki masalah yang mudah maupun rumit jangan sekali2 Qt marah karena,
"barang siapa yang sabar dan memaafkan,maka itu termasuk amal yang sangat baik (Asy Syuraa:43)" maka jgn sekali2 kita marah yang berlebihan karena akan merugikan diri Qt sendiri.ingatlah Allah kapanpun karena Allah pasti akan mengingat Qt setiap waktu.Allah Akbar!!!




Kamis, 26-02-2009 19:35:55 oleh: shahidatunnisa

Asslm...
ketika seorang lelaki itu dalam keadaaan marah, biasanya ia akan mudah bertindak tanpa berfikir...

tetapi jika seorang wanita dalam keaadaan marah, maka biasanya ia akan berbicara terus tanpa berfikir...

Maka dari itulah, pengendalian diri saat kita sedang marah sangatlah penting, karena dalam keadaan marah seseorang dapat berbuat apapun tanpa berfikir panjang akibat dari perbuatannya itu.

Salah satu cara untuk mengendalikan amarah, jangan mudah tersinggung, banyak-banyak beristighfar, dan perbanyaklah berdzikir.... insya Allah amarah kita dapat terkendali.




Senin, 25-05-2009 13:18:24 oleh: ika nuraeni

saat kita mendengar seseorang menggunjing kita. dari situlah kemarahan itu datang. namun, bagai mana sikap kita saat seseorang yang sedang menggunjing kita berada di depan kita,dan bagai mana sikap kita agar perlawanan kita tidak menyinggung orang yang telah menggunjing kita?



Minggu, 14-06-2009 19:46:41 oleh: Wiwin novianingsih

Ass.
Artikel ini sangat berguna, dapat membentuk suatu pribadi yang kuat karena orang yang kuat bukanlah orang yang pandai bergulat tapi orang yang mampu menahan amarahnya.




Minggu, 30-08-2009 22:21:00 oleh: sandi musik

ass...
saya baca artikel ini,menurut saya ini sangat menarik.Benar-benar bermanfaat bagi semua,palagi bagi sebagian manusia yang memang mudah marah.Termasuk saya sendiri....




Senin, 07-09-2009 23:17:20 oleh: nila fadilah

assalamu'alaikum www .saya kagum dengan artikel anda,cukup menarik dan alhamdulillah saya juga mengerti dengan maksud anda karena saya pernah mempelajarinya, tapi yang sulit disini adalah bagaimana saya dapat mempraktekkannya?

jujur saya adalah orang yang mudah marah dan mudah juga menghilangkannya tapi ketika saya marah kata2 saya sangat menyakitkan dan ketus, jadi sekarang saya bingung bagaimana saya harus mengendalikannya
saya harap ada jawaban dr kebingungan saya ini
terima kasih




Jumat, 11-09-2009 10:08:02 oleh: puji Lestari

Jika Kta Sdah Menahan amarahx,,, tapy hati ni tra skit jka dpendam,,,, apa yg hruz sya lakukan?????




Sabtu, 12-09-2009 14:28:25 oleh: bunda farid

gmn nahan marah dari kesalahan yang udah sering dilakuinnya? kita pun udah berulang kali memaafkan, tp peringatan terus diabaikan bahkan maaf yang kita beri juga sering dilupakannya?? trims



Kamis, 24-09-2009 14:37:09 oleh: eva nirwana

assalamuálaikum...alhamdulillah..semakin menambah ilmu..kadang2 saya jg gak bs menahan amarah dgn anak2ku sendiri..gmn caranya agar bs berkomunikasi dgn anak2 dgn baik..aku slm 5 thn mengurus anak2 ku sendirian,,kadang2 karena semua harus saya kerjakan sendiri.akhirnya anak2 jd tempat amarahku..apa lg kalau lg ingat papanya anak2..(ex suami)jd kekeksalan ku lampiaskan ke anak2..tp nggak sampai mukul hanya ngomel trs...mhn bantuannya..wassalam



Jumat, 01-01-2010 13:23:54 oleh: Andri

Terima kasih atas ceramahnya. Bagus sekali. Saya terus terang agak kesulitan menahan amarah. Mudah-mudahan saya dan semua orang di dunia ini tidak mudah marah lagi. Amin.



Selasa, 16-03-2010 22:09:34 oleh: fadil abda

menurut sy marah boleh saja tetapi harus tetap dalam kendali, krn menahan marah mungkin juga dapat mengakibatkan sakit,, makanya ketika kita marah bacalah terlebih dahulu auzubiilah himinassaito nirrrozim, mudah2an dengan begitu marah kita jadi terkendali....... atau teriaklah sekuat-kuatnya tanpa didengar orang....



Kamis, 25-03-2010 15:00:53 oleh: padmi harja

Sifat pemarah menurut saya Sangat tidak ada mamfaatnya,,karna dengan kita marah smua tidak bisa di selesaikan dengan bijaksana,
Ayo saudara semua kita belajar untuk lebih memiliki sikap bijaksana




Selasa, 25-05-2010 15:25:44 oleh: yasmien fanshon

semoga berguna bagi orang banyak .dan artikel ini sangat bermutu.



Selasa, 15-06-2010 10:32:10 oleh: Yeni Putri

setuju, klo lagi marah, paling cespleng ya kita diam sebentar sambil tarik napas biar emosinya agak mengendap...

tapi ada penelitian juga loh yg bilang klo perasaan marah or emosi kita keluarkan itu memberi efek positif ke otak karena menstimulasi hormon tertentu (lupa apa namanya)... yah mungkin bukan marah yg berlebihan kali ya hehe...

-- visit http://m.rujakasik.com --




Sabtu, 25-09-2010 12:43:35 oleh: emilia novianti

setiap orang memiliki rasa amarah smoga kita sebagai manusia yang baik bisa meredam amarahhh
aminn




Selasa, 15-02-2011 21:23:27 oleh: eya

Aslm, Kang sangat menarik kita membaca ulasannya dan tentunya berguna sekali untuk saya, hanya saja saya memiliki rasa bersalah yang berlarut terhadap diri saya sendiri ketika tidak dapat menahan rasa amarah ketika ibu saya sakit, jujur kami tidak pernah tinggal bersama kami baru bersama ketika ibu sakit keras dan meninggal dunia, sikap ibu dulu ada yang menyakiti saya, saya sudah berusaha sebaik mungkin meredam rasa kecewa saya akan banyak hal kepada beliau, tapi ibu bgt terus, walau dalam prosesnya kami akur, seling beberapa hari bgt lg. banyak hal yang saya tak pahami tentang beliau, hingga ketika ibu berlisan yang tak mengenakan hati saya, saya memilih diam sebagai salah satu upaya meredam emosi, amarah dan rasa kecewa saya. beberapa sikap ini menjadi semakin saya rasakan salah, ketika saya jadi acuh kepada beliau, dan tak berusaha mengambil hatinya lg. hingga ibu meninggal, rasa nya saya kurang sabar menghadapi beliau, akibat tak mampu menahan amarah, kira2 apa yang harus saya lakukan kang?



Senin, 30-05-2011 08:08:20 oleh: muhammad ryan kurniawan

assalamu'alaikum....
apakah lelaki yg harus slalu menahan amarahnya kpada pasangan..??




Selasa, 08-11-2011 07:50:04 oleh: Marwah

assalamualaikum,,
saya mau brtanya, bisa tdk kakak2 memberikan saran atau nasehat kepada saya tentang bagaimana cara menahan diri agar tdk mudah tersinggung dan menahan emosi sehingga kata2 yang tdk baik keluar ?
terima kasih
wassalamualaikum wr.wb




Selasa, 27-12-2011 23:54:07 oleh: alfian

Mas saya alfian saya mau nanyak, saya pernah mau di pukuli sama teman 1 sekolah karena mereka tidak suka liat gaya dan penampilan saya, karena mereka takut tersaingin, karena saya mempunyai sesuatu yang tidak di miliki orang tu contoh:seperti kendaran2 yang lebih mahal atau lebih bagus dari meraka.
dan mereka sempat mau memasai saya hingga 20 orang lebih.!
Hingga saya, mau ajak 1 by 1 sama saya tidak ada yang berani,tetapi mereka hanya berani keroyokan aja,sehingga Ibu saya takut kalau terjadi apa2 sehingga saya di pindahkan sekolah.
Hingga sekang pun saya masih di incar2 orang tu, perbuatan mereka itu uda membuat saya, marah besar mas, karna tu saya bener2 tidak tau apa slah saya,
hingga saya di maki2...
karna sangkin tidak sbarnya saya,saya mau ajak mereka warr./perang, karena mereka kayaknya benar2 ngk suka liat saya.
Mass tolong dong gmna cara ngatasinya, dan jalan keluarnya. Terimakasih mass




Senin, 09-01-2012 08:28:32 oleh: nia

saya orangnya mudah emosi, kadang orang yang gak punya salah pun ikut kena amarah saya..
saya udh coba untuk mereda-reda emosi saya, tapi rasanya sulit banget..
kadang saya marah bisa sampai berhari-hari (atau bisa disebut nggondok)

saya coba diam, coba berpikir apakah yang saya lakukan saya salah tapi terkadang yang ada saya malah emosi lagi kalau lagi sendiri..

tolong beri solusi,bgaimana cara yang harus saya lakukan..
terima kasih.




Selasa, 21-02-2012 16:36:53 oleh: sineda skyline

asslm wr.wb: saya salah satu orng yg gampang marah,
dan sangat susah untuk mengendalikan nya
apa yg harus saya lakukan.




Kamis, 25-10-2012 21:50:47 oleh: feri hermawan

ke empat cara di atas tlah sy coba,tp terkadang emosi adlh yg pertama kali hadir...tp stlh itu sy sadar & sy coba keempat cara d atas.mudah2 an sy bs trs merubah sikap buruk sy ini,trims



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY