Kiki Rizki Noviandi

Napak Tilas Kekayaan Budaya Bangsa dengan Wisata Silat ke Cianjur (bagian 1)

Selasa, 15-05-2007 13:19:05 oleh: Kiki Rizki Noviandi
Kanal: Gaya Hidup

Napak Tilas Kekayaan Budaya Bangsa dengan Wisata Silat ke Cianjur (bagian 1)

Kenapa Wisata Silat ke Cianjur?

Cianjur merupakan  kota yang sangat terkenal dengan makanan khasnya dari mulai beras Cianjur sampai tauco Cianjur. Tetapi ternyata Cianjur memiliki potensi lain sebagai daerah yang sarat dengan sejarah perkembangan budaya bangsa khususnya ketika Cianjur masih menjadi pusat karesidenan Periangan.

Cianjur didirikan oleh Rd. Aria Wiratanu Datar yang merupakan Putra dari Rd. Arya wangsa Goparana dari Sagara Herang, Rd Aria Wangsa Goparana sendiri merupakan keturunan dari kerajaan Galuh pakuan. Pusat pemerintahan Cianjur kala itu adalah di daerah Cikalong sebelum kemudian di pindahkan ke kota Cianjur sampai sekarang.

Salah satu peninggalan budaya luhur dari masyarakat Cianjur adalah Maenpo (maen poho) atau lebih dikenal dengan pecak silat dewasa ini. Dan ini menjadi salah satu bukti bahwa Cianjur merupakan pusat kebudayaan dan pemerintahan yang sangat diperhitungkan pada masanya.

Adalah Rd Jaya perbata yang merupakan cucu dari Rd. Aria Wiratanu Datar yang kemudian setelah pergi berhaji berganti nama menjadi Rd. H. Ibrahim yang merupakan tokoh maen po yang sangat terkenal di Cianjur. Beliau memperkenalkan system bela diri yang sangat  istimewa yang menyebabkan maenpo menjadi salah satu ciri budaya masyarakat Cianjur kala itu.

Aliran silat yang dikembangkan oleh H Ibrahim adalah aliran silat Cikalong, Beliau termasuk tokoh persilatan yang sangat terbuka dan haus ilmu sehingga beliau memiliki paling tidak 17 guru silat dari berbagai macam aliran. Beberapa guru silat yang sangat  mempengaruhi Ulin (mainan) Cikalong adalah Bang Ateng Alimuddin dari Kampung Karet, Bang Kari dari Kampung Benteng Tanggerang dan Bang Madi dari Kampung Jatinegara.

Di masa yang sama sekitar akhir abad ke 19 juga ada tokoh silat yang juga memiliki sistem bela diri yang istimewa, beliau adalah Mama Kosim dari Pagaruyung yang mengembara sampai ke Cikalong. Ketika Mama kosim ini sedang istirahat di masjid beliau setelah isya berlatih silat dan ini diketahui oleh Rd. Enoch yang kebetulan murid H. Ibrahim, kemudian Rd. enoh mengajak Mama Kosim untuk tinggal dan menjaga perkebunannya di daerah sabandar sehingga beliau dikenal dengan nama Mama Sabandar.

Rd. H. Ibrahim pada kala itu mendapatkan bahwa beberapa muridnya juga belajar ke Mama Kosim yang kemudian terkenal dengan sebutan mama Sabandar ini. Sehingga timbul rasa penasaran dan kedua pendekar besar ini sempat bertemu dan keduanya mengakui keunggulan masing masing dan tidak saling mengalahkan.

Pada perkembangan selanjutnya style Cikalong (yang sebelumnya sudah mengenal kari dan madi) berkolaborasi dengan aliran sabandar ini, Hal ini terjadi setelah generasi ke 2 dari Aliran Cikalong yang memang belajar juga pada mama sabandar. Sehingga prinsip tenaga yang dikembangkan di aliran yang ada di Cianjur mengikuti perinsip Madi, Kari dan Sabandar yang berarti: Madi adalah prinsip membendung tenaga lawan, Sedangkan Kari adalah menyerang lawan dan Sabandar mengalirkan tenaga lawan.

Secara geografis ada 4 tempat utama yang merupakan tempat terpenting dalam penyebaran aliran maenpo yang ada di Cianjur. Tempat itu adalah: Pasar Baru yang merupakan tempat dimana aliran Cikalong banyak dipelajari dan dikembangkan, Bojong Herang di mana Sabandar banyak dikembangkan dan dipelajari dan di antara kedua tempat ini ada daerah kaum yang merupakan tempat tokoh tokoh yang belajar kedua aliran ini bak Cikalong maupun Sabandar. Tempat lain adalah Cikaret yang merupakan tempat di mana aliran Kari berkembang.

Dengan latar belakang Cianjur merupakan tempat berkembangnya aliran besar yang sangat berpengaruh pada style bela diri Nusantara dengan karakteristik bela diri yang unik maka wisata silat ke Cianjur ini digagas oleh FP2STI (Forum Pencinta dan Pelestari Silat Tradisional Indonesia), selain itu faktor dukungan dan program pemerintah daerah setempat untuk mencanangkan Ngaos, Mamaos dan Maen Po (mengaji, berkesenian dan bersilat) menjadi budaya Cianjur menyebabkan perjalanan wisata ini layak dilakukan sebagai pilot project guna membantu  bangkitnya wisata silat di Cianjur.

Pada tanggal 11,12 dan 13 April kemarin  wisata silat ini berlangsung dengan sukses, dimulai dengan pelepasan rombongan komunitas silat indonesia (http://www.silatindonesia.com/ ) oleh Bupati Cianjur di pendopo Kabupaten Cianjur untuk selanjutnya melakukan ziarah ke situs silat cikalong, Kemudian malam apresiasi maenpo Cianjur dan diakhiri dengan workshop dan diskusi aliran cikalong, cikaret dan sabandar.

Liputan kegiatan selama wisata silat akan dilaporkan bagian 2 tulisan ini  (bersambung...)

Bookmark and Share

Tag/Label silat, wisata, cianjur, fp2sti
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Rabu, 16-05-2007 00:13:06 oleh: Bagus Y Prayitno

Halo mas Kiki, mau nimbrung lg nih..kalo boleh nanya, mas Kiki dr aliran mana?
Mengenai cerita Kari-Madi-Syahbandar, didunia persilatan, saya pernah dengar ceritanya. Apakah yg digabung menjadi KA-MA-SA-Margaluyu? Apakah Mbah KARI org chinese/pendekar dr sana asli? Apakah mbah Madi org Cirebon? Apakah mbah Syahbandar org seberang (Sumatra)? Karena cerita yg sy dengar spt itu. Konon aliran tsb yg digerakkan sdh bukan tenaga kasar lg,tp mengolah tenaga dalam/pernafasan. Jurus2 kembangannya pun mampu menjatuhkan lawan tanpa menyentuhnya.




Rabu, 16-05-2007 16:19:54 oleh: Kiki Rizki Noviandi

Halo lagi mas Bagus,

Saya sih sih engak punya aliran cuman kalau belajar silat sih dari silsilahnya dari Cikalong dan sabandar.

Kadang ada yang singkat menjadi KAMASA (kari-madi-sabandar) ada juga yang pake SAKARIMA (Sabandar-kari-madi). KA-MA-SA- Margaluyu sendiri sepertinya gabungan antara 3 aliran tadi dengan aliran margaluyu dari abah anda.

Dari cerita cikalong Bang Kari, Bang Madi semua tinggal di betawi sedangkan Mama sabandar tinggal merantau di cianjur dari tanah pagaruyung.

Sepengetahuan saya ketiga aliran masih ada maen Fisiknya khususnya maen po di cianjur, kalau pun unsur tenaga dalam dan pernapasan yang dominan adanya di aliran sabandar.

Jurus kembangan sebenarnya hanya untuk keperluan ibing silat saja, kalau aslinya biasanya menggunakan teknik Usik-usikan dan tempelan dimana unsur pengendalian tenaga lawan, rasa dan reflek lebih dominan. karena faktor pengolahan napas terkadang memang tenaga dalam ini juga bisa keluar.




Rabu, 16-05-2007 19:49:29 oleh: Bagus Y Prayitno

Mas Kiki, kapan ada forum diJakarta, mengenai aliran Kari Madi Sahbandar. Kalo ada diinform yaa, boleh gak ikutan nimbrung forumnya. Apa harus anggota?
Tolong inform ya..




Selasa, 22-05-2007 09:20:15 oleh: Kiki Rizki Noviandi

Untuk sabandar sepertinya latihannya akan segera dimulai dipadepokan pencak silat TMII dengan pengajarnya Kisawung, setiap hari sabtu. selain itu sudah ada beberapa aliran silat tradisional yang mengadakan latihan diantaranya cikrik goning, Cikalong dan Sabeni

Di tunggu kehadirannya mas.




Selasa, 22-07-2008 19:46:19 oleh: dedi a. kurnia

saya orang cianjur tapi saa tidak mengetahui hal ini, dan dengan adanya atikel ini saya jadi tergugah dan bangga jadi orang cianjur. terimakasih sekali telah mengangkat hal ini.
saya ingin sekali mendalami pencak silat, mohon informasi apakah saya bisa mengikuti pelatihan pencak silat baik maen poh atau pun ibing seni. makasih sekarang saya berdomisili di daerah cilandak jakarta selatan. terima kasih




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY