Suhu Tan

I CHING, Kitab Kuno Sumber Inspirasi Ilmu-ilmu Cina, Apa Isinya? ( 1 )

Selasa, 10-04-2007 08:32:39 oleh: Suhu Tan
Kanal: Iptek

I CHING, Kitab Kuno Sumber Inspirasi Ilmu-ilmu Cina, Apa Isinya? ( 1 )

Yi Jing ( bacanya: I Ching ) adalah Kitab China Kuno yang sangat fenomenal dan terkenal di kalangan kaum penghayat Ilmu Kebathinan China atau bagi mereka yang mendalami Ilmu Metafisika China Kuno. Kitab kuno ini, konsep awalnya diperkenalkan oleh Raja Fu Xi (2953 – 2838 SM), bertutur tentang Hakekat Perubahan. Baik perubahan mengenai fenomena Alam Semesta maupun tentang Kehidupan Manusia.

Seperti apakah isinya…???  Silahkan simak, sajian unik ini.

Kitab kuno ini, kini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di dunia, bahkan di dunia Barat, kitab inipun tidak kalah populernya dengan Kitab Tao De Ching / Tao Te Cing ( Kitab tentang Kebajikan Tao ). 

Falsafah Perubahan I Ching merupakan cikal bakal dari berbagai Ilmu Kebathinan/Metafisika China, seperti; Chinese Medicine Classic, Akupuntur, Akupreiser, Ba Zi ( Ilmu 8 Huruf Kelahiran ), Feng Shui ( Hong Sui / Ilmu Pengaturan Angin & Air ), Zi Wei Dou Shu ( Ilmu Bintang Ungu ), Strategi Perang Sun Tsu, Ilmu Perbintangan Khong Beng, Mien Xiang ( Ilmu Bentuk Wajah), Telapak Tangan Ba Gua, Erl Shi Ba Xing ( Ilmu Pergerakan Dua Puluh Delapan Bintang ), Shi Erl Chin Wei ( Ilmu 12 Konstelasi Bintang ), Dong Shu / Tung Su ( Primbonisasi China ), Ciam Si, Wushu/Kungfu,dlsb.

Bahkan kalau kita mau jujur, Konsep inti dari I Ching, yaitu; Yin & Yang ( konsep tentang Minus & Plus / Negatif & Positif ) adalah sumber inspiratif dari segala macam bentuk Ilmu Pengetahuan Modern, seperti; Medan Magnet, Kelistrikan, Komputer, Genetika, Fisika, Matematika, Mekanika, Ilmu Hitung sampai ke Ilmu Sosial, dll.

I Ching inilah yang pertama kalinya memperkenalkan konsep tentang Pengkondisian Minus ( - ) dan Plus ( + ) atau Yin & Yang ke dalam sejarah peradaban kehidupan ini. Falsafah mengenai Minus dan Plus merupakan komponen paling baku bagi ilmu apapun, baik ilmu yang bersifat fisik/ilmiah maupun yang berbau supranatural. Tidak ada satupun di dunia ini, ilmu apapun wujudnya, yang tidak terkait dengan pengkondisian Negatif & Positif ( Yin & Yang ). Jadi, bukanlah sesuatu yang berlebihan kalau saya katakan, I Ching adalah Filasafat Paling Tua di dunia, yang menjadi sumber inspirasi bagi terciptanya segala macam Ilmu Pengetahuan & Teknologi, disamping Ilmu-Ilmu Metafisika China, tentunya.

I Ching tetap bisa bertahan dan berkembang luas sampai sekarang bukanlah semata-mata sekedar wujud peninggalan sejarah belaka, tapi merupakan bukti dari suatu proses panjang mengenai kejayaan peradaban manusia yang ternyata sudah hebat sejak jaman purba.

Kitab I Ching ini di dalam perjalanan sejarahnya pernah melewati masa-masa pemusnahan massal, seperti di Zaman Kekuasaan Kaisar Chou Wang / Tiu Ong diakhir Dinasti Shang, lalu Zaman Kelaliman / Pemberangusan Kaisar Qin Shi Huang Di / Chin Se Hong Te dari Dinasti Qin. Perusakan dan Penjarahan Besar Zaman Kekuasaan Para Warlord, Penjarahan Brutal di masa hegemoni Inggris, Perancis dan Portugis ke China. Terakhir juga mengalami masa Pemusnahan Sistematis dari Revolusi Kebudayaan Mao Zi Dong / Mao Tse Tung. Namun, I Ching merupakan satu dari sedikit kitab kuno yang terbebas dari rangkaian pemusnahan besar tersebut. Ini satu bukti, bahwa I Ching memang bukan kitab sembarangan. Kitab kuno yang bertuah, bagaikan kitab wahyu yang diturunkan Sang Pencipta melalui seorang Fu Xi, yang terus terselamatkan, bahkan kini malah sampai tersebar ke mancanegara, dalam berbagai bahasa.

I Ching memperkenalkan (untuk pertama kalinya) ke dalam peradaban manusia tentang Hukum Perubahan. Suatu falsafah besar bagi kehidupan, yang masyarakatnya kala itu masih tergolong primitif. Falsafah Tentang Hakekat Perubahan yang dipaparkan Fu Xi pada sekitar 5.000 tahun yang lalu ini, dipaparkan justru di masa masyarakat Tiongkok (maupun dunia) masih belum mengenal huruf / tulisan.  

Lalu bagaimana cara penyampaiannya? Mungkinkah menyampaikan suatu konsep / filsafat kebathinan yang menyangkut tentang segala macam Hakekat Perubahan yang maha kompleks ini tanpa disertai dengan catatan atau tulisan ?

Untuk ukuran logika kita yang awam ini, tentu saja hal itu serasa mustahil, bukan? Namun tidak, bagi penghayat kebathinan (spiritualist) sekaliber Raja Agung Fu Xi.

Terinspirasi oleh kemunculan Kuda Naga di Sungai Lo yang di punggungnya terdapat gambar-gambar kecil beraturan, Fu Xi pun mendapat pencerahan (dalam bahasa agama, mungkin ini yang bisa kita artikan sebagai menerima wahyu).

Dijabarkannyalah Hakekat Perubahan yang mendasari proses kehidupan ini. Untuk menyampaikan konsep perubahan tersebut, dikarenakan saat itu manusia belum mengenal huruf/tulisan, maka dirumuskanlah Simbol-simbol Kehidupan yang dijadikannya sebagai metode pengantar untuk memahami falasafah mengenai adanya Hukum Perubahan yang bersifat universal ini. 

Symbol-symbol kehidupan yang dipergunakan inilah yang tertuang dalam I Ching, yaitu:

1.      Wu Chi.     Diartikan sebagai Alam Suwung, keadaan kosong yang hampa, yang melambangkan tentang alam semesta yang bermula dari suatu keadaan kosong yang belum ada apapun di dalamnya. Ini bisa juga dijabarkan sebagai adanya sesuatu yang tak terjangkau akal pikiran kita dan kita tidak tahu pasti seperti apa persisnya. Ini disimbolkan sebagai sesuatu yang hampa/kosong.  Simbol ini digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang kosong. 

2.      Tai Chi.     Arti harafiahnya adalah Maha Kutub. Simbol ini menggambarkan tentang suatu kondisi bahwa kehampaan/kekosongan yang mengawali konsep kehidupan sebagaimana disimbolkan di atas, ternyata berporos pada Satu Titik Pusat / Maha Kutub ( Pusat Kegaiban Semesta ) yang kemudian menjadi sumber penggerak bagi semua fenomena yang ada di alam semesta ini dan bagi segala proses perubahan, pertumbuhan maupun kehidupan/dinamika yang ada di Jagad Raya.  Pusat penggerak ini kemudian dikenal sebagai Hukum Alam, yang merupakan Satu Kesatuan Utuh sebagai ibu dari segala hal yang tercipta dan sumber penggerak atas semua fenomena alam yang terjadi. ( note penulis : dalam bahasa agama, inilah yang kita posisikan sebagai Tuhan – dalam pelajaran I Ching tidak disebut sebagai Tuhan karena di jaman itu belum dikenal adanya agama )  Pelajaran ini disimbolkan sebagai sebuah lingkaran kosong dengan satu titik hitam di pusatnya. 

3.      Yin Yang.     Merupakan penggambaran tentang adanya kondisi yang saling antagonis. Ada gelap ada terang, ada dingin ada panas, ada yang buruk ada yang bagus, kecil-besar, lentur-kaku, lembut-keras, jinak-ganas, pasif-aktif, dll. Ke semuanya itu dijabarkan sebagai Hukum Negatif dan Positif. Simbol yin-yang ini bergambar lingkaran dengan kombinasi hitam putih dan dua buah mata yang juga hitam putih dalam komposisi yang saling simetris. Sekarang ini, lambang tersebut lebih dikenal sebagai Simbol / Lambang Tao. 

4.      Wu Xing.      Yang diartikan sebagai Lima Elemen, yaitu Kayu, Api, Tanah, Logam & Air. Kayu, melambangkan warna Hijau, Cinta Kasih, Lever, Musim Semi, Sifat yang kaku, Hutan, dll. Api sebagai gambaran warna Merah, Kesusilaan, Jantung, Musim Panas, Sifat yang pemarah, Matahari, dll. Tanah sebagai symbol warna Kuning, Kejujuran, Lympha dan Lambung, Musim Pancaroba, Sifat yang malas, Bumi, dll. Logam yang mencerminkan warna Putih, Perikebajikan, Paru-paru, Musim Gugur, Sifat yang egois, Awan, dll. Air sebagai gambaran dari warna Hitam, Rendah Hati, Ginjal, Musim Dingin, Sifat yang liar, Laut,dll.  Semua fenomena alam dan juga seluruh aktivitas kehidupan, bisa dikelompokkan / dijabarkan ke dalam kategori Lima Elemen di atas. 

5.      Ba Gua / Pat KwaYaitu Delapan Trigram yang digambarkan sebagai kompilasi dari perpaduan Garis Utuh ( Yang / Positif ) dan Garis Putus ( Yin / Negatif ). Tiap trigram menggambarkan tentang Langit-Bumi, Gunung-Danau, Api-Air dan Petir-Angin. Langit-Bumi, sebagai Ayah & Ibu serta Sesuatu yang Aktif & Pasif. Api-Air sebagai Putri Tengah & Putra Tengah serta Kondisi yang Panas & Dingin. Gunung-Danau sebagai Putra Bungsu & Putri Bungsu serta Sifat yang Tinggi Hati & Rendah Hati. Petir-Angin, sebagai lambang dari Putra Sulung & Putri Sulung serta Hal tentang Kegalauan & Kedamaian.  Masing-masing trigram terdiri atas 3 buah garis yang tersusun sedemikian rupa, tanpa ada satupun perpaduan kombinasi garis yang sama satu dengan lainnya. 

Dengan menggunakan simbol-simbol kehidupan inilah, Fu Xi menjabarkan konsep filsafatnya tentang Hakekat Perubahan yang terjadi di alam kehidupan ini.

Fu Xi wafat di usianya yang ke 130 tahun. Sekitar 200 tahun kemudian, di Jaman Kepemimpinan Huang Di / Hwang Ti ( Raja Kuning ), Chong Kiat seorang cendekiawan kala itu, untuk pertama kalinya memperkenalkan bentuk-bentuk awal huruf / tulisan. Guratannya masih kuno dan berbentuk seperti gambar-gambar kecil. Inilah yang kemudian berkembang menjadi Huruf Kanji / Mandarin. 

Di zaman Huang Di ini (2698-2598 SM), mulailah konsep tentang Hakekat Perubahan yang dicanangkan Fu Xi, dibubuhi berbagai catatan/tulisan, tapi masih belum dibukukan.

Di zaman Dinasti Xia (2205-1766 SM) mulai dibukukan dan bukunya dinamakan Lian Shan ( Jajaran Agung ). Di zaman Dinasti Shang ( 1766-1066 SM ) dikenal dengan nama Gui Cang ( Kembali ke Kegaiban ). Lalu di masa Dinasti Zhou ( 1066-221 SM ) popular dengan sebutan Zhou Yi ( Kitab Perubahan dari Dinasti Zhou ), dan akhirnya, kini dikenal sebagai Yi Jing ( baca: I Ching ) , yang secara harafiah berarti Kitab (tentang) Perubahan. 

Seperti apa kelanjutan isinya ..???? Harap bersabar dulu, ya! Simak saja terus wikimu, lanjutannya pasti akan saya sajikan di kesempatan berikut. Okay!

 

Salam Hoki untuk semua.

 
Bookmark and Share

Tag/Label i ching, metafisika, fu xi, feng shui, yin yang
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
23 komentar pada warta ini
Selasa, 10-04-2007 09:25:57 oleh: Berthold Sinaulan

Suhu Tan, terima kasih untuk tulisannya. Pengetahuan saya jadi bertambah. Saya sudah beri vote/nilai sangat berguna untuk tulisan ini. Saya jadi sadar, apa yang saat ini sedang jadi tren oleh para pakar manajemen, di mana-mana bicara tentang perubahan, ternyata sudah ditulis ribuan tahun lalu di China atau Tiongkok.



Selasa, 10-04-2007 12:17:56 oleh: Z.Qui

Hebat Suhu Tan. Akhirnya tulisan yang sudah lama ditunggu ini muncul juga diwikimu.

Tulisan ini terlihat baru pada tahapan pengenalan awal dari I Ching tapi sudah begitu lugas dan informatif sekali.

Tampaknya pengetahuan Suhu Tan mengenai Sejarah negeri China begitu komplit, lengkap dengan tahunnya. Terlihat pula pada tulisan Suhu di Asal Usul Ilmu Feng Shui dan Tahun Baru Imlek Cerminan Budaya atau Agama ?

Saya kagum. Anda memang layak di panggil Suhu.
Saya jadi ingin belajar dan jadi murid Suhu nih, entah apakah Suhu berkenan?

Untuk I Ching ini, saya tertarik untuk mengikuti lanjutannya. Jangan lama2 Suhu, rasa penasaran saya sudah tinggi nih, ingin sekali segera baca apa isi berikutnya.




Selasa, 10-04-2007 18:04:07 oleh: Andrianto

Sangat diperlukan media untuk menjelaskan kepada umum bahwa i ching, ba zi (pe ji), feng shui bukanlah tahyul atau ilmu klenik, tetapi seperti ilmu pengetahuan umum lainnya yang dapat dipelajari.

Maka media seperti Wikimu ini akan memberikan sumbangsih yang sangat berguna bagi masyarakat luas untuk proses pembelajaran tersebut.

Bravo Wikimu dan suhu Tan!




Rabu, 11-04-2007 01:49:53 oleh: Suhu Tan

@ Terima kasih Pak Berthold Sianulan, ya semoga saja sumbangsih kecil saya ini bisa memberikan manfaat buat siapa saja yang membacanya, paling tidak, untuk nambah-nambah pengetahuanlah.

@ Sdr. Z.Qui, anda sepertinya agak berlebihan dalam memposisikan saya. Komentar2 anda ditulisan saya yg lain juga sudah saya simak, terima kasih atas respons positifnya. Saya akan senang sekali jika orang sekaliber anda berkenan u/bergabung (belajar) dikelas saya. Pintu kelas saya senantiasa terbuka lebar untuk siapa saja yang memang mau bergabung didalamnya. Silahkan inform data email atau no HP anda ( jika minat u/joint dikelas saya ), SMS ke 0852 14 58 1111
agar bila ada pembukaan kelas baru untuk; Bazi, Fengshui/Hongsui, Tungsu, dll, anda bisa dinformasikan oleh staft saya. Okay, TQ.

@ Bos Andrianto, semoga seperti itulah nantinya. Bravo Wikimu !




Rabu, 11-04-2007 09:48:31 oleh: Bagus Yudo P

Nah..gitu dong pak...lancar ngirim artikelnya... kita jadi nambah wawasan and pinter. dari ulasannya memang I Ching adalah fenomenal yang sdh berkembang sejak ribuan thn. Mengungkap misteri2 alam menjadikan manusia paham akan rahasia alam utk kelangsungan hidupnya... Mulai dari pengetahuan bersifat fisik (teknologi,pengobatan,sastra, ilmu perang) sampai supranatural... Semua berinduk pada Iching... Saya mau nanya apakah memang benar2 I Ching adalah ilmu tertua? Soalnya dinegara lain yg kebudayaannya tinggi juga sdh mepunyai ilmu2 tertua, spt Mesir 3000thn SM,Mesopotamia 5000 SM , Yunani 4000SM, India yang sudah menemukan pengobatan 4000 thn SM. Dan konsep Yin Yang(2 kutub) dan 5 Unsur/elemen pun, juga sudah ada di India 3000thn SM, hanya nama dan simbolisasinya berbeda. Ambil contoh Mahabrata yg mengisahkan perjalanan 5 satria (pandawa) adalah simbolisasi dari 5 elemen pd manusia. Basic filsafat kehidupan spt: Falsafah Yg Satu, Falsafah Yg DUA (dualisme), Yang Tiga dst sampai FALSAFAH ke9, dI Iching, jg ada di India.
Nah kalau pendapat saya mungkin di tiap belahan dunia selalu ada manusia yg mencari & berusaha memecahkan, misteri alam. Sesuai dgn kondisi almnya masing-masing. Agar bisa tetap survive dan exist dimasing-masing daerahnya tsb...
Hanya memang ada perbedaan mendasar antara filsafat BARAT & TIMUR. Kalau FILSAFAT BARAT untuk memahami alam lebih banyak menggunakan LOGIKA & melihat hal yg kasat mata. Sedang FILSAFAT TIMUR selain menggunakan Logika jg Menggunakan HATI/"RASA" yg berarti selalu melihat kedalam..
Komen terakhir bg saya tidak mempermasalahkan tua atau tidaknya ilmu,atau dari negara mana, tetapi yg penting sejauh mana ilmu tersebut bisa berguna bagi kebijaksanaan kita dalam kehidupan.

OK p.Budhi...Kita tunggu lagi kelanjutan ulasannya..










Kamis, 12-04-2007 01:42:15 oleh: Suhu Tan / Budiyono T.

To; Sdr Bagus,

Nah,begitu dong, hebat khan, akhirnya pemikiran dari seseorang yang piawai dalam mengola hati dan roso muncul juga di wikimu ini.

Mas Bagus, kenapa sih, sampeyan turun gunungnya ke wikimu ini terlambat. Coba kalau dari dulu2, pasti kehadiran anda akan semakin menyemarakkan wikimu kita ini.

Bagi2 dong, ilmu kejawenan nya ke wikimu ini, saya feeling akan banyak yang merespons, Lho!

Soal mana lebih tua atau muda, saya pikir argumentasi anda bisa saja benar. Saya hanya coba mengacu pada data/literatur yang spesifik mencantumkan catatan tahun nya. Saya membaca Mahabrata tapi disana tak saya temukan data persis tahun peristiwanya, begitu juga dengan peradaban Mesopotamia, yang cuma diperkirakan berusia sekian ribu tahun yang lalu, tak ada catatan tegasnya tahun berapa.

I Ching pun mempunyai 2 versi tentang asal usul masa keberadaannya. Ada buku yang memithoskan bahwa I Ching telah diperkenalkan oleh Fu Xi sejak 6000 SM, seakan Fu Xi hidup di jaman yang sangat kuno sekali, tapi setelah saya runtun dengan catatan sejarah China ternyata mithos tsb tak bisa saya terima atau pakai untuk rujukan karena jadi ga nyambung relefansinya. Versi kedua adalah yang ditemukan melalui catatan jaman Raja Kuning / Huang Di ( baca; Hwang Ti), dan inilah yang saya jadikan acuan untuk tulisan diatas.




Kamis, 12-04-2007 07:07:12 oleh: Bagus YP

Ok pak atas responnya... Oh..kalau thn2 persis sejarah peradaban dunia sy lupa..musti cari2 lg..he..he...
Saya jd gak enak, Suhu Tan berlebihan ttg sy. Saya ini cuman pemerhati dan pecinta budaya.Terutama budaya timur yg sarat akan kebijaksanaan akan kehidupan. KArena sy org jawa.. ya sy mulai mengkaji dr jawa dulu...Soalnya byk org jawa yg sdh melupakan bahkan mengabaikan budayanya sendiri krn arus modernisasi. PAdahal kalau kita mengkaji budaya2 dulu gak kalah dgn sekarang dlm hal utk survive thd alam. Contohnya pengobatan, di China misalnya ada akupuntur sdh teruji utk pengobatan hampir semua penyakit tanpa efek samping akibat obatan kimia. Di jawa sendiri jg terkenal dgn jamu2an dan pengobatan alternatif2 misalnya menyembuhkan patah tulang tanpa operasi misalnya.
Nah bagi generasi muda (spt sy jg he..he..) hendaknya jangan meremehkan atau menganggap unlogic thd budaya leluhurnya masing2. Harusnya malah mencari tahu/mengkaji apa sih logikanya.. Karena semua yg bersifat fisik maupun non fisik ada logicnya.. Bukan begitu Suhu Tan....
Mengenai tulisan mengenai kejawen maksudnya "Budaya Jawa",sy masih berusaha menulis, bingung darimana mulainya, krn gak biasa buat artikel kayak Suhu Tan. OK...Terus maju buat karya tulisnya Suhu.. Salam jg bagi temen2 yg ikut nimbrung di forum ini...




Kamis, 12-04-2007 09:49:26 oleh: GUS WAI

Mas Bagus, cara paling gampang untuk mulai adalah MULAI saja.
Kami tunggu ya karya-karyanya




Kamis, 12-04-2007 10:45:46 oleh: denni

Ini ada referensi pelengkap untuk Yi Jing, lengkap dengan diagram-diagram dan gambar-gambar menarik.

Bahasa Inggris:
http://en.wikipedia.org/wiki/I_Ching

Bahasa Mandarin:
http://zh.wikipedia.org/wiki/%E6%98%93%E7%BB%8F

Bahasa Indonesia:
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=2024
:D




Kamis, 12-04-2007 18:42:47 oleh: Suhu Tan / Budiyono T.

Sdr. Bagus Yp,

Seperti yang Pak Gus Wai bilang, ya.. mulai saja.

Tulisan2 sampeyan pasti akan menambah warna di mading udara kita ini dan akan punya penggemar sendiri di wikimu ini.

Oh, ya... komentar2 anda yang cukup tajam, ditulisan saya yang lain, di Cerah Suramkah, Asal Usul Feng Shui dan Tahun Baru Imlek, sudah saya tanggapi semuanya, lho !




Kamis, 19-04-2007 22:52:45 oleh: Z.Qui

Suhu Tan, cukup lama sudah I Ching naik tayang. Bagaimana dengan lanjutannya Suhu ? Saya sudah penasaran ingin tahu lanjutannya. Ditunggu, jangan lama2 ya Suhu, nanti geregetnya keburu hilang nih. Trim's.



Sabtu, 21-04-2007 16:16:42 oleh: Martinus C.

Suhu Tan, pemaparan yang diberikan sangat baik dan lugas. Memang perkembangan teknologi saat ini bila di renungkan lebih dalam sangat relevan dengan teori yang telah dipaparkan oleh Fu Xi, seperti elektron dan proton, beserta atom dan unsur unsur kimiawi. jadi seharusnya para kimiawan dan fisikawan semua ikut mempelajari I Ching ini sehingga mungkin akan lebih mudah menghasilkan penemuan-penemuan baru. Toh pada dasarnya apa yang mereka lakukan telah dilakukan dan ditemukan oleh mereka yang disebut Spiritualist.
Kesamaan pandangan ilmu antar berbagai kebudayaan melambangkan kebenaran yang ada didalamnya mengenai kehidupan ini, oleh karena itu hasilnya dapat dipercaya kebenarannya.

Salam untuk Suhu Tan dan semua pembaca. Semoga semua semakin sukses, sehat, tenang dan berbahagia.




Sabtu, 21-04-2007 23:21:54 oleh: Suhu Tan / Budiyono T.

Buat; Sdr Martinus C,

Ya, semoga saja, bisa seperti yang diharapkan. Thx for your comment.




Sabtu, 21-04-2007 23:24:55 oleh: Suhu Tan / Budiyono T.

@ Sdr, Z. Qui,

Harap bersabar dulu ya, dalam 2 minggu ini saya masih sibuk dg kegiatan seminar yang siap manggung. Waktunya lagi tersita u/menyiapkan makalah seminar.

Thx atas dorongan semangatnya.




Jumat, 11-05-2007 23:25:42 oleh: YAPTO

salut untuk suhu Tan dengan artikel tentang kitab i ching, baru kali saya mendengar nama2 ahli2 metafisika dari negeri Tiongkok, biasanya generasi muda sekarang dengarnya hanya nama2 yang berbau yunani/eropah/amerika, seperti albert ensteein, socrates , robert koh , bosca , dll. Ternyata di Tiongkok ada orang namanya Fuxi (5000-6000 SM) yg udah dapat menjelaskan hakekat perubahan di alam semesta ini, dengan pengaruh wu xing tsb. dan saya dengar dari temen2 Suhu Tan sering juga jalan2 ke Tiongkok , kapan nih dapat ketempat Fuxi ? dan dimana yah tempatnya itu ? ok Bravo suhu Tan , kita tunggu lagi sambungan artikelnya yang lebih luas lagi menggali tentang kitab I Ching ini. Tq



Senin, 14-05-2007 01:23:41 oleh: Suhu Tan / Budiyono T.

To; Pak Yapto,

# Terima kasih sdh berkunjung ke Wikimu. Tulisan lanjutan I Ching sdh separoh jadi. Maklum naskah original dan bersifat ilmiah / keilmuan, jadi agak merepotkan juga bagi saya untuk menyajikannya dalam tulisan. Saya biasa nya mengajar ini di kelas saya secara lisan dengan sedikit catatan outline, tapi begitu mau diturunkan dalam bentuk esai ilmiah, ternyata repot juga neh, apalagi dengan sempit nya waktu senggang yang saya miliki.
# Adanya respon ini, semakin membulatkan tekad saya untuk menurunkan lanjutannya di Wikimu ini.
# Sering2 aja berkunjung ke Wikimu, ya, sekalian intip artikel barunya, siapa tahu - tiba2 I Ching ke 2 nya sudah tayang di majalah udara kita ini.
# Info yang anda dapat memang benar. Setiap tahun saya selalu mengkordinir wisata ke China dengan tour route yang spesific, beda dari route yang umum.
# Route yang saya bikin, disamping mengunjungi objek2 wisata yang penuh pesona (keindahannya), selalu saya gabung pula dengan kunjungan ketempat2 relijius maupun situs2 kuno yang sangat bersejarah.

# Yang pernah saya kordinir antara lain;

Wisata ke Puncak Gunung Bu-tong ( tempat yang melegendaris dengan tokoh Tai-chie Master,Thio Sam Hong), ke Desa legendaris Gulong-qung (tempat tinggalnya Khong Beng di jaman lampau)yang terkenal dengan situs Patkwa-tin nya, lalu Ke Biara Shao-lin, Ke Punack Gunung Go-bi yang terkenal dengan perkumpulan Gobi-pay nya, Ke salah satu Puncak Gunung Hoa-san yang dalam cerita komik / film silat Mandarin terkenal dengan Hoa-san Lun-kiam nya, yaitu pertarungan pedang di gunung Hoa-san untuk memperebutkan gelar pendekar pedang nomor satu di kolong langit, ke makam Khonghu-cu, dll, banyak bangetlah.

Tahun ini saya juga memberangkatkan wisata khusus ke China, 14 Juni nanti, dengan tujuan Ke Puncak Gunung Lao-san ( Gunung Suci Tao / Lao-zi), ke Pulau/Gunung Putuo-san ( Tanah Sucinya Kwan Im ), Danau Barat / Si-Hu yg dikenal dengan kisah Pai-sucen & Sampek Engtai nya.

Situs Fuxi mungkin thn de




Jumat, 30-11-2007 02:31:38 oleh: Z.Qui

Oups..kisah perjalanan tour relijiusnya begitu menarik, suhu.

Berarti Juni lalu sudah berangkat lagi ya suhu... berbagi liputannya ke wikimu ini dong suhu...

Tulisan tulisan suhu selalu detail dan bergaya informatif. Liputan tournya ini jika diturunkan ke sini tentu akan mengundang banyak decak kagum kita - kita ini deh... Semoga ya suhu..!




Jumat, 30-11-2007 22:04:25 oleh: Suhu Tan

Sdr Z.Qui,

Sebenarnya sudah terbersit hasrat kuat untuk menurunkan cuplikan kisah perjalanan itu...
tapi lagi2 kendala waktu dan sejujurnya saya bukan type orang bagus mood nya untuk menulis. Jadi rangsangan untuk menulis selalu saja terkalahkan dengan aktifitas yang lain.

Mau nya sih diturunkan ke wikimu... cuma ga berani janji deh. :P




Senin, 20-04-2009 13:38:30 oleh: Susy Kusmawati

Dear Suhu Tan,

Saya lahir 23 Agust 1965. Peruntungan saya sejak awal tahun 2009 sampai saat ini (April 2009) kok jelek sekali dibandingkan dengan tahun 2008. Apa yang harus saya lakukan agar peruntungan saya (rizki, pekerjaan) membaik? Mohon saran.

Salam,
Bu Susy




Senin, 20-04-2009 13:45:38 oleh: Susy Kusmawati

Yth. Sushu Tan,

Saya lahir 23 Agustus 1965. Sejak awal tahun 2009 sampai saat ini (April 2009), peruntungan saya jelek sekali. Apa yang harus saya lakukan agar peruntungan saya membaik? Mohon saran.

Salam,
Susy




Sabtu, 05-06-2010 14:18:57 oleh: Lim Hong Chiang

kpd Generasi Muda-Muda penganut Konghucu/Tao/Budha...supaya anda-anda yg tlah mewariskan harta kekayaan dri Org tuamu yg dulunya dri Tiongkok merantau, hanya dgn modal Dengkul mereka(Tetua kita) smpai hari yg tlah sukses dimana-mana, maka jgn lupa utk ttap mempelajari dan ttap teguh berpenggang pd ilmu pengetahuaanya dan falsafah dr. Kong Hu Cu/Tao/Sun Zu....Ilmu warisannya....smpai Zaman Digital...msh Relevan...dan bermanfaat...dan terbukti...dijadikan Landasan Hidup dan Menajemen.



Rabu, 27-07-2011 22:56:32 oleh: Adi Susanto

Terima kasih Suhu Tan...



Kamis, 21-11-2013 17:46:19 oleh: Sgn

Dimanakah bisa mendapatkan buku atau setidaknya copynya?



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY