Meidy

Salah Satu Peninggalan Sejarah di Kota Makassar

Selasa, 31-03-2009 14:36:24 oleh: Meidy
Kanal: Wisata

Benteng Ujung Pandang yang terletak di Jalan Ujung Pandang, kota Makassar (Sulawesi Selatan) merupakan salah satu peninggalan sejarah. Luas areal benteng ini kurang lebih 3 hektar . Lokasi mudah dicapai karena terletak di tengah kota dan di depan Selat Makassar. Dari bandara Internasional Hasanuddin kira-kira 20 menit karena sudah ada jalan tol baru. Saya tahu pasti karena benteng ini bertetangga dengan rumah orang tua saya. Waktu saya masih SD dan pertama kali berkunjung ke benteng ini, saya bisa melihat atap rumah saya ketika saya menaiki salah satu bangunan yang ada dalam areal benteng tersebut.

Pembuatan benteng ini awal pembuatannya oleh Raja Gowa IX Tumaparisi Kallonna kemudian dilanjutkan oleh Raja Gowa X Tunipallangga Ulaweng. Benteng ini menjadi lambang kemegahan dan kejayaan kerajaan Gowa pada abad ke 16 dan 17.

Selain namanya Benteng Ujung Pandang, biasa juga disebut BENTENG PANYNYUWA (Benteng Penyu). Ini dinamakan oleh rakyat Gowa karena melihat bentuk benteng seperti seekor penyu yang merayap menuju ke laut yaitu Selat Makassar. Bentuk penyu ini mengandung makna tentang cita-cita kerajaan yang ingin memegang hegemoni di daratan dan di lautan (seperti penyu yang bisa hidup pada 2 jenis alam). Hal ini dibuktikan bahwa bukan sekedar cita-cita yang mana pada akhirnya timbul persaingan keras antara kerajaan Gowa pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV Mangarrangi Daeng Manrabia Sultan Alaudin dan pihak kompeni Belanda di mana waktu itu pihak kompeni Belanda ingin memonopoli perdagangan di laut Maluku.

Kalau oleh orang tua-tua masih sesekali menyebut benteng ini dengan nama KOTA TOWAYA yang artinya kota tua atau kota lama. Penyebutan ini menunjukkan secara pasti bahwa benteng Ujung Pandang pada masa lalu pernah menjadi pusat kota tempat kedudukan pemerintahan. Benteng ini terletak tidak jauh dari pelabuhan Makassar.

Benteng ini merupakan salah satu benteng pengawal dari Benteng Somba Opu yang merupakan pusat pemerintahan kerajaan Gowa, letaknya di sebelah Utara Benteng Somba Opu. Pada masa jayanya di penghujung abad XVII kerajaan Gowa mempunyai 14 buah benteng yang berfungsi sebagi benteng pengawal. Hanya benteng Ujung Pandang ini satu-satunya yang masih ada dan utuh karena benteng-benteng yang lain sudah tidak ada. Kalaupun ada tinggal sisa-sisanya saja berupa bekas-bekas benteng tersebut. Hancurnya benteng-benteng tersebut karena kekalahan kerajaan Gowa dari perang melawan Belanda dan menandatangani perjanjian Bongaya tahun 1667, benteng-benteng tersebut dihancurkan kecuali Benteng Somba Opu dan Benteng Ujung Pandang.

Oleh karena itu kemudian nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi FORT ROTTERDAM oleh Cornelis Speelman seperti nama kota kelahirannya di Belanda yaitu Rotterdam. Bukan cuma mengubah nama tetapi juga mengubah bangunan-bangunan yang ada dalam benteng. Bangunan-bangunan ditata ulang sesuai keperluan dan selera kompeni Belanda.

Saya sendiri baru berkunjung 3 kali (waktu SD, tahun 2001, tahun 2008) dan belum sempat mengelilingi semua bangunan yang ada di dalamya. Yang saya ingat ada Museum Laga Ligo, Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro (saya pernah menulis artikelnya di Wikimu). Ada juga kenangan masa kecil yang saya ingat tentang Benteng tersebut yaitu Pangeran Bernard suami Ratu Juliana (Ratu Belanda) pernah berkunjung ke sana. Waktu itu saya masih kecil dan foto-foto sewaktu beliau berkunjung ada pada salah satu dari ribuan hasil foto yang dimiliki oleh ayah saya.

Semoga Benteng ini tetap dipertahankan keberadaannya dan dipelihara dengan baik karena merupakan peninggalan sejarah, sebab siapa tahu saja besok-besok ada pihak-pihak tertentu yang tergoda untuk mengubahnya menjadi pusat perdagangan alias mal di tengah kota.

 

 

sumber : dari berbagai sumber

Bookmark and Share

Tag/Label wikimu sejarah, benteng ujung pandang, fort rotterdam, benteng panynyuwa, makassar, jalan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
2 komentar pada warta ini
Selasa, 19-10-2010 10:16:02 oleh: andi

Saran, nama Makassar dipupulerkan dgn nama "Serambi Medina", sama dgb Aceh dgn nama "Serambi Makka"



Senin, 13-05-2013 11:25:39 oleh: sergio ramos

ya sangat bagus sekali saya senang berbisnis dengan anda top! kontol



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY