Wikimu - bisa-bisanya kita

Silvi Anhar

Bunga Bangkai bukan Rafflesia Arnoldii

Minggu, 25-05-2008 09:25:48 oleh: Silvi Anhar
Kanal: Iptek

Bunga Bangkai bukan Rafflesia Arnoldii

“Bu, aku bingung, sebenarnya bunga bangkai itu Rafflesia arnoldii atau bukan? Tapi kok gambarnya beda ”, Tanya seorang siswa SD kepadaku, sambil menunjukkan dua gambar yang berbeda.

 

Yang satu berbentuk :

Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium )

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan satu lagi berbentuk :

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii)

 

 

 

 

Nah, terkadang di buku-buku pelajaran sekolah, yang tertulis dibawah gambar kedua gambar itu tertulis “bunga Bangkai Rafflesia Arnoldi”.


Dulu, aku pun menganggap bahwa Rafflesia arnoldii adalah Bunga Bangkai. Atau Bunga Bangkai adalah Rafflesia arnoldii. Tetapi, suatu hari, seorang siswa SD berpikir kritis, bingung melihat dua bentuk gambar yang berbeda, tetapi dengan nama yang sama “bunga bangkai Rafflesia arnoldii”.

Akhirnya, karena ditanya demikian, awalnya saya pun menjawab, sama, namun siswa ini protes.. “loh Bu, kalo namanya sama, tapi kok gambarnya beda? Aku jadi bingung Bu…”

Setelah aku perhatikan buku pelajaran tersebut, aku pun ikut-ikutan bingung. Maka suatu hari, aku pun mencari tahu, apa sih Bunga Bangkai itu? Apa sih Rafflesia Arnoldi itu? Sama atau beda? (wahhh biologi ku ga kompeten nich? )

Mulailah aku bertanya pada 'Bu Google', namun umumnya yang kudapat belum memuaskanku, lalu aku pun mencoba bertanya pada 'Bu Wikipedia', dan langsung ku dapat.

Jadi, Rafflesia arnoldii, dikenal sebagai Patma raksasa (Rafflesia arnoldii) yang merupakan tumbuhanparasit obligat, yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci-Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat.

Bunga ini merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inangTetrasigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma. Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanyaberumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Presentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi. (sumber, wikipedia)

Nah sedangkan Bunga Bangkai adalah jenis Amorphophallus titanium. Bunga ini memberi pesona tersendiri karena disamping keindahan juga pertumbuhannya yang tinggi dan besar. Itulah sebabnya disebut juga dengan Suweg Raksasa.

Bunga ini muncul dari dalam tanah berasal dari umbi tumbuhan yang telah hilang pada akhir masa pertumbuhannya. Dalam masa perkembangan, bunga atau kembang sangat tergantung pada umbi yang ada di dalam tanah.

Bunga ini terdiri dari : tangkai bunga, kelopak atau selundang dan bongkol berbentuk tugu ditengah-tengah kelopak bunga.

Perkembangan bunga yang dimulai sejak berbentuk kuncup hingga menjadi kayu diperkirakan kurang lebih 2 bulan. Bunga bangkai yang tumbuh, memiliki siklus dari mulai kuncup hingga mekar jauh leih cepat sekitar 22 hari dan waktu tercepat pada saat kelopak bunga layu hanya sekitar 24 jam.

Banyak orang mengidentikannya dengan bunga bangkai yang satu lagi yaitu Rafflesia arnoldi bunga terbesar di dunia (padma raksasa).

Pada hal keduanya memiliki perbedaan yang sangat prinsipil.

Persamaan yang paling menonjol diantara kedua kembang ini terletak pada bau atau aroma yang disebarkan.

Sedangkan perbedaannya meliputi :

  • Dalam hal bentuk, dimana Rafflesia arnoldi berbentuk bundar melebar sedangkan Arorphophallus titanum berbentuk kerucut seperti agung yang masih berbalut;
  • Bianga Arorphophallus titanum adalah umbi yang tertanam di dalam tanah. Sedangkan Rafflesia arnoldi merupakan parasit yang tumbuh pada akar-akar liana dan yang menyebarkannya terutama adalah babi hutan yang tidak sengaja melukai akar liana dengan injakan. Pada injakan bekas kuku babi hutan itulah spora rafflesia tersimpan dan menemukan tempat yang cocok untuk tumbuh. (sumber: www. Dephut.go.id/SUMUT)

Nah, jadi, demikianlah, ternyata selama ini aku selalu menganggap rafflesia arnoldii adalah bunga bangkai dan bunga bangkai adalah Rafflesia arnoldii.

Padahal yang sama cuma pada Bau- nya saja untuk menarik perhatian sang Lalat untuk proses penyerbukan pada masing-masing bunga tersebut. Tetapi jenis dan bentuknya adalah berbeda sama sekali.

Semoga para penerbit buku, hati-hati dalam menampilkan gambar serta penulisan nama pada kedua gambar yang berbeda tersebut.

 

Sumber & sumber gambar: wikipedia, www.dephut.go.id/sumut, rumahbogor.com

42 komentar pada warta ini
Minggu, 25-05-2008 10:58:59 oleh: phil lea

Bu Guru..saya pun baru tahu.!!! Vote berguna.!!!!


Senin, 26-05-2008 11:19:24 oleh: Ira Meida

sek.. sek.. beda tho? kirain sama sil. soalnya, kl ira inget2 lg, pas jaman dl, diajarinnya kl rafflesia arnoldii itu ya bunga bangkai. ato jgn2 iranya yg gak mudeng. hehehe...

wah... kl gitu, ira vote berguna nih. soalnya, tulisan yg ini udh bikin kesimpangsiuran dipikiran anak2 ira dl, jd pulih. ty ya sil. ^_^


Senin, 26-05-2008 17:05:30 oleh: Silvi Anhar

duh, pak Phil, sama2, silvi kira malah walau bentuknya beda, tetap dalam satu jenis yaitu raflesia, ternyata yg sama cuma di bau nya saja :)

sama2 mbak ira.. makasih juga... aku pikir, cuma silvi aja yg ga mudeng hehehe


Selasa, 27-05-2008 18:58:45 oleh: SANTOSO

jadi tau ak sekarang. dulu ak taunya bunga bangkai ya Rafflesia arnoldi. makasih buat bu Guru


Rabu, 28-05-2008 10:06:00 oleh: silvi anhar

makasih pak santoso, sama pak, saya juga masih terus belajar ..


Rabu, 28-05-2008 10:17:20 oleh: oky singgih

Bu Silvi, mau nanya nih ... apakah penerbit bisa digugat karena kesalahan seperti itu?


Rabu, 28-05-2008 10:54:07 oleh: Sandhy.ED

Mbak Silvi, kemungkinan ada dua bunga bangkai yang berbeda bisa saja terjadi. Bunga bangkai adalah nama daerah, sedangkan untuk mengidentifikasi suatu species digunakan nama latin.
Jadi bisa saja disatu daerah nama x merujuk pada benda lain yang berbeda dengan daerah lain.

Yang harus dicermati oleh penerbit adalah jangan memasang gambar yang salah untuk nama yang dimaksud. Jadi jangan pasang gambar Amorphophallus titanium untuk menunjukkan Rafflesia arnoldii.

Aku sih merasa bahwa bunga bangkai yang selama ini diperkenalkan kepada kita sebagai Rafflesia arnoldii ya sah-sah aja, karena kemungkinan masyarakat setempat menyebut bunga ini sebagai bunga bangkai.


Kamis, 29-05-2008 11:06:55 oleh: silvi anhar

@pak oky, wah saya ga tau tentang itu

@ bu sandy, wah kalo itu saya belum mendalami lagi, tetapi sejauh info yg saya dapet, yah seperti itu.
yah kalo tentang bhs penyebutan yg digunakan dimasyarakat memang susah utnuk diluruskan... krn sudah mendarah daging, tapi, adalah tgas institusi pendidikan untuk meluruskan yg sebenarnya. semoga menjawab, maklum saya pribadi masih belajar :)

makasih semanya atas komentarnya


Kamis, 03-07-2008 21:30:23 oleh: presty larasati

wah... padahal saya sudah mencoba membedakannya dalam artikel di blog saya yang berjudul bunga rafflesia vs bunga bangkai...
:(

yupz!! jangan sampai salah lagi, ya....
:)


Kamis, 03-07-2008 21:31:25 oleh: presty larasati

ouya...

ini blog saya..
www.prestylarasati.wordpress.com

mampir, ya..
^_^


Jumat, 04-07-2008 12:43:06 oleh: Silvi Anhar

makasih bu presty... :)
ok bu... nanti saya mampir.. salam kenal :)


Sabtu, 19-07-2008 11:02:27 oleh: vanessa

bunga rafflesia itu mula-mila berkembanng dimana ya? APA YANG MENYEBABKAN ADANYA BUANG BANGKAI ITU. KOMENTAR: BUNGA BANGKAI INI SANGATLAH LANGKAH KITA HARUS MENJAGA DAN MERAWATNYA BERSA SUPAYA BISA BERKEMBANG DI SLURUH DUNIA


Minggu, 20-07-2008 12:16:48 oleh: Silvi Anhar

thanks vanessa :)


Minggu, 20-07-2008 12:20:56 oleh: Silvi Anhar

oh ya vanessa... kalo vanesa baca di artikel diatas bahwa "Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian selatan (Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan)."
nah arti akat endemik adalah tanaman asli atau khas dari daerah tersebut. jadi bunga raflesia mula-mula berkembang di bengkulu.. dan yg menemukan parasit ini adalah Raffles.. inget sejarah kan? saat inggris menjajah bengkulu.. :) semoga bisa terjawab pertanyaannya..


Kamis, 07-08-2008 13:44:38 oleh: Leon

Oke, sekarang saya jadi tahu perbedaan kedua bunga tersebut, nah sekarang kasiatnya dari kedua bunga tersebut bagi manusia apa? Kalau suweg, katanya waktu jaman jepang bisa dimakan? Masak cuma lalat saja yang bisa menikamti.


Jumat, 17-10-2008 07:35:00 oleh: andi permana

laiyalah beda....... masa laiya donnnnnggggggg...
makanya,jangan cuma asal dengar aja,!!!!!!bersikaplah kritis.tis.tis


Jumat, 17-10-2008 08:11:59 oleh: silvi anhar

makasih mas andi atas komentarnya :-)


Jumat, 17-10-2008 08:13:26 oleh: silvi anhar

ups, lupa, makasih juga buat mas leon.. :-)
tentang khasiatnya, wah saya juga belum tahu :-)


Senin, 01-12-2008 05:05:19 oleh: Mediansyah

Bu Silvi, tanya nih.., Bagaimana dengan "Suweg biasa" alias bukan suweg raksasa? Suweg tsb jika umbinya sudah lumayan besar, akan muncul kembang (mirip bunga bangkai tapi lebih kecil) dan dalam beberapa hari akan mekar, terus sekitar seminggu mekar.., dan tiba-tiba mengeluarkan baru menyengat 1-2 hari, hingga dirubung lalat dan serangga lain. Sesudah itu layu dan mengering. Kemudian setelah beberapa beberapa hari tumbuh lagi tunas dari umbi tsb. Apa masih kerabat bunga bangkai?
Salam kenal...


Senin, 01-12-2008 06:42:41 oleh: Silvi Anhar

salam kenal juga mas mediansyah :) {(maaf ini mas median HAAj bukan?, maaf kalo salah :)}
Mas median, bunga bangkai itu jenis umbi2an..


Minggu, 07-12-2008 13:25:49 oleh: ben

Baru-baru ini ditemukan di kab. dairi. baca di http://www.benss.co.cc/lokal-dan-nasional/
112-bunga-bangkai-atau-suweg-raksasa-ditemukan-di-kecamatan-tanah-pinem-kabupaten-dairi- dan budidaya di http://www.benss.co.cc/budidaya-tanaman/
113-bunga-bangkai-atau-suweg-raksasa-amorphophallus-titanum-becc


Minggu, 21-12-2008 11:19:27 oleh: Nawang Grezzanda

Hal yang tadi sudah tersebut diatas sangat berguna untuk menjawab berbagai pertanyaan anak2 mengenai bunga bangkai dan raflesia arnoldi.
Sekarang, saya juga sudah tidak bingung lagi mengenai dua gambar dan 1 nama.

Karena semua itu sudah langka, maka kita harus melestarikannya agar seluruh orang didunia bisa mengetahuinya.


Jumat, 30-01-2009 11:31:17 oleh: Alwi Maulana

Bu saya mo tanya. bunga Raflessia Arlnoldy itu tumbuh dimana saja??? saya bingung, kemarin sore(29-jan-2009)saya melihat Baliho "visit malaysia 2009" di perempatan kuningan dengan gambar bunga Raflesia. yang jadi pertanyaan, apakah malaysia juga memiliki Raflesia Arnoldi. (baliho tidak sempat saya foto,karena sedang berkendara)
please email flattrack31@yahoo.co.id


Rabu, 11-02-2009 08:10:10 oleh: Silvi Anhar

makasih tuk ben, nawang dan alwi.

tuk Aldi, Raflesia Arnoldy, termasuk tanaman endemik, artinya tanaman khas atau yg hanya dapat tumbuh di Bengkulu saja.demikian Alwi..


Senin, 09-03-2009 14:57:01 oleh: Tun Jang

Di blog kami ada photo Titan arum dan Rafflesia Arnoildi yang mekar bulan januari lalu di habitat asli tempat penemuan pertamanya, yaitu tanah rejang propinsi bengkulu saat ini. Bunga bangkai di diskripsikan oleh botani odoardo beccari yang di identifikasi di kepahiang tanah rejang, sedangakn rafflesia arnoldi di identifikasi di manna, bagian bengkulu selatan saat ini. Bunga yang terbesar adalah bunga bangkai dengan species amorphophalus titanum, karena banyak species amorphophalus. Sedangkan rafflesia di nobatkan sebagai Queen of parasit, yaitu bunga parasit paling besar di dunia. Saat ini telah di temukan dua species baru bunga rafflesia yaitu rafflesia lobata dan rafflesia leonardi, keduanya ada di philipina.

http://rejang-lebong.blogspot.com

salam dari tanah rejang


Sabtu, 28-03-2009 09:53:14 oleh: Silvi Anhar

makasih info tsmbahannya pak Tun Jang..


Sabtu, 28-03-2009 10:39:24 oleh: Ervilia Lupita Adriyanti

oo...
ternyata berbeda ya?
jujur baru tahu sekarang
dulu, waktu ke bogor, memang sembat lihat bunga bangkai dan dari gambarnya memang berbeda..
tapi, mungkin karena panduan pelajar itu buku pelajaran, lia sih iya iya saja waktu buku pelajaran itu mengatakan rafflesia arnoldi=bunga bangkai...

artinya, buku2 itu harus diperbaiki dong?
takutnya nanti semakin banyak anak2 indonesia yang salah pengertian..


Sabtu, 28-03-2009 11:02:28 oleh: Silvi Anhar

iya mbak ervi.. mudah2an saja segera buku2 tsb dapat diperbaiki :)


Kamis, 02-04-2009 20:18:41 oleh: PAIJO

K bingung


Senin, 01-06-2009 12:50:02 oleh: nuraisah wulan sari

seminggu yang lalu di belakang rumah saya tumbuh tanaman yang saya ga tau itu tanaman apa,
yang pasti kalo kira2 jam 5 sore muncul bau kaya bau bangkai dari tanaman itu,
saya juga ga yakin kalo itu bunga bangkai
tapi yang jelas bau itu muncul kalo jam2 segitu aja bentuk pohonnya itu tingginya kira2 1 meter,diameter pohonnya itu sih ga besar,kira2 cuma 3 senti dan di bagian atasnya menjuntai kaya mahkota bunga ,dan bau itu muncul dari bagian itu
tapi pohon itu lama kelamaan layu,pohon itu hidup cuma sekitar 10hari,dan setelah itu layu seperti mau mati dan sekarang kering,kayanya sih sudah mati,
yang saya tau sih itu bukan bunga bangkai,soalnya kalo memang itu bunga bangkai saya baru tau jenis yang itu,
bentuknya ga kaya bunga bangkai pada umumnya ,apa mungkin itu spesies baru ????????


Senin, 14-09-2009 11:20:35 oleh: dwi ayu lestari

emang sih banyak banget lo 'orang mengira bunga rafflesia sama dgn bunga bangkai. sebenernya bunga keduanya ini sama gx sh? gw bingung banget nih! ! ! !tolong jelasin donk ! ! gw mohon banget nih ! ! ! ya ya ya ya. . . . . . he... he...!


Minggu, 25-10-2009 17:02:02 oleh: ekaputri mk

busyet...ternyata bunga rafflesia gede bngt yach...

banyak orang kira bunga rafflesia tu sama kayak bunga bangkai...

padahal ternyata beda..
aq sekarang taw apakah bunga RaFfLESIA Itu...:(


Selasa, 24-11-2009 19:28:25 oleh: yuu chan calista/yustisi ch

"Rafflesia adalah kisah bungaku dunia"
aku suka Rafflesia arnoldi :D


Senin, 07-12-2009 17:53:41 oleh: Ghita Himawati

Tanx udah ngasitau apa bedanya bunga bangkai N'bunga Raflesia arnoldi


Selasa, 12-01-2010 10:27:19 oleh: melky. m hutapea

hemf, tengyiu.. info'a.


Kamis, 14-01-2010 09:52:29 oleh: m atekan sam

bu guru bagian manakah yang dimanfaatkan buat obat dari bunga bangkai


Jumat, 15-01-2010 07:30:25 oleh: Intan

txs atz infonya............


Senin, 22-02-2010 17:04:21 oleh: Silvi Anhar

duh kalokhasiatnya.. saya belum tahu.. ^_^


Jumat, 16-07-2010 13:50:25 oleh: akhmad

baru paham..klo keduanya berbeda

thhp://www.akhmad06.student.ipb.ac.id


Rabu, 21-07-2010 08:27:42 oleh: adi

teryata beda ya


Minggu, 25-07-2010 18:58:32 oleh: felia salma

ternyata bunga bangkai & bunga raflesia itu beda to??....baru paham!!&sekarang udh tau perbedaanya...


Rabu, 04-08-2010 22:33:42 oleh: farah

salam ziarah. saya dari malaysia. saya cuma ingin berkongsi sedikit pasal bunga rafflesia atau lebih dikenali sebagai bunga pakma di malaysia. ya, negara kami juga ada bunga ini. ia banyak dilihat di hutan2 negeri sabah dan sarawak. :)



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)