Wikimu - bisa-bisanya kita

Eko Nurhuda

Membasmi Bau Ketek dengan Tawas

Sabtu, 08-03-2008 19:56:29 oleh: Eko Nurhuda
Kanal: Kesehatan

Membasmi Bau Ketek dengan Tawas

"Burket? Gak banget deh!"

Pernah denger kan kalimat itu? Dulu kalimat tersebut sangat populer seiring dengan gencarnya iklan sebuah produk deodorant yang dibintangi oleh artis belia Shandy Aulia. Kalimatnya mengena sekali karena "burket" alias "bubur ketek" adalah keluhan umum. Setiap orang pasti pernah mengalami "burket", "basket" alias "basah ketek", atau minimal "bauket" alias "bau ketek". Dan saya yakin setiap orang pasti jengkel dengan hal yang sangat tidak diinginkan ini. So, bagaimanapun dan apapun caranya akan mereka lakukan agar terbebas dari "burket", "basket" ataupun "bauket.

Nah, iklannya di Shandy Aulia tadi mempromosikan produk penghilang "burket", "basket" dan "bauket". Harganya sih relatif ya bagi masing-masing orang. Cuma efeknya itu lho yang agak mengkhawatirkan. Saya pernah memakai produk itu dan juga yang sejenis untuk waktu beberapa lama. Maklum, sebagai pria dengan "tingkat curah keringat tinggi", saya butuh sesuatu agar ketiak saya tidak berbau menyengat. Hasilnya memang ketiak saya jadi tidak berbau lagi. Tapi efeknya ketiak saya panas dan lama-kelamaan warnanya menjadi lebih gelap. Apakah Anda juga mengalami hal serupa? Saya tidak tahu. Yang jelas semenjak itu saya menyetop pemakaian produk seperti itu meski "basket" plus "bauket" kerap menghantui.

Ternyata eh ternyata, ada satu solusi jitu untuk mengatasi persoalan ini. Konsepnya back to nature karena sama sekali tidak memakai bahan kimia. Asli murni alami. Hasilnya juga tidak berbeda dengan yang pabrikan dengan merek terkenal dan iklan jor-joran. Kalau Anda ingin bebas dari masalah "burket", "basket" atau "bauket" tapi tidak mau memakai produk pabrikan yang diiklankan di TV seperti saya, saya punya solusinya. Apa itu? TAWAS..!

Yes, tawas adalah semacam batu yang dulu dipakai oleh nenek moyang kita untuk menghilangkan bau ketek. Jadi, fungsinya ya seperti deodorant yang beredar di pasaran itu. Wong bahan dasar deodorant itu juga tawas koq. Berhubung ini bahan alami, selain hilangnya bau ketek yang menyengat, ketiak kita juga tidak akan terasa panas pada saat memakainya serta dijamin permukaan ketiak tidak akan tambah gelap. Ada garansi? Tidak ada. Tapi saya sudah membuktikannya sendiri koq. Sudah lebih dari sebulan ini saya memakai tawas untuk menghilangkan "burket", "basket" juga "bauket". Alhamdulillah manjur.

Tapi koq kesannya kuno banget ya pake tawas? Siapa bilang kuno? Kitanya aja yang sok modern dan menganggap budaya warisan tradisi itu sebagai hal yang ketinggalan jaman. Asal tahu saja, di Amerika sana ada satu perusahaan yang khusus memproduksi tawas sebagai deodorant. Hebatnya lagi perusahaan ini tidak hanya melayani pembeli dari AS saja, tapi juga seluruh dunia. Coba aja lihat situsnya di www.tawascrystal.com. Untuk melihat koleksi produk mereka bisa dilihat di www.tawascrystal.com/products/tawas.htm.

Tertarik menggunakan tawas sebagai deodorant pembasmi bau ketek? Tak usah repot-repot pesan ke Amerika segala. Di pasar-pasar juga banyak koq. Selamat bertawas ria! 

61 komentar pada warta ini
Minggu, 09-03-2008 07:53:46 oleh: Retty N. Hakim

Bener banget...ini senjata paling ampuhku kalau dapat asisten rumah tangga baru yang "bauket"...hanya terkadang mereka pilih deodorant yang lebih harum semerbak padahal tidak lama kemudian baunya semakin parah.....

Di Indonesia juga ada kok deodorant yang berbahan tawas...tapi entah kenapa barisan dapur suka merasa sang nyonya pelit kalau beli deodorant yang tidak wangi semerbak dan tampil dengan wajah artis di TV...


Minggu, 09-03-2008 08:44:10 oleh: Jojo

Baru tau ya tawas bisa bantu ngilangin bau ketek ? Murah dan aman. Bilangin aja ama barisan dapur bahwa ada bahaya lain yang mengancam kalo keseringan make yang semerbak wangi... yaitu kanker payudara. Di Belanda udah dihimbau (info dari temanku).


Minggu, 09-03-2008 10:58:12 oleh: airbersih

tawas itu aluminium sulfat kah? yang biasa dipakai PDAM menjernihkan air di instalasinya? koq disebut semacam batu? apakah itu bahan yang dapat ditemukan di alam? atau melalui proses??


Minggu, 09-03-2008 15:47:07 oleh: Lidya Maria Dolorosa KandOw

hai... aku pengen nanya nih... kalo di jakarta Tawas itu bisa di beli dimana ya?!

terus harganya mahal gaK?! Makacih....


Minggu, 09-03-2008 21:53:39 oleh: Eko Nurhuda

U/ aribersih: definisinya sih gitu ya. Disebutnya batu, padahal menurut saya sih koq bukan batu wong dicelupin ke air trus iusap-usapkan ke ketek bisa nyusut koq. Anyway, di TawasCrystal.com itu juga ada penjelasan proses pembuatan tawas dan ada juga gambar tawas bentuk serbuk/powder. Coba aja liat sendiri.

U/ Lidya Kandow: Di Jakarta di mana ya? Coba deh cari di pasar-pasar tradisional bagian yang jual-jual bahan-bahan tradisional. Kalo di Jogja (tempat tinggal saya) dan Pemalang (tempat tinggal "someone special" saya) sih tempatnya gabung dengan penjual bahan-bahan herbal kaya jamu-jamuan gitu.


Selasa, 11-03-2008 15:46:45 oleh: Mimbar Saputro

Saya pernah pakai Tawas. Dulu masa kecil kami pakai untuk menjernihkan air. Setelah saya pakai Tawas untuk burket memang benar bau ketiak hilang, cuma ketiak saya sekarang "ngetuk" (mata air=tuk), alias deras keluar keringat beningnya. Hehehe.


Jumat, 21-03-2008 15:35:31 oleh: Ria

Koq br diumumin sekarang?Padahal suami gw uda make dr SMP, skrg dia uda umur 28 tahun aja masih make! bayangin aja uda berapa tahun tuh suami gw make tawas sbg deodorant. Mudah didapet koq n harganya hanya Rp.7000/Kg, Cari aja di pasar tradisional n toko bahan bangunan...... Selamat mencoba!!!


Kamis, 15-05-2008 18:08:50 oleh: debora

TAWAS bisa membuat warna kulit ketiak kita gelap/hitam ga??

tks


Sabtu, 17-05-2008 14:52:44 oleh: ria

tawasny itu dicelupin ke air berapa lama y?
terus langsung digosok-gosokin ke ketiak?
makasi atas infonya^^


Selasa, 20-05-2008 11:53:36 oleh: maria

tawas itu bisa mutihin ketiak yg jg hitam gk y??
ato cuma bisa buat bikin ketiak gk bau aj??
makasi yg infonya^^


Sabtu, 31-05-2008 19:42:11 oleh: rio decosta

manfaat tawas apa sih n berasal dari mana sih tawa itu


Sabtu, 21-06-2008 16:26:41 oleh: Inggrid

bener banget tawas itu bener2 manjur, g aja dah pake kira2 5 thn, gak bau n gak hitam ni ketiku. beli dipasar gak usah kiloan kebanyakan kali, beli aja sebungkus kira2 1-2 batu harganya juga sekitar 1500 s/d 2rb, terus diblender kering aja, terus kalo udah jadi powder tingal dipake di keti. gampang banget deh..... dijamin.


Senin, 30-06-2008 17:28:45 oleh: TR3

yoi gw baru coba sekitar sminggu ini ternyata ampuh banget dan katanya si kalo pake deodoran yg di pasaran itu justru pemicu kanker..makanya gw mulai pake yg alami2 aja deh..


Jumat, 15-08-2008 12:49:20 oleh: putri

cara pake tawas itu gmn sich??? tawas ya dicelupin dulu ke air tau lsg oles aja ketek

Thank's


Sabtu, 16-08-2008 19:53:33 oleh: R.R.DWI IRAWATI

ak kdg2 g pe_de,karna apa? karna aku pnya masalah bauket.....hhmmm....apalagi klo uda klr keringat.,apalagi klo lg ngumpul brg2 temen!!uda gtu ketiak ku hitam,wah lengkap deh penderitaanku!d malu bgt deh....uda sgla macem deodorant ak pke tp ttp g brhsl jg...akhrnya ak pke mnyk wangi aj!!!tp mpe skg g ilang2 g!!!tolong kasi tau ak dong,obat ap yg bisa ilangin bauket n ketiakku yg item ini.
thx
wass..


Jumat, 29-08-2008 16:17:46 oleh: putri

cara pake tawas gmn sich????qta celupin dlu ke air tau lsg oles aja ke ketek kita???klu qta pake tawas ada efek sampingy gk sich


Thank's
pu3


Sabtu, 30-08-2008 05:31:27 oleh: Eko Nurhuda

@ Dwi Irawati: Setahu saya ketiak hitam itu akibat terlalu banyak pake deodorant. Bukankah deodorant itu mengandung alkohol dan terasa panas? Sementara kulit ketiak kan sangat sensitif sekali, so ya lama-kelamaan jadi hitam deh. Solusi yg plg mgkn adalah stop pemakaian deodorant dan beralih ke deodorant alami seperti tawas ini. :D

@ Putri: Cara make tawas cukup dicelupin ke air trus dioleskan ke ketiak. Tapi yg dicelupin hanya bagian yg akan dioleskan ke ketiak saja lho, jangan seluruh bagian tawas itu. Oke? Thanks.


Sabtu, 06-09-2008 17:26:53 oleh: Ryun

penggunaan tawas untuk penghilang bau ketek memang sangat manjur,,
awalnya saya cenderung tidak yakin akan kemanjurannya,saya justru lebih percaya dengan produk buatan pabrik yang sudah terkenal.
tapi setelah penggunaan produk itu BB
saya malah tambah parah,dan ada bisul kecil yang timbul dengan rasa gatal
setelah saya mengikuti anjuran mama saya dengan memakai tawas ternyata BBsaya berkurang drastis


Selasa, 28-10-2008 15:41:01 oleh: nova

kl pake tawa


Selasa, 11-11-2008 15:11:44 oleh: rara

sumpah ampuh banget,, aq pake ud sejak SMP dl n sampe skr (umur 23) jg masih lanjut. emang dl aq prnah make yg kyk di iklan2 ntu sh,,tp takut ma efeknya,so,balik lg deh!!!
cara makeknya gampang dh,, g usah di celupin ke air trs di gosok2in,,tu trlalu beresiko.bisa2 kena yang kristal2nya yang tajam ntu n jadinya perih banget.
kalo caraq y,, tawas yang masih batu2 gt(jgn yg lembut biar lbh awet)aq masukin ke rool on (tmptnya deodoran yg di iklan2)trs di kasih air n kocok2 kira airnya sdh terkena kandungan tawas. siap dh di pake,, kyk pake rool on biasa gt dh
selamat mencoba....
aman kok!!!


Jumat, 14-11-2008 21:53:47 oleh: ferin

memang tawas bisa dijadikan untuk penghilang basah ketek ?
ketek saya tidak bau tapi keringatnya saja yang membanjir .
tolng sayaa !
bagaimana cara penggunaannya tawas yang aman ?


Minggu, 28-12-2008 11:26:52 oleh: arlien

0ia,emg pke tawas tu bau keti lgsung ilang y? h0h0,,


Sabtu, 03-01-2009 09:06:15 oleh: A.Nita

Bener banget lohhh......!!!Kalau tawas itu bisa ngilangin bauket.kAKAk saya aja udah bertahun-tahun pake tapi nggak ada bau busuknya sama sekali jika dibandingkan dengan deodorant yang sering kita kenal sekarang.Waaah,,,ini terbukti dengan bau badan yang busuk yang keluar dari badan kakak sepupu saya.
Itu sangat bau loh............


Sabtu, 21-03-2009 00:51:09 oleh: Indro

mungkin ini bisa bantu teman2 sekalian
http://www.freedom-deo.com

just for share... thx.


Kamis, 02-04-2009 00:13:07 oleh: liemeina

haha.. jd ingat pertanyaan teman saya wktu SMA.
Tau kan teori " asam + basa = garam"
nah dya bilang gini.. kalau tawas itu basa dan ketek kita asam, brarti abis kita pake, kita bisa bkin garam donk!
ahhahaha... ^^


Rabu, 06-05-2009 02:38:13 oleh: atjoet

penggunaan tawas buat bau ketek memang lebih baik dari pada penggunaan deodorant, saya prnah pake gillete, speed stik, lady stick, dan banyak merek lain,semua tdk tahan lama dan membekas di kaos putih dan yng susahnya warnanya nggak bs di cuci pk air, tapi ada nggak efek samping dari pengguna an tawas pada tubuh kita????


Jumat, 22-05-2009 00:18:46 oleh: Vita

sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah tawas bisa mengurangi keringat dari ketiak ya ? karena masalahnya setiap pake baju, di bagian ketiak basah terus, dan bikin tidak pede , padahal semua cara sudah dicoba khususnya pake tawas... please bantu untuk mencari solusinya ya..trimk


Senin, 25-05-2009 17:44:17 oleh: Etha Nural Ariani

aq seperti vita juga nich,,
udah banyak cara qu lakukan tapi tetap tidak berhasil.
apa aq harus ke dokter?
aq udah coba memakai tawas,1 minggu berhasil,tetapi setelah itu kenapa kembali seperti semula?bau dan berkeringat deras sekali,aq harus bagaimana?
tolong aq ya...


Sabtu, 06-06-2009 13:19:22 oleh: yuli annisa sari

aq sari
ketk q suka bsah ne and bau
gmn ea cra menghilangkanx
truz klo pke tawas tuw gmn cra pkex ....q g ngerti crax??????????????


Minggu, 14-06-2009 07:21:31 oleh: Edian

ini ada artikel bagus juga untuk solusi BB silahkan lihat di sini http://pupuknasa.blogspot.com


Jumat, 13-11-2009 21:16:11 oleh: Lusi

tawas bisa ilangin keringat berlebih di ketiak gk???


Senin, 14-12-2009 16:14:31 oleh: Eko Nababan

gmna sih bentuk batu tawas itu???
dan kalo d medan itu ada d mana ya?
trimakasih


Senin, 04-01-2010 01:36:16 oleh: santi herlina

gmna cara memakai tawas,untuk menghilangkan keringat berlebih di ketiak


Jumat, 22-01-2010 13:30:47 oleh: Menolasalhutri

Wah........ aku jadi penasaran juga tuch sama yg namanya tawas. nanti pas pulang kerja aku cari ah.... soalnya aku juga udah nyobain deodorant merk apapun. tapi tetap ajah g' mempan. mudah2an yg satu ini berhasil. do'ain ya........


Minggu, 11-04-2010 15:10:20 oleh: abd rouf

apakah tawas juga bsa dpake ngobatin sakit gigi n gusi za?
Coz ku dbilangi tmnku tp ku tdk percy sblm dpt penjelasan lgsung dr pkary ...


Sabtu, 17-04-2010 19:04:13 oleh: M Nauval Hamdi

Setuju begete....TAWAS NO 1 DI DUNIA yang mampu mengusir bau badan,,,,
Baru 2 kali sy pkai tawas bau badan yang sangat sangat dan sangat serta sangat bau hilang di telan dunia (jero ahh),,,,,
Kulit ketiak pun tidak hitam,
Baju yag kita pakai pun tidak ada noda,
Kn klw kita pkai yg di super market itu membuat baju bernoda
ONE MORE TAWAS NUMBER ONE IN THE WORLD


Senin, 19-04-2010 13:40:43 oleh: meilany

Kalo beli tawas na d pasar tradisional biasanya di jual d bgian ap ya???
d bumbu dapur ya??? :)
thx


Kamis, 29-04-2010 17:01:52 oleh: rosita dewi

yup skrg w da beli yg namanya tawas, tinggal w coba pake nih bener ga se keampuhannya,, pake deodoran keti w ga cocok, bau si ilang tapi keti berubah warna jd keitaman . sedih banget ga tu . doain ya semoga berhasil.


Jumat, 30-04-2010 16:18:30 oleh: putri

waaaaaw ternyata ada cara lebih manjur nie di bandingkan diodorant iklan2 gtulah tapi paling cepat brapa lama ya tuk terhindar dari "burket" "bauket" "basket" soelnya dah gak kuat nie dihantuin mulu ma itu smua, malahan pernah di ejek......,,, eeeeee manyedihkan :-(


Minggu, 02-05-2010 10:06:39 oleh: Yakari

Gw barusan beli tawas di pasar Cengkareng. Belinya di bagian yg jual sesaji, or bunga tujuh rupa. Murah bgt, cuma seribu seplastik. Lgs gw praktekin. Moga2 tawas ini bantu ngilangin bb gw deh.
Bener kata rara, cukup sakit jg kl pake tawas lgs beradu dg kulit. Ini bs di atasi dg melapisi tawas pake kain tipis, jd resapan airnya tetep nempel di kulit tp ga bikin sakit kulit.


Senin, 31-05-2010 12:51:28 oleh: jayaputra

gimana cara pemakaiannya?


Kamis, 24-06-2010 10:45:42 oleh: fitri

terima kasih informasinya...., dulu aQ mau nyoba krna disuruh mama tp krna nggak percaya jdi lbih milih deodorant coz lbih wangi, kan baux tawas aneh2.. jdi takut juga..., tpi .. aQ bakal nyoba deh.. krna dah banyak bukti juga kan... doain yah mga nie bau cpat ilang, coz suka bikin minder..


Kamis, 15-07-2010 12:10:52 oleh: hanna

ak mau nany ni,,kalo di bandung yg jual tawas di daerah mna yah??
thx,,


Jumat, 13-08-2010 11:57:48 oleh: Bernat

Sekedar Informasi :
Tawas ada 2 jenis yaitu Tawas Butek (Aluminium Sulphate) dan Tawas Bening (Potas Alum) dari keduanya bisa disimpulkan keduanya adalah Bukan alami, namun produksi dari Bahan kimia.

Tawas Butek dan bening mempunyai efek samping iritasi untuk kulit dan debunya berbahaya untuk pernafasan.

Tidak dianjurkan untuk pemakaian langsung kekulit.

Regards,
Bernat


Jumat, 20-08-2010 15:13:15 oleh: novya

saya baca di http://community.um.ac.id/showthread.php?72440-Pembuatan-Tawas, tawas ada berbagai jenis, ada yang buat PDAM, pengembang roti, acar ketimun, penyamak kulit, dll.
nah saya mau nanya, tawas yang buat ketiak itu yang mana ya?
trus, pemakaiannya berapa kali seminggu?
tolong jawab ya, penting banget nih. saya sangat bermasalah dengan ketiak hitamku.


Sabtu, 02-04-2011 11:07:34 oleh: dhora

tawas emang ampuh banget ngilangin BB(bukan iklan lho!.bau ketek yang parah jd ilang dalam waktu 3 hari.deodorand dengan merk2 terkenal kalah keampuhannya!klo aku sih cukup dijadikan bubuk trs langsung di oleskan pada ketiak!Dijamin!


Jumat, 19-08-2011 12:00:52 oleh: maria ulfah

gimana cara pakainya?an bisa langsung hilang nggak bagi keringatnya yang menyengat?tolong jawab za
thanks


Minggu, 11-12-2011 22:14:42 oleh: ummu abdurrahman

karena banyak produk yang menawarkan deodorant dg tawas ....saya iseng nyoba nyuci baju dg tawas dicampur diterjen......wow...hasilnya bau ompolnya anakku cepet hilang..ku berpikir..apa produk ecoball yg mahal itu bahan bakunya juga dari tawas??


Selasa, 03-01-2012 10:37:49 oleh: ana

wah, banyak sekali yg berminat pada cara menghilangkan bau badan ya..

kalau saya sih, minatnya lebih ke ngilangin hitam di ketiak karena iritasi (entahlah iritasi apa itu), dan ngilangin bulu ketiak secara alami,, natural,,hehehe

terima kasih atas infonya teman2,, dan topiknya mas Eko Nurhuda..


Kamis, 29-03-2012 15:46:58 oleh: yulia cipta sari

kira-kira beli batu tawasnya dmn yah kalo di daerah depok..??


Sabtu, 21-04-2012 18:18:55 oleh: Lusi Dwindasari

Beli tawas bisa di toko jamu atau toko bangunan,, murah kok, 5 ribu dapat lumayan banyak


Sabtu, 28-04-2012 13:07:02 oleh: limith

sy mw jg donk


Selasa, 01-05-2012 17:38:22 oleh: fery mardiansyah

bener² manjur ni batu tawas
BTW batu tawas ada efek sampingnya gk?

THANKZ


Rabu, 06-06-2012 13:27:26 oleh: sadarwan

bahaya pemakaian jangka panjang apa ya?


Minggu, 27-01-2013 13:28:14 oleh: kamal zubair

TERNYATA
TAWAS itu ada 2 macam loh
1. buat njerniin air, warnanya lebih putih kaya crystal
2. buat ilangin bau ketek, warnanya ngga terlalu putih banget

TERBUKTI
1. ngga efek samping
2. lebih murah
3. lebih dahsyat


Senin, 08-04-2013 07:31:38 oleh: rezi

harga nya brp?
n tmpat jual nya d mn?


Kamis, 09-05-2013 23:50:33 oleh: jeremias

kalo boleh tau, di jogja jualnya di mana?


Senin, 22-07-2013 15:48:10 oleh: sepry

ass..
apakah tawas jg bs dipke untuk mnghlgkan kumis agr tdk tmbuh lg. thx...


Selasa, 01-10-2013 16:57:11 oleh: Sela apriani

Kalo tawas yg utk ngilangin bau badan itu tawas ap ya namanya n wrna ap . Mhon d jwb ya .Thanks


Kamis, 17-10-2013 18:29:54 oleh: Lina Maryani

Cara pemakaian nya yang benar gimana ?
Ketiak saya hitam da basah nya minta ampun, jengkel banget dan menghindar sama temen*, jadi ga PEDE gitu,belum saya coba pake TAWAS. tapi belinya dimana ya kalo di daerah cimahi ?
TKS


Minggu, 12-01-2014 01:12:15 oleh: nevi

Hari gini masih bau badan??? TERLALU
Memperkenalkan Obat Bau Badan Produk Asli Indonesia
Deorex Body Odorizer adalah deodorant non perfume untuk menghilangkan, mengobati dan mengendalikan bau badan secara aman dan nyaman tanpa perlu memikirkan alergi pada kulit, hitam pada ketiak, gatal-gatal dan tidak meninggalkan noda pada baju membuat saya terbebas dari bau badan hanya dalam waktu yang relative singkat.




Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY