Wikimu - bisa-bisanya kita

Nury Nusdwinuringtyas

Bila Pergelangan Kaki Terkilir

Minggu, 02-03-2008 09:28:40 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Bila  Pergelangan Kaki Terkilir

Pergelangan kaki yang merupakan persendian penghubung kaki dengan tungkai bawah, tidak jarang  (bisa) cedera. Cedera terjadi tidak hanya pada atlit saat berjalan atau lari, sering juga pada aktivitas kehidupan sehari-hari  , saat bangun tidur , misalnya, kaki belum menapak dengan benar, sudah berjalan, ups, terpuntir   .........pergelangan  kaki !!

Pergelangan kaki yang cedera bisa sangat menyakitkan , dan tentu saja (mengganggu karena menjadi) sulit untuk berjalan. Sprain / keseleo merupakan cedera pada ligamen. (Sendi  disusun oleh tiga tulang yang digabungkan oleh tendon, dan ligamen.)

Gejala:

  • Bengkak
  • Nyeri, yang bertambah bila ditekan, nyeri saat kaki di gerakkan
  • Kemerahan, teraba hangat

Kapan mencari bantuan :

Pada umumnya keseleo dapat sembuh sendiri tanpa perlu pertolongan dokter. Diharapkan sakit akan mereda pada minggu pertama. Bila ini tidak terjadi , bahkan bertambah sakit , segeralah mencari pertolongan.  Namun perlu di waspadai keadaan yang lebih serius, misalnya patah tulang.

 

Segeralah mencari bantuan bila:

- Sakit yang sangat (tidak ”terkontrol”), anda sudah minum obat penghilang rasa sakit, sudah melakukan RICE.

- Tidak dapat berjalan lebih dari empat langkah

- Perubahan ”bentuk” , selain bengkak

- Sangat sakit saat mata kaki di tekan

- Kehilangan ”perasaan” terutama pada ibu jari kaki

- Nyeri dan bengkak pada:

  • sisi tumit, di atas tendon achilles,
  • sisi depan tungkai bawah, tepat di bawah lutut atau
  • otot betis.

- atau tidak mampu menggerakkan ibu jari kaki ke ’bawah’ (gerakan seperti menginjak pedal gas)

 

Dokter akan memeriksa kemungkinan

  • terjadi patah tulang,
  • syaraf dan pembuluh darah, memastikan tidak ikut cidera
  • lutut dan bagian tungkai yang lain

kemudian : menggerakkan kaki dan pergelangan , untuk memastikan tulang mana yang terkena apakah tendon Achilles "rupture"

Pemeriksaan penunjang:

  • X-ray, sering, tapi tidak selalu; memastikan patah tulang
  • Ct-scan kadang di perlukan

 

Apa yang harus dilakukan

RICE- jadikan "mantra"

Rest- istirahat:

untuk mencegah terjadi cedera lebih lanjut, upayakan sendi pergelangan kaki "istirahat", gunakan bidai bila perlu.

Ice (Es) :

bungkus dengan handuk , letakkan segera pada bagian yang cidera,  berikan tidak lebih dari 20 menit, beri waktu jeda 30 menit, sebelum mengompres lagi

Compression :

Berikan "tekanan" dengan "bandages". Tidak terlalu ketat, namun juga tidak terlalu longgar.

Elevation:

Upayakan sisi yang sakit pada posisi se"tinggi" mungkin, idealnya lebih tinggi dari jantung Kruk (bilateral cruches) akan dianjurkan bila sisi yang sakit di harapkan tidak menumpu. Obat biasanya diberikan anti radang di samping penghilang nyeri

Catatan :

KAPAN ES ATAU PANAS

ES

-Sebaiknya di berikan pada sekurangnya 48 jam setelah terjadi.  Akan mengurangi pembengkaakan sekitar area cedera. Bila bengkak teratasi, nyeri lebih mudah "dikendalikan".

-Es  pada nyeri kronik,  seperti pada keadaan overuse, di berikan setelah aktivitas, untuk kontrol peradangan. Tidak sebelum aktivitas.

PANAS

-Modalitas panas , merupakan pilihan saat keadaan kronik.

Bertujuan untuk merelaksasi otot/ jaringan, menstimulasi pemberian darah pada area. Pada overuse injury diberikan sebelum aktivitas.

-Tidak pada cedera akut (yang baru terjadi) ataupun kronik yang eksarsebasi akut.

 Tanda-tanda "akut": -bengkak; -kemerahan; -nyeri sangat , berdenyut; -teraba/terasa hangat

128 komentar pada warta ini
Minggu, 02-03-2008 10:46:37 oleh: Silvi Anhar

makasih bu dokter informasinya, silvi vote berguna..
bu dokter, boleh nanya ya, .. kalo tumit sakit, setiap bangun tidur, pas ditapakkin dilantai atau mau berjalan, tumit (telapak kaki) sakit/ngilu banget) apa itu salah satu rematik? atau kata tmen itu tulang tumbuh? duh mau kedokter belum sempat2 bu dokter...
makasih atas jawabannya...
maaf nyimpang dari tema.


Minggu, 02-03-2008 11:11:20 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Silvi cantik,
saya tahu Silvi sedang bergabung, saya baru berfikir, bagaimana berkomunikasi dengan Sivi, apa japri, he, Allah Maha Baik, Sivi "diminta" berkomentar

Wah, kalau tapak kaki menapak sakit itu yang dinamakan Plantar Fasciitis, ya, untuk umum = rematik, salah satu dari yang 100 jenis itu, nama kerennya penyakit degeneratif, pertambahan "usia" menyebabkan sendi aus,sehingga terjadi ketidak imbangan sendi, yang dicoba diimbangkan dengan "tulang" yang tumbuh. Yang penting, menguatkan sendi.
Untuk keadaan seperti ini , modalitas/ terapai panas bisa diberikan, agar tidak sakit "lagi". jadi sebelum beraktivitas, "redam" dengan air hangat.
tetapi bila suatu saat sangat berdenyut. Es jawababnya

Nanti malam saya upload di blog saya latihan untuk Plantar Fsciitis.

(sekarang bikin materi ajar dulu , saya kan ibu guru juga seperti Silvi juga)


yang mesti dilakukan: menghilangkan nyeri,


Minggu, 02-03-2008 11:39:31 oleh: Silvi Anhar

duh bunda.. makasih atas jawabannya...
oya bunda, pengaruh ga ya dari pake sendal yg berduri2 tuh bun, awalnya silvi ga biasa pake sendal yg duri2 itu, tapi suatu hari terpaksa pake itu krn tidak ada sendal lagi..
nah setelah pake sendal itu keesokkannya sampe sekarang ini, setiap bangun tidur pas kaki menapak dibumi langsung sakittt banget, sampe2 mau jatuh krn ga kuat menopang badan.
pernah silvi urut2 pake konterpen, eh ga ngaruh, malah makin sakit... apalagi kalo musim hujan yg dinginn.. ngilu banget.
apa harus kedokter ya bun? klo kedokter dokter mana? atau ke labor dulu? tapi bilangnya apa ke tukang labornya?
makasih sekali lagi atas jawabannya bu dokter.


Minggu, 02-03-2008 12:01:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

apa sakitnya "terus menerus" sekarang ini
minta dokter Silvi resep, biasanya akan diberikan golongan NSAID
kalau mau spesialis , penyakit dalan konsultan rematologi atau dr spesialis rehabilitasi medik
hanya suntik saya belum anjurkan, hati-hati,
kalau mau pemerksaan penunjang, radiologi saja
sandal dengan duri, mungkin pemicu saja, setelah sebelumnya ada "masalah"
cari sepatu atau sandal "empuk" yang mendukung, susah ya .
di blog nanti saya upayakan 'gambar' nya

pokoknya langkah pertama: hilangkan nyeri - yang lainnya menyusul

selamat berhari minggu


Minggu, 02-03-2008 12:21:24 oleh: Silvi Anhar

iya bu dokter. sakitnya selalu setiap habis bangu tidur.. dan kalo duduk, kaki tergantung, wihh sakittt.. makanya silvi jika mengajar selalu berdiri, dan memang amat sangat jarang duduk... jadi sekalinya duduk cuman untuk menilai, wih sakit bu dokter.
makasih ya bu dokter :) selamat berhari minggu juga...


Minggu, 02-03-2008 12:52:45 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Silvi dan wikimuers (yang membaa artikel ini)
yang saya maksud engan hilang pain dulu tentulah dengan "bijak"
rasa sakit sesungguhnya merupakan penjaga kita, menunjukkan ada sesuatu yang tidk benar
tapi tentu saja tidak perlu "sakit" terus, pergunakan pain killer dengan bijak, segera "perbaiki" penyebabnya

jadi, kalau kita sikapi rasa nyeri = teman, barangkali menjadi lebih "mudah".....


Minggu, 02-03-2008 13:21:05 oleh: Silvi Anhar

:) iya bu dokter... krn, sakit terus, trus udah diobati dgn dipijet2 ga ilang, trus ga ada wkt ke dokter, jadi akhirnya dinikmati saja..
terkadang mungkin sakit banget itu klo dipikirin kali ya bunda.. krn klo silvi hepi2 aja, sakitnya ga terlalu, jika pas bangu tidur sakit, langsung aja silvi loncat2 hehehe supaya sikaki pulih lagi :)


Minggu, 02-03-2008 18:07:53 oleh: ijul

kebetulan ni bu dokter,pergelangan kaki saya lagi terkilir,.kejadian ny udah 2minggu yang lalu,pas lagi olah raga (futsal). tapi smpai sekarang klo di puntir masih terasa sakit,padahal klo lari sakit nya tidak terasa sama sekali.
ya intinya klo dibilang sakit, koq saya sudah dapt berlari dan main futsal lagi, tapi klo dibilang sembuh, koq klo di puntir sakit nya masih terasa,.
terimakasih bu donter atas jawabannya,..


Minggu, 02-03-2008 19:27:05 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas ijul ya, (maaf, engga "biru", saya susah ngintipnya)
ini sisi baiknya , "sembuh" sendiri, tapi untuk 'sempurna' perlu waktu, dan jangan di ciderai lagi, jadi jangan di puntir ya mas,
bagus sekali sudah berani berolah raga kembali, tidak di gunakan untuk waktu panjang juga (malah) akan memperburuk,
kalau tidak sakit , kemerahan, dan teraba hangat, kompres dulu dengan air hangat pada otot betis dan sisi atas kaki, sebelum olah raga

selamat berolah raga- sudah "expert" kok, menangani keseleo-
tapi , jangan di ulang ya , mas, 3 bulan lagi nyari sembuh sepurna, apalagi 6 bulan
saat itu, jangan lupa pemanasan dengan "streching" pada pergelangan kaki
tapi yang namanya "sempurna", pernah cidera, terkadang saat cuaca dingin, ngilu dikit.....

nah, selamat menikmati perjalanan penyembuhan keseleo....


Senin, 03-03-2008 02:45:56 oleh: rahmah hasjim

saya vote berguna artikel ini bu dokterku yg cantik..
Alhamdulillah saya sih ga pernah ngalami yg aneh2 tapi saya pernah dengar ttg akibat pakai sepatu or sandal tinggi bagi kesehatan tungkai, apa bener tuh Bu? Meski saya bukan penggemar sepatu or sandal tinggi tapi sesekali ada juga saya pakai.. Pengen tau aja gimana pilih or pakai yg amannya utk kesehatan kaki karena kan percuma badan sehat kalo kaki penyakitan..


Senin, 03-03-2008 06:31:30 oleh: Christo

badan sehat, kaki penyakitan... :)

sorry aku yang komentar duluan yaa...

yang paling penting dalam memilih sepatu adalah kenyamanan yang dirasakan dan tidak merasa mudah lelah berjalan.

so, berjalan-jalan dululah didepan cermin toko..sebelum dirimu memutuskan bahwa sepatu ini cocok dan pantas saya beli.

kalo merasa kecapean/pegal dalam berjalan lama,
saya akan mencari tempat beristirahat dan berusaha untuk mengerakkan-gerakkan jempol kaki saya (hallucis bergerak akan sangat membantu). Juga jika terjadi kram pada kaki saya.

semoga dapat membantu



Senin, 03-03-2008 09:14:04 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak Rahmah dan mas Christo,
logika saja sudah tahu ya , kalau permukaan tumpuan lebih luas, lebih stabil,
tapi saya juga penggemar high heel (seperti mbak Micky Jo), jadi saya siasati dengan membawa cadangan alas kaki, kalau lelah , ganti, biar dapat dua-duanya, sex appeal (kata mbak Micky), dan "aman", tidak terkilir

saya sendiri punya sesuatu yang "bawaan", pergelangan kaki memang tidak begitu kuat, tapi aman-aman, karena saya tahu kelemahan saya, saya upayakan kalau jalan sadar- sesadar-sadarnya

jadi kesimpulan: yang bagus sepatu yang nyaman, dan aman, kata mas Cristo, (itu gunanya kaca di toko sepatu)


Senin, 03-03-2008 20:42:49 oleh: Micky Jo

Malam Bu dokter Nury...Yup, saya juga pernah mengalami pergelangan kaki keseleo ( "kecekluk"..ya kata orang jawa..)saat sedang berjalan diantara paving stone dan hak sepatu mampir dicelah2 pav.stone..sempat limbung tapi gak jatuh ( tengsin booooo..) namun setelah bisa menguasai diri, saya aga susah untuk berjalan lagi so sepatu-nya terpaksa dijunjung he2...dan dilakukan pemijatan oleh teman yang piawai dalam urusan urut mengurut ini, alhamdulillah..cepat baik gak sempat membiru..dan bisa pakai sepatu berhak tinggi lagi ha3...


Selasa, 04-03-2008 19:42:55 oleh: nawita

artikelnya berguna sekali... ditunggu tips2 praktis lainnya lagi, bu dokter. bisa jadi "panduan hidup". :)


Rabu, 05-03-2008 18:02:30 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak Micky, mbak Nawita
hidup memang perlu keseimbangan,kadang-kadang high heel, kadang jalan pakai heel asli.

yang saya harapkan"diingat", kapan es, kapan panas
mudah didapat, mudah diterapkan, ama ...aaannn.


Jumat, 07-03-2008 16:23:58 oleh: Nemesius Pradipta

Wah....
Baru saja kaki saya sakit seperti yang Ibu tulis lho.

Karena saya masih SMA, saya bertanya pada guru olah raga saya. Ternyata tulang kaki saya bergeser dan dia hanya melakukan pelemasan tulang yang benar-benar mujarab. Hanya saja saya tidak diperkenankan berolah raga berat dulu beberapa bulan ini.

Tapi untuk pertolongan pertama, saya mengompresnya dengan campuran terigu, jahe dan kencur. Hasilnya tetap memuaskan walaupun tidak menyembuhkan. Mungkin hanya mengurangi bengkak.


Sabtu, 08-03-2008 05:54:00 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Nemesius,
guru olah raga memang di bekali penanganan cedera olah raga, tapi "pelemasan tulang " saya tidak mengerti, kalau bergeser pasti tidak sederhana, sprain mungkin yang di maksud, bukan "pergeseran sendi" yang subluksasi, tanyakan ya
kalau masih sakit, bidai dengan elastik bandage, dan secara berkala kompres es, upayaka istirahat dulu ingat prinsip RICE
Nemesius tinggal di mana
boleh tulis disini atau japri ya,
kalau penanganan tepat akan sembuh sempuna karena usia yang muda


Selasa, 11-03-2008 22:02:06 oleh: imelda

terima kasih, saya jadi makin mengerti,kapan kaki saya. perlu pakai es atau hangat saat cedera kakiku.
sekali lagi terima kasih dok


Kamis, 13-03-2008 08:53:25 oleh: adrian

Bu dokter, saya baru alami kecelakaan tanggal 03/03/2008 sampai saat ini pergelangan kaki saya masih sulit digerakan terutama setelah menurunkan kaki saat. jika kaki diangkat serasa lega tetapi setelah turun nyeri bukan main. mohon jawabannya atas beberapa pertanyaan dibawah ini:
1. perlu dikompres menggunakan air panas/ es?
2. perlu dikompres dng apalagi?
3. luka saya sudah dinyatakan peradangan selain obat antibiotik, anti radang apalagi yg lbh manjur?
4. obat luar yg baik buat luka saya apa?
5. boleh berjalan jauh ga?
6. bioplasenton, tietayouchin, arak gosok, rivanol, betadine, dari jenis obat2 tsb mana yg boleh dan tidak blh? soalnya saya gunakan semua alhasil luka tambah parah.. sebelumnya terima kasih banyak atas jawabannya (saya benar2 berharap jawaban dari bu dokter)


Kamis, 13-03-2008 15:29:44 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Adrian,

kalau di angkat lega, artinya jangan di tapakkan dulu, jalan dengan kruk kanan - kiri, kaki yang sakit jangan di tapakkan dulu

1. kalau ada luka, apalagi infeksi, jangan di kompres air es ataupun panas

2. bisa di foto nggak lukanya, ,irim ke japri saya, kemungkinan dengan kompres untuk luka, rivanol

3. antibiotik sebaiknya dosis tinggi,

4. lihat luasnya luka mas, kalau luas sekali, obat antibiotik minum dulu, kompres rivanol diseringkan

5. jalan jauh dengan kruk bilateral

6. kalau yang demikian tambah parah, ya jangan dulu

kesimpulan : antibiotik dosis besar amoxillin clavulanat dan metronidazole,, masing-masing 2 kali per hari, minum obat penghilang rasa sakit, paracetamol 500 mg 3 kali, atau asam mefenamat500 mg 3 kali , kalium diclofenak 50 mg ; 2 kali per hari perhari
pembersih luka rivanol, bubuk tabur nebacetine, tutup dengan kasa steril

kaki sakit jangan ditapakkan dulu, jalan jauh dengan kruk kanan- kiri

semoga membantu


Jumat, 14-03-2008 12:20:24 oleh: adrian

terima kasih bu dokter, sebagai gambaran luka saya sekitar 5cmx5cm dipergelangan kaki kiri sebelah kiri. saya sudah mencoba resep antibiotik amoxillin, mefinal (lupa persisnya), sepertinya tidak ada pengaruh apa2. lalu saya ke dokter lain lagi diberikan antibiotik baquin.... (lupa) katanya lbh bagus dari amoxilin dan interhistin diminum 2x sehari.
baik saya akan coba dengan pembersih luka rivanol, bubuk tabur nebacetine, tutup dengan kasa steril, semoga membaik.

Terima Kasih banyak bu dokter.


Sabtu, 15-03-2008 07:09:16 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Adrian, mefinal = penghilang rasa sakit,
wilayah mata kaki (memang) pembuluh darahnya sedikit, diperlukan antibiotik dosis besar untuk mencapai area yang luka
jadi antibiotik tetap, dan jaga luka tetap bersih
jadi target awal: tidak memburuk- sakit berkurang


Jumat, 28-03-2008 20:19:17 oleh: haryo

bu dokter saya ada masalah dg kaki saya yg terkilir.letaknya disekitar matakaki
sudah 2minggu sejak kaki saya terkilir hingga sekarang tidak kunjung sembuh.
pada waktu kaki saya terkilir saya langsung kasih dg minyak tawon, keesokan harinya,saya ke tukang pijat. katanya ankle saya menceng sehingga ankle kaki saya langsung ditarik sama tukang pijatnya sampai bunyi. setelah itu langsung dikasih gips katanya ( tukang pijat ) jgn boleh ( gipsnya ) dilepas sampai 5 hari kedepan. 3 hari sesudahnya,kaki saya langsung bengkak ( sebelum di gips cm bengkak didaerah yg terkilir )sehingga saya langsung ke UGD rumah sakit.saya langsung ronsen kaki saya yg terkilir.1jam kemudian fotonya sudah jadi. menurut keterangan dokter,tulang saya tidak ada yg masalah.lalu saya membeli obat salep "feldene".karena saya ingin bengkaknya cepat hilang,saya campur dg minyak tawon dan beras kencur serta kaki saya direndam dg air panas ( gejala yg saya alami sama dengan artikel di atas kecuali yg ibu jari ).seminggu kemdian saya bisa jalan ( masih terpatah2 ) tetapi "sialnya" kaki saya ( bagian ankle )tidak bisa ditarik keatas.jika ditarik dibawah 90 derajat, maka daerah sekitar matakaki sangat sakit( sebelumnya selama di oles dg feldene,daerah yg sakit menjadi hitam ).yang menjadi pertanyaan saya :
1. apakah langkah2 yg saya lakukan sudah benar termasuk meninggikan bagian yg sakit?
2. apakah jika saya cmpur obat feldene,beras kencur dan minyak tawon akan berakibat fatal atau malah sebaliknya?
3. daerah yg hitam dibagian sakit pakah tanda2 akan sembuh atau ada luka dibagian dalam?
4. apa yg harus saya lakukan jika langkah2 di atas sudah saya lakukan tetapi masih belum sembuh juga?

sebelumnya saya sampaikan terima kasih


Minggu, 30-03-2008 05:24:00 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

pagi ,mas Haryo

pelan-pelan saya membaca dan mencoba menjawab ya,
di pasang gips (?), waduh, tukang pijatnya canggih juga
atau bidai mas, gips itu yang lembaran seperti kasa, dicelup air, dibebatkan kaki, kemudian jadi keras; atau diberi sesuatu yang kaku , kemudian dibebat ?

\mas, urutan peristiwanya ke UGD dulu atau ke dukun ?

pegangan saya yang dari UGD saja ya, tak ada masalah, dansemoga hanya dibidai, bukan gips

mulai kupas pelan-pelan; bengkak setelah 3 hari , apapun sebabnya, ini menandakan sebaiknya kompresnya yang dingin

Feldenitu anti radang, jadi bisa membantumengatasi rasa sakit , pemberiannya sebaiknya 2 kali sehari, setiap kali satu ruas jari
bagaimana bila digabungkan dengan beras kencur dan minyak tawon?
ke dua yang belakangan ini tidak panas, meskipun minyak tawon agak hangat, mungkin tak masalah

apa mas Haryo berjalan dengan jinjit?
coba pelan-pelan saat duduk kaki ditapakkan penuh, tanpa debebani berat badan, rasakan tarikannya pada urat besar pada sisi belakang kaki, semampu mas Haryo menahan sakit,

minum obat penghilang rasa sakit apa mas?

panadol biru 3 kali dua pun bisa

Nah coba menjawab sesuai pertanyaan:
1. ke UGD di rongen, betul, api ke dukun, di tarik , (kalau rontgrnnya normal), di gips, saya agak bingung
di tinggikan itu, yang di gips itu?
prinsip RICE; R=resting; jadi sendi diistirahatkan; mungkin ini yang dimaksud mas Haryo dengan ditinggikan

bagian dari RICE, E= Elevation, berjalan dengan alat bantu dengan kaki sakit tidak di tumpu, dan atau kalau duduk, kaki di angkat, di topang
2. terjawab di atas mungkin masa dengan catatan:
I=Icing= i eskan, jadi daripada direndam air panas, mihon lihat uraian ,saat bengkak sebaiknya didinginkan saja

mudah-mudahan yang diberikan pak dukun bidai; bagian dari Compression

3. hitam barangkal (mudah-mudahan)i "penyembuhan", karena bagian yang memar mulai terserap

4. mas, prosesnya hingga 3 bulan baru "sempurna"
pertama, hila


Minggu, 30-03-2008 05:31:26 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

menyambung jawabab no 4, pertama atasi dulu rasa sakitnya, paling tidak, menandakan perbaikan, ataupun membantu penyembuhan selanjutnya

lihat pada artikel saya, hal-hal apa yang bisa mengkhawatirkan

sekarang yang saya khawatirkan kalau mas Haryo jalan nya keterusan jinjit, jai hilangkan rasa sakit, mulai menapak penuh dengan pembebanan sedikit dulu pada kaki yang sakit, beban di naikkan, sepanjang tidak sakit

bila belum "sembu", ke dokter keluarga, tapi say harapkan tidak ada suntikan pada pergelangan kaki atau urat besar di kaki belakang

semoga lekas sembuh


Minggu, 30-03-2008 17:10:30 oleh: haryo

terima kasih bu dokter.
saya sudah bisa jalan seperti biasa tapi jika telapak kaki ditekuk seperti posisi jongkok rasanya sakit sekali sehingga saya kalo jalan tetap tertatih-tatih.
urutan pertamanya ke tukang pijat dulu baru ke UGD
obat penghilang rasa sakit kalau tidak salah cataflam.


Selasa, 01-04-2008 03:03:01 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

terima kasih kembali mas Haryo

Cataflam membantu mengurangi bengkak,
kalau tak ada retak, hanya menanti penyembuhan jaringan lunak, kaki pada posisi saat ini tidak mengganggu fungsi berjalan (mestinya), bila lebih terganggu karena nyeri tambahkan saja panadol biru 3 hingga 4 kali sehari














Rabu, 02-04-2008 20:32:35 oleh: Nemesius Pradipta

Wah maaf bu saya baru bisa balas.
Saya tinggal di Jakarta Selatan.
memang beberapa hari setelah saya post komen saya,sprain yang ibu bilang tidak sembuh begitu saja. Bisa dibilang setiap saya berjalan lumayan jauh kaki saya langsung tak bisa diajak berkompromi lagi. Sedangkan saya harus sekolah dan ujian praktek olah raga. Yang saya takutkan cedera ini menjadi permanen dan menggangu saya.

Adakah pengobatan yang mujarab Bu??
Gejala yang saya rasakan saat lumayan sembuh adalah ketika pergelangan kaki saya gerakan, tulang saya bergemelutuk. Rasanya seperti tulang saya tidak pas. Oleh sebab itu saya menyebutnya tulangnya geser.

Selama ini saya hanya menjaganya dengan memakai angkle breaker saja. Setidaknya ketika saya sekolah karena membutuhkan jalan jauh.

Misalkan harus beristirahat, berapa lama Bu???

Terima kasih atas waktunya.
(Maaf, Kalau bisa balasannya kirim saja ke E-mail saya. fradipta@yahoo.com)


Rabu, 02-04-2008 22:17:37 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

baik mas Pradipto,
wah, sudah agak lama ya, ada pertanyaan yang saya kirim, tolong bantu saya dengan menjawabnya ya


Kamis, 10-04-2008 18:32:25 oleh: haryo

bu dokter saya ada masalah dg kaki saya lagi.
kaki saya bagian kiri ( yg sebelumnya bagian kanan ) terkilir dan "sialnya"kaki saya yg kanan belum sembuh sepenuhnya.
yg terkilir bukan dibagian ankle tetapi di bagian ibu jari.saya lupa kejadiannya karena saya waktu kejadian tertidur lalu jatuh dari kasur.
1. pengobatan yg saya lakukan pada ankle bagian kanan bisa digunakan pada ibu jari kaki kiri saya yg terkilir?
2. selain pengobatan dan artikel diatas, apa yg harus saya lakukan untuk cepat sembuh?

sebelimnya saya sampaikan terima kasih


Selasa, 15-04-2008 22:10:16 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas haryo, prinsip dasarnya sama
untuk kaki yang kanan, saya agak takut membaca cerita "menceng", bila betul, penyembuhannya agak lama, tiga bulan


Kamis, 05-06-2008 08:59:36 oleh: oke oktavianty

bu dokter, lutut kanan saya sekitar 2 minggu lalu terkilir karena jatuh dari motor setelah ditabrak dari belakang sama orang yang tidak bertanggung jawab...saya sampai gak bisa jalan...tp setelah dipijat sekitar 1 minggu dah bisa jalan tapi masih agak sakit...kemaren saya buat jalan agak jauh,terus kaki kiri saya "kecekluk" tapi yang sakit lutut kanan.. terus saya pijat lagi ke tukang pijat,, tapi stelah dipijat sakitnya tambah parah...sekarang saya sulit lagi untuk berjalan karena sakitnya gak karuan...saya ada info dari tetangga kalo di bagian lutut gak boleh dipijat kalo terkilir...dan memang sembuhnya sulit kl dah cedera, pasti bisa kambuh2 lagi...apa benar bu dokter? terima kasih...


Minggu, 22-06-2008 14:45:18 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Oke tercinta , maaf sangat terlambat membaca pertanyaan
Apakah sekarang masih sakit dan bengkak?
Kalau masih sakit , yang aman Panadol biru, tiap 6 jam
Jangan di pjat dulu, kalau teraba panas , kompres dingin

Sekarang jangan pikir yang dulu, di mulai saja dengan: kalau tidak bertambah sakit, sudah baik. artinya merupakan awal perbaikan. maaf, usia berapa?


Rabu, 25-06-2008 15:44:39 oleh: hafidz

bu,, saya hafidz usia 17 tahun...
1 thun yg lalu saya main bola terus,, kaki saya saling menghantam bola dengan lawan,, terus kaki saya sakit pertamax sih sqt bgt ,, tpi di urut ama guru.. trus ga sqit lgi ,,, tpi knpa ko sekrng sqt lgi... mlahan sering bunyi kalu saya gerakan.. kalau saya gerrakan ke kanan bunyi gitu ,, knpa ya bu ?


Rabu, 25-06-2008 16:18:05 oleh: hafidz

bu ini email saya
hafid22z


Rabu, 25-06-2008 23:52:31 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Hafiz, pernah atau sering bengkak?
sakit terus menerus?
email nya yahoo?


Kamis, 26-06-2008 10:44:39 oleh: hafidz

ga bengkak..
tpi bunyi
emailx hafid22z@plasa.com

saat ini saya sedng main band,, sebagai vokal
mga az bsa membntu,,
terimakasih

tolong solusinya ??


Jumat, 27-06-2008 12:39:42 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Pakai ankle decker dulu, yang bagus dan atau memakai sepatu boot, yang melewati pergelangan kaki.


Senin, 30-06-2008 00:36:58 oleh: arie

Salam kenal ibu dokter..
Tadi siang sekitar pukul 11, saya aga kepeleset (tidak sampai jatuh) di bathtub, ibu jari kaki kiri saya terhantam dinding bathtub..
saya lihat sepintas..ibu jari kaki kiri saya tersebut jadi aga bengkok kekiri, dan nyeri sekali..selang berapa lama saya duduk,posisinya sudah aga mulai kembali ke posisi semula, hanya saja tidak dapat menapak dengan sempurna.
Saya berikan semprotan seperti penghilang rasa sakit, balsem, saya juga sempat rendam dengan air hangat, tapi nyerinya tidak hilang-hilang..
Kemudian saya perhatikan, di antara tulang ibu jari tersbut ada seperti garis berwarna merah tua..Itu apa ya dok?
Saya akan mencoba meminum Panadol untuk menghilangkan nyeri seperti yang ibu sarankan pada pertanyaan2 sebelumnya.
Bagaimana penanganannya pertama yang kiranya dapat saya lakukan sendiri (saya sdg tgs di negara yg masyarakatnya tidak dapat berbahasa inggris?)
Apa akibatnya jika saya terlambat menanganinya?
Terima kasih sekali, jawaban ibu sangat saya nantikan.


Senin, 30-06-2008 07:11:21 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas(?) Arie, kompresnya dingin saja.
Kemungkinan akan terjadi bengkak di sekitar ibu jari. Pada artikel saya tulis bgm mengompres dingin saat baru saja terjadi.
-bila sedang tidak berjalan , upayakan kaki terletak tinggi, mengurangi kemungkinan bengkak lebih besar.
-Upayakan berjalan dengan ibu jari tidak ikut menumpu.
-Panadol atau apapun yang isinya paracetamol , minum yang 500 mg tiap 6 jam, kalau perlu tiap 4 jam. obat oles, natrium diclofenak dalam bentuk gel , di Indonesia gel/cream ini saat ini bisa di beli bebas,
Kemerahan, kemungkinan ada "perdarahan" , yang besok-besok akan jadi biru, dan kemudian menghilang.

Saya sulit menentukan apa yang akan terjadi , semoga hanya terkilir saja. usia berapa mas?


Senin, 30-06-2008 07:46:21 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Dinas di mana mas ?

Tulis saja di kertas PARASETAMOL 500 mg

NA DICLOFENAC GEL;

orang hotel suruh carikan di farmasi.

Selamat bertugas .


Senin, 30-06-2008 12:01:34 oleh: arie

Terima kasih ibu atas jawabannya..
Btw, saya ini wanita lho, usia saya 27 tahun..saya sedang dinas di Hangzhou, China jadi aga kesulitan dalam komunikasi karena tidak mengerti bahasa cina sama sekali..
Tadi pagi saya sudah minta x-ray, hasilnya ruas pertama ibu jari saya dibagian tengahnya ada seperti garis (saya ga tau itu apa? asisten yang mengantar hanya menjelaskan bahwa itu gpp namun bagaimanapun saya tetap percaya dokter indonesia daripada asisten saya).
Kemudian diberikan plester seperti salonpas tapi ukurannya aga besar namanya huoxuezhitonggao dan pil untuk diminum 3 kali sehari sebanyak 4 pil sekli minum namanya shangkejiegupian.
Mudah2n gpp ya bu..karena saya masih harus stay disini selama 1 bulan, dan aga kurang percaya ma obat2an cina..


Senin, 30-06-2008 15:35:24 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

tolong X-ray nya di foto, pakai hp tak apa
kirimkan lewat e-mail saya, sekalian di foto kaki yang "merah" itu
Waduh, nama (obat) Cina gini , nanti saya tanya temen ya mbak Arie. tapi munggkin untuk pencegahan inflamasi/radang dan nyeri
Bengkak tidak , sekarang? Kompres es, jangan lupa


Sabtu, 05-07-2008 20:49:36 oleh: hafidz

bu,, knapa kaki saya kalu didiamkan terlalu lama aga k keram ??


Sabtu, 05-07-2008 21:03:32 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

hafidz kan penyanyi, banyak gerak, (mungkin) saat awal gerak tidak di lakukan peregangan.
Nanti ya, saya upayakan gambar latihan peregangan di Wikimu. Namun coba buka di blog saya yang nury-nus.blogspot.com; cari disitu sementara.
Coba juga minum vitamin dengan Calsium 1000 mg,


Senin, 07-07-2008 13:43:04 oleh: hafidz

tapi pengaruh bunyi tersebut ga biasa hilang,, bunda.. !! apakah pengaruh bunyi itu,, ada dampak negatifnya ,, bunda ???


Senin, 07-07-2008 21:13:02 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Hafidz,
Sempatkan ke dokter dan buat RO pergelangan kaki


Selasa, 08-07-2008 11:27:04 oleh: hafidz

wah,,,
hafidz tqut,,,
klw,, saya bwa lari2 tiap pagi gpp ,,?
coz,, klw di RO bsa.. knpa2 !!!!


Selasa, 08-07-2008 13:59:08 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Hafidz,
umur berapa?
Pakai ankle decker, peregangan jangan lupa
Peregangan otot betis , paha ; otot anggota gerak bawah
Jalan duli 30 menit, kmd 45 menit


Selasa, 08-07-2008 18:31:40 oleh: hafidz

hafidz uMur 17,,,, msh squl klz 2 smk !!
klw dulu cih,,, klw tumit abiz saya bunyikan agak2 sqt,,
toi klw sekrng,, udh ga terlalu sqt lgi...
saya minum obt ,, seperti CDR,, yg membantu proses pmbentukan tulang,,,!!
truz saya jga ... sering rendam ama air panas..


tpi klw saya berdiri,, pas Nonton bola,, saya berdiri selama 1 jamAN . wah... kaki saya pas saya bawa duduk.. kya lemez bgt....!!

kasih saya,, saran2 ya,,, bunda ???


Kamis, 05-02-2009 16:16:48 oleh: philip wibowo

selamat sore..bu dokter yang baik hati.
nama saya phi saya pemain basket, 2 bulan lalu lutut kanan saya terkilir. setelah itu saya pijat dan sekarang sudah mendingan, ketika berjalan tidak terasa sakit namun ketika lutut saya kencangkan atau dalam posisi jongkok, terasa sakit pada bagian luar dan bawah dari lutut saya. terasa nyeri. oleh karena itu seminggu lalu saya rontgen ternyata menurut hasil rontgen tidak ada masalah pada tulang lutut saya.
1. menurut bu dokter apa yang terjadi dengan lutut saya?
2. apa yang dimaksud dengan lipping patella?
3. apakah ada obat yang bisa membantu mengurangi rasa sakit?
4. ketika terjadi benturan terhadap lutut dari samping luar, terasa sendi mengalami gerakan dan bunyi "klek" yang menyebabkan rasa sakit? apa yg terjadi dengan lutut saya?
5. apakah mungkin sakit ditimbulkan dari saraf atau otot yang terdapat disekitar bagian lutut bukan karena tulang lututnya? ataukah karena sendinya?

mohon dengan sangat saran dari bu dokter agar rasa sakit yang saya derita dapat sembuh dan dapat pulih 100%?


Jumat, 06-02-2009 22:46:43 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Phi,

kemungkinan masih ada cedera jaringan lunak.
Untuk memastikan, bisa dilakukan USG jaringan lunak. Sementara menunggu agar terjadi pemulihan, pakai knee decker
Sudah pernah minum obat apa?
rasa sakitnya disertai berdenyut (seperti bisul) atau tidak?


Selasa, 10-02-2009 11:22:02 oleh: philip wibowo

terimakasih banyak sebelumnya..
bbrp hari lalu saya ke dokter orthopedhy, menurut dokter trsbt urat yang ada disekitar tulang ada yang robek, dan timbulnya sakit dikarenakan hal trsbt.
oleh dokter trsbt sy diberi obat "lonene", dan syukur puji Tuhan udah mendingan, walaupun masi terasa sakit klo ditekuk kblkg lbh merapat. obat trsbt brfungsi sbg ap?
klo saya bawa latian basket kembali apakah brmslh?
pemulihannya butuh brp lama? hanaya saja saya masi trauma dengan kecekluk trsbt..
terapi apa yang harus saya jalankan agar proses pemulihannya lbh cepat??
rasa sakit tidak muncul klo lutut dalam keadaan normal, rasa sakitnya hanya nyeri saja.
terimakasih banyak informasinya


Kamis, 19-03-2009 16:07:40 oleh: Yucha

dear ibu,

minggu lalu lutut kanan saya cedera, setelah main lompat tali..saat mendarat ada bunyi "krek" begitu. saat saya mau berdiri saya tidak bisa menapak sama sekali. Mau tanya apakah kondisi saya hampir sama seperti philip?

setelah dibawa ke tukang urut, sudah agak mendingan tapi tidak bisa jalan dengan sempurna(untuk berubah dr posisi lutut yang lurus ke bengkok masih menimbulkan rasa nyeri tapi tidak berdenyut). masih agak bengkak sedikit dan hangat tapi tidak ada kemerahan ataupun kebiru2an di sekitar lutut.

kalau ada urat yang robek, apakah bisa dilihat ciri2nya dengan kasat mata? berapa lama proses penyembuhannya? masih bisakah saya lari seperti kondisi awal?

terima kasih sebelumnya


Kamis, 16-04-2009 18:00:17 oleh: farni

bu seandainya cedera ankle sprain bisa ngga kalau olahraga pake ankle brace


Kamis, 16-04-2009 22:23:30 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mas/mbak? Farni, tergantung jenis olahraganya-
tapi kalau kaki hanya = penunpu, bsa


Sabtu, 18-04-2009 10:01:14 oleh: Farni

Makasih ya atas jawabanya bu


Jumat, 24-04-2009 12:20:39 oleh: Aan

Ibu,

Saya terpeleset dari tangga/undak2-an di teras rumah, engkel kaki kanan saya bengkak dan rasa nya sakit luar biasa, kejadian nya sudah 1,5 bulan yg lalu, saat ini bengkak nya sudah sedikit berkurang dan sakit nya juga sudah berkurang, hanya kalau saya tapakkan di lantai kemudian saya geser kesamping masih sakit.
Jari tengah sampai jari kelingking saya terasa agak kesemutan jika menurunkan kaki saya agak lama.
daerah mata kaki (kiri dan kanan) masih sakit jika ditekan.

saya di saran kan meminum Glokosamin kondroitin (pil) dan salep join fit. bagaimana pendapat ibu?

Saya ingin konsultasi ke Ibu, mohon alamat nya, email saya aan_krisnawan@yahoo.com

Terima Kasih,
Aan Krisnawan


Kamis, 30-04-2009 12:33:33 oleh: iMaN

Bu Dokter,
1 Minggu yang lalu, saya mengalami kecelakaan motor. Akibatnya terdapat luka memar dan seperti luka bakar akibat knalpot pada bagian betis, sehingga sangat sakit untuk berjalan dengan menapakkan kaki seperti urat betis ketarik. Kemudian saya coba urut ke "tukang urut", untuk mencegah adanya "salah urat" nantinya.
pada hari ke-4 saya coba ajak berjalan karena saya harus masuk kantor. akan tetapi...bagian bawah [mata kaki ke bawah] kaki saya menjadi membengkak tapi tidak terasa sakit [padahal sebelumnya bagian kaki ini tidak bengkak]. dan saya mengusahakan cara berjalan saya tidak pincang.

apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi problem ini bu ?

Terima kasih,
iMaN


Kamis, 21-05-2009 14:35:54 oleh: I Wayan Sudiana

Halo Ibu...
Satu bulan lalu saya jatuh main bola, kaki kanan saya terkilir, bengkak di pegelangan. Saya bawa ke tukang urut, dalam waktu beberapa hari sudah tidak bengkak lagi, tapi sampai sekarang tepat di bawah mata kaki saya masih terasa sakit dan kalo bangun pagi kaki tidak bisa langsung di luruskan(seperti melakukan jinjit). Tiap pagi atau malam selalu saya urut untuk melemaskan otot. Apa yang sebaiknya saya lakukan?
Terima kasih sebelumnya..
Wayan


Sabtu, 19-09-2009 23:55:20 oleh: Vania Damayanti (Anye)

Bu dokter yg baik, saya Anye (21thn) ingin berbagi cerita sekaligus berkonsultasi seputar cedera yg mendera sy. Kejadiannya tgl 7agt09, sy salah merosot saat bermain perosotan ekstrim yg terbuat dr parasut shingga kaki kanan sy kecekluk. Pd saat itu kulit kaki kiri dan kanan sy terkelupas&mngeluarkan cairan,kaki kanan (smpai mata kaki) sy terasa skt dan sy tdk bs menapak dgn smpurna,serta bengkak. Esoknya sy rendam kaki sy dgn air hangat dan sy beri betadine pd kaki yg terluka. Selanjutnya kaki hny sy beri betadine saja,sy pikir ini sepele,jd sy diamkan saja walopun kakikanan sy blm bs menapak. Seminggu kmudian sy dipijat tkg pijat langganan,kaki sy msh sakit. Sminggu brikutnya sy ke tkg urut yg sdh ckp terkenal namanya itu,dan dia memvonis tlg kaki sy ada yg bergeser. Kaki sy diberi penyangga kayu kmudian diperban. Bknnya tmbh baik tp justru tmbh skt,bhkn sakitnya menular hingga ke betis. 5 hari brikutnya sy kembali lg ksana,diurut lg,namun ttp terasa skt. 3 hari sesudahnya sy ke dokter spesialis ortopedi,dirontgen,tnyata tdk ada tlg yg bergeser,hny saja urat tendon achilles sy ketarik sgt kuat. Akhirnya dokter m'istirahatkan kaki sy dgn memberi strap pd kaki sy dan kaki sy dibentuk tdk 90derajat,kmudian kaki sy diperban shingga sy hrs pk kruk. Dokter jg mnyuruh sy mjlnkan fisioterapi slama 6x berturut2. Dokter jg memberi sy 3jenis obat: kalsium, 2 obat nyeri tulang. Stlh 11 hari strap dan perban sy dibuka, kaki sy terlihat mengecil. Pd saat itu kaki sdh tdk terasa bgitu skt,hny ngilu sdikit. Dokter pun sdh m'izinkan sy kuliah&naik tangga,sy diberi obat salep feldene,sy jg diberi wejangan spy sering2 melatih kaki sy. Namun spulang dr kuliah, kaki sy terasa sakit lg, sakitnya persis spt sakit wkt sy ke tkg urut ternama itu, dr mata kaki hingga betis (FYI, sy kuliah lantai 3, naik trn tangga,jarak kls ckp jauh). Jika kaki sy skt sy oleskan feldene atau sesekali sy oleskan balsem otot. Yg ingin sy tanyakan adalah:
1. Kaki sy kan sdh diistirahatkan 11 hari,knp


Minggu, 20-09-2009 00:01:21 oleh: Vania Damayanti (Anye)

...lanjutannya bu dokter:

1. Kaki sy kan sdh diistirahatkan 11 hari,knp bs skt lg ya dok? Apa krn naik trn tangga?
2. Sy bingung dok hrs bgmn lg, apa kaki hrs sy istirahatkan lg?
3. Kira2 brp lama penyembuhannya dok?
4. Apa saja yg tdk boleh kaki sy lakukan dok spy tdk skt lg?
5. Jika sy sdh sembuh nanti, adakah kemungkinan kaki sy akan mengalami cedera yg sama lg?
Mohon komentar dan jwbnnya dok, thanks before :)


Minggu, 20-09-2009 04:51:15 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Anye, tinggal di mana? Jangan hanya ke fisioterapisnya, ke dokter spesialis rehabilitasi mediknya, supaya di pandu, kapan istirahat dan kapan digerakkan. Agar tetap berfungsi baik dan tidak, mengecil.

Saya jawab tidak perpoint ya.Anye baca lagi artikel saya di atas, untuk mengatasi nyerinya, baca juga artikel saya: Kala nyeri harus terukur.


Kamis, 24-09-2009 18:57:44 oleh: Vania Damayanti (Anye)

Maaf bu dokter baru bales, aku tinggal di Pamulang dok.. Kalau sekarang ini sih alhamdulillah udah gak nyeri senyeri waktu itu lagi, tapi terkadang dari ibu jari kaki,mata kaki sampai betis suka bengkak, karena aku sering berjam-jam duduk tanpa menggerak-gerakan kaki, itu yg bikin kakiku jd bengkak ya dok? oh iya, selain itu untuk berjalan seperti biasa aku masih agak susah dok,msh kaku, blm begitu sempurna. Setiap pagi kaki aku jemur selama 30 menit, aku minum Neurobion 5000, dan juga kaki aku oles pake PARCOK, yg ktnya bisa melemaskan otot yg kaku. Bagaimana menurut bu dokter? Apa tindakanku ini sdh benar? Apa dokter ada saran lain supaya kakiku bisa normal lagi? Terima kasih atas waktunya membaca keluhanku ini, dok.. :)


Kamis, 24-09-2009 20:28:38 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Anye, cermati lagi tulisan saya di atas. RICE-
saya agak ngga mengerti mengapa mesti di jemur. C(ompresion) penting


Senin, 28-09-2009 10:17:27 oleh: Adin

Bu Dokter,
saya adin 24th, saya punya masalah dengan kaki saya, saya tidak kuat klo jongkok terlalu lama, klo kelamaan jongkok betis saya terasa kaku & keras, trus dipergelangan kaki terasa sakit. tidak seperti kebanyakan orang, badan saya tidak bisa seimbang klo jongkok di dasar yg rata & badan lebih berat kebelakang. Hal ini sudah saya alami dari kecil.
Apa penyebabnya dok? bagaimana cara mengobatinya?
Terima kasih atas bantuannya dok.


Sabtu, 17-10-2009 08:44:04 oleh: shevie

pagi..

saya mengalami cedera engkel.. niey dah k 2x nya engkel yg parah ammpe bengkak,sebelum'y dah sering kena tp g bengkak cmn ngilu-ngilu ajh....
kbtulan saya suka voli,, penyembuhan cara cpet gmn yah....?

mksh..


Selasa, 27-10-2009 11:41:54 oleh: Rama Wahyudi

Saya yudi umur 28 thn di aceh, seminggu yg lalu kecelakaan dan lutut kiri saya sangat sakit bila bergerak, akhirnya dironsen di RSU hasil tulangnya tidak patah.. mungkin terkilir ato terpelintir... saya dibawa ke tukang urut, kaki saya di luruskan dan di lipat.. sangat sakit rasanya, dan lutut kaki saya diberi krem serta diperbani.
esoknya konsul kedokter dan diberi obat anti nyeri dan obat vit tulang serta vitamin makanan.
Pertanyaan.
1. Hari pertama saya masih dibopong untuk aktifitas, dan hari kedua pakai tongkat. setelah 6 hari perban saya buka dan sudah bisa jalan dikit2 tp dgn agak bengkok 75 derajat, lutut masih agak goyang2 gitu serta kaki saya tidak bisa tegak lurus dan lipat sampai 45derajat, seperti dilutut atas terganjal, kira2 kenapa ya dok..?
2. Saya cerita ketemen dan cara info melalaui internet kebanyakan sarannya kena urat gerak dan harus dioperasi, saya jadi takut... kalo saran dokter gmn?
3. saya posisi di Aceh, bila ronsen urat atau otot lutut yang ada diindonesia dimana dan sekitar brp biayanya? supaya kita tahu apa ada yg cedera (putus atau rusak)?
4. Ada juga yang menyarankan kepenang, menurut dokter gmn? untuk operasi besar mana biayanya indonesia dan penang?
Demikian pertanyaan saya semoga dibalas dengan cepat dan akurat, atas perhatian dokter saya ucapkan terimakasih.
Salam saya.


Selasa, 17-11-2009 23:19:40 oleh: yuda hardika

Mata kaki istri saya bengkak setelah beberapa menit jatuh pada saat bermain voli. Keesokan harinya di bawa ke Sinshe. selama 2 minggu setiap 2 hari sekali dibawa ke sinshe untuk diganti perban dengan obat yg ditempelkan di kaki. Setelah 2 minggu,menurut sinshe sudah tidak ada masalah dan sinshe memberikan param dingin untuk menghilangkan bengkak. Namun hingga minggu ketiga bengkak di mata kaki belum hilang. Bagaimana mengatasinya dokter


Jumat, 20-11-2009 14:37:52 oleh: Risda Siboro

sore dok...

saya seorang ibu yang sudah memiliki 2 anak..begini dok..setelah saya melahirkan anak kedua, ada terasa kelainan dikedua pergelangan kaki saya. setiap kali saya mau melangkah kedua telapak kaki sampai ke pergelangan kaki terasa sakit tetapi setelah beberapalama berjalan nanti sakitnya hilang dengan sendirinya..kira2 itu jenis penyakit atau karena tubuh saya yg sudah mulai gemuk ya dok? terima kasih sebelumnya dok.


Sabtu, 28-11-2009 07:42:47 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Ibu Risda, coba baca artikel saya di Wikimu, bertajuk : Serangan Fajar


Minggu, 03-01-2010 07:26:18 oleh: iis marlina

assalamu'alikum , bu Dokter YTH,saya mau bertanya ,,sejak selesai melakukan shalat tarawih duduk diatara 2 sujud ,saya bingung namaNya engkel atw diatas tumit yg tonjoL itu loch,terasa sangat nyeri,senut kalo saya habis duduk,diri lama,berjalan dan tiduran maka akan terasa sakit saat berdiri,saya sdh urut tapi tdk membaik,mohn saran karena nyerinya sangat tdk enak dan saya mumpunyai kamar diatas,jd sering beaktifitas naik turun dan itu sangat menyakitkan saya mohon bantuanNya,apa yg saya derita dan solusiNya terima kasih


Senin, 04-01-2010 11:24:57 oleh: Hendrik

Tgl 27 Desember kemarin saya mengalami kecelakaan pada kaki kanan saat main futsal. Langsung di rontgen dan dari hasil rontgen ada tulang yang patah (fracture distal) dan pengeseran posisi engkel kata dokter ahli radiologi. Berhubung pada saat itu dokter ortopedi sedang liburan natal dan tahun baru maka saya memutuskan ke tukang urut. Disana kaki saya hanya diputar2 dan ditarik agar posisi engkel kembali, pada bagian yang patah hanya diberi ramuan obat dan dibalut dengan kayu. Sekitar pergelangan kaki mengalami pembengkakan dan sampai saat ini masi hanya saja sudah berkurang bengkaknya.
Kenapa bengkaknya tidak hilang2? dan kenapa pada saat sehabis tidur dan mau berjalan menggunakan tongkat rasanya kaki ini nyeri sekali pada tempat patah dan engkel kaki?


Senin, 04-01-2010 22:11:31 oleh: surya

Maap Bu Dokter, 3 bulan yang lalu kaki kanan saya pada saat main basket keseleo dan sampai Bunyi ketika kejadian, saya kasih Balsem dan di urut kemudian di kompres pake jahe,biji pala, belao dan bawang merah, setelah 3 hari saya udh bisa jalan meskipun masih agak bengkak,dan saya juga minum anti biotik atas saran tukang urut, kemudian setalah 2 minggu bengkaknya mulai hilang tapi mata Kaki saya aga beda bentuknya dr mata kaki yang kiri,setealah tiga minggu saya keseleo lg pada kaki yang sama, saya biarkan saja setelah lama2 kelamaan kaki saya terasa skt dan saya urut lg tapi sampai skrg kaki saya msh sakit pdhl sdh di urut, apa yang hrs saya lakukan supaya kaki saya tdk sakit lg?, saya 3x seminggu main bola dan 2x seminggu main basket skrg ini.apakah saya hrs Istirahat dulu?...


Rabu, 06-01-2010 08:15:11 oleh: rara

bu dokter, mau tanya.
anak saya masih usia 2 tahun tapi ada masalah di pergelangan kakinya.
dokter tempat kami periksa menyarankan dalam waktu beberapa minggu kedepan selain fisiotherapy jg untuk menggunakan sepatu boots sebelum diberikan tindakan lebih lanjut.
pertanyaannya, sepatu boots model seperti apa yah yang bisa digunakan anak saya, dan apakah ada kriteria tertentu untuk kasus ini.
terimakasih.


Sabtu, 13-02-2010 19:09:32 oleh: irul kalzer

5af sblmnya......bu dkter saya mau nanya,jd bgni 2bln lalu saya kna cdera engkel...sekarang sudah mending,tp klo tlpk kaki digerakka ke dalam terasa sakt.tp sdh kuat buat main sepakbola lg and dapat berjalan normal,bagaimana caranya menghlangkan rasa sakit itu?


Jumat, 19-03-2010 08:49:58 oleh: dian ramadhan

Ass dok saya dian saya mau bertanya?
kasus saya pertama terkilir saat saya bertanding di takwondo, engkel kaki saya ternyata bengkak besar dan saya bawa ke patah tulang, ternyata kata dia engkel kaki saya geser setelah dibalikan kembali mendingan, tapi kasusnya kenapa engkel saya gak bisa normal kalo lagi jalan sering melesat kembali terkilir bengkak di mata kaki, dan selalu begitu bila sudah diurut, yg mau saya tanyakan adakah obat untuk engkel saya agar tidak kumat2 lagi kalo letih berjalan mohon dibalas ya dok ke email saya TOLONG masalahnya saya tersiksa kl berjalan lama pasti terkilir lagi dan bengkak sebelumnya TERIMA KASIH WASALAM.


Jumat, 19-03-2010 08:54:00 oleh: dian ramadhan

Maaf dok saya lupa tolong balasnnya Ke email saya asolatu@yahoo.co.id sebelumnya terima kasih


Selasa, 23-03-2010 14:41:29 oleh: Deni Halim

bu dokter, saya keseleo akibat lompat dari tangga darurat (terburu-buru)dan jatuhnya tdk napak sehingga pergelangan kaki masuk ke dalam dan krekk,,sakitnya minta ampun,,,pergelangan kaki bengkak sampai kaki bawah,,terutama pergelangan kaki bengkaknya gede kaya bangkoang,,,saya rongten tdk ada tulang yg patah,,,saya pakai voltaren,counterpain,kencur,arak gosok,obat dokter dan terakhir selama 1 minggu diurut terus. Alhasil setelah 2 mg bengkaknya agak kempes,,dan nyerinya berkurang,tetapi saya blm bisa berjalan normal karena masih terasa kaku,pegal dan nyeri sehingga menggunakan krug. Yg saya mau tanya,,utk menghilangkan bengkaknya secara total dan cepat(dipergelangan kaki masih ada bengkaknya ), pakai obat apa?cedera begini memakan waktu brp lama agar sembuh total dan bisa berolahraga normal? thanks


Jumat, 23-04-2010 11:16:08 oleh: Maya

Selamat pagi bu dokter,

Saya punya masalah dengan betis dan kedua mata kaki saya.
Waktu itu kejadiannya pertama kali pada kurang lebih 1,5 tahun yang lalu. Sepulangnya saya dari kantor, tiba2 kaki saya sangat bengkak, tidak terasa sakit sama sekali,tapi kalau dipegang kedua betis saya sangat keras sekali. Dan kedua mata kaki dan punggung kaki saya bengkak. Tidak ada perubahan warna kulit sama sekali. Akhirnya pada waktu itu, saya memutuskan untuk pergi ke rumah sakit diantar oleh mama saya. Oleh dokter , saya diberikan obat lancar buang air kecil sejumlah 20 tablet dan harus dihabiskan semuanya. Setelah saya minum habis semua tablet dr dokter tersebut, bengkak saya hilang dan berat badan saya turun beberapa kg.

Tapi,kejadian itu muncul lagi 3 bulan yang lalu,dan saya kemudian pergi ke dokter praktek.Disana saya diberikan obat lancar buang air kecil sejumlah 4 tablet dan vitamin B sejumlah 20 tablet. Sudah saya minum dan hasilnya bengkak saya hilang,tapi kalau saya makan seafood,kaki saya jadi bengkak lagi.

Dan sampai sekarang saya bingung harus kemana lagi,karena sampai sekarang saya masih belum punya waktu untuk pergi menemui dokter lagi dan bengkak saya belum juga hilang sampai hari ini.

Saya minta tolong nasehat dari dokter dan cara 2 mengatasi/menghilangkan bengkak tersebut secara alami,karena dari kejadian pertama kali sampai sekarang saya nggak pernah memakai sepatu berhak tinggi, nggak pernah punya masalah dengan buang air kecil dan saya selalu menggantung kaki saya lebih tinggi dari badan saya agar bengkaknya berkurang tetapi alhasil bengkak itu masih ada sampai sekarang.

Apakah kurang makan nasi,kurang gerak,sering duduk,kurang olahraga,bisa menyebabkan kaki bengkak juga dok ?.Karena jujur saja, saya hampir tidak pernah makan nasi setiap harinya,baik di kantor maupun di rumah.
Apakah saya berarti punya penyakit beri-beri dok ?.
Saya mohon saran,nasehat dan tips2 dari dokter agar bengkak saya tidak timbul lagi selamanya.Terima kasih.


Jumat, 23-04-2010 12:20:44 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak Maya,
Usia berapa, dan apakah aktivitasnya banyak "diam", duduk?

Coba olah raga dengan banayk gerakan pada tungkai bawah dan kurangi duduk lama.

Luangkan waktu untuk mencintai diri sendiri. Pergi ke spesialis penyakit dalam,untuk dilakukan pemeriksaan mencari penyebab dasarnya.


Jumat, 23-04-2010 12:44:22 oleh: Maya

Terimakasih bu dokter, atas jawabannya.

Usia saya sekarang (tahun ini) 29 tahun.
Aktivitas saya sehari-hari bekerja di sebuah perusahaan swasta dari hari senin - sabtu duduk dibelakang komputer sebagai accounting.

Tapi,tiap harinya saya juga agak lumayan naik-turun tangga karena ruangan kantor saya berada di lantai 2,tapi seringnya memang duduk.

Kira-kira ke dokter penyakit spesialis penyakit dalam bagian apa ya dokter tepatnya ?.

Apakah mungkin bisa langsung sembuh bila saya mendatangi pijat refleksi ??,karena bagian betis dan pergelangan kaki saya serasa diikat tali sangat kencang dan dagingnya kalau dipencet keras dok (seperti ada cairan didalamnya).


Jumat, 14-05-2010 12:56:52 oleh: alin

selamat siang bu dokter,
hampir selang 2 minggu yang lalu saya kecelakaan motor. kebetulan waktu kecelakaan saya jatuh ke kanan sehingga ada luka di mata kaki bagian kanan. kaki kanan disekitar mata kaki itu bengkak. engkel kaki saya bengkak sampai sekarang dan masih terdapat biru2 lebam (*agak keungu2an). kalau saya gerakan(putar secara pelan2 tidak sakit sehingga saya memutuskan untuk tidak rontgen. saat luka juga langsung dikasih betadin dan steril dengan alkohol. kira2 bengkak yang sampai sekarang masih saya rasakan dan jika saya tekan disekitar mata kaki agak sakit. apakah kira2 tulang saya ada yang retak? apa saya perlu rontgen? mengingat ini sudah 2 minggu.
kira2 efek jangka panjangnya apa?'
Mohon masukannya
terima kasih


Rabu, 19-05-2010 12:02:48 oleh: fitra triana

buk saya mw tw kesimpulan dari sprind ankel apa maksih ibu


Minggu, 30-05-2010 08:50:28 oleh: heri

doc saya mengalami kecelakaan motor dan kaki bagian bawah antara mata kaki dengan jari tertindih motor, gak ada luka tapi sakit, dah ke alternatif engan cara dipijat sudah sedikit lumayan. keluhannya bila dijalankan kaki terasa sakit tapi bila duduk tidak terasa sama-sekali. gimana solusinya tnpa operasi karna biaya operasi untuk tulang mahal. ditunggu informasinya


Minggu, 30-05-2010 18:18:28 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Heri, sebaiknya tidak di pijat. Kalau ditapakkan sakit, jalan dengan satu kaki, pakai kruk, sampai kaki bisa ditapakkan. jangan langsung menpak penuh, menapak sebagian beban berat badan, bertahap sampai bisa menahan beban penuh.


Selasa, 22-06-2010 09:35:50 oleh: Wibowo

Selamat pagi bu dokter,

Sudah +- 5bulan saya punya masalah kaki kiri dari pergelangan sampai 5 jari kaki tidak bisa di gerakkan ke atas,kalau gerak kebawah,nyamping normal-normal saja dan tidak ada rasa sakit ataupun nyeri,

Saya mohon saran,nasehat dan tips2 dari dokter agar kaki saya bisa bergerak keatas seperti semula
Terimakasih sebelumnya.

Note: saya bingung sudah ke dokter umum katanya struk ringan,ke alternatif katanya kolestrol,ke rumah sakit di suruh rutin f terapy ke dokter tempat bekerja katanya itu tidak bahaya nanti saya kasih obat penguat atot juga sembuh.


Rabu, 23-06-2010 15:09:38 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Kami menamakannya droop foot. Untuk pulih, yang harus di cari penyebabnya. ada persyarafan yang "terganggu" sehingga pergelangan kaki dan jari tak dapat digerakkan ke atas. Stroke mungkin salah satu penyebabnya.

Jumpai dr spesialis syarat atau spesialis rehabilitasi medik . untuk jangka pendeknya, hati- hati berjalan, jangan sampai jatuh karena tersaruk.

Usia berapa?


Rabu, 21-07-2010 16:13:15 oleh: Fendy Liu

saya fendy umur 22
saya mengalami enkle sekitar 2bln lalu dok, pas bsk nya saya ke shin se pergelangan kaki saya di benerin trs diperban dan itu baru boleh dilepas 2minggu dan balik lagi ke shin se tersebut, tapi pas hari ke 10 saya udah copot perban dan g balik lagi ke shinse itu,sekitar 1bln nya saya futsal lagi dan dicoba untuk menendang bola ternyata nyeri, ada waktu itu saya menendang dengan keras nyeri terasa tapi beberapa jam sudah hilang. dan sekarang sudah terhitung 2bulan lebih kaki saya keliatan bengkak tetapi di pencet tidak sakit dok, untuk jalan tidak sakit, saya juga sempat badminton tapi gapapa, tapi kok posisi tulang kanan saya yg enkle itu beda dengan kaki kiri saya y dok...
apa nanti ini pergelangan kaki saya yg kanan bisa balik semula...?soalnya untuk dibuat lari saat ini masih ada rasa nyeri sedikit..mohon saran dari dokter..mungkin ada saran untuk terapi kaki saya...thx dok...


Rabu, 21-07-2010 16:24:56 oleh: Fendy Liu

maaf bu dokter saya lupa, bu dokter kalau ngga keberatan bisa balas di email saya...fendy_liu88@yahoo.com
thx dok...


Rabu, 10-11-2010 02:28:29 oleh: Victor Christian Samuel

Dok, sya punya kejadian aneh sekali dan bisa diblg agak tdk masuk akal. sya berumur 29 thn. suatu saat tanpa terjadi apa2 (keseleo,jatuh,dll), mata kaki sya sakit bila dipencet dbagian tertentu, dan dlm beberapa jam nyerinya makin bertambah sampai sya hampir tdk tahan, anehnya Dok, kaki sya tidak terjadi pembengkakan sama skali, tdk biru,dll..,namun semakin lama mata kaki saya makin sakit bahkan tdk hanya dititik tertentu, namun menjalar melingkar dimata kaki menuju kearah betis. menurut dokter ini knp yah?sya sampai bingung..,tdk ada kecelakaan,kejadian, tp kok mata kaki sya seakan akan seperti habis keseleo dan terus bertambah sakit..hingga berjalan saja sya sdh hampir tidak bisa (kaki kanan yg terkena). menurut dokter sya ini knp ya? sampai teman2 dan istri sya menganggap sya pura2.pdhl sya bener2 sakit. makasih sebelumnya..


Rabu, 10-11-2010 02:32:08 oleh: Victor Christian Samuel

Kalo Dokter berkenan bisa email sya terkait penyakit sakit dimata kaki sya ini baik melalui forum ini maupun lwt email saya : christian.berrypoin@gmail.com. thx sebelumnya Dok


Jumat, 07-01-2011 19:26:53 oleh: Alfine Putra Dhanendra

bu dokter, saya anak umur 12 tahun, sekitar 3 minggu yg lalu saat saya bermain basket, saya loncat lalu salah jatuh. saya jatuh dengan posisi mata kaki luar menyentuh tanah (kaki kanan). saat itu, mata kaki saya langsung menjadi besar. siangnya saya ke tukang urut, katanya ankle saya semacam kebuka, dan agak parah. sekarang saya sudah bisa jalan walaupun masih pincang, tapi kalau kaki saya ditekuk ke arah dalam, di sekitar mata kaki luar saya masih nyeri, dan kalau di tekuk kedepan (kebalikan posisi jongkok) juga agak sakit. pertanyaan saya :

1. apakah cedera saya ini akan lama sembuhnya? kira-kira butuh waktu berapa lama?
2. apa yang bisa saya lakukan agar kaki saya cepat sembuh?
3. apa efek dari cedera saya ini untuk kedepannya?
4. apa saya masih bisa bermain basket?


tolong dijawab bu, melalui forum ini, atau email saya (adhanendraputra@yahoo.co.id)

sebelumnya saya ucapkan terima kasih..


Selasa, 11-01-2011 09:52:19 oleh: muslim

Assalamualaikum bu dokter nama saya muslim umur saya 49 th, saya jatuh dari atas plapon rumah tumit kaki saya terbentur lantai sudah diurut dan sudah dirongsen kata dr tulang kaki saya tidak ada yang bergeser cuma ada retak ditumit saya dua2nya dan tidak boleh diurut takut tumit saya yang retak bergeser lagi udah dikasih obat sama dr seperti Tramadol 50, calcifar plus, Calvita, Voltadex,dan neurodex Rasa nyeri udah agak hilang namun bengkak di kaki sya belum juga hilang dan sampai sekarang udah 1 bulan kaki saya tidak bisa berdiri kalau dicoba untuk berdiri rasa nyeri pada tumit saya masih terasa. Tolong bu dokter obat apa untuk menghilangkan bengkak saya dan obat apa untuk menghilangkan rasa nyeri pada tumit sya biar kuat untuk berdiri. Saya seorang guru udah satu bulan saya tidak mengajar tolong bu dokter solusinya terima kasih atas jawabanya.


Kamis, 19-05-2011 01:01:24 oleh: Irwan Kurniawan

asallamualaikum wr--wb,
salam hangat bu dokter yang baik hati.
perkenalkan saya irwan umur 24 tahun,saya ada pertanyaan seputar mata kaki saya yang terasa nyeri dan tulangnya agak membesar.5 tahun yang lalu saya mengalami salah jatuh dengan posisi mata kaki tertumpu pada tanah yang keras akibatnya mata kaki saya bengkak dan bengkak.setelah di pijat dan memakai balsem kaki saya agak mendingan bisa di bilang di katakan sembuh walau 50% saja,walaupun setiap berlari/berjalan tiba2 engkle kaki saya keseleo.yang menjadi pertanyaan besar di hati saya,kenapa sakit di kaki saya kambuh lagi dan mata kaki saya mulai membengkak?adakah kemungkinan tumbuh tulang di mata kaki?mohon saran dan solusinya karena rasa sakit dan pegal di mata kaki saya mulai mengganggu aktifitas sehari-hari.saya tunggu balesannya.sekian dan trima kasih ^_^
wasalamualaikum wr--wb.


Sabtu, 16-07-2011 22:09:33 oleh: Rudy Sugono

dok,mohon pencerahan untuk kasus yg saya alami.
pergelangan kaki saya pernah keseleo akibat bermain bola. terjadi sekitar 3 s/d 4 thn yll, sudah diurut berkali2 karena merasa tdk ada perubahan saya mencoba terapi tusuk jarum,ini jg tdk terasa perubahan positif, sekarang saya merasa untuk berjalan menjadi kesulitan krn telapak kaki menjadi tdk sensitif, pergelangan kaki menjadi kaku untuk bergerak tetapi tdk ada pembengkakkan. tindakan apa yang hrs saya lakukan,dok...


Sabtu, 23-07-2011 00:25:57 oleh: Ary

dok..
cedera engkel saya udh semingguan, tapi bengkaknya belum jg hilang, yg sy mau tanyakan

mana terlebih dahulu sy gunakan kompres dgn air hangat dulu atau pake es terlebih dahulu, trus brapa lama sy menggunakan metode kompres tsb

obat apa yg sy hrus konsumsi selama masa penyembuhan?


Sabtu, 23-07-2011 07:17:10 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Rudy, kalau sudah empat tahun pastinya ada yang harus di perhatikan. Silahkan mengnjungi dokter yang akan memastikan penyebabnya dulu.

mas Ary, sebaiknya es dulu, lalu lakukan RICE dengan tepat. Obar anti inflamasi paling tepat.


Sabtu, 26-11-2011 00:09:58 oleh: santoso budi utomo

pernah satu kali kaki saya terkilir pada saat menuruni tangga hingga membuat saya terjatuh, sakit/bengkak ? pasti....! seperti kebanyakan orang kaki saya diurut/dipijat oleh orang yang dianggap bisa oleh orang sekitar kita, saat itu kaki saya terasa membaik, tapi apa mau dikata belakangan saya baru sadar kaki yang terkilir tersebut rupanya mengecil dibandingkan kaki satunya dan jalan saya menjadi pincang, apabila dipake jalan cepat/lari kaki tersebut terasa tertinggal tidak responif spt kaki satunya, dan kadang otot dipinggang saya terasa tegang terutama yang ada kaitannya dengan kaki yang mengecil tersebut, gejala apa itu ya dok ? terima kasih


Kamis, 01-12-2011 08:14:10 oleh: Sandy Mochamad

Ass,tmn saya tgl 26-11-2011 ketika lay up dalam prmainan bskt,wkt mendarat salah posisi kaki kanan
'y menghdp ke dalam..otomatis tu engkel.Oleh saya langsung dbri kmprs es.trs di anjurkan di rmh dngn sistem RICE itu selama 3 hr.bengkak + sakit dh brkuran,tp engkel'y menjadi ungu..s'hr kmudian oleh saya d suruh dkmpres pake air panas dengan uap'y trlbih dhulu..
apa yg mnybbkn mnjd ungu?akibatnya apa?

mksh


Kamis, 01-12-2011 10:34:44 oleh: Sari

Assalamualaikum bu dokter nama saya sari umur saya 22 th, sekitar 3 tahun yang lalu saya mengalami sakit pada kaki yg kemudian membengkak tanpa tau pnyebabnya. Karena panik,ibu saya langsung membawa saya ke tukang urut,tetapi setelah itu ternyata bengkak pada kaki saya semakin parah. Sampai saat ini nyeri pada kaki,terlebih pada mata kaki saya masih terasa,apalagi jika saya terlalu banyak beraktifitas dilapangan. Tolong bu dokter obat apa untuk menghilangkan bengkak saya dan obat apa untuk menghilangkan rasa nyeri pada engkel kaki sya biar nyaman untuk berjalan aplg berlari. Saya seorang petugasa lapangan peternakan,tolong bu dokter solusinya terima kasih atas jawabanya.


Selasa, 06-12-2011 09:35:45 oleh: Joko Priyono

Assalamu'alaikum wr.wb,,,
Bu dokter,,saya dulu mengalami terkilir lutut sampe tempurungnya pindah,,sama dokter orthopedhi disarankan operasi,,tp saya ngga mau hanya menjalani terapi,,alhamdulillah skrng dah sehat tp g bisa aktivitas olahraga yg lompat2,karena dah ngeri,,kemarin saya liat langsung waktu adik saya olahraga jg mengalami hal yg sama,,ngeri ngeliatnya,,lutut trkilir karena waktu terjatuh kaki nekuk terkilir sampe tempurungnya pindah,,aq lngsung tarik kakinya dan kembali ke tempat semula,cuma gmn penanganan selanjutnya,,mohon saran ibu,,tks sblmnya,,,
Wassalam,,,


Selasa, 06-12-2011 10:55:12 oleh: Joko Priyono

Assalamu'alaikum wr.wb,,,
Bu dokter,,saya dulu mengalami terkilir lutut sampe tempurungnya pindah,,sama dokter orthopedhi disarankan operasi,,tp saya ngga mau hanya menjalani terapi,,alhamdulillah skrng dah sehat tp g bisa aktivitas olahraga yg lompat2,karena dah ngeri,,kemarin saya liat langsung waktu adik saya olahraga jg mengalami hal yg sama,,ngeri ngeliatnya,,lutut trkilir karena waktu terjatuh kaki nekuk terkilir sampe tempurungnya pindah,,aq lngsung tarik kakinya dan kembali ke tempat semula,cuma gmn penanganan selanjutnya,,mohon saran ibu,,tks sblmnya,,,
Wassalam,,,


Kamis, 15-12-2011 04:48:09 oleh: noer kholifah

assalamualaikum....

bu dokter krmarin saya jatuh sepertinya biasa tapi langsung gag biza jalan dan langsung bengkak d pergelangan kaki ...semakin lama semakin besar bengkaknya, d daerah d dekat telapak kaki kanan dan kiri terlihat kebiruan .. bagaimana cara mengatasinya ??, makasih bantuannya .

wassalamuallaikum...







Senin, 02-01-2012 04:47:46 oleh: eka

Hai Dok,

1 bulan lali saya jatuh dari tangga, ketika itu saya merasakan kaki saya bunyi 2 kali dan posisi mata kaki bagian luarnya menyentuh tanah,kaki saya langsung bengkak.1 jam setelah kejadian kaki saya langsung diurut,sakit bukan main.besoknya bengkak bertambah disekitar engkel kebawah sampai jari.
sekarang keadaan kaki saya mulai membaik setelah diurut beberapa kali tapi yg kalau saya gerakan kaki kedalan masih terasa sakit dan kalau dipakai berjalan sepeti ada yang tertarik, rasa sakit seperti bisul pun masih terasa disekitar mata kaki. kalau sehabis duduk/tiduran kemudian saya pakai jalan langsung terasa cenut2 habis itu bengkak lg.
saya minta solusi nya dok..baiknya kaki saya harus diapakan agar kembali normal?
teeia kasih banyak dok.


Senin, 09-01-2012 10:42:41 oleh: ina

buk dokter makasih artikelnya. dok, saya 14hari yang lalu pernah terjatuh ( melewati dua tangga). pertama kali kena kedua telapak kaki sulit saya injakkan dok.

awalnya:
awalnya saya diurut sampai 3 kali urut, telapak kaki saya membengkak dan agak memerah...setelah diurut kaki saya sudah bisa sedikitdigerakkan namun untuk berjalan masih sangat kesulitan

beberapa harikemudian sakit nya sudah berangsur2 berkurang. karena saya juga kuatir, maka 5hari kemudian saya berobat ke dokter spesialis orthopedi, kemudian saya dirotgsen, hasilnya : ada 2 titik tulang ( tulang yang dekat dengan jari kelingking kaki sebelah kiri dan tulang yangdekat dengan ibujari kaki sebelah kanan )retak, alhamdulillah kata dokter tidak perlu dioperasi hanya istirahat total 3 minggu . insyaAllah bisa segera pulih lagi. dokter memberi saya obat nutriflam dan calplex.

sekarang:
sekarang setelah 14 hari...kaki saya mulai berangsur2 baikan...nyerinya hanya sedikit.saya klo berjalan dibantu dengan 2 tongkat untuk menopang berat badan saya. ada hal yang mau saya tanyakan keibuk ;
1. kenapa klo saya sering berjalan, terkadang ngak pakai tongkat...kaki kanan saya sering membengkak...trus klo berjalannya sedikit bengkak berkurang? klo udah bengkak apa yang harus saya lalukan utk pengobatannya dok?
2. dok, saya klo berjalan, kaki yang saya injakkan titik2 yang tidak retak. Apaseperti itu baiknya dok?
3. kenapa klo retak tidak dioperasi? ( untuk kasus saya )

terimakasih jawabannya dok.


Minggu, 29-01-2012 22:49:22 oleh: shaumi hidayati

buk dokter, saya shaumi,
ibu saya cedera jatuh dari tangga, dan setelah jatuh 10 menit kemudian baru terasa sakit, sepertinya kakinya terkilir,
besoknya ibu saya pergi ke tukang urut, dan seperti yang dialami mas "Haryo". kakinya diputar2 sehingga sampai berbunyi, dan dinyatakan tulang kaki ibu saya sudah kembali sempurna, setelah 3 hari bengkak pada kaki ibu saya tak kunjung sembuh,

pengalaman dari tetangga2 saya, kalau kaki masih bengkak, kemungkinan kaki'a masih terkilir.

lalu ibu saya kembali lagi ke tukang urut tersebut, dan dinyatakan kalau masih ada bagian yang terkilir.

dan setelah di urut lagi tapi setelah 2 hari, bengkak tak kunjung reda,

lalu ibu saya memustuskan untuk me ronsen/USG.
malamnya hasil USG keluar dan dokter menyatakan bengkak tersebut akibat dari ada retak pada tulang tumit,dan disarankan untuk di gips

lalu,mencoba mencari pengobatan tradisional untuk mencari bantuan memberi gips pada kaki ibu saya,

dan keadaan ibu saya mengalami keadaan seperti yang dokter sebutkan
Tidak dapat berjalan lebih dari empat langkah

- Perubahan ”bentuk” , selain bengkak

- Sangat sakit saat mata kaki di tekan

- Kehilangan ”perasaan” terutama pada ibu jari kaki

- Nyeri dan bengkak pada:


apa ada solusi dari buk dokter, karena ibu saya telah dinyatakan retak pada tulang tumit'nya.

tolong post pada email saya shaumizamzami@gmail.com / zkshaumi@ymail.com

saya berharap sekali bantuan buk dokter..


Senin, 13-02-2012 18:13:24 oleh: Achmad Sanusi

Saya sanusi, usia 22 th di Bandar Lampung
Pd tgl 3 jan 2012 sy kecelakaan ditabrak mobil dr depan paha robek tp udah dijahit dan prgelangan kaki bengkak, punggung kaki ada luka tp udah kering dikompres rivanol sama diolesin obat cina die da yao jing. Yang jd masalah sekarang bengkaknya msh ada walopun tidak sebesar kemarin2 dan kaki sangat nyeri, saat tiduran atau duduk tidak sakit tp pas dibuat berdiri sakit seperti ditusuk/ngilu rasanya pingin jatuh. Dari pemeriksaan x ray tulang ga ada mslh.
* Apa sebenarnya yg saya alami ini ?
* Apa obat yang bisa menghilangkan rasa nyeri yg sy rasakan sehingga saya bisa jln tanpa harus menahan sakit ?


Minggu, 08-04-2012 14:45:12 oleh: Syahminan Dongoran

umur saya 27 tahun.mau tanya bu dokter,2 tahun lalu saya pernah cedera engkel sewaktu main badmintone...saya bawa ke tukang urut dan sembuh.tetapi seiring berjalan waktu sekarang sering kambuh apalagi kalau sudah main futsal..saya sudah pernah ke dokter..tidak ada retak tulang..dokter bilang mungkin sudah peradangan tulang..tepatnya di bawah mata kaki sebelah kanan.jadi saya sekarang hanya mengandalkan obat anti nyeri dan radang dok...saya takut sekali ketergantungan obat..ada solusi dok bagaimana supaya sembuh dan tidak harus minum obat..dan saya bisa lebih berani lagi bermain futsal


Senin, 07-05-2012 13:25:15 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mas Syahminan Dongoran

Coba memakai bidai pada pergelangan kaki saat main futsal, sehingga tidak terjadi cedera baru pada pergelangan kaki, dengan demikian tidak sakit dan tak perlu minum obat.



Rabu, 16-05-2012 21:28:58 oleh: Franky

Malam, sore tadi pergelangan angkle kaki saya terkilir saat turun tangga saya tidak melihat ada anak tangga terakhir. Jadilah posisi jari kaki terlipat kebelakang pada saat jatuh.
Saat itu masih bisa dipakai jalan meskipun agak terasa sakit, malam ini dilihat ternyata pergelangan dan mata kaki bengkak dan sangat sakit apabila menapak lantai..

Mohon masukannya bagaimana cara pengobatannya, apakah boleh diurut (sinshe) dalam kondisi seperti ini? Dan obat apa yang harus sy konsumsi

Apabila berkenan harap dibalas ke f_wirachman@yahoo.com


Kamis, 17-05-2012 05:43:30 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

Mohon baca kembali artikel saya , saat ni sebaiknya kaki yang sakit di istirahatkan. Untuk mengurangi bengkakna, R= rest, istirahatkan, I=ice-icing, berikan kompres dingin,g= compresion, bebat dengan elastic bandage; E= elevation= angkat.

meredakan sakit, minim golongan NSAID.

Saya tidak mengerti prisip dasar kerja sinshe, tetapi istirahat dan tidak di manipulasi pergelangan kaki yang sakit, menurut saya paling baik.


Jumat, 18-05-2012 11:19:49 oleh: heru

salam bu dokter, senang sekali menemukan blog ini, setelah sebelumnya banyak membaca artikel2 dan forum tentang tulang...hari ini pertama kalinya bertemu dg nama dan komentar ibu di blog ibu dokter Nury Nusdwinuringtyas ..berharap bu dokter bisa memberikan masukan/solusi tuk masalah saya.

anak saya umur 3 tahun, mulai 1,5 tahun cara berjalan agak aneh..yg terlihat klo berjalan seperti di putar kaki kanan nya, kaki kirinya juga, sehingga telapak kakinya sedikit masuk ke dalam saat berjalan. sementara klo berdiri tegak bisa lurus,,,saya mau bertanya sebenarnya masalah anak saya itu di telapak kaki atau di tulang pinggul ya dok?

karena waktu saya mau beli sepatu dr kong, sepertinya tidak cocok untuk anak saya, waktu saya mau bikin sepatu khusus di fatmawati, dr ortophedi disana bilang bahwa anak saya tergolong tulang yg lentur, ada kemungkinan normal kembali nantinya.jadinya gak pake sepatu khusus..mungkin saya pengen konsultasi ke ibu langsung.biar bisa melihat anak saya..di mana ya saya bisa datang ke praktek bu dokter?? terimakasih sebelumnya


Senin, 21-05-2012 12:05:27 oleh: rahmadaniah

salam bu dokter
anak saya kakinya tersandung kaki kursi waktu dia berjalan melewati kursinya dan kemudian terjatuh. setelah itu dia menangis dan kakinya tidak bisa dipijakkannya sebelah kana. kemudian saya bawa ke tukang urut, dan alhamdulillah dia sudah bisa berjalan tapi jalannya belum sempurna karena kakinya belum kuat betul. apakah nanti kaki anak saya bisa kembali seperti semula dokter?


Sabtu, 23-06-2012 14:08:37 oleh: Marina

Alo bu dokter, Tanya donkk minggu lalu saya jatoh Dari tangga. Lgs ga bisa Jalan, klo Napak saja tidak Sakit, tetapi jika melangkah or begeser sakit nyeri, uda abis Cataflam 2 lempeng lbh.sekr bengkaknya uda hilang tpi kok msh skt ya kalo jln gt? Di ronsen kt dktr ga Ada yg retak.gmn supaya cpt pulih seperti biasa? Klo tidak keberatan jawaban bisa dikirim ke marinabuana@yahoo.co.id Terima kasih


Rabu, 04-07-2012 16:38:37 oleh: adyth

sy pernah ngalami 2 kali keseleo di persendian kaki = cukup parah, cara pengobatannya cepat gunakan Yunnan Baiyao aerosol ( Tersedia di apotik Century Pluit Village ), cukup di semprotkan ke bagian yg terkilir dan bengkak, lalu di sekitar otot lain yg bengkak juga... dalam hitungan menit sakit akan hilang dan bengkak berkurang, lalu minum kalium diklofenak sehari 3 kali ... ini adalah pengalaman yg terjadi pada sy di jamin tokcerrr :-) saran : jgn di pijat bila keseleo malah akan menimbulkan bengkak yg lebih parah !!!


Minggu, 29-07-2012 22:16:28 oleh: fanny

Malam bu dokter..
Saya mau tanya nih..udah sekitar 5 tahun lalu tpatnya tggl 07/07/0777 saya terjatuh dan menendang batang pohon..saat jatuh itu kaki saya bengkak..setelah itu langsung di urut..kaki saya sempat bengkak sampai kira" 3 minggu..saya juga udah rontgen n tdk terjadi ap"..setelah itu sudah mengempis, walaupun ga kembali normal sampai sekarang(masih seperti bengkak sedikit)..

Tapi sampai sekarang kaki saya kadang terasa ngilu, apalagi kalo saya minum air es atopun cuaca lagi dingin..kenapa bisa gitu ya dok?

Minta solusinya donk (kalau udah ngilu, sampai ga bs tidur sakitnya) dok..makasih :)


Rabu, 19-09-2012 10:49:58 oleh: cecil

salam dok,
baru saja pergelangan kaki saya keseleo,sy ksh minyak tawon,sy mau ksh balsam jg. Sementara ini keliatannya agak bengkak dan kalau buat jalan sakit.apakah tindakan sy benar diksih balsam dan inyak tawon?trm ksh.


Selasa, 30-10-2012 23:50:12 oleh: Virgina

Salam bu dokter,
Anak laki-laki saya (14th), tinggi 165cm berat 62 kg. awal Agustus lalu (sudah 3 bln) merasa pergelangan kaki kanannya terkilir dan membengkak, tumit kiri nyeri, sehingga susah berjalan. Lututnya sempat terasa kaku. Hasil pemeriksaan darah, LED nya 87, neotrofil 74, limfosit 12, monosit 13, CRP kuantitatif 125, selebihnya normal. Hasil rontgen tulang engkel normal. Seorang dokter ortopedi menyebutnya infeksi cairan sendi. Setelah diberi obat (saya lupa obatnya) dia berangsur membaik dan bisa berjalan normal meski masih agak nyeri.Tapi sebulan kemudian, tanpa pemeriksaan biopsi, dokter ortopedi yang lain mendiagnosa TB sendi, sampai saat ini minum obat TB. Tubuhnya sehat dan segar, tidak ada tanda2 TB paru. Sekarang nyeri kakinya sudah semakin berkurang, tapi kalau agak banyak jalan tetap agak membengkak, apalagi jika naik turun tangga. Sebenarnya, apa penyakitnya dan apa obat/terapinya yang tepat?
Saya berterima kasih sekali jika dokter berkenan menjawab kebingunan saya.


Minggu, 23-06-2013 18:01:11 oleh: sarwo halim

maaf bu saya mau tanya.saya punya keponakan usia 14 th.untuk kaki kanannya terkilir kurang lebih sudah hampir 1 th.tapi pada waktu kejadian sudah sembuh dan sekitar 3bulan sehabis kejadian kok malah tambah bengkak dan nyeri kalau berjalan sampai sekarang.kita udah coba untuk foto tulang kaki kanannya.dan hasilnya cuman terkilir uratnya.dan hanya di beri obat penahan nyeri saja.emang sih selama minum obat itu sakitnya hilang,tp kalau tidak mengkonsumsinya sakitnya kambuh lagi.gimana ya solusinya bu untuk menyembuhkan otot kaki yang terkilir.tolong jawabannya.terima kasih


Minggu, 23-06-2013 20:49:17 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mas Saewo Halim, coba cari spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik yang terdekat, minta pengantar untuk di lakukan USG jaringan lunak


Minggu, 10-11-2013 07:16:50 oleh: Francisca Tania

Bu Dokter, saya Francisca, usia 14 thn. Waktu saya kelas 3 SD saya lagi main2 di halaman sekolah (lari-lari) lalu tiba2 entah salah posisi, kedua kaki saya waktu "mendarat" malah menghadap ke dalam. Saya pun jatuh dan menangis. Dibawah kedua mata kaki, seperti ada tonjolan tulang. Ibu saya membawa saya ke tukang urut, kaki saya diberikan semacam obat berwarna merah ke-orange-an lalu diberi arak dan diperban. Tapi sampai saat ini, kaki saya masih sakit. Beberapa hari yang lalu saya ankle lagi, dan kaki saya kelihatannya parah, sampai saya gak bisa lari terlalu lama, dan menapak saya saya sakit. Saya mau tanya:
1. Apakah ini termasuk ankle yang cukup parah?
2. Kata teman saya, kaki saya gak boleh "napak" ke tanah, jadi istilahnya saya disuru pakai topangan (kalau gak salah Krug), apa benar?
3. Perlukah saya ke ahli tulang / dokter tulang?
4. Apakah kaki saya mengalami pergeseran tulang?

Trims, dok.. Kalau bisa jawabannya dikirim ke email saya francisca.tania@yahoo.com


Minggu, 10-11-2013 12:08:53 oleh: Irrestry Naritasari

Dokter,

saya pernah cedera ankle 3 kali.
1. Cedera pertama, kaki saya bengkak besar, tetapi saat cedera ini, 3 hari sudah saya paksakan jalan, walau dengan dekker, selang berapa lama, saya pijat 2 kali

2. Cedera ke dua, karena tabrakan, ankle kiri saya tertimpa motor. Saya bawa juga ke tradisional, tetapi tidak di pijit

3. Cedera ke dua, agustus lalu, saya jatuh dari motor, kembali ankle kiri yang kena, saya bawa ke dokter, sempat dipijit sebelumnya.

Setelah semua pengobatan masing-masing cedera selesai, rasa ngilu pada ankle masih sering kambuh dok. Apabila rasa ngilu datang, saya menggunakan dekker kemudian hilang sendiri.

Pertanyaan saya:
1. Apakah ini bahaya dok, rasa ngilu yang masih kambuh?

2. Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Terima kasih dok.


Selasa, 04-02-2014 06:39:08 oleh: lie marion

tolong saya dok.....3 hari yang lalu saya main futsal dah kaki waktu saya lompat kaki saya terkilir.....setelah di bawa ke dokter katanya di balut dan di kasi obat spay yang di berikan dokter....
setelah hari ke 4 ini di batis saya memar semua dan pergelangan kaki sayamasi kaku...dan paling parah ini bengkak di kaki saya makin besar.....tolong kasi solusi buat saya dokter karena saya takut ada apa2.....apakah berbahaya jika di daerah enkle kaki yang ter kilir memar biru dan merah? terimkasih


Minggu, 23-02-2014 13:38:35 oleh: hasniah

ass... dr sdh 1 mgg sy hbs jtg dr mtr kaki sy blm hilang bengka dan lebamya ada luka kecil semua bisa digerakkan tapi jalan masih skt dan kalau sdh jalan malah tambah bengka dan mengkilat,raba terasa hangatapakah ada patah atau retak atau memang belum waktunya .bgm solusinya dr?


Kamis, 06-03-2014 10:09:15 oleh: Mergantini

Selamat siang Dok...
Saya waktu 3 tahun lalu kecelakaan mngendarai sepeda motor nabrak anjing. kaki kiri dipergelangannya keseleo karena kegencet pedal motor kiri. keesokannya saya bawa ke tukang urut. sakitnya udah mendingan dan sembuh waktu itu. kemudian sekitar 1 bulan lalu sakit saya ini kumat, saya bawa ke tukang urut lagi dibilang hanya keseleo jg, akhirnya saya putuskan ke rumah sakit Sanglah Denpasar..bagian Rehabilitasi Medik,,, dibilang traumatik engkel ada ligamen sama tendon yg peradangan, bahkan sampai disarankan untuk rontegen..hasilnya tidak ada bermasalah... trus disuruh terapi..bahkan sampai 27 x sampai saat ini saya masih terapy, tp blm ada perubahan..bahkan sakitnya sampai ke telapakan kaki.. gimana solusinya dok? terima kasih...


Sabtu, 12-04-2014 12:38:25 oleh: Nadya

selamat siang dok... saya tertarik sekali dgn postingan ini dan komen2 disini, yg juga selalu dijawab oleh dokter sendiri. saya jd tertarik utk bertanya juga. bila ada waktu mohon dijawab.

bulan januari lalu, saya mengalami cedera kaki saat melakukan aktivitas olahraga (silat). saat itu jemari kaki kanan saya (terutama jempol) tertekuk kebawah dan tertekan (oleh beban tubuh). saat itu penanganan pertama cukup terlambat. krn sedang dlm arena pertandingan, saya tetap melanjutkan pergerakan. setelah selesai, punggung kaki (area dibawah jempol dan sekitarnya) saya sudah bengkak tapi tdk sampai pergelangan kaki. diberi es saat sudah berselang ±2 jam stlh kejadian. dan saat itu tdk diberi salep atau apapun. selama dua minggu msh bengkak tp berkurang2. tp saya tdk bisa mengangkat jempol, berjinjit, dan menggerakan jempol dgn leluasa. bila hanya untuk berjalan msh bisa. saya msh tetap mengikuti latihan silat rutin, tetapi tdk maksimal dgn keadaan kaki seperti ini. sampai kemarin saya ke tempat urut. dia bilang permasalahannya di urat/otot yg mengarah ke mata kaki. saat ditekan bagian sekitar jempol tdk apa2, ketika dibawah mata kaki diurut terasa sakit. skrng saya sudah dpt mengangkat jempol dan menggerak2an, tp msh blm dpt berjinjit dan menumpu. ibu urutnya menganjurkan saya utk memakai deker enkle. skrng saya menggunakannya.
pertanyaan saya:
bagaimana penggunaan deker enkle yg tepat utk memaksimalkan manfaatnya? haruskah dipakai setiap saat?
bolehkah dipakai hingga 1 bln (sesuai anjurannya)?
haruskah kembali ke tempat urut tsb utk diurut lg hingga benar2 bisa bergerak leluasa lg?
bolehkah kembali berolahraga dgn menggunakan deker ini?
terimakasih dok sebelumnya....


Minggu, 20-04-2014 10:42:01 oleh: eka amelia sadina

Dokter tgl 25feb lalu sya mngalami kecelaka'an. Kaki kanan saya kseleo. Bengkak besr bgt , dan di sekitar mata kaki lebab dan ada luka. Hampir 2bulan saya baru bisa jaln ,tapi msh terlihat pincang dan kaki kanan saya jdi lebih kecil dibanding yg kanan . Untuk jongkok, duduk sila , menekuk-nekuk msh kaku bagian samping mata kaki yg ada luka , bahkan sya kesulitan untuk turun tangan menggunkan kaki kiri duluan soal'y kaki kanan belom bisa menahan dan di tekuk2. Yg jdi msalah kaki sya msh bengkak sekitar tumit dan mata kaki , dan pada bagian luka yg dekat mata kaki , sudah kering , tapi kenapa bagian itu menjdi kaku , keras dan tebal mbuat kaki sya tidak elastis lagi . Apakah kaki saya bisa pulih lagi sperti dulu mengingat bekas luka menjadi menonjol, hitam, kaku. Dan bagaimana menghilangkakn bengkak yg msh ada . Apakah harus ke dokter ato ke tukang urut lagi? Makasih dokter . By amelia 21tahun



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)