Wikimu - bisa-bisanya kita

T.Palgunadi

1 gallon = 19 liter ?

Sabtu, 23-02-2008 13:41:33 oleh: b0cah.org
Kanal: Iptek

COBA sesekali tanyakan kepada teman, ibu, bapak, guru kamu, atau kepada siapapun di rumah kamu :”Berapa liter-kah satu gallon itu??” (kalau mereka agak kebingungan coba ajak mereka mengambil air minum dari dispenser, lalu tunjukkan kemasan gallon air mineral.

Barangkali mereka akan sedikit ingin dianggap cerdik (terinspirasi oleh air gallon itu) lalu menjawab seolah memeras otak dan dengan sedikit keraguan yang meyakinkan : “19 liter!!”

Begitulah, kita semua juga kadang juga beranggapan demikian, persepsi tentang berapa liter sih sesungguhnya satu gallon itu telah didahului dengan persepsi bahwa satu gallon itu ya satu kemasan botol air mineral yang tertulis 19 liter.

Menarik untuk di telusuri kenapa kemasan air minum isi ulang itu lebih dikenal dengan istilah “GALLON” (khususnya di Indonesia)

Konversi sesungguhnya adalah bahwa 1 gall (US) = 3.7854 liter, artinya satu kemasan air mineral dalam gallon itu sebenernya berisi 5 gallon lebih sedikit, bukannya satu gallon.

Jika persepsi ini tidak di luruskan, akan ada kebingungan sewaktu membeli cat di toko besi ”satu gallon cat koq sedikit sih?” (barangkali dikiranya satu gallon cat itu kalengnya akan sebesar botol gallon air mineral).

Nah sekarang kamu tau kan, berapa sebenarnya 1 gallon itu.***

b0cah.org 

16 komentar pada warta ini
Sabtu, 23-02-2008 15:06:43 oleh: Micky Jo

thanks infonya ya..memang belum pernah ada yang nanya sih..tapi saya sekarang sudah punya jwabannya bila ada yg bertanya ho..ho


Sabtu, 23-02-2008 18:27:10 oleh: nurbasuki

saya punya pengalaman tentang hal ini. suatu kali anak saya, kelas enam sd, mendapat pr salah satu soalnya adalah soal essay dengan satuan gallon, namun pertanyaan akhir nya harus dijadikan satuan liter. saat itu anak belum ngerti 1 gallon berapa liter, dan saya beritahu, 1 gallon = 4 liter, merupakan pembulatan dari 1 gallon = 3,8 liter. Akhirnya hasil akhir soal dikalikan 4, sehingga ketemu dalam satuan liter.
Apa yang terjadi besoknya setelah pulang sekolah?
"Pak, kata bu Guru, salah kalau 1 gallon = 4 liter, yang betul, 1 gallon = 19 liter...."... Alammaaaaakkkk................
Karena sambil memberikan pembelajaran yang benar tentang internet, saya pandu untuk mencari referensi di internet tentang hal tersebut, dan setelah ketemu, di cetak, untuk diberikan ke bu guru besok paginya lagi, secara baik-baik dan sopan.
Tapi apa komentar bu guru nya setelah diberikan informasi tersebut ? Begini : "Rugi dong.. kalau 1 gallon cuma 4 liter?" Alamaaaaaakkkkk... memangnya beli minyak??? Ini ilmiah yang perlu didudukkan, tapi dibuat main-main oleh pendidik....
Tapi ya sudah lah... karana dari 20 soal yang diberikan, hanya satu yang salah itu, jadi nilai tetep 9,.... Tapi sebenarnya masih terusik dalam hati, saya mengetahui yang salah, tapi tidak berbuat......

Salam...mohon ma'af buat pendidik yang sudah baik dan berkualitas, saya yakin jumlahnya lebih banyak.....


Sabtu, 23-02-2008 18:31:38 oleh: Mimbar Saputro

Kalau gitu harus diperjelas, saya beli air Akua (air kemasan) satu galon Aqua. Lalu saat beli cat, harus bilang beli cat satu gallon cat, dan beli minyak mentah satu gallon minyak mentah.
Masalahnya ada gallon US dan gallon imperial lagi hehe


Senin, 17-03-2008 14:16:09 oleh: Agus

Baru sadar nih saya juga salah, kirain galon aqua !!

Kalau 1 barel itu berapa liter ??

Kalau 1 kaki itu berapa cm. ??

Kalau 1 mil berapa meter ??

tolongin ya sharing ilmunya ....

Thanks
agus


Rabu, 19-03-2008 20:02:00 oleh: iwan

ada gallon [UK], gallon [US,dry], gallon [US,liquid]
waduh baru tau juga nih...


Kamis, 08-05-2008 10:08:54 oleh: amir mahmud

1 barel 159 liter
1 kaki 30 cm


Kamis, 08-05-2008 12:17:08 oleh: Anwariansyah

Diket :
Galon = Aga-aga bloon
liter = Kali-kali pinter

Jadi : 1 galon = 4 liter
Aga-aga bloon = 4 kali-kali pinter
1/4 Aga-aga bloon = kali-kali pinter


Sabtu, 10-05-2008 20:02:15 oleh: Dewarani

Kenapa masih ada guru yang tidak mau belajar dari sumber yang benar, bukan berasumsi atau belajar dari pengalaman semata.
Tapi yang penting dengan adanya internet, terbuka kesempatan untuk mencari referensi yang lebih valid.
Bravo Internet.


Kamis, 07-08-2008 08:10:51 oleh: motomatic

coba yang punya HP Nokia, disitu ada menu application - yang didalamnya ada fitur yang dapat membantu kita men-koversi beberapa satuan, spt untuk temperatur (suhu), currency (nilai tukar), weight (berat, lenght (panjang), area (luas), volume (isi) dan lain2

jadi manfaat kan menu itu untuk keperluan konversi - kalo yang belum punya silakan upload aplikasi ini ke dalam HP anda

salam


Senin, 01-02-2010 22:23:50 oleh: rahmat sudibyo

sama juga halnya dengan 1 ons. Selama ini kita tahunya 1 ons=100 gram. Padahal 1 ons=28,3495 gram. Jangan sampai kesalahan seperti ini jadi berlarut2 tanpa ada yang mengoreksi


Senin, 01-03-2010 08:41:14 oleh: adi

Buat pak Rahmat Sudibyo, pernyataan bahwa 1 ons =28,3495 gram dan bukan 100 gram , adalah tidak sepenuhnya tepat, karena tergantung satuan mana yang ingin di rujuk, selengkapnya dapat juga di simak di sumber artikel di atas, berikut saya beri link nya http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=136&Itemid=40


Jumat, 23-07-2010 15:15:15 oleh: Dicky

Kalo ditanya 1 galon berapa liter, kita harus nanya dulu galon ukurannya orang mana?

1 Gallon (UK) = 4.54609 litter
1 Gallon (US) = 3.78541 litter

Nah 1 Gallon (Indonesia) = 19 liter (Aqua)


Sabtu, 11-09-2010 17:42:54 oleh: andre

buat yang diatas ane...


Jumat, 23-07-2010 15:15:15 oleh: Dicky

Kalo ditanya 1 galon berapa liter, kita harus nanya dulu galon ukurannya orang mana?

1 Gallon (UK) = 4.54609 litter
1 Gallon (US) = 3.78541 litter

Nah 1 Gallon (Indonesia) = 19 liter (Aqua)


klo itu mah kemasan galon aqua kaleee...

bukan satuan bozzz...

singkatnya...

berapa liter isi aqua kemasan galon...

klo dijawab 19 liter...

itu baru betul...


tapi klo 1 galon = 19 liter...

kayaknya ini pembodohan...


bisa ngakak klo org agua tau ney...


emang kita orang aja yang suka salah kaprah...

wakakakakakakaaaa...


Sabtu, 31-03-2012 16:01:49 oleh: andreahirata

i tahun cahaya = ???? km
i detik cahaya = 298.732 km/detik
i tahun cahaya = 298.732 x 60 x 60 x 24 x 365 = .......monggho di isi ya ,,monggho..monggho...monggho....
luas alam semesta 78 milyar tahun cahaya
298.732 x 60 x 60 x 24 x 365 x 78.000.000.000
monggho dijawab,,monggho,,monggho,,,mongghoo,,,


Senin, 02-07-2012 17:30:57 oleh: whyu

itulah yg membuktikan rendahnya kwalitas guru di negara kita, hanya bermodal sertifikat ijazah sarjana bisa jadi guru PNS, padahal kecerdasannya sendiri masih di ragukan, waktu kuliah bener2 belajar atau cuman titip absen, lalu daftar PNS dgn nyogok..seperti yg kita ktahui klo masuk PNS ada uang pelicinnya, bohong klo masuk bersih


Selasa, 29-01-2013 10:09:31 oleh: Edi Setiawan

http://www.convertunits.com/from/gallon/to/litre



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY