Wikimu - bisa-bisanya kita

bustaman007_alrauf

PEMEKARAN ALA ABAS LOLOS, GAM BARU AKAN LAHIR

Senin, 01-01-0001 00:00:00 oleh: bustaman007_alrauf
Kanal: Lain - lain

 

Jakarta, Ketua Komite Persiapan Pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) Rahmat Salam menampik tudingan usul pemekaran provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) dan provinsi Aceh Barat Selatan seperti yang diusulkan DPR dalam rapat paripurna tidak bertentangan dengan MoU Helsinki. Menurutnya, pemekaran ALA ABAS merupakan salah satu bentuk upaya untuk mensejahterakan rakyat Aceh.

"Bagi saya, pemekaran merupakan salah satu bentuk untuk memakmurkan rakyat Aceh dan tidak melanggar isi perjanjian Helsinki yang sudah disepakati Gerakan Aceh Merdeka dan Republik Indonesia,"tegasnya saat bertemu Wakil Ketua DPR RI Soetardjo Soerjogoeritno di gedung DPR RI Jakarta(30/1).

Rahmat menambahkan, pihaknya tidak akan gentar dengan berbagai provokasi yang terjadi di Aceh. "Banyak provokasi dimasyarakat ALA bahwa pemekaran merupakan pengingkaran dari NAD,"ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Tjut Agam, Ketua Komite Persiapan Pembentukan Povinsi Aceh Barat Selatan meminta dukungan Wakil Ketua DPR RI RI Soetardjo Soerjogoeritno agar proses pemekaran ALA ABAS di DPR bisa berjalan dengan baik. "Pemekaran ALA ABAS sedang diproses oleh DPR, saya meminta dukungan Mbah Tardjo agar proses di pusat bisa lebih cepat,"kata Wakil Ketua DPRK Aceh Barat ini.

Sementara itu Sekjen KP3ALA, Burhan Alpin mengingatkan agar Komisi II DPR bersedia melakukan dialog dengan KP3ALA untuk membahas masalah pemekaran ALA ABAS. "Komisi II DPR harus segera memproses pemekaran ALA ABAS, kami sudah meminta untuk melakukan audiensi namun sampai saat ini belum mendapat tanggapan,"kata Burhan pada modus.or.id ketika dihubungi.

Senada dengan Rahmat Salam, Burhan menganggap usul pemekaran ALA ABAS tidak bertentangan dengan MoU Helsinki. Bahkan usul tersebut sudah sesuai dengan UU Pemerintahan Aceh pasal 2 dan pasal 8 ayat 3."Jadi kalau ada yang menilai usul pemekaran bertentangan dengan UU silahkan baca lagi UU PA,"kata Burhan lagi

Sambil berseloroh Burhan mengatakan pihaknya siap membangun GAM yang baru di Aceh. "Kami siap membangun GAM baru yakni Gerakan Aceh Membangun,"candanya seraya meminta kepada pemerintah dan DPR untuk serius menangani masalah ini.

Sementara itu menanggapi pernyataan perwakilan ALA ABAS, Wakil Ketua DPR RI RI Soetardjo Soerjogoeritno menyatakan keheranannya karena dianggap menjadi pemecahbelah Aceh oleh berbagai pihak. "Saya dituduh memecah belah Aceh, padahal saya benar-benar murni menampung aspirasi rakyat Aceh yang menginginkan pertumbuhan dan kemajuan untuk mensejahterakan rakyat Aceh,"sesalnya.

Mbah Tardjo menyarankan kepada tim ALA ABS untuk segera melakukan konsultasi dengan Komisi II DPR. "Tim ALA ABAS harus segera melakukan konsultasi dengan Bapak EE Mangindaan (Ketua Komisi II DPR) dan Bapak Sayuti Asyatri (Komisi II DPR) agar dapat segera dibicarakan dan diputuskan,"saran Mbah Tardjo.(Hariwibowo).

 


Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY