Wikimu - bisa-bisanya kita

Nury Nusdwinuringtyas

Lingkar Pinggang Saya = Berapa?

Minggu, 13-01-2008 08:54:44 oleh: Nury Nusdwinuringtyas
Kanal: Kesehatan

Lingkar Pinggang Saya = Berapa? Coba ambil pengukur yang biasa dipergunakan para penjahit, ukur lingkar pinggang,  bila lingkar pinggang anda melebihi  90 sentimeter (pada laki-laki), atau dari 80 sentimeter (pada perempuan), nah anda termasuk golongan yang tidak langsing. Ukuran berat tubuh yang ‘ideal" menjadi harapan (hampir) semua orang termasuk saya.  Berbagi kisah saya "berjuang" menghindari agar tidak berpenampilan seperti " kulkas dua pintu" ya.

Saya dan apel

Sebuah apel bernilai kalori  sekitar 40. nah, ada pepatah : an apple a day, keep your doctor away. Nah, saya bukannya satu apel per hari, saya makan apel lebih dari 10 buah . Asumsi saya : 10 x 40= 400 kalori. Kenyang......, tanpa harus memenuhi 900 kalori  perhari yang saya patok.  Berat badan turun dengan cepat, tapi apa yang terjadi? Saya jadi "telmi", sulit mengerti, sampai saya bingung  sendiri . Saat saya mencoba diet apel, saya sedang melakuka penelitian, lho ,kok kalau baca buku text nggak ngerti-ngerti. Gawat...!  Saya cari kepustakaan, ho, ternyata dikatakan otak kita membutuhkan 300 kalori yang berasal dari karbohidrat !!.  

Saya dan olah raga

Aktivitas olah raga dapat diukur kalori yang digunakan, trimmer (yang dulu  hanya muter-muter), setiap 1 jam = 400 kalori terbuang, jadi saya lakukan ¼ jam sekali sehari, dan sepeda statis ½ jam , kalori yang terbuang dapat di perhitungkan   untuk membakar kembali kalori yang masuk. Jadi saya hitung-hitungan, kalau saya ekstra makanan atau minuman senilai 300 kalori, saya upayakan melakukan aktivitas dengan kalori yang setara. Namun, pernah kejadian, sepotong krupuk putih saya tukar dengan bersepeda ½ jam. Apa yang terjadi? Badan ngilu semua, dan perlu 1 minggu untuk memulihkannya. He he....

Saya dan minuman "herbal"

Teman saya memberi sekaleng minuman herbal. Digunakan sebagai pengganti makan, beberapa sendok, diencerkan dengan air dan di minum, Setelah satu minggu turun beberapa kilo, teman saya menyarankan menambah satu minuman lagi . nah , apa yang terjadi kali ini? Deg-degan, denyut jantung duduk manis diatas 100 kali per menit. Perlu waktu 1 minggu juga untuk memulihkan. Kapok mencoba? Tidak kok, cari cara lain.....

Saya dan diet Mayo

Diet yang ini di kuasai telur. Nah , ini tidak bertahan lama, cukup dua hari saja. Hasilnya buat saya : .....bisul. Stop.

Saya dan diet protein tinggi

Membaca kisah Titik Puspa dengan diet satu ekor ayam sehari, dan saya mencoba. Nah , ini sehari saja. Terasa berat pada buah pinggang, dan kemih yang berbau protein, membuat saya menyadari, diet seperti ini sangat membebani ginjal saya. Yang ini juga di hentikan , dan tidak dicoba lagi.

Saya dan obat

Ini lebih parah lagi.  Pagi hari sebelum berangkat ke kantor saya minum. Pk 8 saat di kantor saya sudah berkeringat dingin, deg-degan, satu minggu juga untu menormalkan keadaan.  Aduh ....., gawat juga

Nah , dari pengamatan saya, yang paling cocok buat saya, simultan antara diet seimbang dan olahraga (yang terukur) yang sesuai untuk saya. Semua unsur makanan masuk. Saya menghitung bodoh saja, berat badan saya kalikan 25 , hasilnya dikurangi 500 kalori agar berat badan turun ½ kg per minggu. Keadaan ini cukup aman, pelan namun pasti. Tidak perlu "membayar mahal dengan (kemungkinan) gangguan fungsi hati dan fungsi organ lain.

Nah, wikimuers, pilih yang mana ?

17 komentar pada warta ini
Minggu, 13-01-2008 10:28:11 oleh: rahmah hasjim

Mbak Nury, saya datangi dokter utk konsul ttg diet & saya diajak utk jadi agent Herbalife. Saya ikuti juga cara minum susu yg di shake 2x sehari. Alhamdulillah dalam 5 hari berat saya turun 2,5kg lho..Sekarang saya terus ajak temen2 utk diet ini karena ga harus kelaparan & ga harus jadi loyo..


Minggu, 13-01-2008 15:05:48 oleh: Ira Meida

bu Nury...
kalo saya, milih diet ala Nabi. lambung sebaiknya diisi dengan 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 udara.

sbenernya, kita harus sayang thp tubuh kita sendiri kn bu? jgn menjadikan tubuh ini tmpat sampah. smuanya masuk tanpa dipilih. apakah makanan ini baik utk saya ato tidak.

dulu, saya pernah kesulitan menurunkan berat badan. kesukaan saya thp makanan, ditambah lg kegiatan saya yg tak seimbang (antara asupan makanan yg masuk dan keluar), membuat berat badan saya drastis naek sampai mencapai angka 76 kg.

saya mencoba diet karbohidrat. artinya saya mengurangi asupan karbohidrat secara bertahap. tdnya saya mkn satu piring, saya kurangi sampai menjadi 2/3 piring sampai akhirnya saya terbiasa mengkonsumsi karbohidrat hanya 8 sendok mkn saja. hasilnya berat badan saya turun sampe 13 kg dlm waktu kira2 6 bln.

dan saya gk ngalamin gangguan apa2, krn saya mengusahakan penurunan berat badan ini, gk terlalu drastis. maksimal dlm 1 bln hanya blh turun, 4 kg saja.

sampe skr, saya msh menerapkan pembatasan pola makan sperti yg saya sebut di atas bu. alhamdulillah, saya bisa pake baju2 yg dulunya kekecilan. ^_^


Minggu, 13-01-2008 15:27:05 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mbak Rahmah, yang itu saya tidak sesuai juga, perlu satu minggu mengatasi klenger,
bukan berarti mbak Rahmah tidak boleh,

saat ini saya lebih sesuai yang seperti mbak Ira, dengan karbohidrat saya pastikan 300 kalori, dan kalori keseluruhan dibawah 1000

kalau setelah "kondangan" dibakar dengan bersepeda

betul turunnya lambat, 1/2 kg perminggu , tapi saya nyaman dan saya pasti faali tubuh tidak terganggu

@ Ira dear, ngapain bisa sampai 76 kg? saya memang pernah seperti kulkas 2 pintu setelah melahirkan Edwin, 80 kg !!
kan untuk "mempertahankan" Edwin saya tidur 7 minggu, kebayang kan, kalori full cuman tidur, wuuussss, naik


Minggu, 13-01-2008 15:44:24 oleh: Ira Meida

bu nury...
berat badan saya naik dratis pas awal2 masuk kerja. duit ada, mkn enak terus, olahraga kurang bngt. kerjaan duduuuuuk aja. jadilah naek.

kl pas kuliah dl kn kmana2 saya jalan kaki, kegiatan kuliah seabrek. blom lg mesti ngajar aerobik seminggu 3 kali. walopun mkn bnyk, badan saya termasuk langsing bu. 55 kg.

skr, saya udh kapok. soalnya, slaen ngerugiin secara kesehatan, saya terlihat lebih tua dr umur saya. sering bngt saya dikira udh punya bontot 3 bu. ^_^


Minggu, 13-01-2008 15:56:27 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

he he,

saya awal tahun ini terpaksa "crash program"
sepulang jumpa Ira dan Silvi, keponakan saya datang, minta dilamrkan, tgl 5 Januari !!!

waduh, demi keponakann tercinta, budenya kan mesti pakai kain kebaya, yang ipit-ipit
biar kebaya pas dengan proper, diet ketat,

hayo Ira tebak, saya pakai cara yang mana!

tapi..berhasil, tgl 5 malam pakai kain kebaya dan sanggul,
he he , ini resiko kalau jadi "tua"
(kalau saya tua betulan lho Ira, jadi ingin agak langsing supaya mudaan dikitttt)


Minggu, 13-01-2008 17:16:57 oleh: Ira Meida

hahaha...
waduh bu, takut salah nih kalo nebak. mmm... apa dgn diet seimbang dan olahraga (yang terukur). bener bu? tp, bu. prasaan saya pas kita ketemu di gedung rifa, ibu sudah terlihat langsing kok? apa skr, lebih langsing lagi?

jd ngiri nih saya. btw, diet saya slalu berhasil kalo saya lg di jkt bu. krna pikiran saya slalu senang, mkn rasanya gk penting2 amat. jd, seadanya aja bu. ^_^


Minggu, 13-01-2008 17:55:53 oleh: Dwi Mulyono

Mbak Nury, saya juga berusaha punya lingkar pinggang kurang dari 80 cm...karena ternyata jatah umur makin kurang airpun juga menambah tebal pinggang. Saya pilih keseimbangan antara konsumsi, olah raga dan puasa. Salam kenal


Minggu, 13-01-2008 18:52:29 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

@mbak Dwi yang cantik,
terima kasih sudah berkomentar

salam kenal juga, iya, buat kita umur berkorelasi hormon dan berat badan plus "penyakit"

Pilihan yang tepat , mbak , keseimbangan


@Ira dear, aturan makan selama 5 hari itu ekstra ketat, sepeda statis di tengah rumah , kayuh 3 kali 1/2 jam per hari he he...


Senin, 14-01-2008 14:59:28 oleh: nawita

aduhhh, fotonya kena banget tuh. hahahhaa...


Senin, 14-01-2008 15:01:07 oleh: nawita

maksud saya, foto ilustrasi buat artikelnya lho ya... :)


Senin, 14-01-2008 21:33:56 oleh: Rahmah Hasjim

Mbak Nawita, lihat foto ilustrasi tulisan diatas jadi inget diri sendiri kalo pas ke mall & ada timbangan yg diisi 2 koin lima ratusan hehehe..
mungkin org2 lihat saya kayak gitu kali ya? hehehe..


Senin, 14-01-2008 21:45:31 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

he he, mbak Nawita ,kalau tak hati = hati = foto diri
ih, syeremmmmmmm


Rabu, 25-03-2009 14:22:33 oleh: ami

hei mbk,
ak umr 22 th tb 155,bb 65,susah bgt untuk diet,sedangkan saya ini kerja kantoran jadi kalau bete ya ngemil.please resepnya donk biar ideal

thanx y


Kamis, 26-03-2009 22:34:35 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

mbak Ami, masih muda, masih mungkin merubah "perilaku"
Ira Meida dengan bagus menulis di kolom kementar di atas, ikutu
Kalau ngemil, cari yang kalorinya rendah...
resep, barangkali mbak Ami mengharapkan obat ya ? Niat yang kuat...

Selamat membuat program...


Jumat, 27-03-2009 07:53:31 oleh: liemeina

wah... bagus2...

ad tmn yg diet telur juga dok... sehari ktanya cm bole makan telor.. ga bole yg laen... minumnya jg cuma bole air chlorophyll... hum... cm turun saat diet, tp bis itu naik lagi..

tp yg sekarang lg ngetrend sm temen2 tu lemon detox dok..
apa2 gtu, makan dikiiiiiit bgt mala ampe ga makan..
cm dkasi aer lemon (extract) trs dsuru larutin gt... wktu aku tanya otaknya makan vitamin apa donk?
*stau aku sih emank bukannya otak kita butuh vitamin yah? kalo diet2 gtu, kan otak ga bisa mikir... hahahaha.... jadi 'bego' gtuh.. Xp*

tp mrk bilang, dikasi supplement vitamin gtu...
er... tetep aj mnurutku ga sehat ya dok... tp mrk senang dg hasilnya.. baru 10 hari, uda lose 5kg gt...
ga tau ya effectnya dlm jangka panjang bakal bertahan ato bakal naek lage.. soalnya mnurut aku si diman2 kl ga makan (ga ad kalori yg masuk) tp kita terus beraktivitas kyk biasa (kalori dipake) ya bakal turun beratnya..
tp dy org pili diet ini, krn disini mrk hidupnya cukup sibuk sih. .jd dg alesan ga ad wktu buat olahraga, ya mrk prefer buat pili cara ini... lemon detox.. hum... lama2 tmpt2 fitness bisa ga populer lagi dh... hehehe...


Jumat, 27-03-2009 08:16:34 oleh: Ajeng Tiara

Wah...Kok saya baru baca tulisan ini ya, bu... Bawa pencerahan bu...
Saya yang "wes lemu" sejak masih kecil, jangan ditanya sudah diet apa saja yang dilakukan.

SMP saya sudah minum Sun Isabgol dan Organik dari CNI. Konsepnya sih diet serat. Lumayan turun 5kg

SMA saya rajin jalan kaki dan minum Hollywood Fat Blocker. Berat gak naik tapi stabil aja...

Tamat SMA saya ikut akupuntur di dokter. Sebagai penunjang saya juga dikasih obat pengurang nafsu makan dan Xenical 2X1. Tiga bulan program turun 8kg.

Mau nikah saya minum Herbalife, lumayan bikin korset baju pengantin gak "senep".

Apa sekarang saya sudah langsing? Definetely not... Salahnya saya semua dilakukan musim-musiman. Gak konsisten... Padahal konsistensilah yang paling penting, benar gak bu?

Sekarang sih saya lagi diet alami aja dok. Banyakin minum jus segar buatan sendiri kalau lapar sebelum waktu makan. Ditambah jalan kaki minimal 4X seminggu masing2 45 menit. Sekarang sih yang penting jadi gak gampang pusing dan flu, kalau berat ikut turun jadi bonus.


Jumat, 27-03-2009 16:51:01 oleh: Nury Nusdwinuringtyas

He he, pokoknya diet yang rasional....Ada yang tetap harus dipelihara. Konsisten...,itu saja



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY