Wikimu - bisa-bisanya kita

rahmah hasjim

CLBK = Cinta Lama Bersemi Kembali

Selasa, 11-12-2007 13:01:07 oleh: Rahmah Hasjim
Kanal: Hukum

CLBK = Cinta Lama Bersemi Kembali

Pernah lihat tayangan SCTV yang berjudul CLBK tiap Minggu sore? Adik saya yang abege sangat menyukai acara tersebut sambil mengomentari atau bahkan ikutan kuisnya yang melibatkan pemirsa untuk menebak apakah pasangan yang sedang berkasus di tayangan hari itu akan baikan lagi atau malah bubaran.

Dari  cerita adik saya tentang acara itu, hanya pasangan remaja saja yang berkasus dan tayang. Biasanya si cowok akan mencoba berbagai cara untuk mendapatkan kembali hati sang cewek.

Ada yang berteriak-teriak dalam bis kota sambil mengatakan "dukung saya ya untuk mendapatkan kembali..."(nama si cewek) atau berpakaian badut sambil direkam berjalan-jalan di keramaian dan mengatakan berulang-ulang".....(nama ceweknya) aku masih sayang sama kamu, berilah kesempatan untukku memperbaiki hubungan kita" dan beberapa kata-kata atau usaha yang kadang menggelikan. Kebanyakan mereka akhirnya baikan kembali meski tak jarang si cewek yang sudah patah arang tetap menolak.

Tetapi CLBK yang melanda pasangan Amir dan Maimunah bukan jenis yang itu (saya menyaksikan acara kriminal di tivi soal ini Minggu (9/12) siang, tapi lupa stasiunnya). Selain karena usia mereka yang sudah memasuki kepala lima, kasus mereka pun berujung pada tindak pidana yang mengakibatkan keduanya menjadi penghuni penjara.

Tiga puluh dua tahun lalu dua sejoli ini harus mengakhiri kisah mereka karena Amir dijodohkan orangtuanya dengan gadis lain. Tak lama kemudian Mai pun menikah. Tak jauh-jauh, suami Mai adalah adik kandung Amir. Meski masing-masing sudah memiliki pasangan, bara cinta lama yang tertunda tak hendak benar-benar mereka akhiri. Hubungan terus berlanjut. Mai bahkan meminta Amir tetap menjadi pacarnya meski berapa kali pun mereka berganti istri atau suami. Hanya bertahan enam tahun Mai pun bercerai.  

Suami keduanya, Haki, tak pernah mencium gelagat buruk perilaku selingkuh istrinya. Mai begitu rapi menyimpan semua rahasia dalam sifat pendiamnya. Selama tujuh belas tahun menikah dengan Haki, tiga kali Mai berusaha meracuni suaminya.

Upaya pertama lewat nasi goreng gagal. Upaya kedua melalui bubur ayam juga kandas. Dan upaya ketiga melalui mie instant pun tak berhasil. Sementara itu berjalan seiring waktu, Haki mulai mengendus bau busuk keringat laki-laki lain di tubuh istrinya (ini kiasan lho, jangan diartikan sebenarnya). 

Haki mencari tahu kebenaran berita yang didengarnya tapi Mai adalah perempuan tertutup yang tak pernah ngobrol dengan tetangga atau sekedar ngerumpi sambil belanja di tukang sayur. Para tetangga, terutama ibu-ibu, tak pernah mengetahui apa kerja Mai di dalam rumah atau ketika pergi keluar rumah setiap kali Haki berangkat kerja. Hanya saja para tetangga mengenal Haki sebagai suami dan ayah yang baik. 

Suatu hari dengan bantuan Mai, atas nama cinta yang telah lama terhalang, Amir pun mematikan nurani dengan memukulkan balok kayu berkali-kali ke tubuh Haki di dalam rumahnya sendiri. Setelah tujuh belas tahun dengan tiga kali upaya racun yang gagal, akhirnya Haki pun limbung dan tewas.

Polisi pun turun berdasarkan laporan warga. Dan standar kepolisian menyebutkan jika ada sebuah kasus,  maka penyelidikan akan diawali kepada orang-orang terdekat. Dan Mai tak mampu berkelit lagi. Nama Amir meluncur dari bibirnya yang mulai keriput.

Sekarang, akibat CLBK, Mai dan Amir benar-benar membuktikan cinta dengan melewatkan bersama hari tua dalam sel tahanan yang terpisah.. tetap terpisah...

 

Rahmah Hasjim, Jakarta, Desember 2007.



Sumber: berita kriminal tv, stasiunnya lupa
30 komentar pada warta ini
Selasa, 11-12-2007 16:02:29 oleh: Meidy

Reuni bisa menjadi salah satu pemicu untuk timbulnya CLBK.


Selasa, 11-12-2007 16:12:06 oleh: rahmah

Bener banget. Mbak punya pengalaman soal ini? Tulis dong biar kita jadi belajar menghindari CLBK ini.. Tapi gimana ya kalau si cinta lama ini memang indah? Harus dihindari atau gimana mbak?


Selasa, 11-12-2007 17:02:46 oleh: Meidy

Bukan pengalaman saya. mbak.. tapi ada kisah nyata yang saya lihat. Saya tinggal nunggu gimana kisah akhirnya.

Nanti tahun 2010 baru beberapa angkatan SMA saya ngadaiin acara Reuni SMA. Jadi saya masih ada waktu ;-)


Selasa, 11-12-2007 17:26:07 oleh: Retty N. Hakim

@ Mbak Rahmah: Heran ya kok orang-orang si cerita di atas seperti keledai yang jatuh ke dalam lubang yang sama terus?! Bukannya sudah salah memilih terus diperbaiki...malah jatuh lagi ke dalam kesalahan yang baru...

@ Meidy: ada waktu untuk apa nih? Hati-hati pengagum sudah bejibun jangan buka kisah lama lagi...ntar nggak ada endingnya!


Selasa, 11-12-2007 18:38:40 oleh: Panda_putih

Mba Rahmah, kok mau menghindari clbk sih...siapa tahu aja jodohnya disitu lho mba ...


Rabu, 12-12-2007 07:38:57 oleh: rahmah

@Iya nih Mbak Meidy pake rahasia segala soal waktu. Waktu untuk apa tu Mbak?
@Mbak Retty, banyak orang yg mungkin niatnya mau belajar dari kesalahan masa lalu atau kesalahan orang lain, tapi waktu ngalamin lagi dia lupa, jadinya ya terulang terus. Mas Panji sudah nulis soal itu d kayaknya di "belajar dari Thomas".
@Mas Panda, memang si sapa tau jodohku disitu ya tapi kayaknya aku ga pernah tu CLBK karena kalau sudah bubar ya aku merasa udah tau siapa dia jadi males aja ngulangin lagi sama org yg sama. Kan masih banyak orang baru Mas...


Rabu, 12-12-2007 09:04:55 oleh: Meidy

Waktu untuk nyari siapa yang digandeng utk acara Reuni itu ;-)

Ret, kalo gak dapat.... boleh aku pinjam 'anakku' ?


Rabu, 12-12-2007 09:57:11 oleh: Retty N. Hakim

@ Meidy: itu dia penghambat cintamu...tahu gak sih lelaki itu orang egois, takut mendekat kalau dipikirnya kamu sudah punya gandengan. Yang tetap berani itu biasanya ada yang nggak beres...(atau justru yang itu bikin kamu penasaran?! How brave can he be?! Kayak iklan 'how low can you go' aja...)

Jadi datang saja sendirian supaya bebas ha ha hi hi...aku saja yang punya gandengan ditinggal kok (tapi nggak niat CLBK lho...ngukur denting-denting sih boleh lah...masih ada nadanya nggak sih?!ha...ha...ha...)

Buat para pria: maaf ya kalau komentar saya salah, coba dong buka diri sedikit...apa sih pandangan kalian kalau lihat cewe yang sudah ada gandengannya. Maju terus pantang mundur, atau ragu-ragu, atau mundur teratur?


Rabu, 12-12-2007 10:09:11 oleh: Meidy

Waduh... saudari kembarku jangan buka rahasia dapur dong...


Rabu, 12-12-2007 15:43:21 oleh: Dimas Jayadiningrat

Mbak Retty: kalo udah ada gandengannya ya mundur dong, tapi bisa juga karena saking cintanya jadi maju terus pantang mundur.

Terus terang saya sampai sekarang masih mencari seorang perempuan, saya jatuh cinta banget sama dia waktu kuliah dulu, saya titipkan cinta ini buat dia, dan belum ada yang bisa menggantikan ataupun memupus rasa cinta ini. Dia masih di Indonesia tapi entah dimana :( saya ingin, ingin sekali menikahi dia, ingin sekali mempunyai anak dari dia, ingin sekali menghabiskan sisa umur ini dengan dia, sudah belasan tahun berlalu dan saya masih tetap mencintai dia. Semoga dia masih hidup ya, amin. Saya masih ingin mencarinya, melamarnya jika bisa dan belum bersuami. Cinta lama yang belum pudar nih .. :(


Rabu, 12-12-2007 15:46:57 oleh: Retty N. Hakim

Aduh mas, terharu aku membaca kisahnya...mudah-mudahan doanya didengar Tuhan. Bila memang itu yang terbaik buat anda berdua semoga dikabulkan, amin.


Selasa, 18-12-2007 15:56:00 oleh: Panjikristo

buat emma (entah dimana?)
sudah saatnya menjalin hubungan dengan para fans2 yang dulu pernah di cuekin, hi2


Selasa, 18-12-2007 23:27:29 oleh: emma

Emma ada disini Mas, ga usah dicari karena ga pernah ngumpet kok hihihi...
Thanx usulnya tapi saya hanya ingin satu orang yang dg terpaksa saya lepaskan terbang hikhikhik...Jadi gimana dooong....?


Rabu, 19-12-2007 08:05:03 oleh: Micky Jo

tuk emma..kenapa harus dilepas???bentuk hubungan kan gak mesti harus menjadi kekasih..be a friend..itu juga mengasikkan loh..


Kamis, 20-12-2007 03:39:24 oleh: rahmah

Mbak Retty, saya justru takut datang ke reuni, takut masih ada denting2 itu, takut CLBK, takut macem2 d. Kalau bawa gandengan, nanti malah ga bebas kan Mbak..? Bukan bebas yg negatif tapi ga bebas ketawa ketiwi atau pindah2 duduk karena harus jaga perasaan doi..Ga bawa, nanti doi malah curiga.. Wah kok reuni jadinya bikin ribet ya?


Selasa, 08-07-2008 11:16:26 oleh: Musa onsky

Bagus juga untuk tambah pengalaman pribadi sese orang untuk koreksi diri.Jangan smpai menyesal belakangan,terutama yang suka selingkuh!Mungkin ini juga berguna bagi yang sudah mempunyaipasangan agar hati2 menjaga suatu hubungan.terimasih ....!Mungkin cuma itu komentar dariku.


Kamis, 04-09-2008 16:33:49 oleh: sulistiyantari

Mikum,Kalo mo ikutann cranya gmna dunk.................CLBK mo ga yach........Pikir pikir dulud deach.Bye..........Mmmmmuac.........


Sabtu, 27-09-2008 23:57:38 oleh: ASADILAH

kayanya bener banget tuh,soalnya gue baru putus ma pacar gue yang kedua dan sekarang gue ketemu ama pacar gue yang pertama dan kayanya gue ngerasain CLBK


Senin, 13-10-2008 01:50:21 oleh: tyo rodhi setiawn

q boleh ikutan acara.........
CLBK g


Selasa, 18-11-2008 15:16:39 oleh: ariljunjun

gmna cara ikutan acara clbk boq??


Rabu, 10-12-2008 11:39:49 oleh: niez

Gimana sich cara ikutan clbk??
Soalnya gw mau daftarin temen gw nich,kasihan dya pacaran dah 2 thn dan sekarang dah ga tau kemana tuch cow. Tapi selagi masih tau rumahnya sich ada kemungkinan bisa di temui.
Tolong dunk kasih tau Friends,
Thanks,


Selasa, 06-01-2009 19:40:28 oleh: soreng

acara clbk tu sebenerx sungguhan / bohongan sic...................??????????????


Jumat, 09-01-2009 19:04:47 oleh: tiara

oh ya klo mau daftar clbk gimana ci caranya n gt itubiasanya cuma orang kaya aja ya yang ikut.... oh ya aq amu daftar dong nie aq mau balikan ma mantan aq......... kirim solusinya ke email ku donk thank you


Selasa, 13-01-2009 00:34:04 oleh: indra septian

ku mo daftarin tmn ku neh.......
allnya dia sering curhat ma ku,klo dia tu sering mikirin mantannya....
mkanya tu ku pengen banget tlongin dia supaya bisa balikan ma mantannya.......
bisa bantu ku ga?////////
alnya kasian banget tu tmn ku
nama ce nya siha,naknya pak syuaib........


Senin, 16-02-2009 10:10:16 oleh: IrFaL

gimana cara mendaftar clbk??? coZx aQ pengen Balikan ama orang yang aku sayang


Kamis, 26-02-2009 09:53:31 oleh: ochalyanna

menurut aku,acara ini bagus..
buat menuin orang sama mantannya yang udang lose contec..

apalagi yang mau balikan lagi..
aku juga mau dong,daftar..

aku mau ketemu sama mantan aku,yang sekarang tiba-tiba hilang dari kehidupan aku..


Senin, 30-03-2009 20:55:20 oleh: meiyan safitri

gwa mau ikutan nie...gwa ada masalah nie.....
gwa masih sayang ma mantan gwa nie tolong bantuin gwa donk........


Sabtu, 06-06-2009 10:06:43 oleh: supri yadi

sya maw ke tmu lagi sam sri. anak kebumen. rumahya jln alien. rt 01 rw09 no 09 sya udh g ke temu selama 3thun


Senin, 13-07-2009 11:35:51 oleh: eli yunita

tolong dunk qw mau balikin temen qw sama sahbt qw. . . . . .
nama nya tu lintang ma april. .
tolong bntu qw yach. .
cz april tu mch cynk ma lintang. . .
tlngn yach. . .


Senin, 06-09-2010 23:46:45 oleh: ADY FERNANDO

aku juga maw ikut... bianya brapa juta pun akw mau dunkkkk...^_^ plissssss.... akw cinta bgt ma SIdia......



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY