Wikimu - bisa-bisanya kita

Yulius Haflan

Fakta Unik: Ilmu Pengetahuan Pasti

Kamis, 29-11-2007 10:09:25 oleh: Yulius Haflan
Kanal: Iptek

Fakta Unik: Ilmu Pengetahuan Pasti

Dulu saya paling benci dengan yang namanya pelajaran fisika dan kimia. Mungkin yang membuat saya begitu benci dengan kedua pelajaran itu adalah seringkali guru dalam menjelaskan mata pelajaran tersebut lebih menitikberatkan pada teori dan rumus-rumus yang njelimet. Padahal kalau fisika dan kimia diajarkan dengan cara yang berbeda, sebenarnya kedua mata pelajaran itu tidaklah seseram yang kita kira. Bahkan ada banyak hal unik dan menarik dari konsep-konsep fisika dan kimia yang bisa disampaikan.

Nah, kali ini saya mencoba memaparkan sejumlah fakta unik tentang konsep-konsep ilmu pengetahuan pasti ini, dan akan saya buktikan bahwa sebenarnya fisika dan kimia itu sebenarnya sangat menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

  1. Percaya tidak kalau jaring laba-laba diyakini lebih kuat daripada baja? Itulah yang terjadi, malah militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba.
  2. Tahukah Anda bahwa massa jenis es lebih ringan 89% dari massa jenis air dingin? Akibatnya 11% dari bongkahan es berada di atas permukaan air dan sisanya tenggelam di bawah permukaan air. Kenyataan tersebut membuat gunung es yang mengapung di laut sangat membahayakan, khususnya untuk kapal-kapal yang sedang berlayar. Hal ini telah terbukti pada kecelakaan bersejarah yang terjadi pada kapal penumpang Titanic pada tahun 1912. Kapal yang "tidak bisa tenggelam" itu tenggelam di laut Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung es.
  3. Menurut sejarahnya, kembang api bermula dari ditemukannya petasan pada abad ke-9 di Cina. Ceritanya, waktu itu seorang juru masak secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur) dan arang dari kayu (charcoal).Ternyata campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Jika bubuk mesiu itu dimasukkan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya, kemudian sumbu dibakar, maka mesiu itu akan meledak dan mengeluarkan suara ledakan keras. Pada zaman Dinasti Song (960-1279 M), masyarakat Cina mendirikan pabrik petasan. Bahan baku tabung diganti dengan gulungan kertas yang kemudian dibungkus dengan kertas merah di bagian luarnya. Kemudian petasan ini menjadi dasar dari pembuatan kembang api, yang lebih menitikberatkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di udara. Tahukah sobat-sobat, pada masa Renaissance, di Italia dan Jerman ada sekolah yang khusus mengajarkan masalah pembuatan kembang api. Di sekolah Italia menekankan pada kerumitan kembang api, sedangkan di sekolah Jerman menekankan pada kemajuan ilmu pengetahuan. Dan akhirnya muncul istilah pyrotechnics yang menggambarkan seni membuat kembang api. Untuk membuat kembang api dibutuhkan seorang ahli yang mengerti reaksi fisika dan kimia. Setelah bertahun-tahun, para ahli kembang api akhirnya bisa membuat kembang api berwarna-warni, seperti merah yang berasal dari strontium dan litium, warna kuning berasal dari natrium, warna hijau berasal dari barium dan warna biru dari tembaga. Campuran bahan kimia itu dibentuk ke dalam kubus kecil-kecil yang disebut star. Star inilah yang menentukan warna dan bentuk bila kembang api itu meledak nantinya.
  4. Tahukah Anda, kapal tanker terbesar di dunia adalah Jahre Viking dengan lebar 69 meter dan panjang 458 meter, 77 meter lebih panjang dari Empire State Building New York. Mampu membawa minyak bumi sekitar 14 juta barel yang bisa menghidupi seluruh kendaraan bermesin di muka bumi ini selama 2 minggu!
  5. Mengapa kaktus bisa bertahan hidup dengan kondisi lingkungan yang minim air? Kata ‘kaktus' berasal dari bahasa Yunani "kaktos" yang berarti tanaman berduri. Sebenarnya, kaktus memiliki daun. Namun, daun tersebut berubah menjadi bentuk duri, sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Perlu diketahui, semakin lebar permukaan daun suatu tanaman, maka semakin banyak jumlah air yang menguap setiap saat. Analoginya seperti ini : Kalau kita lagi kepedasan, trus mau minum. Eh, ternyata air minumnya masih sangat panas. Ambil saja mangkuk/ piring, lalu tuangkan air minum yang panas tersebut. Tunggu selama beberapa menit, air pun langsung menurun suhunya, karena laju pendinginan jadi lebih cepat karena area pendinginan lebih luas. Udara luar lebih banyak bersentuhan dengan air dalam piring daripada air dalam gelas karena bidang tekan lebih besar. Nah, kaktus juga menggunakan prinsip seperti itu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kemudian, batang kaktus juga dilapisis jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan. Jaringan ini mampu menyimpan air dan tahan terhadap kekeringan sekalipun. Meski begitu, kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar yang sangat panjang bermeter-meter ke dalam pusat bumi untuk mencari sumber air.

Sumber: http://myscienceblogs.com/ dan dari berbagai sumber

Sumber foto: http://users.telenet.be/

7 komentar pada warta ini
Kamis, 29-11-2007 11:38:49 oleh: silvi

mas yulius, memang benar, sebenarnya fisika dan kimia itu suatu ilmu yg enak loh. kebetulan aku dapet guru yg enak banget, mereka ga pernah ngajarin aku hafalin rumus, tapi dipahami dgn cara menurunkan rumus lalu ke hidupan sehari2..
makanya aku kemudian mengajarkan ke siswaku klo pelajaran eksak itu ga menakutkan tapi menyenangkan..... padahal aku ngajar geografi yg notabene nya ngajar anak ips, makanya untuk anak ips pun aku berusaha menekankan untuk tidak menghafal tapi memahami kedalam kehidupan, misal pelajaran tentang cuaca.. nah lihat kenapa cuaca suatu tempat bisa beda2.. kan sambil diamati dalam kehidupan maka teori akan jalan dengan sendirinya...
jadi tidak perlu menghafal.


Kamis, 29-11-2007 12:30:49 oleh: Yulius Haflan

Bener, mbak silvi. Saya ini paling males klo disuruh menghapal. Seharusnya guru macem mbak silvi ini dikloning sebanyak-banyaknya biar bangsa kita bisa cerdas, hehe...padahal saya ini termasuk penggemar bacaan National Geography (versi Indonesia) dan hal-hal sifatnya ilmiah. Kalo ilmu2 semacam ini dikemas dalam tampilan yang menarik dan unik, saya yakin pelajaran fisika dan kimia akan banyak penggemarnya.


Kamis, 29-11-2007 13:09:45 oleh: Silvi Anhar

wah mas, jangan kayak saya dikloning :) krn sebenarnya saya ga bisa ngajar... mungkin guru2 jadul kali ya... hehehe abis guru2 jadul tuh heibat2...
wah suka baca national geography juga ya... sama dong, aku malah sekarang banyak pinjam nat. geo nya sama mas bajoe heheheheehehe....


Selasa, 21-10-2008 16:54:07 oleh: sherly

btul banget tu ...
aku juga suka banget sama pelajaran IPA
tapi karna didaerah ku hanya jual buku sekolah biasa,tidak yang lebih khusus dan unik",ya jd rasa nya nyesal uda tinggal disini.
sekali" ke gramed tp ga tau mao beli buku apa?
hehehe


Sabtu, 13-12-2008 13:26:06 oleh: harjan

hai... teman-2 boleh gabung gak neh...!!! oya kbetulan aq juga anak IPA lhoooo.. tapi aq lebih suka biologi.. oya aq stuju ma tman2 bhwa klu blajar tuch ga pake hafalan sgla, tp blajar tuch harus kita yg nemuin sendiri tuh ilmu "discovered" ato sesuai dgn teori Ausabel "belajar bermakna" nah kalo sudah kyk gitu,pasti ilmu yg kita dapet bisa berbekas dalm diri kita, iya gak..? eh.. monanya neh,, dikampung aq tuh pernah ada kejadian lho.. ada teman aq yg nemuin batu yg beratnya 5 kg, besarnya agak kecil dari komputer, anehnya batu tersebut bentuknya kayak orng yg lg duduk, hi..i..i trus bisa terapung dilaut, pokoke seram dech, orng2 tuh dikira batu apung.. tp bukan juga lho.... gmana kalo mnurt teman2 mkch..?


Selasa, 19-05-2009 19:56:33 oleh: veyni

hai...smua na!!!!
aku jgaa suka koq...
but,, sometimes,
aqu jga bingung,,
pa lagi guru ku itu..!!
ya ampun....
bikin bosan tau g'??


Rabu, 15-09-2010 22:12:58 oleh: puettutdz soebandono

ga da yang lebih menarik kCh,.. ???
Lau itu sich ku dah tau.
cari doangk,... yang lebih daripada itu,..



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY