Wikimu - bisa-bisanya kita

Ira Meida

Profesi Saya… Ibu Rumah Tangga

Jumat, 16-11-2007 14:01:43 oleh: Ira Meida
Kanal: Opini

Profesi Saya… Ibu Rumah Tangga

Ketika menunggu giliran untuk konsul ke dokter, tidak sengaja, saya mendengar pembicaraan dua orang ibu di samping saya. Ibu A dan ibu B ini (sebut saja begitu) bercerita mengenai keluarga masing-masing. Yang menggelitik telinga saya untuk lebih mendengarkan adalah ketika ibu A bertanya mengenai profesi ibu B. Ibu B menjawab…Ah, saya cuma ibu rumah tangga biasa, dengan raut wajah yang sungkan sekali. Bah… Apa salahnya menjadi ibu rumah tangga???


Menurut saya, ibu rumah tangga adalah sebuah profesi yang sangat mulia. Bahkan bisa dibilang multi profession. Kenapa??? Seorang ibu bisa menjadi manager operasional yang bertugas mengawasi lancar tidaknya seluruh kegiatan yang terjadi di rumah. Ibu juga bertindak sebagai manager keuangan yang mengatur pengeluaran rumah tangga. Ibu menjadi chef handal yang memasak makanan sekaligus berfungsi sebagai ahli gizi yang memantau nilai gizi dan memastikan makanan yang layak dikonsumsi anak-anaknya. Ibu menjadi guru, tempat bertanya segala hal dan ibu juga menjadi psikolog, tempat anak-anak curhat.

Ketika anak-anak sakit, ibu umpama seorang dokter, dengan sigap memberikan pertolongan pertama di rumah dan suster, rela begadang semalaman demi kesembuhan sang anak.

Jadi, apa yang salah dengan profesi sebagai ibu??? Saya ingin suatu hari nanti, ibu-ibu dengan bangga mengatakan…Profesi Saya… Ibu Rumah Tangga. Tanpa sungkan, tanpa ragu.

24 komentar pada warta ini
Jumat, 16-11-2007 14:58:53 oleh: Eryawan Nurcahya

Sepertinya perlu ada dua figur lagi Mbak Ira ...

Seorang Ibu adalah juga Hakim bagi anak-anaknya karena harus mampu bersikap adil bilamana ada perselisihan yang timbul di antara mereka. Ini penting karena bila tidak dapat bersikap adil dipastikan salah satu merasa iri dengan saudara sekandungnya sehingga akan ada julukan anak mama ataupun anak papa.

Seorang Ibu adalah juga seorang Istri dari sang Suami. Peran CEO dan Motivator memegang peranan penting bagi seorang istri mengingat beban pekerjaan sang suami di kantor yang acap kali menguras tenaga dan pikiran. Peran CEO penting agar sang suami dapat dengan tenang meninggalkan rumah untuk pergi bekerja sekaligus menjadi Motivator agar giat bekerja di kantor demi menghidupi anak dan istri.

Trims ...

Trims ...


Jumat, 16-11-2007 15:15:56 oleh: Muhammad Nizar

kalau sy boleh dilahirkan kembali saya akan memilih untuk menjadi Ibu. suatu profesi yang membutuhkan multi skill dan "cara" pintas tercepat menuju surga mengingat pengabdian nya tanpa batas.


Jumat, 16-11-2007 18:16:36 oleh: Retty N. Hakim

Mas Ery lagi ngomongin saya yang anaknya berantem melulu ya?! BTW Makasih lho sudah bantu menjaga anak waktu aku ngintip acara wikimu...


Sabtu, 17-11-2007 02:38:07 oleh: Honny S

Pertama saya memperkenalkan diri, saya yang "tokoh utama" dalam "Anak Indonesia di Negeri Orang" nya Meidy.
Saya bangga "berpofesi" IBU RUMAH TANGGA karena saya bisa bekerja 24 jam dalam sehari dan seminggu penuh (24/7). Saya tidak usah repot ke bank untuk menabung buat masa depan anakku karena "gajiku" sudah saya berikan kepadanya setiap hari dan juga saya tidak harus menunggu saat-saat khusus untuk mendapat "bonus" dari perusahaan tempatku berpofesi karena bonusnya ada setiap saat melihat anak dan suamiku tersenyum kepada saya.


Senin, 19-11-2007 07:45:59 oleh: Ira Meida

mas eryawan...
wah.. saya gk kepikir sejauh itu. hakim, CEO & motivator. hhhmmmmmm... ^_^

b'nizar...
kita tukeran aja. saya penasaran, jd co itu gmna??? ^_^

mbak retty...
saya bru tau mas eryawan gape jagain bocah. ty sudah mampir mbak. ^_^

hai mbak honny...
saya slalu salut ama ibu rumah tangga (termasuk mbak). ibu2 ini bnr2 canggih. punya tenaga xtra untuk ngurusin apaaa aja. ty udh mampir. ^_^


Senin, 19-11-2007 09:37:07 oleh: Eryawan Nurcahya

Oh yaa Mbak Ira ... saya jadi lupa. Rekan kita Mbak Retty adalah juga figur seorang Ibu Rumah Tangga dengan segudang prestasi.

Jadi khan kita jumpa di bulan Desember nanti. Insya Allah kita dapat jumpa dengan Mbak Retty juga ...

Amien ...

Dan ... saya tunggu ...


Senin, 19-11-2007 09:45:20 oleh: Eryawan Nurcahya

Untuk Mbak Retty, terima kasih kembali ...

Saya senang sekali bisa jumpa dengan si Kembar. Buat saya sepasang anak kembar apalagi identik masih tetap Amazing karena mencerminkan betapa besar kuasa Allah SWT.

Sampaikan juga salam saya untuk si kembar ...
Mudah-mudahan masih ingat dengan si Oom'nya dan dapat jumpa lagi ... (bareng dengan Mbak Ira ?)

Trims ...


Senin, 19-11-2007 19:16:50 oleh: Retty N. Hakim

He..he..he...oom Ery yang pintar bikin pesawat terbang dan oom wisnu yang bisa bikin anak "terbang" he..he..he...oom-oom dari wikimu pada ngetop deh!

Kalau ibu RT dari Amrik saya salut banget deh...soalnya kebayang nggak pake asisten sama sekali! Ilmu saya nggak ada apa-apanya deh sama ibu-ibu yang harus sehat terus di negara yang ada musim dinginnya (aduh aku nggak tahan dingin!)Ditambah lagi ilmu masak makanan Indonesia (disini masih ada masakan mami dan masakan katering bo!)


Rabu, 21-11-2007 13:42:42 oleh: Meidy

OOT >

Om Ery, bulan Desember nanti ada acara apa ya ? Kapan tuh tepatnya ?


Rabu, 21-11-2007 14:47:05 oleh: Eryawan Nurcahya

Wah ... senang juga hati ini kalau si kembar masih ingat dengan " Oomnya " ...

Dan ... boleh juga usulan Mbak Meidy bikin acara akhir tahun untuk para rekan-rekan Wikimu.

Saya ada ide Gathering dan renungan akhir tahun untuk menjadi ajang silaturahmi antara sesama rekan-rekan Wikimu.

Mudah-mudahan ... Mbak Ira, Mbak Silvie, Mbak Micky dan Mbak Rahmah ... dapat turut hadir meramaikan, dengan acara puncak, Padhe Mimbar dan Suhu Tan bisa menyumbangkan saran dan Prediksi Tahun 2008 sesuai dengan zodiak dan shio masing-masing ...

Bagaimana Mbak Meidy ... atau ada saran dan usulan lain ...

Trims ...


Rabu, 21-11-2007 15:24:45 oleh: Retty N. Hakim

Hei aku ndak disebut ...takut diminta jadi babysitter lagi ya?! He..he..he...OOT


Rabu, 21-11-2007 15:32:55 oleh: Eryawan Nurcahya

Yach ... saya malah senang koq, takutnya kalau tidak ada babysitter nanti malah Mbak Retty tidak bisa hadir donk ...

Trims ...


Rabu, 21-11-2007 16:25:07 oleh: Ira Meida

mas eryawan...
insyaAllah, 19 des saya udh di jkt. tp, cuman sampe 31 doang. kl gatheringnya akhir taon, saya gk bsa ikut donk ya? ^_^


Rabu, 21-11-2007 17:47:07 oleh: Eryawan Nurcahya

Alhamdulillah ... ini yang saya tunggu-tunggu akhirnya jadi terlaksana juga ...

Untuk teknisnya nanti akan saya beri kabar melalui alamat e-mail Mbak Ira (seperti yang ada di profile, Mbak ?)

Akan saya usahakan juga Gathering sebelum tahun baru tiba, sehingga Mbak Ira dapat berjumpa dengan rekan-rekan Wikimu yang lain ...

Semoga ...


Kamis, 22-11-2007 10:29:09 oleh: Ira Meida

bnr bngt mas eryawan. imel address saya sperti yg diprofile. jgn salah loh...

ditunggu kabarnya deh... ^_^


Kamis, 22-11-2007 11:45:44 oleh: Muhammad Nizar

sedih deh, tinggal di aceh ga bisa ngapa-ngapain. memang indonesia ini jakartasentris. mending merdeka aja lah...


Kamis, 22-11-2007 13:46:45 oleh: Ira Meida

b'nizar kn bisa gabung???
tp, mesti ke jkt dl. ^_^

mas eryawan...
ada rencana bikin gathering di aceh gk?


Kamis, 22-11-2007 14:47:36 oleh: Muhammad Nizar

becanda aja heheheh..
jgn terlalu ditanggapin, tp setidaknya inilah gambaran Indonesia, hampir semua sektor terfokus di jakarta.


Jumat, 23-11-2007 05:43:12 oleh: Retty N. Hakim

Kenapa harus nunggu dari Jakarta sih? Bikin saja gathering sendiri...sudah itu kirim artikel ke wikimu biar kita tahu siapa saja yang ada di luar Jakarta. Kalau sungkan, ya kulonuwun sama admin via milis...

Inikan kolom DU-DU: Dari Untuk kita-kita juga...bedanya mungkin gathering di Jakarta ada cemilan dari admin....he..he..he...aku malah pengen makan roti jala tuh (tapi nggak ada ongkos ke Aceh).

Maaf ya bos-bos dan admin kalau saya dianggap melangkahi, tetapi ketergantungan pada Pusat ini juga sudah jadi penyakit kronis Indonesia (apa iya ya?) Nggak juga dink...tuh yang mau sekolah gratis bisa ke Musi Banyuasin (http://www.muba.go.id/portal/)...makanya pulang kampung! (Minjem judul artikel siapa ya nih?)


Selasa, 09-09-2008 10:34:50 oleh: vie

Artikelnya bagus.. izin untuk di bacakan di inspirasi acara pagi ku ya,...
thx


Selasa, 09-09-2008 11:40:32 oleh: Ira Meida

hallo mbak vie...
monggo, boleh2 aja kok artikel ini jd bahan inspirasi acara paginya mbak. saya seneng, tulisan ini bisa berguna.

btw, ty udh mampir. slm kenal. ^_^


Selasa, 09-09-2008 11:52:08 oleh: Agus Mardhika

Mungkin karena program "Emansipasi Wanita" sudah sangat berhasil, sehingga ada sedikit rasa sungkan atau malu bila menyebut profesinya sebagai "Ibu ramah tangga"


Selasa, 09-09-2008 12:00:08 oleh: Muhammad Nizar

mbak ira
ini artikel udah lama kali kayaknya, tp masih cari penggemar kayaknya.
mbak ira di palembang ya?


Selasa, 09-09-2008 12:15:39 oleh: Ira Meida

@ agus mardhika
hallo kang agus. msh puasa??? hehehhe... ya iyalah, masa ya iya dong. sek.. sek... "emansipasi wanita"nya kebablasan. jd gitu deh. ibu rmh tangga ya hanya ibu rumah tangga. :(

@ muhammad nizar
b'nizar... yg nyari penggemar itu sopo tho??? kebetulan lg maen di wikimu eh... ada yg komen. yo wes. skalian deh dijawab.

btw, saya bkn di palembang tp di pekanbaru, riau. lupa ya? katanya nge fans??? hihihihihi...



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY