Wikimu - bisa-bisanya kita

Rudy Adhary

Biar Miskin Tetap Sedekah

Kamis, 27-09-2007 16:47:24 oleh: Rudy Adhary
Kanal: Gaya Hidup

Biar Miskin Tetap Sedekah  

Judul Buku       : Siapa Bilang  Bersedekah  Harus Tunggu Kaya?

Penulis              : Wajih Mahmud

Penerbita          :  Hikmah,  2007

Tebal                : xxviii + 282 halaman

 

Tak punya uang  tapi ingin sedekah?  Jangan khawatir,   banyak hal yang  bisa dilakukan, dan dinilai   Allah sebagai sedekah.   Dalam buku ini disajikan beberapa ragam   cara bersedekah   yang diajarkan Rasulullah SAW bagi orang yang tak  mampu bersedekah harta.

Sedekah yang dibahas dalam buku karya Wajih Mahmud ini adalah bersedekah    dengan kebaikan, sebagaimana dijelaskan  dalam hadis Nabi SAW, " Semua  kebaikan adalah sedekah." Artinya,   sedekah yang bisa dilakukan  oleh semua orang, baik   kaya maupun miskin, besar maupun   kecil,    kuat maupun lemah.

Wajih Mahmud   menafsirkan   sedekah yang   dimaksud dalam hadis  di atas    bukan sedekah harta, karena sedekah  harta terbatas  bagi orang yang punya saja.  Ada pun  sedekah  yang dianjurkan untuk   dikeluarkan setiap hari  oleh setiap  orang  adalah sedekah kebaikan   dengan berbagai  macam cara.  (hal 36)

 Apa beda sedekah harta  dengan sedekah kebaikan? Sedekah harta, baik  yang wajib maupun sunnah, diberikan kepada orang yang membutuhkan. Sementara  sedekah   kebaikan adalah sedekah   kepada  diri sendiri,    baik manfaatnya kembali  pada orang lain, seperti menunjukkan  jalan, membantu orang lemah, dan  membantu orang  yang sangat membutuhkan.    Atau yang  manfaatnya   kembali   pada orang yang bersedekah  itu sendiri. Misalnya,   berzikir    kepada Allah,  melaksanakan kewajiban syariat, dan perbuatan   taat   lainnya   yang manfaatnya   kembali  kepada  sang pelaku.

Sedekah kebaikan bukan hanya   diberikan  kepada orang muslim, tapi kepada semua orang, baik   kaya maupun miskin,  kuat  maupun lemah, baik   ataupun jahat.

Sedekah kebaikan dilakukan   sebagai bentuk  rasa syukur   kepada Allah atas    kesehatan yang diberikan. Sedangkan sedekah harta  sebagai bentuk  rasa syukur  kepada Allah  atas harta   yang dikaruniakan.  (hal 40-42)

 Merujuk pada hadis Nabi SAW, Wajih Mahmud  menjelaskan beberapa macam sedekah kebaikan. Antara lain,   bersedekah dengan zikir,   bersedekah   dengan salat,   bersedekah dengan  puasa,  bersedekah   dengan perkataan yang baik,   bersedekah dengan akhlak  terpuji,  dan bersedekah   dengan membantu sesama mukmin.

Manfaat sedekah tak perlu  diragukan lagi.   Di dunia, manfaat sedekah  adalah menyucikan jiwa dari sifat bakhil   dan membersihkan jiwa orang    miskin dari sifat  iri dan  dengki.   Allah SWT  berfirman, "Ambillah   zakat  dari sebagian  harta mereka.   Dengan zakat itu  kamu   membersihkan  dan menyucikan   mereka  dan berdoalah untuk mereka." (QS At Taubah 103)

Sedekah juga akan menambahkan rezeki  dan mendapat pertolongan Allah. Nabi SAW  bersabda, "Wahai sekalian manusia, bertobatlah   kepada Allah sebelum   meninggal,  bersegeralah   berbuat baik sebelum sibuk,  sambunglah antara   kamu dan Tuhanmu  dengan memperbanyak berzikir,   memperbanyak sedekah dengan sembunyi-sembunyi   dan terang-terangan,   niscaya   kalian mendapat rezeki, pertolongan, dan memperbaiki keadaanmu."

Sementara di akhirat,  manfaat sedekah, antara lain   menghapus dosa dan kesalahan,  menjauhkan dari kemurkaan Allah,  dan menyelamatkan   orang yang bersedekah dari siksa neraka.

Buku ini ditutup dengan mengutip wasiat Nabi SAW  kepada orang miskin, agar mereka   tidak menghalangi   dirinya dari   keutamaan   dan pahala sedekah    harta. Mereka boleh bersedekah   sesuai dengan kemampuannya, meskipun sedikit.   Sebab  menyedekahkan harta     yang dibutuhkan    meski sedikit,   jauh lebih baik   daripada menyedekahkan   harta yang   tidak dibutuhkan   meski banyak.  Hal ini   dikarenakan   motivasi orang  tak punya dalam bersedekah  harta adalah  keimanan,   tawakal  kepada Allah,  serta keyakinan  terhadap  rezeki  dan bantuan Allah.   Berbeda dengan orang kaya yang bersedekah   dari hartanya yang berlimpah.

Ayo,  jangan ragu untuk bersedekah.   Punya uang, sedekahkan. Kalau nggak punya, ya sedekah dengan sedekah kebaikan.   Jangan jadikan  kemiskinan  sebagai alasan untuk tidak  bersedekah!

6 komentar pada warta ini
Kamis, 27-09-2007 18:51:06 oleh: rudy

senyum juga sedekah...subhanallah.... dengan senyum banyak kebaikan yang telah kita sebarkan....


Rabu, 13-02-2008 12:32:20 oleh: refren

saya sangat setuju apa yang anda sampaikan karna memeang seperti itulah kita sebagai muslim sejati, tak berhartapun bisa bersedekah dengan senyum yang ihlas......


Rabu, 09-07-2008 14:01:58 oleh: deni sularso

sedekah itu mudah hanya dengan menganjurkan keabikan saja sudah merupakan sedekan dan menahan diri dari kejahantanpun sudah merupakan sedekah Subhanallah betapa enak nya sedekah


Minggu, 07-06-2009 03:47:39 oleh: widia

sedekah berupa harta sedikit,atau besar saya sudah membuktikan 10 x lipat bahkan lebih,diganti oleh 4JJI (Allah SWT)
sedekah,kebaikan ? saya baru tahu bila berbuat baik terhadap orang itu namanya sedekah kebaikan? saya pikir manusia mempunyai sifat buruk dan baik,jadi selama kita (manusia) beraktifitas, secara tidak langsung mempraktekkan sedekah kebaikan,dan juga keburukan?saya akan berusaha u berbuat baik, yang artinya sedekah kebaikan...


Senin, 18-01-2010 05:06:34 oleh: tauriant

sedekah emang hebat euy..krn gw emg ngerasain bgt manfaatnya..kdg2 gw suka nyengir2 sendiri, begitu dpt manfaatnya ...gw nyengir krn ngk habis pikir ternyata Allah tu bener2 nepatin janjinya...tapi yg terutama emg kita harus ikhlas..jgn krn ngarep imbalan terus baru sedekah dan atu lagi emg bener jgn tunggu kaya baru sedekah...klo kita kaya? nah klo kita ngk kaya trus keburu mati duluan..gimana???? ya ngk pernah sedekah dong..ishhh jgn sampe kita kyk gitu ye


Senin, 18-01-2010 09:51:08 oleh: yusfiani

Saya sdh merasakan begitu besar manfaat sedekah, tp dg hati yg ikhlas lho... jk kita ikhlas membantu yakin sj suatu saat kt butuh pasti ada yg bantu, gitu jg sedekah harta, bener2 g akan buat kita miskin, Allah maha tau pasti dilipat gandakan jk harta kita dipakai untuk kebaikan



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY