Wikimu - bisa-bisanya kita

Krispianus Bheda

Telah Ditemukan Lagu Indonesia Raya Yang Asli oleh Roy Suryo cs

Minggu, 05-08-2007 08:03:54 oleh: Kris Bheda
Kanal: Peristiwa

Telah Ditemukan Lagu Indonesia Raya Yang Asli oleh Roy Suryo cs Penemuan video clip yang berisikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang asli ciptaan W.R. Supratman menggemparkan semua pihak. Roy Suryo, ahli telematika bersama tim merah putihnya telah menemukan pusaka bangsa berharga itu di negeri Belanda beberapa waktu lalu. Menurutnya lagu kebangsaan Indonesia Raya didokumentasikan oleh penjajah Jepang pada sekitar bulan September 1944.

Dalam versinya yang asli seperti diceritakan Roy Suryo, lagu Indonesia Raya mempunyai tiga stansa yang menarik. Stansa pertama berisikan tentang persatuan dan kesatuan bangsa. Stansa yang kedua berisikan tentang hubungan atau relasi antara kehidupan (manusia) dan sang Pencipta, dan stansa ketiga berisikan tentang penghormatan rakyat terhadap bangsa dan negara.

Jadi, lagu kebangsaan yang selama hampir enam puluhan tahun lebih kita kumandangkan sebetulnya hanyalah sepertiga dari lagu gubahan W.R Supratman yang asli tersebut, yakni hanya stansa yang pertama.

Terlepas dari siapa dan mengapa sampai lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kita gemakan secara tidak lengkap sampai saat ini, namun pantaslah jika kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Roy Suryo dan tim merah putihnya. Lantaran kegigihan pencarian mereka sebuah pusaka bangsa ditemukan. Sungguh merupakan sebuah kado terindah untuk kemerdekaan bangsa. Serentak itu memupuk semangat nasionalisme kita untuk terus memburu pusaka-pusaka bangsa yang lain, yang mungkin sajah telah tenggelam bersama sejarah.

Merdeka.

 

Sumber gambar: sekolahindonesia.com

30 komentar pada warta ini
Minggu, 05-08-2007 17:09:31 oleh: ajeng

Di sekolah-sekolah sudah mulai diajarkan kok lagu lengkapnya.


Minggu, 05-08-2007 20:14:13 oleh: Krispianus Bheda

tapi bang, kira-kira kenapa ya baru sekarang?


Minggu, 05-08-2007 21:58:59 oleh: nurbasuki

Sewaktu menjadi Pramuka di SD, seingat saya versi lengkap tersebut pernah diajarkan kalau pas "latihan pramuka". Belum jelas yang ini versi "yang lebih lengkap" lagi.
Dan apakah memang di Arnas belum ada dokumentasi dimaksud ya, sebab sering kita saksikan klip-klip film masa perang kemerdekaan saja ada di Arnas.
Namun usaha Pak Roy dkk perlu diberi "salut" pada masa dimana kadang rasa kebangsaan terasa perlu di gelorakan lagi.

Merdeka !!!


Minggu, 05-08-2007 23:18:23 oleh: Yermias Ignatius Degei

Harus belajar lagi ne. he...he...Wah yang satu stansa saja belum hafal. Nanti bagaimana hafalnya ya...

Katanya sudah mulai diajaran di sekolah ya...
Itu berarti otomatis suatu ketika akan dipakai yang aslinya. Yang penting setelah dipakai tidak diamandemen lagi to.


Senin, 06-08-2007 08:42:57 oleh: wong ndeso

kayaknya gak usah dibesar2kan, wong dari dulu, jamannya SD dah diajarkan koq, sama seperti lagu syukur ada beberapa versi lirik.
tapi masalahnya kalo dinyanyikan secara lengkap, bukannya kelamaan nih kalo lagi upacara bendera atau acara kenegaraan yang lain, malah pada pingsan nanti...


Senin, 06-08-2007 09:35:26 oleh: is silarta

Kagum dan bersyukur...atas niat baik yang luhur dari Bp.Roy Suryo untuk menyerahkan temuan sejarah/dokumen kuno kepada Pemerintah Indonesia.
Apalagi beliau posisinya sebagai pakar dibidangnya dan seandainya tidak ada niat yang baik kemudian ditawarkan kepada para kolektor pasti nilai ekonomisnya sangat tinggi...
Patut kita hargai atas jerih payahnya dan keterbukaannya !!!

Apakah saya,kalau menemukan benda sejarah/dokumen kuno,saya juga melakukan apa yang seperti beliau laksanakan ???
Semoga saja deh...

Salam n Bravo Wikimu,


Senin, 06-08-2007 11:13:27 oleh: indonesiana

wah, temuan kayak gitu sih dah basi mas roy......wong primbon bahasa jawa juga adanya di belanda kok...tanyaken sama simbah aja....

Kalo kurang kerjaan (Pakar IT & Telematika) mending bikin hal yang lebih berguna bagi dunia IT & telematika di Indonesia....(kalo bisa....)

Jangan cuma ngecap aja digedein......cape deh.....dengerin (yg katanya pakar IT)......


Senin, 06-08-2007 12:51:01 oleh: Indra Hadi

duh... yang bener yang mana....? orang itu vidio 3 stansa udah lama ada di you tube. kooQ om ROY ngaku2 yang pertama nemuin? orang itu vidio di you tube dah ada sejak jaman jebot...


Senin, 06-08-2007 14:03:02 oleh: nicko

yang jelas si yang nemuin om W.R Supratman. bukan roy suryo

dari dulu juga ga pernah hilang, jadi mana mungkin ditemukan ?

orang yang aneh.


Senin, 06-08-2007 14:13:02 oleh: FreeVideo

wahh.. ndak bener itu.. bukan beliau yang menemukan pertama kali... di SD aku juga sudah belajar itu.. mau liat video nya yang konon udah lama nangkring di youtube.. neh tak uploadkan biar sampean bisa simpen..
http://freevideo.freehostia.com/others/indonesia-raya-3-stanza


Senin, 06-08-2007 14:26:17 oleh: Krispianus Bheda

tetapi semoga kontroversi ini dapat melahirkan kejelasan bagi kita semua...bukan roy suryonya...tetapi pusaka bangsa itu sendiri.'Indoensia Raya'


Selasa, 07-08-2007 05:53:46 oleh: Retty

Tim Air Putih atau Tim Merah Putih? (saya baca tulisan di warta terkait tim Air Putih.

Kontroversi ini bagus juga untuk menyentakkan kita dimana naskah asli berada. Kan Supersemar saja tidak pernah ketemu suratnya...

Kalau soal kontroversi seputar lagu ini sih banyak, ada juga yang bilang lagu ini mirip lagu Perancis...pernah di kontroversi seputar masalah plagiat. Cek recek lagi ya sebelum dikutip!


Selasa, 07-08-2007 07:38:01 oleh: Krispianus Bheda

yang benarnya tim 'air putih' dan merah putih untuk mempertegas keindonesiaan saja. jadi dipake tim merah putih.


Selasa, 07-08-2007 10:53:33 oleh: armaizora

menurut saya penemuan oleh mas roy ini berdampak positif kok..
karena sangat banyak masyarakat indonesi yang nggak tau tentang ini.hanya segelintir orang yang tau...thanks mas roy


Selasa, 07-08-2007 18:18:24 oleh: hary

wah baru tau ya lagu Indonesia Raya ada 3 stanza.
Padahal dibuku kumpulan lagulagu nasional sudah ada dari dulu. Saya aja punya bukunya seja kelas 4 sd. yang memuat lagu INDONESIA RAYA dengan 3 stanza. Apa mau saya copiin???


Rabu, 08-08-2007 09:44:32 oleh: krispianus bheda

mau dong biar tambah banyak daftar kontroversinya.


Kamis, 09-08-2007 12:18:02 oleh: nicko

kayaknya yang ga tau kalo lagu indonesia raya ada 3 stanza, perlu di pertanyakan ke indonesiaannya...

udah jelas2 diajarkan waktu SD, kenapa nanya lagi?
sok ngaku2 yg nemuin lagi....


Kamis, 09-08-2007 12:19:25 oleh: Fans Berat Suryo

Tahun 1988, saya kelas 3 SD, saya punya buku kumpulan lagu nasional dan lagu daerah, di buku itu ada lagu kebangsaan Indonesia Raya, lirik lagunya lengkap, dari versi lirik yg biasa dinyanyi'in sampe versi lirik yang kedua dan ketiganya, kalo nemu nya di Belanda, dan yg nge-dokumentasi'in penjajah Jepang, trus bang R%y, orang yg keberapa...?, ngaget-ngagetin aja, kirain yg ditemuin versi lirik yang ke-empat atw nada yg beda...., halo Orang Indonesia kemana aja slama ini........., singkong di-konvert jadi versi baru, tape deeeeh.....


Kamis, 09-08-2007 12:20:37 oleh: Krispianus Bheda

beda-beda tipis aja bung antara popularitas dan nasionalisme, sehingga keindonesiaaanya menjadi kabur.


Kamis, 09-08-2007 13:07:09 oleh: Ardi

Yup betul, seingat saya waktu SD dulu sudah pernah diajarkan dimata pelajaran sejarah/PSPB kalo gak salah.

Cuman apakah yang ditemukan disini adalah teks asli dan video aslinya ... ?

Kalau iya, memang cukup berharga


Jumat, 10-08-2007 06:57:01 oleh: Krispianus Bheda

ya betul..mengapa Roy Suryo Cs mati-matian belain hasil temuan mereka, kalau itu bukan yang asli.


Jumat, 10-08-2007 11:45:58 oleh: Khana isnaniati

menurut saya , lagu itu sebaiknya dijadikan sejarah saja MAS rOY KURANG KERJAAN


Jumat, 10-08-2007 13:56:43 oleh: Engelbertus Degey, Pr

Saya sudah lupa dengan lagu Indonesia Raya atau lagu-lagu perjuangan yang lain. Tapi bagus juga, dengan penemuan Roy CS bisa mengingatkan kita kembali belajar lagu Indonesia Raya.

(Bukan lupa, tapi kalau ikutan menyanyi bersama-sama teman-teman, malah suara saya lebih besar. Tapi kalau disuruh nyanyi sendiri, weleh-weleh...., paling sepotong-potong atau lompat-lompat, ibarat lagu tadi, tidak lengkap)


Senin, 13-08-2007 16:00:11 oleh: longgi

Peninggalan bersejarah memang penting! Tapi memperdebatkan Lagu, Bendera atau pun bendah2 kayak gini itu membuat capek deh...


Senin, 13-08-2007 16:34:58 oleh: krispianus bheda

Bung Longgi biarkan perdebatan itu berlangsung, sebab setiap persoalan yang selalu disanggah, dikritisi, diuji kebenarannya dengan sendirinya akan melahirkan kebenaran....tidakkah kita tahu, kalau kehidupan ini adalah sebuah perdebatan?


Jumat, 17-08-2007 15:53:11 oleh: anak kecil

jujur, aq baru tahu klo Lagu indonesia raya ntu tdr dr 3 stansa. masalahnya guru ga'jadinya aq dan temen temen yg masih kecil ini menjadikannya sebagai informasi baru. Tapi kalo yg ini mo dijadiin lagu kebangsaan yg dipake wkt upacara bendera di skolah, tiang benderanya harus sepanjang apa donk???


Rabu, 22-08-2007 07:00:36 oleh: krispianus bheda

Kalau tiang bendera tetap aja kali, yang sekarang musti diperhatikan adalah sesuaikan antara lagu dengan bendera yang perlahan-lahan dinaikan agar tidak saling mendahului kan lucu.


Jumat, 07-09-2007 14:03:46 oleh: shinta nastiti

kereeenn...lagunya bguuzz juga ternyata....
tapi kan...susah ngapalin tiga stanza...secara...ak msiih anak SMP...msih rutin nglakuin upacara bendera hari Senin...
Truuzz..klo banyak gitu...kan kasian yang ngerek bendera...ntar mereka kelamaan ngerek bendera....truuzz...tiangnya kudu panjang dooong...???


Sabtu, 16-08-2008 07:56:49 oleh: iwan

udah usang tuh di arsip nasional ada film Indonesia Raya yang pake lagu kebangsaan asli 3 stanza. Cuma masa orba lagu dan film tsb dilarang release.
Roy saja yang kesiangan cari sensasi. Kita punya Arsip nasional ynag jelas dan legal melindungi aset lagu kebangsaan itu. Silakan cek ke Arsip Nas udah ada sejak dulu tuh.... kasin juga Roy


Kamis, 27-08-2009 19:04:14 oleh: Ezha

hebat..tapi yang lebih penting jngan hanya menemukan tapi bagai mana kita hrus menjaga dan tetap menanamkan sikap Merah Putih..
Merdeka bukan berarti merdeka jika kita melupakan dan acuh akan sikap kemerdekaan...



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)