Wikimu - bisa-bisanya kita

Mimbar Saputro

Buku Harian (bekas) Peternak Gurami - Wawancara dengan Sebuah Tabloid

Senin, 30-07-2007 19:15:16 oleh: Mimbar Bambang Saputro
Kanal: Suara Konsumen

Buku Harian (bekas) Peternak Gurami - Wawancara dengan Sebuah Tabloid

Selama setahun saya mengamati cara hidup Gurami lalu mencatatnya sedetail mungkin, mencari penyimpangan-penyimpangan yang biasanya "disembunyikan" oleh penerbit buku laris manis. Tentu saja kebodohan-kebodohan yang saya lakukan juga tidak luput dari catatan saya. Sambil melakukan pencarian di internet kalau-kalau ada artikel mengenai Gurami Raksasa milik Indonesia.  Setiap kali mencoba mencari kata gurami, mesin yahoo atau google hanya menemukan "kissing gouramy" atau gurami cebol yang memang menjadi bagian ikan hias di Amerika ataupun Eropa. 

Sekali tempo ada berita mengenai Giant Gouramy yang kedapatan mati di sebuah Kebun Binatang. Anak-anak berdatangan, memberikan bunga tanda ikut berduka cita atas kehilangan rekannya yang selama ini mereka kunjungi. Penulisnya mengatakan tidak tahu jenis kelamin Gurami tersebut, namun setiap diberi pasangan ia menyerangnya sampai tewas. Sejak itu Gurami Eropa tersebut dibiarkan hidup selebat sampai akhir hayatnya. Saya mencoba menghubungi penulisnya, namun email address tersebut mungkin sudah lama ditinggalkan.

Kemudian muncul artikel seorang pengusaha ikan Gurami yang sukses di Jerman karena membesarkan sendiri ikan tersebut. Namun lagi-lagi menemui jalan buntu untuk berkenalan dengan pemiliknya. Sampai-sampai kalau ada teman dari Jerman, saya minta tolong dicarikan alamat yang tertera disana. Tetap tidak membuahkan hasil.

Lalu sambil belajar menulis di website gratisan, saya memindahkan sebagian catatan tersebut.  Sayangnya website ini dikemudian hari memberikan quota ruang yang kecil bahkan ada yang tutup. Saya sendiri sering lupa dengan alamat situsnya berhubung memang bukan alang kepalang panjangnya. Blogger masih berupa janin pada tahun 2000-an.

Pada akhir bulan Juni 2001, handphone saya menguik, di layar tertulis nomor yang tidak saya kenal. Biasanya saya akan membiarkan saja, paling tawaran kartu kredit yang manis, sekalipun ada debt collector yang kejam dibelakangnya, atau tawaran lainnya. Nampaknya "kedot" juga ia mencoba menghubungi saya. Ternyata mereka mengaku dari sebuah Tabloid yang mengangkat masalah pembesaran Gurami yang sedang marak menjadi pembicaraan sehari-hari. Alamat saya diketahuinya dari homepage saya.

Wartawan tersebut ingin menggali lebih jauh mengenai cara ternak Gurami. Saya ajak kedua reporter tersebut keluar masuk kolam Gurami, nampaknya salah satu dari mereka adalah anak petani Gurami juga sehingga cara bertanyanya sangatlah antusias sekali. Hanya karena terburu-buru langsung saya "iyakan" saat bertanya kesediaan saya menjawab pertanyaan seputar gurami, mereka lupa membawa tustel.. grrrrrh ;-)

Artikel muncul di Tabloid tersebut dengan judul Gurami, Gurame sang Ningrat. Hasil wawancara sehari penuh, hanya memunculkan sebaris kalimat nama saya dan "pembesaran anak ikan Gurami," sehingga tenggelam diantara hiruk pikuknya artikel mengenai "cerita sukses" peternak ikan lainnya se Indonesia.

Kolom ini ternyata menarik minat para calon investor sehingga Tabloid tersebut kewalahan menjawab animo masyarakat. Dan tilpun mulai sibuk menanyakan masalah gurami dan beberapa diantaranya mengembangkan bisnis lainnya.  Beberapa orang malahan datang mau menyerahkan uang modal, pokoknya pasrah "bongkokan" - penuh sampai saya sempat bilang, bapak harus-hati-hati jangan mudah percaya kepada orang, sekalipun kepada saya sendiri.

Rupanya euphoria gurami yang dihembuskan massmedia kadang ditanggapi dengan histeris, maka tak jarang terjadi penipuan-penipuan di masyarakat.

 

Sumber gambar: pikiran rakyat

 

9 komentar pada warta ini
Senin, 30-07-2007 20:19:51 oleh: barly haliem

urusan tulis menulis pak mimbar memang jagonya. Sama jagonya dengan mempraktekkan budidaya gurame. Saya sudah melihatnya sendiri ha..ha..ha..
omong-omong, reporternya kelihatannya belum berpengalaman pak. masih amatiran banget, ya. he...he...


Senin, 30-07-2007 21:56:05 oleh: nawita

tabloid apa to pak? kok sampai liputan lupa bawa kamera? hihihi...

btw, saya enggak tahan buat ketawa pas sampai di bagian gurami di eropa itu. kasian banget sih, ikan kok sampai dipaksa hidup selibat. aduhhhh, cm pak mimbar yg bisa bikin istilah begini...


Senin, 30-07-2007 22:44:34 oleh: Mimbar Saputro

Ho ho ho ho aku tahu pasti akan ada yang kesenggol dengan dongengan saya ini..

Pikir punya pikir kan ceritanya sudah tersimpan dibenak satu repelita lebih, jadi bolehlah dikeluarkan.

Mbak Wita, nggak perlu saya jelaskan lebih lanjut ya... hehehe


Selasa, 31-07-2007 15:11:56 oleh: Diana Wahyuni

walah, dah satu repelita tho Pak? masih ada ngga tuh mujaer di Citayam? Kalo masih boleh lah kapan2 gathering wikimu disana menikmatin gurame fitness goreng.. hehehe...


Selasa, 31-07-2007 17:56:41 oleh: Mimbar Saputro

Mbak Diana, mumpung ada Wikimu jadi saya bisa memindahkan bukuharian ke tempat ini. Mujaer, Gurami "barangkali" masih bisa diusahakan.


Selasa, 31-07-2007 18:35:01 oleh: endang


Kapanpun, dimanapun, membaca tulisan mas Mimbar kagak ada matinya.


Rabu, 21-01-2009 13:22:10 oleh: Armi Yatmanto

Haloo pak???
Maf saya orang baru...
saya mau tau tentang peternakan gurame lebih detail, tolong kirim ke email saya.
trimz


Rabu, 23-12-2009 20:03:48 oleh: Uding S Gautama

maaf pak numpang lewat,
saya sedang belajar budidaya gurame soang di ciamis,cukup menarik buat yang hobi terutama ngurus telurnya selama 1 minggu, kalo sudah suka makan pelet (f.999) wah semua orang pasti senang melihatnya


Kamis, 07-01-2010 14:15:39 oleh: Sigit T

Selamat duehh ! salam kenal dengan pendatang baru di dunia gurameh. Mohon bimbingan untuk dapat beternak gurameh secara detail, saya punya 5 bak kolam di belakang rumah saya, dari air sumur. Boleh minta kiriman artikel lengkap mengenai beternak gurameh, jika berkenan mohon di kirim via e mail saya ! Cp : 0274 780 7800



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY