Wikimu - bisa-bisanya kita

Adrian Godong

7 Keajaiban Dunia Baru di Tanggal 7/7/07

Minggu, 08-07-2007 21:55:46 oleh: Adrian Godong
Kanal: Iptek

7 Keajaiban Dunia Baru di Tanggal 7/7/07

Ternyata tanggal keramat 7/7/07 tidak hanya menarik untuk memulai hidup baru lewat pernikahan, tetapi juga untuk sebuah organisasi dari Swiss.

New Open World Corporation (NOWC), kemarin mengumumkan daftar 7 keajaiban dunia yang baru. Dari 177 monumen, dipilih 21 finalis pada awal tahun 2006, dan akhirnya lewat voting diambil 7 monumen pemenang. Seluruh monumen tersebut harus dibangun oleh manusia, selesai sebelum tahun 2000, dan dalam keadaan yang cukup baik.

Ketujuh pemenang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Tembok Besar, Cina
  2. Kota Petra, Yordania
  3. Patung Kristus, Brazil
  4. Kota Machu Picchu, Peru
  5. Piramida Chichen Itza, Meksiko
  6. Koloseum, Italia
  7. Taj Mahal, India

Peristiwa ini bukan tanpa kontroversi. UNESCO sebagai badan dunia yang berkaitan dengan kebudayaan, menekankan bahwa pemilihan ini tidak memiliki hubungan dengan kegiatan apapun dari UNESCO. UNESCO juga menyebutkan bahwa hasil pemilihan tidak mencerminkan suara dunia, sebab pemilihan dilakukan hanya lewat Internet. NOWC juga melakukan penjualan suara yang dapat dibeli oleh pihak pribadi, organisasi, atau pemerintah. Lebih jauh lagi, hasil voting tidak melalui proses audit yang jelas, sehingga hasilnya belum dapat dipertanggungjawabkan.



Sumber: Dari berbagai sumber.

Sumber foto:www.new7wonders.com

148 komentar pada warta ini
Senin, 09-07-2007 08:26:56 oleh: wong ndeso

bagaimana dengan borobudur kita? acropolis di yunani.
poling gak jelas tuh, sepihak. kecuali dilakukan oleh tim khusus yang ditunjuk, dan terdiri dari para arkeolog terkemuka. tul gak?


Senin, 09-07-2007 09:12:24 oleh: Adrian Godong

Ya ngga juga. Tergantung kriterianya apa?

Kenapa juga Candi Borobudur harus dijadikan keajaiban dunia? Dasarnya apa? Definisikan dulu ajaib.

Kalau untuk NOWC, definisi ajaib dikembalikan kepada pemilih. Ini wisdom of crowds, semakin banyak vote semakin ajaiblah monumen tersebut. Tapi tentunya crowd yang dimaksud juga perlu didefinisikan lagi.


Senin, 09-07-2007 11:46:20 oleh: wong ndeso

nah itu masalahnya, kriterianya gak jelas. pemilih bisa aja asal pilih, tanpa mengetahui detail yang dia pilih. minimal dia pernah mengunjungi tempat tersebut, atau lihat dokumentasinya. btw, borobudur termasuk yang 177 itu gak? kalo gak kasian banget tuh orang-orang yang bikin....


Senin, 09-07-2007 16:51:31 oleh: nicko

@wong ndeso
mungkin kalo borobudur sudah tidak dalam kondisi baik lagi, jadi tidak di pilih lagi :(


Senin, 09-07-2007 17:39:35 oleh: Adrian Godong

Ya, salah satu tujuan dari pemilihan ini adalah untuk menyadarkan berapa banyak dari peninggalan sejarah kita yang sudah tidak terurus/terawat.

Saya lihat sekilas, sepertinya memang sudah tidak ada yang mencalonkan Borobudur sebagai keajaiban dunia (tidak masuk 177 calon). Mungkin memang mereka tidak menganggap monumen ini masih layak karena kondisinya.


Kamis, 19-07-2007 08:13:43 oleh: karina

Aq sedikit nyesel sih napa borobudur g' masuk ke dalm keajaiban dunia kan bagus
sekarang masa' bisa orang bwt bangunan kayak gitu tanpa bantuan semen[batunya cuman ditumpuk2 aja]
tp gpp mungkin lain kali bisa masuk


Selasa, 24-07-2007 14:05:12 oleh: dadang

urusane dhewe dhewe lee............
lebih baik kalo pantai popoh di kotaku yang dijadikan 7 keajaiban dunia....(KIDI KIDi KIDI)


Kamis, 26-07-2007 16:04:28 oleh: Lilis Kho

sayang sekali candi borobudur tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia. itu menunjukkan kurangnya pr pemerintah untuk memperkenalkannya kepada masyarakat international.jadi mereka menganggapnya biasa2 aja.itu suatu kemunduran untuk kebudayaan kita.kita harusnya bersedih karena kita kehilangan suatu harta kita yang berharga di mata dunia.dengan polling ini pemerintah seharusnya sadar, bahwa kebudayaan kita di mata international telah berkurang. dengan diakuinya sebagai 7 keajaiban dunia, otomatis turis2 mancanegara akan datang dan otomatis akan membantu penduduk sekitar dalam ekonomi yang sampai saat ini pemerintah tidak dapat lakukan.


Jumat, 27-07-2007 11:11:38 oleh: dipa

sbenarnya smua itu gada yg ajaib, cuma unik dan beda aja... makanya dibilang ajaib.
kl ajaib tuh, yg dr tanah kosong, tiba2 besoknya dah ada bangunan yg lengakp dan all in...
bener ga seh...


Jumat, 27-07-2007 13:14:23 oleh: Adrian Godong

dipa: ajaib di sini mungkin salah terjemahan. Aslinya dari kata Inggris "wonder", yang relatif dekat artinya dengan "ajaib". Kalau ingin arti yang tepat, mungkin "mencengangkan" lebih tepat. Tapi apa kata benda dari "mencengangkan"?


Sabtu, 28-07-2007 13:11:50 oleh: Anga yakiniku

gak dah yg menarik dari 7 keajaiban dunia yg terbaru,cocoknya diberi judul 7 keajaiban rekayasa dunia


Kamis, 02-08-2007 09:36:15 oleh: dipa

kyknya ga mencengangkan deh godong...
kl kmu bilang itu unik, baru aku setuju...
lagian emang indonesia kurang care ama lingkungannya, ampe smua ampir punah.sibuk buat mall, dll... tp bangunan dulu ga dijaga keawetannya.
liat dong bali, dgn masyarakat yg masi menjaga dan melestarikan adat istiadatnya,mereka jd punya ciri khas yg baik dan terkenal ampe sluruh dunia.tp didaerah laen, smua sok kota, padahal masi layak dibilang wong ndeso..
yuk


Kamis, 02-08-2007 10:49:52 oleh: Adrian Godong

dipa: unik juga bisa, tapi kalau cuma unik aja, di Jakarta juga banyak. Tapi uniknya karena nyeleneh, bukan karena sulit ditiru oleh orang lain. Makanya ngga masuk... :D


Senin, 13-08-2007 09:26:20 oleh: Pollyama

yah semua ini sih nggak wonder wonder amat cuma bergunalah menambah ilmu pengetahuan kita hargailah hal-hal seperti itu, khusus untuk borobudur kalau buat mereka nggak ajaib yah sah sah aja gitu aja ko repot boro boro pemerintah mau mikirin borobudur wong LAPINDO aja kaga beres-beres. Nah yang ajaib itu ISRA MIRAJ dan ini butuh keyakinan kan ?? yang mau yakin syukur nggak juga nggak apa-apa. Bagaimana dengan gaji karyawan yang cuma Rp.300.000/bulan banting tulang dapat menyekolahkan 4 anaknya sampai sarjana dari mana ??? dipikir secara akal tidak mungkin kan ?? walaupun sudah bekerja bekerja bekerja tanpa lelah tapi tangan yang maha kuasa lah yang bekerja. untuk itu mari kita bekerja bekerja bekerja apa saja yang HALAL apa saja yang penting ada kemauan .


Kamis, 23-08-2007 11:32:25 oleh: Andry Tupolif

Knapa Candi Borobudur tidak termasuk yang terpilih dalam 7 keajaiban dunia????
apakah perlu dipertanyakan, mungkin pertanyaan yang seharusnya kita lontarkan..
'apakah kita sebagai pemilik Borobudur telah menjaga dan tidak merusak serta mencintai karya nenek moyang kita itu?'
mungkin dengan mencintai dan menjaga maka karya itu akan tetap terjaga dan menarik, otomatis para turis-turis asing juga akan tertarik dengan karya nenek moyang kita itu!!!!


Kamis, 23-08-2007 18:21:06 oleh: Abdul Haris

Menurut saya, itu gak adil karena candi Borobudur tidak masuk lagi dalam 7 keajaiban dunia. Tapi itu cuma versi 07/7/07 saja masih ada lagi versi yang lain lagi eperti 7 keajaiban alam, 7 keajaiban bangunan modern dll


Senin, 27-08-2007 09:29:42 oleh: kharuniyati A

Kecewa aj?knp candi borobudur tdk masuk dalam 7 keajaiban dunia.Meski udah tdk terlihat bagus lagi tapi itu kan peniggalan dari jaman dulu.kayaknya ga adil klo borobudur tidak masuk dalam 7keajaiban dunia,,7keajaiban itu kan udah di tetapkan dari dulu,knp jg mesti dirubah,kenapa jg semua itu ga di masukkan dari dulu saja,,mungkin orang akan lebih tau.nah kalo sekarang jika 7 keajaiban itu udah diganti mungkin sebagian orang ga akan tau lagi.bahkan penilainanya pun jg blm bs dipastikn.ya...lebih baik masih sama aj kayak yang dulu.


Senin, 27-08-2007 20:30:12 oleh: RISKI ANTONO

GAWAT...............!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
mana bisa candi borobudur tidak masuk kategori dari tujuh keajaiban dunia.emang di candi borobudur baru di bangun apa oleh oarng2 indonesia??gak kan jawban nya bahkan candi borobudur udah lama ada sebelum nenek moyang gue lahir.bahkan mungkin aja candi borobudur merupakan bangunan kuno yang LAMA.....!!!! banget di bangun nya mngkin sesudah colouseum atau tembok besar cina? iya kan temen2 bahkan bangunan nya menandakan kehidupan orang2 atau masarakat kuno d indonesia pada saat itu.Apa di tembok besar cina ada lukisan2 yg dibuat tangn oleh manusia?atau di coloseum ada gambar yang menandakan ada nya kehidupan pada saat itu d roma?? gak kan.tapi mungkin di indonesia harus berlapang dada untuk menyikapi semua ini,kan di indonesia ini suka di hina atau pun di jajah bangsa laen.tapi gue yakin 100% kalau indonesia g akan menyerah meski tidak dipilih dari tujuh keajaiban dunia dan juga harus berlapang dada. kan masih ada tahun berikut nya and moga2 ada bnyk candi yang muncul di indonesia yang lebih megah dari CANDI BOROBUDUR dan bisa masuk kategori dari tujuh keajaiban dunia. AMIEN


Rabu, 26-09-2007 08:06:02 oleh: wONG kOTA

WARNING.......
Daripada Borobudur yang masuk kategori keajaiban dunia,,,, mendingan sungai Bengawan solo yang masuk................. tapi masuk kategori sungai terkotor.....terbau.....terjorok....>_< wkwkwkwkwkwkwkwkwk.....................


Sabtu, 29-09-2007 19:22:54 oleh: doni

tapi katanya baru2 ini candi borobudur dikunjungi sama david beckham loh


Kamis, 04-10-2007 15:24:14 oleh: Adi

Kalo gue perhatikan kenapa borobudur ga masuk ada beberapa hal : 1. Pemilihan dilakukan oleh banyaknya pemilih internet 2. Kurang minatnya netter indonesia utk vote. 3. Kurang perhatian dari departemen pariwisata RI maklum cuma bisa ngabisin duit pajak rakyat dg prestasi ga maximal. 4. Penduduk indo sedikit yg melek internet. 5. Pemerintah indo kurang publikasi borobudur, kalah gesit ama yordania yg mungil. 6. Netter indonesia kurang mempublikasikan borobudur. 7. Gitu aja kok repot ? 8. Terima kasih


Sabtu, 06-10-2007 10:39:18 oleh: ali farlian

kecewa bgt klu borobudur tdk masuk keajaiban dunia.apa dunia tahu sejarahnya borobudur pernah terkubur seperti gundukan bukit.borrobudur adalah gambaran dunia abad ke 8.unesco harus perhatian ke borobudur.aku akan tetap anggap borrrobudur sebagai bangunan kuno termegah didunia..aku cinta..borrobudur


Minggu, 07-10-2007 19:23:15 oleh: GeRonimo!!!

lha? Patung emasnya Zeus juga dilupain. nowc gimana, sih? asal nunjuk aja. udah kekejer deadline kali, ya? hehe. tapi qt bangga dong, sama Borobudur kita..
bgimanapun pada jaman itu gak ada bangsa yang bisa numpuk-numpukin batu, ngelukis-lukis di batu, bikin arca, de el el kayak gitu.
setuju, bro??


Rabu, 10-10-2007 09:57:54 oleh: Palgunadi

tidak usah khuatir, BOROBUDUR secara legal udah masuk dalam kriteris UNESCO, dan 7 keajaiban dunia hanya upaya sekelompok yang "berkepentingan".

Kita juga harus akui bahwa Borobudur adalah dibangun pada tahun 800 an masehi, adalah termasuk "muda" jika di bandingkan dengan peninggalan era Mesopotamia yang dibangun ratusan tahun sebelum Borobudur dibangun (era Sebelum Masehi)

Yang jelas mau masuk ke dalam daftar 7wonder atau tidak, rasanya borobudur tetep ramai dukunjungi wisatawan khan?


Rabu, 10-10-2007 15:37:53 oleh: Rahadian M.

Anggap aja BOROBUDUR tu termasuk salah satu keajaiban di Indonesia aja lah, ga usah jauh2x di dunia. Tapi wa juga dah kecewa pas tu info diumumin di TV, Indo emang payah, nenek moyang buat susah2x eee ga dirawat, hikzz... :(


Jumat, 12-10-2007 20:16:37 oleh: helmiaditya

tingkattin lagi ya beritanya


Jumat, 02-11-2007 14:03:44 oleh: ahmad kodir

menurut saya. kenapa meski harus diganti-ganti, wong yang kemarin aja udah bagus kok. kalau begitu bukan 7 keajaiban dunia tabi...........?


Rabu, 21-11-2007 12:34:01 oleh: budi kelana

alaaa .. yang ngejelekin candi borobudur bisa bikin apa sih, ngaca coy ente


Jumat, 30-11-2007 05:52:58 oleh: panggah susanto

menyayangkan borobudur hilang dari daftar 7 keajaiban dunia ... tapi semua kembali kepada kita, betapa kita sendiri selama ini tidak mau menghargai ... kita memang bangsa yang aneh, bangsa yang tidak mau bersyukur, nilai2 dan keyakinan kita perlu dipertanyakan!!!!


Senin, 03-12-2007 15:18:46 oleh: Hera

Hey...cermati dulu baik-baik. Yang mengadakan polling tu sapa? Ada hubungannya ma UNESCO ga? Jangan keburu komentar.


Sabtu, 15-12-2007 13:35:16 oleh: chimoet

Sayank...s'x yah borobudur gak masuk 7 keajaiban lagi,padahal brobdur masih gagah perkasa kan?cuman ada kretakan dikit,,masih bisa di omean kan?yuuk'urang nyarios k pemerintah,,borobudur gera omean ngarah masuk 7 keajaiban dunia lagi.


Sabtu, 22-12-2007 10:40:12 oleh: sheena

mbok ya jangan palai poling aja.
nanti kalo tak punya pulsa gimana?
seharusnya 7 keajaiban duniaitu tetap aja. nggak usah diganti-ganti.


Selasa, 01-01-2008 00:35:44 oleh: andri

Jangan gitu dong,itu namanya tidak adil.Masa yang memilih hanya NOWC saja,seharusnya yang memilih itu beberapa orang dari masing2 negara.Kenapasih "BOROBUDUR" ngak masuk 7 keajaiban dunia lagi?


Jumat, 11-01-2008 15:53:00 oleh: sembarang

mungkin keajaiban dunia baru telah ditwemukan NAmUN SAYa tETat opTiMIs, Bah Wa cAnDi boro buDur AKAn tETap AdA dAlam SeJAWrah DunIA dAN akAn tweTap mAsuk keAjiBan duniA..........


Selasa, 26-02-2008 04:25:59 oleh: ANDI

saya merasa itu sangat bagus sekali karena akan memukau perhatian para masyarakat.saya rasa dengan adanya itu akan banyak yang akan membuat pola fikir masing-masing demi mencapai kesejahteraan bersama.


Kamis, 28-02-2008 14:36:22 oleh: boRo

weksssssss...........kok jadi gini candi kitakan termaksud candi terbesar didunia kok gak masuk sihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.......... yah apa mau di kata tapi suatu yang pasti candi kita gak lama lagi juga masuk lagi dalam 7 keajaiban dunia!!!!!!!!!!!!!!!!


Kamis, 28-02-2008 15:03:30 oleh: EA Budi Darmawan

Mungkin yang lebih adil, 7 keajaiban dunia yang dulu pernah ada ya tetep masuk. Tapi jumlah keajaibannya jadi lebih banyak. Jadi 14 misalnya, ato 77 ato lebih... Kan gak ngecewain banyak orang.


Sabtu, 01-03-2008 08:52:30 oleh: ari bnc

keajaiban dunia merupakan peninggalan dari nenek moyang kita smua ga perlu dirisaukan untuk mengambil yang terbaik. yang perlu kita lakukan adalah merawat untuk anak cucu kita agar bisa menikmatinya juga.


Senin, 03-03-2008 17:20:02 oleh: melissa

mnrut ku sih 7 keajaiban dunia yg baru itu dah ok kok... n ada juga yg lbh bgus dr pd yg lama...
misal aj petra... kebayang g sich ada kota yg ada d dalam batu... patung Tuhan Yesus juga... kan itu patung tinggi buangaet 710 m!!!! coba bayangin sbrapa tinggi nya tuch????
truz kalo masalah borobudur yg g masuk mank bikin kecewa sih... tapi itu kan salah kita smua juga coz qta g ngejaga n merawat nya dgan baek...


Jumat, 14-03-2008 14:18:50 oleh: andre

harusnya candi borobudur masuk kategori 7 keajaiban x...pikir aja pakai logika,emang zaman dolo ada alat berat???gk kan...


Kamis, 27-03-2008 12:23:01 oleh: Tha

kug ndag ada yg ku tauk..
napa kakbah gag msug?
napa hrus kota machu picchu? apaan tuh??


Jumat, 11-04-2008 16:02:54 oleh: Anwariansyah

Jgn pada sakit hati karena punya kita ngga masuk 7 keazaiban dunia. E GE PE ...


Rabu, 23-04-2008 20:41:08 oleh: Ady James

Borobudur ga masuk, mungkin karna di negara kita lebih sibuk ngurusin politik, koruptor dan lain-lain,daripada ngerawat Borobudur...kacian deh kita...


Jumat, 30-05-2008 13:30:16 oleh: cHhhhiiz

ehh
keajaiban dunia cma ituu ,, spele kalee ,

ayoo donkk indonesia haruz bangkit ,,
jgn mo kna ke terpurukan ,

mungkinn ini menjadi contohh bahwa visit indonesia year belum berjalan .
kpda pihak yang mengatur,, semangat truz y,
rakyat indonesia paztii mendukung visit indonesia .

lgiaan ko kaa'bah ga msup jgaa ,
sabar yy kpd mekkah ktaa emangg sma yy ,
hufftt


Jumat, 30-05-2008 13:56:19 oleh: chika

Candi Borobudur gagal menjadi 7 Keajaiban Dunia karena kurang vote. Setahu saya penentuan pemenang dari jumlah suara yang diberikan. Mungkin karena mekanisme yang tidak jelas dan tidak banyak orang tahu.
Untuk th. 2008 ini, 7 Keajaiban Dunia dihubungkan dengan tempat/lokasi yang terbentuk secara alamiah. Dari Indonesia, yang masuk dalam kriteria adalah : Pulau Komodo (ranking 36), Pulau Volkano Krakatau dan Danau Toba. Kalau kita mau Pulau Komodo menang, silakan vote dengan klik http://www.new7wonders.com dan pilih The Top 77 of The Day.Tinggal ikuti petunjuknya. Ayo VOTE untuk Pulau KOMODO, Danau TOBA atau Pulau KRAKATAU!


Senin, 02-06-2008 10:55:17 oleh: laelatul badruroh

payah banget kok candi borobudur g bsamsuk lgi ke 7 keajaiban dunia pdhal kan sjarah mang bner2 ada n g bsa di buat ma orng biasa


Jumat, 06-06-2008 19:22:09 oleh: tya

wach........sayang banget padahal candi borobudur kan keren abiz akan sejarah ......
yaw jadiin pelajaran aja moga kita bisa nyumbangin keajaiban dunia lagi he he


Senin, 09-06-2008 14:34:09 oleh: gevino

ya... ampuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuun
apa kata dunia......................??????
kenapa ka'bah yang sebagus dan keren itu tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia???? ka'bah kan salah satu keajaiban dunia yang tidak ada taranya
please.... deach!!
gak seru tau!!


Selasa, 10-06-2008 09:15:29 oleh: fitri

ga ada yang hebat
padahal mesjid-mesjid yang ad di arab saudi
itu jauh lebih megah dan keren-keren masa
ga dimasuki 7 keajaiban dunia
selain itu sudah dibuat lama sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii


Rabu, 18-06-2008 10:03:28 oleh: HamBa

Du..duh.....BoroBuduR Kok 9a Da Lg Ya...pdhL Q kn Di JaTeng..(bangga) ha ha ha
aQ ja BaRu Tw skg,kLo Da 7 Keajaiban BarU..!!
gaRa2 nYaRiin Tgs Adik kLs Q...Mav Ya Bkn NYa KuaTro Tp Q kn Di IPA ga mudeng.
tp Te2p Maju INDONESIA_Q


Rabu, 18-06-2008 10:17:09 oleh: dea indriyani

memang sayang sekali Borobudur tidak menjadi 7 keajaiban dunia lgi,aQ aja bru tw klo ada 7 keajaiban dunia yg bru,memang aQ tuh ketinggalan jaman bgt y,tLong donk pmrintah rawat candi Borobudur nya,cBa pMrintah bZa bwT keaJaiban dUnia yG barU bIar Indonesia terpandang di mAta dUnia............


Sabtu, 21-06-2008 14:45:40 oleh: faidas suherliawati putri

HHHHHaaaaa.........
indonesia gk masuk Tape Vsan Uy.....! mank negara qta mah........tetapi masuk dalam kata gori koruptor tertinggi di dunia cee nah itu baru termasuk 7 keajaiban di dunia...heeee......


Sabtu, 21-06-2008 14:53:21 oleh: NeNeNk uWie

dUc RuGiNa Qta tWec KuNaoN aTuc Da eMang ceee TerkUtuk KorUp pALaagiee ga BisA mAsuK dI dalAm 7 KeaJaiBan dUnia PadahaL CanDi BoRoBuDur Kan EnDah vSAN g Da lagiee Yg BsA BuWT dAri Batu Kaya Gto...CapE x Ya BqN lAGi d TumPuk 11 Aduc,,,,tApe Meni Enak Vsan !!!! Sok Ah GoYANG ...


Senin, 23-06-2008 10:08:36 oleh: WITA

aq jadi gak semangat lagi lihat keajaiban dunia,kenapa dari indonesia gak ada yang masuk jadi 7 keajaiban padahal kota mekkah juga kan cantik!!!dan merupakan keajiaban negara islam


Jumat, 27-06-2008 10:28:31 oleh: hida dps

iyalah "SEPIHAK". kayaknya udah pada ngawur bgt menuturkan tentang KEAJAIBAN DUNIA. gak setuju kalo borobudur apalagi KA'BAH gak masuk 7 keajaiban .................. hancur hatiku ..........


Sabtu, 05-07-2008 21:46:07 oleh: benny..

kalo menurut aku...
ni bukan sepenuhnya salah pemerintah...
memang pemerintah salah besar dengan menganggap
borobudur pasti akan terpilih lagi....
dan juga tidak merawat as good as possible... tu mang bego bgt...
mana ada orang yang kulitnya mulus tnpa dirawat?tul ga.... meskipun mulus, tapi kalo ga dirawat...bisa aja kena panu to...
nah borobudur juga kayak gitu kaleee...

bagus tapi kalo ga dirawat....ya sama aja boong...

kita, masyarkat, juga salah lho... karena kita lebih suka dengan hal2 yang berbau luar negeri...biar terkesan gaul gitu...dibanding dengan produk dalam negeri...

kita boleh2 aja pake produk luar negeri...tpi tetep harus bangga dengan produk sendiri kan???


so....ini semua adalah cambuk buat kita semua....masyarakat indonesia... untuk lebih melestarikan budaya indonesia...

setuju guys?


Rabu, 09-07-2008 11:51:26 oleh: budi

aku setuju banget ma hida dkk,,borobudur??boleh juga sih''tapi saya rasa semua umat islam di dunia yang konsisten ma agamanya pasti pilih KA'BAH yang nomor 1,yang lebih ajaib,lebih agung dari pada bangunan lainnya yang dianggap ajaib.hanya hati yang bersih sajalah yang mengakui KA'BAH terajaib di dunia...singkatnya..aku pilih KA'BAH yang NUMBER ONE...!


Sabtu, 16-08-2008 08:28:57 oleh: afraa qurrotu ainy

koQ Ind g' ikut dalam 7 keajaiban dunia lg sich??????????? padahal Ind Qn banyk budaya" besarnya??????? coba di pertimbangkan lg agar Ind dapat ikut serta dlm keajaiban dunia!!!!!!!!!!


Sabtu, 16-08-2008 17:20:31 oleh: Randyc

Yang masuk keajaiban dunia adalah negara yang emang duitnya benar - benar ajaib banyaknya, tapi Borobudur Indonesia tetap ajaib di mata rakyatnya, kalo ga'percaya ada ga'yang bisa borobudur kedua yang sama persis ?>?


Minggu, 31-08-2008 10:25:05 oleh: nanda al-fixi

MEnurut gw seharusnya masukin foto2 yang baru jangan yang itu2 aja......
kalau cuma tembok cina sih semua orang juga sudah tau.......
contohnya lafad allah yang ada di benda2 or yang lain.


Jumat, 05-09-2008 17:12:39 oleh: Diny

sebenarnya saat kita kehilangan seuatu tidak ada alahnya jika kita tidak terlalu cema, karena kebanggaan untuk sebuah bangsa tidak dari tamilan fiiknya saja. :)


Selasa, 09-09-2008 08:00:16 oleh: alvi

mantap bana koahh

wak urang padang mah

jam gadang baa kok ndak masuak ????????


Rabu, 10-09-2008 10:53:10 oleh: ryvinita

kenapa dri indonesia ngk msk cam na tu ?


Rabu, 17-09-2008 15:27:40 oleh: sri firtriani

moso candi borobudur ngak lagi jadi salah satu keajaiban dunia sih ??? ayo donk Indonesia jangan mau kalah sama negara-negara lain !!! tapi kalau dipikir-pikir....gempa telah membuat Indonesia semakin terpuruk dikalangan Internasional...sedih aku...


Rabu, 17-09-2008 15:45:05 oleh: peby tanjung

payah,,kenapa candi borobudur gx jd slh satu keajaiban dunia? padahalkan candi borobuduritu emang ada cerita sejarahnya yg asik bwt dibaca.


Sabtu, 27-09-2008 12:48:54 oleh: pante

yaah apa yg mo dikata..
makanya indonesia instropeksi diri..
biar bisa maju di masa depan..


Sabtu, 11-10-2008 22:38:19 oleh: mardewic marfrid richardo

yuiiiiiiiiii.................
koq candiborobudur g masuk hwewhwhehewwh yaaaaaa payh donk...........

makanya ina harus d tmbah lgi kreatftasnya spaya g klah dgn negara2 lain btull.....??

TTP brjaya chyuo....................


Jumat, 17-10-2008 19:09:35 oleh: C.Aldo.W

borobudur dah ga masuk 7 keajaiban dunia krn....borobudur akhir akhir ini sudah mulai di perbaiki kerusakan nya dikit-dikit

sedang kan machu picchu blom di perbaiki(masi
asli)walaupun sudah ada yang rusak, runtuh....
tetapi masih fresh......7 keajaiban dunia mnurut gw : the great wall of china
patung Kristus
kota Machu Pichu
Pyramid of Giza
pyramid chicen itza
kota Petra
koloseum<----siap siap di ganti

btw, knapa kok pyramid of giza ga masuk???? padahal itu yang keren slain "the great wall"






Sabtu, 18-10-2008 21:27:48 oleh: pandawa 5

keajaiban dunia bukam terletak pada bagus dan uniknya bangunan melainkan arti dan pengertian yang terkandung pada bangunan tersebut itu yang menimbulkan keajaiban karena dapat menyelamatkan manusia dari perpecahan


Senin, 20-10-2008 13:06:38 oleh: carless

itu sangat menakjubkan sekali,


Selasa, 21-10-2008 14:48:49 oleh: unik

kenapa sih kok borobudur ga masuk ke 7 keajaiban dunia????????


Rabu, 22-10-2008 15:26:17 oleh: budi syahputra

ada apa..? dan kenapa...? candi brobudur tidak masuk 7 keajaiban dunia...! apa mungkin kita belum mengenalkan sejarah candi brobudur.


Senin, 03-11-2008 16:54:47 oleh: Slevynsky :3

wah??borobudur uda ga masuk 7 keajaiban dunia lagi???bahkan 177 pun kaga??
waduh2,kasian banget ya ama yang ngebangun...
:3
uda susah2 mendirikan candi yang(waw!!)gede banget pake batu lagi(khan jaman itu belom ada semen kan?),plus juga tenaga yang dipake uda ga keitung berapa joule...kenapa bisa ya borobudur ga masuk 177 besar?


Selasa, 04-11-2008 22:10:29 oleh: Slevynsky :3

knapa ya piramida mesir ga masuk 7 keajaiban dunia?
1 lagi pertanyaan dari gw(mohon ngasih tau gw bagi siapapun yang tahu,soalnya ini bikin gw bingung),gimana caranya orang jaman mesir kuno ngebangun piramida dengan konstruksi yang tepat(tanpa salah kan?soalnya kan kalo salah 1 itungan aja,puncak piramid ga mungkin ketutup?)dan gimana caranya ya orang-orang(kita misalin aja setinggi kita normal dan paling kuat sejagad raya)ngangkat batu-batu yang kurang lebih seberat 2.5 ton itu ke atas puncak piramid?orang paling kuat pun ga akan mungkin sanggup kan ngangkat batu seberat ampir 100 kali berat mobil itu? :3


Sabtu, 15-11-2008 15:04:27 oleh: irfan ansori

mana bisa candi borobudur tidak masuk keajaiban dunia padahal orang yang membuatnya hanya menggeserkan batu saja


Sabtu, 15-11-2008 23:52:32 oleh: benn

sayang sekali keajaiban warisan budaya kita tidak di akui oleh NOWC........tapi jangan sedih untuk bangsa INDONESIA tuch hanya lembaga yang belum profesional dalam mengadakan polling seperti itu..................kita sebagai bangsa INDONESIA harus belajar mencintai warisan budaya kita sendiri............


Minggu, 23-11-2008 12:01:45 oleh: keyzyaa

bagaimana bisa borobudur tidak masuk lagi dalam 7 keajaiban dunia?padahal bisa di bilang borobudur adalah peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya.memang bagaimana kriteria supaya bisa menjadi salah satu keajaiban dunia?dan siapa yang menilai bahwa borobudur tidak layak lagi untuk menjadi salah keajaiban dunia?siapapun yang berpendapat bahwa borobudur tidak pantas menjadi salah satu keajaiban dunia berarti orang itu adalah orang yang tidak mengerti nilai seni.


Selasa, 16-12-2008 11:52:46 oleh: tomy fernanda

yang salah tu pemerintah dan dinas pariwisata..ngapain aja kerja dinas pariwisata, adanya votting ini msyaqrakat aja baru tau stelah kelar dan ditetapkn hasilnya..napa gak ajakan dri dinas pariwisata untuk mendukung situs2 yg berjuber banyaknya di nusantara ini untuk masuk kedalam 7 keajaiban dunia..


Senin, 29-12-2008 09:20:25 oleh: andry prasetyo

knapa Ka'bah sekarang bukan lagi sebuah keajaiban dunia????
memangnya Ka'bah sudah tidak ajaib lagi di mata dunia???
padahal Ka'bah di buat oleh 2 orang nabi (Ibrahim As & Ismail As).selain itu setiap tahunnya jutaan orang menuju kesana untuk melakukan ibadah haji.


Minggu, 01-02-2009 18:13:49 oleh: irvan susanto

wah sayang banget 7 keajaiban dunia ga memunculkan dari indonesia,padahal dari kita SD guru kita sdh kasih tau Candi Borobudur itu termasuk 7 keajaiban dunia,yang buat survei ga tau aja ceritanya batu ditumpuk bisa jadi arsitektur yg kuat sampe ratusan taon,tanpa semen


Selasa, 10-02-2009 14:29:13 oleh: soeha wijaya

klo mnrt aq y........
yg pnts jd 7 keajaiban dunia itu
klo di tbh
ya jembatan rumbai donkz.......
tpi klo internasianal
kyakx......seribu candi di indonesia
jg bisa dijadikan ajaib........
syetan pank yg buat...........


Selasa, 10-02-2009 18:48:18 oleh: Hendrik

Tidak masuknya Borobudur dalam daftar tersebut sebenarnya juga disebabkan kesalahan pemerintah. Lho kok bisa ?. Polling itu diadakan lewat internet, sialnya pemerintah sama sekali tidak ada upaya untuk mengajak warganya ikut berpartisipasi. Berbeda dengan India atau Brazil yang sampai memberikan insentif khusus pada warganya. Yah, itulah mutu pejabat kita.


Selasa, 10-02-2009 22:18:05 oleh: Bambang Irawan

Salam Kenal semuanya!!! kebetulan ada komentar seperti ini jadi sekalian aku juga ingin kasih saran, Kenapa ya 7 keajaiban dunia Kok Candi Borobudur Nggak masuk Nominasi ??? Heeeeeee, aneh jg memang dulu kan pernah masuknya ya tapi sekarang tidak, yang aku nggak ngerti 7 keajaiban dunia ini, namanya aja KEAJAIBAN berarti sesuatu yang setidaknya benda ataupun itu yang berharga serta bernilai, dan juga bahwa yang tersebut itu bukan nya kita atau umat diseluruh dunia itu berlomba2 membangun sebuah karya yang Wah dan dikatakan sebagai hal yang ajaib pula, klo begitu kita semua didunia ini bisa menciptakan Gunung dong, menurut saya hal seperti itu bukannya 7 Ciptaan Dunia yang paling bagus ,populer, bahkan Voting atu suara terbanyak dong,, g mana seh. alangkah baik nya 7 Keajaiban Dunia itu bisa kita atau seluruh umat manusia di dunia di gali dari sebuah Maha Karya Yang ada didunia atau Peninggalan nenek moyang kita terdahulu,, makanya Cari dong siapa tahu aja di dunia ini masih ada Peninggalan yang luar biasa yang bisa di jadikan Ke ajaiban dunia apalagi yang betul2 sesuatu yang ajaib dari Dunia itu sendiri ok!, klo menurut saya y Candi Borobudur cocok sekali sebagai sebuah Maha karya bangsa Indonesia Yang tak ternilai Harganya, juga sebagai Keajaiban Dunia yang sebelumnya kita semua tidak hidup di Zaman itu,, jadi Ajibkan masih ada loh sampai sekarang. dan setidaknya Candi Borobudur ini di jaga kelestarianya serta buat bagaimana agar banyak orang tertarik pada bangunan ini entah candi ini dipercantik dengan dua kultur seperti Tradisional dan Modern sehingga orang dari kalangan Tradisional dan Modern dapat menikmatinya dan juga orang yang pergi kesana merasa nyaman dan terpesona,rasanya dibuat aksen atau hiasan entah itu lampu agar membuat Candi Borobudur GAGAH sebagai Maha karya Bangsa Indonesia serta dibuat Pemasaran yang seolah olah Candi Borobudur Suatu tempat yang harus disinggahi oleh Parawisata, serta yang terlebih Manusia itu sendiri yang harus merawatnya. ok!


Rabu, 11-02-2009 19:18:25 oleh: freddy sitorus

maaf, bukannya sok tahu, tapi kurang apa borobudur kita?
seharusnya itu juga masuk seven wonders of the world donk
betul ga...???????????????????


Kamis, 12-02-2009 08:23:15 oleh: nana_pitto

kyanya benner tuh pemilihannya,,mang gw akuin brobudur blom layak d pilih sbg salah satu 7 keajaiban dunia...tpi klo d pikir2 indonesia kasian juga..ga axis di mata dunia
tapi bentar deh ga gtu juga kali ya

indonesia juga ada ko yg bisa d angkat sbgai salah satu keajaiban

ehmmm,koruptornya yang patut di jadiin one of them


Minggu, 22-02-2009 13:13:51 oleh: dodi holic

begh...........
gmna ne ..........
knpa candi borobudur gk trkatagori 7 keajaiban dnia??
knpa msti yg laen??
klo msl na yg laen 7 keajaiban dnia, knpa gk dri dlu2 ja yg laen trdftar...
knpa msti bru2 ni trdftar.....
kan gk logis ja tu....
saya protes ................!!!!!!!!!!!!
huft!!!!!!!!!!

dodi holic mengacungkan jri tngah ke atas udara ..!!!!!!!!!!


Minggu, 01-03-2009 16:36:53 oleh: MENASIA LUVIDA

lebih detail dong!@#$^(*$@#@@!%<>?{}


Rabu, 04-03-2009 17:50:36 oleh: nathan andrew

klo menurut q yang pantes masuk 7 keajaiban dunia tuh
>piramid
>menara condong(soalnya ajaib bangetkan miring gitu bisa berdiri
>tembok raksasa cina
>patung kristus
>menara effel
>koloseum roma
>kota petra
klo itu gue seyuju
ya nga ????


Jumat, 13-03-2009 14:50:22 oleh: body

borobudur tidak terkenal di dunia, seperti tembok besar cina, taj mahal. orang indonesia sendiri mungkin nggak kenal. mengapaaaaa?
Jawabnya : coba sekali-kali ke candi borobudur, disana kurang ada daya tariknya, yang terlihat CANDI tidak terurus.


Sabtu, 14-03-2009 17:13:00 oleh: Radityo

yang saya sayangkan kenapa candi borobudur tidak masuk nominasi,justru saya mengomentari tentang patung kristus di Brasil, jika dilihat itu sebenarnya bukan patung bersejarah, malah justru terlihat masih baru dan malah masuk nominasi, jadi unsur sejarahnya terletak dimana?


Kamis, 19-03-2009 02:32:45 oleh: marus ka

salam...apapun ajaibnya..semua itu tenaga manusia...punya akal tapi nggak punya hati..di turut mati,di ingkar rugi


Jumat, 20-03-2009 16:31:02 oleh: yuris romero

from:pledag_pledeg
ya amplop msa cih cndi borobudur kebanggaan bangsa indonesia yang tercinta,,,g masuk 7 keajaiban dunia seeh....gni ja gimana lok kejaiban dunia,di ganti mjd 8 kejaiban dunia,,yg stu lg di tmbah monas....he..he
ya dah poko'x mju terus buat indonesia ku...mju terus pantang mundur,.,.jgn belok2...key


Jumat, 27-03-2009 01:11:18 oleh: fawzia ul rajab

ass...lagian tujuh ke ajaiban yg skrg juga ga sah katanya hehe...itu info yg gw dpt.padahal candi borobudur kan kerenz abis.....Ka'bah juga kan salah satu keajaiban dunia coz dibikin pd zaman nabi coba...dah lama banget..hidup Ka'bah n candi borobudur...:-)


Jumat, 27-03-2009 09:55:22 oleh: Muhammad Rizki

ga kren lah klo di indonesia ga msuk dalam seven wonders world, apa krang coba di indonesia??? knpa jga candi borobudur ga msuk dlam ktegoriny??? hrusny pemerintah sdar dri. itukn slah satu aset ngara yg pling berhrga, msa ga dibudidayakan sih. so jaga trus kebudyaan2 yg da n perbaikilh klo mang da ga mnarik lgi dilhat.


Selasa, 31-03-2009 08:08:33 oleh: maria novita kristanti

kenapa orang2 pada ribut,klo borobudur gak masuk dalam 7keajaiban dunia berarti kita sendiri yang kurang kompak dan qta hanya mikirin diri sendiri,,baru setelah borobudur gak masuk qta ribut!knapa dak dri awal pada waktu votting qta gak usaha semaksimal mungkin.qta harus bisa menerima dg lapamg dada!!!!


Sabtu, 04-04-2009 18:22:05 oleh: YOYOK

Kalau borobudur ga masuk dalam 7 keajaiban dunia bukan suatu masalah,yang jadi masalahnya apa kita sendiri perna membanggakan borobudur kalau setiap kali ada liburan kita maunya kefila,puncak atau hotel,yang terpenting kita harus bangga engan apa yang kita punya bukannya ngomel,,,,,,,,,,,,,,,,,
1 hal yang buat aku bangga walau borobudur ga masuk 7 keajaiban dunia yang penting borobudur tetap hanya ada 1 dan itu hanya di tanah air ku indonesia.


Minggu, 05-04-2009 11:39:24 oleh: shendy kresnaputra

sebagai remaja yang cerdas , seharusnya kita tidak perlu memandang penghargaan atau hasil ,tapi upaya yang telah kita lakukan sudah pantaskah ?
kalau tentang artistic yang telah dibentuk , borobudur mempunyai nilai yang tinggi dibandingkan dengan keajaiban dunia yang baru , tidaklah kalah . tapi skrg kita pikirkan upaya yang telah kita lakukan untuk melestarikan nilai tersebut apakah sudah layak ? banyak orang berpikiran primitif yang sebenarnya perilaku tersebut sangat memalukan dan vilager bgt . bnyk seni batu borobudur ditukar dengan bermilyar2 uang kertas yang bisa ia pakai spuas hatinya , tanpa berfikir sebenarnya mereka merugi !. mengkorbankan seluruh saudaranya demi harta , fikir kasarnya ! . sekarang borobudur cantik tinggalah abstrak , apakah pantas kita baningkan dengan kokohnya tembok china yang memang mencerminkan bangsanya , megahnya tajmahal mencerminkan usaha kaumnya untuk merawatnya , dan bangunan lainnya !
sekarang kita hai seluruh saudara2ku , untuk menciptakan negara yang kuat dan tegar tidaklah perlu kaya , tidaklah perlu mewah ! apa gunanya ? tapi yang harus kita lakukan mensyukuri dan menjaga apa yang telah diberikan , dengan cara mulailah dari diri sendiri kemudian mulailah dari hal2 yang kecil ( make everything as simple as possible but not simpler ) dan yang terakhir mulailah dari sekarang !


Senin, 06-04-2009 11:28:21 oleh: ahe

Rugi besar klo ga masuk 7 keajaiban Dunia, krn hal ini selalu bakal masuk di pelajaran anak sekolah seluruh dunia. Jika masuk 7 keajaiban Dunia, pasti negaranya banyak diminati untuk dikunjungi oleh penghuni bumi yang akan datang. Pendapatan Indonesia dari pariwisata pasti bakal merosot. Sebagai generasi bangsa, kedepan seharusnya kita bisa memasukkan lg Brobudur sbg 7 keajaiban dunia. Dan itu tidak terlepas dari kewajiban negara untuk melestarikan peninggalan bersejarah bangsa kita.


Selasa, 07-04-2009 21:36:34 oleh: ikak

7 keajaiban dunia adalah murni buatan manusia..
gw sendiri ga tau kenapa disebut "keajaiban"
mungkin lebih pantas disebut kehebatan manusia ato keindahan aja karena keajaiban cuma milik Tuhan....menurut gw kalo bisa jangan ada hal yang menyangkut agama (patung atau tempat ibadah)karena nantinya jadi tempat wisata belaka


Jumat, 01-05-2009 11:30:03 oleh: Sabjan Badio

Semua yang ada di Indonesia justru ajaib: jarang diketahui dunia. hehe


Sabtu, 09-05-2009 16:46:17 oleh: Naftali Paweka

keajaiban yang ada didunia milik Tuhan, namun kenepa kita mesti jauh jauh ke Eropa, kan di indonesia masih banyak yang belum kita temukan.


Jumat, 15-05-2009 20:55:57 oleh: mila

hallaw mua.....
lam kenal yah, g' p2 kan mila ikutan gabung.
kalau menurut aqu, borobudur g' termasuk 7 keajaiban dunia bukan karna kurangnya sosialsasi dari pemerintah atau polling yang sepihak. toh, pemerintah qt bukan cuma mikirin soal borobudur kan,??! p, mungkin karena bangunan yang udah gk OK lagi buat dibilang "wonder". dah banyak patung2 yang runtuh, ilang,bahkan ada bangunan yang dah gk utuh lag alas dah runtuh. mungkin da baiknya juga qt gk masuk 7 keajaiban dunia, ripada malu2in ja n semakin membuat reputasi Indonesia semakin terpuruk. heeeeeheeee


Sabtu, 16-05-2009 16:39:35 oleh: tyo.s.b

WW = wonder of the world...
bukan suatu hal mudah untuk menentukan 7 WW dr banyaknya WW yg ini di dunia ini. penentuan WW tidak hanya ditentukan banyaknya polling yg masuk via internet. tapi juga ditentukan oleh giatnya promosi yang dilakukan oleh daerah yang mempunyai WW tsbt untuk mempromosikannya ke masyarakat dunia.
borobudur knp tidak masuk 7 of WW??? itu bisa ditinjau dari pemerintah kita sendiri. apa pemerintah kita peduli dan ngopeni terhadap situs yang dimiliki??? apa pemerintah kita melakukan promosi ke seluruh penjuru dunia??? apa pemerintah mengenalkan ke seluruh masyarakat dunia.?? selain itu pemilihan juga dihitung dari banyaknya turis yang mengunjungi WW tsb tiap tahunnya. apakah turis asing yg mengunjungi borobudur tiap tahunnya dah banyak??? jadi kepada pembaca jangan menyalahkan hasil keputusan NOWC. keputusan mereka benar.


Senin, 18-05-2009 10:06:21 oleh: Andaresta

wuzzzzhhhhhh.....
dari pada ngomong soal 7 wonder dunia, mendingan urus dulu tu perut, ne hari mau makan apa, besok, lusa, tula n sterusnya...
kan g ada untunnya buat perut kita kalo kita terus-terusan kececa karna borobudur g masuk dalam nominasi 7 keajaiban dunia,....
urus makan n minum dulu biar kenyang baru bisa urus yang lain......
buat bapak2 pemerintah, urus dulu ekonomi bagaimana mensejahterakan rayat miskin, bukan malah sibuk ngeluarin uang buat memperomosikan candi Borobodur
Iya g bro????????


Senin, 18-05-2009 17:47:31 oleh: dhana

karena pemerintah kurang merawatnya. inilah akibatnya


Rabu, 20-05-2009 21:05:05 oleh: AGUNG_OMAN@YAHOO.COM

NASIP YANG MENENTUKAN


Jumat, 22-05-2009 12:51:58 oleh: edo

saya kira artian kejaiban merupakan suatu yg telah dan masih memiliki nilai mistis dan kalo toh candi borobudur masih memiliki itu brarti udah termasuk keajaban masalah gak masuk dalan kretiria 7 keajaiban dunia kenapa harus dipikir,suka-suka mereka aja..............................bos


Kamis, 28-05-2009 11:06:27 oleh: neela

pendatang baru nih,,,
cm ksh komen dkt kq.
Indonesia kapan ya punya keajaiban lagi??? Cz Borobudur ja udah kurang layak deh lo harus disebut keajaiban dunia... ya g sh???
siedih deh kalo liat Borobudur sekarang ini,kenapa pemerintah malah melupakan warisan nenek moyang kita yang sangat berharga kayak Borobudur sih??? Padahal Borobudur dah ngedatangin devisa lumayan besar buat negarakan????

lo ada info menarik kabari kita-kita yaaa....


Sabtu, 30-05-2009 22:04:22 oleh: toro

knapa borobudur dikeluarin?


Kamis, 11-06-2009 13:15:21 oleh: Marco

Gw gg stuju banget klo 7 keajaiban dunia diganti.
1.Krn ni polling gg di pilih sama semua orang,termasuk saya sendiri.
2.Segi keajaibannya dari mana?
3.Ka'bah sebagai kiblat umat Islam gak ada.Padahal Ka'bah itu sangat ajaib,buktinya tiap tahun Ka'bah di datangi ribuan orang dari berbagai dunia.
4.Patung Kristus ajaib dari mana?Biasa aja.
5.Menara Eifel yg sangat tinggi kok bisa diganti?
6.Sekalian aja NOWC sebagai pihak yg telah mengganti 7 keajaiban dunia dijadikan keajaiban dunia ke 8 untuk kategori pihak yg aneh n'semaunya sendiri.Terima kasih.


n.b:Mohon ma'af bagi pihak2 yg merasa tersindir,krn saya menulis berdasarkan fakta.Sekali lagi saya mohon ma'af.


Rabu, 17-06-2009 14:06:20 oleh: Awan Setiawan

Menurut saya Ka'bah terlalu suci untuk dibandingkan dengan 7 keajaibana ataupun 1000 keajaiban dunia apalagi disamakan dengan patung hiasan taman sangat tidak sebanding....


Rabu, 17-06-2009 14:48:55 oleh: citra exclusive

mnurut saya,ponpes nurul mushthofa lebih ajaib di banding smua yang tersebut td.....................
ponpes nurul mushthofa kedumgwaru kidul karanganyar demak jateng-indonesia


Kamis, 25-06-2009 15:39:58 oleh: Reedho

mana bisa borobudur gak masuk keajaiban dunia?
suatu karya agung ciptaan manusia?begitu saja dilupakan warga dunia?

gue risih bagt lihat patung yesus di brazil jadi keajaiaban dunia?cuma sekadar patung yang tidak bernilai seni?semua negara bisa kalo cuma bikin patung?
mendingan patung liberty yang masuk.


Kamis, 25-06-2009 15:49:15 oleh: Ridho

7 keajaiban dunia yang pantas menurut gw :
1. Tembok raksasa cina
2. Taj mahal di india
3. ka'ba di mekkah
4. candi borobudur di indonesia
5. piramida di egypt
6. chichen itzha di mexico
7. collosium di roma

7 arsitektur tiada tandingnya didunia. dan layak dapat gelar terhormat sebagai keajaiban dunia.


setuju??????


Selasa, 07-07-2009 11:45:07 oleh: dodhi

coba aja orang2 bule suruh bikin candi kaya borobudur tanpa menggunakan semen, Bisa Ga?


Rabu, 22-07-2009 04:43:28 oleh: ana

Borobudur g masuk dlm 7 keajaiban dunia,ini pengalaman baru buat kita masyarakat indonesia biar lebih mencintai budayanya,jangan buang sampah sembarangan,corat-coret g jelaz,ne dateng k borobudur makan permen bungkusny d buang gitu ajh,!!!


Jumat, 24-07-2009 16:25:51 oleh: denias

vote pulau komodo


Kamis, 30-07-2009 15:24:26 oleh: IPAN:KARNAWAN

ugh npa indonesia 9a da??


Jumat, 31-07-2009 12:12:50 oleh: arief wahid

GW..................
Stuju2 ajakok klo candi borobudur ngga ternasuk kedalam keajaiban dunia cozt candi borobudur ngga jlas asal usulnya alias masih simpangsiur [asal usulnya] dan ngga sperti kya yg laen misal menara visa ka udah miringtuh dari sekian tahun tp kok ngga jatuh2ya [ajaibkan.......]


Rabu, 05-08-2009 16:37:36 oleh: dewi sinta

lhah....
kabah yang di bangun zaman Ibrahim malah kaga masuk..
welahdalah bocah!!!


Rabu, 16-09-2009 10:37:01 oleh: eko nina

mungkin karna kepala patung nya dah pada ilang, or kata temenku patungnya dah pada ngucap syahadat waduh..


Jumat, 18-09-2009 20:45:51 oleh: Agus Karsa Yudha

Dari bangunan 7 keajaiban dunia setahu saya bukan seperti yang telah disebutkan diatas. Mungkin perubahan ke-7 keajaiban dunia tersebut baru saya ketahui.


Selasa, 29-09-2009 10:32:18 oleh: imam azhari

cpa bilang borobudur g masuk keajaiban dunia buktinya liat aja di buku pelajaran ips ada kok.n borobudur emang dah masuk dari dulu jadi keajaiban dunia.setahu saya cih.................


Jumat, 02-10-2009 15:04:12 oleh: heri setiawan

kenapa bukannya candi borobudur.pollingnya bagus tapi hasilnya kurang mengesankan.sebenarnya banyak di indonesia,seperti wc terpanjang di dunia (sungai ciliwung,pulau komodo,pulau bunaken.


Selasa, 06-10-2009 21:26:18 oleh: mohd hanif b pudian rahim

apa lagi yang boleh dikatakan tempat yang menarik dan dipilih untuk 7 keajaiban dunia..kenapa tidak gabungkan semuanya dalam 1 senarai..kan itu lebih menarik dan dapat diketahui umum


Selasa, 06-10-2009 21:30:30 oleh: hanif pudian

kenapa pantai tau laut tidak dijadikan sebagai tempat ajaib di dunia..bukankah kita tahu bahawa pantai dan laut tiada penghujungnya..sekurang-kurangnya,kita tahu pantai dan laut yang paling menarik di dunia ini


Jumat, 16-10-2009 16:01:15 oleh: NUR ALI

Alloh Akbar Subhanalloh....
Ya Alloh Lindungilah Bumi Ini Ya Alloh...
Jangan Tunjukan Keajaiban Mu Semua pada
kami Ya Alloh....... Q Hanya Bisa
Pasrah Kpdmu Ya Alloh............


Rabu, 04-11-2009 15:49:38 oleh: Lia marlyanti

Semuanya....itu balik sama pemerintah n badan-badan yang terkait untuk menentukan tentang keajaiban di dunia..
tapi menurut w keajaiban itu gak perlu di ubah-ubah ky UUD45 z dirubah setiap tahunnya!!!!!apa yang udah dari dasarnya seperti semula ydah dech gak perlu diganti2???lagi juga nti kesian ank sekolah kalo ada pertanyaan tentang 7 keajaiban di dunia mereka malah bingung buat jawabnya@@@@???!!!!
BETULLL gakkkkkk?????Heeehe..


Selasa, 10-11-2009 20:00:49 oleh: joe

namanya objek sejarah ko pake poling segala, angguran dirawat supaya gak ilang ntinya....
trus dijaga keasliannya......


Rabu, 11-11-2009 12:47:32 oleh: ipung hendra purnama

knapa??indonesia koq tdk msk dlm dftr keajban dunia???wah...parah ng!!


Minggu, 15-11-2009 10:07:54 oleh: rika taz

yeh . . . .
aku jadi tau ...


Jumat, 20-11-2009 14:03:05 oleh: Ikeya Suki

Menarik, berisi info yang berguna. Keren, lho!
Aku sangat suka infonya!
Makasih atas infonya...


Jumat, 20-11-2009 14:08:12 oleh: Utau Hoshina

Meskipun aku ini WNA dari Jepang yang udah menetap 19 th, aku cinta Indunesia. Jadi, koq Borobudur kita gak masuk???
Yah..., tapi gak papa lah! Indonesia mengalah (bukan cuma kali ini doank!!!).
Kasihan ya, Indonesia...
-Utau Hoshina-


Jumat, 20-11-2009 14:17:55 oleh: Nereito Allexandro

Hmm...
Di Itali, saya juga sering melihat colosseum. Tapi, sebagai umat Muslim, saya tetap menyayangkan kesalahan yang FATAL. Mengapa ya, Ka'bah tidak diikut sertakan di sana? Saya juga heran, semua orang jikalau ditanya Ka'bah pastinya mengetahui. Paling tidak ya... umat mana yang beribadah disana. Pasti tahu kan? Nah, itu yang saya SANGAT sayangkan!
Dari : Alex di Indo ( saya sudah 25 th. di Indo!!!!)


Jumat, 27-11-2009 23:46:42 oleh: ibnu ghiffary

bgus infonya, tp bukannya candi burobudur udah msk 7 keajaiban dunia dari kapan tau!!!
jadi skr tinggal masukin pulau komodo ke deretan 7 keajaiban dunia! _support together_
indonesia termasuk hebat lho, bisa mempertahankan pulau komodo SAMPAI detik ini.... cccayyyo!


Jumat, 11-12-2009 13:04:44 oleh: laili farah

bagus juga kalo pulau komodo jadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, tapi yang paling aku seselin kenapa borobudur yang notabennya situs sejarah dari jaman bahela itu di rusak, kan jadinya borobudur gx d pilih jadi keajaiban dunia lagi.....


Rabu, 13-01-2010 10:34:37 oleh: ramlah

gila pingin jadinya ke sana keren2 abIs
p!!!!! ko NgK ada yA ri idonesia padahal banyak banget sprti.candi borobudur gitu....


Rabu, 27-01-2010 14:59:15 oleh: Iqbal

tambahin aja daftar keajaiban dunianya jadi 8 pasti borobudur masuk daftar........ ;-)


Kamis, 18-02-2010 11:03:23 oleh: wisye

WAHHHH parah buangat........ Masa candiborobudur yang keren tu nga masuk sih dalam 7 keajaiban dunia????????????????????


Sabtu, 20-03-2010 12:07:48 oleh: dwi vino bastian

awawawaw masa candi borobudur nga termasuk nominasi she
klu menurut W borobudur termasuk 7ke ajaiban dunia


Jumat, 26-03-2010 10:05:42 oleh: eiji

itu kan cuma akal-akalan org bule sono, biarpun banyak keajaiban dunia yg sebenarnya seperti borobudur dan kabah lama tidak lolos, itu tidak akan mengurangi kebesaran dan keajaiban mereka masing masing,lha wong sampai sekarang org modern aja nggak abis mikir gimana buatnya, jadi its no problem oke!


Kamis, 13-05-2010 02:54:29 oleh: syukri ridwan

saya sbagai plajar indo ngak banget kok qaq"bah ngak msuk kategori keajaiban dunia knp ngak kede kopi aj y yg msuk kategori keajaiban dunia pda hl kan lebih kren gtu.............( * _ * )


Sabtu, 05-06-2010 15:52:59 oleh: naili suri intizhami

kok ,gak ada candi borobudur sih ngak seru banget sih!!!


Selasa, 29-06-2010 16:24:58 oleh: lendra

ah ko candi borobudur ga masuk daptar ni padahal kan itu salah satu keajaiban dunia


Rabu, 21-07-2010 13:11:05 oleh: ivanarif

knp ga boleh candi borobudur yg ga jd keajaiban dunia


Senin, 26-07-2010 13:44:04 oleh: jose antonio

candi borobudur tidak lagi merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia karena adanya pedaggang kakilima yang banyak dan sangat mengganggu kunjungan turis dengan mengejar turis, setengah memaksa untuk membeli sovenir dan lain lain.
Hal ini tidak ada di ketuju keajaiban dunia baru.
silah lihat.


Rabu, 02-11-2011 15:40:58 oleh: rendy

dunia gag adil sharusnya candi borobudur msuk dalam 7 keajaiban dunia. ku bilangin mamahq nanti loeh !!


Jumat, 02-11-2012 12:19:07 oleh: sasa smarti

kok indonesia udah gak termasuk sih????


kukira pulau komodo 7 keajaiban jgh....



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)