Wikimu - bisa-bisanya kita

Aprilia

Mau Diet, yang Bener Dong...

Selasa, 26-06-2007 11:37:44 oleh: Aprilia
Kanal: Kesehatan

Mau Diet, yang Bener Dong... Baru saja ketemu dengan temanku yang rajin diet. Dia diet bukan karena kegemukan tetapi karena penyakit diabetes yang baru diketahuinya.

Karena dia tidak suka dengan namanya obat-obatan, maka dia ingin diet sehat dengan cara minum jus, tepatnya jus segar. Mulailah dia mendata buah dan sayuran segar seperti apel, wortel, tomat, jeruk, dsb.

Satu bulan kemudian, dia mengecek kadar gulanya. Alhasil gula darahnya bukan bertambah baik, tetapi bertambah parah. Selidik punya selidik, ternyata dia salah memilih buah dan sayur. Dalam hal ini ada buah dan sayur tertentu yang malah akan mempertinggi kadar gula.

Sayang aku tak sempat merinci satu persatu apa saja yang boleh dimakan. Untukku hal ini menjadi suatu pelajaran. Mau diet jangan sembarangan, entah itu karena suatu penyakit atau ingin kurus seperti banyak dilakukan oleh kaum hawa.

Aku rasa di masa mendatang yang namanya dokter gizi akan memegang peranan penting. Bukan hanya sekedar tau buah dan sayur apa yang sehat, tetapi buah dan sayur apa yang tepat untuk dikonsumsi.

Diet orang sehat tentunya seperti ingin mengurangi berat badan tentunya akan lebih mudah, yang diperlukan hanya disiplin makan. Jika tidak disiplin, paling efeknya tidak kurus-kurus tapi tidak sampai berakibat fatal.

Yang bisa berakibat fatal adalah diet orang sakit tertentu, paling gampang, yang cukup umum diketahui, orang yang punya sakit asam urat, tidak boleh makan yang berhubungan dengan melinjo. Si melinjo kecil itu dapat dengan fatal, menyebabkan kambuhnya si asam urat.

Hal lain lagi, salah satu buah kesenanganku, mangga...dapat berakibat fatal untuk penderita diabetes karena gula dalam buah mangga tergolong tinggi dan sangat cepat membuat reaksi dalam pembentukan gula darah.

Aku bukan ahli gizi dan ahli dalam hal diet, tetapi mulai sadar bahwa sehat itu bisa bermacam-macam cara, salah satunya dengan mengkomsumsi makanan yang tepat. Untuk mendapatkan makanan yang tepat, ternyata ada ilmunya juga. Kayanya mau makan aja jadi susah ya :).

 

7 komentar pada warta ini
Sabtu, 30-06-2007 08:37:44 oleh: is silarta

Menarik artikel Aprilia terutama untuk yang cenderung / penderita gula.
Kita semua biasanya enggan n males check gula darah padahal sangat penting sekali !
Apalagi pola makan orang sekarang sudah banyak yang nggak realistis, bukan kebutuhan tubuh tetapi keinginan mata dan gaya hidup...

Saya mengutip sebagian keterangan - Hidup sehat alami-dari Dr.Tan Tjiaw Liat di Pluit yang ditulis oleh Emma Majid.
Dokter tsb. lulusan FKUI th. 1958 dan spesialis radiologi mengatakan :
" Jika untuk kesehatan, kita hrs balik ke DNA kita dgn hanya makan buah dan sayuran mentah.Tidak ada cara lain.Kalau tidak demikian, pasien saya pasti gagal semua ".
Air putih minuman terbaik dapat menggelontor lemak tubuh.Ukurannya minum sampai urine berwarna bening n tidak berwarna.
Tidak minum kopi terutama diusia lanjut krn akan menumpuk kortisol yang menyebabkan pikun.
Batasi makanan mengandung gula spt beras,terigu,kentang,umbi2an serta wortel (sup/jus).Wortel yg dijus akan menjadi air gula.
Segala buah yang manis juga mengandung gula spt buah manis tinggi fruktosa misal pepaya,pisang,mangga ranum.
Pemanis buatan dlm bentuk artifisial spt aspartam,sakarin,lebih berbahaya drpd gula.
Senjatanya banyak makan tomat n mentimun dlm waktu 3 hari atau seminggu kondisi pasien mengalami kemajuan serta buah yang baik misal alpukat n kedondong
Mengapa ? Karena sayuran mentah adalah makanan yg sesuai dgn DNA kita.
" Sekarang saya punya konklusi yg jelas sekali,yaitu dgn. mengikuti DNA-hanya makan sayur
dikombinasi dgn quantum touch pasti akan sehat seumur hidup ".
Bagaimana dgn bermacam-macam diet yg digembor-gemborkan skrg ini ? Kata beliau ekstrim " Omong kosong ! Ndak bisa itu !Pokoknya paling baik hanya menkonsumsi sayuran mentah.Yang lain dilupain aja deh "

Situs favorit beliau adalah : www.mercola.com

Semoga bermanfaat n Bravo Wikimu !


Minggu, 01-07-2007 01:02:59 oleh: Lita Mariana

Tadinya cuma manggut-manggut lihat tulisan mbak Aprilia. Tapi lihat komentar di atas ini, saya jadi ingin berbagi sedikit informasi tentang Mercola.
Terlepas dari kejadiannya yang sudah berlalu, ada baiknya Mercola tidak 'diikuti' tanpa kritisi.

FDA orders dr. Joseph Mercola to stop illegal claims: http://www.quackwatch.org/11Ind/mercola.html
Warning letter for Optimal Wellness Center/Joseph Mercola: http://www.casewatch.org/fdawarning/prod/2005/mercola.shtml

Sedangkan soal diet berpatokan pada DNA, tulisan ini dapat dibaca:
The new diet 'science': http://junkfoodscience.blogspot.com/2006/12/newest-diet-science.html
DNA diet: bogus or breakthrough? : http://abcnews.go.com/GMA/Diet/story?id=1718017
The DNA diet is a subject to debate: http://www.dietingtipsetc.com/the_dna_diet_is_a_subject_of_debate.html

Semoga layak jadi bahan pembanding :)


Rabu, 04-07-2007 13:20:03 oleh: anggy

Saya wanita 32 th, tinggi 158cm, berat 60 kg, agak kawatir juga dengan tubuh saya yang makin hari makin ndut aja, karena itu saya membaca sebuah buku ttg diet dengan menggunakan fruktosa...apakah ini aman??karena saya ada turunan diabetes jadi saya agak kawatir dengan hal ini, tapi kalo saya baca bukunya menarik sekali karena kita bisa mengendalikan kalori yang masuk ke tubuh kita dengan minum air yang mengandung fruktosa. dalam buku tersebut dikatakan cara ini sangat cepat menurunkan berat badan dalam beberapa bulan saja. Pertanyaannya Cukup efektifkah dan amankah cara ini??


Sabtu, 07-07-2007 18:15:18 oleh: is silarta

Ada pengalaman ketika saya ndut buanget dan waktu itu umur 48 th,tinggi 170 cm,berat 98 kg.
Saya orang lapangan termasuk pekerja keras.
Kisaran berat badan 98 kg sampai ke 95 kg itu berlaku selama 18 th yang lalu,rajin tensi darah
yang hasilnya baik sekitar 120/80 . . .
Dokter yg selalu memeriksa saya bilang bahaya besar dgn overweight plus usia diharuskan untuk menurunkan berat badan gimanapun caranya !

Saya mencoba mengikuti anjuran diet bermacam - macam tetapi tidak berhasil dan intinya saya tidak disiplin dgn. aturan diet tsb.

Apalagi orang lapangan n sedikit ndeso,kalau makan diperut nggak terasa nendang berarti belum makan . . .
Akhirnya saya coba diet yang murah dan sesuai dgn aktifitas saya. Pagi,siang dan malam hanya makan sayur apapun dan tempe/tahu yang selalu dikukus tanpa bumbu (tanpa nasi dan segala roti).
Memang rasanya tidak enak tetapi saya pikir, rasa lezat makanan kan hanya sebatas dari mulut sampai tenggorokan,selewat itu emang gue pikirin . . .

Hanya saja setiap porsinya sangat besaaaaar maklum sedikit ndeso,pokoknya diperut udah terasa nendaang banget !
Contoh yang serba dikukus, misal u/ sarapan pagi : Tempe besar satu/tahu China besar tiga plus buncis, wortel, bayam masing2 berat mentahnya 1/2 kg.
Perlu diingat kalau sayuran dikukus jadinya mengecil sekali ! Tapi kalau dimasak kuah mungkin jadi banyak.
Begitu juga menu siang dan malam.

Alhasil dalam sebulan berat saya turun 18 (delapan belas)kg. tanpa pusing/gemetar lalu saya general check up + ekg dgn hasil yang baik hanya mata yang sudah plus.

Karena merasa sehat saya ngawur lagi dan tuntutan kerjaan saya harus dugem hampir setiap malam sehabis kerja,selama 2(dua) tahun.
Tentunya sampai dinihari + minuman dan pagi hari tetap masuk kerja.
Buah panennya yaitu saya terkapar dengan gula darah 720 . . . di usia 51 th.

Saran saya u/ dik Anggie jagalah kesehatan selalu,janganlah merasa sehat ttp. sehatkah saya ?


Jumat, 30-11-2007 11:03:14 oleh: tria

Sebenarnya mudah aja untuk memnjaga kesehatan, tentunya dimulai dulu dengan menjaga berat badan. Menjaga berat badan biasanya dilakukan denagn diet, namum kadang kita lupa diet yang tidak benar justru memberi dampak yang tidak baik untuk tubuh. saya mo sharing, temen saya rovi dia turun berat badan 13 kg dalam 3 bulan. Yang dia lakuin cuma mengubah pola makan denagn nutrisi seimbang, daripada repot-repot meracik nutrisi yang tepat buat dia, Rovi mengikuti program shapework, diet dengan nutrisi seimbang. Alhasil sampai sekarang, badannya tetap langsing dan sehat. untuk info shapework bisa dilihat di www.leavestalk.com


Rabu, 16-01-2008 11:21:14 oleh: Etisari W. Laksana

Saya tertarik pada topic tersebut ' diet ala PMI' alias diet gol darah, dan setelah saya baca...pada katagori penyandang kasta gol. O ternyata makanan tsb yg dipantangkan adalah favorit saya..spt : sayuran hijau, jagung, gandung (biscuit) alamak....dan saya baru tahu ternyata itu pemicu bertambahnya berat badan saya beberapa bulan terakhir ini. Karena pla makan saya selal ngemil biscuit, n gorengan dan so berakibat berat badan saya naik 5 kg dlm 6 bulan terakhir ini pada mulanya berkisar 47-48 kg dgn tinggi badan 163 cm namun saya merasa tidak nyaman dngan berta badan saya yg sejarang 52kg. saya akan coba tip tsb untuk diet dg sehat.. smoga berhasil.


Jumat, 30-10-2009 17:06:18 oleh: elisabeth maria refo

nama saya elisabeth maria refo*31th), saya adalah salah satu pasien dr, tan.tjiaewliat, saya sudah 30 kali berobat kepada beliau, awal sakit stroke berat badan saya 65 kg, stl, mengubah pola makan, jus sayuran mentah dan tdk mengkonsumsi nasi, roti, tepung terigu, roti, saya, turun berat badannya 15 kg dalam waktu 3 minggu dan, sekarang saya sudah bisa menggerakkan tgn dan kaki kiri dan mulai belajar jalan, yang awalnya saya tidak bisa menggerakkannya, terima kasih kepada dr tan, yg sudah menyembuhkan saya, semoga, banyak orang yang disembuhkan oleh dr tan, maju terus dok.



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)