Wikimu - bisa-bisanya kita

Kiki Rizki Noviandi

Silek Kumango, Silat Istimewa dari Nagari Kumango

Selasa, 01-05-2007 15:58:09 oleh: Kiki Rizki Noviandi
Kanal: Peristiwa

Silek Kumango, Silat Istimewa dari Nagari Kumango

Nama Silek Kumango untuk kalangan persilatan tanah air bukanlah nama asing lagi apalagi nama perguruan besar seperti Baringin Sakti atau Satria Muda Indonesia (SMI) mengembangkan ilmu silat  dari aliran Silek Kumango ini. Itu sebabnya mengapa pada diskusi Silat bulan April yang diadakan oleh FP2STI (forum pencinta & pelestari silat tradisional indonesia) topik Silek Kumango menjadi salah satu bahan diskusi yang di usung.

Laksana gayung bersambut keinginan FP2STI ini di amini oleh pihak IPSI kabupaten tanah datar yang secara sukarena mengirimkan para datuk dan pendekar silatnya untuk berbagi ilmu silek kumango kepada para anggota komunitas SilatIndonesia.com.

Bertempat di padepokan pecak silat pada tanggal 28 April 2007 kemarin dilaksanakanlah diskusi silek kumango ini dengan dihadiri oleh kurang lebih 50 orang anggota milis silatindonesia@yahoogroups.com.  

Sebagai nara sumber pada diskusi ini adalah  Para Datuk dan Guru Gadang serta para khalifah dari silek kumango dari batu sangkar (Guru Gadang Bapak Lazuardi Malin Maranjo, Guru Tuo Lesmandri, Bapak Agustri Mulyono dan dikomandani oleh Bapak Ahlim Nurhasan dari Limpapeh).

Diskusi berjalan dengan sangat santai dan penuh kekeluargaan, dan ternyata kesiapan para nara sumber untuk membawakan acara dengan sebaik baiknya sangat terasa sekali terbukti ketika di jelaskan oleh pak Agustri tentang falsafah dan konsep yang di yakini oleh Aliran Silek tua sangatlah kelas dan detail sekali dari mulai unsur budaya dan unsur beladirinya.Dimulai dengan penjelasan aliran silat yang ada d idaerah kabupaten tanah datar yang diantaranya adalah Silek Tuo, Silek Lintau, Silek Sungai Patai dan Aliran silek Kumango meliputi lokasi dan ciri khas masing masing aliran ini.

Kemudian dijelaskan oleh pak Tri mengenai aliran kumango itu sendiri di ciptakan oleh seorang Syeh yang menyebabkan gerakan silatnya tidak ada yang mengikuti gerakan binatang seperti yang dikenal di aliran silek Minang (Silek Harimau, Silek Buayo).

Syeh Kumango (1782-1932) yang terlahir di nagari kumango menciptakan aliran silek kumango ini dengan jurus – jurusnya yang terdiri atas :

-         Jurus pertama: Elakan (kiri luar, dalam)

-         Jurus kedua: elakan (kanan luar, dalam)

-         Jurus ke tiga: Sambuik Pisau

-         Jurus ke empat : Rambah

-         Jurus ke lima: Cancang

-         Jurus ke enam: Ampang

-         Jurus ke tujuh: lantak siku

-         Jurus ke delapan : Patah Tabu

-         Jurus ke sembilan : Sandang

-         Jurus ke sepuluh: Ucak Tanggung

-         Jurus ke sebelas: Ucak lapeh

Dijelaskan pula oleh pak Tri untuk dapat menjadi murid Kumango maka calon murid sebelum belajar haruslah menyerahkan beberapa syarat sebelum di ambil sumpah oleh guru, adapun syarat-syaratnya  adalah:

-         Membawa Lado Jo garam (membawa cabai dan Garam), ini mengandung makna kepandaian yang di peroleh haruslah pedasnya melebihi cabai dan asinnya melebihi garam.

-         Membawa Pisau tumpul, Ini bermakna proses belajar dan ilmu yang dipelajari yang harus diasah terus menerus hingga tajam dan setelah itu haruslah disimpan dipakai bila diperlukan saja

-         Kain Kafan Putih, ini bermakna kepasrahan diri pada sang kholik dan kesadaran bahwa padanyalah kita akan kembali

-         Jarum panjaik jo Banang (Jarum dan Benang), ini bermakna Hidup yang efisien dan tidak boros

-         Bareh Sacupak (beras 1 liter), ini bermakna jangan upaya mandiri dan  menyusahkan guru ketika hari pertama berlatih

-         Ayam Batino (ayam betina) ini bermakna sebagai perbaikan gizi ketika berlatih, ayam di pelihara oleh guru dan telurnya di makan setelah berlatih

Setelah penjelasan yang sangat menarik dari aspek budaya ini acara di lanjutkan dengan istirahat dan sharat serta makan siang bersama. Sehingga sampailah pada acara utama yaitu workshop dan demo jurus jurus Kumango yang istimewa.

Demo jurus dilakukan oleh Guru gadang Lazuardi Malin Maranjo dan Guru Tuo Lesmandri dengan penuh semangat dan sangat mempesona, dimulai dengan mendemokan ke 11 jurus utama kumango di tambah dengan jurus 12 yang merupakan hasil pengembagan dari para guru gadang. Kemudian di lanjutkan dengan diskusi hangat seputar teknik jurus dan prinsip jurus di silek kumango seperti konsep langkah ampek yang mencerminkan huruf Alif, Lam ,Lam Ha dalam tulisan Arab yang berarti Alloh.

Tak terasa waktu berjalan demikian pesat sampai di akhir acara dan diakhiri dengan penyerahan plakat dan senjata kurambi sebagai ucapan terimakasih dari FP2STI kepada pihak IPSI kabupaten tanah datar, kemudian pemda kabupaten dan para guru yang diserahkan oleh Eko Hadi sebagai ketua FP2STI. Acara di tutup dengan photo bersama dengan para anggota Forum silat indonesia

48 komentar pada warta ini
Selasa, 01-05-2007 16:35:31 oleh: denni

Syeh Kumango (1782-1932) yang terlahir di nagari kumango menciptakan aliran silek kumango ini dengan jurus – jurusnya yang terdiri atas :

Busyet, umurnya 150 tahun? Belajar silat bisa bikin sakti dan panjang umur yah.


Selasa, 01-05-2007 22:16:14 oleh: O'ong Maryono

Jika boleh tanya , guru melatih muridnya apa yang harus diberikan murid nya kepada jasa guru yg sudah memberikan ilmu pengetahuan ?
kedua sistem pengajaraan silek kumango kepada muridnya itu bagaimana ?
Bagaimana silat kumango yang memiliki falsafah :Tagak, Tagun, katak, Garak, Garik, Jangko, Pandang, Kutiko dapat mengimplimentasikan falsafah silat kedalam kehidupan adat istiadat minangkabau didalam nagari.
Trims

O'ong Maryono


Rabu, 02-05-2007 09:08:03 oleh: kiki

Thank you to pendekar oong sudah sudi berkunjung :)

sepengetahuan saya, murid memberikan 4 syarat tadi kepada guru sebelum mendapatkan pelajaran (Cabe & garam, kain kafan, Beras 1 liter, jarum dan benang serta ayam betina) dan tidak dijelaskan lebih lanjut apa yang harus diberikan muridnya pada guru setelah pengajaran dilakukan (mungkin kalau sempat nanti saya tanyakan lagi).

sebenarnya diacara diskusi kemarin kita tidak sampai sedetil pertanyaan mas oong ini (termasuk falsafah Tagak, Tagun, katak, Garak, Garik, Jangko, Pandang, Kutiko), karena apa yang mas oong tanyakan juga merupakan hal baru khususnya saya.

kalau tidak keberatan bisakah mas pendekar oong menjelaskan sedikit apa yang mas pendekar maksud ini? supaya lebih seru boleh juga di tulis aja di wikimu jadi satu artikel tentang falsafah silat orang minang.

di tunggu ya mas


Rabu, 02-05-2007 09:15:03 oleh: kiki

Mas Deni,

Sepertinya bukan hanya karena silat saja jadi panjang umur, tapi kondisi alam dan cuaca waktu itu sangat mendukung :), belum ada polusi, engak ada fast food & junk food.

Faktor penting lain adalah karena seorang syeh itu adalah seorang petinggi agama (seorang sufi) dan memahami agama dengan sangat dalam maka tentunya beliau selalu berpikir positif dan sepertinya berpikir positif juga mempengaruhi umur seseorang


Rabu, 02-05-2007 10:02:27 oleh: kiki

Biar lebih lengkap ini Videonya saya coba post disini

http://nagapasa.multiply.com/video/item/14


Rabu, 02-05-2007 16:37:01 oleh: Elang wedya

Salah satu kekayaan indonesia adalah budayanya, terima kasih sudah menggali kebudayaan bangsa ini. terima kasih

Elang Wedya


Rabu, 02-05-2007 16:37:55 oleh: kiki

Other video from Silek Kumango Disccusion

http://nagapasa.multiply.com/video/item/16


Rabu, 02-05-2007 21:59:13 oleh: Bagus Y Prayitno

Wah Senang rasanya Silat Nusantara masih terpelihara.. Gak kalah dengan beladiri negara lain. Memang sy pernah mendengar Silat Minang jg termasuk salah satu aliran silat yg terkenal didunia persilatan tanah air. Saya ingin menanyakan apakah gerakan dasar pada Silek Kumango masih ada hubungannya /kemiripannya dgn silat Nusantara pada umumnya? Kalo beda apa perbedaan mendasar. Apakah di Silek Kumango hanya diajarkan dengan silat menggunakan "gerak" saja? Apakah ada yg melatih "kemampuan" lainnya? Bgmn dgn perkembangan organisasinya sekarang? Sdh go international?


Jumat, 04-05-2007 09:47:31 oleh: kiki

Memang salah satu sumber aliran pencak silat di nusantara adalah Silek Minang, Penca/Maenpo Sunda, Silat jawa, silat bugis dan lain sebagainya.

Tentang gerakan dasar sepertinya ada kemiripan khususnya dengan permainan bawah (kuda kuda rendah) yang banyak sekali kita bisa temui di aliran aliran silat di kawasan indonesia barat, seperti silat betawi, banten maupun jawa barat.

tentu saja sebagaimana aspek silat sebagai budaya pasti ada saja hal lain selain gerak meskipun dalam diskusi kemarin tidak dibahas, karena kita keburu terpesona atas permainan silek kumango ini.

Setahu saya kumango sudah go internasional beberapa cabang kumango sudah di buka di belanda dan negara eropa lainnya.


Sabtu, 05-05-2007 13:42:59 oleh: Bagus Y Prayitno

Berapa lama silek kumango bisa dipelajari,pada tahap beladiri? Bukan level pendekar atau olah batinnya. Apakah bisa dipelajari secara singkat? Krn skrg anak muda lebih seneng yg instan,dan byk aliran Mix martial art melatih gerakan praktis secara singkat ,hanya utk keperluan beladiri. Apakah silek kumango ini masih ada hubungannya dgn silek di Pagaruyung yg konon terkenal? Oh ya mas Kiky tahu nggak, dulu sy pernah membaca di kompas, ada pendekar tua ibu2 di Padang, yg umurnya sdh 100an thn,dan keika mendemokan gerakannya membuat wartawan kompas tercengang, krn saking cepatnya gerakannya diusia segitu...


Senin, 07-05-2007 14:16:36 oleh: kiki

Mas bagus,

Masalah lama belajar memang di tentukan oleh guru, Tempat latihan silek kumango yang disebut sasaran memiliki tingkatan yaitu : Murid (anak sasian), Khalifah, Guru Tuo sampai Guru Gadang.

Kalau mau instant sepertinya agak susah, apalagi kalau pengen bisa beladiri yang tinggal di seduh langsung bisa. :)

MMA (mix martial art) hanya menghadirkan generasi yang kuat dan bisa berkelahi tetapi kosong dalam kepribadian dan budi pekerti manusia yang luhur. dalam beladiri tradisional filsafat dan pemahaman tentang hidup dan kehidupan serta kebesaran tuhan lebih dominan daripada hanya bicara masalah gedak gedebuk dalam perkelahian. ini adalah nilai luhur yang harus kita tanamkan pada generasi muda.

Silek kumango mestinya ada hubungan dengan silek pagaruyung meski saya belum pasti seperti apa hubungannya. yang jelas kalau pagaruyung itu berasal dari kerjaan pagaruyung sedangkan kumango adalah sebuah desa tempat tinggal syeh kumango yang merupakan penyebar tarekat yang sangat terkenal di jamannya.

Terimakasih infonya mas, kalau boleh tahu berita di koran kapan mas? yang menceritakan kejadian ini. lumayan bisa kita liput....


Senin, 07-05-2007 20:08:41 oleh: Bagus Y Prayitno

Tentang berita "pendekar ibu tua" diKompas,wah udah luama banget, 2-3 thn lalu. Pas sy baca silek kumango ini,sy jadi ingat berita tsb.Mungkin kalo punya temen Kompas bisa bantu cariin datanya. Soalnya wkt sy baca itu sy setengah gak percaya tadinya.
Saya setuju dgn lamanya belajar Silat,krn salah satu ciri beladiri tradisional/kuno adalah pemahaman filosofi gerak terhadap kehidupan. Krn para master dulu menemukan gerakan Silat dgn perenungan yg dlm ttg kehidupan. Contohnya filosofi Silat (Isi sebagai alat),Isi ini maksudnya "Hakekat Esensi Manusia", Alat merupakan sarana manusia mengarungi kehidupan.
Sama spt Taichi, memiliki pengertian Isi adalah kosong,kosong adalah isi.
Jadi memang Silat bukan sekedar gedabak-gedebuk. Wah seneng sekali ngobrol sama Mas KIKI, yang punya kepedulian dan perhatian yg dlm ttg kebudayaan Indonesia, terutama Silat..
OK ditunggu tulisannya lagi ya mas..


Selasa, 08-05-2007 02:23:47 oleh: Dwi Agustian

Sebagai tambahan informasi. Saat ini silat kumango juga disebarkan dan dikembangkan oleh seorang warga negara belanda Bert van den Born atau Muhamad Abdul Latif. Untuk aktivitasnya dapat dilihat di http://kumango.multiply.com
Baru saja pada tanggal 5 Mei 2007, ia beserta murid -muridnya yang berasal dari berbagai etnik diminta untuk memberikan demonstrasi pada upacara pembukaan pertandingan badminton Maastricht Cup 2007 di Maastricht, Limburg, Belanda. Videonya akan saya susulkan kemudian.

Salam


Selasa, 08-05-2007 09:12:24 oleh: kiki

Terimakasih bas Bagus, Insya Alloh saya akan sempatkan membuat reportasi kegiatan pelestarian silat tradisional yang ada di indonesia.

Buat Mas Dwi, Thank atas informasinya, kalau boleh sare juga donk tentang perkembangan silek di Tanah Air maupun tanah rantau di wikimu.com dong mas.

Biar yang lain ikut menulis juga, seperti kata pepatah. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.


Rabu, 16-05-2007 00:22:45 oleh: mca

sudah 8 thn lebih nggak pernah latihan,
Kapan-kapan kalau pulang kampung boleh gabung dong di TMII :)


Kamis, 12-07-2007 16:42:14 oleh: zeky

silat kumango bnyk alirannya salah satunya adalah aliran belubus .silat ini terdiri dari 3 langkah 12 sambut 6 pacah dan ratusan buka atau galuik ,silat ini diajarkan oleh syeh abdul qodim(alm) belubus pemimpin besar tarekat samaniyah kemudian dilanjutkan oleh anaknya syeh abdul malik (alm )sekarang oleh buya jalinus engku padang di tabek panjang payakumbuh sumbar


Senin, 23-07-2007 23:26:16 oleh: bambang sriyanto

Salut untuak silek kumango, seandainyo kito cubo2 bacarito mangenai silek minang baa kiro2 kanda jadi kito bukak basamo2 baju kedaearahan sasudah itu kito cubo caliak2 kito pandangi apo ado kesamaan di silek minang tu, Mukasuik amba kito pakai istilah nan populer basatu kito taguah bacarai kito tunggang langgang. Jadi kito basamo2 mampopulerkan "SILEK MINANGKABAU" sarupo kito cubo manantukan bateh Minangkabau jo Sumatera Barat.
Maaf kanda sekedar Usul sajo dari ambo karana ambo raso walaupun sketek tapi satidak2nyo ambo masih sangaik peduli jo silek minang Kito.
Tarimokasih banyak yo kanda kok lai namua kanda mananggapinyo


Rabu, 25-07-2007 11:58:12 oleh: kiki

maaf kanda, ambo indak urang minang, ambo cubo jawab pakai bahasa Indonesia, buliah yo?

Iya memang upaya pelestarian ini sudah dilakukan, seperti halnya FP2STI (www.silatindonesia.com) sudah mulai merintis pelestarian silat bukan cuman minang tetapi semua silat indonesia.

dan rencananya silek kumango sendiri akan mengadakan latihan/sasaran di jakarta. rencanya di padepokan silat taman mini cuman waktunya masih belum di tentukan.

Pembukaan pendaftaran sudah dilakukan sejak bulan juni lalu


Rabu, 25-07-2007 12:15:17 oleh: dala

Sajak dari kuliah dulu, ambo satangah mati mancari tampek baraja silek minang di Jakarta. Famili nan ambo tau bisa basilek, indak ado wakatu mangajakan ka awak2 nan mudo iko. Paralu kito agiah samangek ka silek kumango, untuak partamo kalinyo mangajakan sacaro tabukak ke umum di betawi iko, silek minang yg batua2 mengikuti tradisi nan ado di kampuang.

Kito mulai jo silek kumango, Insya Allah silek2 Minang yang lain akan mulai bamunculan. Tampaknyo, tuo2 silek yg ado di Jakarta paralu dipanciang dulu untuk kalua......


Selasa, 13-11-2007 00:32:44 oleh: mohammad shhrizal bin ramli

salam perknlan,wah bagus silek kumango tlh didedahkan..saya merupakan murid dari perguruan kedah.daerah alur star...malaysia..semoga bagi perguruan dari indonesia bisa berkongsi ilmu pengetahuan bersama.........wslam...


Sabtu, 24-11-2007 12:09:40 oleh: harifzah

oh yaaa dulu waktu masih dikampung (nagari situjuah gadang) saya pernah belajar silat kumango tapi cman sebentar. kalau boleh tau dikota padang nya adakah perguruan silat kumango yang asli sesuai ajaran agama???
kalau ada sayamau belajar lagi....
makasih atas tanggapan nya


Kamis, 06-12-2007 04:33:32 oleh: Y. Thendra BP

melihat dari beberapa foto dan tulisan di atas, apakah silek kumango memiliki beberapa aliran? soalnya, saya mempelajari silek kumango tanpa langkah, bagaluik di nan sampik, batahan dalam parmainan awak.

trimakasih


Kamis, 22-05-2008 00:14:41 oleh: oscar

kapan di mulai latihan di padepokan, kepingini latihan di sana,guru tuo kapan hadir di padepokan
untuk bapak Lazuardi Malin Marajo,
salam buat pencinta silat tradisi


Senin, 06-10-2008 17:18:55 oleh: aldo novandry

assalammualaikum....
salam kenal,saya tinggal di minang..
saya juga lgi bljr silat kumango..
yang ingin saya tanyakan gmn dgn permulaan latihan?
apa ada doa khsus yg dbaca?
mana tau ada kesamaan dgn apa yg saya pelajari..
dtunggu balasan nya..
makasih....


Senin, 06-10-2008 17:29:32 oleh: ANP

aslmualaikm . . .
saya mo nanya gmn se hbs nya bljr kumango ini?
mksd saya keputusan nya
makasih


Selasa, 23-12-2008 21:23:14 oleh: jimmyjohar@yahoo.co.id

Assalammualaikum.wr.wb.
salam kenal..
jika boleh tahu,kira2 kalau di bandung ada g tempat latihannya mas..tq


Selasa, 20-01-2009 16:13:02 oleh: Mufran.SE.Ak

Saya di Pekanbaru ado belajar Silek Kumango yang terdiri 12 Kunci, 4 pisau, 2 golok dan ado pacahannyo


Kamis, 22-01-2009 09:31:14 oleh: yori

assalammualaikum

saya mau tanya pak silat kumango ini adadi mana pak

kalo gak salah ada orang yang kasih tau silat kumango ni pusat nya ada di batu sangkar apa benar tu pak.?


Minggu, 08-02-2009 23:57:19 oleh: AMIGO RINALDI

sy juga pemakai silek kumango setahu sy tidak ada yg diberi gelar sebagai guru Tuo atau guru gadang untuk itu sy meragukan keaslian yg dimiliknya karena setahu saya main batang silek ada 11jurus kalau menjadi 12 artinya sama dengan merobah akidah karena gerakan silek Kumango berhubungan dengan Al-quran menurut pendapat saya batang silek kumango tidak boleh ditambah dan itu baku, pertanyaan saya apa benar menjadi guru tuo atau guru gadang. kalau benar siapa yg mengangkatnya. harapan sy agar diluruskan kembali...


Senin, 09-02-2009 00:12:46 oleh: A.R.DT.PANGHULI SUTAN

Silek Kumango perlu diluruskan kembali,setahu saya jurus palakak bukan warisan kumango tapi adalah jurus Staralak yang dkombinasikan oleh mandiang Mak Zen ( Guru Uda AR ) dan juga guru saya seharusnya menurut saya ini tidak boleh dikembangkan dalam main batang Silek Kumango sebab akan merusak ke Aslian silek Kumango sendiri ttd.Penerima Kuasa dari Ahli waris dan Pewaris silek kumango


Selasa, 19-05-2009 08:43:12 oleh: Y.PADUKO SUTAN

saya adalah anak nagari kumango yang berada di perantauan,saya mempelajari silek kumango sejak saya berumur 7 tahun,guru saya sekarang masih ada di nagari kumango,sedang gurunya berguru langsung kepada baliau kumango,disini saya sampikan bahwa silek kumango yang sekarang diajarkan oleh para guru-guru ada sudah merupakan bungo-bungo silek,silek kumango nan asli mempunyai prinsip sia nan datang inyo mati aden datang angku mati artinya silek kumango murni merupakan silek pertahanan dan penyerangan dan hanya di keluarkan pada saat yang mendesak..mengenai juru-jurus yang di ajarkan sepengetahuan saya adal 12 jurus...tetapi yang inti dari silek kumango adalah nan tak bagarak...kemudian dalam silek kumango bukan saja di andalkan pada jurus-jurus yang bersifat jasadiah tetapi juga ada pada batiniah..makanya baliau kumango mendasarkan jurus-jurus silek kepada ajarkan tarekat,ajaran yang mengenalkan kepada Allah SWT,menyandarkan kepada kalimah LA ILA HAILLAULAH...


Kamis, 21-05-2009 06:58:24 oleh: Y.PADUKO SUTAN

sekitar tahun 1988 ,dikumango pernah digagas kembali oleh Alm bp syamsudin anak dari Alm abang sudin untuk menghidupkan kembali silat kumango di nagari kumango yang mana ketika itu beliau masih berada di jakarta dan bertemu dengan Bp.edi nalapraya,ketika itu Bp edi nalapraya adala ketum IPSI,pada pertemuan itu Alm Syamsuddin berbicara kepada Bp edi nalapraya tentang silat kumango dan beliau menyampaikan mendukung Alm Bp syamsuddin uantuk menghidupkan kembali silat kumango,maka dibentuklah wadah untuk mambangkik batang tarandam silek kumango denagan nama PERSIKUM dengan pusat silek kumango di kanagarian kumango yang di ketuai oleh bp syamsuddin,di bantu oleh :Alm Bp tua,Alm Bp Anwara lahik,Alm Bp Lahani atap(lani pendek),mamak ushal manti,mamak manun,mamak Yun Rajo bendang,mamak Suli Dedek,mamak tami biba,bp nal H.dula.ketika itu saya tidak melihat nama Bp lazuardi malin marajo atau melihat kehadiran beliau pada saat pembentukan PERSIKUM (PERSATUAN SILEK KUMANGO)makanya saya jadi heran kenapa orang-orang dijakarta mengatakan Bp Lazuardi malin marajo(urang sipuruk nan babako kakumango) di katakan sebagai GURU BESAR SILEK KUMANGO,sedangkan di Kanagarian Kumango masih ada Pandeka gadang !perlu saya informasikan di Surau Subarang(tempat pengembangan tarikat dan silek kumango oleh baliau kumango)sekarang masih diajarkan silek kumango yang di ajarkan oleh Bp inal H.dula sedang pengajian tarikat di ketuai oleh tek lis angku gadang.teapi saya sebagai anak nagari kumango mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Bp Lazuardi yang telah melestarikan silek kumango,tetapi yang mesti di ferifikasikan guru gadang silek kumango masih ada di Kumango.


Rabu, 12-08-2009 21:47:51 oleh: alfaqir apria putra

saya berpendapat bahwa sejarah guru besar Silek tuo ini ditelusuri dan diadakan diskusinya. setahu saya gurunya terkenal ialah Syekh Abdurrahman Kumango (wafat diawal abad 20). salah seorang muridnya yang terkenal di Luak 50 kota ialah Syekh Muda Abdul Qadim Belubus, yang terkenal keramat.


Kamis, 03-09-2009 14:15:02 oleh: Mamak Asril

ambo raso masalah Silek yang di Minang Marupokan Rumpun dari aliran silek-silek lain,,,baik kumanggo,langkah ampek,...bia dunsanak tau di daerah aceh (daerah yang pernah disinggahi datuak Jangguik Ameh_Ranto panyang-di meulaboh) itu cuma dapek langkah 3...alhamduliilah yang Ka ampek tetap di pacik dek tuo-tuo silek kito yg marantau didaerah aceh,..Salamik juo kito yg lai dapek langkah 4 pai Karantau...


Senin, 01-03-2010 18:28:22 oleh: inyiak boeya

assmllkm,wr wb,salam hormat kami anak sasian silek kumANGO balubuih,kini kami di latih oleh 3 urang guru nan barado di balubuih,kami latihan di surau alm,syaikh haji abdul malik,kami latihan patang jumat malam,kami sangat ingin sekali bersilaturahmi dg dunsanak2 kami nan sealiran,mudah2an,kito selalu bapacik ditali nan indak kaputuih,di raso nan indak ka ilang,,, amiiinnnn.


Jumat, 12-03-2010 15:20:12 oleh: hendri

Assalamualaikum ww, saya tinggal di padang, tetapi sekarang saya mengambil s2 di surabaya,saya dari kecil belajar silek sama keluarga bapak saya, tapi saya tidak tahu apa nama aliran sileknya, tetapi setelah saya baca aliran silek yang saya pelajari silek kumango maka saya baru tahu aliran silek yang saya pelajari itu silek kumango, yang penting bagi saya bukan siapa guru pertamanya yang perlu silek kumango harus dilestarikan ke generasi selanjutnya supaya tidak punah.guru saya tidak pernah mangatakan jenis silek apa? kata guru saya dulu silek ini dikembangkan oleh orang saleh (siak) ongku dusau. Cuma pesan guru saya tentang silek adalah yang penting tondu, gelek, kudo-kudo randah, kalau gelek jo tondu sudah mantap kita tidak akan bisa dikabek atau dibanting dan dipatahkan, dan jago garik semua kabek insa allah lepas kalau tondu jo gelek putuih. Pesan guru saya kalau perkelahian tidak bisa dihindari, hanya satu langkah boleh surut kebelakang kalau sudah langkah kedua haram, sekarang saya sudah tahu asal usul silek kumango dan saya sangat bangga dengan silek kumango, sebab tidak kalah dengan beladiri lainya sudah saya buktikan, cuma silek kumango bukan untuk dipamerkan tetapi hanya untuk membela diri, hidup silek kumango. Wassalam


Selasa, 16-03-2010 01:33:21 oleh: iqbal syafwandi

salam buat semuanya...
Alhamdulillah Silat Kumango sebagai seni beladiri dan salah satu hasil kebudayaan masyarakat Minangkabau, saat ini masih diperhatikan. Termasuk saya sebagai salah satu mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Bandung akan membuat sebuah film dokumenter dengan mengangkat Silat Kumango. pembuatan film dokumenter ini merupakan kegiatan dari Tugas Akhir sebagai syarat kelulusan Akademis.

oleh karena itu untuk membuat sebuah film dokumenter yang benar dan sesuai fakta tentunya saya harus mencari tahu dulu tentang Silat Kumango.

saya pun sudah melakukan penelitian langsung ke Nagari Kumangi, Tanah datar. Bertemu dengan beberapa pengurus dan dewan guru Silat Kumango. Saya juga sempat mengikuti pengajian yang biasa dilakukan setiap kamis malam.

setelah melakukan beberapa wawancara dan tanya jawab, saya mendapatkan data-data tentang sejarah, kegiatan, dan hal-hal lainnya tentang Silat Kumango.

ada beberapa persamaan dan perbedaan antara tulisan di webblog in dengan beberapa narasumber langsung di Kumango.

Mungkin persamaan dan perbedaan ini akan memperkaya pengetahuan saya tentang Silat Kumango, dan Saya mengharapkan dukungan dari teman-teman, bapak-bapak untuk menyelesaikan pembuatan Film Dokumenter ini.

terima kasih...


Kamis, 21-10-2010 19:11:20 oleh: Tuanku Tumangguang Sutan

asw.saya merupakan salah satu yang belajar silat Kumango dengan beberapa tuo silat Kumango, salah satunya (Alm) Lazuardi Malin Marajo. menurut saya silat Kumango saat ini telah menjadi aliran yang berkembang baik nasional maupun internasional, banyak pendekar dan pemerhati silat mamiliki minat terhadap silat kumango, namun sayangnya banyak pula para pewaris silat Kumango yang melupakan isi silat ini yakni "lahir mencari kawan, bathinya mencari Tuhan" artinya silat kumango yang saat ini mengalami evolusi gerak yang diawali Guru Gadang (Alm) Samsarif Malin Marajo yang merupakan anak kandung Syech Kumango sendiri. semestinya selaku pewaris ilmu silat kuymango kita mesti bersatu dan saling dukjung dan bersatu untuk membesarkan nama aliran silat Kumango. wasalam.


Minggu, 15-01-2012 09:58:57 oleh: abdul rahman abd razak

terdapat silat kumango berkembang di malaysia, diutara iaitu dikedah sampai sekarang masih diajarkan


Senin, 25-06-2012 01:15:39 oleh: andri

assalam mu'alaikum
Saya anak minang yang dibesarkan dijakarta saya sangat berterimakasih jika ada yg bisa menginformasikan tempat belajar silat minang di daerah bekasi utara.
Terimakasih


Sabtu, 01-09-2012 01:42:07 oleh: zamrihashim

assalamualaikum....siapa yang tahu nombor talifon guru silek kamango di nagari kamango . amat memerlukan. harap dapat membantu.


Jumat, 21-09-2012 16:13:26 oleh: fefi piliang

aslmkum. raso nyo awak nio bana baraja silek kumango ko.mudah- mudahan nanti bisa baraja agamo sambia ba olah raga,bia badan sehat batin tajago bulo....waslmkm...


Selasa, 04-12-2012 08:08:38 oleh: Abdul Razaq

Ass..
Saya boleh nanya ?
Silat kumango itu dipekanbaru dimana tempat nya?
Saya tertarik dgn silat tsb...
Trims...


Selasa, 18-12-2012 15:48:14 oleh: arief fernando pasaga

yg berminat adakala nya langsung datang ke kumango,,tks


Kamis, 04-04-2013 10:14:09 oleh: mufran

Assalammualaikum Wr Wb,
Saya murid dari H.Murkan Tuanku Malano bin syech mudo tuanku Jadid Pagadih. H.Murkan Tuanku Malano adalah Gubes PPS Kumango di Pekanbaru. beliau belajar Silek Kumango langsung dari syech mudo H. Abdul Malik belubus bin Syech mudo H. Abdul qodim belubus. beliau mendapat ijazah silek dan pengobatan.
Seorang pesilat kumango harus berpegangan kepada pituah dan amanah beliau guru2 kumango"
Zahir silat mencari kawan
Bathin silat mencari keridhoan tuhan
Jaga tali jangan sampai putus,
Jaga rasa jangan sampai hilang.

Mangaruak saabih gauang
Mamakan sa abih raso
jikok mancari sampai dapek

Manamui guru yang masih hiduik ilmu batambah
mangunjungi guru yang mati, ma'rifat batambah.

kalau petuah dari H. Murkan Tuanku Malano Bin Syech Mudo Tuanku Jadid " Datang kami beri, pulang kami bekali "

terima kasih


Kamis, 04-04-2013 15:53:03 oleh: mufran

www.youtube.com/watch%3Fv%3DtJakjhdt_gg


Minggu, 16-02-2014 23:02:59 oleh: rico

@zeki
da di payokumbuah masih ado ndak tampek latihan silek kumango..?
ato untuak uda2 yg lain ado nan tau tampek latihan silek kumango di payokumbuah..?


Kamis, 27-02-2014 05:24:30 oleh: ramaik

Saya juga pernah belajar silat tapi alirannya silat tuo.
Tapi kalo pengen belajar silat kumango langsung aja datang ke pusatnya kota batusangkar,tepatnya dinagari kumango.



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY