Wikimu - bisa-bisanya kita

Melinda N Wiria

Sejarah Paskah dan Easter

Selasa, 10-04-2007 15:57:53 oleh: Melinda N Wiria
Kanal: Opini

 

Anak-anak sekolah minggu dengan gembira menjinjing keranjang kecil yang dihias dengan cantik sembari berlari-lari disekeliling halaman gereja berlomba mencari telur-telur Paskah yang disembunyikan oleh guru sekolah minggu. Aktivitas didalam gereja tidak kalah seru, para remaja sibuk dengan kreativitas masing-masing berlomba menghias telur Paskah. Ini adalah sekilas aktivitas Paskah yang pernah saya alami semasa kecildan masih terus berlanjut hingga sekarang di gereja-gereja lain di seluruh dunia.

Waktu kecil, rasa ingin tahu saya cukup besar. Saya suka membaca Alkitab lalu membandingkan kegiatan / tradisi yang dilakukan orang Kristen dengan apa yang ditulis di Alkitab. Saya sering mempertanyakan kenapa ada pohon Natal? Padahal di Alkitab tidak ditulis tentang pohon itu. Saya mempertanyakan kenapa harus merias dan mencari telur saat Paskah padahal dalam Alkitab tidak tertera hal tersebut. Jawaban yang saya dapat dari guru sekolah minggu saya adalah "mungkin waktu Yesus disalib, banyak kelinci yang bertelur di sekitar Golgota" (WHAT??). Namun, saya harus puas dengan jawaban seadanya.

Paskah atau Easter?

Sebelum saya mulai, saya akan membedakan antara Paskah dan Easter. Penting diingat bahwa Paskah dan Easter mempunyai makna dan pengertian yang berbeda.

Paskah yang kita rayakan.

Apa sih latar belakang perayaan Paskah? Mari kita lihat di Keluaran 12:13-18

(13) Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir.

(14) Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya. (15) Kamu makanlah roti yang tidak beragi tujuh hari lamanya; pada hari pertamapun kamu buanglah segala ragi dari rumahmu, sebab setiap orang yang makan sesuatu yang beragi, dari hari pertama sampai hari ketujuh, orang itu harus dilenyapkan dari antara Israel.

(16) Kamu adakanlah pertemuan yang kudus, baik pada hari yang pertama maupun pada hari yang ketujuh; pada hari-hari itu tidak boleh dilakukan pekerjaan apapun; hanya apa yang perlu dimakan setiap orang, itu sajalah yang boleh kamu sediakan.

 (17) Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi, sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir. Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

(18) Dalam bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu pada waktu senja, kamu makanlah roti yang tidak beragi, sampai kepada hari yang kedua puluh satu bulan itu, pada waktu senja.

Paskah awalnya adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa Mesir dicabut nyawanya oleh malaikat Tuhan. Dalam Alkitab bahasa Inggris di ayat Keluaran 12:13 ditulis "And the blood shall be to you for a token upon the houses where you are and when I see the blood, I will pass over you, and the plague shall not be upon you to destroy you, when I smite the land of Egypt". Dari kata ‘pass over' itulah maka Paskah dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi Passover sedangkan dalam bahasa Yunani ditulis "Pascha".

Kapan Paskah diadakan? Paskah ditetapkan oleh Tuhan untuk dirayakan pada bulan Abib (atau bulan April) pada tanggal ke empatbelas (Keluaran 12:18). Mari lihat di Ulangan 16:1-3 dan 6-7 tentang tata cara perayaan Paskah:

(1) "Ingatlah akan bulan Abib dan rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, sebab dalam bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawa engkau keluar dari Mesir pada waktu malam.

(2) Maka engkau harus menyembelih kambing domba dan lembu sapi sebagai korban Paskah bagi TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih TUHAN untuk membuat nama-Nya diam di sana.

(3) Janganlah engkau makan sesuatu yang beragi besertanya; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi besertanya, yakni roti penderitaan, sebab dengan buru-buru engkau keluar dari tanah Mesir. Maksudnya supaya seumur hidupmu engkau teringat akan hari engkau keluar dari tanah Mesir.

(6) Tetapi di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, engkau harus mempersembahkan korban Paskah itu pada waktu senja, ketika matahari terbenam, bertepatan dengan saat engkau keluar dari Mesir.

(7) Engkau harus memasaknya dan memakannya di tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu; kemudian paginya engkau harus pulang kembali ke kemahmu.

Perayaan Paskah dimulai pada bulan pertama, yaitu bulan Abib, tanggal 14 dimana bangsa Israel mulai memotong hewan kurban persembahan pada waktu senja. Kemudian tanggal 15 bulan Abib, bangsa Israel akan memasak hewan kurban dan memakannya bersama. Perlu diperhatikan bahwa perhitungan penggantian hari yang kita kenal sekarang dimulai setelah jam 12 malam, sedangkan perhitungan penggantian hari bagi bangsa Israel dimulai setelah matahari terbenam. Jadi, ketika bangsa Israel mulai memotong hewan kurban kira-kira jam 6 sore ketika matahari terbenam maka saat itu masih tanggal 14 dan ketika sudah mulai gelap berarti sudah masuk tanggal 15. Saat makan daging hewan kurban itulah hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi.

Mari kita lihat apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus pada malam sebelum Ia disalib. Di Lukas 22 ditulis bahwa Yesus memerintahkan kedua murid-Nya untuk mempersiapkan perjamuan Paskah. Dalam Imamat 23:5-7 ditulis :

(5) Dalam bulan yang pertama, pada tanggal empat belas bulan itu, pada waktu senja, ada Paskah bagi TUHAN.

(6) Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.

(7) Pada hari yang pertama kamu harus mengadakan pertemuan kudus, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat.

Kembali lagi ke Lukas 22, pada tanggal 14 bulan Abib, Yesus memerintahkan murid-Nya untuk mempersiapkan tempat untuk mengadakan perjamuan Paskah. Perjamuan ini disebut 'pertemuan kudus' dalam Imamat 23:7 (dan hingga sekarang disebut sebagai Perjamuan Kudus atau Holy Communion). Saat malam, tanggal 15 bulan Abib yaitu hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi, Yesus dan kedua belas murid-Nya mengadakan perjamuan Paskah. Yesus Kristus kemudian disalib pada hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi dan Ia bangkit dari kubur pada hari ketiga perayaan Roti Tidak Beragi.

Paskah terus dirayakan oleh bangsa Israel hingga sekarang. Namun makna perayaan Paskah terbagi menjadi dua ketika mulai lahirnya ke-Kristenan. Para pengikut Kristus merayakan Paskah untuk memperingati hari kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Perlu diingat bahwa orang Yahudi tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat oleh sebab itu orang Yahudi merayakan Paskah sebagai peringatan akan perlindungan Tuhan yang meluputkan bangsa Israel dari bahaya kematian di Mesir dan hingga sekarang orang Yahudi masih menantikan Mesias yang dijanjikan di Perjanjian Lama.

Easter yang seharus tidak kita rayakan.

Kata Easter berasal dari kata "Ishtar" dimana Ishtar adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus. Siapakah Tamus? Kisah ini kembali ribuan tahun lalu ke jaman setelah Nabi Nuh dan keluarganya selamat dari banjir besar. Nuh punya 3 orang anak dan salah satu anaknya bernama Ham. Ham memiliki seorang anak bernama Cush dan menikah dengan seorang wanita bernama Semiramis. Cush dan Semiramis kemudian memiliki seorang putra bernama Nimrod (Kejadian 10:8-10). Nimrod dalam bahasa Ibrani berarti 'pemberontak'. Nimrod adalah pencipta sistem Babilonia dimana ia menciptakan tatanan pemerintahan dan hukum dasar perdagangan ekonomi. Melalui sistem Babilonia inilah Nimrod mendirikan kerajaan pertama di bumi, mendirikan kota-kota megah dan mencetuskan ide mendirikan menara Babel. Nimrod adalah orang pertama yang memperkenalkan penyembahan kepada setan (satanic worship). Nimrod begitu bejat sampai ia bersetubuh dengan ibu kandungnya sendiri yaitu Semiramis. Sang ibu kemudian hamil dan melahirkan anak bernama Tamus.

Ketika Nimrod meninggal, Semiramis ingin nama Nimrod menjadi abadi dan dipuja orang. Semiramis mendoktrinasi pengikutnya bahwa Nimrod telah naik ke tahtanya di matahari dan harus dipuja sebagai Baal yaitu sang dewa matahari. Semiramis sendiri menyatakan bahwa ia datang di Bumi melalui peristiwa dimana ia turun dari bulan dengan mengendarai 'telur besar' dan 'mendarat' di sungai Efrata (sekarang negara Irak). Peristiwa peringatan kedatangan Semiramis ditandai dengan telur yang dihias dan dinamai Ishtar eggs atau telur Easter. Kenapa dipilih telur? Karena telur dilambangkan sebagai kelanjutan dari hidup. Kemudian tradisi di jaman itu berkembang dimana orang-orang saling memberi telur yang telah dihias sebagai simbol untuk 'memberkati' orang lain dengan hidup baru. Bagaimana dengan kelinci? Bagi Semiramis, kelinci adalah binatang keramat dan kelinci dipakai sebagai hewan kurban di setiap perayaan Easter.

Sama seperti anaknya (atau 'suaminya') Nimrod yang dipuja sebagai dewa matahari, Semiramis dipuja orang sebagai dewa bulan. Tidak cukup sampai disitu, ketika Tamus tewas saat ia sedang berburu (sama seperti ayahnya, Nimrod, Tamus adalah seorang pemburu ulung), Semiramis menyatakan bahwa Tamus memiliki kedudukan yang sama seperti Nimrod dan harus disembah. Semiramis kemudian memberi gelar baru pada dirinya sendiri, yaitu Queen of Heaven atau Ratu Surga (Yeremia 7:18 dan Yeremia 44:17-25).

Adakah praktek penyembahan Tamus tertulis di Alkitab? Tentu saja ada. Dalam Yehezkiel 8:14- 16 ditulis :

(14) Lalu dibawa-Nya aku dekat pintu gerbang rumah TUHAN yang di sebelah utara, sungguh, di sana ada perempuan-perempuan yang menangisi dewa Tamus.

(15) Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, kaulihatkah apa yang mereka perbuat? Engkau masih akan melihat perbuatan-perbuatan kekejian yang lebih besar lagi dari pada ini."

(16) Kemudian dibawa-Nya aku ke pelataran dalam rumah TUHAN; sungguh, dekat jalan masuk ke bait TUHAN, di antara balai Bait Suci dan mezbah ada kira-kira dua puluh lima orang laki-laki, yang membelakangi bait TUHAN dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur.

Ayat Alkitab ini menceritakan bagaimana Bait Allah di Jerusalem telah dirusak dan dinajiskan dengan praktek penyembahan dewa Tamus. Tembok-tembok Bait Allah telah bolong dan penuh dengan grafiti atau gambar-gambar berbagai macam mahluk dan binatang. Hal ini merupakan satu kekejian dihadapan Tuhan.

Kapan Paskah dan Easter dirayakan?

Perayaan Paskah dan Easter (atau Ishtar) adalah dua perayaan yang berbeda dan sama sekali tidak berhubungan. Perayaan Easter dirayakan setiap minggu pertama setelah pergantian dari musim dingin ke musim semi atau dikenal dengan perayaan Equinox. Perlu diketahui bahwa musim semi bisa maju atau mundur sehingga otomatis perayaan Easter pun bisa maju atau mundur dan berkisar di tanggal 22 Maret hingga 25 April. Sedangkan perayaan Paskah diadakan di bulan April tanggal 14. Oleh sebab itu tidak heran bila kadang-kadang Paskah dan Easter bisa jatuh pada hari atau minggu yang sama.

Apakah Raja Herodes merayakan Paskah atau Easter di Kisah Para Rasul 12:3-4? Dalam Kis 12:1-4 ditulis

(1) Kira-kira pada waktu itu raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.

(2) Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.

(3) Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi, ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi.

(4) Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya di bawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah, supaya sehabis Paskah ia menghadapkannya ke depan orang banyak.

Ingat bahwa Raja Herodes bukanlah orang Kristen dan ia sangat membenci orang Kristen. Ketika Raja Herodes membunuh Yakobus dan ingin membunuh Petrus kebetulan saat itu sedang dalam masa perayaan Roti Tidak Beragi. Raja Herodes kemudian memenjarakan Petrus karena ia ingin merayakan Easter (bukan Paskah). Hal ini mungkin membingungkan karena Alkitab bahasa Indonesia menggunakan satu kata untuk dua perayaan yang berbeda maksud dan tujuan.

Apabila kita lihat ayat Kis 12:4 dalam Alkitab bahasa inggris versi King James (King James Version) maka akan terlihat perbedaannya:

(4) And when he had apprehended him, he put him in prison, and delivered him to four quaternion of soldiers to keep him; intending after Easter to bring him forth to the people.

Pada Alkitab bahasa inggris, kata "Paskah" diterjemahkan sebagai "Passover" bukan "Easter".

Sebagai contoh kita lihat salah satu ayat di Matius 26:17-19:

(17) Now on the first day of the Feast of the Unleavened Bread the disciples came to Jesus, saying to Him, "Where do You want us to prepare for You to eat the Passover?"

(18) And He said, "Go into the city to a certain man, and say to him, `The Teacher says, "My time is at hand; I will keep the Passover at your house with My disciples."

(19) So the disciples did as Jesus had directed them; and they prepared the Passover.

 

Dari sini bisa terlihat perbedaan penggunaan kata Passover dengan Easter di Alkitab bahasa Inggris. Kita kembali pada kisah Petrus, ketika Petrus ditahan saat itu sedang perayaan Roti Tidak Beragi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, perayaan Roti Tak Beragi dirayakan setelah Paskah sedangkan Raja Herodes ingin merayakan Easter yang saat itu akan dirayakan beberapa hari kemudian. Jadi jelaslah bahwa Raja Herodes merayakan Easter yang menyembah dewa Tamus dan Raja Herodes tidak pernah merayakan Paskah peringatan kebangkitan Yesus dari kematian.

Kesimpulan

1. Paskah atau Passover yang kita rayakan adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Awal dari perayaan Paskah adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa Mesir dibunuh oleh malaikat Tuhan.

2. Perayaan Easter (atau Ishtar) adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus yang ditandai dengan perayaan menghias telur dan bersimbol kelinci.

3. Tradisi menghias telur Easter dan kelinci Easter adalah ritual okultisme yang merupakan kekejian bagi Tuhan.

4. Marilah kita menyembah Tuhan bukan berdasarkan tradisi yang ada tetapi berdasarkan perintah dari Tuhan.

 

Disadur dan diterjemahkan dari berbagai sumber:

?? The Easter Story by Denise Snodgrass (www.onenesschristian.org/easter.htm)

?? The Pagan Origin of Easter by David J. Meyer  (www.lasttrumpetministries.org/tracts/tract1.html)

?? Is Easter A Mistranslation? by Dr. Samuel C. Gipp, Th.D. (www.av1611.org/kjv/easter.html)

?? The Truth About Easter (www.ministriesofchrist.org/Easter.htm)

 

Selamat merayakan Paskah 2007. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

 

ditulis oleh : Pdt. Theodorus

19 komentar pada warta ini
Selasa, 10-04-2007 16:36:16 oleh: marc

Nice and good article Sis

JBU


Rabu, 11-04-2007 06:17:20 oleh: Retty

Sangat informatif!

Tapi bagimanapun dalam berbahasa Inggris kita mau tidak mau kan harus berkata "Happy Easter!", dalam kamus Oxford sendiri terjemahan Easter adalah " anniversary of the Resurrection of Christ, observed on the first Sunday after a full moon on or after 21 March.

Mengenai bagaimana tradisi mempengaruhi agama, tentunya ada sejarahnya. Sangat berguna untuk mengetahui sejarahnya. Tulisan ini saya vote sangat berguna.

Hanya saya kurang setuju dengan poin kesimpulan no 3, karena pemeliharaan tradisi telur Paskah tidak lagi berdasar kepada okultisme, melainkan sebagai bagian dari perayaan iman terhadap kelahiran kembali manusia. Dengan penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus, manusia dibebaskan dari kematian kekal (dosa) dan dilahirkan kembali sebagai manusia baru. Dalam agama Katolik setiap malam Paskah ada upacara lilin atau upacara terang (maaf kalau salah istilah) dimana janji baptis diulangi, sebagai tanda pembaharuan diri.

Telur menjadi tanda dari kehidupan baru tersebut. Mungkin cara pandang ini adalah suatu perbedaan antara agama Kristen Katolik dengan Kristen lainnya dalam menerjemahkan tradisi.

Komentar ini hanya sebagai penyeimbang sudut pandang yang mungkin bersifat pribadi.


Rabu, 11-04-2007 08:13:51 oleh: bajoe

Yup, itulah pentingnya membaca sejarah. Kalau belajar sejarah banyak agama, semua tumbuh kembang tanpa lepas dari konteks dan tradisi sebelumnya. Walaupun kemudian dimaknai berbeda.

Contoh yang sama di agama Nasrani soal perayaan Natal tanggal 25 Desember, yang mengadopsi tradisi sebelumnya yaitu perayaan / pemujaan Dewa Matahari. Tetapi tentu saja orang Nasrani tidak lagi memuja dewa Matahari, walau tanggalnya sama.

aku setuju dengan pendapat Retty bahwa tradisi menghias telur Paskah di kalangan Nasrani sudah bukan lagi dimaknai okultisme. Mungkin kalau disurvei, sebagian besar orang Nasrani tidak tahu soal okultisme ini.

Jadi aku berbeda pendapat dengan Bapak Pendeta penulis artikel ini. Kalau menghias telur bagian dari kemeriahan sikap religius seorang Nasrani, ya kenapa tidak? Toh, kalau mengaca lagi ke sejarah agama-agama dunia, berdialog dengan tradisi (lokal maupun globa) adalah sesuatu yang tak dapat dihindari oleh agama apapun. Sampai saat ini juga.


Rabu, 11-04-2007 12:28:21 oleh: Febri

Memang manusia cenderung mencari jalan yang paling susah untuk mencapai tujuan akhirnya. Ditambah lagi seringnya 'terlalu kreatif' dalam melakukan sebuah tindakan tanpa tahu latar belakang sesungguhnya, bahkan tidak tahu akibat yang ditimbulkannya. Sudah begitu menyeret-nyeret orang lain untuk menyetujui tindakannya dan sedikit 'memaksa' untuk melakukannya juga.

Anyway...kita perlu tahu mengapa kita melakukan sesuatu dan mengujinya semuanya itu.



Jumat, 14-09-2007 12:32:26 oleh: stephani w

bagus..........bisa saya minta tentang mitos dalam kehidupan orang kristen???.....tolong dibalas k e-mail saya secepatnya.....karena saya lagi membutuhkannya untuk majalah gereja saya.....Tx


Rabu, 30-01-2008 21:09:56 oleh: Wanti

sangat baik. hanya saja bagi org2 yg tdk pernah membaca sejarah atau hanya mengikuti aturan yang berlaku di gerejanya hal ini akan sedikit membingungkan. jujur sy sndr jg baru mengetahui perbedaan itu. kr skrg ini banyak aliran2 kristen baru dg doktrin2nya sendiri, jd kenapa tdk disatukan sj smua pengetahuan yg ada agar dpt membantu pertumbuhan iman generasi muda gereja.


Rabu, 13-05-2009 09:11:49 oleh: will

shalom,
ni pndgn dan pdpat sy sndri mgikut apa yg sy tahu dan pelajari. sememangnya paskah dan easter hari ini di rayakn pada hari yg sama. mksdnya paskah itu juga mknanya easter, iaitu penyelamatan ALLAH. mungkin saja hari easter yg dikatakn itu kebetulan sama dgn penyembhn dewa itu, tp umat KRISTIAN tidak bermaksud utk menyembah dewa, amat jauh skali sbb perayaan ini sudah popular dan sekian lama dirayakan.pa yg penting tujuan dan makna perayaan itu. (itu saja setakat ini)


Kamis, 05-04-2012 16:27:32 oleh: donny tahir

thx ...


Sabtu, 07-04-2012 23:36:51 oleh: Melina dauhiong

Sangat setuju dg article ini. Tradition/Adat istiadat memang tdk disukai Oleh Tuhan Yeshua/Yesus seperti di Mat15:1-20. Saya kira setan memang sengaja menggunakan tipu dayanya agar lebih byk manusia lg msk dlm perangkapnya. Lebih baik kalau kita melakukan apa yg benar2 firman Tuhan perintahkan kpd kita seperti yg tertulis di dlm Alkitab..:)


Kamis, 12-04-2012 11:25:33 oleh: rasmidawati saragih

Terimakasih atas artikel ini. Sungguh merupakan pengetahuan yang baru, karena selama ini terasa rancu... mari tinggalkan kebiasaan mencari telur paskah dan menghias telur... ternyata itu bukan ajaran Kristen.


Sabtu, 23-03-2013 21:42:02 oleh: Christian Hanover

Saya tidak setuju tentang pendapat Anda mengenai anak Ham, yaitu Nimrod yang menikahi ibunya. Di Alkitab, kisah tentang Nimrod menikahi ibunya dan melahirkan anak dan sebagainya tidak pernah diceritakan. Bahkan anak Nimrod (sesuai 1 Tawarikh 1) dan siapa ibunya tidak pernah ditulis dalam Alkitab.
Apabila memang ada di Alkitab, di ayat berapa?
Terima kasih.


Jumat, 29-03-2013 17:56:20 oleh: Janet

Saya takut orang Kristen jaman sekarang banyak melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan hari yang dirayakan, terutama Natal dan Paskah. Saya bertanya-tanya, apakah Allah tidak marah dan kecewa?


Jumat, 29-03-2013 22:01:47 oleh: Indah Anugerah

Bahkan natal pun tidak pernah diperintahkan untuk dirayakan.

Saya tanya: kenapa umat Kristen cenderung melakukan sesuatu yg dianggap baik dalam pikirannya sendiri dan mengabaikan perintah Tuhan?
Apakah kekristenan kurang sempurna tanpa menyedot embel2 paganisme ke dalam perayaan2nya?
Kenapa tidak taat saja dengan perayaan yg sudah Tuhan tetapkan, umat Kristen sudah lebih pandai dari Tuhan sehingga menetapkan perayaan bagi dirinya sendiri.
Sangat tidak beralasan jika easter dirayakan hanya karena banyak orang telah merayakannya sejak lama.
Saudara2ku back to the Bible. You are not God.


Sabtu, 30-03-2013 07:59:42 oleh: Ev. Wesly Mathias

jika merunut sejarahnya,mmg istilah easter seharusnya tdk disamakan dg paskah krn hal tsb dua istilah yg sangat berbeda makna. ini dpt sy katakan sbg sinkritisme yg rapi.


Minggu, 31-03-2013 11:52:57 oleh: anton

Thanks info nya..setelah belajar dan mencoba memahami Alkitab selama ini, baru tahu saya Easter is not Paskah...:)


Minggu, 31-03-2013 12:28:42 oleh: willy

Easter dengan Ishter itu beda. Definisi kamus Alkitab untuk kata Easter dalam bahasa Inggris (dari Sabda Alkitab):
Kamus "Wordnet":
Kata benda Easter memiliki dua makna:
easter (kk = kata kerja.waktu) - perayaan Kristiani yang memperingati Kebangkitan Kristus; dirayakan pada hari Minggu mengikuti bulan purnama pertama setelah vernal equinox;
sejenis perayaan berpindah-pindah
memiliki partikuler: pasch, pascha
easter (kk = kata kerja.fenomena) angin timur, easterly - sejenis angin dari timur;
memiliki partikuler: levanter
sejenis aliran udara, angin
bentuk turunan kata sifat easterly
**********************************
Kamus Cide:
Easter, kb. [Anglo-Saxon eáster, eástran, perjamuan paskhal, Paskah; sepadan dengan Jerman ostern; dari Anglo-Saxon Eástre, dewi terang atau semi, yang perayaannya dirayakan bulan April; bulan ini disebut dalam Anglo-Saxon Eásterm. Dari akar kata Inggris east.].
Festival tahunan gereja memperingati kebangkitan Kristus, dan terjadi pada hari Minggu, hari kedua setelah Jumat Agung. Berhubungan dengan paskha atau paskah orang Yahudi, dan banyak bangsa masih menamainya menurut berbagai bentuk dari paskha, pasque, pâque, atau pask. [1913 Webster]
Hari perayaan festival tersebut; Hari Easter (Hari Paskah) [1913 Webster]
*(Di dalam bahasa Inggris): Easter digunakan menjadi pembentuk kata sifat atau elemen pertama kata majemuk; sepeti, Easter day atau Easter-day (Hari Paskah), Easter Sunday (Minggu Paskah), Easter week (seminggu Paskah), Easter gifts (kado-kado Paskah), Easter eggs (telur-telur Paskah). [1913 Webster]
*(Di dalam bahasa Inggris): Easter day, yang mempengaruhi perayaan-perayaan berpindah lainnya, selalu jatuh pada Minggu pertama setelah hari ke-14 bulan kalender yang (hari ke-14-nya) jatuh pada, atau setelah, tanggal 21 Maret, menurut aturan yang diletakkan sebagai landasan kalender; jadi jika hari ke-14 ternyata sebuah Minggu, hari Paskah adalah Minggu sesudahnya. Eng.Cyc.[1913 Webst


Senin, 01-04-2013 10:37:19 oleh: Tommy

Info ini sangat bermanfaat, karena ada teman saya yg mempermasalahkan kata tersebut dan merembet ke pada kedewasaan Iman, kalau Menueurt Saya hanya masalah perbedaan kata yg kita ucapkan, Kalau kita mau terjemahkan menurut arti katanya mungkin kedua kata tersebut bisa juga tdk tepat. tetapi yg terpenting bagaimana kita merayakan Paskah tersebut bukan mempermasalahkan katanya, karena TUHAN mengetahui segala isi hati manusia.

Terima Kasih
TUHAN Memberkati


Senin, 01-04-2013 15:58:07 oleh: steve w

Sy sangat setuju dengan artikel ini. Apakah korelasinya antara kata 'east' dgn makna kebangkitan Yesus Kristus. Sebenarnya kata tsb justru lebih mengarah pada penyembahan dewa matahari. Trimakasih utk pencerahannya.
Tuhan Yesus memberkati


Selasa, 02-04-2013 13:22:01 oleh: Retty N. Hakim

Tahun ini banyak beredar BBM himbauan untuk mengganti kata Easter dengan Passover. Sebenarnya Passover adalah perayaan kaum Yahudi untuk memperingati keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir. Saya setuju dengan bung Tommy yang lebih menekankan perlunya mengetahui makna perayaan Paskah itu sendiri sehingga bisa merayakannya bukan karena sejarah dan kebiasaan belaka, melainkan karena makna kebangkitan dan pertobatan yang sungguh memberi arti bagi orang yang merayakannya.



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY