Wikimu - bisa-bisanya kita

Mimbar  Bambang Saputro

Malaikat di Alam Sanapun Butuh Sertifikat Rumah dan Tanah

Kamis, 05-04-2012 07:56:10 oleh: Mimbar Bambang Saputro
Kanal: Gaya Hidup

Malaikat di Alam Sanapun Butuh Sertifikat Rumah dan Tanah

Saat bersepeda sendirian di ambang sore nan lalu sampailah saya di simpang tiga rumpun bambu Singapura. Di sana ada sekelompok keluarga berkumpul di tanah lapang tak berumput.

Dari kendaraan mereka menurunkan rumah-rumahan kertas , motor, mobil-mobilan, uang-angan yang terbuat dari kertas. Yang seragam adalah semuanya dalam bentuk warna kertas emas.

Bisa ditebak benda terbuat dari kertas ini bakalan dibakar sebagai sesembahan bagi arwah-arwah yang meninggal. Dipercaya kehidupan alam sono mirip kehidupan dunia.

Si ALE- nama sepeda, saya tepuk punggungnya biar stop. Tapi yang jelas rem kudu dipencet.

Dipimpin oleh seseorang lelaki yang dituakan, rombongan lalu berputar mengitari api unggun. Putaran ini makin lama makin cepat. Mendadak mereka berteriak bersama-sama diikuti oleh tepuk tangan. Setelah upacara putar kanan putar kiri, maka uang kertas(an), mobilan, gedungan, mulai dibakar.

Tunggu punya tunggu kenapa tidak ada yang "trans" - atau kesurupan. Padahal upacara Tionghoa biasanya penuh warna "kerawuhan".  Dulu saat SMP di Bukit Besar-Palembang , saya sering menyelinap ke kelenteng menonton acara penyembuhan ala mereka yang umumnya selalu ada yang trans lantas menulis pesan di atas kertas merang.

Peristiwa ini saya ceritakan kepada Lia putri saya.. Ada kejadian aneh sehubungan dengan pembakaran Rumah Kertas ini.

Malam harinya nya salah satu anggota keluarga bermimpi didatangi almarhumah neneknya. Rupanya arwah menanyakan mana sertifikat rumahnya menurutnya ia belum diperbolehkan masuk kedalam rumah karena masih dianggap rumah "bodong."

Singkat kata singkat cerita, keluarga almarhum terpaksa mengulang upacara dengan menyertakan pembakaran tiruan sertifikat rumah yang dimaksud.

Malamnya arwah datang mengucapkan terimakasih dan sejak itu arwah tak pernah ngimpiin mereka lagi.

mbambangse  at yahoo dot com dot au

 


Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY