Wikimu - bisa-bisanya kita

Yunus Bani Sadar

Kejaksaan Buka Pengaduan Online

Kamis, 28-05-2009 14:47:42 oleh: Yunus Bani Sadar
Kanal: Layanan Publik

Langkah progresif dilakukan oleh Kejaksaan Agung. Instansi yang sering disorot terkait berbagai macam penanganan kasus ini akhirnya membuka diri dan siap menerima pengaduan masyarakat lewat situs www.kejaksaan.go.id yang baru saja diluncurkan.

Wakil Jaksa Agung Mochtar Arifin dalam pernyataannya mengatakan, Masyarakat tidak perlu ragu dan takut untuk melakukan pelaporan, karena kerahasiaan pelapor dijamin. Selain itu, laporan bisa dilakukan lewat situs yang telah mengalami penyempurnaan ini.

Website yang kini mengadopsi model web 2.0 ini digunakan untuk melakukan perbaikan birokrasi di tubuh Kejaksaan Agung. Sebagai langkah awal, Kejaksaan juga meluncurkan program yang bertajuk "Quick Wins", yaitu program pelaporan dari masyarakat tentang berbagai informasi seputar kejaksaan secara online.

Tidak sekedar menerima, laporan yang masuk akan langsung ditindaklanjuti oleh Kejaksaan. Hasilnya juga dapat dipantau oleh masyarakat lewat situs tersebut. Interaksi antara masyarakat dan kejaksaan ini diharapkan dapat mempercepat birokrasi dan ujung-ujungnya meningkatkan performa Kerjaksaan Agung.

Situs Kejaksaan Agung sebenarnya sudah ada sejak lama, namun saat itu masih mengadopsi teknologi 1.0, dimana informasi yang diberikan masih 1 arah. Selain itu, aplikasi interaksi berupa laporan dan informasi hingga kini baru bisa menghubungkan 4 kantor Kejaksaan, yakni Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi Banten, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan Kejaksaan Negeri Tangerang.


Yunus Bani

Artikel ini juga ditampilkan di wartaegov.com

 

12 komentar pada warta ini
Selasa, 25-08-2009 03:27:50 oleh: Putra irawan

Yth. Pak Sy selaku penyidik di wilayah kepolisian polres lampung Selatan. Setiap sy melimpahkan berkas perkara kpd kejaksaan negeri Kalianda, Sy mengeluhkan oknum JPU yg selalu meminta Materi. Pdhl km slaku penyidik akan merubah dan memperbaiki citra Buruk polri. Sdgkan Jpu yg bernama Ervina & Deasy serta Apri. Selalu meminta materi kpd km selaku penyidik. Dgn hal ini km merasa keberatan. Terima kasih..


Senin, 03-05-2010 18:33:22 oleh: putra

Kepada
Yth.Jaksa Agung RI

Mengenai Kasus Pinjaman Daerah sebesar 200 Milyar Pemkab Kab. Pandeglang yang saat ini kasusnya telah di limpahkan ke PN Pandeglang dengan terdakwa Mantan Bupati Pandeglang. Dengan ini saya meminta Tolong dengan sangat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya persidangan yang saat ini sudah masuk tahap penuntutan, adapun sidang akan dilanjutkan pada hari rabu 5 Mei 2010. Atas perhatian dan Bantuan Bapak, saya ucapkan terimakasih


Minggu, 16-05-2010 12:02:38 oleh: Ridwan Hanafiah

Kepada
Yth.Jaksa Agung RI

saya ingin melaporkan kasus perkara tanah di medan,yang berada di Jl.Pasar II,kecamatan medan selayang,kelurahan Tj.Sari,katamadya medan. kejaksaan negeri medan telah mengeluarkan P-19 tapi isi yang tertera di P-19 tersebut tidak dipenuhi tapi entah karena alasan apa kejaksaan negeri medan mengeluarkan P-21 yang berarti berkas telah lengkap.dan telah mencebloskan seseorang yang tidak bersalah kejeruji besi di rutan Tj.Gusta Medan, yang anehnya dari tanggal 12 April sampai sekarang belum juga sidang pokok perkaranya, mau diapain orang yang tidak bersalah itu di dalam penjara tidak ada kejelasan,agar kiranya Bapak Jaksa Agung RI memantau perkara ini karena kasus ini sudah ada Ingkrah dari MA RI, dan kasus ini error in persona & error in object.
Hormat saya,


Sabtu, 17-07-2010 17:40:09 oleh: m.isnain.stp

Kepada
Yth.Jaksa Agung RI

bagai mana penanganan kasus A3 dipalangkaraya yang dilakukan oleh para tersangka yang debitur an. h f, sekongkol melakukan korupsi dengan para pejabat bank pembangunan kalteng yatu aa dan s sebagai pejabat bank sudah disidik tetapi belum sama sekali ditahan bagai mana kelanjutan nya apakah ada makelar kasus didalamnya antara kejaksaan....??? kasian masyarakat sekarang..kl tidak berjiwa besar.saya ucapkan terimakasih buat bapak.


Minggu, 05-09-2010 14:45:09 oleh: yuni anita

saya seorang pns di DINAS PENDAPATAN KOTA BANDUNG dan telah menjadi pns salama 12 tahun,saya mempunyai 2 orang anak dan suami sebagai montir di salah satu bengkel di bandung,saya hanya ingin mengetahui persoalan THR (tunjangan Hari Raya)bagi pns...sungguh ironis dimana presiden berencana menaikan gaji pns 10% pada thn 2011.kemudian gubernur jabar menghabiskan anggaran 1,7 M untuk kartu undangan yg sangat lah tidak penting.namun alangkah kecewanya ketika saya mendapat THR yg sangat tidak layak bahkan kalah kecil jumlahnya dengan pekerja pabrik....di dinas saya bekerja saya hanya mendapatkan THR sebesar 500rbdari yg sebelumnya saya mendapat-+Rp.1jt yg mana pasti tidaklah cukup untuk kami sekeluarga...adapula tunjangan TPP sebesar -+ Rp.280.000,-/bln yg selalu nunggak hingga berbulan2..(semenjak di pimpin oleh pimpinan yg sekarang)apakah ada indikasi korupsi dinas yg saya tempati dan apakah ada hubungannya jika kepala dinas kami ialah Bpk.Yossi Irianto yg mana adalah adik dari dani setiawan yg telah dijebloskan ke penjara karena kasus korupsi proyek mobil damkar..apabila berkenan tolonglah perjuangkan nasib kami agar mendapatkan hak yg layak dengan cara menyelidiki pimpinan kami dan jajarannya..terimakasih


Sabtu, 30-10-2010 22:54:30 oleh: rahmat sh

pak bupati bantaeng harus diperiksa kasus dugaan korupsi kami masyarakat bantaeng sudah resah krn banyak nya laporan ke atas belum tersentuh sampai saat ini bagai manalagi pak yang di katakan korupssi alkes dinas kesehatan bantaeng merugikan negara 11,m mandet di kejaksaan negeri bantaeng hancur negara pak kalu penegak hukum sekongkol dengan pelaku korupsi tolong2 tolong2 pak turun periksa kasihan masyarakat kecil yg selalu dihukum orang2 yang berdasi harus di gantung pak2 pak2


Selasa, 02-11-2010 18:18:15 oleh: MUH.RUSDI.MM

kami masyarakat bantaeng sangat mengharapkan kapan diperiksa BUPATI BANTAENG TENTANG kasus dugaan korupsi krn sampai saat ini belum tersentuh oleh para penegak hukum,kami masyarakat bantaeng sudah beranggapan negativ mungkin krn banyaknya uangnya pak bupati bantaeng sehingga penegak hukum luluh dng uang.jadi tolong pak PENEGAK HUKUM buktikan berantas KKN DI BANTAENG INI KAMI LAPORKAN TIDAK MENGADA ADA TAPI KENYATAAN PAK .TELAH TERJADO KORUPSI BESAR BESARAN DI KUBUH BUPATI BANTAENG.kami sangat sesalkan para penegak hukum kalau tdk dipriksa BUPATI BANTAENG.


Selasa, 02-11-2010 18:18:49 oleh: MUH.RUSDI.MM

kami masyarakat bantaeng sangat mengharapkan kapan diperiksa BUPATI BANTAENG TENTANG kasus dugaan korupsi krn sampai saat ini belum tersentuh oleh para penegak hukum,kami masyarakat bantaeng sudah beranggapan negativ mungkin krn banyaknya uangnya pak bupati bantaeng sehingga penegak hukum luluh dng uang.jadi tolong pak PENEGAK HUKUM buktikan berantas KKN DI BANTAENG INI KAMI LAPORKAN TIDAK MENGADA ADA TAPI KENYATAAN PAK .TELAH TERJADO KORUPSI BESAR BESARAN DI KUBUH BUPATI BANTAENG.kami sangat sesalkan para penegak hukum kalau tdk dipriksa BUPATI BANTAENG.


Senin, 20-06-2011 15:11:55 oleh: Tohodo Naro

saya sebagai pegawai kejaksaan negeri daik lingga, kep.riau ingin menenyakan apakah tunjangan hari raya di kejaksaan tidak ada?? saya hanya ingin tahu, karena yg saya dengar seluruh PNS dapat THR, mohon pemberitahuanya, thanks


Senin, 19-11-2012 22:17:27 oleh: khairul saleh, SH

dimohon keadilan dan tindak lanjut atas tindak pidana pengeroyokan pada 8 mei 2012 ( 170 KUHP MURNI dan JELAS ) yang saya alami selaku korban oleh OKNUM PNS Kab.Muara Enim A.n IWAN SETIAWAN,DKK.( PNS pemkab Muara Enim / mantan ajudan BUPATI MUARA ENIM)Tersangka tsb tidak ditahan di kepolisian maupun di kejaksaan, akan tetapi dituntut hanya 6 bulan kurungan oleh JPU KEJARI MUARA ENIM ( sidang tanggal 13 Nov 2012 ),dalam kasus yang jelas ini banyak intervensi dari penguasa daerah, unsur politis dan suap sehingga kasus tersebut jelas disamarkan dan DIARAHKAN ke PENGANIAYAAN RINGAN ( 352 KUHP ) padahal hasil Visum terlampir JELAS di Berkas Perkara dengan luka-luka yang banyak diderita serta dalam pemeriksaan di kepolisian dan dalam sidang PARA TERSANGKA mengakui pidana pengeroyokan yang dilakukannya tsb , jadi kasus ini "DIKONDISIKAN" sidang selanjutnya akan divonis kurungan percobaan, mohon KEADILAN DAN KEPASTIAN HUKUM YANG SETEGAK-TEGAKNYA, dan buktikan bahwa HUKUM bukan alat penguasa dan milik orang2 berduit, karena HAKIM MERUPAKAN PERPANJANGAN KEKUASAAN TUHAN DIDUNIA, dan ALLAH SWT senantiasa memberikan Rahmad kepada Orang yang ADIL.


Senin, 19-11-2012 22:26:52 oleh: khairul saleh, SH

tolong KEJAGUNG tindak tegas ada permainan kasus pengeroyokan / 170 KUHP murni namun hanya dituntut 6 bulan kurungan( dalam sidang tanggal 13 Nov 2012 di PN Muara Enim ) karena Tersangka A.n IWAN SETIAWAN, DKK ( MANTAN AJUDAN BUPATI MUARA ENIM ), saya selaku korban sangat berkeberatan dan sangat tidak adil dikarenakan Tersangka sudah " Lobi sana - sini " serta dikarenakan Pejabat Muara Enim sudah Intervensi seakan-akan membela kasus pidana tsb, dan ironisnya tuntutan 6 bulan kasus 170 KUHP tsb RENTUT-NYA dari KEJATI SUMSEL,
dan anehnya dalam kasus yang "terang" seperti ini diarahkan ke pasal 352 KUHP ( PENGANIAYAAN RINGAN )


Senin, 19-11-2012 22:31:06 oleh: khairul saleh, SH

TOLONG PAK ASPIRASI DAN KELUHAN KETIDAK-ADILAN DAN KEZALIMAN YANG SAYA ALAMI TERSEBUT DENGAN HORMAT DAN SANGAT UNTUK SEGERA DITINDAKLANJUTI.



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY