Wikimu - bisa-bisanya kita

Akhmad Hersapto

Film Legendaris "Star Trek" Datang Lagi...

Sabtu, 09-05-2009 16:56:39 oleh: Akhmad Hersapto
Kanal: Gaya Hidup

Bila kita mendenger kata Star Trek, kita langsung ingat kepada sebuah serial TV yang sempat hits di Indonesia pada tahun 1990an. Serial TV mengenai petualangan luar angkasa yang mencieritakan perjuangan awak USS Enterprise yang di pimpin oleh Kapten Jean Luc Picard.

Tetapi serial TV karya Gene Roddenberry ini sebetulnya sudah ada dari tahun 1966  dan telah memiliki ribuan penggemar di seluruh dunia dari berbagai umur. Awalnya Gene Roddenberry yang merupakan veteran perang dunia kedua ini hanya membuat dua pilot episode dengan judul "Cage" dan "Where no man has gone before". Ternyata sambutan dari penonton sangat bagus akhirnya lahirlah serial The Original Series atau yang terkenal dengan istilah TOS, yang menceritakan petualangan 5 tahun awak USS Enterprise NCC 1701 yang dipimpin oleh kapten James T Kirk. Serial ini diputar dari tahun 1966 - 1969. Dalam serial menampilkan William Shatner sebagai Captain James Tiberius Kirk, Leonard Nimoy sebagai Spock, DeForest Kelley sebagai Dr. Leonard "Bones" McCoy, James Doohan sebagai Montgomery Scott, Nichelle Nichols sebgai Uhura, George Takei sebagai Hikaru Sulu, dan Walter Koenig sebagai Pavel Chekov.

Pada tahun 1973 -1974 muncul versi animated alias kartunnya dengan nama Star Trek: The Animated Series atau yang dikenal dengan TAS. Versi kartun ini hanya berlangsung 2 musim dengan menampilkan seluruh karekter dari TOS ditambah karakter beberapa karakter baru.

Pada tahun 1989 - 1994 muncul serial baru dengan judul Star Trek: The Next Generation (atau yang dikenal dengan "TNG" and The Next Generation). Serial ini mengambil setting sekitar 100 tahun setelah The Original Series. Dalam serial ini menampilkan kapal penjelah baru dengan nama the Enterprise-D, awak yang baru dibawah pimpinan Captain Jean-Luc Picard (Patrick Stewart) dan Commander William Riker (Jonathan Frakes). Dalam serial ini juga menampilkan beberapa ras yang ada didalam dunia Star Trek sebagai awak kapal, mereka adalah Deanna Troi, a half-Betazoid counselor diperankan oleh Marina Sirtis, dan Worf sebagai the first Klingon officer in Starfleet, diperankan oleh Michael Dorn. Selain itu juga menampilkan Gates McFadden sebagai Dr. Beverly Crusher, LeVar Burton sebagai chief engineer Geordi La Forge, dan android Data digambarkan sebagai Brent Spiner. Serial ini pertama kali tayang pada 28 September 1987, bertahan tayang selama tujuh musim. dan berakhir pada 23 Mei 1994.

Pada tahun 1993 - 1999 muncul serial Star Trek baru dengan setting baru berbeda dengan serial sebelumnya yang bersetting kehidupan di pesawat penjelajah angkasa, serial bersetting mengenai kehidupan di Station Luar angkasa, serial ini adalah Star Trek: Deep Space Nine. Dalam serial ini diceritakan mengenai kehidupan awak stasiun luar angkasa yang terletak dekat  sebuah planet bernama Bajor. Intrik serial ini banyak dan menarik karena mengulas hampir semua sisi kehidupan manusia. Serial ini tayang selama tujuh musim.

Pada tahun 1995 - 2005 terdapat dua serial Star Trek yang tayang yaitu Star Trek: Voyager (1995 - 2001 ) dan Star Trek: Enterprise ( 2001 - 2005 ). Kedua serial tersebut memiliki setting dan cerita yang berbeda. Kalau pada Star Trek Voyager diceritakan bahwa USS Voyager yang dipimpin oleh Captain Kathryn Janeway (Kapten wanita pertama dalam serial Star Trek) dalam menemukan jalan pulang ke bumi yang menempuh waktu selama 75 tahun. Serial ini tayang selama tujuh musim, sedang untuk Star Trek: Enterprise, serial ini bersetting pada tahun 2150 dimana pertama kali manusia melakukan penjelajahan angkasa. Star Trek Enterprise bisa juga disebut sebagai prequal atau awal dari serial Star Trek lainnya sebab di serial ini kita mengetahui sejarah mengenai Star Trek yang tidak disebutkan di serial lain (TOS, TNG, DS9 dan VOY).

Selain serial Televisinya, Star Trek sudah memiliki 10 film layar lebar, kesepuluh film tersebut adalah Star Trek: The Motion Picture pada 1979, Star Trek II: The Wrath of Khan pada 1982, Star Trek III: The Search for Spock pada 1984, Star Trek IV: The Voyage Home pada 1986, Star Trek V: The Final Frontier pada 1989, Star Trek VI: The Undiscovered Country pada 1991, Star Trek Generations pada 1994, Star Trek: First Contact pada 1996, Star Trek: Insurrection pada 1998, Star Trek Nemesis pada 2002.

Tetapi dari seluruh serial yang berjumlah 729 episode dan 10 film layar lebar yang ada tidak semuanya masuk dan tayang di TV lokal dan jaringan bioskop nasional.

Kemarin pada tanggal 8 mei 2009 di Amerika dan negara lainnya tayang perdana film Star Trek terbaru. Film ini disutradarai oleh J.J Abrams. dan merupakan Reboot atau film yang benar-benar baru bukan film daur ulang, walaupun setting dan karakter film ini merupakan setting dan karakter dari serial Star Trek the Original Series yang menampilkan James T. Kirk, Spock, Uhura, Hikaru Sulu, Pavel chekov, Dr Mcoy, Mr Scooty. Selain itu film ini juga menampilakan pemain yang berbeda dari TOS, mereka adalah Chris Pine sebagai James T. Kirk, Zachary Quinto sebagai Spock, Leonard Nimoy sebagai Spock tua, Jacob Kogan bermain sebagai Spock anak-anak, Karl Urban sebagai Dr. Leonard "Bones" McCoy, Zoe Saldana sebagai Nyota Uhura, Simon Pegg sebagai Montgomery "Scotty" Scott, John Cho sebagai Hikaru Sulu, Anton Yelchin sebagai Pavel Chekov, Eric Bana sebagai Captain Nero, Bruce Greenwood sebagai Christopher Pike, Ben Cross sebagai Sarek, Ayah Spock, Winona Ryder sebagai Amanda Grayson, ibu Spock, Chris Hemsworth sebagai George Samuel Kirk Sr.

Satu lagi yang menarik di film ini adalah ada orang Indonesia yang main sebagai cameo dalam ini dia adalah Tania Gunadi, mojang kelahiran Bandung 1983 yang sudah lama tinggal di USA. Sebelumnya Tania pernah bermain dalam film produksi Disney dengan judul Pixel Perfect ( 2004 ), Go Figure ( 200 5 ). Selain itu Tania beberapa kali menjadi bintang tamu dalam serial It's Always Sunny in Philadelphia, Boston Public, dan Even Stevens. Serial terbaru Tania Gunadi adalah Aaron Stone yang merupakan produksi Disney Channel dan sedang tayang.

 



Sumber: www.Startrek.com / Indo-Startrek / www.Startrekmovie.com/ pribadi / Paramount Studio / Wikipedia

1 komentar pada warta ini
Sabtu, 09-05-2009 21:42:12 oleh: heri_spica

mad? ga nyangka lo masukin artikel star trek di sini
tadinya gw mo nulis juga klo udah nton filmnya, taunya keduluan dikau :p

heri_spica



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY