Wikimu - bisa-bisanya kita

Yunus Bani Sadar

Usaha Apa Dengan Modal 100 Ribu ?

Jumat, 01-05-2009 15:06:25 oleh: Yunus Bani Sadar
Kanal: Opini

Judul warta ini saya ambil dari status saya di facebook beberapa waktu silam. Saat itu, saya iseng menulis di status bertanya kepada siapapun yang membaca status saya, tentang usaha apa saja yang bisa dimulai dengan modal 100 ribu.

Ternyata, jawaban yang saya dapat hanya sedikit, bahkan salah satunya cukup konyol dan nyaris kriminal plus dosa. Setidaknya ada 3 jawaban menarik yang saya dapatkan :

Teman Pertama : Pulsa, Beli 100 ribu, Jual 110 ribu
Teman Kedua :Ekstasi, racik sendiri : puyer obat pusing, diare, masuk angin, hernia dicampur jadi satu..modal 100 ribu jadi 100 butir dijual 110 ribu per butir. Dijamin nggak bakal kena pasal psikotropika karena bukan masuk NAPZA. Paling kena pasal penipuan KUHP.
Teman Ketiga : Bikin Tulisan, fiksi maupun non fiksi. Modal makan& minum 25ribu, print tulisan 25 ribu, transport 25ribu. Kalau dimuat di media massa cetak bisa dapat antara 200 ribu sampai 400 ribu. Tapi kalau dimuat lho. Namanya juga usaha, pasti ada resikonya.

Dari ketiga jawaban tersebut, jawaban pertama cukup masuk akal, namun jika tidak memiliki ponsel, maka tidak akan bisa berjualan pulsa. Bisnis pulsa memang belum akan menurun trennya, karena pengguna ponsel sendiri masih terus bertambah. Modal 100 ribu bisa dipakai untuk jualan pulsa 10 ribuan dengan harga jual 12.000. Margin 2000 rupiah ini masih dipotong oleh biaya pulsa, sehingga mungkin keuntungan bersih adalah 1700 rupiah, yang kalau pembeli pulsa 10 ribuan berjumlah 10 orang, maka keuntungannya adalah 1700 x 10 = 17 ribu rupiah. Namun, angka ini bukan angka pasti. Belum lagi, ide bisnis ini baru akan berjalan dengan catatan si pelaku bisnis sudah memiliki ponsel. Jika belum, maka modal yang dibutuhkan tidak lagi 100 ribu.

Jawaban nomer 2 adalah jawaban yang saya anggap konyol, kriminal, dosa, tapi hitung-hitungannya jelas. Siapapun tahu, bisnis obat-obatan terlarang adalah bisnis paling basah yang mampu menghasilkan keuntungan puluhan kali lipat. Tapi tentunya membawar resiko yang luar biasa, baik dari segi materi maupun psikologi.

Jawaban ketiga muncul dari seorang rekan Wikimu, Pak Berthold Sinaulan. Hitung-hitungannya cukup jelas, sederhana namun memungkinkan untuk dilaksanakan. Menjadi penulis membutuhkan modal fisik yang sedikit, tapi modal non-fisiknya jauh lebih besar. Setidaknya, butuh wawasan luas, kemampuan berbahasa, dan imajinasi yang kuat sebelum mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas dan bisa mendatangkan penghasilan.

Nah, sekarang pertanyaan ini saya lontarkan kepada seluruh rekan-rekan di Wikimu. Usaha apa yang butuh modal 100 ribu, dan bagaimana hitung-hitungannya, serta berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan? Mari Berdiskusi.

Yunus Bani Sadar
Owner dari Brownies Siska

26 komentar pada warta ini
Jumat, 01-05-2009 15:45:27 oleh: hulwah arij

beli gula 100.000/5000= 20kg (6 bulan yang lalu)
jual gula Rp 7000/kg sekarang

sebulan untung 20*Rp2000/6= Rp6600/bulan


Sabtu, 02-05-2009 09:02:00 oleh: Anwariansyah

@hulwah arij

Dalam 6 bulan gulanya becek ... bikin sirup aja lebih bernilai tambah ...


Sabtu, 02-05-2009 09:54:29 oleh: Sabjan Badio

beli bensin buat modal ikut kampanye. sekali ikut modal 5000. 100.000 buat 20x. satu kali kampanye dapat 50.000. hasilnya 1 juta (bruto) hehe


Sabtu, 02-05-2009 12:20:04 oleh: Fadhil

Jual harga diri lo!


Sabtu, 02-05-2009 12:20:14 oleh: fuad

hehehe...

aq ikutn komentar y...
dengan uang 100rb...buat usaha kotak kado
bahan2 :kertas karton 3mm(2lmbr)= Rp. 6000,-
gunting = Rp. 2000,-
cutter = Rp. 2000,-
lem besi/kayu = Rp. 5000,-
kain batik/kertas kado = Rp.10.000,-
lem kain = Rp. 5000,-
pita = Rp.10.000,-
J U M L A H = Rp.40.000,-

Ada sisa uang Rp. 60.000,- buat persediaan
Cara buat :
1. Siapkan kreativitas anda...
2. Buat Pola (kotak,bentuk hati, segitiga...dll)
3. Potong kertas pke cutter sesuai bentuk pola
4. Lapisi lem
5. Tempelkan kain batik ato kertas kado
6. Rapikan dan satukan pola sehingga punya bentuk
7. Tambahkn pita untuk mempercantik
8. Selesai...tinggal pemasaran deh....
asumsi : semua barang laku...untuk satu hsl karya biasany dijual 10rb-15rb rupiah tergantung bentuk dan keindahan hasil karya anda.dengan 2 lembar kertas karton anda bsa menghslkn hingga 10 bentuk.jd anda bsa mendapatkan uang sejumlah Rp.10.000x10 = Rp. 100.000.dengan kebutuhan bahan yg abis pke dan g abis pke anda bsa memperoleh keuntungan bersih kurang lebih Rp. 60rb.selamat mencoba dan berkarya...





Sabtu, 02-05-2009 12:37:21 oleh: Anwariansyah

@Fadhil

Jual harga diri, sih modalnya hanya ngga punya malu


Sabtu, 02-05-2009 13:36:37 oleh: Vinnie Vincent

Kalau cerdik, bisa beli saham. Saham BITEL pernah jatuh hingga Rp 50. Kalau saat itu beli dengan uang Rp 100.000,00 dan dijual beberapa bulan kemudian pada puncak harga, Rp 150,00, maka perhitungannya: (Rp 100.000,00 : 50) = 2000 lbr x Rp 150,00 = Rp 300.000,00... Anda untung Rp 200.000,00 bisa diinvestasikan lagi dan untung lagi, dengan catatan pembelian dan penjualan dilakukan disaat yang tepat... :) :)


Sabtu, 02-05-2009 16:18:39 oleh: eko

belikan aja mie godog 5, goreng 5, kopi, teh, gula, telur,sawi,minuman instant lainnya, radio atau tivi(mana yg punya), gelas, piring,kompor,pokoknya perlengkapan dapur komplit deh dan jangan lupa beli es batu. trus keluarkan meja makan kita plus kursi2 nya, taruh aja didepan rumah, jadi deh warung koboi kita. tinggal pasang spanduk mie rebus dan kopi buka 24 jam.




Sabtu, 02-05-2009 22:07:48 oleh: priyo w

Beli bensin 10 lt=45.000,beli botol bekas 10 bj @1000=10.000, sisa 45.000,cari tempat strategis pinngir jalan,jual bensin 10 btx 5.000 = 50.000.besok beli lagi 10 liter, masih untung 5.000.sehari makan 3x nasi jotos dan minum air putih=3.000 jadi 1 sisa 2.000, besok beli lagi bensin 10 lt dan seterusnya sederhanakan, memang hidup harus sederhana.


Minggu, 03-05-2009 23:09:11 oleh: TONO

SIMPEL BANGET YA BROO


Senin, 04-05-2009 12:14:42 oleh: Anthony

Beliin permen sama rokok. Trus jualan deh di jalanan sana. Permen yang pasti untungnya besar dijual eceran. Juga bisa buat pengganti kembalian. Trus rokok juga jualnya ketengan, mayan tuh sebungkus dijual ketengan bisa untung 1500-2000.


Senin, 04-05-2009 12:42:59 oleh: ilham

beliin penjepit rambut aja., di pasar pagi
@.satu lusin penjepit rambut modalnya bervariasi
ada yang 8 ribu sampe 12 ribu.terus beli plastik kecil lima ribuan isinya 500 pcs
kalo punya modal 100 ribu:

8000x10=80000
12x10 = 120 pcs jual satuannya 2 ribu
2000 x 120=240 ribu selama 2 minggu kalo loe jago ngejualnya..........


Senin, 04-05-2009 21:33:42 oleh: khafidl khafidi

modal 100 ribu :
disumbangin ke pembangunan mesjid aja...
bayangkan..
ini misalkan daya tampung maksimal masjid = 500
tar kalau mesjidnya udah jadi..
katakanlah yang jama'ah di situ setiap sholat 5 waktu senin-ahad (*kecuali jum'atan)=20 orang
jadi 20X5=100. ntar di tambah pas jum'atan ada 500, jadi satu minggu ada 600-an.
satu bulan ada 4 minggu jadi 600x4=2400
satu tahun ada 12 bulan jadi 2400x12=28.800
misalkan sisa umur kita 50 tahun,jadi 28.800x50=1.440.000.

nah..kalau bisnis sama Allah gini,
setiap kebaikan dibalas 10x lipat atau lebih
jadi ntar kalkulasinya
100ribu X 1.440.000 orang X 10 = 1.440.000.000.000
trus kalau pahala solat jamaah,
dia dikalikan 27 derajat pula..
jadi ntar (1.440.000.000.000)pangkat 27...nah luh..
nol nya udah berapa tuh....
banyak kan..????
itu belum lagi kalau orang yg sholat di situ terus ngajak orang lain sholat..bheeeeehhhh...kaya raya banget tuh di akheratnya kitanya...
tapi kudu IKHLAS kuncinya...


yyaaa..sekali2 kita kalkulasi untuk kehidupan akhirat kita juga dunk hehehe..piss..smangat..!! :D


Jumat, 22-05-2009 19:15:32 oleh: Ahmad Sobany

Rp 100.000 bisa sangat berarti dan bernilai tinggi sebagai investasi. Mau tahu? Punya modal segitu usaha laundry aja. Dengan catatan anda sudah ada tempat tinggal, persediaan air bersih, setrika dan tempat kosong kira-kira 2x7 meter cukuplah. Kurang segitu kalau anda kreatif bisa kok.

Begini caranya, belanja alat-alatnya dulu.
Sikat keras dan lunak : Rp 5.000x2=10.000
Sikat bergagagng : Rp. 5.000
Pemukul kasur : Rp 5.000
Sabun dan pewangi berkwalitas bagus: Rp 20.000,-
Bambu jemuran 4 batang: Rp 10000x4= 40.000
Paku dan tali : Rp 5.000
Nota dan brosur (foto kopi aja) : Rp 10.000
nah masih ada sisa Rp 5.000 kantongin deh bakal ongkos jalan.

Terus anda mulai keliling kampung mencari orang yang mau mencuci pakaian atau karpet. Dijamin deh kalau anda ulet dan trampil modal segitu bisa jadi Rp 3.000.000,.


Selasa, 29-09-2009 12:20:10 oleh: NURDIANTO

Modal 100rb beliin gitar aja,ada kok gitar yang harganya kurang dari 100rb,kalo belum bisa main gitar belajar dulu sebentar,yg penting bisa 2 atau 3 lagu,kalo udah tinggal aksi keliling perumahan,atau ke taman yg banyak orang lagi pacaran,pasti hasilnya tidak mengecewakan,tapi jangan lupa nabung,setelah tabungan banyak silahkan mencoba usaha lain yang lebih mengasilkan banyak,mudah2an sukses,selamat mencoba n tetap semangat..


Jumat, 08-01-2010 13:40:17 oleh: Regie

gabung di http://bit.ly/92TGQ2 modal nya cuma 10 ribu aja.. cara kerja tinggal cari 10 orang buat gabung.. terus sisa 90 ribunya pake buat promosi situs itu.. so simple.. ^__^


Rabu, 03-02-2010 00:25:51 oleh: jeft hansen

Aduh... aduh... adududududuududuhhhh....

gw yg pny modal 10jt aja bingung mw usaha apa, nah... apalg klo cm 100rb doankk... hehehehehehee.... pizzz bukan nya mw sombong nh.

ada pny chanel gak nh tuh duit 10jt bs bkn usha apa tp yg simpel n menguntungkan ya...


Selasa, 30-03-2010 14:14:22 oleh: parami kusala

modal 100ribu :
saya mau beli teh kesehatan, teh itu fungsinya untuk : kolesterol, asam urat, darah tinggi, dan bisa untuk menghancurkan lemak alias pelangsing juga buat orang gemuk.
1 dus teh itu berisi 40 sachet.
kita jual 3000/sachet dan seduh di tempat atau jual lgs. nah untungnya 500,-/sachet x 40 jadi per dusnya untung 20.000,-
nah begitu . mau coba tehnya boleh pesan padaku yah. hehehe...


Senin, 26-04-2010 13:04:51 oleh: bustomy

gampang...
beli ikan cupang sepasang rp. 30.000
taruh di bak.
sampai ikan itu menelur di busa,
cupang cewe angkat. cupang cowo yg piara anaknya.
sekali telur jumlahnya 20 ekor.
besar 3bulan.
20ekor x @30ribu sama dengan 600ribu
20 ekor kita pasangkan semua
menelur 10 ekor x 20ekor sama dengan 200 ekor
200ekor x 20 ribu sama dengan rp. 4juta...
modal 30.000 hasil 4juta...
insya allah berkah hidup
ahmadbustomy212@yahoo.com


Selasa, 29-06-2010 18:30:05 oleh: Abi Rafdhi

Mantep tu ide dari khafidl khafidi.....
tapi w Butuh yg real dan menghasilkan byk uang...
gmn neh??....
somebody help me!!!!!


Sabtu, 18-09-2010 10:34:30 oleh: hono triawan

nggak sampai 100rb. itu untuk jajan aja uasaha ini. caranya cuma cari informasi ke tetangga, family yang serius mau beli motor apa mobil. terus kamu kasih fotocopy konsumen tadi ke dealer. Minimal 200rb pasti kamu dapat di tangan silahkan coba. Dari Hono/sales yamaha metaram sakti klaten.


Jumat, 05-11-2010 15:20:52 oleh: indra

ide cemerlang dari khafidl khafidi :)
modal 100rb ya...
50.000 sumbangkan ke mesjid seperti hitung2an khafidl.
Nah yg 50.000 lagi beli kantong asoi yang ukuran besar isi 100 lembar(saya lupa harganya, mungkin dapat 3 set).
Nah..pergi kepasar lalu jual eceran kantong asoinya perlembar Rp. 500 atau Rp. 1.000.
Klau terjual semua dapat untung kotor Rp. 100.000 atau Rp. 200.000.
Selamat berjualan...:)


Minggu, 13-02-2011 10:56:17 oleh: achmad fahrizal

achmad fahrizal

- jual pulsa aja 1 chip untuk semua operator

- target market nya kelurga,teman,saudara,tetangga...& orng di sekeliling anda

-komitmen nya harus cash.

-kalau 1 hari dapat melakukan 20 transaksi kan lumayan.

- itu semua tergantung bagaimana anda menjalaninya ,sungguh2 atau.....????


Selasa, 22-05-2012 08:58:25 oleh: andry juliansyah

gw juga bingung nhe mau usaha apa ???

posisi gw di pekanbaru? tapi gw pemula disnni itupun rencana sambil kuliah.... jdi kasih saran yang lebih simple plend yhea...?


Senin, 27-08-2012 18:52:31 oleh: angganasp

terimakasih atas informasinya


Senin, 16-09-2013 02:17:19 oleh: Mozza

sama bgt nasibnya.. gw juga lgi bingung mwv usha apa gn mdal yg sama minimnya...
#KONTROVERSI HATI DAGH @1@!#&$*#!



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY