Wikimu - bisa-bisanya kita

Retty N. Hakim

Menggali Bakat Anak Membangun Kekuatan

Selasa, 14-04-2009 08:23:01 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Peristiwa

Bakat merupakan talenta untuk membangun kekuatan pribadi anak di masa mendatang. Kesadaran akan sisi kekuatan seorang anak perlu digali dengan bantuan orang tua. Kesadaran akan pentingnya mengembangkan sisi kekuatan anak-anak ini tampaknya sangat disadari oleh orang tua dan pendidik yang membimbing siswa-siswa berkebutuhan khusus dalam mengolah pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam bidang seni, salah satunya adalah dalam bidang seni lukis.

Pada tanggal 4 – 11 April 2009 di Elcanna Art Gallery yang terletak di jalan Pakubuwono VI no 35, Kebayoran Baru, disalenggarakan Pameran Lukisan Anak-anak Khusus Tingkat SD dan SMP se-Jakarta. Karya yang dipamerkan sebagian merupakan hasil kegiatan lomba lukis bertema “Hijau Alamku Lestarilah Indonesiaku” yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan bulan Februari kemarin.

Menurut ibu Currie dari Sekolah Talenta, ada juga dari hasil karya ini yang membutuhkan beberapa hari untuk diselesaikan, terutama karena faktor konsentrasi anak yang terkadang masih kurang fokus.

Ibu Arini dari Yayasan Peduli Anak Spesial mengatakan kegiatan ini memang merupakan bagian dari pengayaan pengalaman anak, dan mereka banyak dibantu oleh pihak donatur dan pemerhati lainnya.

Sebenarnya bila tidak diberitahu bahwa para perupa cilik ini adalah anak-anak berkebutuhan khusus maka yang tampil hanyalah lukisan ceria anak-anak. Ada beberapa hal lukisan yang menarik perhatian karena sangat detail, seperti gambar kartun Jepang dengan deretan nama selebritis, atau lukisan jalan raya dengan gedung-gedung dan mobil-mobil yang berseliweran di sekitarnya. Ini menunjukkan perkembangan fotographic memory mereka yang sangat kuat.

Ketertarikan pada kartun televisi biasanya merupakan ciri khas anak-anak berkebutuhan khusus dengan spektrum autisme juga terlihat disini. Tetapi ternyata kartun memang merupakan obyek lukis yang menarik bagi anak-anak yang sekarang cenderung merupakan generasi yang lekat dengan televisi, ada juga karya yang bertema film kartun tetapi ternyata bukan hasil karya anak berkebutuhan khusus dengan sepktrum autisme.

Yoel Abednego, dari SD Khusus Talenta yang mendapatkan penghargaan terbaik untuk Lomba Lukis “Hijau Alamku Lestarilah Indonesiaku” kategori SD menarik perhatian saya. Sebenarnya bukan karya yang dilombakan yang menarik minat saya, melainkan sebuah rangkaian karya berjudul “Design Baju untuk Mama”. Dari kisah gurunya saya kemudian mendengar bahwa gambar yang dipamerkan itu merupakan karya desain pakaian Yoel yang terakhir. Yoel ngambek tidak mau membuat desain baju untuk mamanya lagi karena diledek teman-temannya. Padahal coretan desain sederhana itu membuat saya teringat akan kisah Harry Dharsono yang pernah saya bagikan di wikimu dulu (lihat http://www.wikimu.com/News/displaynews.aspx?id=5060), bakat memang harus digali dan diasah.

Hakim, siswa YAB Pelita Hati, tampak terampil menguasai warna-warna menyolok yang dicampurkannya. Tema yang digarapnya juga sangat beragam, dimana hampir semuanya tampil menarik untuk diapresiasi.

Rangkaian “Ekspresi” dari Prilia P Dwi, SLB Sang Timur kelas V, menampilkan kemampuan memorinya terhadap nama selebriti dan karakter huruf Jepang, juga tampak menonjol di antara gambar-gambar yang dipamerkan.

Desi Alia Arsani dari SMP Khusus Talenta kelas VII membagikan ketertarikannya kepada lingkungannya dengan lukisan “Ondel-ondel Jakarta”, serta “Ayo Kita Jaga Kebersihan”

Kemampuan anak SMP memang sudah lebih rapi dan matang daripada adik-adiknya, hal ini terlihat dari karya-karya pemenang Lomba Lukis kategori SMP; Bima Satria Maulana, SLB B Santi Rama (terbaik I), Prayoga Ridianto, SLB B Pangudi Luhur (terbaik II), maupun Ursa Azzahra, SMP Kafah Unggul (terbaik III).

Tetapi buah terbesar dari kekuatan yang dicoba digali ini bukan semata-mata terletak pada kemampuan goresan yang semakin matang dan semakin indah, tetapi lebih kepada kepercayaan diri anak yang akan merupakan kekuatan terbesarnya di kemudian hari.

1 komentar pada warta ini
Sabtu, 17-10-2009 12:04:39 oleh: Ana Nurhasanah

Aku bangga dgn karya anak bangsa



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY