Wikimu - bisa-bisanya kita

M. Agus Syafii

Keajaiban Sholat Tahajud

Rabu, 18-02-2009 14:34:19 oleh: M. Agus Syafii
Kanal: Opini

Keajaiban Sholat Tahajud

Kebiasaan sholat tahajud sungguh merupakan kenikmatan bagi yang melaksanakan. Terkadang pada setiap sholat tahajud ada keajaiban bagi yang melaksanakan. Agak mustahil memang untuk diceritakan tapi kejadian ini benar-benar nyata terjadi pada saya.

Pada suatu saya memperkenalkan teman pada seorang akhwat. Beberapa malam kemudian saya sholat tahajud dan dilanjutkan sholat subuh. Pada pagi hari saya sempat bermimpi sedang hadir di acara walimah ursy, teman dan akhwat tersebut duduk di pelaminan sebagai pasangan pengantin.

Saya sempat telpon seorang teman, "Teh, percaya nggak, aku semalam mimpi loh melihat teman kita ini duduk di pelaminan pada walimah ursy." "Ah, mana mungkin mas agus. Baru aja diperkenalkan. Mana mungkin secepat itu menikah." katanya setengah tidak percaya.

Waktupun bergulir begitu cepat. Perbincangan itu berlalu begitu saja. 6 bulan kemudian saya bersama-sama teman-teman lainnya hadir di walimah ursy persis sama dengan yang pernah saya lihat dalam mimpi, subhanallah..Maha Suci Alloh..itulah keajaiban sholat tahajud buat saya. Mungkin teman-teman juga pernah mengalami hal yang sama bertemu dengan keajaiban sholat tahajud.

---

Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jika hendak mengerjakan sholat Tahajud, harus tidur dulu.

" Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji." (QS : Al-Isro' : 79).

Wassalam, agussyafii

-- Tulisan ini dibuat dalam rangka kampanye Program Pendidikan "Anak-anak Insan Mulia (Amalia)" Program Pendidikan anak-anak dengan kasih sayang, silahkan kirimkan dukungan dan komentar anda di 087 8777 12 431 atau di http://agussyafii.blogspot.com

 

 

126 komentar pada warta ini
Jumat, 08-05-2009 11:28:24 oleh: alam

n arti dari sholat tahajud yitu sholat di mlam hari


Rabu, 03-06-2009 21:00:37 oleh: miSS AnggiE

walimah ursy apa ya mas?maklum aku baru belajar tentang Ilam mskipun dari kecil masuk Islam... kirim ke emailku ya mas kalo bisa,,,,trima kasih


Senin, 13-07-2009 11:00:35 oleh: Ramadhan.Nasution

saya sngat bersukur tlah bisa membaca keajaiba-keajaiban tentang sholat tahajud.


Sabtu, 29-08-2009 17:52:56 oleh: Al Firdaus

Sungguh,,, Maha Suci Allah
Benar-benar pengalaman yang patut untuk dibagi
Semoga apa yang telah anda bagi dapat membuat kita menjadi lebih dekat lagi kepada Dia...
Lewat Nikmatnya Tahajjud
Amin


Kamis, 01-10-2009 15:42:36 oleh: dadang S.

Bagi umat Islam yang telah melaksanakan sholat tahajud, sudah banyak mendapatkan keajaiban(?) mungkin cenderung lebih layak disebut BERKAH? dan apa yang telah Allah berikan kepada yang telah melaksanakan sholat tahajud tidak sama dan umumnya sesuai dengan doa yang dipanjatkan/ dikabulkannya doa dari pemohon. Maha benar Allah SWT atas segala firmannya.


Kamis, 01-10-2009 19:59:01 oleh: Nino

Subhanallah . . .
Insya Allah kita menjadi sebaik-baik umat dimata Allah, shalat adalah ibadah yang sangat dirahmati Allah dan Tahajjud adalah laksana berlian ditengah ibadah shalat yang lain.

Salam,
Nino
(www.AstroDigi.com)


Selasa, 06-10-2009 13:49:36 oleh: rahmah hasjim

Shalat malam, bila shalat tersebut dikerjakan sesudah tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam. Jika hendak mengerjakan sholat Tahajud, harus tidur dulu>
Maaf mas mau sedikit meluruskan. Tidak ada 1 pun hadits yg menyatakan shalat tahajjud harus setelah tidur. Yg banyak dikatakan adalah sepertiga malam. Jadi meskipun tidak tidur dulu tapi niat shalat tahajjud tetap bisa.


Rabu, 07-10-2009 06:51:11 oleh: socrates21

mantab artikelnya...
saya sangat setuju dengan rahmah hasjim bahwa tahajjud nggak harus tidur dulu..,tapi kalo kita tidur dulu itu pasti lebih bagus....
karena pikiran seger,bisa fokus dan khusyuk.
setelah membaca artikel ini saya jadi ingin melaksanakan nya...
semoga penulis mendapat limpahan pahala dari Nya
amin....


Rabu, 07-10-2009 22:10:30 oleh: rayuning leksonowati

memang benar shalat tahajud sangat bermanfaat, bahkan bisa untuk terapi pengobatan, yang jelas bisa bikin ati adem, yang terjadi pada teman saya juga, ketika ada anaknya berulah yg bikin dia (orang taunya) pusing, maka hal yang sering dia lakukan dengan salat tahajud, dan alhamdulillah selalu saja ada solusi, subhanallah


Rabu, 14-10-2009 23:34:32 oleh: aby

subhanallah...sholat tahajjud merupakan sholat sunnat yg sangat luar biasa....bila kita mengerjakan dengan ikhlas dan khusyuk maka kita akan merasakan kenikmatan yang luar biasa yg sulit dilukiskan dgn kata2...pokoknya coba aja sendiri deh


Senin, 19-10-2009 21:56:56 oleh: Lastri

Subhanallah... Maha Suci Allah,

Ingin sekali melaksanakan sholat tersebut...

Ya Allah mudahkanlah hambamu ini melaksanakan sunahmu... Amien..


Kamis, 22-10-2009 07:22:27 oleh: LULUK WIDJ

Subhanallah.... sungguh ini sangat membantu skali mas, insyaallah akan memperkuat Iman qta.Amiinnn


Sabtu, 24-10-2009 14:06:47 oleh: nurli L

Q setuju banget....semakin kita rajin tahajjud semakin Allah sayang ma kita...semakin kita banyak diberi hidayah...eh iya tahajjud jg bikin kuat indera keenam kita lho...


Senin, 26-10-2009 09:49:26 oleh: afran

sesungguhnya sedekatdekat hamba pada Allah yaitu pada malam2 terakhir, semoga kita diberikan kekuatan untuk melaksanakan sholat tahajud. Amin


Selasa, 27-10-2009 15:38:02 oleh: S.Familda

Subhanallah....., aku sudah merasakan manfaat sholat tahajud walaupun itu hanya aku kerjakan 2 rokaat saja yang penting kita ihklas dan khusyuk dalam melakukannya.Karena manfaat solat sunat yang satu ini sungguh luar biasa disamping sholat sunat dhuha.


Kamis, 29-10-2009 18:31:06 oleh: Tanti

saya jg pernah merasakan manfaat sholat tahajud, disaat hati galau saya merasakan ketenangan setelah melaksanakan sholat tahajud. ya Allah berikan selalu hidayahmu...


Minggu, 15-11-2009 22:20:51 oleh: denny wahyudi

subhanallah bagi yang bisa menjalankannya berarti mereka sudah bisa mengalahkan dirinya sendiri..semoga saya juga bisa
salam
www.dewa.hyperphp.com


Senin, 16-11-2009 16:24:07 oleh: A. Tanwirudin

terimakasih atas artikelnya, moga menjadikan motivasi bagi pembaca untuk melaksanakannya khususnya saya pribadi yang malas bagun shalat subuh apalagi shalat malam, butuh kekuatan yang extra, makanya Allah berjanji akan menaikkan derajatnya bagi orang yang mau melaksanakannya


Kamis, 26-11-2009 11:43:17 oleh: aris nurcahyo

mas saya pengin nanya, saya dulu dikasih tahu sama teman, sholat tahajudlah sebanyak sebanyak 12 kali. semenjak saat itu saya melakukan sholat tahajud sebanyak 12 kali.itu bagus apa tidak mas...
terima kasih
memang benar dengan sholat tahajud hati terasa tenang. SUBHANALLAH


Minggu, 06-12-2009 06:19:49 oleh: sukmaya

Alhamdulillah saya di pertemukan dengan tulisan yang membuat bersemangat untuk shalat tahajud,doakan saya biar rajin tahajud!!!!!!!!!!!!!!1


Senin, 14-12-2009 20:20:46 oleh: Mohamad muhrojen

Bagus bok....tolong do,anya tahajud bok...kirim ke email saya please..


Rabu, 30-12-2009 14:12:34 oleh: kurniasep

Yang...SEHARUSNYA.


Sabtu, 09-01-2010 01:34:09 oleh: Oom Omariah

Subhanallah... Manfaat Tahajjud besar sekali, sekalian cantumin kiatnya dong mas, agar salat tahajjud kita biar langgeng di laksanakan.. Saya salat tahajjud kadang ga tiap malam.


Sabtu, 09-01-2010 03:55:33 oleh: Eko Sutrisno Hp

Tulisan semacam ini baik untuk kembali mengingatkan kita akan pentingnya melihat sisi lain dalam hidup ini.

Kadang sisi ini jarang diperhatikan, padahal sisi inilah yang menjiwai setiap langkah kehidupan kita.

TFS

Salam


Kamis, 21-01-2010 16:51:14 oleh: Ujang Iskandar

Terima kasih atas tulisannya, membuat saya ingin sekali melaksanakan sholat tahajud, selama hidup di alam dunia ini saya melaksanakan tahajud mungkin bisa dihitung dengan jari.
Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua.


Minggu, 07-02-2010 18:25:11 oleh: sahara

SHOLAT TAHAJUD BAGUS DILAKSANAKAN KARENA SANGAT MEMBANTU MEMECAHKAN MASALAH KITA.LAKSANAKAN!!!


Minggu, 07-02-2010 21:33:07 oleh: Hafi Dzulkarnain

Alhamdulillah, subhanallah, rahasia Allah telah diperlihatkan. Namun, mudah-mudahan tidak mengurangi keikhlasan kita, karena seharusnya ibadah haruslah terlepas dari kepentingan apapun, kecuali kepentingan bermanja-manja dengan Allah. Wassalam


Minggu, 14-02-2010 13:42:24 oleh: Dani

Subhanallah,Maha Suci Allah SWT,seandainya seluruh bangsa yang mayoritas ini, rela merendahkan diri bersimpuh dihadapan Allah SWT dgn sholat tahajud, seperti saudara kita diatas, Insya Allah negeri ini akan dilindungi Allah dari segala kemelut dan cobaan.


Senin, 15-02-2010 11:54:28 oleh: fikha afifah

Subhanallah
smga ini menjadi motivasi saya untuk melakkukan shalat tahajud...
karena klo bangun malem itu psti ada aja godaannya..
ya,,,pa agus krimin do'aNya jga stlah slesai shlt tahjud ke email saya,,,
asmoga kita termasuk orang yang selalu diberi petunjuk oleh ALLAH SWT amin....


Selasa, 16-02-2010 14:53:44 oleh: anDrie

subhanallah...
saya merinding ketika membaca :
Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji." (QS : Al-Isro' : 79).
terimakasih


Kamis, 18-02-2010 09:22:14 oleh: marco

semacam deja vu gitu ya maksudnya
kadang emang sulit sih diceritakan


Kamis, 18-02-2010 14:08:43 oleh: among sasomo

saya merasa ,tulisan sholat tahajud dapat memberikan tambahan pengalaman bagi orang lain. memang saat kita melaksanakan sholat tahajud hati kita mejadi tenang dan damai. sepertinya kita berkomunikasi dengan Alloh SWT melalui sholat tahajud dan doa-doanya pada saat suasana yang sangat tenang


Jumat, 19-02-2010 13:30:46 oleh: bambang irawan

smoga qt dapat mnjalani ini semua dengan sungguh2 dan dapat meningkatkan keimanan qt kepada alloh swt,,amin ya robb


Sabtu, 20-02-2010 08:46:14 oleh: Juanaidin Basri

Barangkali ilmu Allah ini bisa dijadikan solusi ditengah prilaku manusia indonesia yg cendrung berpikir pragmatis, material dan instan dalam seluruh aspek kehidupan, saya berharap program ini juga tidak pragmatis dan instan


Selasa, 23-02-2010 15:09:49 oleh: andi safrizal

Pengen juga lho mas sholat tahajud, karena saya sudah sering dengar tentang keutamaannya. Mudah-mudahan Allah SWT selalu membukakan pintu hati kita untuk berbuat kebenaran... Amin Ya Robbal 'Alamin.....


Rabu, 24-02-2010 10:26:58 oleh: joko

Subanallah, sholat tahajjud memang bagus di laksanakan bagi umat islam.
Kunci waktu melaksanakan sholat tahajjud:
1.Niat yg akian di sampaikan
2.Khusuk
3.Lafas memabaca Alfatikhah dll harus pelan2 sampai benar2 khusyuk,kita akan merasa banyak kekurangan dan akhirnya dgn tdk sengaja mengeluarkan air mata.Subhannallah


Rabu, 24-02-2010 15:05:49 oleh: Marlin.nst

Subhanallah. tulisan yang luar biasa
hatiku terasa renyuh setelah membaca tulisan dan komentar-komentarnya.
semoga kita juga bisa mendapatkan rahmat dariNYA
amin


Rabu, 24-02-2010 19:54:24 oleh: yuli pramiati

Alhamdulillah, aku memang suka tahajjud. Cm kadangkala jeleknya tuh pas lg gundah atau ada masalah aja. Tp mmg slalu ada solusi trbaik. Allah mmng maha rahman rahiim. Salat tahajjud sm dgn interlokal di mlm hari langsung tokcer. Murah dan cepat diterima. Mksh.


Jumat, 05-03-2010 00:27:08 oleh: Falettihan

Sholat tahajjud bnr tdk ada dlm 1 hdst, tapi itu merupakan syarat sunnah jika dilakukan setelah isya' dan dikerjakan sesudah bangun dalam sepertiga malam (Sarah Fathul Qorib:Bab Sholat)


Sabtu, 06-03-2010 11:57:38 oleh: siti hotojah

sering - serainglah sholat malam karena akan membawa berkah .


Kamis, 11-03-2010 04:21:14 oleh: Ranita

Assalamualikum
trima kasih pak ats artikel yg sgt bgs ini, mnambah ksadaran saya untuk mlaksanakn shlt thajud.krna kalau hati gunda, saya tdk kusyuk shlt'a, smoga Allah slalu mmbukakan pkiran saya untuk thajud, amin...


Senin, 15-03-2010 07:37:42 oleh: edygeol sudarmadi

gimana sih sholat tahajud yang benar.....setelah saya membaca artikel ini saya semakin tertarik untuk melaksanakanya....amien...


Selasa, 16-03-2010 16:31:42 oleh: samoser

saya ucapkan banyak terimakasih... atas partikel bapak..... saya sangat senang bisamengerti kenikmatan sholat tahajud... semoga saya dapat melaksanakannya... amien........


Sabtu, 20-03-2010 15:55:41 oleh: agung supomo suleiman

terima kasih atas sharing pengalamannya.Jika kita ada perasaan gundah gulah kita dapat obati dengan shalat tahajud, dimana dengan izin ALLAH perasaan kita menjadi adem dan tentram. Insya ALLAH kita bisa membangun rasa hubungan kedekatan kita dengan ALLAH melalui sholat tahajud, dan ALLAH akan melembutkan hati kita sesama muslim, karena hanya ALLAH yang dapat menyatukan perasaan keimanan kita sesama muslim .Insya ALLAH


Selasa, 23-03-2010 08:50:53 oleh: wulan darie

artikel nh bgz bgtz.....
wat quw jd smangat muw shlt tahajjud......


Selasa, 23-03-2010 09:16:08 oleh: Rien

ALhamdulillah...ada juga yang mo share n kasih testimoni ttg shalat tahajjud....hal yang saya selalu tunggu....
karena saya tengah berupaya untuk selalu shalat malam....agar bisa lebih dekat dengan -Nya....sampai saat ini baru berasa tenang aja....apa ada testi yg lain?


Rabu, 24-03-2010 23:57:01 oleh: Dewi Rahmawati

Indah sekali mengenai sholat tahajud apabila istiqomah untuk dijalankan..
akan tetapi saya susah sekali untuk melaksanakannya..
tolong diberi masukan ya,,
terimaksih banyak..


Sabtu, 27-03-2010 15:35:55 oleh: Andol

Sholatlah di belakang imam, sebelum kau disolatkan didepan imam


Sabtu, 27-03-2010 18:00:36 oleh: olip

subhanallah...
maha suci Allah...
begitu indahnya beribadah...


Minggu, 28-03-2010 00:35:16 oleh: Eman Supriadi

Asalamualikum. Subhanallah, Mudah2an ini petunjukny jua. Saya lg ssh tdr ktk sy bk2 internet sy lht *Keajaiban Shalat Tahajud* Ll sy bc pengalaman2 yang sdh d raihny,Insa 4w1 sy ingin melaksanakannya,namun tlg bantuannya / kuncinya bgmn agar bisa khusuk sbb trs trg klo lg bnyk problem tdk bisa khusuk.
Terimakasih banyk

WASALAM.


Minggu, 28-03-2010 08:14:16 oleh: melinda agus rahayu

ass.alhamdulillah beberapa hari ini sy lg di ksh hidayah oleh allah untuk mnjalankan shalat tahajut, mohon doanya dr rekan2 sekalian spy sy selalu menjalankannya slam hayat d kandung badan amin


Selasa, 30-03-2010 19:36:20 oleh: suwarni

saya sangat setuju dengan keajaiban sholat tahajjud,mudah2han Allah swt selalu melimpahkan rahmat dan rahimnya kepada kita semua utk selalu melaksanakan sholat tahajjud,Amien....


Rabu, 31-03-2010 10:54:03 oleh: Soleh Suaidi

Suhanallohil adzim, subhanallohi wabihamdihi.
Maha suci Engkau Ya Allah Robbul Jaliil.

- Walimatul 'ursy = Pesta Pernikahan/Perkawinan
- Tahajud artinya bangun tidur tidur malam ( mendusin )


Rabu, 31-03-2010 13:15:36 oleh: Kokok Setiahadi

Ass Wr Wb,

Besyukurlah bisa Shalat Tahajud karena dapat memotivasi hidup kita lebih berkualitas, semoga yang belum, bisa mencobanya. Amiiin.

Wass Wr Wb.


Minggu, 04-04-2010 07:28:20 oleh: Hanna K. Soliman

SUBHANALLAH...., sy pun salah satu orang yg merasakan hikmah dan keajaiban dari shalat tahajud.


Rabu, 07-04-2010 14:09:59 oleh: yanayulianti

Subhanallah kujalani tahajud dan dhuha Alhamdullah hidup lebih tenang dan lebih Ikhlas Allah memberikan Rizkinya dari segala arah yg tidak ku tauuuuu YA ALLAH YA ROBBI jadikan rizki yg engkau berikan menjadi bekal ku beribadah kepadamu amiiiin



Selasa, 13-04-2010 10:41:15 oleh: juwanto

saya memang dulu kalau ada masalah terus malamnya melaksakan sholat tahajud segala permasalahan ku serahkan kepada Alloh SWT,perlu saya sampaikan ke para pembaca kalau saya sudah melaksanakan sholat tahajud apa apa yang saya harapkan hampir semuanya terpenuhi,maka dari itu biasakan sholat tahajud yaaah minimal dalam 1 minggu paling sedikit 3 ~ 4 kali. semoga, amin.


Senin, 19-04-2010 07:16:11 oleh: Pringgodani Kusdono

Indahnya shalat tahajud... :)


Jumat, 23-04-2010 16:17:41 oleh: ade erianti

Yang jadi masalahnya sekarang adalah menjaga konsistenti shalat tahajjud itu sendiri. Pada saat tertimpa masalah, tahajjud rutin dengan rakaat yang banyak. Pada saat lapang dan senang e... suka mengabaikan dan lupa. Bagaimana menjaga konsistensi itu..... apalagi suka ngantuk paginya kalau bangun pada dini hari....
Ingin sekali rasanya hati ini tetap konsisten tatkala dalam kelapangan maupun kesempitan.....ya Allah "jangan lepaskan" aku.


Sabtu, 01-05-2010 00:49:11 oleh: Rinto

saya salah satu yang sedang melaksanakan tahajjud. dan saya memohon sesuatu kepada ALLAh. Namun belum terasa.Apakah ini berarti belum dikabulkan permintaan saya? Permintaan saya berupa dikembalikannya hati pacar saya agar kembali pada saya.Karena saya sangat mencintainyadan Insya ALLAh saya akan menikahinya. Mohon masukkannya


Selasa, 04-05-2010 07:33:53 oleh: harie r

benar. Saya juga pernah mengalami keajaiban setelah 2 malam tahajud. Bagaimana tidak, dompet yang sempat kecopetan di tempat umum, dapat ditemukan kembali. Aneh ada orang yang mengantar dompet ke kosan (saat mahasiswa dulu). Sayang tidak ketemu langsung sama yang mengantar.


Selasa, 04-05-2010 16:56:18 oleh: DARNA RAWA,SPd

ini hal bagus untuk diwartakan
Sholat tahajjud memang yahuud
banyak hikmah dan manfaat daripadanya
Allah SWT sangat senang para orang yang Sholat Malam,
Kita sudah terbebas dari penjajahan,MARI KITA ISI WAKTU KITA DENGAN IBADAH.
KALO TERLALU BANYAK SENANG-SENANG
MENDINGAN NEGERI INI NGGAK MERDEKA,
begitu kira2 kata nenek moyang kita yang mati-matian bela-bela in kita supaya ngak terganggu ibadahnya,malahan kita sekarang terlalu lupa diri dan disibukkan dengan BERSENANG-SENANG


Rabu, 05-05-2010 09:45:38 oleh: nur rofiq

bangus banget..... aku senang dengan topik-topik semacam ini..... bermanfaat bagi kehidupan kita


Rabu, 12-05-2010 22:56:54 oleh: Saleh Abdullah

Alhamdulillah,topik2 seperti ini yg harus dikedepankan,membesarkan keagungan Alloh sehingga manusia benar2 mengakui bahwa mereka hanyalah seorang hamba. Barokallohu fiik mas Agus!


Jumat, 14-05-2010 11:14:41 oleh: Maria Hariyanto

subhannallah, bagus sekali cerita yang telah mas bagikan. bagi yang pernah mengalami kejadian2 spiritual yg berhubungan sholat dan ibadah, mohon agar berbagi. mudah2an cerita anda2 semua bisa menyadarkan saudara2 kita bahwa sholat dan ibadah lain bukan cuma sekedar kewajiban tapi juga suatu rutinitas yang memiliki kenikmatan tersendiri.


Jumat, 14-05-2010 16:07:22 oleh: Mudiono

Sedikit nanya, apaakah benar sholat tahajjud, dan tentu saja dengan witirnya, harus dikerjakan sesudah tidur? Seingat saya, para sahabat ada yang mengerjakan sebelum tidur, karena takut tidak bisa bangun malam. Syukron.


Jumat, 14-05-2010 21:27:41 oleh: Rere(rezkha)

----aku pernah solad tahajud tapi aku ga tidur dlo apakah hukum nya haram?????

----kalo solad thajud di lakukan tidak tidur terlebih dahulu apakah boleh...

yang baca wajibb COMENT makasih.....


Minggu, 16-05-2010 06:39:28 oleh: herawati mudjibah

saya punya pengalaman keajaiban sholat tahajud,meskipun sering melaksanakan ,namun tidak setiap sholat tahajud ,bisa konsentrasi penuh.kadang2terganggu kantuk,suatu saat,saya merasa dalam sholat tahajud,betul2 merasa berdialog langsung dengan Allah,hati jadi adem,berangkat kantor dengan pagi rasa bahagia.dalam perjalanan ke kantor,saya biasa naik angkot,dalam angkot penuh,saya tidak terasa kecopetan hp,saya seperti dituntun malaikat,begitu sadar hp saya hilang,subhanalloh saya langsung berdiri,tidak bisa bersuara,kemudian tangan saya menggledah (maaf bahasa indonesianya menggledah apa ya)orang yang berdiri disamping saya.dan ternyata hp saya ada pada dia.setelah hp terpegang,baru saya bisa bersuara.ternyata disitu saya sadar kalau Allah menunjukkan kuasanya ,bila hambanya memohon ,Allah akan mengabulkan.Lahaula wala Quata Illabilah.


Minggu, 16-05-2010 06:41:13 oleh: herawati mudjibah

saya punya pengalaman keajaiban sholat tahajud,meskipun sering melaksanakan ,namun tidak setiap sholat tahajud ,bisa konsentrasi penuh.kadang2terganggu kantuk,suatu saat,saya merasa dalam sholat tahajud,betul2 merasa berdialog langsung dengan Allah,hati jadi adem,berangkat kantor dengan pagi rasa bahagia.dalam perjalanan ke kantor,saya biasa naik angkot,dalam angkot penuh,saya tidak terasa kecopetan hp,saya seperti dituntun malaikat,begitu sadar hp saya hilang,subhanalloh saya langsung berdiri,tidak bisa bersuara,kemudian tangan saya menggledah (maaf bahasa indonesianya menggledah apa ya)orang yang berdiri disamping saya.dan ternyata hp saya ada pada dia.setelah hp terpegang,baru saya bisa bersuara.ternyata disitu saya sadar kalau Allah menunjukkan kuasanya ,bila hambanya memohon ,Allah akan mengabulkan.Lahaula wala Quata Illabilah.


Senin, 17-05-2010 12:19:50 oleh: yanti

dengan shaolat Tahajud hidup lebih terasa tenang


Selasa, 18-05-2010 19:50:42 oleh: kasmir syamsudin

subhanallah saya sependapat tentang dahsyat nya sholat tahajut, dalam hal ini saya hanya dapat memberikan komentar lakukanlah setiap sholat itu dengan ikhlas hanya karena allah, sesungguhnya allah maha mengetahui segalanya amin... ya rabbal alamin.........


Minggu, 23-05-2010 00:55:22 oleh: achmad junaidi

Assalamualaikum WR.Wb,

Alhamdulillah setelah saya merasakan kenikmatan dan kelezatan berdialok dengan ALLAH SWT lewat sholat tahajut insya Allah tidak mau meninggalkan lagi kadang pas dinas diluar kota pun dalam hotel kami sempatkan,karena setiap persoalan dalam hidup ini rasanya tidak ada yang tidak dapat dipecahkan pada saat berdo'a di sujut terakhir pada sholat tahajut,sebagaimana sabda rasulullah, perbanyaklah do'a diwaktu sujud kerena tiada jarak antara engkau dan ALLAH SWT diwaktu sujud.Alhamdulillah.
janji allah bagi orang yang sholat tahajut antara lain
1.akan diberikan sulthona nasiiro (kekuatan yang menolong)seperti ayat di atas.
2.Maqomammahmudah (kedudukan yang mulia ) baik disisi ,manusia maupun terlebih disisi ALLAH SWT,
3.Qoulan sadiida (perkataan yan berbobot ) seperti pada saat daksur meletakkan pedangnya di leher Rasulullah SAW Rasul ditanya siapa yang bisa menolongmu Rasul menjawab "ALLAH" seketika daksur lemas,lunglau pucat pasi, dan pedangnya jatuh ketanah.
4.Wajahnya akan bercahaya sehingga setiap orang akan senang memandang karena ada kesejukan.
5.Akan melewati jembatan sirotal mustaqim bagaikan kilat.

Demikian diantara hikmah sholat tahajud dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat.

Wasalam.
A.Junaidi.


Kamis, 27-05-2010 10:12:37 oleh: junaidi

Subhanallah, sangat berguna untuk orang-orang yang belum melaksanakannya, semoga dengan tulisan tersebut dapat menggugah dan membuka hati setiap insan untuk melaksankannya.


Kamis, 27-05-2010 13:34:55 oleh: uni

tengkyu.. aku jadi tergerak untuk shalat tahajud lagi.. banyak banget mimpi2 dan cita2ku..


Sabtu, 29-05-2010 09:44:32 oleh: Eti susilawati

Subhanalloh, sudah lama aku tidak mengerjakan sholat tahajud, baru semalam aku melaksanakannya, pagi ini Alhamdulillah aku membaca artikel ini, semoga dapat menambah motivasiku untuk terus melaksanakannya


Selasa, 01-06-2010 09:14:28 oleh: mayor

sholat tahajut terasa indah kalau diiringi dengan tangis secara tiba-tiba dan biarkan tengismu tsb sampai berhenti, nah itu baru terasa indahnya tahajut


Rabu, 02-06-2010 11:37:41 oleh: Disyacitta Nariswari

Sholat Tahajud efek sampingnya luar biasa!


Senin, 07-06-2010 20:54:15 oleh: susan

sabaiknya sholat tahajud tidak dipamerkan k orang lain, karena nilai amalannya menjadi berkurang....riya


Selasa, 08-06-2010 13:07:26 oleh: Yulis Godean Sleman

Bener juga ya....
Bagiku Sholat tahajjud berat sekale...tapi kalo bisa melaksanakan,siang hari rasanya nyaman.Terasa gak punya beban hidup ini...


Selasa, 15-06-2010 20:27:31 oleh: hartono

alhamdulillah 7x. tambahan aja, tahajud bisa dilakukan walau belum tidur dimalam hari, lebih dalam lagi, tidurnya hati kita mengingat allah. maap bila salah.


Kamis, 17-06-2010 02:03:18 oleh: Endikurniawan

Assalamu'alaikum...segala puji bagi Allah tuhan semesta alam...dengan shalt
Tahazud,,,saya sudah merasakan keajaiban nya,,,karna setelah saya rutin melaksnkn tahazud,,cita cita yg saya pikir tdk akan trcapai,trnyata kini jadi kenyataan..subhanallah...


Kamis, 17-06-2010 12:36:15 oleh: ach.bashri

subahanallah.......
betapa murahnya sang kholik kepada hambanya apabila memohon di kala waktu sunyi yang sepi....


Jumat, 02-07-2010 16:30:37 oleh: jajat

Alhamdulillah, terima kasih informasinya mas, saya jadi tergarak lagi utk tahajjud..Semoga Allah SWT selalu memberi kekuatan kepada kita semua untuk selalu berada di jalanNya, aamiin.
-> utk Rezkha, kalo mau sholat tahajjud aturannya memang harus tidur dulu.
-> ttg berbagai keajaiban dan keanehan setelah/pada saat tahajjud bisa saja terjadi apabila Allah SWT menghendaki...yg perlu kita perhatikan adalah bahwa berbagai keajaiban tsb semata-mata sebagai 'bunga'nya tahajjud, jadi jangan sampai (tanpa disadari) kita tahajjud dg harapan mendapatkan 'bunga' tersebut sehingga bergeser dari tujuan utama yaitu beribadah semata-mata karena Allah SWT.
Ya Allah, berikanlah rahmat dan hiyahaMu kepada kami semua...aamiin


Jumat, 09-07-2010 12:23:52 oleh: CHAIRIL

insya ALLOH aku akan coba mealksanakan sholat tahjud tiap mlm,semoga ALLOH memberikan ketenangan pada hatiku ini ,yg sedang di landa kegelisahan,amien.


Selasa, 13-07-2010 15:03:15 oleh: Muhmmad Daru

Hebat saya juga Pernah Kejadian Seperti di artikel itu. Saya berMimpi yg Jadi Kenyataan. Tapi Saya Maw nanya Bagai mana agar Kita selalu bisa Sholat Tahajud.


Selasa, 13-07-2010 18:33:38 oleh: triyatmini

memang bener sholat tahajud membuat hati kita tambah adem. dan banyak manfaat lain yang luar biasa Shubhannallah..


Rabu, 14-07-2010 05:42:00 oleh: ener

Assalamu alaikum,terima kasih atas artikelnya. Menurut saya untuk bisa bersholat tahajud secara rutin bisa ditempuh kiat berikut ini:
1. pahami dulu manfaatnya (lewat bacaan atau teman);
2. ketetapan hati yang bulat untuk melakukan;
3. niat sholat tahajud dan mohon kepada Allah untuk
dibangunkan pada waktu tertentu agar bisa ber'jumpa' dan ber'dialog' dengan Allah, Sang Pencipta;
4. bila Anda berhasil bangun dan sholat tahajud, bersyukurlah karena itu berarti Allah amat mencintai Anda. Oleh krn itu, jangan sia-siakan cintanya. Wassalam.


Jumat, 16-07-2010 11:32:18 oleh: echaa

saya setuju dengan adanya pemahaman lebih dalam mengenai sholat tahajud......saya yakin jika bnyak orang yang tau hikmah-hikmah dari sholat tahajud,akan banyak orang yang akan melaksanakannya.jika kita ihklas lahir "insya ALLAH" ALLAH akan mengabulkan apa yang kita inginkan..................


Jumat, 16-07-2010 13:10:37 oleh: siti hajar

Maha Suci Alloh, mudah-mudahan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warrahmah....amien


Jumat, 16-07-2010 13:38:05 oleh: dhettie nurindah s

saya jg dlu pernah ngalamin hal seperti itu,,
tapi saya gk pernah tau maksud dari mimpi saya itu apa,,??


Sabtu, 17-07-2010 14:43:04 oleh: lia nur

subhanaallah,,,,,


Senin, 19-07-2010 12:51:27 oleh: agus dj

jagalah malamu dg tahajud, & jagalah siangmu dg dhuha niscya engkau akan menemukan tuhanmu
bahkan engkau sulit utk beranjak dr tempat sujudmu krn begitu nikmtnya engkau bertemu dg tuhanmu seolah2 berada pd alam lain ( yg semuanya terlihat sangat kecil & tdk mempunyai daya )
allahu akbar


Kamis, 22-07-2010 06:30:52 oleh: heri herdiyana

Bangun berwudhu ...
kemudian shalat tahajud..
Memohon tiada henti dan hanya kepada Alloh SWT
ketika orang2 tertidur lelap di keheningan malam
terasa sangat dekat dengan Al-Maliik
takkan pernah bimbang menjalani hari2
karena Yakin Qudrat dan Iradat-Nya
adalah yg terbaik untuk kita semua.....


Jumat, 23-07-2010 22:14:13 oleh: ikhsan

alkisah...
Nabi Muhammad SAW pernah bertanya pada 2 sahabatnya. Sahabat A dan B (maaf, lupa namanya). "Wahai A sahabatku, bilakah engkau melaksanakan tahajud ?" Kemudian sahabat A menjawab: "setelah saya tidur malam ya Rosul" Lalu Rosulullaah SAW juga menanyakan hal yang sama pada sahabat B. Dan sahabat B menjawab : "saya tahajud dulu, baru tidur ya Rosul"
Sambil tersenyum Rosulullaah SAW menjawab dengan bijak. "Wahai sahabatku B, berbanggalah kamu karena kamu adalah orang yang selalu berhati-hati, dan sahabat ku A, berbanggalah kamu karena kamu adalah orang yang kuat."
(tolong luruskan jika saya salah...)

Dan saya pun juga ingin mengatakan, berbahagialah Anda semua yang telah melaksanakan tahajud, walau setelah atau pun sebelum tidur.
Dan saya iri, karena saya sangat jarang sekali bisa tahajud... dengan khusyuk dan ikhlas.
Buat semua sahabatku, do'akan saya agar saya bisa mendirikan tahajud dengan rutin ya...


Minggu, 25-07-2010 00:29:31 oleh: Kastori

Saya percaya bahwa tahajud py kekuatan luar biasa.


Selasa, 27-07-2010 03:08:22 oleh: padlan

sholat tahajut bila tahu arti apa yang kita lafazkan dan meresapinya kedalam hati sewaktu mengerjakan, insya allah mendapatkan manfaat dunia dan akherat.


Selasa, 27-07-2010 11:12:10 oleh: husnul khotimah

setelah saya baca smua komentar tentang sholat tahajud,bukan cuma sholat tahajud yang memberi keajaiaban.percuma sholat sunah dikerjakan klo sholat wajibnya ditinggalkan.jangan pernah meninggalkan sholat wajib seperti pengalaman sya sma suami sholat wajib qt sering bolong2x krna kesibukan kerja qt jdi kerja qt gak barokah memang penghasilannya besar tpi klo gak barokah buat pa?allah tlah menunjukkan pd qt dikeluarin dr krja hati skit tpi pd hikmahnya ternyata ini teguran dr allah bhwa qt sering meninggalkan sholat,alkhamdulillah smpai sekarang qt gk pernsh meninggalkan sholat wajib mlah ditambah dengan sunnah2 sholat...jangan berhenti sholat sebelum qt disholati




Rabu, 28-07-2010 05:26:49 oleh: arif

dengan tahajud hati menjadi tenang,hidup menjadi damai dan dengan tahajud banyak masalah saya yg terpecahkan,Alloh maha besar dan tiada tuhan selain Alloh SWT


Rabu, 11-08-2010 11:14:34 oleh: Ahmad Jaenudin

aku orang muslim yang jarang sekali melaksanakan sholat tahajjud, mudah-mudahan dengan adanya cerita kang agus aku jadi bisa ikut-ikutan bagusnya.....thanks


Rabu, 11-08-2010 14:26:47 oleh: aline amalia

Sholat lah.....Bukan Karna Kewajibanmu,Tapi Sebagai Kebutuhanmu...
Sholat lah....Bukan Untuk mencari Surga,Tapi Carilah Sang Pemilik Surga,Untuk Mendapatkan Ridho Nya...


Sabtu, 04-09-2010 15:13:07 oleh: marsha lyna

subhanallah nikmat dr sholat tahajud


Minggu, 26-09-2010 17:27:40 oleh: budi yulianto

Subhanallah ,...Nikmatnya Sholat Tahajjud...mudah2an Allah selalu Meringankan langkah kita untuk sujud Pada-Nya amin


Senin, 04-10-2010 12:00:09 oleh: rusdy haya

Subhanallah....sama Mas....sy sering melihat kejadian-kejadian di mimpi dan beberapa saat kemudian apa yang saya lihat di mimpi itu menjadi kenyataan.....Subhanallah


Selasa, 05-10-2010 08:12:23 oleh: Slamet Widodo

SubhanaLllah, betapa nikmatnya shalat tahajjud. Kita bisa munajat kepada Allah, seolah Allah benar-benar hadir dihadapan kita. Allah begitu dekat... Hati menjadi tenang, tentram, kita selalu mendapat petunjuk dalam setiap langkah kita....
Saya juga berhasil mengajak anak didik saya untuk melaksanakannya, dan AlhamduliLlah mereka mau melaksanakan dan sudah terbiasa bangun malam...


Rabu, 13-10-2010 11:45:06 oleh: roni alamsyah

saya juga pernah mendengar langsung tentang manfaat sholat tahajud dari ustad tetangga saya kebetulan beliau seorang dosen di iain raden fatah palembang.singkat cerita beliau menerangkan bahwa ilmuwan kedokteran luar negerilah katakan.menjelaskan bahwa aktifitas solat tahajud yg di lakukan oleh muslim itu menyehatkan jantung. kenapa begitu tad.? tanya saya.karena ada semacam suatu zat yg mengalir dari otak ke jantung atau sebaliknya sy lupa yang jelas ilmuwan tsb menjelaskan zat tersebut HANYA timbul pada waktu sepertiga malam dengan posisi SUJUD...yg lebih sedih lagi sy yg tahu hal tsb belum pernah melaksanakan solat tahajud kalo boleh jujur 5 waktu aja musim-musiman..ya allah ampuni aku dan berilah hidayahmu


Senin, 18-10-2010 08:24:06 oleh: alhakim

Memang benar sholat tahajud itu banyak manfaatnya baik dari segi fisik atau mental. Tapi, yang perlu di ingat adalah sholat tahajudlah ikhlas karena Allah SWT. Jangan diniatkan yang lain. Karena kalau Allah ridho dengan ibadah kita. Insya Allah kita akan mendapatkan 'keajaiban' sholat tahajud.


Selasa, 19-10-2010 04:19:49 oleh: Arif Junaedi

Asalammualaikum warohmatulloh,
Salam kenal Mas,Seandainya semua orang muslim mau melaksanakan tentunya keterpurukan yg menimpa negri ini akan segera berakhir...amin ya robal alamin


Rabu, 03-11-2010 15:14:09 oleh: Inna Achyani

Subhanallah..
Shalat Tahajud benar2 sangat berguna bagi setiap umat muslim. Sayapun demikian merasakan keajaibannya, karena dengan shalat Tahajud, semua permohonan saya kepada Allah SWT cepat dikabulkan oleh-Nya.
Saya bisa curhat kepada-Nya mengenai semua permasalahan yang sedang saya hadapi, & Subhanallah Allah segera membantu saya menyelesaikan permasalahan saya.
Allah selalu menyayangi hambaNya..
Segala Puji bagi Allah..


Senin, 15-11-2010 01:47:27 oleh: iman

subhanalloh berbahagia lah yg istikomah melaksanakan tahajjud


Rabu, 01-12-2010 11:43:50 oleh: yunan

dear all
soal tahajud, fadhilahnya sangat banyak... yang pasti itu amalan para nabi dan para aulia allah. setiap orang akan menemui pengalaman yang berbeda sehubungan dengan sholat malamya.. untuk share secara lebih intens silakan kirim email ke :

yunanfb@yahoo.co.id

semoga saya bisa membantu antum sekalian semaksimal mungkin. meskipun tidak terlampu rutin, saya sudah mengamalkan amalan ini selam 15 thn. semoga manfaat.


Sabtu, 18-12-2010 07:16:40 oleh: Kokok

Subhanallah, terus terang saja, sebelumnya saya jarang melakukan sholat 5 waktu (alias hanya subuh dan magrib saja), apalagi sholat tahajud (sama sekali belum pernah), tetapi setelah saya mulai melakukan sholat 5 waktu dlm sehari ditambah rutin melakukan sholat tahajud, keajaiban satu persatu mulai nampak. Semua keinginan saya satu persatu mulai terwujud. Setiap satu keinginan saya terwujud, saya tidak pernah lupa menyebut "Alhamdulillah" (kadang-kadang air mata keluar dng sendirinya). Untuk saya, pengalaman ini merupakan suatu Anugrah dari Allah yang sangat ajaib. Semoga pengalaman saya bisa dijadikan teman-teman renungkan. Benar-benar pengalaman yang tidak bisa saya lupakan seumur hidup saya. Terima kasih Allah, Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah. Wassallam.


Rabu, 19-01-2011 11:46:16 oleh: ali imron

Ayo sholat tahajjud semua kawanku agar kita mendapat tambahan kasih dari Allah SWT


Jumat, 28-01-2011 08:05:50 oleh: indah fetha andri ariyanti

Saya sedang memulai untuk mengenal Islam lebih dalam, dan rajin bersembahyang baik yang wajib dan yang sunat. Selama ini saya jauh dari agama, orang bilang saya hanya Islam KTP. Banyak masalah yang sering saya hadapi, dan saya tidak percaya dengan agama. Saya memulai rajin shalat dan ingin mengenal Islam lebih dalam, semenjak saya terbangun di malam hari, dan seperti ada yang mendorong saya untuk shalat tahajud. Setelah shalat tahajud, hati saya menjadi tenang, dan seolah lepas dari semua permasalahan. Pagi harinya saya merasa segar dan merasa seperti orang merasakan kebebasan. Saya sangat bersyukur, dan mulai rajin bersembahyang.


Kamis, 10-02-2011 04:37:18 oleh: Pinta Nara

begitu indahnya apa bila kita mengerjakan sholat tahajud dengan iklas, hati dan perasaan begitu damai dan tentram...

Subhanallah.... nikmat sekali karunia yang kau berika pada ku ya allah.

semoga kita semua selalu terjaga d sepertiga malam waktu tidurnya untuk sholat tahajud bersujud menghadap yang maha kuasa berdoa dan memohon hanya kepadanya.amiiinnn


Jumat, 11-02-2011 00:52:45 oleh: syahron syahputra nasution

janji Allah jangan lagi kita ragukan,hanya saja Allah memberikan kepada kita dengan berlahan,yang penting kita tetap melaksanaknya,ingtlah,kita mengngigat Allah,Allah pasti ingat kepada kita,,,,

mari kita laksanalan sholat Tahajjud


Sabtu, 12-03-2011 02:57:52 oleh: Amrizal

Alhamdulillah. Saya sangat ingin sekali agar dapat melaksanakan sholat Tahajud dengan konsisten dan mengharap Ridho Allah. Bagaimana mengatasi godaan dunia yang sangat kuat serta hawa nafsu yang selalu mengajak ke arah yang berlawanan dengan ibadah....tolang mas. saya dikasih trik dan kiat-kiat mempertahankan keyakinan, agar tidak terkikis dengan hawa nafsu yang tidak di ridoi Allah. Trimakasih atas Jawabannya. semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur jikalaumendapatkan berkah dan kesenangan dan selalu bersabar jikalau mendapat musibah dan cobaan. Amin.


Selasa, 10-05-2011 11:17:03 oleh: AGUNG

Allohu Akbar, Alloh Maha Besar


Sabtu, 04-06-2011 21:30:08 oleh: pramudya

ass...
jumlh maksimal solat tahajud berapa rakaat dan apakah mesti di tutup dengan witir?????
trim....


Selasa, 27-09-2011 12:28:54 oleh: Suci

Alhamdulillah....jadi muslim ,Allah SWt menganugerahan kebaikan dan kenikmatan baik dunia maupun akherat bagi hambaNya yang menjalankan perintahnya...menjalankan 1 amalan :sholat tahajud telah mendatangakan beribu- ribu kenikmatan apalagi banyak amalan yang diperintahkan Nya , subhannallah...... Ayolah berlomba - lomba menggapai smua kenikmatan itu hingga Surga nanti tempat Akherat kita.


Rabu, 01-02-2012 23:14:47 oleh: Freddy Purnama Nulhakim

semoga saja kita tidak masuk kedalam golongan merugi


Senin, 25-06-2012 08:46:03 oleh: eka

Ternyata apa yang terjadi oleh M. agus.syafi'i, terjadi juga sama saya.
kurang lebih sabulan yg lalu stlh slt thjd sy pernah melihat teman sy menikah. kata orang mimpi melihat pernikahan itu pertanda buruk. eeh... tapi ternyata mimpi saya itu benar2 terjadi..teman sy menikah kemarin.. Alhamdulillah.. semoga menjadi keluarga yang Sakinah, Mawadah, Warohmah.. amin


Kamis, 05-07-2012 08:57:05 oleh: nenden

postingan yang bermanfaat,semoga bermanfaat juga untuk masyarakat luas.
bila ada waktu kunjungi juga blog saya di http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
Terimakasih :)


Minggu, 13-01-2013 07:19:31 oleh: abdullah

asslm wr wb..semoga menjadimotifasi kaum muslimin dan muslimat ..wasslm


Jumat, 29-03-2013 02:07:05 oleh: Jannah

Alhmdllh bisa membaca artikel ini.mdh2n dg membaca artikel ini bsa memberikan hidayah bagiku dan bgi kta smua.amin...amin ya rabbal alamin


Sabtu, 30-11-2013 21:50:04 oleh: moh. zalla

subhanallah,,,, allah memang adil..... kita juga usahakan dan kita harus iri agar kita bisa lebih dekat sama ALLAH SWT


Rabu, 09-04-2014 23:09:46 oleh: fatih

Subhanallah,insyaAllah tulisan ini tetap ada supaya bermanfaat bagi yg membacanya.
Saya sebagai manusia hanya ingin berbagi tips agar bisa melaksanakan tahajud stiap mlm&semangat menjalaninya.
1.seblum tidur wudhu dulu
2.tekadkan semangat untuk tahajud karna ingin membuat hidup lebih baik&diangkat derajatnya oleh Allah swt.niatkan dlm hati seblum tidur supaya bangun jam.... untuk sholat tahajud karna Allah semata.
3.baca lahaula walla kuata illa billahil alliyiladzim sampai trtidur.
4.klo udah bangun jgn ngelamun tapi langsung kekmr mandi,gosok gigi trus ambil wudhu.(mandi lebih bagus)
5.sholat tobat 2 rokaat(minta ampun dulu dgn merendahkan diri biar sopan)
6.sholat tahajud 4/8 rokaat slesai salam baca doa tahajudnya (biar sedikit yg penting rutin gan)
7.sholat witir 2+1rokaat (2x salam) slesai salam baca dzikir&doa sholat witirnya
8.jgn langsung tidur lagi,dzikir istigfar,shalawat&alfatihah sebanyak2nya (min.17x) setelah slesai brdoa apa yg kita harapkan (paling bagus doain kebaikan untuk orangtua,sodara,guru,tmn&sahabat2 kita dulu setelah itu diri kita)
Demikian tuntunan tahajud ini saya berikan.untuk bacaan dzikir&doa bisa dilihat dibuku2 doa.
Mohon maaf bila ada kata2 yg salah/tidak sesuai hadist.saya hanya manusia biasa.
Syukron



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)