Wikimu - bisa-bisanya kita

Mediansyah

Kiat Membuat Media Outdoor Untuk Caleg

Selasa, 03-02-2009 15:06:43 oleh: Mediansyah
Kanal: Opini

Media luar ruang (outdoor) yang dimaksud adalah berupa poster, baliho atau bentuk-bentuk alat penyampai pesan lain yang ditempatkan di luar ruangan. Yakni, pada posisi-posisi strategis yang paling memungkinkan untuk tersampainya pesan.

Banyak kritik masyarakat yang dimuat di berbagai media tentang media luar ruang yang dipasang para Caleg (mungkin termasuk Anda). Mulai dari isi pesan media yang seolah saling copy-paste, hingga soal penempatannya yang asal-asalan.

Nah di bawah ini ada beberapa kiat yang dapat lakukan, jika sebagai Caleg Anda ingin memasang poster/baliho kampanye. Sebelum menyerahkan pengerjaan visual kepada ahli grafik dan atau percetakan, sebaiknya Anda melakukan dan memikirkan hal-hal awal sebagai berikut:

Merumuskan pesan

Apa isi pesan yang ingin Anda sampaikan? Apakah sekadar pesan bahwa senyum Anda menawan? Atau pesan kepada khalayak bahwa wajah Anda lumayan cantik/ganteng? Ataukah Anda ingin memaparkan visi Anda dengan kata kunci tertentu? Pesan yang “menyihir” calon pemilih untuk benar-benar memilih Anda pada hari pemilihan?

Isi pesan sebaiknya rumuskan dengan seksama, dan kemudian “dibungkus” dengan visualisasi dan kalimat yang ringkas.

Buatlah media contoh (prototype atau sket) untuk tunjukkan kepada kawan-kawan (dalam tim sukses) Anda, mintalah komentar dengan pertanyaan kunci: Apakah pesan Anda ini akan sampai atau cepat dimengerti oleh calon pemilih? Apa reaksi khalayak sasaran setelah melihat dan membaca pesan tersebut?

Dalam hal ini, hindarilah terjebak pada hal-hal klise. Usahakan juga menonjolkan pesan yang berbeda dengan poster/baliho para Caleg lain. Namun tentunya, jangan asal berbeda. Perbedaan yang Anda tonjolkan haruslah menunjukkan atau menonjolkan kualitas diri Anda. Ringkasnya, tunjukkan diri Anda memang layak dipilih.

Apakah Anda dalam posisi memperkenalkan diri Anda? Atau Anda sedang menguatkan posisi Anda yang sudah lumayan kuat? Mungkin Anda perlu membuat beberapa macam/jenis media, jadi untuk khalayak (kelompok pemilih) yang berbeda, Anda membuat poster/baliho yang tepat dengan isi pesan yang tepat pula.

Mungkin Anda ingin menguatkan posisi di daerah yang penduduknya memang sudah mengenal Anda (basis pendukung Anda). Mungkin juga Anda ingin melebarkan pengaruh pada daerah yang penduduknya belum terlalu kenal Anda. Hal ini perlu pesan yang berbeda pula.

Upayakan untuk menyampaikan pesan sejujur mungkin. Ingatlah selalu bahwa masyarakat kita sekarang sudah cerdas-cerdas. Jika perlu, Anda dapat mencantumkan nomor HP atau alamat bagi calon pemilih yang ingin memberi masukkan.

Sebaiknya rumuskan pesan ini bersama-sama (berdiskusi) dengan tim sukses Anda.

Visualisasi grafis

Mungkin Anda akan menyerahkan proses pembuatan grafis kepada ahli grafis (biasanya ahli komputer grafis), namun sebelum dilakukan proses pencetakan, lihatlah kembali draft pra cetak itu. Proses diskusi merumuskan isi media (pesan dll) sebaiknya melibatkan si penggarap grafis ini.

Dengan melihat kembali hasil pra-cetak, mungkin Anda bisa melakukan beberapa perbaikan yang diperlukan sebelum betul-betul dicetak dalam jumlah massal.

Dalam tahap ini pun, tetaplah fokus pada: Bagaimana “isi pesan” Anda dapat sampai kepada khalayak pemilih dan dapat "menggerakkan" mereka untuk memilih Anda.

Posisi Penempatan Media Outdoor

Dimanakah tempat strategis pemasanga poster/baliho Anda yang akan dilirik orang? Ingatlah, bahwa pada tempat ramai orang berlalu lalang (tempat sibuk) belum tentu orang-orang itu sempat melihat poster Anda. Jadi Anda harus memetakan tempat-tempat orang berkumpul (namun mereka tidak terlalu sibuk) untuk melihat media kampanye Anda itu.

Jadi, poster/baliho yang sudah jadi jangan langsung diserahkan kepada tukang pasang. Namun terlebih dahulu petakan (diskusikan dengan tim sukses Anda) tempat-tempat yang memang strategis di daerah pemilihan Anda.

Pada setiap tempat Anda memasang poster, pastikan tujuan pemasangannya jelas. Juga sasaran khalayaknya jelas pula. Kalau tidak Anda hanya sekadar membuang energi dan uang secara percuma.

Anda sebaiknya memperhatikan kesepakatan main (misalnya Perda, UU Pemilu, UU Lingkungan) dalam pemasangan poster.

Aturan atau kesepakatan main ini dapat dijadikan alat yang posistip untuk menonjolkan diri Anda. Misalnya ketika Caleg lain memasang poster secara dipaku di pohon pinggir jalan, Anda justeru menonjolkan visi lingkungan Anda dengan menghormati lingkungan. Anda pasti dapat acungan jempol.

Misalnya juga, Anda dapat melakukan aksi pencabutan atau pemindahan (poster Anda atau Partai Anda sendiri) yang “salah pasang” secara dipaku dipohon. Undanglah wartawan dalam aksi ini, dan sampaikan pernyataan maaf kepada khalayak atas perbuatan yang tidak memperhatikan lingkungan itu. Pasti nama Anda atau partai lebih akan lebih cemerlang.

Base on research

Isi pesan, format visual/grafis dan posisi penempatan media outdoor tadi, sebaiknya berbasis penelitian (base on research). Basis penelitian ini juga diperlukan ditahap yang lebih awal lagi, yaitu ketika Anda merumuskan visi-missi perjuangan Anda.

Jadi lakukanlah riset sederhana untuk menyerap suara masyarakat. Apa yang sebenarnya diharapkan masyarakat dari seorang Caleg. Anda tidak harus menyewa lembaga riset yang mahal untuk melakukan riset pada pemilih ini.

Lakukan saja riset sederhana misalnya seperti melakukan focus group discussion (FGD = diskusi kelompok terpandu) yang bertujuan menyerap aspirasi atau problem masyarakat.

Kemudian (bersama masyarakat itu juga) buatlah skala prioritas (atau poin-poin utama) yang akan Anda menjadi bagian program kerja Anda seandainya Anda menjadi anggota dewan. Dalam merumuskan skala prioritas ini, carilah problem yang betul-betul menjadi “akar masalah” bagi masyarakat pemilih Anda.

Untuk mengumpulkan masyarakat dalam melakukan FGD ini, Anda dapat datang pada pertemuan-pertemuan rutin masyarakat, seperti rapat RT/RW, pertemuan rutin kelompok tani dan lain-lain. Namun waspadai organisasi-organisasi "papan nama" yang hanya terdiri adari kaum elite yang tidak punya basis massa riil.

Datangi mereka (masyarakat) dengan niat menyerap aspirasi, Jangan datang sebagai boss, tetapi datang sebagai bagian dari warga ini.

Media Alternatif Lain

Tentu saja, media promosi untuk memperkenalkan diri Anda itu, bukan hanya poster atau baliho saja. Banyak bentuk-bentuk media lain yang dapat Anda buat untuk tujuan ini. Hal yang penting ialah jangan terjebak menjadi klise sehingga pesan tidak pernah sampai kepada khalayak.

Sebagai contoh, Anda dapat menyebarkan jam dinding (tidak usah banyak-banyak, nanti malah boros) dengan tulisan (pesan) “setiap detik Negara kita makin bertambah utangnya”. Kemudian ditambahi kalimat kampanye Anda “pilih wakil yang siap memandirikan bangsa”dan lantas pasanglah foto Anda pada jarum detik jam tersebut (sehingga gambar Anda akan bergerak kekiri-kanan mengikuti detik jam dinding.. tik tok tik tok...), keren bukan? Dan penulis yakin Anda-pun pasti punya ide yang lebih kreatif.

Selalu Lihat Wikimu

Akhirnya selamat berjuang dan bekerja untuk meloloskan pencalonan Anda. Namun jangan lupa satu-dua hari lagi untuk membuka kembali situs Wikimu ini, siapa tahu ada komentar dari rekan-rekan Wikimuer yang lain, yang akan menambah pengetahuan Anda, sebagai Caleg ataupun jika nanti jika sudah resmi menjadi anggota Dewan. Di sini (di Wikimu) banyak sumber inspirasi untuk para pemimpin Bangsa loh.

Selamat bekerja, semoga sukses.

5 komentar pada warta ini
Selasa, 03-02-2009 16:10:33 oleh: Lia

saya suka idenya ttg jam dinding, hi hi.
Tik tok tik tok.., geleng kiri.., geleng kanan..


Selasa, 03-02-2009 20:46:55 oleh: Anwariansyah

Kalau iklan caleg di internet, eg: Wikimu atau ngeblog, keren & gaul, Mas. Kalau pasang di Mass media, boleh juga, cuman agak mahal

Tapi kalau pasang billboard atau papan reklame di pinggir jalan, aduh ! Jeleknya minta ampun, semrawut, asal-asalan & bikin sebel ... sampai kota Banjarmasin turun peringkat gara-gara tampang-tampang caleg ... kasihan ...


Rabu, 04-02-2009 08:21:45 oleh: mediansyah

Pak Anwar, bikin turun peringkat Banjar? kada supan banar bubuhanya.., coba kalau ada Caleg di Banjar yg keliling kota mencabuti posternya yang semprawut itu. Sambil minta maaf pada publik. Tentu namanya akan lebih cemerlang.


Rabu, 04-02-2009 09:01:08 oleh: Kusriati

Kalau dari masa kampanyenya udah nggak tertib, main pasang sembarangan (mungkin maksud hati: tebar pesona) gimana pas pemilu nanti ya? Padahal pemilu legislatif sebentar lagi, tapi berapa persen para caleg yang sosialisasi masalah pemilu? Yakin deh, jangankan orang2 di pedesaan yang minim informasi, yang di kotapun belum tentu tahu gimana prosedur pemilu nanti. Jangankan ancang2 siapa caleg yang mau dipilih, jumlah partainyapun banyak yang nggak tahu pasti, lantaran kurangnya sosialisasi dari para caleg yang asyik tebar pesona di pohon2 dan jalan2...


Rabu, 04-02-2009 12:57:48 oleh: Anwariansyah

Kandal muha, kada tahu-tahu inya, nang panting manang (translate: Tebal muka, mereka tidak mau tahu, yang penting menang) ... he he he



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY