Wikimu - bisa-bisanya kita

GUS WAI

Warmo Tumpuan Penderma

Selasa, 13-02-2007 08:16:26 oleh: GUS WAI
Kanal: Suara Konsumen

Artikel sebelum ini menyoroti kelezatan makanan ala warteg Warmo.

Percaya atau tidak nama ASLInya bukan Warmo. Lalu kenapa namanya Warmo? Lebih mungkin karena letaknya yang mojok habis di jalan Tebet Raya sehingga disebut Warung Mojok.

Saya punya cerita lain tentang Warmo ini. Walau tinggal di Tebet tak sekalipun saya makan di Warmo. Padahal Warmo itu sangat terkenal di seantero kawasan. Ketika Jakarta dikepung banjir dan ketika sekian ratus warga membutuhkan nasi bungkus maka ketika saya dikontak seorang teman langsung saja saya teringat pada Warmo. Hari Sabtu pagi saya mendatangi Warmo minta disediakan 200 bungkus nasi. Seseorang petugas Warmo bernama Wajang (bukan Wayang) menerima order-an saya. Tanpa saya duga sebelumnya ternyata mereka sudah sangat terbiasa terima pesanan untuk korban bencana. Singkat cerita disepakati pesanan dalam waktu 2 jam nasi baru bisa diambil mengingat banyaknya order.

Esoknya hari Minggu lagi-lagi saya harus mencari nasi bungkus dan lagi-lagi saya kembali ke Warmo. Kali ini urusan jadi makin ruwet karena Warmo nggak sanggup lagi menyediakan nasi bungkus yang jumlahnya makin meningkat yaitu 400 dalam waktu 2 jam melainkan minta 4 jam. Yah..., apa boleh buat, saya tidak punya alternatif kecuali setuju dan mohon maaf pada saudara-saudara yang mungkin sangat membutuhkan nasi tersebut.

Pukul 14.00 saya kembali ke Warmo mengambil pesanan, kali ini timbul masalah lain. Nasinya saja yang diberikan, sedang teh hangat pesanan saya belum selesai. Jadilah kami hanya bawa nasi tanpa air teh sambil mengingatkan bahwa kami akan kembali untuk ambil teh. Setelah mendrop nasi bungkus ke posko kamikembali lagi ke Warmo, kali ini sambil mengambil air teh kami menyempatkan diri untuk makan di Warmo. Inilah pengalaman pertama saya makan di Warmo.

Sambil makan kami terlibat ngobrol dengan sesama pengunjung Wamo yang juga sedang menikmati makanan sambil memesan nasi bungkus untuk sumbangan. Jadilah kami bertukar cerita tentang kemana sasaran sumbangan akan diarahkan. Rupanya Warmo adalah tempat berkumpul dan tumpuan harapan penderma.


Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY