Wikimu - bisa-bisanya kita

Mey_mey

Orang Tua, Kasihani Anak-anak Kalian...

Sabtu, 06-12-2008 08:25:04 oleh: Mey_mey
Kanal: Opini

Peran keluarga memang benar-benar sangat penting, apa lagi buat anak-anak remaja di zaman sekarang. Jujur, saya sendiri memang membutuhkan peran keluarga di masa remaja yang begitu banyak tantangan dan godaannya.

Saya adalah salah satu dari ratusan anak remaja atau bahkan ribuan, yang benar-benar butuh peran keluarga dan dukungan moril. Tak jarang apa yang saya lakukan hanya sekedar untuk mendapat sedikit perhatian dari orang-orang di sekitarku.

Saya mewakili remaja, yang istilah kerennya broken home, ingin mengungkapkan rasa kecewa terhadap orang tua yang hanya memikirkan diri mereka sendiri. Oke mereka memutuskan buat bercerai atau berpisah..., tapi apa mereka sadar bahwa kami sebagai anak merasa bingung dengan keadaan yang begitu tiba-tiba?

Para orang tua hanya beralasan bahwa materi yang mereka cari adalah segalanya, padahal buat kami ga sperti itu. Kami juga ingin seperti anak lain atau remaja lain yang berkuympul dengan ortunya saat week end. Kami perlu menghabiskan masa remaja kami dengan penuh bimbingan agar kami ga salah memilih jalan hidup.

Apa lagi ngeliat pergaulan sekarang yang amburadul, saya sebagai remaja pun hawatir. Tapi, terkadang kalo lagi emosi untuk dapat kesenangan sesaat kami ngelakuin apa aja...

Jadi, tolong kalian, para orang tua yang mutusin bercerai or pisah, berfikirlah ribuan kali. Kasihan anak-anak kalian...

 

Penulis siswi SMA

6 komentar pada warta ini
Sabtu, 06-12-2008 11:40:03 oleh: Rudy Handoko

Waduuh sedihnya klo keluara broken home yaa! Anak2 jadi terlantar! Mungkin ini yang menjadi alasan bahwa dalam agama saya, perceraian adalah sesuatu yang dibolehkan tapi sangat dibenci!
Yaah...karena nasib anak2lah yang dipertaruhkan, karena mereka pasti akan shock, mungkin trauma, yang pastinya membekas seumur hidup mereka!
Tapi kadang2 Ortu emang egois, bahkan seperti seleb di negeri ini yaa...demi popularitas, ribut2 bercerai, anak2nya malah dikomodifikasi seperti mainan, dengan rebutan hak asuh!


Minggu, 07-12-2008 09:01:28 oleh: Moezle

Memang anak yang akan pertama jadi korban dari orang tua yang bercerai, karena keegoisan dari orang tua yang memikirkan kesenagannya sendiri, apa lagi di jaman sekarang, sepertinya materi dapat membeli segalanya.
Dalam Islam disebutkan Rumahku Sorgaku. dari rumahlah terbentuknya akhlak dari generasi penerus bangsa ini karena rumah merupakan madrasah bagi anak-anak kita.
Mudah-mudahan para orangtua yang akana bercerai berfikirnya tidak mementingkan diri sndiri, pertimbangkanlah untuk masa depan anak-anak kita yang akan kebingungan dengan keadaan yang tiba-tiba berubah.


Minggu, 07-12-2008 19:51:24 oleh: Handiko Seno

sisi luar :

Puluhan tahun saya melihat anak-anak korban keputusan BERCERAI para dewasa/orangtua.
Mereka menjerit dalam kesesakan tangis sendirian,dan mau tak mau paradigmanya terbentuki endapan-gelap dalam masa pertumbuhkembangannya : 0 - usia remaja.
Kebetulan saya juga termasuk di dalam "mereka"

Dari hasil pengamatan saya sepanjang saya mulai bisa menganalisa (usia 13thn), dan masuk tahun ke-4 menjelelajah dunia maya, dimanakah tindak lanjut dari tiap jerit-keluh yang sama dan sama?
Agar saya bisa ikut serta menyumbangkan pikiran/pengalaman saya sebagai korban yang berjuang sendirian tanpa peran dewasa manapun.



Buat mey-mey, silakan kontak om : jorna_bae@gmail.com atau add YM di jorna_bae@yahoo.com


Rabu, 17-12-2008 22:37:46 oleh: Muhammad Affip

mey, saya juga benci orang tua, broken home dan membawa luka yang sulit sembuh bertahun-tahun. Tapi terus menyalahkan mereka yang kita anggap salah pun hanya membuat kita tak beranjak dari masalah yang ada. biarlah mereka dengan kesalahannya, kita jadilah kita sebagai pribadi.


Senin, 22-12-2008 10:59:36 oleh: nonik

memang gak enak lok jadi anak yang latar belakangnya broken. tapi,, jangan jadikan broken itu satu alasan untuk kamu gak berkreasi dan berprestasi... tetep semangat..
oke....


Sabtu, 07-02-2009 15:17:12 oleh: qwints

Mey, memang dengan orang tua yang bercerai pasti akan terasa banyak kebingungan dalam menerapkan hal yang benar dan tidak, juga rasa tidak terima akan kejadian itu, mungkin nasehat dari orang yg tidak mengalami akan terasa basi, apalagi dalam usia remaja yg sedang dalam pencarian panutan untuk hidupnya tapi mey, belum tentu bila orangtua memaksakan diri tidak bercerai keadaan akan sebaliknya, saya mengatakan ini berdasarkan pengalaman pribadi dan saat ini karena pengalaman itu menjadikan saya lebih mencintai keluarga yg saya punya sekarang. Jadi saran saya buatlah dirimu lebih baik dari orang tuamu karena kamu belajar dari kesalahan mereka,... be strong



Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY