ukirsari

Danau Ranau, Cerita Hara dan Reranau

Rabu, 07-11-2007 14:18:49 oleh: ukirsari
Kanal: Wisata

Danau Ranau, Cerita Hara dan Reranau

Hamparan sawah menghijau, hutan perintis serta nyiur melambai sudah menarik perhatian saya saat jip yang membawa kami mengarah ke Danau Ranau.

Dan begitu perjalanan ‘membelah' kehijauan petak-petak persawahan berakhir, di hadapan kami tampak pemandangan tak kalah menawan.

Sebuah danau luas dengan Gunung Seminung dan rangkaian Bukit Barisan di kejauhan.

Itulah deskripsi saya tentang keindahan Danau Ranau.  Sebuah telaga air tawar yang berada di dua provinsi: bagian utara ada di Provinsi Sumatra Selatan, sedang bagian selatannya menjadi bagian Provinsi Lampung.

Saya berkunjung ke Danau Ranau sebelah utara, yang terletak di Kecamatan Banding Agung,  Kabupaten Ogan Komering Ulu [OKU], Sumatra Selatan.

Berdasar cerita masyarakat Banding Agung, nama ‘Ranau' diambil dari legenda pepohonan bernama ‘Hara' dan ‘Reranau'. 

Suatu hari, seorang pemuka masyarakat meminta rakyatnya untuk menebang kedua pohon ini untuk keperluan bercocok tanam.  Ajaibnya, tak seorang pun berhasil melakukannya.

Sampai sang pemuka masyarakat itu sendiri yang turun tangan dan sukses.  Dari bekas tebangan itu timbul mata air yang mengalir tanpa henti hingga terbentuk Danau Ranau seperti sekarang.

Berkunjung ke Danau Ranau sebelah utara yang masuk Provinsi Selatan, kondisi sehari-harinya sangat laid-back.  Pemandangan para lelaki menangkap ikan, ibu-ibu memandikan anak serta mencuci baju atau para remaja bercanda sembari melakukan aktivitas renang adalah bagian dari keseharian kehidupan di danau itu.

Selain wisata danaunya sendiri, hal yang membuat saya jatuh cinta pada Danau Ranau adalah rumah penduduknya. Rumah-rumah panggung dengan material kayu yang terlihat cantik meski kondisinya sederhana.

Salah satu rumah di situ, berjuluk Puri Tjek Na dijadikan homestay untuk para pelancong. Di sinilah saya bermalam. Tidur beralaskan matras dengan lantai [tentunya] terbuat dari kayu cokelat apik dan kuat.

Selain menonton aneka tarian rakyat dan lomba perahu dayung beregu serta kano [karena saat saya berkunjung sedang berlangsung Festival Danau Ranau], pelancong juga bisa berkeliling danau naik perahu motor. Ada dua pulau kecil di Danau Ranau sebelah utara yang bisa dikunjungi, yaitu Meriza dan Puyang Seranjangan.

* artikel dan foto adalah orisinal penulis, hasil cuci gudang 2003 *

Bookmark and Share

Tag/Label danau ranau, fesival danau ranau 2003, pesta rakyat, ukirsari, baturaja, sumatra selatan, lampung, jalan
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
41 komentar pada warta ini
Kamis, 08-11-2007 19:29:05 oleh: GUS WAI

Gara-gara Mbak Ari memperkuat hikayat Burgo, tadi rekan kantor minta didefinisikan ttg Burgo.Dia sekarang pasti ngiler untuk mencoba Burgo di Jkt yg rada susah nyarinya. Rasanya pasti kalah jauh tapi apa boleh buat.Lebih baik mencoba daripada ngiler.
:)




Kamis, 08-11-2007 23:37:32 oleh: ukirsari

hahaha .... saya juga menulis burgo gara-gara kangen rasanya yang pas banget di lidah! tapi di sini saya belum nemu. beberapa hari lalu, saat lewat dari arah pesanggrahan ke bintaro, sempat membaca "sedia burgo" tapi tutup, jadinya batal, deh. ada rekomendasi yang rasanya mirip dengan burgo di daerahnya, pak? :)



Selasa, 13-11-2007 12:25:15 oleh: muli

waw..keren sekali tulisan ttg danau ranau, nanti klo mbak main keranau lg mampir kerumah ya...
tepat dipinggir danau ranau banding agung...tp ksh kbr ya coz saya sendiri di jkt tp ada rmh kok diranau,ya skdr tmpt brteduh..




Selasa, 13-11-2007 23:59:14 oleh: ukirsari

thanks ya muli. insyaAllah saya mau ke danau ranau lagi suatu hari nanti. tempatnya cantik sih, membuat kangen :) anda beruntung punya rumah di tempat yang permai begini!



Kamis, 15-11-2007 11:33:39 oleh: muli

mbak coba sekali2 menulis ttg adat istiadat perkawinan ranau dong!!! saya sejak kecil sdh tggl djkt, pengen bgt tau lbh byk acara2 adat ranau... tp saya bs lo bhs ranau..
Btw mslh burgo ibu saya suka lo buat burgo enaaak bgt...




Senin, 17-12-2007 14:25:25 oleh: mekhanai

aq setuju pa kta muli cba sekali2 tulis tentang adat istiadat orang ranau ga cma perkawinan nya tp semuanya.ok



Kamis, 31-01-2008 19:01:15 oleh: icuk sugiarto

Danau ranau memang indah tapi kalau dari muara dua jalannya jelek, makanya di perbaiki dong, kalau untuk burgo so pasti sangat enak



Kamis, 31-01-2008 19:07:33 oleh: icuk sugiarto

eh.......lupa bisa kirimkan sejarah si pahit lidah gak kealamat saya makasih ya,titip danau ranau buat semua jangan di rusak.by putra bayur.thank's



Jumat, 08-02-2008 09:17:01 oleh: asril wahid

Danau ranau memang indah tapi kalau dari muara dua jalannya jelek, makanya di perbaiki dong,
trus danu nya sering2 dibersihin biar enak kalo nongkrong disitu

tapi pas lebaran kemarin saya koq di tarik retribusi padahal saya asli penduduk situ yang lama di jkt


bisa gak seh penduduk situ
mnjaga pasilitas yang dah di bangun


mau lagi dong tentang danau ranaunya




Rabu, 19-03-2008 15:17:30 oleh: Sebarau Wisky

Memang danau ranau tempat aku dibesarkan. Kalau cerita burgo pasti ikannya ikan kepokh kan yang paling oke. Sejak tahun 1989 Aku tinggal di pangkalpinang namun saat lebaranidul fitri kemarin kami pulang ke ranau. Enak dong suasana bisa mancing di kerambanya alak...



Rabu, 19-03-2008 15:25:01 oleh: kiki

danau ranau memang indah disananya penuh dengan keindahannya disana ada ikan mujair,air terjun la'ai,dan yang paling terkenal adalah sambal mata,lemak nian.



Kamis, 24-07-2008 19:46:59 oleh: kiki

emang sih kemarin aku pulang ke ranau disana tapi diranau aku tinggal di la,ai disana ada air terjun dan juga sawah yang baru dibajak



Kamis, 24-07-2008 19:51:43 oleh: kiki

walaupun danau ranau suatu desa tapi disana sangat sejuk dan indah apa lagi danaunya kalau aku kesana ingin rasanya melihat danau, air terjun la,ai, dan mandi di danau.



Jumat, 19-12-2008 15:52:12 oleh: Luck

danau ranau mang mantaaaaap...
tp sayang aku lah lamo dak balik, sbg pengobat kangen aku sering baca2 rubrik ini.. tq banget buat smua.moga2 dgn bgini akan lbh terpromosikan,
klo ada perkmbangan bagi2 dong ke aku.
soal nyo aku lah 8 th an dak balik neh...
jadi tmbh kangen.




Jumat, 19-12-2008 16:16:40 oleh: Luck

danau ranau mang mantaaaaap...
tp sayang aku lah lamo dak balik, sbg pengobat kangen aku sering baca2 rubrik ini.. tq banget buat smua.moga2 dgn bgini akan lbh terpromosikan,
klo ada perkmbangan bagi2 dong ke aku.
soal nyo aku lah 8 th an dak balik neh...
jadi tmbh kangen.




Jumat, 02-01-2009 20:38:00 oleh: khotaman

coba join di :danauranau@yahoogroups.com

atau kirim email ke:
danauranau-subscribe@yahoogroups.com

disini asli komunitas ranau asli baik yang dirantau maupun di danauranau. ubat tiram




Rabu, 28-01-2009 14:44:13 oleh: Gina

Danau Ranau Tambah indah, coba dech maen ke Desa Lombok..kalian akan merasakan keindahan Danau Ranau yang luar biasa. Hasil pancingan mujahir disantap dengan sambal dipinggir danau pasti nikmat banget...



Sabtu, 07-02-2009 22:27:57 oleh: jelma kota batu

danau ranau emang tiada duanya....kalo mau main kedabau ranau jangan lupa mampir di desa kota batu ya..disana banyak tempat melepas lelah salah satunya istirahat di kramba sapu andak he he



Sabtu, 14-02-2009 13:25:51 oleh: enda gunawan

assalammualaikum...salam knl aku wong danau ranau asli,aku di lahirkan di bawah kaki gunung seminung 1982,wong tuo ku masih ado d sano,biaso tani kopi n lado,kmer aku jugo abis balek ,slamo 3 th aku mrantau, ku tinggalkan tanah kelahiran ku,tabatnyo nambah indah bae suasana danau ranau,TAMAN PUSRI,N AIR PANAS,NAMBAH L;AGI LOMBOK RESOTnyo...? ooiiii...kanco galo sapo yg mau maen2 ke sano kagek aman aku lah balek hubungi ajo aku..., kito maen n keliling danau ranau, tp kanco aku lah netap di lampung timur,aman UBAK n KAKAKu masih netap ko di danau ranau nanyo bae namoku<desa HANIARONG>



Senin, 16-02-2009 13:46:55 oleh: Medi Abu

ooow...Ranau...My Love
Ranau Is Hanau
Pusri Is Penetaan
Sukamarga Is Sukamakhga
Nyak asli jalema khanau...

Lapah Nyak Nyundom
Nyunggukkon Ulu ku
Dang Kham Liom-liom
Tunjukkon Inji Pekonku

Midokh Mit Kota Batu
Nyabekhang Laju Mit Banding Agung
Kantu Kham Dacok Temu
Sapa Pandai Kham Busanding

(Sanak Pekon)







Jumat, 27-02-2009 14:37:53 oleh: ariyan saputra

ortu ku orng ranau asli tmpt nyo d KOTA BATU WARKUK itu na desa yang dikaki G. SEMINUNG t,
aku sering blek ke ranau jgoki ne2k n kakek q,
klo kt wong ranau TAMONG SM KAJONG,
lgian jgo klo idk blek2 ke ranau agek di dimarah TAMONG SEMINUNG,hehehehe...

betewek klo ngmongi ranu td pokoknyo..
weh...
Danau ranu memang sip dah,..
seru dtang ksn pemandangn y bagus, msh asri plo,
byak t4 wista y, t4 mkan,t4 bepto tm4 mdi ddanu air pnas po lg air terjun subik tuha tu,berrrrrrrr....!!dingin uey,.

pokok ny klo dh dtng bkakal ketagihan pngn ksn lg,
klo kt wong ranau t,.

MULOH LUWOT KANAH,hahaha...




Senin, 23-03-2009 19:17:56 oleh: Andreas

cukup bagus. minta legenda Sumatra Selatan



Selasa, 31-03-2009 00:58:06 oleh: windra,,banding

lam kenal tuk orang2 ranau di rantau sekarang ranau sudah mulai berkembang seperti akan di bangun PLTA dan perusahan Batubara di stingkol arah muaradua.. salam jak jelma banding(kp ujung). tuk puari2



Selasa, 09-06-2009 12:55:02 oleh: depronsyah kobara

salam kenal bae to anak-anak ranau. serasa eringan kampung halaman wong uo kami di andaing agung dan kotabatu ranau.



Senin, 10-08-2009 14:18:40 oleh: Wahyu Surono Cemong

Memang sungguh luar biasa keindahan Danau Ranau, dari cerita Tamong Kajong dan kantik kantik yang jauh dari pekon semoga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis Domestik dan turis mancanegara. Tetaplah berombak Danau Ranau yang kadang kala berair tenang, tetaplah menjulang Gunung Seminung dengan sejuta misteri keindahan dan kemolekannya. Saya yakin suatu saat tempat aku dibesarkan menjadi andalan Wisata wilayah Sumatera Selatan, khususnya OKU Selatan.Terbayang olehku penduduknya yang ramah tamah mempunyai adat budaya yang patut saya banggakan. Danau Ranau..... nyak tikhan ....... nyak hanipi.......... Salam untuk alumni SD Negeri Rantau Nipis,dan Alumni SMP Negeri Banding Agung Angkatan II tahun 1986.



Selasa, 15-12-2009 16:58:01 oleh: Wahyu Surono Cemong

Halo... apo kabar kawan kawan dari Ranau di Seluruh NKRI atau di luar negeri.... betapapun nyak tkham di umbak muluh.... tapi nyatani mawek dapok mulang..... payu kidah minak muakhi, nekham jama jama bedua kilu selamat dunia akhirat jama Tuhan... tikejungkon usia.... ti mukharkon rejeki... khek dimunyaikon badan jak penyakik.... kintu nihan say dipekon buyun nguyunkon guwai di kebun ape di sabah... say di khantau buyun nguyunkon kerja..... halok nihan tamong? nkham beguna untukni generasi selanjutni......"MAWEK MULANG NYAK TIKHAM, AGA MULANG KIDANG LIOM" khepa deh?......



Senin, 25-01-2010 15:45:38 oleh: hasanudin

tamong kajong nyak ki lagi tiram ingok danau ranau terlintas aga mulang kidang api daya badan lagi merantau nanti gawow ki buka tahun sinji sekam semanaan insya allah mulang seunyini ,tiram masak2 di pulau meriza
.sewaktu masih meranai teingok semanaman di motor wai, motor pengantar deni tamong usup elek. kelilig danau ranau.sambil masak2 di pulau gulai tiung tembebuk,sambol matah,pagang iwa mujaer,mantap monggg sampai ija pay yuu, lain waktu sambung lagi. pengirim.hasan kp duren kota batu.alumni smp pgri kota batu angkatan 1994 .salm tuk sunyini kanti sai wat di tanah rantau




Kamis, 25-02-2010 12:03:35 oleh: Hasanudin

mak mano pembangunan di ranau tu na maju ,baru jadi pejabat la berlomba2 korupsi , bangun inilah bangun itulah ,mumpung jadi pejabat, geroti terus dana2 pembangunan wisata yang baru berkembang seperti danau ranau, maklumlah masarakat nyo belum tau cela2 alias lobang duit,tapi idak apo2lah lamo kelamoan kagek dio tergerus cak bendungan di pantai lamo kota batu ,belum apo2 lah di terjang banyu warkuk yang konon katonyo ngabiskan dana milyaran,kato pimpinan proyeknyo, tapi aku dak percayo ,kalau aku pimpinanyo duit itu lemak ku buatkan cak rumahnyo kulin yang ado di kampung jawo yang cak istana maimun itu,buatyo di tengah danau ranau, biar wong teblalak galo matonyo, thanks salam tuk bang jabar



Senin, 01-03-2010 07:55:10 oleh: Hasanudin

hidup bang jabar ...kritik trusss pejabat2 yang korup jangan galak di bodohi, mampaatkan anda punya rambut panjang ,malu samo rambut kalo idak punyo pemikiran kritis, tlg omongkan samo pejabat diranau,suruh bangun jalan ke pantai baru,hidup bang jabar maju trus pantang mundur,ngomong2 pesani aku mitektek yang ado di siampang tigo itu. tanks salam samo kawan2 geng simpang tigo



Selasa, 20-04-2010 12:31:46 oleh: Irmaizha Amri

aslmkm
saya asli orang ranau,, tapi untuk budaya, suku2 yang mendominasi ranau,info ttg ranau jujur saya kurang tahu...

buat teman2 yang tahu,,
tlg muatin info sedetail mungkin ttg suku ranau, asalnya dari mana??? adatnya seperti apa?? makanan khas yang dihidangkan saat ada acara pernikahan (nayuh) n pakaian adatny di muat jg yaa....
makasihh sblmny....




Sabtu, 08-05-2010 20:10:58 oleh: DWI PURNANTI

minta data yang lengkap dong tentang DANAU RANAU!!!!
buat tugas dkampus nieeee.




Minggu, 16-05-2010 11:25:53 oleh: eka wijaya

danau ranau..........
sunggh sngat indah karena ia mmpuyai daya tarik wisata yg sangat menarik karena seblum smpai d danau kta sdah d spa olh kicau'an burung d pnggiran sawah selain it sawah ny yg mmbentang luas seakan mmberikan psona buat org yg mlihat ny........
ttaplah indah engkau danau ranau karena engkaulalh yg mmbuat kabupaten ini mnjadi kabupaten yg amat sangat indah.......aku bngga dg kabupaten oku selatan tmpat dmna aku d lahirkan karena walaupn kabupaten ku bru berkmbang, aku ykin ssuatu saat nnti psti kabupaten ku mnjadi kabupaten yg paling terdepan dr kabupaten lain nya.............




Senin, 31-05-2010 10:55:14 oleh: hasanudin

mamano kabar nyo kawan2 di jabotabek bale idak lebaran ini, jangan idak balek uuyy.. apo idak tiram ,gulai taboh khas ranau retak suluh campur belulang makan,nyo samo langkut ,lemak nian uuyy..sapo galak di kp duren tiap lebaran danyak nian gulai taboh retak suluh campur belulang ..adu pay yu.. sampai dija pay ..lain waktu ram sambung lagii.................085211371336



Rabu, 21-07-2010 08:38:46 oleh: humaedi th

nyak ji jema ranau asli, memang helau pemandangan gunung seminung, api lagi danau ranau ni.



Rabu, 21-07-2010 15:05:38 oleh: humaedi th

Bebakhong pai kham mempromosikon danau ranau kintu wat jak kalangan pemerintahan daerah sai ngebaca ajo tulung perhatikon aset kham daerah ji, walau nyak jelma ranau tapi nyak perduli " Tempat Wisata", ke danau ranau muhelau kham nendo sai mubangik, walau nyak tikham jama iwa MUJAER kidang aga kukhepa ko, nyak jawoh di rantauan, kintu puakhi butungga jama minak muakhi jak ranau sampai kon pai salam tikhamku jama tian seunyinni, by bang lawi jak tansera.



Sabtu, 25-09-2010 22:56:14 oleh: olong

Ranau panorama alam yang alami



Selasa, 23-10-2012 10:35:54 oleh: arwen effendi

saya dulu kecil di teluk agung dan sekolah sampai kelas 4 SD di sana ,trus kelas 5 sekolah di banding agung di sd 5 kepala sekolahnya waktu bpk syafrudin syukur . sy bukan asli dari sana tp dari sumbar . m asih ada temen2 yang ingat sama sy . sy tamat sd tahun 91 ..



Rabu, 10-04-2013 14:34:36 oleh: Joneidi

Assalamualaikum,
saya meninggalkan pinggiran danau Ranau tahun 1976, tapi sampai saat ini saya masih selalu teringat akan daerah masa kecil saya yang Indah itu, saya alumni SDN 1 Pasar Lama Banding Agung tahun 1976 dan saat ini bertempat tinggal Di Cilegon- Banten.
harapan saya semoga masyarakat Ranau selalu menjaga ke indahan danau ranau setiap saat dan selalu menjunjung tinggi keramahtamahan yang selama ini menjadi adat kebiasaan masyarakatnya. Amiin.
Salam.
Joneidi & eluarga




Minggu, 20-10-2013 13:37:50 oleh: hariyanto

saya asli suka banjar,deket danau ranau....
saya meninggalkan suka banjar sekitar thn 2000,dan kemaren pas sebulan sebelum puasa saya berkunjung ke kampung lama....
ternyata masih ASRI....
walau banyak perubahan,tp daerahnya tetep ASRI,udaranya masih sejuk walaupin d siang hari.......
tp,sayangnya,aq g bisa bahasa ranau....
pengen blajar tp g ada gurunya....

smoga makin hari danau rnau mnjadi tempat wisata yg indah dan tetep ASRI....
amiiinnn




Selasa, 04-02-2014 18:06:35 oleh: diki candra

danau ranau is good kota batu is the best



by.diki cr7




Rabu, 19-02-2014 23:28:59 oleh: rul tanjung jati

ass wr wb nyak asli jelma tanjung jati ,mubalak di tanjung kejang ,kik masalah ranau ji,mawek dacok ku lupa ko,kidang nyak tanno jaoh di rantau,kintu luhot jama kantik atau pun minak muari,kintu ti uyun ko pekon ramji,kalau kik skam mulang buka muhanjak juga ,muneh ngeliak pkon tambah maju,terutama rang wisata danau ranau ram no.terima kaseh puari



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY