Melani

Batik Semarangan Bangkit Kembali

Kamis, 17-05-2012 20:17:37 oleh: Melani
Kanal: Wisata

Jarang kita dengar nama batik Semarangan, tetapi namanya mulai terdengar. Berakhir pekan di kota Semarang ingin mengetahui dan menemukan batik Semarangan. Setelah mencari tau dari mbah google dan masyarakat setempat, akhirnya saya menemukan kampung batik Semarangan.

Terletak di bundaran Bubakan tak jauh dari pusat kota Semarang. Terlihat disalah satu jalan kecil bernama jalan Batik. Jalan yang hanya bisa dilalui satu mobil dan perkampungannya tidak begitu luas. Rumah penduduk terlihat beberapa spanduk nama toko batik atau terlihat peralatan pembuat batik di halaman rumah mereka.

Rumah pertama yang kami kunjungi berisi orang-orang yang sedang membuat batik, tepatnya belajar membuat batik. Ada yang memakai canting, ada yang sedang mengoles malam dengan menggunakan kuas.

Rumah di sebelahnya terlihat jualan batik bersamaan jualan kelontong/kebutuhan sehari-hari. Batik yang dijual adalah BATIK CAP dan BATIK TULIS saja. Masih terlihat motif dan warnanya sederhana. Satu warna dan motif/gambarnya satu macam.

Dua rumah yang berikutnya dikunjungi hanya lah toko menjual batik. Banyak motif yang serupa, ada beberapa yang sudah lebih mahir sehingga bisa menambah jenis warna dan gambar. Walaupun demikian masih jauh tekniknya dibanding batik Pekalongan, Solo, Jogja, Madura ataupun kota-kota yang sudah lebih dahulu dikenal.

Di rumah berikutnya saya menemukan batik yang sudah jauh lebih bagus dan walaupun rumahnya sangat sederhana, sudah bisa membayar dengan debet salah satu bank lokal. Akhirnya dari ibu Iin ini, saya mendapat info tentang batik Semarangan beserta kampung batik Semarangan.

 Asal batik Semarangan dari desa Gemawang kota Ungaran, yang dulu masih merupakan bagian Semarang. Batik ini punah bersamaan dengan meletusnya gunung Ungaran.

Hingga akhir dikembangkan kembali oleh kakak beradik keluarga Tan Kong Tien ditahun 1970an disusul oleh Neni Asmarayani dan Sri Retno. Namun tidak langgeng karena tidak ada penerusnya. Masing-masing membawa cirri khas tertentu dalam menciptakan motif batik.

Ciri yang sama dari desa Gemawang sampai ke tiga pembatik lainnya adalah membawa tema pesisir yaitu campuran motif dari budaya para pendatang dan budaya Jawa. Nuansa keraton, Cina, Hindu terlihat dalam kombinasi motif-motif yang ada.

Di tahun 2005, mulailah Umi. S. Adi Susilo mengembangkan kembali batik Semarangan. Corak yang dipilih adalah ciri khas kota Semarang seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Pohon Asem dan lain-lain.

Jalan Batik di Bubakan, Semarang Timur ini dipilih sebagai kampung batik karena dulunya pernah dijadikan tempat para berjualan dan tinggal oleh para pedagang batik. Di tahun 2007, dikumpulkan 20 orang untuk dibina sebagai pengrajin batik. Sekarang anggotanya bertambah dan sudah bisa terlihat hasil dari pembelajaran mereka.

Selesai mendengar penjelasan dari ibu Iin dan memesan batik kreasi beliau, saya mengunjungi Pusat Balai Batik yang merupakan tempat pertama kali dilakukan pengajaran pembuatan batik dan masih dipergunakan sampai sekarang.

Di sini terlihat display dari masing-masing pembatik dalam pajangan rak kayu. Di atasnya terlihat kain tersebut dihasilkan oleh siapa.

Walaupun secara kualitas masih jauh dari kota-kota lain, tetapi semoga dapat bertahan dan dapat terus berkembang. Selain bisa menjadi obyek seni, semoga dengan adanya kampung batik ini dapat pula meningkatkan perekonomian para pembatik khususnya dan kota Semarang pada umumnya.

Saya pun membawa oleh-oleh batik cap satu warna bergambarkan Lawang Sewu.

 

Bookmark and Share

Tag/Label belanja, batik, batik semarangan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
1 komentar pada warta ini
Sabtu, 26-05-2012 15:10:45 oleh: yuni maya sari

artikel yang menarik dan bermanfaat. saya orang semarang malah belum pernah tau tentang batik semarangan. mengetahui kampung batik karena dulu sekolah smp 4 dekat disana. sekarang saya kerja di surabaya, jika mudik ke semarang nanti bisa belanja untuk oleh-oleh teman di jawa timur neh... selain belanja, saya juga ingin belajar membatik agar dapat membuat kreasi sendiri. terima kasih informasinya. MAJU TERUS KOTA SEMARANG!



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY