M.I     Rizky

Keindahan Teluk Kiluan (bagian 1)

Jumat, 06-08-2010 14:28:56 oleh: M.I Rizky
Kanal: Wisata

Mataku jelalatan menelusuri peta di google map yang ada di laptop temanku, walaupun di atas kapal namun sinyalnya cukup bagus, “akhirnya ketemu juga lokasinya…” sebuah ekowisata yang mempunyai konsep natural ini dikembangkan oleh masyarakat sekitar, tepatnya di desa Bawang kecamatan Tanggamus Padang Cermin, Lampung Selatan. Teluk Kiluan namanya, sebuah ekowisata ini baru-baru ini dipublikasikan sekitar tahun 2006, teluk ini lokasinya berdekatan dengan samudra Hindia dan anehnya masyarakat sekitar Bandar Lampung pun tidak tahu persis dimana letaknya.

Melihat dari atas kapal laut Fery yang kita naiki, terlihat sebuah menara yang berbentuk mahkota,namanya Menara Siger. Menara yang berbentuk mahkota (siger) ini diresmikan ditahun 2004 oleh walikota Bandar Lampung, terlihat begitu cantik sekali di pagi hari di kala matahari sedang memunculkan wujudnya. Kamipun tiba di pelabuhan Bakauheuni, sambil menarik nafas mencium aromanya wangi laut, kemudian aku dan teman-teman akan mampir dulu di Kota Tj.Karang untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Padang Cermin di bagian selatan kota Lampung.

Aku mulai memasuki daerah Padang Cermin, di sepanjang jalan ini, keadaan jalannya cukup terjal dan berbatu harus memakai pengemudi yang berpengalaman untuk bisa melewati daerah ini. Akhirnya aku sampai di Desa Maja. Desa Maja adalah suatu desa yang rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai petani cokelat, kulihat dari jendela mobil yang kukendarai jalannya cukup sempit dan terlihat sepanjang jalan ini berjejer rumah-rumah adat penduduk asli Lampung bentuknya unik konsep rumah panggung dengan ukiran-ukiran di sisi pagar rumahnya.

Walaupun jalannya sangat sulit dilalui, kami berusaha untuk mencapai ke daerah tersebut, karena sekitar 1,5 jam lagi akan sampai di lokasi. Kami melewati beberapa tambak-tambak udang di sepanjang jalan yang berbatu itu, habis sudah lahan perkebunan ini oleh para pengusaha tambak udang padahal tanah di sini sangat subur untuk ditanami hasil bumi sayang sekali masyarakat asli penduduk di sini kurang bisa mengolahnya. Akhirnya sampailah kami di jalan utama Desa Bawang, dan disambut hangat oleh Bapak Amin selaku pengurus ekowisata Kiluan tersebut, pak Amin mengawal kita untuk bisa sampai ke lokasi.

Heran tak heran mobil kita harus melewati  jalan yang menanjak ke anak gunung Malang, karena lokasi Kiluan ada di belakang anak gunung Malang, di sepanjang jalan semua teman-temanku komat-kamit berdoa semoga tidak terjadi sesuatu yang fatal, kulihat di sisi sebelah kanan terlihat jurang yang tiggi dan dalam, serta jalan yang dipenuhi bebatuan, dan pepohonan yang cukup lebat.

Hingga sampainya kami di lokasi Kiluan, namun sayang mobil tidak bisa sampai lokasi Teluk Kiluan karena jalanan dan jembatan yang tidak bisa di lalui oleh mobil, kami pun berjalan menyusuri jalan setapak dan telihat di sepanjang setapak ini banyak sekali anjing-anjing hutan atau anjing liar. Namun anjing liar ini tidak menyerang terlihat mereka sangat jinak sekali, dan di sebelah kanan terlihat sebuah Pura tempat Ibadah masyarakat Hindu. Ternyata selain suku Jawa,Bugis,dan Sunda di Teluk Kiluan ini juga ada masyarakat suku asli Bali, yah mereka bertransmigran ke provinsi Lampung kabarnya sekitar tahun 1980 an.

Suara deru ombak yang tenang dan semilir angin laut yang sejuk menemani perjalananku menuju penginapan yang akan kami tempati,tenang dan sejuk itulah yang ada di benakku saat itu. Akhirnya sampai juga kami di kediaman rumah pak Solihin, pak Solihin ini adalah rekan pak Amin, mereka dan beserta bapak-bapak yang lainnya adalah pengurus ekowisata di tanah Kiluan. Kami bersantai santai sejenak dan mengobrol dengan pak Solihin dan pak Amin dan juga teman-teman yang lain. Terlihat istri pak Solihin sedang menyiapkan makan malam untuk kami “hmm… sepertinya makan malamnya ikan bakar nih…” pikirku.

Kami menyantap ikan bakar itu bersama-sama, perjalanan yang cukup jauh itu membuat perutku keroncongan, terlihat temanku lahap sekali menyantap ikan bakar itu entah jenis ikan apa itu.

Setelah makan malam kami bercanda gurau sambil menikmati kopi khas Lampung, entah merk kopi tersebut apa namanya namun sungguh nikmat untuk diminum, Lampung memang terkenal dengan kopi dan keripik pisangnya, jangan lupa setelah pulang dari kota Lampung ini wajib sekali rasanya untuk membeli dua jenis barang tersebut untuk buah tangan keluarga di Jakarta.

Pak Solihin bercerita tentang asal muasal teluk Kiluan ini, dongeng rakyat ini memang  begitu melekat terhadap warga sekitar desa Bawang ini, dongeng ini menceritakan kisah seorang pendekar yang cukup sakti yang berasal dari tanah Jawa yang mendiami kawasan sekitar teluk ini, karena sangat saktinya pendekar ini pun bisa meramalkan nasibnya sendiri kapan ia akan kalah dalam bertarung dan mati.

Akhirnya pendekar tersebut bertarung dengan lawannya yang berasal dari daerah Lampung, pendekar tersebut akhirnya kalah dan sebelum ia meninggal, pendekar tersebut ‘meminta’ dimakamkan di pulau yang ada di sekitar teluk tersebut akhirnya teluk tersebut dinamakan Kiluan yang artinya meminta dalam bahasa Lampung, dan pulau kelapa yang dijadikan makam pendekar itu disebut Pulau Kiluan.

Puas mendengar cerita pak Solihin kami pun bergegas memasuki penginapan yang dibangun hanya dengan bambu dan papan saja, konsep rumah yang bergaya tradisional ini membuat tidurku bakalan semakin nyenyak. Kami siap-siap untuk tidur agar esok pagi bisa bangun pagi dan melihat ratusan habitat lumba-lumba yang ada di laut lepas Samudra Hindia itu.

Teluk Kiluan memang sejak dahulu kala terkenal dengan habitat lumba-lumbanya, ada 2 jenis lumba-lumba yang hidup di sekitar perairan Teluk Kiluan, sering peneliti dari luar negeri ke teluk ini, selain untuk meneliti perkembangan lumba-lumba sekaligus berwisata bahari.

Bookmark and Share

Tag/Label kiluan, teluk kiluan, lumba-lumba, lampung selatan, gunung malang, jalan
Penilaian anda

Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
5 komentar pada warta ini
Sabtu, 27-11-2010 11:24:42 oleh: Akhmad Muhaimin Azzet

Mantap liputannya, jadi kepengen banget ke sana neh....



Senin, 29-11-2010 16:27:24 oleh: M.I Rizky

Mas Ahmad mau kesana kita ada rencana di Januari 2011 mungkin bisa berkesempatan untuk gabung dengan kami..



Senin, 03-10-2011 11:40:17 oleh: Lumi

luar biasa,,,,,,,,mau ke sana FEB 2012
minta info nya dung, klo pk motor memungkinkan tdk?





Selasa, 03-01-2012 11:41:11 oleh: Kristian

mas mau koreksi, menara siger itu yang meresmikan Gubernur Lampung



Jumat, 25-05-2012 13:13:02 oleh: Muhammad Reza akbar

WAH jadi tertarik :D
emang KILUAN t4 yg perfect cuman sayang jalannya :(
kapan nih pada mau ksna lagi?




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY