Iwan Cahyo Suryadi

SMP 3 Praban Surabaya, Riwayatmu Dulu

Sabtu, 28-02-2009 06:40:16 oleh: Iwan Cahyo Suryadi
Kanal: Wisata

Lapangan Tersungging, senyum lega ketika melewati jalan Praban, dekat jalan Tunjungan Surabaya. Berbagai kenangan banyak terukir di jalan Praban, terutama tempat aku mengasah pendidikan menengah pertamaku di tahun 1985. Teringat masa "bengal" saat sekolah dulu.

Pas di TVRI kala itu menayangkan debut tinju Mike Tyson, tak karuan sejumlah "pendekar" lompat pagar setinggi lebih dari 2 meter hanya untuk berpartisipasi sebagai supporter.

SMP 3 di jalan Praban no.3, menyimpan banyak sejarah, sekaligus saksi bisu sejarah Perang Kemerdekaan dan pelestarian Jiwa serta Semangat Juang ’45 . Bukan karena ketidaksengajaan aku menulis tentang almamater, sengaja aku mencoba melakukan riset kecil-kecilan hanya untuk memberi kado kenangan kepada dua buah hatiku yang sekarang sudah mulai beranjak remaja. Ga nyangka kalo ternyata aku sdh "berumur" hahahahaha...

ruang kelasUntaian sejarah dimulai ketika pemerintah Hindia Belanda, kala itu, menganggap sudah tiba saatnya untuk juga mendirikan sekolah lanjutan untuk umum, terutama guna menampung para lulusan HIS (Hollands Indlandse School), yang pada dasarnya tidak bisa melanjutkan ke H.B.S (harus dari E.L.S)

Maka pada kira-kira tahun 1890 berdirilah M.U.L.O (Meer Ultgebreid Lager Onderwijs) Negeri yang pertama di wilayah Indonesia bagian Timur, di jalan Praban No. 3 Surabaya, --SMP Negeri 3 saat ini-- mempunyai empat tingkatan : Voorlas, kls I, kls II dan III.

Voorklas tidak selalu harus dilalui bagi yang cukup pandai bisa langsung ke kls I. Meskipun MULO ini diperuntukkan bagi para Inlanders tetapi kenyataannya banyak kaum Nederlanders dan Vreemde Oosterlingen lulusan E.L.S yang masuk, karena tidak bisa diterima di H.B.S.

Kemudian tahun 1928 disusul berdirinya MULO Ketabang (sekarang dipakai SPG I jl. Teratai). Dan kira-kira tahun 1930 berdiri lagi A.M.S (Algemeene Middelbareb School) di Viaduct-straat / Jl. Dharmahusada (sekarang ditempati SMA IV dan SGO).

pintu gerbangA.M.S ini menampung lulusan MULO yang ingin meneruskan ke Hooge School (Perguruan Tinggi), seperti: Geneeskundige School (G.H.S) dan Rechts Hooge School ( R.H.S ) keduanya berada di Batavia (Jakarta).

Jadi sampai abad ke 19, sekolah lanjutan yang ada di Surabaya hanya dua sekolah Negeri untuk umum dan dua sekolah partikelir yang peruntukannya khusus.

Kedua sekolah negeri tersebut ialah H.B.S di Kebonrojo dan MULO Praban, sedang sekolah partikelirnya ialah : Katholieke MULO dan MULO Buys.

Setelah ditutup beberapa waktu (karena Hindia Belanda diserbu Jepang), MULO Praban dibuka kembali dengan nama Dai ichi Shooto Chuu Gakkoo atau SMP I Praban , menempati Gedung ex MULO dan ex E.L.S Boeteweg (Tanjunganom).

Sejak tahun 1938, setelah MULO Ketabang digabung dengan MULO Praban, karena Guru-gurunya terkena dienstplicht kedua gedung sekolah tersebut di atas dijadikan satu.

Karena banyaknya peminat yang tidak tertampung, MULO Ketabang juga dibuka kembali sebagai Dai Ni Shooto Chuu Gakkoo atau SMP II Ketabang, menempati gedungnya yang lama (Jl. Teratai).

Sebagaimana halnya sekarang, SMP ini terdiri atas 3 (tiga) tingkatan / klas. murid-muridnya campuran ada yang dari klas 6 dan 7 HIS , dari klas 1 atau Vooklas MULO , bahkan ada juga dari klas VI SR . Pada jaman Jepang , baik HIS ( 7 Tahun ) maupun Vervolgschool ( 6 tahun ) atau Kokumin Gakkoo.

Ketika Perang Asia Timur Raya mulai "menghebat" (tahun 1944), diadakan pemisahan murid-murid Sekolah Menengah antara yang wanita dengan yang pria. Murid-murid wanita dikumpulkan di SMP Ketabang, sedang SMP II dipindahkan ke gedung bagian belakang Zusteran Darmo / Santa Maria. Kemudian dibentuk Gakkutootai singkatan dari Gakkoo (sekolah) no Seito (murid) no Tai (Korps) atau Korps / Kesatuan murid-murid Sekolah.

Kecuali murid-murid sekolah, para pemuda juga diorganisir dalam kesatuan yang disebut Seinendan. Sedang yang agak tua / sudah bekerja bergabung dalam kesatuan yang disebut Keibodan.

Masih ada kesatuan lain yang dilatih/dipersiapkan lebih professional yaitu : Heiho (Pembantu Heitai/Tentara) dan Peta (Pembela Tanah Air). Sekaligus menjadi cikal-bakal berdirinya BKR Pelajar atau yang lebih terbaru TKR Pelajar

ruang guru lamaNamun, keberadaan SMP 3 pernah digoyang oleh rezim Orba dan saat terjadinya oil boom di tahun ’70 an, gedung SMP Praban yang letaknya sangat strategis itu menjadi incaran kaum investor.

Tanpa mau memahami/memperhatikan sifat Historis Monumental yang melekat pada bangunan tersebut, khususnya sejarah Perang Kemerdekaan dan perlunya pelestarian Jiwa dan Semangat Juang ’45 maka pada tahun 1974 gedung tersebut di Ruislag untuk dijadikan kompleks pertokoan bersama-sama dengan gedung SMP Negeri 4 jalan Tanjung Anom.

Dalih yang dipakai adalah bahwa lokasi tersebut tidak cocok untuk sekolah dan lagi tidak memenuhi persyaratan sebagai SMP type C kurang banyak ruangannya, arealnya kurang luas dan ruang-ruang kelasnya terlalu kecil/sempit.

Alasan tersebut hanya di cari-cari saja. Dari 10 SMP Negeri yang ada di kota Surabaya ( SMP I sampai 10 ) hanya SMP 3 lah yang gedung sekolahnya bekas sekolah lanjutan (MULO), yang memiliki ruang-ruang khusus seperti: Ruang Ilmu Alam, Ruang Biologi, Ruang Gambar dan Bibliotheek. Tetapi ruang-ruang ini kemudian dijadikan ruang kelas dan ruang guru.

Sedang SMPN - SMPN lainnya gedungnya bekas sekolah rendah / dasar yaitu ELS , HIS bahkan verlogschool: yang sesuai aturan Dept O & E (Belanda) dulu, baik areal maupun ruang-ruang kelasnya lebih kecil/sempit, juga jumlah ruangannya lebih sedikit.

Dan lagi, sejak zaman MULO ( tahun 1939 ) sampai zaman Jepang (SMP I), karena dianggap kurang besar maka bekas ELS Boeteweg kemudian gedungnya digabungkan menjadi satu dengan MULO / SMP I Praban. Tetapi kemudian (zaman RI) malah dianggap terlalu besar dan dijadikan 2 sekolah yaitu SMP 3 dan SMP 4 sampai sekarang.

Atas kesepakatan bersama diantara pengurus diputuskan untuk tetap mempertahankan/melestarikan keberadaan gedung ex MULO / SMP I Praban mengingat adanya nilai-nilai Historis Monumental yang melekat padanya, yaitu ;

1. Merupakan SLTP/MULO tertua/pertama di wilayah Indonesia bagian Timur yang telah banyak menghasilkan tokoh-tokoh yang berbobot dan berjasa bagi bangsa Indonesia.

2. Pernah dipakai sebagai Markas TKR Pelajar Staf III yang tidak kecil perannya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kota Surabaya khususnya.

3. Meskipun gedungnya sudah tua/kuno,tetapi tetap kokoh, dan merupakan mata rantai dalam perkembangan sejarah arsitektur abad ke 19.

Begitulah yang terjadi, banyak sekali kenangan atas sejarah dibalik gedung almamater tercinta. So rekan-rekan Wikimuers jika kalian ke Surabaya.. tengoklah gedung SMP 3.. di sanalah terlahir jiwa semangat juang arek-arek Suroboyo yang tak terpadamkan... hingga kini!

 


*Buku Kenang – kenangan Malam Nostalgia dan Temu Kangen Alumni MULO – SMPN 3 PRABAN; Surabaya , 1 November 1994

Bookmark and Share

Tag/Label jalan, smp 3, surabaya, mulo, wikimu sejarah
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
16 komentar pada warta ini
Sabtu, 28-02-2009 11:16:09 oleh: Firsa Hanita

SMPN 3 adalah termasuk bangunan bersejarah yang terletak dikawasan komersil surabaya, bolak- balik diliriki investor dengan berbagai alasan.
*** pesan sebagai warga suroboyo yg merantau :
dipertahankan ya, sambil makan bakso tanjung
anom nang mburine cak..hehehehe




Sabtu, 28-02-2009 11:25:04 oleh: Iwan Cahyo Suryadi

Ning Firsa, kl ke Surabaya sekalian bareng2 nongkrong nang Tanjung Anom, mBakso.



Selasa, 14-04-2009 22:13:07 oleh: Ninik Soeprijani

SMP Negeri 3 Surabaya adalah sekolah turun temurun bagi keluarga saya, karena kakak dan saya termasuk sepupu-sepupu saya adalah alumnus SMP Negeri 3 ini. Saya dulu adalah alumnus tahun 1980. Jaman saya masih guru bahasa Indonesianya yaitu pak Pandji, kepala sekolah adalah pak Toni. Sayangnya kita gak pernah dapat undangan untuk bertemu muka alias acara kangen-kangenan dengan teman lama atau bahasa kerennya reuni. Saya tunggu kabar itu, karena saya sangat berharap masih bisa ketemu lagi dengan teman lama yang sudah tidak tahu lagi dimana rimbanya. Miss you all my old friends. Masa yang tidak pernah saya lupakan disana.



Jumat, 08-05-2009 14:47:19 oleh: Eko dartono

Hallo arek2 Praban 3, terutama angkatan '90, gimana punya warta? Kalau kita ingat film serial televisi Hunter tentu kita masih ingat bapak kita P joko (sejarah). Sungguh kenangan yang tak terlupakan waktu msh di SMP 3, kapan nih kta buat reuni ?



Sabtu, 30-05-2009 09:09:35 oleh: badai yogyaswara w.s.m

aku sih kepingin masuk smpn 3 sby tapi danemku gak sampai.aku suka dengan smpn 3 sby aku kepingin sukses tapi pasrah aja.aku mendoakan smpn 3 sby semoga suses dan tambah banyak yang suka.supaya siswa da siswi semoga di bahagiakan supaya menarik smpn 3 sby menjadi smpn yang bagus ke1 sby



Senin, 15-06-2009 10:48:25 oleh: alip

aku sih kepingin masuk smp negeri 3 tapi rumahku jauh dari smpn 3 sby.aku danemku 29,25 aku sihmau tapi kejauhan smpnegeri 3 semoga muridnya pintar seprti aku ini lhoooo....



Selasa, 27-10-2009 16:06:16 oleh: Riyan arguendos

ak sih kepingin masuk tapi danemku cuma 28,85 jadi menurutku danemku merasa kurang aku kepengi danemku 30,00 tapi gak mungkin.jadi bagi yang membaca komentarku ini mendapatkan nilai yang lebih baik dari saya.pokoe smpn3 sby top markotop.............. saya pindahan dari negara brazil.tanks my friends ok.......



Selasa, 27-10-2009 16:12:29 oleh: armando

ak sekolah dismpn34 saya dipanggil disan sebutan menarik petek... ak suka smpn 3 sby aku merasa tibak mampu saya botak,pakai kacamata sopan.



Jumat, 22-01-2010 17:17:17 oleh: Arief Boediman

Saya dulu juga SMP 3 masuk tahun 1985, kelas 1G, kelas 2E dan 3H. Sepertinya dulu aku tahu kamu Wan tapi lupa2 ingat :-). Apakah dulu kamu sekelas sama aku ? Temen2 kelasku dulu ada Yudhi Artha kusuma (kentir), Wido Nugroho (ahong), Asar,Eko, Yuli dll. Wah jadi kiinget nostalgia jaman dulu nih.... tapi masa2 membahagiakan kog he he he.



Sabtu, 27-03-2010 07:27:33 oleh: achmad rizal

ak rizal ak seneng masuk smpn 3 tapi masalahnya ak mempunyai Gogek yang sisian ak disebutkan godek bered di smpn34 ak klz 2 ak seneng banget di smp 3 ank nya gk nakal-nakal tapi kalu di skolahku ak selalu disiksa godeku sampek beret...... tapi godeku mempunyai sebuah arti... walau begini GOdek 1 hati.......



Sabtu, 27-03-2010 12:23:09 oleh: Iwan Cahyo Suryadi

@ Arief Boediman

Ariiiiiipppp.... aku sik iling awakmu kok. Ayo cepetan kontak aku, alamat emailku ada di profil. Kawan2 yg kamu sebutin aku msh punya no kontaknya. Cepeeetaan kontak aku yoo...




Jumat, 03-09-2010 22:18:41 oleh: hary sugiharto

Dimana saya mendapatkan data nama teman saya lulusan th'81 kls 3a. saya ingin reuni. bagi yang punya daftar nama mohon beritahu saya, Salam semoga SMPN 3 Surabaya selalu melahirkan orang yang berguna



Selasa, 14-12-2010 18:35:05 oleh: Arief Boediman

Wan......... sorry barusan buka lagi, sampai lupa kalo pernah comment disini....iya nanti tak hubungi lewat emailmu.....masih aktif apa udah ganti emailmu ?



Selasa, 14-12-2010 21:53:56 oleh: Iwan Cahyo Suryadi

Waaalaaah riipp... lali kok wis meh setaun to... hehehehehe



Minggu, 27-01-2013 00:16:05 oleh: Agus Widodo

Aku senang dan bangga sekali bisa menjadi bagian dari SMPN 3 Praban Surabaya,
- yang top markotop selalu menelorkan lulusan yang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan
- merupakan sekolah keluarga bagiku karena aku tiga bersaudara semuanya lulusan smpn-3 praban surabaya
. aku anak pertama lulus tahun 1978/1979 dari kelas III-G yang kepala sekolahnya masih bapak poerlani martodiharjo, ba wooo konco kelasku dulu pinter2 al. umi maimunah, titik hidayati, rusmiansyah trusss syahroni
. 2 adikku lulus tahun 1981/1982 dan 1984/1985
. 2 anakku juga lulusan smpn-3 praban yg sulung sekarang semester VII FKH Unair dan si bungsu semester III Teknik Otomasi PPNS Surabaya
semoga mantan sekolah keluarga bagiku ini SMPN-3 praban suroboyo tetep jaya tetep menelorkan orang2 yang berguna dan bermartabat sipppp




Selasa, 09-04-2013 22:01:36 oleh: safira fifi

I like smpn 3 sby..
ku ckarang msih sklah d smpn 3 ku kls 7f..
enak disana temen2 suka guyon apalagi yg cwok2 jadi pengen sekelas truzz.

Ku thu ska danin cz dia thu gk pernah malu ma cpa pun trmsuk guru hehehe...,,klo danin dah mulai guyon psti cmua ikut ktawa wkwkwk...... hahaha:D:D:D:D:D:D:D:D:D




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY