Ritapunto

Jalur Pendakian Gunung-gunung Di Jawa : Gede Pangrango (1 )

Jumat, 24-10-2008 20:09:04 oleh: Ritapunto
Kanal: Wisata

Jalur Pendakian Gunung-gunung Di Jawa : Gede Pangrango (1 )

Ingatlah Tuhan selalu bersama orang yang berani, kematian tidak dapat dipercepat dengan naik gunung juga tidak dapat diperlambat dengan tidak naik gunung (Hatib Abdul Kadir - Antropolog UGM, penjelajah gunung)

 

Mencintai tanah air banyak caranya, sewaktu saya muda saya sangat bersemangat mendaki gunung sebagai wujud kepedulian saya dengan isu lingkungan hidup. Walau terkadang saat di gunung saya menjadi egois, saking semangatnya menaklukkan puncak gunung saya lupa bahwa tujuan mendaki adalah mengamati kehidupan di gunung dari dekat dan bukannya target menaklukkan puncak, itulah manusia gudangnya khilaf.

Keinginan mendaki muncul lagi, seiring undangan terbuka dari Green radio dalam aksi adopsi pohon di kawasan gunung Pangrango tanggal 24 -25 Oktober 2008. Tapi sebelum back to hiking , saya coba memaparkan jalur pendakian yang biasanya saya lalui ketika mendaki Gede Pangrango serta sedikit informasi umum tentang gunung kembar ini.

***

Gunung Gede (2958 mdpl) dan gunung Pangrango (3019 mdpl) terletak pada posisi 106' - 107' BT dan 64' -65' LS, secara administratif berada di kabupaten Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Gn. Gede merupakan Gn. api Strato yang usianya lebih muda dibanding kembarannya Gn. Pangrango yang pasif. Kedua gunung yang sangat terkenal di Jawa Barat ini merupakan obyek favorit para peneliti dan ahli konservasi tumbuhan melakukan penelitian sejak beberapa abad yang lampau, ditandai dengan adanya pembukaan jalur tenggara oleh Sir Thomas Raffles (1811) selanjut oleh C.G.C Reinwardt (1819) dan eksplorasi penting lainnya yang dilakukan oleh saintis dalam dan luar negeri.

Curah hujan tejadi pada bulan Oktober - Mei (kalo belum berubah akibat global warming), karenanya sangat baik mendaki pada bulan Juni - September, situasi crowd dan merupakan bulan puncak pendakian terjadi setiap bulan Agustus, tepatnya setiap tanggal 17 Agustus karena ada upacara bendera di alun - alun Surya kencana Gn. Gede.

Akses Pendakian

  1. Jalur Cibodas Cipanas, adalah jalur yang resmi yang paling sering dilalui pendaki dan paling aman.
  2. Jalur Gunung Putri Sukabumi, jalur singkat menuju Gn. Gede (2958 mdpl), sebelum mencapai puncak bisa istirahat dulu di alun-alun Surya Kencana
  3. Jalur Selabintana Sukabumi, jalur liar yang tidak disarankan bagi pendaki pemula dan sangat terjal serta sering muncul kabut yang menghalangi pandangan.
  4. Jalur Situgunung Sukabumi, masuk dari taman rekreasi Situgunung, jalur yang dangerous untuk didaki tanpa persiapan matang, ada air terjun Sawer di ketinggian 1200 mdpl dengan sungai yang cukup lebar.

Jalur Pendakian: Cibodas - Cipanas

  • Dari Bandung via Cianjur atau dari Jakarta via puncak turun di pertigaan Cibodas, dilanjutkan ke arah kebun raya
  • Dari Kebun raya Cibodas menuju mencapai puncak Pangrango kira-kira 12 km. Sebelum mendaki wajib lapor ke posko pendakian.
  • 2 kilometer selepas Cibodas, jalan landai dan nyaman memotong Ciwulan, di sini bisa rehat sejenak di Telaga Biru sungguh menyenangkan.
  • Telaga Biru ada di ketinggian 1575mdpl, daerah vegetasi submontana bisa ditemukan Owa Jawa dan pohon Rasamala raksasa, setelah melintasi Panyancangan Kuda teruslah mendaki menuju ketinggian 1625mdpl menuju pertigaanCibeurem dan mampirlah di air terjun Cibeureum yang indah. Ada beberapa air terjun yang bisa dinikmati seperti air terjun Ciwalen, Cikundul dimana airnya berasal dari sungai yang sama. Akan terlihat anggrek Lumut Merah (sphagnum gedeanum) sebagai nuftah endemik yang tumbuh di tebing-tebing dilalui oleh kelelawar yang keluar masuk dari Goa Lalay
  • Kira-kira sejam perjalanan ketemu sungai air panas diatas ketinggian 2150 mdpl, suhunya air panasnya berkisar 75' c tetapi bisa berubah menjadi sangat dingin saat hujan turun, pemandangan sangat beraura mistis karena banyaknya kepulan dari uap air dari batuan lava, teruslah mendaki sampai tiba di Lebak Saat atau lembah tanpa air. Bisa dijumpai aliran air yang bening, biasanya tempat ini dijadikan kamp untuk bermalam sebelum melanjutkan ke Kandang Batu.
  • Dari Kandang Batu lintasan mulai menanjak dan terjal, banyak material batu akibat letusan Gn. Gede, terus mendaki menuju Kandang Badak yang bisa diempuh sekitar sejam.
  • Dinamakan Kandang Badak karena pos ini kadang becek jika hujan turun, pos yang berada di ketinggian 2395 mdpl akan menemukan persimpangan. Yang ke kiri menuju puncak Gede, dan yang ke kanan menuju puncak Pangrango.
  • Sebelum mendaki puncak, siapkan bekal air yang cukup karena perjalanan menuju puncak bisa ditempuh sekitar 3-4 jam melewati vegetasi Sub Alpin yang rimbun dan lebat. Puncak Pangrango jarang didaki karena datarannya sangat rimbun dan sepi, dari sini terlihat alun-alun Mandalawangi. Jika malam hari berada dipuncak ini dan cuaca cerah bisa melihat kota Jakarta seperti kumpulan kunang-kunang
  • Jika ingin ke puncak Gede dari Kandang Badak belok ke kiri menuju puncak Gede ditempuh dalam waktu 2 jam melewati Tanjakan Setan, selepas tanjakan akan ditemukan kawah Ratu dan Kawah Wadon, kawah Baru,kawah Lanang serta kawah Sela dan terakhir kawah gunung Gede di ketinggian 2958 mdpl dengan uap belerang yang menyengat.

Kamus:

Gn. strato : gunung yang kubahnya terjadi akibat lelehan aliran lava yang eksplosif & efusif terus menerus, sehingga selain kerucutnya berbentuk kubah juga tampak berlapis-lapis.

Vegetasi Submontana (1,000-1,500 mdpl): Kondisi tanah biasanya dalam, basah, kaya dengan bahan-bahan organik dan partikel tanah yang subur seperti tanah liat

Vegetasi Sub Alpin (2,400-3,019 m d.p.l) : Hutan di zona sub alpin hanya terdiri dari 2 lapisan yaitu lapisan pohon yang tumbuh kerdil, rapat dengan batang pohon yang kecil, dan lantai hutan dengan tumbuhan bawah yang jarang. kondisi tanahnya miskin hara dengan jenis tanah berbatu (litosol).

(foto ruhlelana's)

Bookmark and Share

Tag/Label ritapunto, gaya hidup, gunung di jawa, gede pangrango, hiking, mountain, jalan
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim ke Teman
* Email Teman:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
21 komentar pada warta ini
Jumat, 24-10-2008 21:19:31 oleh: 0melly kiong

Waduh kayak yang punya gunung gunung aja, kayaknya kita perlu hiking nih dari wikimu sekali kali. Biar kita tahu pemandangan yang terindah yang ada di negri ini.
Di tunggu yah




Minggu, 26-10-2008 19:58:20 oleh: Imam Hanafi

Saya pernah naik ke gunung gede dari jalur gunung putri,bermalam di surya kencana cuma pake sleeping bag,karena situasinya waktu itu sudah subuh jadi ga sempet mendirikan tenda.Kami ber enam waktu jaman kuliah naik jam sebelas malam,tantangan buat saya naik gunung pada malam hari,cukup menantang naik gunung malam2.Tapi klo di pikir2 Oon juga yah, kan malam2 ga bisa liat apa2...semua itu terkalahkan rasa penasaran saya dan teman-teman gimana sensasi nya naik gunung malam hari....cukup menguras adrenalin..

yukk..kapan-kapan wikimuers naik bareng...




Senin, 27-10-2008 20:48:51 oleh: Ritapunto

@ melly : yukkk..tp gak perlu sampai puncakdeh, cukup ngiterin cibodas udah seger..hehehe

@jagoan cengeng: semua pendaki sll suka naik malam, mrk enjoy pemandanganny saat turun (teorinya gitu), pdhl kadangkalo turun kita sdh nggolosor, apalgi gunung di jateng/jatim..kan berpasir,,jd meluncur terus

@angeldeath: yah, kan kukata dr puncak, dari alun2 mandala wangi masih 2 jam an tuh..biasanya gak pada ke puncak pangrango, emang ekstrim cuaca diatas, naik dr ciboads ya? posko montana nya udah pindah lewat lapangan golf yah? tambah jauh tuh rutenya.




Senin, 27-10-2008 21:21:56 oleh: Imam Hanafi

@mbak rita
Jagoan cengeng siapa yahh???( garuk2 kepala pura-pura mikir MODE ON ). Oh iya ya...maklum jarang naek,sekali-kali nya naek malem2 waktu itu.biasa ngeceng di mall sih..heheheh.. ^_^

Piss Ahhhh




Rabu, 29-10-2008 11:18:17 oleh: Bayu W Wardhana

mbak Rita ayo naek merapi :)
yang paling saya rindukan dari naek gunung, selain indahnya, yaitu capeknya..
hehehe

Naek merapi yang paling dekat dan enak setahu saya lewat Selo, boyolali ke atas,
agak berat dikit, tapi asik :D
kapan ya kita naek gunung bareng2, atau paling ga kemping laahh...




Rabu, 29-10-2008 16:22:30 oleh: ritapunto

@Bayu: wah, jadi pengen nulis kisah di merapi..sampai 'pasar bubrah', trus makan bubur pincuk daun di selo..dan saya naik selalu dari selo.



Jumat, 14-11-2008 20:10:13 oleh: mince

aq rasa naek gunung itu mang indah apalagi kalo ada orang yang peduli ma kita wuiiihh..rasanya romantis banget deh ya meskipun dalam perjalanan yang sangat terjal dan melelahkan. jadi pengen naek lagi nich...



Kamis, 18-12-2008 12:57:45 oleh: arnold

Hai, Salam Kenal
sekedar membagi Informasi tentang penyewaan tenda dan alat-alat camping , pembuatan dan penjualan tenda,
Berkemah, Camping, kemping, Even, Wisata Alam, Mabim, Outbound Training, Tenda Dome, Tenda Sarnafil atau Tenda Kerucut;
silakan hubungi kami di http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
thx..






Kamis, 05-03-2009 12:12:23 oleh: Jakmapa

Salam Rimba.. ya Non..!!!
Aku dukung banget sama blok kamu, walau sederhana aku suka banget, jadi ingat aku pada setiap pendakian nih.. terbawa rasa Kesederhanaan, kekompakan, keakraban, apa-adanya, rasa syukur pada YME, sangat kecil dan hina bagai sebutir debu di alam cipta-Nya dll., walau lelah kaki dan badan tapi tetap penuh kerinduan, pada setiap kenangan perjalan langkah-demi langkah memasuki hutan-rimba, maaf nih aku juga mo ucapin selamat kepada Tim JAKMAPA, LP3I Blok M, generasi Ciputat dll, yang kemaren pada taun baruan 2009 kita sua-sua di Puncak Ceremai ya, yang pasti buat Rita telah menuju Kecantikan sempurna, dengan mau beradaftasi pada alam pendakian, dan mo kenal sama orang2 gunung termasuk aku loh..!!
"Salam Rimba" Kapan nih kita bisa naek bareng taun baruan.. ak sih ada rencana mo naek juli paling lambat taun baru 2010, aku tunggu berita aku di Friendster: Jakmapa_Elang@yahoo.co.id ya




Selasa, 26-05-2009 01:56:51 oleh: Eka Setiadi

Salam kenal, tgl 9 Mei 09 setelah 25 thn sy baru ke puncak Gede lagi. Alun2 Suryakencana spt pasar malam..karena banyaknya tenda. Dan sy ucapkan terimakasih pada mbak Rita krn sebelum naik sy sempat baca blognya jadi bisa kira2 waktu tempuhnya. Sekali lagi terima kasih dan jgn bosan nulis... !!!



Senin, 29-06-2009 13:20:43 oleh: aBDel hUy

MANTA....P,,,.!!! B-)



Minggu, 13-09-2009 14:23:38 oleh: Rinto Iswantoro

Info yang berguna, baik bagi pemula, maupun mereka yang membutuhkan. Bravo !



Senin, 21-12-2009 00:04:14 oleh: akas susanto

malam tahun baru digunung bersama sahabat sejati terasa hidup lebih berarti,wat temen2 pendaki mari kita jaga alam kita jangan dirusak ,....duh jadi mau kepangrangaou lagi nh ..... insya ni udah yang ke 7 x gw ke gn gede pangrangao



Rabu, 17-02-2010 16:02:52 oleh: INDRA

Jalur pendakian gunung gede pangrango merupakan jalur yang paling w suka, karna banyak rintangan untuk mencapai puncaknya.



Minggu, 20-06-2010 19:12:24 oleh: ucok

aq pengen ke gunung gede tp jalur yang seru lewat mana ya?



Minggu, 24-10-2010 22:05:16 oleh: Justisia affina

wah mbak, sy sbnrnya bkn seorang pendaki gunung sejati, malah mungkin belum pernah sy mendaki gunung setinggi itu dg hnya melangkahkan kaki, tapi karna kali ini sy diajak mendaki bersama kakak sy, mau ga mau sy hrs mencari info bgm rute pendakian ke gn gde pangrango. Terimakasih mbak rita atas infonya, tapi sy salut sm mbak, seorang perempuan bisa mendaki gnung setinggi itu dg rute yg ekstrim... keren.....



Kamis, 31-03-2011 05:25:42 oleh: hanief.

salam lestari...
q penasaran ma g,pangrango...
ada yg bs jelasin???
mksh..
hanif di magelang




Kamis, 31-03-2011 05:31:41 oleh: hanif

oh iy,,,
jika ada yg bs jelasin makasih bgt,,,
q blm tau n blm paham dg g.pangrango..
cz tgl 20 bsk mau ksna...
q pemula jd gk tau,,,
mksh..
abiez.jomblo@yahoo.com




Jumat, 23-09-2011 13:44:13 oleh: jufriyadi

salam alam sekitarnya
kangen juga dengan suasana alam.. dah 10 tahun vakum tdak beraktifatas lagi walaupun hanya membaca dari teman2 pencinta alam.. bravooo pecinta alamm




Jumat, 28-10-2011 08:34:52 oleh: semplu damaislalu

Salam Lestari....siiip infonya,insya allah tgl 11-11-2011 menuju puncak gede pangrango



Jumat, 08-06-2012 09:29:15 oleh: igit

jalur pendakian yang paling aman memang melalui cibodas. sedangkan jalur turun yang paling aman adalah melalui alun2 surya kencana lalu cipanas.

http://myrazan.wordpress.com




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

PALING BERGUNA (bulan ini)

TERBANYAK DILIHAT (minggu ini)

TERBARU

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY