ROMEAL ABDALLA

Narkoba dan Bahaya Pemakaiannya di Kalangan Remaja

Senin, 07-01-2008 13:47:49 oleh: ROMEAL ABDALLA
Kanal: Remaja

Narkoba dan Bahaya Pemakaiannya di Kalangan Remaja

Apa yang disebut NARKOBA

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). Yang termasuk jenis Narkotika adalah :

• Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.

• Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Zat yang termasuk psikotropika antara lain:

• Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandarax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Alis Diethylamide), dsb.

Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistim syaraf pusat, seperti:

• Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Contoh: lem/perekat, aceton, ether, dsb.

Jenis Narkoba menurut efeknya

Dari efeknya, narkoba bisa dibedakan menjadi tiga:

1. Depresan, yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. Jenis narkoba depresan antara lain opioda, dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin. Contoh yang populer sekarang adalah Putaw.

2. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan: Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah Shabu-shabu dan Ekstasi.

3. Halusinogen, efek utamanya adalah mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. Halusinogen kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur-jamuran. Selain itu ada jugayang diramu di laboratorium seperti LSD. Yang paling banyak dipakai adalah marijuana atau ganja.

Penyalahgunaan Narkoba

Kebanyakan zat dalam narkoba sebenarnya digunakan untuk pengobatan dan penefitian. Tetapi karena berbagai alasan - mulai dari keinginan untuk coba-coba, ikut trend/gaya, lambang status sosial, ingin melupakan persoalan, dll. - maka narkoba kemudian disalahgunakan. Penggunaan terus menerus dan berianjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi, disebut juga kecanduan.

Tingkatan penyalahgunaan biasanya sebagai berikut:

  1. coba-coba
  2. senang-senang
  3. menggunakan pada saat atau keadaan tertentu
  4. penyalahgunaan
  5. ketergantungan

Dampak penyalahgunaan Narkoba

Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Dampak Fisik:

1. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi

2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah

3. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim

4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru

5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur

6. Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual

7. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)

8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya

9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian 

 Dampak Psikis:

1. Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah

2. Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga

3. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal

4. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan

5. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

Dampak Sosial:

1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan

2. Merepotkan dan menjadi beban keluarga

3. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram

Dampak fisik, psikis dan sosial berhubungan erat. Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengkonsumsi obat pada waktunya) dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengkonsumsi (bahasa gaulnya sugest). Gejata fisik dan psikologis ini juga berkaitan dengan gejala sosial seperti dorongan untuk membohongi orang tua, mencuri, pemarah, manipulatif, dll.

Bahaya bagi Remaja

Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya.

Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.

Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.

Apa yang masih bisa dilakukan?

Banyak yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba dan membantu remaja yang sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba. Ada tiga tingkat intervensi, yaitu

1. Primer, sebelum penyalahgunaan terjadi, biasanya dalam bentuk pendidikan, penyebaran informasi mengenai bahaya narkoba, pendekatan melalui keluarga, dll. Instansi pemerintah, seperti halnya BKKBN, lebih banyak berperan pada tahap intervensi ini. kegiatan dilakukan seputar pemberian informasi melalui berbagai bentuk materi KIE yang ditujukan kepada remaja langsung dan keluarga.

2. Sekunder, pada saat penggunaan sudah terjadi dan diperlukan upaya penyembuhan (treatment). Fase ini meliputi: Fase penerimaan awal (initialintake)antara 1 - 3 hari dengan melakukan pemeriksaan fisik dan mental, dan Fase detoksifikasi dan terapi komplikasi medik, antara 1 - 3 minggu untuk melakukan pengurangan ketergantungan bahan-bahan adiktif secara bertahap.

3. Tertier, yaitu upaya untuk merehabilitasi merekayang sudah memakai dan dalam proses penyembuhan. Tahap ini biasanya terdiri atas Fase stabilisasi, antara 3-12 bulan, untuk mempersiapkan pengguna kembali ke masyarakat, dan Fase sosialiasi dalam masyarakat, agar mantan penyalahguna narkoba mampu mengembangkan kehidupan yang bermakna di masyarakat. Tahap ini biasanya berupa kegiatan konseling, membuat kelompok-kelompok dukungan, mengembangkan kegiatan alternatif, dll.

 

ROMEAL ABDALLA SMA LABSCHOOL JAKARTA

Bookmark and Share

Tag/Label narkoba
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim warta ini
* Email penerima:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
200 komentar pada warta ini
Jumat, 01-02-2008 11:32:05 oleh: marlina rahma

nama;marlina
kelas;92
no absen;22




Jumat, 01-02-2008 11:49:02 oleh: mifta qoyyimatus sa'diah

no komen



Jumat, 01-02-2008 12:08:47 oleh: masramah

no coment



Jumat, 01-02-2008 12:44:34 oleh: dewi rahmadani

no komen



Jumat, 01-02-2008 13:20:44 oleh: nirwana

yang pakai narkoba cemen!!!!



Minggu, 24-02-2008 03:32:28 oleh: salem

"NARKOBA" Neraka berkobar siap membakar.



Senin, 21-04-2008 15:08:53 oleh: Arie Aditya

Assalamualaikum...

Mungkin pendapat saya tentang ringkasan ini kurang lengkap. Kalau bisa, mungkin di tambahkan kesimpulan dan saran untuk pembaca..
Maaf jika saya mengkritik terlalu kasar.

Thanks..





Sabtu, 26-04-2008 08:48:43 oleh: Cheppy

SETUJU BANGET......
jangan coba-coba dengan narkoba karena narkoba enggak banget




Sabtu, 26-04-2008 10:12:18 oleh: orang_mutz

Hari ginie pake narkoba,capcuz bu....meningan beliin es krim munkin bisa dapet segudang.



Jumat, 02-05-2008 14:59:17 oleh: adip nugroho

narkoba itu hanyalah makanan yang ga enak bgt.bs ngracunin pkrn orang dan hanya nikmat sesaat bla d konsmsi.



Jumat, 02-05-2008 17:26:08 oleh: bunga pranata

buat semua generasi muda jauhilah narkoba karena narkoba pasti dan pasti merusak masa depan anda!!!! artikel ini berguna banget buat semua generasi muda yang ngakunya pinter!



Sabtu, 03-05-2008 12:20:35 oleh: nOvie

yang pake narkoba itu,udah gila.
mrk yg pake narkoba cm pgn ngisi waktu kosong doank,kan bego bgt klo mrk mikir gt.
kalo ngroko si,ok" ajah iia.
tp klo narkoba,sama ja bunuh diri lo sendiri secara pelan".




Senin, 19-05-2008 16:05:50 oleh: jameela

..."Say no To Drugs...Coz Drugs can destroy your life....".....



Rabu, 04-06-2008 19:08:48 oleh: fotki.com/kikoo

STOP KEKERASAN PADA ANAK..!!!!!


wahai anak muda, bersatulah menghadapi masalah2x negara.. bgm kalian mau berprestasi klo kalian memakai narkoba? bgm kalian mau hidup dg baik klo kalian pakai narkoba?

wahai penegak hukum dan pemimpin negeri ini, ayo fokus utk memajukan bangsa..! jgn setengah-setengah klo memang berjuang utk rakyat! hancurkan narkoba dan jgn pakai narkoba yg menjadi barang bukti




Rabu, 11-06-2008 09:05:52 oleh: antok

jauhiiiiiiiiiiii narkoba, caranya; isi hari_harimu dengan kegiatan yang positif, dan jangan bergaul dengan teman yang rada aneh & sangar, kalau kamu takut ga bisa jaga jarak dengan mereka, kalau bisa sih ok_ok aja.



Jumat, 15-08-2008 11:44:20 oleh: widyanti

sangat dan sangat merusak moral



Selasa, 19-08-2008 20:30:31 oleh: eta

TUHAN NYIPTAIN KT SUSAH2.. JD JANGAN NGEBALEZ PAKE CARA 2 BODOH APALAGI DENGAN MENGGUNAKAN


NARKOBA!!!!!




Sabtu, 27-09-2008 12:30:14 oleh: abdee

yupz,,,,,,,,,,



perangi narkoba demi masa depan bangsa dan keselamatan kaum muda!!!!!!!!!!!!!!




Minggu, 05-10-2008 07:20:58 oleh: Bunga talenta pranata

Setuju bget,,, Qta musti perangi bhya narkoba..!!
Gmn mw jd bgsa yg maju klo generasi muda Qta suka pke narkoba.
Ayo generasi muda indonesia,,, perangi narkoba!




Jumat, 10-10-2008 14:38:09 oleh: dina ronia

jangan sekali-kali make narkoba yah.....



Jumat, 10-10-2008 18:01:44 oleh: Angga Eka Satria

jgn smpe nyoba2 barang haram deh oce bro



Kamis, 06-11-2008 19:14:16 oleh: Lyaa

buatd apph beli narkoba ? ? ?
gg penting deh !
buatd belanjja domp !
dapetd buuanyagg !
hheu~ ! =)




Rabu, 12-11-2008 18:24:58 oleh: marina

apa untungnya beli narkoba??????????/
adanya buntung!!!!!
buang2 duit tw g beli narkoba........
mendingan dipake bwt memenuhi kebutuhan kt di masa depan..........
tdnya kt yg sehat trus make narkoba jadi kaya kakek2 umur 90 thn..........




Jumat, 14-11-2008 08:51:17 oleh: asda

copy pas y



Senin, 24-11-2008 14:12:07 oleh: UCHA

PKE NARKOBA??????
BANCI TAU GAG SI LOO!!!!!




Rabu, 26-11-2008 12:22:41 oleh: dede

narkoba.....
apaan sih!!!!
ga asik.....




Kamis, 27-11-2008 08:38:07 oleh: ester

gw benci bgt ma Nyank name'ye narkoba < narik kolor baba>
solnya ntUh narkoba udh bkin hudup temen2 gw ancur...dan ga punya masa depan dan hidup ga terjamingw sedih bgt kalo ngeliat mreka lg sakaw,mereka pingin lepas tp sulit....jd bwt semua kaum pemuda indonesia,cintai diri mu spti kmu mencintai orang tua mu.......




Kamis, 27-11-2008 12:26:33 oleh: INTAN KURNIA

he...he..aku sich cuma bisa ketawa kalo ngeliat generasi muda yang make narkoba...
hare gene,,,ngancurin diri sendiri !!!!!!!!!!!!!!!!
gak da kebanggaannya banget...buat apa hidup kalo gak berguna...ye nggak???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????




Jumat, 28-11-2008 09:40:09 oleh: zudi prabowo

lalu pa yang seharusnya kita lalukan agar generasi mendatang tidak memakai barang haram itu lagi dapat kah anda menjelaskanmya tidak hanya menyalahkannya saja mungkin itu semua juga karana terpaksa
cepat di jawab




Jumat, 28-11-2008 09:42:10 oleh: zudi prabowo

jang harap semua itu mudah karna anda tidak mengalaminya



Jumat, 12-12-2008 12:03:51 oleh: posma sihombing

pemakai bukanlah musuh, tetapi korban...
marilah dari kita sendiri yang
memulai untuk berani katakan tidak untuk
narkoba... dan menjaga pergaulan kita
untuk tetap baik dan menghindari
pergaulan buruk..




Minggu, 14-12-2008 18:56:32 oleh: dinda besyari rambe

Life is beautiful without drugss....!!

Thanks..




Senin, 05-01-2009 12:34:27 oleh: gx_tha

narkoba bukanlah segalanya....!!!!!!
jangan pernah mencoba yang namanya narkoba.......
Say no to drugs....!!!!!!




Jumat, 09-01-2009 19:46:35 oleh: ndiqa

narkoba adalah kado terindak dari neraka bagi orng2 yang bodoh dalam memilih n memaknai hdp.



Minggu, 11-01-2009 09:43:35 oleh: Sarah

thx yia ataz info na ..
brguna bgt bwt tugaz ku ..


pkona bwt smua .
SAY NO TO DRUGS....!




Rabu, 14-01-2009 19:40:17 oleh: cika loveta putri

sekeras apapun Q_t memaksa se2orang b0t g' pkek narkoba......
but.. klo g' d ksdran dri mereka sendiri ntu percuma j....!!!!!
jadi,, b0t semua gnerasi muda.... sadarlah
say no to drugs bukan lah yang terbaik b0t masa depan mu!!!!!!!




Sabtu, 24-01-2009 09:43:38 oleh: chachahaya

ups....
dari pada beli narkoba mending uangnya dikasiin ma anak2 yang kurang mampu....
lagian....
NARKOBA oh Noooooooo........!!!!!!!!!!




Sabtu, 24-01-2009 19:02:50 oleh: Ria

Saya skrg sdg mlakukan penelitian ttg faktor-faktor yg berhubungan dgn perilaku remaja thd bahaya narkoba pada siswa/i sSMA. bisa dbantu materi-nya. makasih ya sbelumnya



Sabtu, 24-01-2009 19:30:09 oleh: Shepty Ira Luthfia

sAy goOd bY3 tO dRuGs, dOn't frAteRni2e wItH narcotising. EnD mJu tRuZzz SemPlaN vAl3mbAnk.
By: Shepty
sEvOne klAsSe




Selasa, 27-01-2009 16:53:15 oleh: Nytee Im_mer

Hidup hanya sekali! So,, pergunakanlah hidup mu dgn seBaik-baiknya.Mash baxk koq yg hrs kt lakuin selain make narkoba. Khey...!!!
SO,,, jauhi narkoba !




Selasa, 27-01-2009 17:02:52 oleh: OKI_ALFIAN

SAY NO TO DRUGS.........
KATAKAN TIDAK PDA NARKOBA......
KEYZ......




Rabu, 28-01-2009 20:51:54 oleh: andini

say no to drugs...
senakal-nakalnya dirimu jangan nyobain yang namanya MARKOBA.....




Rabu, 28-01-2009 20:58:32 oleh: NIEKY

GUE emang orang paling bego yang pernah ada karna gue udah berani bwt nyobain yang namanya narkoba...tapi gue sadar dengan apa yang gue lakuin,,,maka dari itu kalian yang masih bersih jangan pernah nyobain yang namanya NARKOBA



Sabtu, 07-02-2009 07:22:44 oleh: Qnoy

gw akan komentar apa ya dah pd bagus-bagus,mungkin menurut gw..Hukum mati aja yg pada mroduksi,pemakai dan jaringanya... jgn mikirim HAM segala



Jumat, 27-02-2009 11:02:39 oleh: ANDI DZIL

kesalahan terbesar yang pernah gw lakukan, kalau gw coba2 dengan yang namanya NARKOBA!!!!!!!!
Menurut gw , dalam hal ini yang harus diMUSNAHKAN, adalah pembuat plus pengedarnya
ancaman hukuman yang setimpal dengan perbuatannya MEREKA itu adalah hukum MATI




Senin, 02-03-2009 10:24:14 oleh: dycira

narkoba iiech, nggak banget dech...
if u buy drug it's mean u buy a ticket to the hell
kalo gw oga aaahhh.........




Selasa, 03-03-2009 11:35:10 oleh: m.febri rozi

loe mo mati ya??????
law loe dh bsan idup,jgn pke drag dooong,coz na 2 bza bkin loe ancuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurr n msa dpan loe sram,mcam mka...............................

loe ikutin sran gue,jauhi nrkba tw plah nma na,coz na gue pduli ma loe......

slam gua
rozi




Rabu, 04-03-2009 19:24:31 oleh: mayaang

bekakakak iyaiya bener . emang narkoba seru apaa ??? ga ada enak enak nyaa sm skli iya kan haha ??
udalaahh ga usah pake narkoba .. ga ada manfaatnya juga iya ga si ??

keep healthy without narkoba, guys !!




Selasa, 10-03-2009 14:46:35 oleh: sabrina rana fitriana

9ila bneR OrAn9 paka! NaRk0Ba,
!!!!!HHHHH.............. 9A' b9t DeCh......
PliEs J9n PakA! Nark0Ba...... CoZ Nark0Ba Tu Bs BkN LOe Sen9SarA N AaaaaaaaaaNNNNNNNNNcUUUUUUUUUrrrrrrrrrr.
PokokX J9n Dech..
Plies ZouW...Oc.
Tp Klu Lo3 GA' mau Ikut!n sAarN Gw Berart! lo3 Dah BosaN Idup kali zOuw.




Selasa, 10-03-2009 14:49:53 oleh: mia dewi wibawa

gile bener oran9 y9 pakai narkobe, bise2 matek kalek pakek narkobe!!!! ate2 jangen ngawer kalaeu pakek narkobe!!!!!!!!!!!!!!!!!
you now blekok!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!




Selasa, 10-03-2009 14:53:01 oleh: rafika indah kurnia

N4RK0B4...................
!!!!!!!!HHHHHHHHHHHHHHH G4' B9t dech..............
DOn'T S4y N4RK0B4 Oc FRi3nd?




Selasa, 10-03-2009 20:31:40 oleh: welly welman

lu tau gax jack,gax msim lg candu ama narkoba .sekarang udh thn 2009 mendingan elo candu ama musicccccccccccccccccccccccccccccc



Kamis, 19-03-2009 18:01:26 oleh: amgga saputra

loe BeNeR bangets!!!!!!!!!!!!
kl lu lu pada yang msh make ntuh yeng namenye narkoaba
stop dah dri sktrng
REMEMBER LOVE YOUR LIVE!!!!!!!!!!!!!!!




Selasa, 24-03-2009 15:54:25 oleh: karisma saputri

pkokx jgn skali2 m'cba psti qm akn trjermus yg nmax NARKOBA. "say no to drugs"



Jumat, 27-03-2009 15:40:20 oleh: agnes hutabarat

pakai narkoba udah gax zaman and membuat diri loe pada sengsara.percaya donk ama diri sendii.Gue and tmn q erin gax suka dngar narkoba karna kami percaya dngn dri sendiri.expresikan diri loe pakai kemampuan loe



Jumat, 27-03-2009 15:55:53 oleh: agnes hutabarat

pakai narkoba udah gax zaman and membuat diri loe pada sengsara.percaya donk ama diri sendii.Gue and tmn q erin gax suka dngar narkoba karna kami percaya dngn dri sendiri.expresikan diri loe pakai kemampuan loe



Senin, 06-04-2009 18:54:59 oleh: marchella

narkoba itu hanya bisa merusak pertumbuhan manusia aja....

jadi jauhin dech yang namanya narkoba




Rabu, 08-04-2009 09:16:15 oleh: lisa cute

weleh2 jaman sekarang narkoba?
mati ja mendingan. mau gaul malah cari penyakit ingat.
waspadalah-waspadalah....!!!!!!!!!
^^

remaja sehat jauhi narkoba...
^_^




Kamis, 16-04-2009 15:27:47 oleh: elvina

hal-hal tentang narkoba tolong dibuat lagi



Selasa, 21-04-2009 14:50:29 oleh: Rudi Tri Kurniawan

buat apa beli narkoba ga ada untungnya!
klo jual narkoba baru untung....
sorry!!!
smua ga ada untungya ko'
mendingan lw tinggalin aj smua masalah yg beerhubungan dgn narkoba..
" say no to drugs "
itu logo yg pantes di iklanin di setiap sudut kota,desa, plosok dimana aja deh..
and jgn cuma di baca doang tp diterapin donks...




Minggu, 26-04-2009 13:10:05 oleh: Muthiah Nur Annisa

beli NARKOBA????
Ngapain???
kayak kaga da kerjaan za....
mending tuwh uangnya kasih ke caleg yang lagi stress cz mereka kalah di PEMILU kemaren....
he...
(masih suasana PEMILU)




Selasa, 28-04-2009 08:36:30 oleh: linny seroy

NARKOBA "NO"
PRESTASI "YES"




Sabtu, 02-05-2009 12:19:11 oleh: dyul mardyul

NaRkoba g'bgt gt lho
Oy bt geneRasi Muda jgn seXX MakE NARKOBA Y OyI ???



SEMANGAT Y CAYO ???????




Rabu, 13-05-2009 18:30:23 oleh: andik

software full serial number
http://andik-eternal.blogspot.com




Rabu, 13-05-2009 21:56:58 oleh: aya

pemuda2 indonesia sadar lah kan bahaya narkoba.itu mua tidak buat u pada tung ko...tapi tu mua buat u mati dalam hidup.

bekarya tuk bangsa indonesia...kan buat terpuruk indonesia dgn u memakai yang nama'na narkoba.

semangat...bangkit,,,,cayooooo




Jumat, 22-05-2009 12:04:51 oleh: liLyn dHava

bRantaSss... NarKoba deMi maSa dePaN banGsaaaa InDOneSia...hArgai pAhlaaaaWAn



Jumat, 22-05-2009 12:11:18 oleh: waNna FazaRy

hei oRang-oRanG yanG BeriMAn SadaRlah BAhwA nrkOba MerUsAk mAsA DeapAn BaeNgSa HaTi Hatilah Katakan Tidak pAda NArKOba

hDuP...laWAn Narkoba Yang MaraJAlela ...HiDup SemaNgAt 45









Jumat, 22-05-2009 12:16:09 oleh: widhi imoet

Bagi q ini berguna bangetz untuk bangsa Indonesia, para remaja dan anak-anak. Thanks yaaa....



Selasa, 09-06-2009 12:52:14 oleh: MHEMEL

tingkyu ataz artikelnya



Selasa, 23-06-2009 03:19:46 oleh: ahmadsutan

Pak admin, dalam rangka HANI:Hari anti narkoba internasional pada tanggal 26 Juni mendatang saya mohon ijin mengutip artikel diatas di http://ajarindong.blogspot.com/



Kamis, 25-06-2009 21:14:15 oleh: ima cinta bngsa

TUHANNN.........!!!!!!!!
moga ajj masa depan bangsaku ini
dipimpin oleh orang2x yg bs menjaga dan menyatukan negri ku ini..
pastinya NARKOBA gada lg di INDONESIA...
amiiiiiiiiiiiiien T_T




Rabu, 08-07-2009 23:02:04 oleh: roezi

apa sih pengertian jangan coba2 dengan narkoba, , ??

berarti kalo mau pake narkoba thu jangan coba2... tapi langsung aja pake...

kalo coba2 hasilnya bakal setengah gila...

soo.. kalo mau gila, jangann coba2 narkoba.. tapi langsung aja pake narkoba, maka gila langsung....


hmm.. satu lagi.. pengertian penyalahgunaan narkba itu apa???

dari kata-kata itu berarti ada yang penggunaan narkoba itu secdara benar ya???

emangnya penggunaan narkoba secara benar itu bagaimana???? hayoo????

tu cuma kata-kata yang membuat kita bingung...

so kembali kepada intinya...

jauhi narkoba... nah.. thu baru benar...!!!!!




Senin, 27-07-2009 19:41:45 oleh: farkhatul kamila

mengapa ci,,di dunia nie masih ada org yang bodoh,,yang slu pke NARKOBA!!!!!!!!




Rabu, 29-07-2009 16:00:28 oleh: Taufiq tptlb

Kite adlH remja yg "PANDAI"

Klo cuma jauhin Narkoba mah KECIL.
Tpi brantassnya tu ga cma sendiri Kite harus Together cuy..





Senin, 03-08-2009 19:59:38 oleh: hanna rahafah

betul sih cing, tapiiiii... kalo kite" ini semuanye sadar diri jauhin narkoba kan kage ade lage jang mao cicip-mencicip ame jang namenye narkoa tul g cing???




Jumat, 07-08-2009 14:21:23 oleh: LOEDVI

dereng lengkap owk....
di lengkapi nggih....




Selasa, 11-08-2009 19:17:27 oleh: reza

stop narkoba!

dimanapun bagi para remaja menggunakan narkoba akan menghancurkan hdup anda . beberapa smp di jakarta sudah melaksanakan tes urine , dan kalau untuk sma sudah pasti ada tes urinenya apalagi kuliah . jika di saat tes itu kita positive memakai narkotika ( ganja , suntik , obat obatan dan berbagai macam narkotika lainnya ) , maka anda akan dikeluarkan secara tidak hormat .




Rabu, 12-08-2009 20:54:59 oleh: bagti

jangan sekali-kali memakai narkoba karena merusak martabat bangsa



Sabtu, 15-08-2009 19:35:56 oleh: Romeal

terima kasih teman2 atas saran dan komentarnya



Jumat, 28-08-2009 14:02:31 oleh: tata indah ayu

"NARKOBA"
Apa cih untungx?????????
kesenangan sesaat??

lebih bAek uang yang lo pake buat beli barang g penting itu mendingan loe kci keorang yg g mampu to ank ytim sklian!!!!!!!!!!

lbh brmnfaat buat org laen dadunia n loe diakhirat''''''''

bener g tu?????????????




Minggu, 30-08-2009 14:01:44 oleh: GEMMY L.R

MARI KITA BERSAMA",MENYELAMATKAN GENERASI MUDA DGN M.BRANTAS NARKOBA INDONESIA NEGARA T.HORMAT, MARI KITA JAGA KEHORMATAN INI B.SAMA" DGN CARA MENUMPAS NARKOBA DI NEGARA INI...........



Minggu, 30-08-2009 14:07:26 oleh: TRIANISA PUTRI

dr pd uang d belikan narkoba mendingan d brikan utk oranx"y9m.butuhkan............ kpd oran9 tua awasilah p.gaulan anax" anda d sekolah,d luar rumah..............



Selasa, 01-09-2009 11:10:49 oleh: NURICHSANHIJRAH SYAPUTRA

TOLONG BERIKAN FOTO PECANDUNYA



Selasa, 01-09-2009 12:20:45 oleh: kiki

jika men coba



Selasa, 01-09-2009 12:41:19 oleh: Trianisa putri"doega"

aq bnci narkoba.............. karena narkoba membuat anax" bangsa bodohhhhhhhhhhhhhhhhhhh



Kamis, 03-09-2009 11:10:35 oleh: andri s

saaya sangatttttttttttttttttttttttttttttt setuju.



Kamis, 03-09-2009 13:34:56 oleh: gemmy lazuardy

kanggooo ka jalmi" nu sok ngagunakeun narkoba saran uink mah geura" tobat bisi kaburu paeh, kumaha pas kmari gempa urank ngagunakeun narkoba truz katinggah puing" imah pan engke aranjeun asup naraaaaaaakkkkkkkaaaaaaaaaaaa..................



Kamis, 03-09-2009 14:33:39 oleh: annisa

hhahaha
bner bgd tuh !!
" NARKOBA " gag bgd deh




Kamis, 10-09-2009 15:13:41 oleh: saryfati Duha

Shalommm....???
masalah narkoba, memang enak sich, tpi jd ancur hidup gw. sekolah ancur. jd janganlah coba-coba make narkoba. bagi yang lagi make, buruan lepasin tu barang, karena NERAKA menunggu kita euy.....????




Minggu, 13-09-2009 21:16:30 oleh: qhinCoel

hanyaLah oRang-orang GoBLOk yang mengkonsumSi NarkoBa............!!!!!!!!!!!!!!!



Kamis, 01-10-2009 14:41:57 oleh: ganjar kurnia

narkoba bangsaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttt



Senin, 05-10-2009 13:31:57 oleh: fauzi nur rahman

gara2 NARKOBA w suruh nyari dampak2nya memakai narkoba,, uhh, pdahal w ga pernah berhubungan dengan narkoba, tapi untungnya w ketemu situs ini.

hhe,, w copy paste dulu ah.....

THANKS YA......




Selasa, 06-10-2009 22:07:06 oleh: Acising

RAIH PRESTASI...
TANPA NARKOBA.........




Minggu, 11-10-2009 22:30:48 oleh: rebecca

thanks ya udah bantu nih risalahnya buat ngerjain tugasku hehe



Senin, 19-10-2009 16:19:00 oleh: FRANCESCA MATALIA

narkoba, ya enngalah. kitakan nice teenger not drugs user



Senin, 19-10-2009 16:21:59 oleh: shesca

makasih da bantu aku ngerjain tugas karya ilmiah remja thanks buanget!!!!!!!!!!!!!!!



Kamis, 22-10-2009 14:06:50 oleh: astriderlitasari

saya tdk suka narkoba.........




Selasa, 27-10-2009 12:05:36 oleh: septi anggraeni

apa yang bisa loe dapet dari narkoba......
hanya neraka dan kesengsaraan
kematian perlahan-lahan dengan cara yang menyedihkan buuuuaaaannngggeeetttt...............




Senin, 02-11-2009 14:51:07 oleh: Pratama Bagus Ir.wanto

sbenarx narkoba adl obt"an biasa,ttpi dsalah gnakan olh bnyak org !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Jdi jngan prnah memakai brang haram trsebut ok !!!!!
krna brang tu dkutuk olh yg mha kuasa ^_^!!!!!!!!

smile ^_^




Senin, 02-11-2009 15:06:10 oleh: ayuni ridarwanti

narkoba itu sdh jdi brang biasa di kalngan remaja putra n` putri di indonesia.

mngapa presden blm bs mngatasix???????
pdhal pmakaian nrkoba sdah ada dmana mana

jdi untk itu yg udh coba2 dg narkba HINDARI
bwt ank cucu kta tar gimana????

PERHATIAN BAGI YANG COBA2 PAKAI NARKOBA
PINGIN GELUT AMA NGARA SNDIRI




Minggu, 08-11-2009 11:53:57 oleh: putri

narkoba apatuh? ga kenal.




Jumat, 13-11-2009 13:44:41 oleh: dicky hermanto

nakotik membuat peoples beloon



Selasa, 17-11-2009 11:42:59 oleh: agus saputra

jangan sampai pakai narkoba



Rabu, 25-11-2009 20:09:52 oleh: HASAN SAS

Wahai para remaja yang terkutuk...
jangan lah kau memakai Narkoba sesekali pun...
karna akibatnya akan dapat menyebabkan.......?

†_† †_†
==||============|>>




Kamis, 03-12-2009 13:25:39 oleh: gemmy lazuardy

apa sih pengertian jangan coba2 dengan narkoba, , ??

berarti kalo mau pake narkoba thu jangan coba2... tapi langsung aja pake...

kalo coba2 hasilnya bakal setengah gila...

soo.. kalo mau gila, jangann coba2 narkoba.. tapi langsung aja pake narkoba, maka gila langsung....


hmm.. satu lagi.. pengertian penyalahgunaan narkba itu apa???

dari kata-kata itu berarti ada yang penggunaan narkoba itu secdara benar ya???

emangnya penggunaan narkoba secara benar itu bagaimana???? hayoo????

tu cuma kata-kata yang membuat kita bingung...

so kembali kepada intinya...

jauhi narkoba... nah.. thu baru benar...!!!!!
narkoba itu sdh jdi brang biasa di kalngan remaja putra n` putri di indonesia.

mngapa presden blm bs mngatasix???????
pdhal pmakaian nrkoba sdah ada dmana mana

jdi untk itu yg udh coba2 dg narkba HINDARI
bwt ank cucu kta tar gimana????

PERHATIAN BAGI YANG COBA2 PAKAI NARKOBA
PINGIN GELUT AMA NGARA SNDIRI




Kamis, 17-12-2009 11:41:08 oleh: yayu soraya

duh... narkoba???
ngelakuin aktivitas apaja yg kita mau jadi terbatas..
gak mau ah ikut2n ma yng namanya narkoba..




Jumat, 18-12-2009 14:17:48 oleh: d2n gemmy

no narkoba, no drugssssss



Kamis, 07-01-2010 10:10:26 oleh: lily nuraini

hayyyyyyyyy..........................

para remaja indonesia jauhilah narkoba karena narkoba akan merenggut masa depan kamu, narkoba adlah kesenangan yang sesaat, jangnlah kmu sekali-sekali kalian mendekati narkoba, buat ap buabg-buang uank hnya unyuk beli barng yang tdk berguna lebih baik uank nya itu buat beli makan yang halal dan beli pakain.....

hehehehehehehhehehehehe





ingat ya anak remaja sekarang jauhi narkoba demi masa depan kamu.....................!!!!!!

cintai diri mu, syangi diri mu dengan menjauhi narkoba...................!!!!!




Kamis, 07-01-2010 10:14:09 oleh: lily nuraini

JAUHIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
NARKOBA........................


Q NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,

NARKOBABBABABABABABABABABABAB


DARI PADA PAKIA NARKOBA MENDING PAKAI OBAT SAKIT KEPALA DCCCHHHHH



NDAK BUANKKK-BUANKKK UANKKKK BNYAKKKKKK


WKWKWKWKWKWKKWKWKW





NO NO NO NO ....NARKOBA




Kamis, 07-01-2010 16:03:59 oleh: sandi

JAUHIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
NARKOBA........................


Q NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,NO,

NARKOBABBABABABABABABABABABAB


DARI PADA PAKIA NARKOBA MENDING PAKAI OBAT SAKIT KEPALA DCCCHHHHH



NDAK BUANKKK-BUANKKK UANKKKK BNYAKKKKKK


WKWKWKWKWKWKKWKWKW





NO NO NO NO ....NARKOBA

narkoba harrrrrammmmmmmmmmm jg najjjjjjjiiisssssss




Sabtu, 09-01-2010 15:27:01 oleh: Anggi Septyani . U

jangan sampe tch anak-anak skrng mke NARKOBA . kshan nyokab n' bokab loe drmh yg shrsx nyenengin orang tua malah bkin kecewa . jdi buat remaja-remaja skrng hrus waspada dgn yang namax NARKOBA



Selasa, 12-01-2010 20:52:44 oleh: Intan Oktavianti

Narkoba??? no way!!!!


makasih yha buat infonya!!!


moga2 anak-anak generasi sekarang tidak menggunakan dan menolak narkoba!!

(^o^)




Senin, 18-01-2010 14:57:32 oleh: resky lupriani

apa guna narkoba kalau hanya nerusak otak......... kasihan ortu kita kalau kita memakal narkoba,bagaimana masa depan nanti kalau para penerusnya harus rusak jauhi narkoba.......... brantas mreka.........I LOVE YOU FULL AND CAYO kurangi pemakaian narkoba


(KAMI BEBAS NARKOBA)
^^***^^***^^^^^***




Minggu, 07-02-2010 16:06:55 oleh: hilda nurfadillah

jahui narkoba ..


marilah hidup sehat ..




Sabtu, 27-02-2010 15:28:33 oleh: wInDa wUlaN

NaRk0Ba ..............
nE BarNg PENGHANCUR DUNIA
mendingan jauhin deC......!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!




Senin, 01-03-2010 20:50:49 oleh: elisabeth cesyaa

kerenn ! makasihyaa .. 2x makalah mendadakku selamat karena inii !!
hahha :D
sukses selaluu :))




Senin, 08-03-2010 14:36:32 oleh: velda ignatia

narkoba bkmn u/main2 tetapi hanya pelampiasan zja.....


thx yach udah d'peringatin jdy aq tau zkrg bahaya narkoba!!!!!!!!!!^_^


By:edha....

GBu n'fam




Selasa, 09-03-2010 11:33:41 oleh: erna sukma

thank's ya atas sarannya........... : )

emh.. aq mesenin dueh buat temen2, n sobat2 tercinta q jangan skali 2 tuk nyobain tuw yang nama"a "NARKOBA" ye
TAR nyesel loh ..... : (
isi ja tuw hari 2 u dengan kegiatan yang super 2 positif ....
ocey ....

n gooD lucK aj duech buat teman Generasi 2 masa depan InDOnesia KU....
hehehehe.........

sehat, YEs....
narkoba, no.......





Rabu, 10-03-2010 09:02:20 oleh: AHMAD JULIANA

narkoba noway sehat yes



Kamis, 11-03-2010 11:37:18 oleh: sriliza

say no pada narkoba!!!!!



Kamis, 11-03-2010 14:52:41 oleh: zainul arief

wahai para remaja janganlah kalian mendekati narkoba apalagi mencoba kalao kalian sampai mencoba sama kalian masuk jurang kenistaan...by.XI IPS 2.......



Sabtu, 13-03-2010 11:53:43 oleh: fina

pecandu Narkoba telah nyata merusak masa depan seseorang, saya harap anak2 indonesia jaganlah mncoba2 memakai narkoba, mendingan kita mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dan kegiatan laen2 yang positif. dan bagi orang tua dan guru atau pun masyarakat selurh indonesia selalu memberikan arahan-arahan yang bersifat positif untuk menghindari bahaya narkoba bagi generasi muda.

JAUHILAH NARKOBA...Key ?????????????????????????





Kamis, 18-03-2010 19:31:37 oleh: intan septriana

lumayan berguna karena saya dapat tugas dari guru saya untuk mencari materi ttg narkoba..



Selasa, 23-03-2010 13:13:51 oleh: AISYAH DEVI N.

mMenurut saya,... ini kurang lengkap,.... n' kalau bisa ditambah dunx,......... n' wat para remaja jangan sexx mecoba yaw,.....!!!!!!!!!!



Selasa, 23-03-2010 16:33:06 oleh: lulu

jauhi narkoba yowwwwwwwww...........



Kamis, 25-03-2010 09:16:22 oleh: usroc

JANGAN PUNYA NIAT COBA-COBA MENGGUNAKAN NARKOBA!!!!!!......



Senin, 29-03-2010 09:49:14 oleh: AMERIA

HAY FRIEND HIDUP IT SEPRT RUMUS JK KTA SLH MENGGUNKNY MK KESALAHAN BESAR AKN MENGHAMPIRI KTA.......... JD MENURUT GW......... NARKOBA IT GA PNTNG GA BIKIN GAUL MALHAN WAT KITA MENDERITA......... WAT ANAK2 INDONESIA JDLAH GENERASI YG HEBAT YA JNGN PERNH SENTUH YG NMY NARKOBA OK..................



Senin, 29-03-2010 09:54:11 oleh: dion

mlekoum,..
da NGG' topik yang lbh baek lg,....




Senin, 29-03-2010 09:56:02 oleh: Deden Permana Aji

NARKOBA jalan Kematian!!!!!



Senin, 29-03-2010 14:46:20 oleh: ilham taufiq

narkoba NO,..!!
prestasi YES,..!!




Selasa, 30-03-2010 14:54:41 oleh: auria nandarisma

Klo kalian pengen cita - cita kalian tercapai,,, JANGAN COBA - COBA NARKOBA DECH....!!!!


Pasti hidup juga lebih Tenang.




Rabu, 31-03-2010 14:38:15 oleh: Carolline Esteria

Thax for CP !!!! Setuju !!!



Jumat, 02-04-2010 19:12:14 oleh: SAIFUL IMRON

prikitieuuuuuuuuuuuuu........ ojo seneng nggawe barang kono'an cuy. oyi!!!!!!!!



Sabtu, 03-04-2010 15:28:08 oleh: nindy angga putry

berantas narkoba . jangan biarkan narkoba merusak hidup kita!!!!!!!!!!!!!!!!ok friend ???????????????????????????????????????????......




Kamis, 08-04-2010 20:32:34 oleh: andre

narkoba tiket kematian........!!!!!!



Senin, 12-04-2010 15:11:39 oleh: ardians

Artikel ini sangat berGuna bagi pembacanya, semoga pecandu yang membaca artikel ini akan tobat dan tidak lagi menggunakan Yang namanya narkoba itu AMIN
terims bwat artikel nya bermanfaat banget u aq.
GBU




Kamis, 22-04-2010 13:01:34 oleh: purnama fajar baradi

narkoba hanya membuat kita sengsara,,,
jadi saya sarankan jauhilah narkoba,,




Senin, 26-04-2010 08:05:31 oleh: ibnul qoyyim

jauhi narkoba bro.....krna narkoba bisa merusak masa depan qta



Selasa, 27-04-2010 17:09:54 oleh: helda

jika da teman kita yang memakai narkoba, gimana caranya agar kita bisa membantu untuk dia agar berhenti menggunakan narkoba...?
dan apa saja cara-cara untuk pemulihannya......?




Rabu, 28-04-2010 19:15:38 oleh: bustani

semua anak2 Indonesia khususnya para remaja, hendaknya bisa mengenal mana yg baik untuk dikonsumsi dan mana yg buruk untuk dikonsumsi, sehingga ia tidak mungkin bisa memakai barang yg berbahaya seperti narkoba !!!!



Rabu, 28-04-2010 19:24:19 oleh: bustani smkm1 banjarmasin

assalamualaikum semua anak-anak Indoneseia,
janganlah sekali-kali teman2 sebangsaku dan setanah air menggunkan narkoba, jauhilah narkoba itu, sebab narkoba itu hanya akan membuat sengsara hidup kita. bagi yg belum pernah mencoba "janganlah sekali-kali mendekati barang itu apalagi sampai mengkonsumsinya", dan untuk yg pernah memakai barang itu..berhentilah !!!!
selagi masih ada kesempatan. tidak ada kata terlambat. pesan: ""jadilah anak Indonesia yg bersih dari narkoba""...
wassalam....




Rabu, 28-04-2010 20:46:14 oleh: nopi hariadi

dari pada buang uang untuk membeli hal yang tidak berguna seperti narkoba, Lebih baik dipakai untuk hal yang positif.



Kamis, 29-04-2010 10:02:27 oleh: I-Net

Hatur Nuhun,
sandi, luthfi, sean, anita, nata, dari SD Pasundan 3/kelompok 8.




Jumat, 30-04-2010 12:56:48 oleh: NURLIA

semoga tak akan ada lagi teman2 ku sesama anak penerus bangsa yang terlibat dgn narkoba karena narkoba itu sangat merugkan baik dario segi mana saja,,,apalagi sebgai ormg islam narkoba i2 haram krn menjadikan penggunax kecanduan



Senin, 03-05-2010 10:29:00 oleh: riswandi

Marikita bersama-sama mencegah pengedaran Narkoba kana Narkoba itu bisa merusak generasi peneris bangsa. Sebaiknya kita harus mengontrol anak2 kita dengan sapa dia bermain kita pun harus mengonrol anak-anak kita agar tidak mencoba-coba memakain Norkoba tersebu. Jangan mengunakan uang itu untuk membeli hal yang tidak berguna seperti narkoba, Lebih baik dipakai untuk hal yang positif. Bagi yang berkeluarga ingat lah bahwa narkoba itu bisa menghancurkan ke hidupan rumah tangga anda sendiri....



Senin, 10-05-2010 12:50:46 oleh: chandra septi aji

benar...ayo HINDARI NARKOBA...
jangan sampai terjerumus dan kecanduan narkoba....





AYO WARGA INDONESIA JAUHI NARKOBA

NEGARA LAIN TERSERAH...?




Jumat, 14-05-2010 20:48:23 oleh: eti nurjannah

say no to drug!!
para remaja harus berhati-hati dengan yang namanya narkoba.......




Sabtu, 15-05-2010 22:11:13 oleh: edi santoso

babat habis tu bandar bandar narkoba yg coba masuk.........tapi kenapa ya slama ini barang bukti sejenis shabu shabu kok tidak pernah ada kabar kabur tentang PEMUSNAHANNYA, Jangan jangan diedarkan lagi oleh aparat penegak hukum soalnya harganya kan cukup mahal jadi apakah sayang kalau dimusnahkan..............




Senin, 17-05-2010 19:11:19 oleh: Elmondo rio sitinjak

jauhkan NARKOBA kalo pengen masa depan loe smua baek2 aja



Senin, 17-05-2010 19:24:10 oleh: jayen_btrt

mksih y atas info nha...............
sYA jd Lbh MDh MnGRjkan TuGAs Sya..........




Minggu, 23-05-2010 20:19:45 oleh: engna

mantaaaap.....biza jadi tambahan bahan penyuluhan



Rabu, 26-05-2010 14:42:04 oleh: Syafitri Wulan dari

Menurut saya memeng bAgus tEntang pNgrtian dan dampak narkoba.para pelajar bisa sadar akan bahaya narkoba.......
tapi saya heran kenapa remaja sekarang suka sekali mencoba2,pdhal mreka tau tntag bhyanya...
jadi buat para pelajar sedunis,jia ingin sukses,hindari narkoba...............
okEy...... fRIEnd
BY:wULAN




Rabu, 26-05-2010 15:09:40 oleh: hendry rosyadi

NARKOBA,ngga gt lho. . . .



Senin, 14-06-2010 00:35:13 oleh: hasrullah

buat kawan-kawan ku.
jgn lahh coba" yg namax narkkoba krn itu bia merusak diri kita.
lagi pula narkoba itu hanya menyiksa diri kitaa.

apa kahh anda maw kehilangan masa depan anda karna narkoba yg tidak berguna itu.
sebaikx jangan krn kta masi belum selesai di sini saja,
masih banyak yg kita harus kerja kan.
yaitu:membahagiakan orang tua kita.
krn di mana dia yg membesar kan kita untuk jadi anak yg baik.




Kamis, 17-06-2010 11:16:13 oleh: erny paramitha

Awal dari tercandu narkoba adalah coba mencoba itu lahh menurut anak remaja kini dan saya ingin sekali bertanya apa nikmatnya memakai narkoba .................




Minggu, 20-06-2010 10:15:25 oleh: dian andikasari

setuju bngt............."""jauhi narkoba
krna manghancurkan masa depan anakk bangsa...
ynx pkey NARKOBA...........




CCCCEEEEEMMMEEENN.....




Minggu, 20-06-2010 10:33:07 oleh: DiAn ImOEtSzzzz !!!

Thank yowww.....taz i"nformsi-aaa.....!!!! q jdi ngrti pha tcu "NARKOBA"........!!!!!!
TR"A tha narkoba musuh"a anax bangsa !!!!


mari qta brsama2 brantaz ynx nma"a NARKOBA.....

YNX PKE narkoba..............!!!!!!!!!!1!!


kran krj"an loe,,,ngpaen lgie bli branx hram mdingan d"bliin








EEEEEEEESSSSSSSSS
CCCCRRRIIIMMMMMM......

mngkin det SEGUDANG










WKWKWKWKWKWKWKWK.......!!!!!!! ^_^




Minggu, 27-06-2010 00:46:00 oleh: nanag

jngan pernah sentuh NARKOBA SEDIKITPUN...........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



Kamis, 22-07-2010 16:18:22 oleh: bebby

narkoba???
hem kita anan Tuhan jangan sampai terjerumus dalam kegelapan. salah 1 nya NARKOBA, narkoba sangatlh brbhaya n sngat tidak baikuntuk kshata, narkoba hanya memberi nkmat sesaat, stelah itu, mendrita,,
JAUHIN NARKOBA!!!!!




Senin, 26-07-2010 20:21:49 oleh: M.A.BUSTAMI.F

Narkoba.........ga kenal tuh aplagi berhubungan sory layaw.......




Selasa, 27-07-2010 16:14:06 oleh: jerry setiawan

say no to durgs



Selasa, 27-07-2010 20:42:05 oleh: edo

jangn perna coba2 dengan narkoba law gak mau hdp loe sengsara dunia dan akhirat....
dengar tu kata-kata gue...... cam kan dalam hati kawan-kawan semua law narkoba samgat dan amat menyiksa diri anda...... salam manis dari edoponya




Selasa, 10-08-2010 07:18:07 oleh: Albert Tulle

Hyy, guyz, udah tau blum bahaya dari narkoba,,,, narkoba itu sangat berbahaya lho bagi kesehatan kita bukan saja terhadap kesehatan tapi juga bza membawa kita ke jurang kematian,,,, Jadi jangan pernAHH mencoba narkoba,,,,,,



Rabu, 22-09-2010 15:24:42 oleh: Dewi

heh kwand2,,,yg syang ma endonesia, lbih bae gk usah pke yg kyk gno...bhaya tuk ksehatan jg buang2 uit okk!!!!



Selasa, 23-11-2010 19:09:59 oleh: Rinaldi

Coi ninsaf dah jangan pake lagi
faktanya ni abang gw nih yg mantan pemakai narkoba sekarang dia dipanti rehabilitasi akibat make narkoba .ampe sekarang dia mengidap "AIDS"
JADI JANGAN PERNAH LO MAKE TU YG NAMANYA NARKOBA...




Rabu, 01-12-2010 15:21:25 oleh: dena fatria

hee......loe2 pde...........
nggak usah pke2 yg nmanya narkoba......
untungnya nggak ada........
pemborosan pla.........




Selasa, 08-03-2011 20:34:15 oleh: EL

Hmmmm....

Hari gini masih pake Narkoba ap kta Dunia Brooo...

Kpn Negara maju klo hidup masih tergantung pada Narkoba...

Mending buat beli buku uang nya bisa dapat berapa buku thu.....




Rabu, 16-03-2011 16:54:27 oleh: nitha tha' manangin

narkoba..ooooowwww tdak bisaa



Kamis, 17-03-2011 14:25:57 oleh: widha...

Hidup ini jangan di siasiakan, hanya karena hal kecil seperti "NARKOBA"





Sabtu, 19-03-2011 07:54:04 oleh: Bay Hakim

dari web ini saya dapat mengerjakan tugas saya dengan baik...
thanks...




Rabu, 23-03-2011 20:01:52 oleh: zainudin

assalamu'alaikum wr wb

hidup itu harus dpatt memilih hal yang baik...
dari segi pergaulan,konsumsi dll......
dan kita harus dapat membentengi diri agar tidak dpat ikut-ikutan dalam hal tersebut......
dan juga memilih hal yang baik untuk hidup/kesehatan jasmani atau rohani.....

"jauh narkoba dan perangi karena sekali mencoba akan ketagihan"
"tingkatkn lah perestasi belajarmu"

dan makasih atas inpormasi tentang narkoba
ini akan sangat berguna bagi saya dan juga bangsa indonesia lainnya ....
wasalam




Senin, 25-04-2011 13:27:13 oleh: Leghas Mastleslove

hidup adalh sebuah perjalanan pembelajaran,yg akan sia-sia,jika narkoba menjadi bagiannya.



Senin, 06-06-2011 07:37:59 oleh: henri gunawan

Mari kita berbuat sesuatu sekecil apapun itu untuk melawan terorisme narkoba pada keluarga kita, masyarakat kita bahkan pada negara kita. Narkoba merupakan salah satu bentuk sarana iblis dan antek-anteknya (Syaiton baik dari golongan jin maupun dari golongan manusia) untuk menjerumuskan keturunan Nabi Adam ke dalam kemaksiatan, menjauhkan manusia dari mengingat Allah,SWT dan mengajak sebanyak-banyaknya manusia untuk menjadi penghuni neraka jahannam. Na'udzubillahi min dzalik. Semoga Allah,SWT meneguhkan hati kita di Jalan yang lurus, jalan yang Ia ridhoi. Salam Hormat kami
www.ObatAntiNarkoba.blogspot.com




Senin, 27-06-2011 12:44:54 oleh: elly jeziersky

jangan pernah coba-coba sma yg namanya NARKOBA....
kita sebagai generasi penerus jangan sampe malu-maluin anak bangsa yang akan hadir kelak ..
jauhin barang haram itu ..
jangan sia-siain hidup karna NARKOBA ..




Jumat, 29-07-2011 18:52:36 oleh: jamalia tatael

buat generasi mdh janganlah hiasi dirimu dgn NARKOBA akan tetapi hiasilah drmu dgn hal" POSITIF.



Jumat, 12-08-2011 22:18:45 oleh: husni

Generasi muda indonesia
jngan lah kamu sia2kan dirimu dngan memakai
yang namanya NARKOBA
Tidak ada gunanya gnerasi muda yng kreatif
memakai barang yang begituan
hindari lah NARKOBA
Karena itu semua cuma menambah dirimu hancur-
dan tepuruk
Enaknya sesaat
Hilang enak pikiran buruk pun datang
Saya berharap kepada generasi muda(remaja)
Berlajarlah hidup sehat tampa NARKOBA
Dan raih lah prestasimu tampa menggunakan NARKOBA
Prestasi YES
NARKOBA NO
THENKS. . . .




Jumat, 02-12-2011 15:33:17 oleh: Ahyar

Mengkonsumsi Narkoba berarti menjemput maut,

Kalau mau dibilang keren tunjukin Prestasimu jangan jadi pecundang dengan memakai Narkoba.

Untuk penulis, thank you so much,,
tulisanmu sangat bermanfaat buat tugas saya.




Jumat, 16-12-2011 19:35:45 oleh: nedia

anak bangsa terus kan pejuangan mu tanpa narkoba, narkoba hanya merusak masa depan anda....



Rabu, 28-12-2011 18:43:09 oleh: ilham outsiders

jangan memakai narkoba karna merusak tubuh dan daya pikiran,,

occ_




Rabu, 28-12-2011 18:49:46 oleh: ajeng bllast

wahaiiii kaum remaja jangan sembarang memakai NARKOBA gag baiq wat ke sehatan dan daya pikiran..!!

SINGKIRKAN NARKOBA DARI KAUM REMAJA_

SM*SH BLLAST




Senin, 09-01-2012 19:12:46 oleh: novhie

.....SAY NO TO DRUG!!!!!
Jauhilah dri klian dri yg nma'a narkoba..



ttd..
DIMCHALOVERS




Senin, 16-01-2012 12:51:38 oleh: eko prasetyo

wahai semua generasi muda
janganlah kamu mengunakan obat"tan terlarang
karena bisa menghancurkan masa depan kita semua...




Rabu, 18-01-2012 16:21:40 oleh: Tya Yhavizqa

hy teman2.....
jahuilah narkoba....
NARKOBA buat kta sengsra,mrusak ksehatan...dan menjerumuskan kta ke prbuatan DOSA....

ingat yach teman2.......!!!




Senin, 23-01-2012 17:10:58 oleh: radhellta van fakhri rudlovs

pokoknya jgn cba cba ma namanya narkoba



Kamis, 02-02-2012 15:08:23 oleh: Erwin

Prestasi Yes, Narkoba No !



Minggu, 05-02-2012 15:32:58 oleh: Yohanes Johan Susilo

Saya eks pecandu putaw (2001-2010)dan sekarang sudah sekitar 2 tahun saya mengikuti program terapi metadon. Saya sudah terkena virus HIV. Saya menikah 12 Juni 2005 dan baru 2 bulan belakangan ini istri saya dinyatakan positif hamil. Adakah yang bersedia membantu saya untuk membuat sebuah buku atau artikel tentang perjalanan hidup saya selama menjadi pecandu putaw sampai saat ini? Tujuan saya hanya ingin berbagi pengalaman dan supaya masyarakat tidak selalu menilai buruk terhadap mantan pecandu, juga supaya masyarakat tidak terlalu takut terhadap orang yang sudah terkena virus HIV. Terima kasih.



Selasa, 07-02-2012 13:51:20 oleh: nawa

jangan mengkomsumsi narkoba coy ngelek-ngelek indonesia



Rabu, 08-02-2012 13:34:43 oleh: nawa

asil-asil wong ngombe narkoba sangat menggangu masyarakat



Minggu, 19-02-2012 13:10:13 oleh: Mokal

narkoba adalah hantu. bisa menyerang semua lini. mari saudaraku, katakan tidak pada narkoba!!



Selasa, 06-03-2012 20:16:32 oleh: ajie perfecto

yut



Rabu, 21-03-2012 22:25:01 oleh: elpin

ayo pada lngakuin gerakan anti narkoba se_dunia



Minggu, 25-03-2012 11:32:05 oleh: yunitia fuji

bwt smua yg prnah mngkonsumsi narkoba, jgn sekali-kali lg kalian mengkonsumsinya. ALLOH gk suka sama prbuatan kalian tau !

dari pda mengkonsumsi narkoba, lebih baik mengonsumsi ice cream !!!!!!!!!!!!




Selasa, 27-03-2012 13:49:31 oleh: Leliana

..Untuk pAra remAja yG uDah terlanjur mNjdi peMakai NarKoba,,,, sEBaiknYa mUlai CxRg b'usaha aGar m'jauhi'aa,,, cZ nArkoba bisa menghanurkan Masa dEpan, n keHiduPan qTa sendirii.......

ok gUy'ss




Minggu, 22-04-2012 14:34:59 oleh: putri

say no to drugs



Selasa, 24-04-2012 20:19:36 oleh: umi fadzilah

dasar tuh .. "NARKOBA MEMBAWA PETAKA DUNIA AKHIRAT"



Minggu, 08-07-2012 09:28:37 oleh: Farah Fadhilah

bagus banget ini artikelnya.buat pengalaman+wawasan baru aku



Minggu, 08-07-2012 10:54:23 oleh: Farah Fadhilah

aku kenal kq yg namany NARKOBA.it tman karib q.








it NARyo,KOmar,dan BAgas kn?
teman main kakak q d rt sbelah.




Jumat, 31-08-2012 18:56:39 oleh: NISA APRILIANTI

Buat apha gue ngancurin diri gue buat pake narkoba,masa dpan hancur,kesehatan hancur jga...
dripda gtu mnding buat kesuksesan buat msa dpn







Senin, 25-03-2013 19:11:37 oleh: rani afifa

KELOMPOK 5 :

-BALQIS IZZA HABIBAH
-TRI AMBAR SARI
-MEGA RANI
-RANI AFIFA




Selasa, 29-10-2013 14:35:52 oleh: Aldi Darmawan

Kalo Sayah Mendi Kasih Anak Yatimpiatu Dapat Pahala Masuk Surga????????
\




Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

BERGUNA REMAJA (bulan ini)

DILIHAT REMAJA (minggu ini)

TERBARU REMAJA

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia