sekar ramadhania wahyu & hanna merliandra

Perkembangan Sosial Dan Kebudayaan Indonesia

Senin, 10-12-2007 15:28:51 oleh: sekar ramadhania wahyu & hanna merliandra
Kanal: Remaja

Perkembangan Sosial Dan Kebudayaan Indonesia

Setiap kehidupan di dunia ini tergantung pada kemampuan beradaptasi terhadap lingkungannya dalam arti luas. Akan tetapi berbeda dengan kehidupan lainnya, manusia membina hubungan dengan lingkungannya secara aktif. Manusia tidak sekedar mengandalkan hidup mereka pada kemurahan lingkungan hidupnya seperti ketika Adam dan Hawa hidup di Taman Firdaus. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengelola lingkungan dan mengolah sumberdaya secara aktif sesuai dengan seleranya. Karena itulah manusia mengembangkan kebiasaan yang melembaga dalam struktur sosial dan kebudayaan mereka. Karena kemampuannya beradaptasi secara aktif itu pula, manusia berhasil menempatkan diri sebagai makhluk yang tertinggi derajatnya di muka bumi dan paling luas persebarannya memenuhi dunia.

Di lain pihak, kemampuan manusia membina hubungan dengan lingkungannya secara aktif itu telah membuka peluang bagi pengembangan berbagai bentuk organisasi dan kebudayaan menuju peradaban. Dinamika sosial itu telah mewujudkan aneka ragam masyarakat dan kebudayaan dunia, baik sebagai perwujudan adaptasi kelompok sosial terhadap lingkungan setempat maupun karena kecepatan perkembangannya.

MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN INDONESIA

Dinamika sosial dan kebudayaan itu, tidak terkecuali melanda masyarakat Indonesia, walaupun luas spektrum dan kecepatannya berbeda-beda. Demikian pula masyarakat dan kebudayaan Indonesia pernah berkembang dengan pesatnya di masa lampau, walaupun perkembangannya dewasa ini agak tertinggal apabila dibandingkan dengan perkembangan di negeri maju lainnya. Betapapun, masyarakat dan kebudayaan Indonesia yang beranekaragam itu tidak pernah mengalami kemandegan sebagai perwujudan tanggapan aktif masyarakat terhadap tantangan yang timbul akibat perubahan lingkungan dalam arti luas maupun pergantian generasi.

Ada sejumlah kekuatan yang mendorong terjadinya perkembangan sosial budaya masyarakat Indonesia. Secara kategorikal ada 2 kekuatan yang mmicu perubahan sosial, Petama, adalah kekuatan dari dalam masyarakat sendiri (internal factor), seperti pergantian generasi dan berbagai penemuan dan rekayasa setempat. Kedua, adalah kekuatan dari luar masyarakat (external factor), seperti pengaruh kontak-kontak antar budaya (culture contact) secara langsung maupun persebaran (unsur) kebudayaan serta perubahan lingkungan hidup yang pada gilirannya dapat memacu perkembangan sosial dan kebudayaan masyarakat yang harus menata kembali kehidupan mereka .

Betapapun cepat atau lambatnya perkembangan sosial budaya yang melanda, dan factor apapun penyebabnya, setiap perubahan yang terjadi akan menimbulkan reaksi pro dan kontra terhadap masyarakat atau bangsa yang bersangkutan. Besar kecilnya reaksi pro dan kontra itu dapat mengancam kemapanan dan bahkan dapat pula menimbulkan disintegrasi sosial terutama dalam masyarakat majemuk dengan multi kultur seperti Indonesia.

PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN DEWASA INI

Masyarakat Indonesia dewasa ini sedang mengalami masa pancaroba yang amat dahsyat sebagai akibat tuntutan reformasi secara menyeluruh. Sedang tuntutan reformasi itu berpangkal pada kegiatan pembangunan nasional yang menerapkan teknologi maju untuk mempercepat pelaksanaannya. Di lain pihak, tanpa disadari, penerapan teknologi maju itu menuntut acuan nilai-nilai budaya, norma-norma sosial dan orientasi baru. Tidaklah mengherankan apabila masyarakat Indonesia yang majemuk dengan multi kulturalnya itu seolah-olah mengalami kelimbungan dalam menata kembali tatanan sosial, politik dan kebudayaan dewasa ini.

Penerapan teknologi maju

Penerapan teknologi maju untuk mempercepat pebangunan nasional selama 32 tahun yang lalu telah menuntut pengembangan perangkat nilai budaya, norma sosial disamping ketrampilan dan keahlian tenagakerja dengn sikap mental yang mendukungnya. Penerapan teknologi maju yang mahal biayanya itu memerlukan penanaman modal yang besar (intensive capital investment); Modal yang besar itu harus dikelola secara professional (management) agar dapat mendatangkan keuntungan materi seoptimal mungkin; Karena itu juga memerlukan tenagakerja yang berketrampilan dan professional dengan orientasi senantiasa mengejar keberhasilan (achievement orientation).

Tanpa disadari, kenyataan tersebut, telah memacu perkembangan tatanan sosial di segenap sector kehidupan yang pada gilirannya telah menimbulkan berbagai reaksi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Dalam proses perkembangan sosial budaya itu, biasanya hanya mereka yang mempunyai berbagai keunggulan sosial-politik, ekonomi dan teknologi yang akan keluar sebagai pemenang dalam persaingan bebas. Akibatnya mereka yang tidak siap akan tergusur dan semakin terpuruk hidupnya, dan memperlebar serta memperdalam kesenjangan sosial yang pada gilirannya dapat menimbulkan kecemburuan sosial yang memperbesar potensi konflik sosial.dalam masyarakat majemuk dengan multi kulturnya.

Keterbatasan lingkungan (environment scarcity)

Penerapan teknologi maju yang mahal biayanya cenderung bersifat exploitative dan expansif dalam pelaksanaannya. Untuk mengejar keuntungan materi seoptimal mungkin, mesin-mesin berat yang mahal harganya dan beaya perawatannya, mendorong pengusaha untuk menggunakannya secara intensif tanpa mengenal waktu. Pembabatan dhutan secara besar-besaran tanpa mengenal waktu siang dan malam, demikian juga mesin pabrik harus bekerja terus menerus dan mengoah bahan mentah menjadi barang jadi yang siap di lempar ke pasar. Pemenuhan bahan mentah yang diperlukan telah menimbulkan tekanan pada lingkungan yang pada gilirannya mengancam kehidupan penduduk yang dilahirkan, dibesarkan dan mengembangkan kehidupan di lingkungan yang di explotasi secara besar-besaran.

Di samping itu penerapan teknologi maju juga cenderung tidak mengenal batas lingkungan geografik, sosial dan kebudayaan maupun politik. Di mana ada sumber daya alam yang diperlukan untuk memperlancar kegiatan industri yang ditopang dengan peralatan modern, kesana pula mesin-mesin modern didatangkan dan digunakan tanpa memperhatikan kearifan lingkungan (ecological wisdom) penduduk setempat.

Ketimpangan sosial-budaya antar penduduk pedesaan dan perkotaan ini pada gilirannya juga menjadi salah satu pemicu perkembangan norma-norma sosial dan nilai-nilai budaya yang befungsi sebagai pedoman dan kerangka acuan penduduk perdesaan yang harus nmampu memperluas jaringan sosial secara menguntungkan. Apa yang seringkali dilupakan orang adalah lumpuhnya pranata sosial lama sehingga penduduk seolah-olahkehilangan pedoman dalam melakukan kegiatan. Kalaupun pranata sosial itu masih ada, namun tidak berfungsi lagi dalam menata kehidupan pendudduk sehari-hari. Seolah-olah terah terjadi kelumpuhan sosial seperti kasus lumpur panas Sidoarjo, pembalakan liar oleh orang kota, penyitaan kayu tebangan tanpa alas an hokum yang jelas, penguasaan lahan oleh mereka yang tidak berhak.

Kelumpuhan sosial itu telah menimbulkan konflik sosial yang berkepanjangan dan berlanjut dengan pertikaian yang disertai kekerasan ataupun amuk.

PERATURAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN

Sejumlah peraturan dan perundang-undangan diterbitkan pemerintah untuk melindungi hak dan kewajiban segenap warganegara, seperti UU Perkawinan monogamous, pengakuan HAM dan pengakuan kesetaraan gender serta pengukuhan “personal, individual ownership” atas kekayaan keluarga mulai berlaku dan mempengaruhi sikap mental penduduk dengan segala akibatnya.

PENDIDIKAN

Kekuatan perubahan yang sangat kuat, akan tetapi tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah pendidikan. Walaupun pendidikan di manapun merupakan lembaga ssosial yang terutama berfungsi untuk mempersiapkan anggotanya menjadi warga yang trampil dan bertanggung jawab dengan penanaman dan pengukuhan norma sosial dan nilai-nilai budaya yang berlaku, namun akibat sampingannya adalah membuka cakrawala dan keinginan tahu peserta didik. Oleh karena itulah pendidikan dapat menjadi kekuatan perubahan sosial yang amat besar karena menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk mengembangkan pembaharuan (innovation).

Di samping kreativitas inovatif yang membekali peserta didik, keberhasilan pendidikan menghantar seseorang untuk meniti jenjang kerja membuka peluang bagi mobilitas sosial yang bersangkutan. Pada gilirannya mobilitas sosial untuk mempengaruhi pola-pola interaksi sosial atau struktur sosial yang berlaku. Prinsip senioritas tidak terbatas pada usia, melainkan juga senioritas pendidikan dan jabatan yang diberlakukan dalam menata hubungan sosial dalam masyarakat.

Dengan demikian pendidikan sekolah sebagai unsur kekuatan perubahan yang diperkenalkan dari luar, pada gilirannya menjadi kekuatan perubahan dari dalam masyarakat yang amat potensial. Bahkan dalam masyarakat majemuk Indonesia dengan multi kulturnya, pendidikan mempunyai fungsi ganda sebagai sarana integrasi bangsa yang menanamkan saling pengertian dan penghormatan terhadap sesama warganegara tanpa membedakan asal-usul dan latar belakang sosial-budaya, kesukubangsaan, keagamaan, kedaerahan dan rasial. Pendidikan sekolah juga dapat berfungsi sebagai peredam potensi konflik dalam masyarakat majemuk dengan multi kulurnya, apabila diselenggarakan dengan benar dan secara berkesinambungan.

Di samping pendidikan, penegakan hukum diperlukan untuk menjain keadilan sosial dan demokratisasi kehidupan berbangsa dalam era reformasi yang memicu perlembangan sosial-budaya dewasa ini. Kebanyakan orang tidak menyadari dampak sosial reformasi, walaupun mereka dengan lantangnya menuntut penataan kembali kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sesungguhnya reformasi mengandung muatan perubahan sosial-budaya yang harus diantisipasi dengan kesiapan masyarakat untuk menerima pembaharuan yang seringkali menimbulkan ketidak pastian dalam prosesnya.

Tanpa penegakan hukum secara transparan dan akuntabel, perkembangan sosial-budaya di Indonesia akan menghasilkan bencana sosial yang lebih parah, karena hilangnya kepercayaan masyarakat akan mendorong mereka untuk bertindak sendiri sebagaimana nampak gejala awalnya dewasa ini. Lebih berbahayalagi kalau gerakan sosial itu diwarnai kepercayaan keagamaan, seperti penatian datangnya ratu adil dan gerakan pensucian (purification) yang mengharamkan segala pembaharuan yang dianggap sebagai “biang” kekacauan.

Betapaun masyarakat harus siap menghadapi perubahan sosial budaya yang diniati dan mulai dilaksanakan dengan reformasi yang mengandung makna perkembangan ke arah perbaikan tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

 

Penulis adalah siswi SMA LABSCHOOL Jakarta

 

 

Bookmark and Share

Tag/Label Tidak ada tag/label untuk artikel ini.
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim warta ini
* Email penerima:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
50 komentar pada warta ini
Selasa, 15-01-2008 22:28:13 oleh: muh.ilham

saya siswa kelas 2 smp. saya senang masih ada remaja spt kaka-kaka ini yang masih mempunyai rasa nasiomalisme untuk bangsa ini. yang jujur saja, jarang dimiliki oleh remaja2 seumuran kaka.
mkasii ya..




Jumat, 18-01-2008 13:48:14 oleh: Retty N. Hakim

Wah senang deh ada anak SMP yang sudah perhatian pada artikel ini. Buat yang menulis, semoga bisa bertambah kritis dan terus berkembang untuk nantinya ikut membangun Indonesia!



Minggu, 27-01-2008 19:25:47 oleh: bella tri utami

no coment



Rabu, 30-01-2008 13:01:31 oleh: hendry

Hey,kMu HebaT bgt bisa Nulis Text ini...
aq minta NomEr handphone kmu baoleh gk,,,,
BlZzz,,,




Sabtu, 01-03-2008 04:04:47 oleh: Oktovianus Pogau

saya salah satu siswa SMA di PAPUA yang selalu berlatih nulis, dan hal ini saya lakukan agar kita para siswa-siswa yang ada di NKRI ini tidak dianggap bisu, dan harapan semua teman-teman pelajar dimanapun berada dapat mempraktekan ini. saya salut dan acungkan jempol buat karya tulis kamu, karena saya sendiri merasakan menulis itu bukan seperti kita membalikan telapak tangan. dan saya bersyukur kamu bisa menyuarakan para pelajar khususnya menyangkut budaya dan sosial di Indonesia.
salam kenal dari saya anak paling timur (PAPUA)
OKTOVIANUS POGAU




Kamis, 13-03-2008 15:11:44 oleh: M. Reza Pahlepi

Hai...
Salam aku dari SMA Labschool Banda Aceh. Kami sering mendengar tentang kehebatan SMA Labschool Jakarta. Seperti apa sih cara belajar kalian disana? Oya, kalau ada libur panjang silakan kalian main-main ke sekolah kami ya?




Minggu, 06-04-2008 11:34:58 oleh: AYU F.B

WAUU!
baguus de webnya .

HANNA ..
lw yangg bikin ni ??
HEBAD lla .. =)




Selasa, 10-06-2008 11:12:54 oleh: iksan haji

sobat,kirim referensi about pengembangan nilai-nilai kebudayaan di kalangan masyarakat



Sabtu, 28-06-2008 06:23:20 oleh: kangno

Hebat....., salut deh buat kamu yang nulis ini, apalagi masih duduk di bangku SMA.
Maju terus........! Bangsa ini membutuhkan orang-orang seperti kamu.




Kamis, 31-07-2008 17:33:28 oleh: Gangga E.B

Bagus ya, hmm. . . Mayan tuk Tugas saya Di Sekolah^^ hehehe. . . susah nyari artiket seperti ini. . .

kwokowkowkow


By: Nak' SMA 48 Jakarta..




Kamis, 21-08-2008 10:40:13 oleh: fhizha

Nice ,yah untuk seukuran nak SMA jarang lho......
da yang mo nulis tentang sosial kaya gini bisanya sih fiksi mulu



BY;SMA PLUS khadijah islamic school




Senin, 01-09-2008 12:49:31 oleh: maday

untuk ukuran siswa sperti Qm,,artikel ini udah terlalu baguz sangadh..

artikel Qm dah ngbantu aQ bwt ngrjain tugaz..

aQ ska dgn siswa/siswi kreatif sperti Qm..

indonesia memang sdang mmbutuhkan pelajar yang kritis..

bktiin kl Qta mampu bwt nyaingin ngara" ttngga yang ky'y udah nganggep Qta remeh bgd,,sebut z dech malaysia yang udah brani ngmbil sbagian wilayah Qta..

bktiin jg kl Qta tuh g malu jd warga ngara indonesia..

teruz blajar iiah,,bkin indonesia lbh maju,,

n jangan ngikutin orang tua Qta skarang yang lagi gila2nya Korupsi...

Qta sbgai gnerasi penerus,,hruz brjuang agar indonesia bz brdiri dngn kepala tegak..

cayoooooooo....


from : "mAdAy"
"pecinta orank2 KreaTif"




Selasa, 16-09-2008 19:54:47 oleh: OZZIE

hebat dee... aku dari SMA KoSaYu Malang akan mendukung kalian2 dari SMA LABSCHOOL, Jakarta... CiayoOo dee...
semoga kalian yang menulis dan yang membantu menulis ini dapat memperjuangkan Rasa Nasionalisme lebih tinggi lagi...
^^




Selasa, 16-09-2008 21:13:50 oleh: pania

makasii uda bikint artikel ini,,coz mbantu q buad kerjain tugass... =]]
artikelnya bagus betts lho,top deh[!]
SALUT




Selasa, 23-09-2008 12:08:23 oleh: Ismail Wira

Moghon kalau bisa dipaparkan sedikit tentang hubungan Kebudayaan dengan Tata ruang dan hubungan sosialnnya



Jumat, 26-09-2008 14:42:57 oleh: sekar ramadhania wahyu

aduh.. makasih yaa buat semua komentar2 kalian... sebenernya saya dan hanna menulis tulisan ini tuh krn saya harus remed pelajaran bahasa indonesia. awalnya sih cuma iseng2 aja. menyalukan pikiran kita ajaa.. hehe. kita jg ikut seneng ko kalo bisa ngebantu tugas2 kalian. btw skrg saya sama hanna udah kuliah lhoo.. saya di FH UNPAR bandung, hanna d FE UNPAD bandunggggg. doakan kami cepet lulus yaaa... 4thn gt. hehe. amin.



Jumat, 26-09-2008 22:42:33 oleh: deska

aduhhh sekar,,, sAMA HANNA hebat bgt siiiyyy
bgs bgt siyyy artikelny,,
huhuhu,,,
jd terharu sayahhh....
indonesia jaya!!!!




Kamis, 16-10-2008 22:42:45 oleh: agung budi

Saya kagum pada anda sekalian krn anda adalah orang yg mengerti tentang arti sosiologi



Jumat, 28-11-2008 01:45:17 oleh: Johnson Yo

Keren banget hehehehe... terus motivasi para anak bangsa yang agar terus memegang teguh rasa nasionalisme.



Rabu, 10-12-2008 15:12:19 oleh: Kaka

kakak-kakak yang baik makasih ya dah bantuin kita bikin makalah bwat diskusi Qta n bagus banget lho artikelnya. klo aja semua pelajar di Indonesia kaya' kalian pasti Indonesia bakal maju melebihi Amerika yang sok itutu.hehehe.....
kembangkan terus kemampuan kakak-kakak bwat bantuin Qta2. dan tetep semangat!!!!!!!




Rabu, 14-01-2009 14:03:58 oleh: eduard

keren lo chuy!!!!!



Sabtu, 17-01-2009 23:44:10 oleh: musriadi

wah wah wah.... hebattt yaahh, jarang2 loo anak SMA yang mau nulis... ditingkatin terus yah bakatnya.

salam buat penulisnya dari "SULAWESI BARAT"




Senin, 16-02-2009 09:34:04 oleh: adi gunawan

lumayan bagus untuk referensi..



Selasa, 17-02-2009 19:43:04 oleh: Hendri Tanni Wijaya

Hebat, udah cantik pintar lagi...
kembangkan bakat kamu ya......!!!!!!!!




Rabu, 18-02-2009 19:09:46 oleh: hanna merliandra

halooo, makasih banyak yaa atas komentar2nya.. seperti yang sekar bilang, kita sudah kuliah.saya di manajemen unpad, sekar di hukum unpar. kami ber2 di bandung.. amin deh atas doa2nyaaa. :)



Rabu, 04-03-2009 14:48:48 oleh: maya utpiyah

buatala perkembangan di indonesia sangat baik



Senin, 23-03-2009 06:30:44 oleh: ADE HASANUDIN

JIKA KALIAN SUKSES NANTI,JDILAH ORG YG BERGUNA. dan Semangat Terusssss....
cayo..




Selasa, 14-04-2009 17:59:35 oleh: orenz

Hummmm,,,,,,bagus juga nie artikel...

Ngebantu banget buat nambah jawaban dari tugas kuliah qu...... :D




Kamis, 30-04-2009 09:52:52 oleh: reza

makasi ya udah bantu awak bikin makalah kuliah awak, karna ini sangat membatu se x... hehehhee

sekali lagi awak ucapin makasi.

dan kalau blh kenalan la ma anak SMU yang bikin ini ...
sekali no Eponnya yakz... hikz!!!




Selasa, 23-06-2009 19:29:24 oleh: guntur pratama

aq salut ma ade2 yg kreatif, sbg org intelek kta dituntut utk berkrya dan berkreasi...ehm.mm yg jls aq salut taz karyax.key maju truz indonesia,,,,by gun5_plankton@yahoo.co.id



Minggu, 09-08-2009 09:45:10 oleh: made anggun dwi utami

bagus-bagus aja tuhc !
thanks yea




Jumat, 11-09-2009 10:35:35 oleh: sri rahmidilla

hi.....knlin gw dilla ...artikel_na bgs bgt & ngebantu nbgt buat gw bkn tgs..bkn tlsan yg bgs trs ya....keep you spirit...............,...h2..



Sabtu, 26-09-2009 15:56:16 oleh: Muhammad Unin

keren,,, sekian banyak kebudayaan di indonesia hanya dijadikan pajangan yang siap dilelang,,, gratis tanpa ada yang melindungi,,,
kesadaran yang ada akan hal ini harus ditumbuhkan biar Indonesia jadi negara yang berada didepan negara lain




Rabu, 21-10-2009 19:41:36 oleh: heny nur h

makacih ngebantu tugas q......gede jadi mentri yaaaaa



Sabtu, 31-10-2009 23:52:17 oleh: YUTO

makich ya udh bntu tgs gue??????
gue pngn ank2 bangsa kt mju trs jan sll ktngglan???
hidup trs ank2 indonesia......................




Rabu, 18-11-2009 21:49:27 oleh: telma patawala

asyik,,,,,gue bangga ma loe....artikel loe gue pke buat tgas kuliah gue...thanks yaaaa....
ntr kta sharing ya,,,,,
kmbangkan ya dik,,,,

salam "k2tel" di AmBon.

jeSUS bLess u....




Selasa, 22-12-2009 19:21:43 oleh: anita agustina

makacih ya dah bantu tugas ak....
ak bangga bgt ama amu,smoga kelak bisa cucces ya... AMIN . . .




Sabtu, 09-01-2010 16:36:51 oleh: nella.rematobi

de ka sangat bangga karena kamu sudah bisa peduli dengan bangsa kita.



Minggu, 21-02-2010 13:07:16 oleh: agus eko ervianto

keren deh wat yang nulis artikel ini....
salut...




Minggu, 02-05-2010 19:02:11 oleh: pradana dyaksa

hahaha good job kar...



Minggu, 09-05-2010 12:34:23 oleh: mefy

2 jempol bwt u



Sabtu, 15-05-2010 13:03:02 oleh: fhista

waDuh tak beri 2 jempol way kmo
moga suKses ea????????????




Rabu, 16-06-2010 01:04:29 oleh: shirley

best artikel.....



Senin, 30-08-2010 22:20:36 oleh: Revine Pangkerego

That's a good topic :)

NICE ....

makasih yahh udah nulis artikel nihh ..
coz bsa mnamba wawasan ank bngsa ^^

Good job !




Minggu, 19-12-2010 16:41:56 oleh: pramana

saya suka orang seperti anda, banyak mengerti tentang arti budaya, bagus....



Jumat, 29-04-2011 14:25:13 oleh: jessica tuwaidan

.....

Artikel Yang bGus ^-^




Jumat, 18-11-2011 11:38:17 oleh: RONAULI

apa sih yang menjadi pokok masalahnya???????



Rabu, 07-03-2012 16:42:07 oleh: theBagoes

nice post.. awesome..




Selasa, 13-11-2012 23:39:16 oleh: DaNo Banbers

banyak kontroversi yang timbul di kehidupan kita tentang Kebudayaan.
Tidak mudah berbicara tentang Kebudayaan, tanpa memiliki pemikiran seperti Mu....

semoga sehat selalu, bangsa ini membutuhkan Mu...




Kamis, 31-01-2013 01:41:20 oleh: fauzi akbar hilabby

wahhh,.,. mkasih bnyak ya yg udah bkin artikel ini ,,.,. (y)



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

BERGUNA REMAJA (bulan ini)

DILIHAT REMAJA (minggu ini)

TERBARU REMAJA

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY