Hardiyansyah   Supardi

Remaja Dan Penyaluran Depresi Mereka

Kamis, 24-12-2009 08:05:05 oleh: Hardiyansyah Supardi
Kanal: Remaja

Remaja Dan Penyaluran Depresi Mereka

Remaja merupakan masa transisi yang sangat rentan yang namanya depresi. Ibarat sebagai jambatan. masa remaja bagaikan jembatan dan berada di tengah-tengah jembatan tersebut. Kita bisa memutuskan jalan terus ataupun jatuh. Di akhir jembatan tersebut apabila kita telah melewati yang namanya bersusah-susah, maka terlihat cahaya yang memberikan keterangan dalam jiwa remaja tersebut. Remaja juga sering mengalami depresi. Baik itu diputusin sama pacarnya, dijahilin sama kakak kelas atau, dimarahi ortu, pokoknya banyak deh sebab kenapa remaja mudah depresi. ternyata depresi saat usia remaja sangat membawa pengaruh besar terhadap perkembangan remaja tersebut. Dan akibat depresi dapat membuat seorang remaja kehilangan masa depan dan harapan mereka.

Aku mau bercerita soal temanku yang curhat sama aku. Anggap saja namanya Dimas, orangnya baik, malah terlalu baik. Si Dimas ini punya pacar, katanya dia udah terlanjur sayang ama ni cewek. Pernah suatu hari saat turun hujan. Pacarnya Dimas nelpon buat dijemputin di tempat lesnya. Yah, sebagai pacar yang baik dia harus dong jemput. Tapi, sesampainya di sana, pacarnya Dimas ini tiba-tiba mutusin Dimas di depan teman-teman pacarnya. Uhhh... pasti malu banget tu Dimas.

Aku tanya ama Dimas. Trus lo ngapain pacar loe? Dimas jawab," Aku diam aja dan langsung ninggalin dia." Si Dimas ini liat di samping pacarnya ada cowok. Dan setelah beberapa hari, pacarnya ni Dimas sms, katanya dia udah bosen sama Dimas, dan katanya pacarnya yang sekarang lebih ganteng dan lebih tajir dibandingkan Dimas.

Di sinilah kepribadian temanku yang satu ini berubah. Dia lebih suka ngurung diri di kamar sambil gelap-gelapan. Ortunya Dimas saja sampai takut lihat perubahan Dimas. Dimas nggak suka kalau ada cahaya masuk di kamarnya. Trus dia bingung, mau dibawa kemana depresi saya ini? Dimas mutusin untuk meluapkan rasa merahnya dengan menikmati lagu metal yang waw, nggak ngerti apa yang di bilang ama penyanyinya, soalnya teriak mulu nggak nyanyi. Depresi itu telah mengguncang psikis Dimas.

Tapi, mungkin seiring berjalannya waktu, Dimas udah sadar dan ngilangin sakit hati yang dideritanya dulu. Walaupun Dimas udah berubah kayak dulu lagi, sampai sekarang dia masih sering denger lagu metal. Aku sendiri pusing kalau dengar lagu gituan. Tapi, syukurlah, Dimas nggak nyalurin depresinya ke jalan yang salah

Pengalaman temanku di atas dapat diambil pelajaran, sebaikya kalau kita lagi depresi, jangan sekali-kali terjun ke dunia yang salah. Misalnya narkoba dan kawan-kawannya, karena itu semua bisa menghancurkan masa depan kita. Pasti semua remaja punya cita-citakan? Jadi raihlah cita-cita itu dengan doa dan usaha. Sekarang kita berada di tengah jembatan. Mari kita sama-sama berjuang menyeberangi jembatan ini dengan rasa optimis dan selalu berpikir positif. Okey?

Bookmark and Share

Tag/Label depresi
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim warta ini
* Email penerima:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
6 komentar pada warta ini
Jumat, 26-03-2010 09:44:23 oleh: as

aku sering bingung,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,dan merasa selalu salah,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



Minggu, 18-04-2010 17:47:01 oleh: Hardiyansyah Supardi

emang problemnya apa?



Sabtu, 15-05-2010 19:11:11 oleh: Yuni Astuti

q juga sering depresi jk q sudah mngenal se2org pria yg udh klik n q sayang sama dia trz q suka depresi jk se2org yg q sayang itu memutuskan jalinan kasih q sgt depresi dlm hal pacran apalg klo putus...maka'y q jrg bgt pacrn cz q tkt skt lg...trs q seharus'y kaya apa dlm menenggapi kekecewaan ini?q jd lebih menutup diri dg kaum pria cz aku tkt jatuh cinta.



Jumat, 06-08-2010 16:07:31 oleh: ochie

Depresi,,,,
memang depresi tidak jarang melanda para pemuda sperti kita-kita ini,,, De[resi kebanyakan dikarenakan hati tidak tenang yang sering dikarenakan ada masalah,,,
namun depresi dapat diatasi dengan mendekatkan diri kepda sang Pencipta dengan berbagai cara, misal saja dengan sahlat atau dengan dhikir,,,,




Kamis, 23-12-2010 13:46:39 oleh: Sri Kasmirawati

Q jg sring pnya mslah,,baik dgn tmn2,keluarga maupun mslh cinta,,,,
dlu wktu Q stres hmpir coba2 yg salah gitu,,,!!
untung'x ad tmn2Q yg sllu mmberikn motifasi,,!
sjak it aq sdar akn k'slahn'Q,,N skrg aq klu lg stres 0r pnya mslah,,paling aq curhat k'tmn2Q yg bsa Q p'CyA,,biasa'X jg aq relaksasi,,,dgn cra reflesing,,jdi pikirn2 yg jelek2 it tdk muncul,,,,,,,




Senin, 27-12-2010 09:27:15 oleh: Mestika Dewi

wah, kalau ada yang butuh bantuan, mudah2an saya bisa bantu, bilang2 ya...



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

BERGUNA REMAJA (bulan ini)

DILIHAT REMAJA (minggu ini)

TERBARU REMAJA

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY