Ferlian Satria

Cinta dan Ego Remaja

Jumat, 27-03-2009 05:00:03 oleh: Ferlian Satria
Kanal: Remaja

Cinta dan Ego Remaja

Cinta adalah anugrah yang di berikan oleh tuhan kepada setiap manusia. Ego adalah sifat yang dimiliki oleh setiap manusia. Cinta dan ego memiliki hubungan yang sangat erat, khususnya bagi anak-anak yang baru memasuki usia remaja. Tetapi terkadang para remaja salah mengartikan makna dari cinta disebabkan oleh egonya. Atas dasar itulah saya menulis artikel ini.

Pengertian Cinta
CInta adalah perasaan menyayangi dan mengasihi yang dimiliki oleh siapapun. Baik itu kepada lingkungan, hewan, hobi, bahkan sampai kepada lawan jenis.
Ada beberapa istilah cinta yang ada di masyarakat luas, yaitu :

  1. Cinta kepada lawan jenis sering disebut dengan "Jatuh Cinta". Jatuh cinta dapat dirasakan oleh siapapun, kapan pun, dan di mana pun.
  2. Cintanya anak remaja sering disebut dengan "Cinta Monyet". Cinta monyet biasanya terjadi mulai dari usia 11-12 tahun. Tetapi terkadang ada anak-anak yang sudah mulai mengenal cinta pada usia yang masih muda, yaitu sekitar umur 7-8 tahun.
  3. "Cinta pada Pandangan Pertama" adalah perasaan suka yang muncul pada saat pertama kali bertemu. Orang yang merasakan hal tersebut biasanya mengklaim telah dirinya telah jatuh cinta pada waktu pertama bertemu.
  4. "Cinta Buta" adalah perasaan suka yang tanpa didasari apapun menyukai seseorang dan mau melakukan apapun untuknya tanpa melihat apa yang akan terjadi.


Ada beberapa istilah lain yang berhubungan dengan Cinta.

  1. Istilah yang digunakan untuk membuat suatu hubungan agar bisa dianggap resmi adalah "Pacaran". Orang yang menggunakan istilah ini dapat menyebut orang yang dia sukai dengan sebutan "Pacar".
  2. "Cemburu" adalah prilaku marah atau lebih tepatnya tidak suka jika orang yang disukainya atau mungkin "Pacar"nya melakukan sesuatu yang tidak dia inginkan seperti dekat dengan orang lain selain dengan dirinya. Istilah ini biasa diidentikkan dengan kata "Iri". Ada juga yang namanya "Cemburu Buta". Perasaan cemburu yang timbul tanpa didasari apapun atau bukti apapun.

Pengertian Ego
Ego adalah salah satu sifat umum manusia yang dimiliki oleh siapapun. Perasaan yang membuatnya ingin melakukan apapun untuk dirinya sendiri. Hal itu biasanya terjadi tanpa dia sadari. Takaran ke-Ego-an setiap manusia itu berbeda-beda, tergantung dari kemampuan orang tersebut apakah mampu menahannya atau tidak.
Faktor-faktor lain yang dapat membuat takaran keegoan setiap manusia berbeda-beda itu adalah sebagai berikut:

  1. Faktor Lingkungan. Keegoan seseorang itu biasanya akan sulit terkontrol jika lingkungannya tidak mendukung. Seperti keadaan yang mengharuskannya untuk melakukan apapun untuk bisa mendapatkan yang terbaik untuk dirinya. Biasanya dikarenakan persaingan, baik itu persaingan untuk hidup maupun untuk uang, dan sebagainya.
  2. Faktor Kebiasaan. Faktor yang ini masih berkaitan dengan Faktor Lingkungan. Faktor ini disebabkan oleh kemanjaan yang dibiasakan oleh orang tua kepada anaknya sehingga membuatnya merasa apapun bisa dia dapatkan.
  3. Faktor Keturunan. Faktor ini ada karena ego adalah sifat yang dapat "diturunkan" kepada keturunannya. Jika ego orang tua besar maka biasanya ego anaknya pun akan besar juga. Begitupun sebaliknya


Hubungan Antara Ego dengan Cinta
Perasaan cinta yang akan kita bahas adalah cinta di kalangan remaja. Karena masa remaja adalah masa puncak keegoan seseorang. Ada beberapa fenomena yang menarik dari cinta di kalangan remaja. Seperti fenomena "Putus satu, masih banyak yang lain" dan fenomena "Selingkuh dan Playboy". Hal-hal itulah yang akan kita bahas.

"Putus satu, masih banyak yang lain"
Anggapan para remaja tentang "Putus satu, masih banyak yang lain" memang tidak salah. Kata-kata itu mirip dengan pribahasa "Mati Satu, Tumbuh Seribu". Tetapi dengan anggapan itu malah mungkin membuat dia bertambah sedih. Karena semakin sering dia pacaran, maka akan semakin sering dia sakit hati, kecuali jika dia telah menemukan orang yang setia.

Hal tersebut berhubungan erat dengan ego seseorang. Dengan pendapatnya "Putus satu, masih banyak yang lain" itu pun sudah menunjukkan keegoisannya. Karena kalimat itu pun bisa bermakna "Dia tuh gak ada apa-apanya, masih banyak yang lain kok!". Meskipun itu juga bisa bermaksud untuk menyemangati diri agar tidak terpuruk dalam kesedihan. Tetapi dengan mengatakan begitu atau memutuskan hal seperti itu membuatnya tidak memikirkan perasaan orang lain.

"Selingkuh dan Playboy"
Kata 'selingkuh' dan kata 'playboy' saya gabung karena 'playboy' itu tampaknya identik dengan selingkuh. Meskipun tidak semua orang yang selingkuh itu adalah playboy. Dan mengapa saya hanya menggunakan kata 'playboy' saja, dan tidak menggunakan kata 'playgirl'. Karena hal yang paling sering kita jumpai itu adalah playboy, dan bagi saya para playboy adalah icon dari para peselingkuh.

Selingkuh adalah salah satu prilaku menyimpang dari suatu hubungan seperti pacaran. Selingkuh terjadi karena keegoisan seseorang yang tidak bisa dikendalikannya. Sehingga membuatnya tidak bisa berfikir tentang perasaan orang lain, baik itu pacarnya maupun selingkuhannya. Dampak buruk dari perilaku Selingkuh ini adalah tersakitinya perasaan orang lain yang ditinggalkannya untuk berselingkuh dengan orang lain.

Ada beberapa alasan mengapa orang mau berselingkuh.

  1. Karena dia sudah merasa bosan dengan Pacarnya dan ingin mencari hiburan baru.
  2. Karena gengsi dan ingin dianggap hebat oleh teman karena bisa memiliki banyak pacar.
  3. Karena perasaan atau cintanya telah terbagi kepada orang lain, sehingga dia mau mengambil resiko dan berselingkuh.

Sedangkan Playboy adalah cap yang diberikan kepada seseorang yang suka berselingkuh. Tetapi kadang-kadang cap ini juga diberikan kepada orang yang suka gonta-ganti pacar. Playboy yang suka berselingkuh adalah orang yang memiliki sifat acuh kepada orang lain dan tidak peduli dengan keadaan orang lain, termasuk dengan siapa dia sedang berpacaran. Seorang Playboy akan berhenti menjadi Playboy jika dia telah menemukan orang yang cocok dengan dirinya. Biasanya itu di saat dia sudah memasuki usia dewasa yang sudah bisa dikatakan matang dan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

Hal itu semua terjadi dikarenakan keegoisan semata. Hal-hal tersebut paling banyak dialami oleh remaja. Bahkan ada beberapa pihak yang membenci playboy dan terkadang mengklaim bahwa semua Laki-laki itu sama. Orang-orang yang seperti itu adalah orang memandang dengan sebelah mata tentang laki-laki. Memang tidak salah dia berpendapat begitu setelah dia mendapatkan hal menyedihkan seperti diduakan. Tetapi tidak semua manusia itu sama. Ada batas-batas dan kemampuan masing-masing manusia untuk menahan keegoisannya.

Bahkan ada pula yang menyalahkan cinta dan membencinya. Padahal sudah jelas bahwa yang bersalah itu bukan cintanya, tapi egonya. Sudah dijelaskan di atas bahwa cinta adalah perasaan kasih sayang yang sifatnya membuat kita merasa senang. Jika terjadi sesuatu yang mengakibatkan perasaan sedih, maka itu bukan berarti cinta yang berbuat. Jika ada yang pantas disalahkan, maka salahkanlah dirimu sendiri dan bertanya "Egokah aku?". Apabila kau merasa dirimu tidak egois, maka bersabarlah bahwa kau akan mendapatkan yang terbaik.

Tetapi, ada hal yang lebih penting untuk kita ingat. Bahwa ego itu ada pada setiap manusia dan kita harus memakluminya. Khususnya pada hubungan seperti pacaran, keegoisan adalah suatu kewajaran bagi setiap remaja. Jika kau ingin sukses dalam bercinta, maka bersabarlah.(fs)

 

Bookmark and Share

Tag/Label love, cinta, ego, remaja
Penilaian anda

Warta terkait
Kirim warta ini
* Email penerima:
Pisahkan tiap email dengan titik koma.
Contoh: bill@microsoft.com; steve@apple.com
* Email anda:
21 komentar pada warta ini
Jumat, 27-03-2009 08:26:14 oleh: Anwariansyah

Wah, ntar lulus bisa jadi dokter cinta, neh ... :D

Kenapa cinta remaja disebut cinta monyet? Karena cintanya belum berevolusi menjadi cinta manusia (baca= cinta dewasa).

Kenapa ada istilah "jatuh cinta" karena ada istilah "cinta buta". Karena jalannya meraba-raba tidak bisa melihat akhirnya kesandung dan jatuh, deh ... :D





Jumat, 27-03-2009 15:51:16 oleh: Ferlian Satria

@anwariansyah
iya itu udah dicba dari skarang. . .
hehehehe. . .

aq tuh bingung maw nulis apa. .
ya sdah q tulis itu aja. . .

mas punya masukan gak? ? ?
tentang warta ini, truz ksih sran dong apa yg hruz q tulis slanjutnya. . .
^-^




Jumat, 27-03-2009 19:27:58 oleh: Anwariansyah

Kembangkan aja tema cinta dan remaja ini, kehidupan remaja lebih variatif dari orang yang lebih tua, kok.

Kamu tinggal realisasikan ide-ide dipikiran kamu yang kamu lewatkan atau kamu batalkan. Tentang bagaimana hubungan dengan guru misalnya ...

Menulis itu tidak boleh banyak pertimbangan, menulis tidak pakai mikir, ketik aja terus entar baru diedit dan disempurnakan.





Sabtu, 28-03-2009 15:34:31 oleh: Ferlian Satria

@anwariansyah

yupy mas. . .
ntar q coba. . .

d tunggu yah. . .
hehehe. . .




Selasa, 31-03-2009 22:28:08 oleh: Vinnie Vincent

Cinta memang adalah hal yang indah, yang paling tulus dan mendasar di dunia. Sayang sekali, banyak orang menyalahgunakan kata ini.
Banyak orang yang mengekang orang yang di'cinta'inya dengan alasan 'cinta'. Menurut prinsip saya, segala sesuatu yang mengekang bukanlah cinta, tapi rasa posesif, ego diri sendiri. Hal itu berlaku untuk cemburu. Meski dua orang sudah pacaran, mereka masih belum disatukan dalam pernikahan, masih belum bersatu baik hati, jiwa, maupun pikiran secara tertulis, sehingga tak ada hak untuk mengekang yang lain. Meski sudah menikah pun, bila rasa posesif menguasai, seperti burung yang dicekik, pasangannya akan terbang pergi jauh atau mati dalam genggaman.

Kata cinta juga sering diumbar, misalnya seorang cowok berkata pada pacarnya bahwa mereka harus berhubungan fisik sebagai bukti 'cinta' mereka. Cinta tak berhubungan dengan fisik, cinta adalah perasaan dari dalam hati, dan tak menuntut. Yang menuntut adalah posesif dan ego. Yang berhubungan dengan fisik adalah nafsu. Tapi bukan berarti orang yang saling mencintai tidak boleh berhubungan fisik yang 'jalur khusus', untuk hal ini kembali pada prinsip hidup masing-masing. Namun bila hal itu sudah menjadi tuntutan, maka sebaiknya dipikirkan kembali, apakah hal itu memang cinta atau hanya hasrat/nafsu sementara?

Seorang ibu pun tak memiliki hak mengekang anaknya. Hidup dan nasib anak adalah miliknya sendiri. Meski sang ibu melahirkan anak itu secara fisik, namun secara mental anak itu adalah milik dirinya sendiri. Seorang ibu dapat mendukung anaknya, tapi tidak menahannya.

Bila perasaan itu adalah murni cinta, biarkan dia bebas. Bila dia kembali padamu, berbahagialah, karena kamu dan dia telah satu hati dan jiwa. Tapi kalau dia tidak kembali, berbahagialah, karena dia telah menemukan kebahagiaannya. Turut berbahagialah untuk kebahagiaan orang yang kamu cintai.




Kamis, 30-04-2009 12:59:32 oleh: Nasser

sebaiknya anda sering-sering baca buku-buku kahlil gibran,biar anda ngerti apa itu cinta,,,,,?!



Selasa, 12-05-2009 19:02:36 oleh: herlina lim

menarik



Selasa, 26-05-2009 11:35:58 oleh: kiki & amsri

klo di pkir" iaah j9 cie....
w baru tau alasan orang mo berselingkuh bkn tuk hiburan.....
emang na kita boneka yang bisa di mainin....
oia,,
warta ini dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh para remaja jaman sekarang....






Selasa, 26-05-2009 11:41:53 oleh: windha nazriel ilham

kenapa yach harus ce yg hrs mengalah....???

9'mn cra na cie spy co kta ntu setia kpd kta...???

knp ciee perselingkuhan ntu ada....???

w perwakilan bwt ce" yg dah disktin sm co" na,,,,
bkn brrti w iieeeeh
.........




Jumat, 26-06-2009 10:38:21 oleh: Yuli Astuti

Cinta buat aku tu berarti tulus menerima orang yang kita sayang apa adanya and gak perlu berubah jadi orang lain untuk dicintai.
Karena cinta yang dilandasi keikhlasan akan manis akhirnya.
So, buat teman2 yang pernah disakiti oleh cow/cew jangan bersedih, jadikanlah pengalamanmu itu bekal untuk lebih berhati2 menjalani kehidupan ini.
Masih banyak yang lebih baik di luar sana yang akan menerima anda apa adanya...




Sabtu, 29-08-2009 20:17:59 oleh: aibara

beuh...bener juga,selain hrs baca nhe artikel
kalian juga musti baca puisi-puisi nha kahlil gibran yang jero abiz....pasti deh langsung ngerti arti cinta,tapi di samping itu kita bakal tahu kalo ngerasain sendiri




Jumat, 11-09-2009 10:45:49 oleh: sri rahmidilla

ehm...........................cNta N e9o m9 2 hal y9 kUdu kt grs bwahi dlm prcNtaan.....c0z ktka kt m"cntai someone b'arti kt m'9daikan ego kt .....s0 keep U lUv...^-^



Senin, 21-09-2009 11:25:30 oleh: sandy kristianto

cinta memang bisa membuat orang senag,bahgia dan juga bisa juga membuat orang sedih, dan cinta juga bisa membuat kita lupa dengan jati diri kita.



Selasa, 13-10-2009 19:43:04 oleh: yukhe

huhu...
bguz beudh crta.a..
ako jha ampe cenenk bacanya tuh..
.
ogh ea..
nappa ea co thu cukka melakukan seenaknya..?
misalnya cuka kasar ama cewek.a atto pcar.a..?
nppa ea..?
padahal diia kta.a caiiank ma c ce.a..
tapii kand low diia kasar ugga gg akand betah thu cewek..??




Sabtu, 05-12-2009 15:30:50 oleh: reny novrita

emang bener sih kalau cinta ma ego itu berkaitan,
selingkuh itu bisa di lakukan semua orang,orang yang selingkuh pasti mempunyai alasan yg menurut nya bener,
hanya pasangan nya lah yg bisa mengendalian penyimpangan/perselingkuhan itu,jika kita perhatian,setia,gak cuek sama pasangan kita,mungkin dia mengerti tau tau betapa kita sayang dan mencintainya,mungkin dia akan setia,bisa terima kita apa ada nya dan mencintai kita dengan setulus hati,tanpa harus ada bukti fisix,
dengan adanya bukti fisik jelas kita sudah tau bahwa dia itu tidak mencintai kita sepenuh hati,yang ada dia hanya ingin mempermainkan kita saja dan merusak kaum wanita.




Minggu, 25-04-2010 15:30:31 oleh: hafid husain

cinta
cinta adalah anugrah yang diberikan kepada semua insan baik laki-laki maupun perempuan. maka, lakukan dengan dasar-dasar dan norma-norma agama.
cinta bukanlah nafsu yang selalu timbul kapandan dimanapun baik di usia remaja, dewasa ataupun tua. karena itu syukuri dan nikmati




Senin, 06-12-2010 19:50:15 oleh: aisyah putri wulandari

EmAnK bEnEr cHeeeeeeeeeeee...............



Jumat, 12-08-2011 12:05:41 oleh: whiwin

cinta buat kita gila''''
hmmmm....
tolong bantu aju donk....
aku terlibat cinta segi 3.'
kata orang aku perusak hub orng, tapi kan cinta tdk memilih dimana hati yg kita suka,,
trus dia ama pacar nya udah ngak ada komunikasi,.
tapi aku sadar lauww,, itu sikap yg salah..
bantu aku donk cari jalan keluarnya




Selasa, 06-09-2011 13:01:58 oleh: Ferlian Satria

wah saya sudah dua tahun tidak buka nih warta. .
trnyata bnyak jg yang komen. .
maaf lama ya. .

@windha nazriel ilham
sbnernya cwe gak hrus slalu mngalah
cuma, cwe itu pnya sifat yang cendrung lbih mkirin prasaan cwo ny, krn cwe yg cndrung mengikuti prasaannya, mkanya cwe cendrung utk slalu mngalah dibanding cwo. .
cwo itu kbnyakan ninggalin cwe ny karena dia ngrasa ad cwe yg lbih baik dr cwe ny skrng. .
cwo mkir gitu biasanya krn cwe nya gak bisa ngertiin kondisi cwo ny. .
jd klo mau lebih lengket am cwo ny, ,
cwe itu hrus lebih ngertiin kondisi psikologis cwo ny. .
kpn dia perlu disayangi, n kpn dia perlu sendiri

@aibara
thanks ya saran ny ;)

@yukhe
makasih. .
klo mslah cwo yg kasar itu krna ego cwo ny lebih tinggi di bnding prasaannya. .
dia kurang memperdulikan prasaan cwe ny. .
tp meski gitu, ad jg kok cwo yg ksar am cwe ny krna dia peduli am cwe nya, misalnya cwo ny ksar am cwe ny krna cwe nya bandel, pdhl itu buat kbaikan dia sendri. .
yah, ,tp meskipun itu utk kbaikannya sih, tanpa kekerasan n kekasaran hubungan akn trasa lebih baik. . :)

@whiwin
hmmm
bukannya cinta itu gak hrus memiliki??
kalo emng cinta, knapa hrus memaksakan keinginan utk memiliki??
kalo tu cwo emng bneran suka am cwe ny, knp kita hrus memaksakannya??
bkannya cinta itu adalah perasaan ksih sayang
jd biarkan mreka merasakan ksih sayang mereka.
yah apapun kptusanmu, itu kan kmu sendiri yg mngalami.
jd silahkan memutuskan. :)


*semoga kalian semua membaca komentar saya ini, kalo mau artikel lebih bnyak, kunjungi blog saya ya : http://kishi-kun.blogspot.com :)




Rabu, 13-06-2012 10:25:40 oleh: Vvieza

gak mesti juga cewe itu harus mengalah,tapi kenapa cowo itu lagi-lagi ingin menanga sendiri.Padahal cewe kan juga manusia.Jadi tolong hargai perasaan wanita deh.Jangan mau senaknya aja.Oea kenapa dalam setiap kita meiliki hubunan berpacaran itu harus memiliki status jadian????
Padahal menurut saya status jadian itu gak perlu dan gk begitu penting banget.Tapi siapa pun yang udah mengalami gimana rasanya pacaran itu,katanya sih ada enaknya,dan ada nggak nya juga.Kebanyakan dari mereka sih bilang kalau enaknya itu,waktu kita baru jadian,Nah disitulah kita merasakan senana bahagia,bahkan mengatakan kaulah bintang kaulah bulan.Padahal tanpa kita sadari kata - kata itu hanyhalah gomabal semata,jadi bagi yang hobi pacaran,jangan terlalu percaya dengan kata - kata cowo,karna semua itu cuma bullsheat......



Thanks ya atas coret-coretnya
Semoga aja artikel ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk para pelajar.




Minggu, 12-05-2013 20:04:26 oleh: jannah jinani

sejatinya hubungan adalah komitmen untuk bersatu, mencintai di kala dekat dan jauh. ikatan cinta yang bermuara pada keridlaan Tuhan.



Tambahkan komentar anda
* Nama lengkap:
* Email:
tidak ditampilkan untuk umum
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan :
  • - Berilah komentar yang relevan dengan topik warta ini. Bacalah semua dari warta maupun komentar-komentar lain, sebelum memberi komentar.
  • - Tidak membuat komentar yang bernuansa SARA, pornografi, menyerang pribadi, menyebarkan kebencian dan kekerasan maupun pendapat yang melanggar hukum.
  • - Tidak beriklan di kolom komentar ini.
  • - Gunakan bahasa yang santun dan beri respek pada semua pendapat meskipun berbeda pendapat.
  • - Gunakan nama asli dan bila Anda sudah menjadi anggota Wikimu, upayakan login member terlebih dahulu. Bila belum menjadi anggota, email yang Anda cantumkan di kolom email, tidak akan dimunculkan.
* Komentar:  
captcha Silakan tulis kode disamping ini untuk melanjutkan.

BERGUNA REMAJA (bulan ini)

DILIHAT REMAJA (minggu ini)

TERBARU REMAJA

50 TAG / LABEL TERPOPULER

 

Link Wikimu


Mau pasang link Wikimu di blog/situs Anda? copy link ini

TESTIMONI PRODUK

Minuman Sereal Baru ENERFILL

Jumat, 05-06-2009 18:04:42 oleh: Rina Linda

Bosan dengan yg biasa??? Minuman sereal ENERFILL, di setiap porsinya mengandung kombinasi 8 Vitamin, Protein, Kalsium & mineral lainnya yg dibutuhkan tubuh. Kombinasi rasa yg nikmat dengan sensasi baru BUTIRAN OATS PADAT di dalamnya bikin ENERFILL sebagai minuman penambah energi dengan kenikmatan rasa yang mudah tersaji. Cukup disajikan dgn 150 ml air panas ke dlam gelas, rasakan sensasi rasa baru coklat atau vanilla. ENERFILL, minuman penunda lapar yang lengkap, enak, lebih mengenyangkan & sehat untuk penambah energimu



Testimoniku:
Fajar Setyo Hartono: Minum Sereal Baru ENERFILL bila disajikan dalam minuman panas dalam gelas kita dapat merasakan sensasi rasa baru coklat atau vanila dan bisa menambah energi setelah minum .

Testimoni selengkapnya... (4 komentar)



Testimoniku Terbaru:
Sergio   pada  Pocari Sweat
David   pada  Momogi Snack
Latif Nur Hidayah   pada  Yakult...Bisa untuk Obat Diare??

SUARA KITA

Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya

Sabtu, 21-02-2009 12:22:33 oleh: Eko Nurhuda
Saya pengguna Simpati sejak pertama kali bisa beli hape di tahun 2002. Sampai sekarang saya masih setia dengan Simpati karena alasan coverage area. Namun belakangan ini kesetiaan saya terganggu karena Simpati suka seenaknya mengirim SMS berisi iklan layanan yang tidak saya butuhkan (dan sering!). Sungguh menyebalkan..!

Suaraku:
melfa: Saya memakai simpati dari thn 1993 waktu itu blm ada kartu hallo suafu saat saya miggrasi ke hallo sampai 2010 tiba2 diputus sama mereka tanpa alasa,saya mohon aktifkan nmr saya itu kembalia



Suara kita selengkapnya... (18 komentar)



Suara Kita Terbaru:
melfa   pada  Simpati Kirim SMS Iklan Seenaknya
gdwmnv   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman
pjkhfge   pada  Hutan Pantai Jakarta Dibangun Pemukiman

DARI ADMIN

Rekan-rekan,

Wikimu juga mempunyai PUBLIC PROFILE di Facebook jika anda ingin menjadi Fans silahkan kunjungi kami. Jangan ketinggalan kami mempunyai lomba komentar di Public Profile setiap hari Senin dan Kamis. Nantikan terus artikel yang menjadi topik dalam lomba komentar.

Untuk pertanyaan dan masukkan, silahkan email ke

info@wikimu.com

salam,

21 April 2009

Admin.

Masukan, pertanyaan, kritikan terhadap kami silakan kirim email ke info@wikimu.com atau telp : 021-56165522 Senin-Jumat (08.00 - 17.00 WIB)
COPYRIGHT ©2006 WIKIMU.COM - Jurnalisme Publik (Citizen Journalism). All Rights Reserved | PRIVACY POLICY